Biaya bangun rumah di DKI 3 juta/meter

Seorang teman yang bekerja di sebuah perusahaan arsitek sharing biaya membangun rumah. Menurut versinya biaya rata-rata pembangunan rumah di Jakarta sebesar 3 juta/m.

Jadi untuk rumah 2 kamar (45M) kira-kira biayanya 135 juta.
untuk rumah 3 kamar (70M) kira-kira 210 juta.

Ada yang punya pengalaman bangun rumah?

Teorinya harga rumah (bangunannya) akan terdepresiasi dalam 20 tahun (tergantung company policy sih). Jadi pengalaman saya diapprais sama bank, harga bangunan /m-nya cuman dapet 1.5 juta, yang artinya kalau 10 tahun lagi, teorinya harga bangunan saya dah = 0

About these ads

255 Tanggapan to “Biaya bangun rumah di DKI 3 juta/meter”

  1. Thamrin Says:

    Kalau didaerah Bogor?

  2. priandoyo Says:

    Hampir sama kali ya mas thamrin, beda-beda tipis aja, itu kan tergantung materialnya. Lagian itu kan itungan standar arsitek, bisa jadi kalau kita custom bisa dapet pricing yang lebih menarik

  3. MasIndra Says:

    Hmmm…Di jogja 2 tahun yang lalu ukuran 36m dalam RAB yang dibuat sih budgetnya masih kisaran 800rb ampe 1 jt. Sekarang berapa ya?

  4. taufik Says:

    Di daerahku 100rb/meter persegi heheheh :D

  5. Erwin Says:

    3 Jut / Sqm.sich kemahalan……….konsultan kan harga nya selangit..coba tanya kontraktor untuk real harga pasti lain dech…….setau saya sich..di jakarta itu bangun rumah cuma 1.7 juta/sqm…itu juga sudah kelas medium……..kalo mau hemat bisa mandori sendiri…dan cost nya bisa di reduce sekitar 1 juta/sqm…….untuk bukti..ya..saya barusan bangun rumah saya kok…….200 M2..dan mandor nya saya sendiri…dan itupun sudah terjadi rubah design 6 kali..alias bongkar pasang

    • erwin asu !!! Says:

      mas sampeyan,..orek orek pake pensil, gali sendiri, ngebata sendiri, ngepondasi sendiri, ngelepa sendiri,..ngecat sendiri,..mandor sendiri dll sendiri lebih hemat tuh bisa 200rb/m2……….. akhirnye mati sendiri luuuuuh

      gw jamin rumah loh jeleeeeek !!! asssssssuuu kowe

      • Ir. Awi Marlan Says:

        Mas, Bahasa lo emeng kotor kayak mulut lo…Emang bener kalo biaya bangun rumah di Jakarta gak sebesar itu. Kecuali kalo pakai material import..lo ngelaba apa nipu?….

      • robin Says:

        mas, 200 itu bukan harga bangunan permeter, maksudnya dia bangun rumah 200 m2, jadi bukan harganya, nalarnya di pakai dong…

      • Nomo Says:

        Mas..mas… jam 8 malem kok wes mabok. mulut ora dijaga. darah sampe tinggi ke ubun2 gara gara ngga punya otak. isonya gonggong kayak asuu.

        to mas Erwin: Thank you inputannya… Sukses!!!

      • flicker Says:

        3 jt/m2??? tolol amat……..

      • cater Says:

        eee…….biaya bangun rumah klo d daerah riau,cuma sekitar 400/meter,tp gk tau d tempat lain,,saya mandor saya perkenalkan blog saya yaitu http://www.griyacom.blogspot.com

        sedikit informasi ada d situs itu….pengalaman saya menjadi mandor patut d perhitungkan…

    • satria Says:

      Saya bangun rumah cuma 1.800.000 ukuran 100 M2,dibangun selama 3 bulan cukup santai, bukan rumah mewah, sedang aja tapi permanent, boleh percaya boleh tidak….
      bahan bangunan di beri oleh saudara,tukang anak buah papa saya soalnya papa saya Kontraktor,mandor mereka juga, saya cuma beli rokok aja sehari Rp.20.000,- makan saya di beliin saudara, malah saya punya untung Rp.2.700.000,- soalnya sehari saya di berikan uang Rp.50.000,- oleh papa saya….
      Bagaimana ada yang keberatan…..??????

  6. rozie Says:

    Saya kebetulan ada rencana mo bangun, btw ngobrol sama tukang dan kebetulan bisa design juga. di abilang 2jt/m2.
    Kalau 3 jt/m2 so pasti kemahalan.

    • ARY RINALDY Says:

      tukang bisa desain?…tukang arsitek?..tukang yang dulunya kuliah arsitektur?..atau arsitek yang nyambi jadi tukang?..
      jadi bingung saya.

  7. dony Says:

    boleh tanya ngga?

    kl di daerah bandung berapa ya harga tanah
    dan bangunan /m2??

    lokasinya di setiabudi regency.

    terima kasih

  8. Tika Says:

    Wah kalo 3 juta/m sih mahal amat.
    Saya baca Iklan Baris di Koran Republika, biaya bangun rumah via kontraktor dipasang 1,8 juta/m2, itupun udah menggunakan material kwalitas baik.

  9. Reko Says:

    Mungkin maksudnya bukan ‘rata-rata’ kaliii… tapi maksimum price… or worst-scenario.. :-D

  10. Teky Widjaja Says:

    wah kalo 3 juta/m2 mah kemahalan ya.
    saya membangun dengan spesifikasi yang cukup tinggi aja (panorama, lembang) gak sampai segitu kok. design minimalis saya rasa bisa ditekan sampai harga 2,3 jt/m2 tergantung design strukturnya. saat ini saya sedang mempersiapkan membangun di daerah kelapa gading dengan budget 1,8 jt /m2 dengan design minimalis. untuk harga 3 jt/m2 mungkin di daerah pondok indah atau puri baru masuk.

    untuk daerah bandung saya rasa masih berkisar dari 1,6 jt/m2 s/d 2,5 jt/m2.

    • robert Says:

      anda kontraktor ya?utk kelas menengah berapa/m,spesifikasi bahan apa aja?daerah jaktim

    • ronaldi Says:

      Saya juga dibangunan pengalaman saya:
      untuk kelas menengah dengan spek finishing
      keramik 60×60, atap baja ringan , kusen kamper:
      1. tahun 2006-2007 ; 1,7 jt /m2
      2. tahun 2008 besi dan semen naik gila 2.2 jt /2
      3 ,tahun 2009 2.4 jt/m2
      4 tahun 2010 2,5 jt /m2

  11. Jerry Says:

    sekalian nimbrung dong,
    kalau mo bangun rumah 2 tingkat di daerah depok kira2 berapa yah biaya untuk membangun per m2..

    • boy Says:

      tuk mas jerry, sy sdh 5 kali mendesign sampai borong bangunannya, kebetulan sekali aku tinggal didepok, harga per meter saat ini sekitar 1.8 jt untuk lantai bawah dan rumah tingkat sekitar 2,5 jt, itupun dilihat dari design dan tingkat kerumitannya,. 087877617733

  12. Teky Widjaja Says:

    rumah 2 tingkat di dareah depok sebenarnya sama saja harga nya kok. kalau model minimalis dengan budget minimalis :) masih bisa antara 1,5 jt s/d 2 jt /m2. Tapi tergantung kemampuan design dari arsiteknya, kalau ada yang mau konsultasi untuk design atau RAB boleh aja langsung kontak saya via email tekywidjaja@yahoo.com atau telp ke HP saya 08157189588.

  13. gundul pacul Says:

    tepatnya antara 1.5jt – 3 jt tergantung spek. developer udah ngambil margin jatuhnya sekitar 2.5jt/m

  14. Archie Says:

    Jangan terkecoh dg harga per m2 brp, tp bisa sj disitu sdh incld biaya perizinan spt IMB, listrik n PAM. Kalo fisik bangunan sih sy setuju bila disbtkan tergantg material, style dan tingkat kerumitan detail bangunannya.

  15. Bimo Says:

    hhhmmm…. ikutan sharing mas anjar…. ( & blogger lainnya) kebetulan saya sedang membangun…… di Jakarta

    Bener kata mas Archie… jangan terkecoh sama biaya per m2. Pengalaman saya setelah berkonsultasi dengan 2 kontraktor & 6 orang Arsitek….. biaya-nya membangun rumah tinggal 2 lapis di Jakarta itu beda-beda. Ada yg langsung tembak dari m2, tapi setelah di trasir & verband control ke toko2 material (cieee… bahasa auditor juga neh mas) kualitasnya masih jauh yg diharap……

    Saya pikir…. biaya membangun rumah di jakarta untuk material, style & tingkat kerumitan yg cukup …. yaaach.. bisa aja nyampe 2,5 jt – 3 jt…….
    Saya membangun di daerah kebon jeruk, luas bang. sekitar 265 m2 (2 lt) dengan kualitas yang ” OKE menurut saya ” ….. sampe 2,7 jt tuh….. mas (diluar biaya prasarana yg dikenakan pengembang)…..

    Itu juga kontraktor & arsiteknya “Teman Sendiri”…. coba kalo enggak…. ?????

  16. Akunih Says:

    Yang bikin jadi mahal karena biaya desain arsitek dan pengawasannya.
    Kalo tanya ke arsitek sih jelas aja jadi mahal :D
    Harga yang moderat untuk kelas real estate kira-kira 1.5-2 juta/m2.
    Itu berdasarkan pengalamanku ngebangun di kahuripan, bukit sentul dan BSD. Relatif sama kok… Sebagian ada yg diinspeksi sendiri, ada yg oleh arsitek.
    Ilmu bangunan bisa dipelajari kok.. banyak buku2nya..
    Mau ngitung bill of quantity juga ada pedomannya.
    Pemerintah DKI ngeluarin daftar harga pekerjaan pemborongan. Itu bisa jadi acuan buat perhitungan kasaran kalo mau bikin/renovasi rumah.

  17. Anwar Says:

    Kalau pakai arsitek,
    Biaya disain arsitek dan pengawasan berapa ya??

  18. Alex Says:

    Waduh…ikutan nimbrung dong. Saya kebetulan sudah beli rumah di BSD Latinos, Cluster, tapi LT cuma 136. LB 120. Dipikir2 kok jadi kecil dengan harga udah 600 juta. Sisa yang di belakang yang seharusnya jadi taman cuma tinggal 3 x 4. Itupun mau dibuat jadi tempat nyuci and jemur. Habis udah ngak ada tempat lagi. Lantai 2 udah full buat kamar. Jadi pengen jual lagi dan beli tanah untuk membangun. Masalahnya gua buta sama sekali soal bangun membangun, istilah arsitek and kontraktor bedanya apa pun gua ngak ngerti ( mohon dijelaskan kalau ada yang bersedia, he..he…), cuma pengen aja karena designnya bisa design sendiri. Kira2 ada masukan ngak buat cari tahu soal mau bangun rumah gimana2 itu di mana? Saya pengen beli lagi kavling sekitar BSD lagi. Kalau mau yang murah tapi di sekitar situ2 juga di mana yah? Pengen dapat tanah yang besar tapi harga yang murah kalau bisa. He2. Habis impianku rumah Amrik yang klasik sih, yang melebar bukan yang memanjang ke belakang atau tingkat yang tinggi2.

    Minta info dari anda2 sekalian:
    1. Harga tanah sekitar BSD dan sekitarnya.
    2. Minta info soal kontraktor terutama yang udah pernah membangun buat anda sendiri.
    3. Kalau tidak salah, di perumahan BSD ( ngak tau yang lain gimana ), bangun rumah kan kadang2 design ngak boleh seenaknya aja, mesti disamain juga ama design rumah sekitar atau menurut dari BSD, gimana kalau saya mau design sendiri?
    4. Soal IMB, apalagi ini? Ngak ngerti sama sekali. Trus pembangun juga mesti mengantongi ijin IMB. Duh..buta banget deh….

    Thanks atas yang bersedia membantu….
    Alex

  19. Alex Says:

    Oh, ya, lupa…he..he….
    Gua baca di atas biaya kontraktor per m2 sudah termasuk material atau bahan bangunan? Gimana lagi itu? Kalau biaya bahan bangunan dari kita sendiri dan kita cuma bayar mereka jasa, itu berapa kira2? Thanks…

  20. wahyu roemahdamar Says:

    Mohon ijin ikut memberikan info tentang yang namanya jasa-jasa design dan konstruksi atau rancang bangun, lengkap dengan tips bagaimana kita menghadapi Kontraktor maupun mandor bahkan suplier material yang kadang-kadang bikin kita puyeng. nah monggo ndak usah sungkan-sungkan hubungi saya 24 jam di 0251 244729 bila yang berdomisili di Bogor, atau HP 0815 86 595979 dengan wahyoe, Ir (Project mgmt)-roemahdamar

  21. ika Says:

    Apakah ada yg tau biaya renovasi apakah sama dgn bangun rumah baru. Apakah ada biaya khusus bongkar rumah lama atau itu sudah termasuk. Terima kasih

  22. bundanabila Says:

    Sharing pengalaman aku ya..
    Tadinya mau beli rumah jadi, karena kami pikir harga total tanah dan bangunan bisa lebih murah dibanding beli tanah n bangun sendiri.. Emang bener sih, tapi untuk perumahan yang juauhh banget aksesnya dari ketidakmacetan n..kualitas bangunannya nggak boleh banyak menuntut..
    Kalau mau yang aksesnya enak n kualitas bangunan OK, jatuhnya malah lebih mahal dari bangun sendiri..akhirnya, kami mutusin beli tanah n bangun rumah.. Beli tanah semeter 800K, hiks.. tapi posisi cuma 300m dari pintu tol yang masih seputaran bekasi..lumayanlah.. Alhamdulillah judulnya..Sekarang mau mbangun rumah dengan kualitas yang OK banget buat kami, mungkin habisnya nggak sampe 2jt/m2.. dengan catatan, desain sendiri..cari tukang borongan jasa..belanja sendiri..n ngawasin sendiri.. kalo pake kontraktor, mungkin sekitar 2.5jt/m2..
    Anyway, cari tukang borongan jasa lumayan susah..ada yang punya rekomendasi?

    • umi Says:

      yg penting hati2 aja di sekitar rumah saya tdk sedikit yg pake kontraktor akhirnya gigit jari mana mau puasa dan lebaran rumah gak selesai2 usut punya usut kebanyakan kasus gaji tukangnya di tunda2 alias dipake dl, jadi tukangnya ogah ngelanjutinnya akhirnya dari tukang bangunan 6 org sisa 2 yg bertahan itupun gonta ganti orang, jd sampai kapan kira2 rumah selesainya cuapeeek deeh

  23. Land of Home Says:

    Thanks for sharing this information. Really is pack with new knowledge. Keep them coming.

  24. BANGUN RUMAH Says:

    Ikut nimbrung ya, kebetulan saya arsitek, dan sering membangun rumah. Untuk menentukan harga bangunan tentunya harus di lihat spec material yang di gunakan. Untuk rata – rata rumah yang saya tangani harga berkisar antara Rp 2 juta s/d 2,5 juta. Tapi saya juga pernah membuat rumah setelah di hitung per M2 harganya Rp 4,5 jt, itu karena spec material finishingnya yang berbeda dari rata2. mungkin itu aja ya…

  25. alfa Says:

    Saya pernah baca di situs lain: biaya rumah di jkt untuk bangunan 1 lantai Rp1,2jt/m2. Rumah 2 lantai Rp1,5jt/m2. Mungkin yang bener-bener ‘minimalis’ kali ya? Setelah baca tulisan dan tangggapan di atas saya jadi agak melongo juga. Rencana bikin rumah jadi makin jauh deh….. :(
    BTW ada yang tahu dan mau sharing, kalau jasa arsitek standarnya berapa ya? thx untuk semua.

  26. Iwan Says:

    tolongin donk… saya mau tau detail RAB orang lain yg baru bangun rumah. untuk bangunan 36 s/d 60 m2 (kwalitas bangunan apa aja deh….) thanks

  27. Iwan Says:

    tolongin donk… saya mau tau detail RAB orang lain yg baru bangun rumah. untuk bangunan 36 s/d 60 m2 (kwalitas bangunan apa aja deh….) thanks

    e_wanwan_gp@hotmail.com

  28. Okky Says:

    Sekedar sharing saja. Kebetulan teman saya kerjanya bikin rumah terus dijual. Menurut dia biaya untuk membangun rumah per M2 tergantung dari jenis kwalitas bahan yang kita pakai (kw1/ kw2/ kw3) yaitu berkisar antara 1.5jt/M2 s/d 2.5jt/m2 (banguanan dengan bata merah).
    Menurut saya, untuk menekan harga pembuatan rumah dapat dilakukan dengan cara sbb:
    1. Bahan bangunan sebaiknya dibeli sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan.
    2. Untuk ongkos tukang dapat dilakukan dengan cara borongan per M2. Harga tukang borongan berdasarkan borongan per M2 berkisar antara Rp. 350 rb/M2 s/d Rp. 900 rb/M2. Untuk membangun rumah dengan luas bangunan 100M2 berarti biaya tukang sekitar Rp. 35 jt.
    3. Design bangunan sebaiknya ambil jasa dari mahasiswa jurusan arsitek biasanya harganya murah banget atau design sendiri bersama tukang.
    Ini sekedar sumbang saran saja. Semoga bermanfaat

  29. yulisa Says:

    biaya bangun rumah per m2 rumah tergantung banyak hal. antara lain kualitas bahan dan tingkat kesulitan pengerjaan. Pada setiap kontraktor bisa berbeda-beda. Kalau mau menggunakan arsitek, sebaiknya anggaran dananya disebutkan, jadi arsitek tersebut akan membantu menyesuaikan desainnya dari segi luasan dan kualitas. Termasuk kalau mau dibangun bertahap. aku punya blog yang mengulas desain rumah. http://rumah-arsitek.blogspot.com. mau nanya2 juga bisa lho….

  30. MUKTI Says:

    Maaf postingan ini sepertinya terlalu menyeramkan bahwa belum tentu semua rumah seperti itu dan janganlah digenerealisir. HAsil angka per meter tersebut bukanlah angka mati. Angka tersebut di dapat dari akumulasi RAB (yang notabene terpengaruh oleh material2 yang dipakai) di bagi luasan rumah. Nah! disini yang menjadi patokan sebagai penentu adalah material yang diapakai. Harga 3 juta buat saya yang berkecimpung di dunia ini, SUDAH CUKUP LUX, MEWAH bahkan. Buat saya harga tergantung material yang dipakai untuk DKI hari ini masih bisa dibilang dengan menggunakan jasa desain dan kontraktor masih bisa di rentang 1,6jt/m2 – 2,5jt/m2 dengan kualitas standar menengah dan cukup baik. Untuk saya pribadi bahkan angka 2,5jt sudah jauh lebih dari cukup. Jika Anda menginginkan apa saja yang bisa di dapat dengan angka2 yang saya maksud dapat japri lewat email atau hubungi di 021 7081 2421 081314902901 terima kasih… atau dapat melihat di http://www.info-rumah.com/idea/rumah_supermungil.html

  31. ajie Says:

    smoga aja dgn angka sgitu hasilnya memuaskan klien

  32. Syahrul Says:

    Biaya 3 juta riel mungkin utk rumah hampir sangat mewah, saya desain Sekolah Victory Plus kurikulum bahasa Inggris, owner beli sendiri bahan, hanya borong tenaga, pondasi bor pile 12 m, tinggi 4 lantai, bentang kolom 7,5m, lantai granite tile, tiap kelas berjendela kaca 2 bh 3,6m x 3,6 m terang benderang, biaya hanya Rp 2 jt per m2.

    Fee Desain Prarencana Arsitek hanya 0,7 s/d 2,8% dari seluruh biaya membangun rumah, ya, kembali hanya 0,7 s/d 2,8% dari semua pengeluaran belanja bahan bangunan dan bayar tukang / buruh bangunan.
    Ya, kadang Fee Arsitek malah lebih murah dari harga WC yang anda beli. Ha, ha, ha, jadi bagaimana mungkin ada pendapat yang mengatakan mau ’ngirit’ biaya bangun rumah dengan tidak menggunakan jasa Arsitek. Ini berarti dia hanya bisa ’ngirit’ 2,8%, padahal dari yang 97,2% biaya bangunan lainnya potensi akan terjadi banyak sekali kesalahan sangat tinggi; mulai dari kesalahan bentuk, kesalahan arah dan tata-letak massa bangunan, kesalahan tata letak ruangan, kesalahan ukuran ruangan, kesalahan orientasi ruangan, kesalahan perletakan pintu jendela, kesalahan bentuk pintu jendela, kesalahan proporsi tinggi bangunan, kesalahan beli bahan bangunan, kesalahan ukuran bahan bangunan, kesalahan konsep bangunan, kesalahan tipe bangunan, kesalahan cita-rasa dan gaya bangunan, dll dll yang tanpa sadar akan banyak sekali menggerogoti dompet anda. Ya, tanpa sadar karena tak terhitung, sulit dihitung, dan sudah tidak bisa dihitung lagi, sering malah sudah malas dihitung lagi karena sudah kadung kadaluwarsa, dan juga karena kesibukan di’cecer’ permintaan, pendapat dan saran pemborong / mandor / tukang yang jalan keluarnya anda sendiri tidak tahu, hingga akhirnya yang terpikir hanya ’asal jadi saja bangunannya’. Penyesalan memang, tapi sudah tidak dapat diputar balik kembali. Ibarat semen kalau sudah ketemu air, tidak lagi dapat kembali menjadi semen, paling bisa jadi puing, ha, ha, ha. Demikianlah kita sering melihat dalam pembangunan rumah, banyak dinding harus dibongkar karena ternyata ruangannya terlalu sempit, terlalu gelap dll. Ketidak-puasan akan terasa begitu pasangan bata sudah naik setinggi plafon, mulailah ketegangan terjadi, mulailah perintah bongkar sana, bongkar sini terjadi. Tuntutan balik dari pemborong / mandor / tukang pun mulai muncul untuk tambahan pembayaran dll. Belum lagi batu bata dan semen yang terpaksa menjadi puing. Jadi kalau sudah begini, Rumah Idaman sudah menjadi rumah ”asal jadi’.
    Jadi kalau mau ’ngirit’ membangun rumah, awasi yang paling potensial membawa kerugian, yaitu yang 97,2% tadi. Bagaimana caranya ? Gunakan yang 0,7 s/d 2,8% itu. Gunakan Jasa Desain Arsitek yang berpengalaman. Dengan Gambar Desain Arsitek yang berpengalaman 30 tahun, kesalahan-kesalahan sewaktu pembangunan dapat dihilangkan, kesalahan-kesalahan beli bahan bangunan dapat ditiadakan. Dalam Gambar Lengkap Arsitek semua detail sudah diselesaikan, jadi Pemborong / Mandor / Tukang tidak banyak merepotkan anda.
    Jadi, mulai sekarang ada pilihan, uang anda mau jadi puing atau mau jadi rumah yang dapat dibanggakan pada semua orang, bahkan bisa muncul di majalah-majalah.

    Nb. Arsitek yang berpengalaman adalah Arsitek yang berpengalaman di semua lini pekerjaan, pengalaman dalam Konsep Desain, pengalaman dalam Pengembangan Desain, pengalaman dalam Gambar Kerja, pengalaman dalam Pengawasan. Lihat CV nya, lihat pengalaman kerjanya di Konsultan yang terkenal, lihat contoh gambar hasil desainnya. Hati-hati gunakan Arsitek yang hanya hebat gambar 3D nya saja, biasanya lemah di konsep desain, juga hati-hati gunakan Arsitek yang sekaligus Pemborong sebab 15% pasti sudah mereka kantongi, belum lagi penipuan-penipuan bahan bangunan dan pengurangan kekuatan rumah anda. Jadi mulai sekarang gunakan Arsitek yang berpengalaman dan Mandor & Tukang yang berpengalaman.

    Berpengalaman 30 tahun di bidang Konsultasi Arsitektur mandiri maupun di berbagai konsultan Arsitek Nasional dan Internasional, menjuarai Desain Rumah Murah Sederhana, berpengalaman desain berbagai Rumah Mewah, bangunan setinggi 24 lantai, maupun seluas Kampus 23,5 ha, beroperasi secara Mandiri Independent / SOHO Small-Office Home-Office dengan mengandalkan pengalaman dan net-working, mengoptimalkan jaringan Internet hingga menekan biaya produksi, menawarkan jasa setara Arsitek ’elite’ dengan fee berani bersaing.
    Hubungi kami di cnowarch@yahoo.com.sg atau 0818866171.

    • orang awam Says:

      Bapak domisili di mana? Di Batam bisa ngak? Kalau bisa sebutkan contoh rumah yang pernah dibangun di Batam. Thanks.

  33. Rudy (di Bogor) Says:

    Selamat siang,
    Mau tanya, sekarang saya lagi renovasi rumah bagian belakang. Sebelumnya adalah lahan taman belakang, tapi sudah dikeramik untuk jemur pakaian. Sekarang bagian tersebut (4mx3m) sedang saya tingkat, rencananya dibawah mau jadi ruang utk makan dan atas kamar pembantu + wc pembantu, dan pakai genteng beton. Sedikit teras juga diupayakan dibagian atas. Total biaya untuk kerja borongan adalah 32j (tanpa arsitek, design dari tukang/mandor bangunan).
    Apakah ini terlalu mahal? Karena kalau saya dengar biaya renovasi adalah sekitar 2j/m2 jadi biaya saya seharusnya hanya sekitar 24j-an? Kualitas bahan yang digunakan biasa saja. Terima kasih atas infonya.

  34. Arief Says:

    Sebenarnya perbedaan harga bangunan per m2 per wilayah agak kurang relevan mengingat harga material di Jakarta atau diluar Jakarta juga relatif sama. Biasanya jasa tukang yg berbeda. Di Jakarta jasa tukang bisa lebih mahal yg akan ikut menentukan perbedaan harga bangunan per m2nya. Tapi harusnya juga tidak akan sangat menentukan, paling2 perbedaannya tidak akan lebih dari 10%. Jadi kalau di Jakarta harganya 2 jt /m2 di daerah (dengan material yg benar2 sama) seharusnya tidak akan kurang dari 1,8 jt/m2.

  35. Rudy (di Bogor) Says:

    Wah kalau begitu biaya yang sudah disepakati terlalu mahal ya? Apakah biaya tingkat rumah 1,8~2jt/m2 itu untuk standard? Maksud saya ranka besi dan semen cor-an? Kalau saya lihat tebal cor-an yang sudah jadi sampai sekitar 25cm. Apakah biaya /m2 itu juga tergantung tebalnya tsb?
    Thanks atas infonya.

  36. edison Says:

    sekedar sharing,
    saya kebetulan saat ini sedang bangun rumah client dgn biaya 2 juta/m2 – dgn luas bangunan 200m2, bangunan 2 lantai ( start pertengahan april 2007 ) , dgn spesifikasi genteng KIA, rangka atap baja, cor beton lantai atas pake adimix ( truk molen semen ), besi struktur utama 16 ulir, keramik roman 40/40, pintu utama panel kamper…4 kmr mandi dgn sanitair standar toto, termasuk bathtub dan shower box ( kmr tidur utama ), dan sedang dalam taraf finishing, untuk next project mungkin ada kenaikan 250ribu/ meter mengingat adanya kenaikan material 1 bulan terakhir, tetap masih reasonable kan dgn 2.250jt/m2…yg mo liat monggo hub sy di edsmario@gmail.com ato hub di 08161661867, lokasi di belakang pasar ciputat.
    fyi, untuk tukang pada project tersebut biayanya adalah 450ribu/m2 ( sudah include di harga 2jt/m2 ), thanx

  37. Rudy (di Bogor) Says:

    Wah, itu sih harganya sepertinya bagus/sesuai.
    Pak, apakah mungkin karena tukang saya perlu membongkar beberapa tembok sebelum mulai dengan meningkat, dan ini dimasukkan dalam beban biaya? Tembok lama belakang rumah dan tembok partisi dalam rumah memang dihilangkan agar area baru dalam rumah menjadi lebih luas.
    Apakah biaya per m2 membangun baru diatas tanah kosong dan renovasi/ meningkat rumah yang sudah ada itu sama?
    Maaf banyak pertanyaan, karena saya awam sekali di bidang ini.
    Salam,

    Rudy (Bogor)

  38. edison Says:

    Pa’Rudi,
    saya akan coba jawab ptanyaan2 bapak:
    1. ya betul bahwa harga 2 juta/m2 itu untuk bangunan dr tanah kosong, klo sudah ada bangunan 1 lantai dibawahnya sistem kerjanya tentunya dgn membongkar sebagian dinding ( ongkos ekstra = oe ) untuk dibuatkan tiang penyangga lantai atas ( biasa disebut kolom struktur , ini juga oe ), dan sebelum kolom struktur di cor pondasi bangunan 1 lantai yg ada harus diperkuat untuk konstruksi 2 lantai istilah lapangannya di suntik pondasi ( diperkuat dgn pondasi plat beton setempat, ini juga oe ).

    2. kontruksi plat beton pada bangunan rumah tinggal yg lazim dipakai adalah 12 – 15 cm, ditambah plesteran dan keramik biasanya tidak lebih dr 3 cm, jadi klo sampe 25 cm malah konstruksi akan jadi sangat berat / tidak efisien.

    3. sekedar saran sebaiknya si tukang diwanti-wanti pada saat mengerjakan pengecoran maupun pemasangan pemipaan, karena apabila terjadi kebocoran pada beton lantai dan pemipaan akan merembes ke ruang makan :), setelah lantai di cor sebaiknya dilapisi lagi dgn water proofing sehingga meminimalisir rembes beton.
    saya rasa lain kali mungkin sebaiknya bapak memanfaatkan jasa arsitek, mungkin bisa dr teman, sodara ato mungkin memanfaatkan forum seperti ini, sehingga bangunan bapak bisa berguna dgn baik, seperti saran pa”syahrul, mba yulisa dll.

  39. Rudy (di Bogor) Says:

    Terima kasih atas infonya P. Edison. Saya akan informasikan ke tukang saya mengenai hal ini. Rencana selanjutnya adalah membuat dapur di area baru tersebut. Mungkin bapak tahu kira2 berapa besar biaya yang perlu saya keluarkan untuk membuat dapur kecil (minimalis). Idenya adalah atas menggunakan keramik biasa dan dibawah lemari untuk piring..dll. Kalau bagian atasnya saya gunakan marmer apakah harganya akan berbeda jauh?karena saya lihat dengan meja dapur/masak dari marmer terlihat lebih menarik. Ukuran dapurnya berbentul L, dengan panjang sekitar 3m dan lebar 90cm.
    Terima kasih.

    Salam,

    Rudy

  40. muzaqi Says:

    Pengalaman sendiri, mbangun rumah di perkampungan di daerah Jatiwaringin. Saya beli tanahnya tahun 2005 dengan luas 385 m2, dengan harga per m2 sekitar 500 rb (incl. balik nama AJB, belum SHM). Saya bangun awal tahun 2006 dengan luas bangunan 200 m2. Saya tempati akhir Agustus 2007 kemarin. Saya menggunakan jasa 1 tukang tetap (langganan saya) dibayar harian, dan gonta-ganti kenek/asisten tukang tergantung beban pekerjaan. Saya nyicil dalam membangun karena tentunya budget constraint, ada uang saya belanja material dst :)
    Setelah saya hitung-hitung, total jendral pengeluaran (material, gaji tukang, dll di luar biaya pembelian tanah), ternyata per m2 saya mengkonsumsi Rp. 1.2 juta / m2.

  41. edison Says:

    wah beda harganya sangat jauh pa untuk keramik dan marmer, karena jika menggunakan marmer harus menggunakan marmer slab ( tanpa sambungan – diambil dr marmer ukuran besar ) ini yg menyebabkan harga akan sangat beda jauh bisa 15 – 20 kali lipat dr harga keramik, karena marmer juga harus di pinggul di ujungnya ( agar tidak tajam ) serta di poles agar lebih kinclong…bagus seh cuma emang cukup mahal :).

  42. Rudy (di Bogor) Says:

    Thanks atas informasinya P. Edison. Saya rasa meja dapur dengan keramik juga bisa cukup menarik.

    Salam,

    Rudy.

  43. edison Says:

    pa muzaqi,
    pembangunan rumah bisa sangat fleksibel, semua harga diatas bukanlah harga mati dan mengikat semua tergantung dr spesifikasi bahan bangunan…tentunya kontraktor pun punya kewajiban untuk menjelaskan seluruh spek bangunan, perbandingan material dan harga, kekuatan material kepada owner dan hak dr owner adalah untuk mendapatkan semua informasi yg dibutuhkan menyangkut pembangunan rumahnya :). tentunya ada harga ada kwalitas.
    sebagai bahan perbandingan ada rekan kontraktor saya pernah membangun dgn harga jika di jadikan permeter kurang lebih 4.8 juta/m2, tapi ada juga yg pernah ngebangun dgn harga yg lebih murah dr harga rumah bapak yg 1.2 juta/m2, semuanya kembali ke spek bangunan dan kekuatan financial si empunya rumah.thanx

  44. Nana Says:

    Dear teman2x,
    Ada yg pny pengalaman bangun rmh/ punya project bikin rumah di permata bintaro I ?(belakang sekolah Jepang). Bgmn dengan preman/kuli liar dsb? Misalnya dana bangun rmh kita 150 jt, kira2x nambah biaya berapa lagi utk bayar mereka spy kerjaan kita gak diganggu alias lancar? Mohon infornya ya, trims :)

  45. anton Says:

    saya kira terlalu mahal, mungkin kontraktornya WIKA kali yah hehehe…biasanya paling mahal 2jt/m2. kalo untuk dijual kembali gak ada untungnya…

  46. renovasi rumah « Oktavianus Sinaga Says:

    [...] lainnya : – yang ini – yang itu – yang [...]

  47. TIAR SUBIYAKTO Says:

    Bos sy mo tanya,perbedaan harga rangka atap baja ringan dengan atap kayu…?klo bs dengan untung n ruginya..

  48. reen Says:

    setauku harga rangka atap baja ringan ga jauh beda dengan atap kayu. Itupun tergantung dari pemilihan bahan bajanya, ada galvanis, galvalum,dll. Kayunya pun ada jenis nya yg kelas 1,2 atw 3. Tapi yg jelas keuntungan dari baja lebih praktis dan awet karena ga dimakan rayap dengan harga lebih terjangkau, pun pemasangannya lebih cepat.

  49. c-gate Says:

    Teman2 semuanya….
    Saya nanya nih, sebaiknya bagaimana cara mencari tukang yang effectif, berapa biaya buat bayar tukangnya dan ada rekomendasi nggak tukang yang kerjanya baik.
    Thanks atas share infonya….

  50. Minin Says:

    Mau tanya saya pak mau bangun rumah yang sekarang sudah ada rumahnya saya tinggal dijaksel,sepauruh didak, luas tanah 60m saya mau tingkat,
    kira2 butuh biaya berapa dan bentuk minimalis, dan ditingkat mohon saran biaya, kira2 utk jasa atau pemborong
    yang saya pakai.trim

  51. Agnes Shinta Says:

    Membangun sendiri dengan belajar dari buku-buku sih banyak kekurangannya dibandingkan menggunakan jasa arsitek, karena bagaimanapun ada konsep2 ruang yang lebih spesifik yang dimiliki oleh seorang arsitek sehingga bisa menciptakan rumah yang homy dan nyaman.

    Kalau mau murah, ya gunakan arsitek lepas alias freelance yang sekaligus mau menjadi pengawasnya. Karena jika dipisah antara perencana dan kotraktor, pasti jatuhnya mahal.

    Kebetulan saya pernah bantu desain dan bangun rumah teman berkisar antara 1.5 – 2 jt/m. Bisa lebih jika menggunakan material kualitas tinggi seperti marmer.. Atau bisa juga disesuaikan dengan budjet yang dimiliki client. Waktu bangun rumah, saya hunting material sendiri dengan beberapa kenalan yang bisa memberi harga murah.

    Jika pengen tau lebih lanjut, bisa kontak saya japri ke agn_chinta@yahoo.co.id.
    Salam

  52. Fadil Says:

    Begini pa Anjar,

    Istri saya mendapatkan hibah rumah dari bapak angkatnya di Yasmin, Bogor. Sekarang akan di SHM kan menjadi nama istri saya, kira2 persyaratan dan biaya2 yang akan di keluarkan apa saja. Bila di lihat dari PBB NJOP nya kira2 Rp 212 jt an. LB=120M2 dan LT 98 M2.

    Thx

    Fadil

  53. Teky Widjaja Says:

    Bu atau Pak Minin, mungkin tulisan saya bisa membantu untuk sekedar ilustrasi perhitungan biaya atau tips memilih arsitek kontraktor di http://bikinrumah.blogspot.com atau bisa juga via japri di tekywidjaja@yahoo.com. terimkasih

  54. cinta Says:

    pak teky
    thx saya suda buka blog bapak, klo perhitungannya buat renovasi rumah misalnya menambah kamar pembantu, dapur + gudang (total tanah yg akan direnov +/- 21 m) gmn caranya?
    soalnya dana terbatas nih :(
    thx before

  55. Teky Widjaja Says:

    Bu Cinta,
    untuk renovasi sebenarnya perhitungannya agak berbeda karena banyak variabel yang harus diperhitungkan. Saya biasanya menentukan perhitungan biaya renovasi rumah dari budget yang tersedia. Dari budget yang ada baru design dan lain2nya mengikuti. Jadi pada dasarnya tentukan budget renovasi dahulu baru kemudian tentukan design dan pemilihan materialnya. Untuk selanjutnya Anda dapat berkomunikasi langsung via japri saja Bu.
    Semoga membantu :)

  56. Widi Sudarmoko Says:

    Salam Kenal Mas Anjar,
    Sedikit sharing nih mas tentang membangun rumah hubungannya dengan biaya, untuk harga bangunan saat ini Rp 2,5 jt s/d Rp 3 jt/M2 kelihatannya memang sudah wajar, karena harga2 bahan bangunan terus naik. Memang beberapa bulan yang lalu ( 8 bulan ) harga Rp 2 juta / M2 untuk rumah 2 lantai dengan spek bahan bangunan kualitas baik masih bisa terkejar, tapi untuk kondisi sekarang ini, lebih baik di hitung lebih teliti lagi deh, sesuai dengan spek bahan yang di pakai. Juga didaerah2 tertentu jangan lupa biaya perlu di tambah KULI ANGKUT/TURUN, kalau di perumahan2 tertentu biasanya sudah ada tarif per item barang.

  57. Adhi S Says:

    Salam Sejahtera,

    Senang sekali menyimak blog disini, membicarakan bangunan rumah sungguh ngak ada matinye, salam kenal buat semua, untuk mas Teky Wijaya, saya punya palning untuk merenovasi rumah disekitar sunter, saat ini bangunan standard, rencana mau saya tingkat, ukuran 10X18, budget saya sekitar 300-400, kira2 cukup ngak ya budget itu, boleh juga bangunan lama tetap dipakai, tanpa perlu membongkar total, Terima kasih.

    Adhi S

  58. Widi Sudarmoko Says:

    Ya, untuk membangun rumah atau merenovasi rumah, lebih baik di tentukan terlebih dahulu buget yang akan disediakan, tentukan spek – spek bahan yang akan di pakai, berkonsultasi dengan arsitek mengenai buget dan spek bahan yang akan di pakai, tentunya si arsitek juga akan menyesuaikan dengan buget yg disediakan kaitannya denan disain. Jika ingin mencari informasi Bangun Rumah bisa ke http://www.bangun-rumah.com saja. Salam

  59. Roy Says:

    Salam kenal buat semua …..

    Saya mempunyai sebidang tanah di Legenda wisata seluas 270 m2, rencananya mau saya bangun rumah dengan luas bangunan 200 m2. Kira kira biaya totalnya berapa yach (IMB, jasa arsitek dan jasa pemborong) ?? Saya rencananya mau menggunakan jasa arsitek sekaligus sebagai pemborongnya supaya bisa lebih fokus dalam pengerjaannya. Menurut info dari developer, tampak depan bangunan harus menyerupai bentuk rumah di kluster tersebut. Saya sendiri belum mempunyai ide seperti apa bentuk rumah yg ingin saya bangun. kalo ada rekan yg punya info mengenai arsitek & pemborong yg bagus dan murah bisa tolong di infokan ke saya, siapa tau bisa cocok dengan saya. Terima kasih

  60. Meina Says:

    salam kenal buat semua…….

    @ Bapak Roy….
    salam kenal …….bapak ada rencana untuk bangun rumah di legenda wisata….
    kebetulan kami dr SKALA, http://www.designskala.com. bergerak di bidang jasa, dari mulai arsitek ( disain ), kontraktor,( urus IMB juga bisa ), buat furniture…..untuk masalah harga pembangunan permeter untuk setiap bangunan tidak bisa di patok…….lebih enak di buat RAB sesuai dengan budget dan disain yg ada…
    saya tunggu kabar dari bapak.thx

    @ Bapak Adhi S……
    salam kenal…….Bapak ada rencana renovasi rumah di sunter……kebetulan kami dr SKALA, http://www.designskala.com. bergerak di bidang jasa, dari mulai arsitek ( disain ), kontraktor,( urus IMB juga bisa ), buat furniture….. jika bapak ingin konsultasi mengenai disain dan budget untuk bangunan yg bapak inginkan bisa langsung hub kami…..
    saya tunggu kabar dari bapak.thx

    @ Bapak Alex
    salam kenal yah……..
    kebetulan kami dr SKALA, http://www.designskala.com. bergerak di bidang jasa, dari mulai arsitek ( disain ), kontraktor,( urus IMB juga bisa ), buat furniture.
    Saat ini kami sedang membangun rumah ( untuk di jual kembali ) di kawasan BSD……
    Dari mulai disain sampai tahap pengurusan imb, sampai tahap rumah dibangun semua kami yg tangani ( 1 paket)
    Jika bapak bersedia untuk konsultasikan kavling yg akan bapak bangun , bisa hub kami.
    kami tunggu kabar dari bapak ..thx
    untuk sedikit informasi : daerah BSD yg menjual kavling dengan lokasi lumayan : Anggrek Loka,Anggrek Residence, Puspita Loka ( didaerah ini disain rumah nya bisa bebas)

  61. ivan Says:

    Pak Teky dan Skala
    kalau saya mau renov rumah yg di balikpapan, ada kenal arsitek/kontraktor lokal yg ok yg bisa bantu? kalau bisa saya mau ada gaya2 bali nya…dengan budget terbatas :). Thanks

  62. edison Says:

    Bapak Roy,
    silahkan menghubungi no 08161661867 untuk diskusi lebih lanjut mengenai design dan pembangunan rumah bapak atau bisa email saya di edison@id-gradasi.com, atau bisa langsung ketemu dilapangan untuk melihat2 salah satu rumah tinggal dgn luasan 200m2 yg baru 1 bulan selesai kami bangun, kami mengerjakan rumah tersebut dr proses design, mengurus perijinan IMB, pembangunan / konstruksi sampai ke interior dan lansekap rumah tersebut, one stop solution :)…terima kasih.

  63. edison Says:

    Salam sejahtera pa Adhi,
    pada prinsipnya semua hal2 / keinginan yg bapak mau bisa dikomunikasikan kepada arsitek, termasuk masalah budget…
    silahkan menghubungi no 08161661867 untuk diskusi lebih lanjut mengenai design dan pembangunan rumah bapak atau bisa email saya di edison@id-gradasi.com, atau bisa langsung ketemu dilapangan untuk melihat2 salah satu rumah tinggal yg kami bangun, kami bisa mengerjakan rumah dr proses design, mengurus perijinan IMB, pembangunan / konstruksi sampai ke interior dan lansekap, one stop solution :)…terima kasih.

  64. Aa Plamoen Says:

    Ternyata pendapatku keliru selama ini,
    Lebih baik beli kapling terus bangun atau beli rumah jadi, memang menjadi pilihan yang memusingkan. Apalagi dihantui pemborong yang nakal dengan menurunkan kualitas bangunan atau tukang yang kurang capable. Dari berbagai tulisan di atas saya ingin minta pencerahannya dunk.
    1. Saya memiliki sebidang tanah di Bandung dengan luas 172 M2 (13×13.). 2. Di muka tanah sebelah kiri berdiri tiang listrik n telpon. 3. Design minimalis yang diharapkan dengan 2 lantai. 4. 2 kamar di bawah n 2 kamar di atas. 5 luas bangunan 120 M2. 5. Budget Rp. 200 jt.

    Kira-kira saran apa yang bapak/ibu dapat berikan sebelum akhirnya saya putuskan menjual kembali kapling tersebut karena pusinggggggg.

    Salam,
    Aa Plamoen

  65. edison Says:

    pak A’a plamoen,
    kami siap membantu anda, silahkan hubungi di 08161661867 atau edison@id-gradasi.com,terima kasih

  66. Teky Widjaja Says:

    Kepada Bpk. Ivan,

    Mungkin saya bisa bantu, apa bapak bisa menghubungi saya via email saja tekywidjaja@yahoo.com. terimkasih.

  67. Teky Widjaja Says:

    Kepada Yth. Bpk. Aa Plamoen,

    Saya siap membantu pak, silahkan Anda menghubungi saya di 08157189588 atau via email tekywidjaja@yahoo.com.

  68. Indra Says:

    Saya ingin bangun rumah di bandung kira2 januari 2008, harga yang sekarang ada di bandung untuk per meter persegi berapa (lengkap dengan bahan bangunan) dan kalau ingin memborong tenaga membangun saja berapa harga yang ada sekarang. Mohon masukkannya nih dari orang bandung. Thanks

  69. Teky Widjaja Says:

    Salam Pak Indra,

    Kebetulan saya beberapa kali membangun di bandung, coba saya beri informasi untuk pertimbangan Anda. Untuk membangun rumah tipe minimalis dengan spek kusen kayu jati, lantai parquette dan granit tile standar, sanitair TOTO, rangka atap baja ringan, penutup atap Owen (sejenis dengan tegola), dll. kira-kira Anda akan habis sekitar 2,3juta/m2. Untuk referensi Anda dapat melihat yang sedang saya bangun di kelapa gading (cek di blog saya http://bikinrumah.blogspot.com). Untuk lebih jelas mungkin Anda dapat menghubungi saya langsung di 0815-7189588 (no. Bandung).
    Terimakasih.

  70. Vina Says:

    dear Folks,
    saya ingin merenovasi rumah saya dengan spesifikasi :
    luas tanah : 157 m2
    luas bangunan : 200 m2
    2 lantai.

    menjadi rumah yang nyaman, cocok untuk kami pasangan muda, banyak cahaya, banyak sirkulasi udara.

    mohon rekomendasi arsitek yang bagus dan harga yang tidak mahal. terima kasih banyak.

  71. Teky Widjaja Says:

    Mbak Vina,

    Kalau Anda berminat saya bisa membantu tentu saja dengan harga yang negotiable, untuk referensi Anda dapat melihat blog saya http://bikinrumah.blogspot.com.
    Saya tunggu kabar dari Anda. GBU

  72. irma Says:

    kalau 3 juta kemahalan tuh mendingan bayar harian aja di mandorin biaya nya bisa ditekan 1.1 jt per M2 kualitas bahan bagus.

  73. Iman Says:

    skrng bangun rumah sdh mahal klo jkt mungkin 3 jt klo emang mau ga di boongin sama kontraktor / pemborong ya klo murah lagi paling 2.5 jt ato 2 jt klo masih 1 jt pasti isinya pake tahu dan tempe. Itu juga naik 100 % lebih hehehehe…..
    Harga materialnya jg sh naik banyak. klo mau tau tanya hrga bahan bangunan sekitar jabotabek e-mail saya aja cepeeceng@yahoo.com biar bisa banding sama itung sendiri.

  74. Teky Widjaja Says:

    Wah, kalau 1,1juta/m2 di Jakarta saya rasa sudah mustahil yah kalau untuk rumah minimalis. karena dari harga material yang memang sudah mahal sekarang ini plus upah tukang juga pasti mengalami kenaikan. Saat ini menurut saya 2-2,5juta/m2 untuk design minimalis wajarnya.
    http://bikinrumah.blogspot.com

  75. Yudha,ST.Arch Says:

    dear all,
    perkenalkan saya yudha, saya ingin membagi saran kepada anda sebelum membangun rumah:
    – yang pertama; Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam rumah anda tersebut, sehingga dari kegiatan tersebut menghasilkan RUANG-RUANG apa saja yang akan dirancang.
    – yang kedua ; Sesuaikan BUDGET anda dengan luasan ruang tesebut, karena semakin besar luasan ruang, maka semakin besar biaya bangunan tersebut.
    – yang ketiga ; KONSEP atau GAYA apa yang akan anda terapkan ke dalam bangunan anda, usahakan konsep yang akan dipilih sesuai dengan gaya hidup anda, misalnya anda seorang yang suka menyimpan barang banyak didalam rumah, maka konsep minimalis tidak disarankan bagi anda.
    – yang terakhir; Sesuaikan lagi Budget anda dengan SPEK material yang akan digunakan, karena besarnya harga juga bisa diminimalisir dengan pemakainan spek material yang standar.

    selamat berencana, untuk konsultasi lebih lanjut mungkin dapat membantu dalam PERENCANAAN (DESAIN) dan PEMBANGUNAN rumah yang sesuai keinginan anda.

    YUDHA NUGRAHA,ST.ARCH (0856 912 90 912)
    email: yudhanugraha_st@yahoo.com

  76. marko Says:

    deleted
    admin: iklan dan pertanyaan tidak pada tempatnya akan dihapus
    peraturan iklan
    peraturan bertanya

  77. Subroto Says:

    3 juta/m2 ??? Mimpi kaleee…..
    Mau cepet kaya bukan gitu caranya, kerja yang jujur2 aja, 1,2 juta/m2 udah bagus kualitas bahan bangunannya….
    Kalo harganya ampe segitu mahal, mending pada jadi pemborong aja semua, cepet kaya, kerjaan cuma ngaduk semen pasir krikil & ngiket besi beton aja pengen dibayar mahal, ga lulus SD juga bisa kerja gituan.
    Hati-hati boss, mayoritas pemborong & kontraktor lebih suka mark up sana sini ketimbang jujur, bener tuh kata si Om, mending jadi mandor sendiri trus cari tukang bayar 50rb/hari per tukang, murah & mudah, gampang kok bentar belajar cara bangun rumah tinggal sich…
    Saya sarjana sipil ITB, menurut saya kalo cuma mo bangun rumah tinggal ga perlu sekolah sarjana, belajar 1 minggu udah pasti bisa, kecuali mo bangun sky crawler baru musti sarjana yang ngitung (ruwet soalnya itungan bebannya).
    Kalau bapak2 semua tiap bangun rumah jadi mandor sendiri, insya Allah para pemborong & kontraktor nakal itu akan kembali ke jalan yang benar (daripada ga bisa makan he..he..he…)

    • Aria Says:

      biaya bangun rumah 1,2 jt/m2?? itu bangun dimana pak?? materialnya apa? bambu+clay?
      Sebagai sarjana teknik sipil, anda harusnya tau biaya segitu diwilayah jabodetabek nggak masuk akal.. dan harusnya anda tidak berkata: “untuk bangun rumah ngga perlu sarjana” Anda coba pergi ke wilayah cinere, kemang, cipete, PI.. lihat rumah2 mewah disana? apa rumah2 mewah didaerah itu ngga pake sarjana? arsitek atau insinyur bangunan? apa rumah2 mewah itu hanya mengandalkan tukang yg lulusan sd?? apa rumah2 mewah itu dibangun oleh orang yang hanya belajar ilmu bangunan selama 1 minggu?? coba anda perbanyak lagi referensi anda pak.. lihat referensi dari desainer2 yg sudah membangun rumah dengan kulitas prima.. jangan hanya berkiblat dari desain gratisan yg ada di brosur, majalah, atau koran.. saya sangat meragukan logika dan intelegensia sarjana lulusan itb seperti yang anda banggakan.. maaf yah, no offense ;)

    • virata Says:

      Pada prinsipnya semua biaya membangun rumah itu relatif, tergantung dari seberapa mewahnya material yang digunakan. Mewah sejatinya berasosiasi kepada material walaupun secara bentuk dapat dibuat seolah-olah mewah padahal material yg digunakan standar. Sebenarnya membangun sendiri dengan cara mengupah harian dapat memperoleh kualitas terbaik karena semua pekerjaan dikontrol penuh oleh anda, namun biayanya memang mahal.
      Bagi yang ingin kualitas finishingnya terbaik namun ingin menekan biaya dapat membangun dulu struktur (pondasi, rangka beton, dinding bata minus plesteran, dan atap) secara borongan, baru kemudian finishing (plesteran, pelapis lantai/keramik/granit/marmer, kusen, kaca, plafon, dll) dilakukan secara harian. Atau bisa juga beberapa pekerjaan finishing yang dapat dipercayakan kepada tukang dilakukan secara borongan.
      Hal lain yg ingin juga saya sampaikan di sini adalah lakukanlah konsultasi dengan arsitek atau orang yang sangat berpengalaman dalam membangun rumah (siapapun dia), karena lebih baik bongkar pasang di atas kertas dari pada bongkar pasang pada saat sudah membangun.

  78. Teky Widjaja Says:

    Saya suka geli dengan tanggapan masalah bangun rumah 3 juta/m2 ini. Sebenarnya soal harga sih relatif yah, memang kalau untuk 3jt/m2 rumah yang dibangun bisa dikategorikan mewah (spek: lantai marmer, kusen minimal jati, sanitair grohe, dll).
    Cuma saya agak heran dengan tanggapan dari bung Subroto, maaf tidak ada maksud menyinggung ya bung, hanya menanggapi tulisan yang anda buat, tolong ditanggapi dengan kepala dingin :), kalau menurut saya bangunan rumah design modern minimalis seperti yang sedang in sekarang saya rasa agak berat yah harga 1,2jt/m2 untuk saat ini. Sebagai seorang sarjana teknik sipil ITB saya rasa anda bisa untuk merunut harga 1,2jt/m2 itu spek nya seperti apa.
    Sepengalaman saya yang juga seorang sarjana teknik sipil lulusan dari universitas yang tidak sehebat Anda, agak sulit yah seorang fresh graduate untuk langsung menjadi pemborong atau kontraktor, banyak hal yang tidak diajarkan secara teori di bangku kuliahan (di kampus saya loh). Ok, cukup sekian dulu nanti saya sambung lagi. Btw, boleh saya tahu Anda angkatan berapa yah di ITB? Terimakasih, tulisan saya ini saya buat dengan tidak ada maksud menyinggung siapapun jadi kalau ada tulisan yang tidak berkenan tolong dimaafkan kekhilafan saya. Tuhan memberkati.
    tekywidjaja@yahoo.com
    http://bikinrumah.blogspot.com

  79. den Koplak Says:

    wah jadi takut bangun rumah deh… biayanya ampunn…. ga kuat booo…

  80. Teky Widjaja Says:

    :) tergantung kok mas koplak, asal desainnya bisa sesuai dengan budget gak masalah kok. banyak2 konsultasi dulu aja, supaya rumah idaman bisa terwujud dengan budget se-efisien mungkin.
    http://bikinrumah.blogspot.com

  81. ERON Says:

    Dear All,
    Iya nich saya jadi takut utk bangun rumah .sepertinya ingin bangun rumah ditanah kosong yg luas lahan 8,5 x12 M.Soalnya sekarang tingal di perumahan yang dibangun oleh developer dimana spek dan lingkungan sangat tidak memuaskan (istilahnya kita ketipu) .Utk dari sisi saya adalah arsitek,kontraktor sampai dengan izin menjadi satu atap (samsat) dan tidak perlu lagi dipusingkan lagi. sedang kan budget sangat terbatas dan kalau bisa meberi perhitungan yang benar.Terima kasih atas perhatiannya.

  82. Teky Widjaja Says:

    Salam Pak Eron,

    Mungkin saya bisa membantu kalau anda ijinkan. Kalau Anda tdk keberatan bisa menghubungi saya via email tekywidjaja@yahoo.com. Terimakasih.

    http://bikinrumah.blogspot.com

  83. Yudhanugraha,ST.Arch Says:

    pak eron, bagaimana kalau bapak merenovasi rumah lama saja pak? atau bagi anda yang ingin cari rumah baru tapi dananya habis di beli tanah saja, mungkin dengan merenovasi rumah lama anda dapat meminimalisir pengeluaran biaya anda.

    ada contoh klien saya yang rumahnya terkena banjir di daerah bekasi setinggi 1m, dia punya dua pilihan, beli rumah baru atau merenovasi rumahnya, setelah konsultasi dan saya sarankan untuk bongkar total rumah lama dan menaikan level rumahnya di 1.50 mtr, dan memberi split level pada desain ruangan dan fasadenya, maka jadilah “rumah baru” di tanah lama. anda sudah menghemat untuk tidak membeli tanah lagi.

    Terimakasih sudah boleh berbagi saran, jika ada rencana bangun/renovasi rumah dapat berkonsultasi gratis dengan saya via email
    Yudha, Concept Architect
    yudhanugraha_st@yahoo.com
    0856 912 90 912 /9964 9636

  84. Gwee Sugiharta Says:

    menarik sekali pembicaraan ttg membangun rumah blog ini. kalau diijinkan saya mohon pencerahan, apakah sudah ada kontraktor/builder di jakarta yang menggunakan pengerjaan rumah/dinding beton metode cast in situ/DC-form/fast construction. kabarnya metode ini sudah dipraktekkan di Aceh dan berhasil menekan biaya hingga 20% dari material batu bata.
    Mohon pencerahan dari pakar-pakar konstruksi (+architect?) di sini, mengenai harga, kekuatan bangunan, serta alamat kontraktor/builder yang sudah menggunakan metode fast construction.
    Terima kasih atas pencerahannya.

  85. baru aja Says:

    maaf hanya saya hanya memberitahukan bahwa saya barusan selesai renovasi rumah saudara saya habis nya gak besar besar banget :) membuat tingkat ( cor dak ) sekitar 80 meter rangka atap saya bikin sendiri dari besi ( karena depok terkenal dengan rayap nya hehehehe) habis 137 jt gimana ..??? mahal apa standard ..? ( semua besi pakai yang KS lho ) :D

  86. ERON Says:

    Dear Bp. Teky & Bp. Yudha Nugraha,

    Terima kasih atas replynya. Saat ini saya sedang berunding dengan istri mengenai hal ini terutama akan kebutuhan ruang. Nanti kan saya kabarin .Kalau konsultasi awa masih gratis kan ?. Thanks

  87. Teky Widjaja Says:

    Dear pak Eron,

    Konsultasi pra preliminary masih gratis kok. karena itu memang prosedur standar kami. Untuk lebih baik mungkin Anda bisa bertemu dahulu dengan saya bersama istri lebih baik, agar keinginan dan karakter Anda dan istri bisa kami tampung. terimakasih.
    http://bikinrumah.blogspot.com

  88. John Says:

    Harus diperhatikan tebal cor-an duct nya ya. nanti cuma 10cm lagi. Minta yang 12-15cm. kalo yg paling atas buat jemur atau buat taman, paling dikit minta 18cm kalo ga nanti bocor2 rembes.

  89. Teky Widjaja Says:

    Salam pak John,

    Masalah tebal cor dak nya sih sebenernya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan strukturnya, yang penting campuran betonnya sudah benar tidak perlu sampai 15cm, untuk rumahtinggal biasa cukup 11-12cm, kalau 18cm sudah pemborosan bahan namanya. Untuk masalah rembesan asal pada saat pengecorannya benar dan kita lakukan water proofing tidak akan ada masalah rembesan/bocor. Terimakasih.
    http://bikinrumah.blogspot.com

  90. wahid Says:

    Boleh numpang iklan gak nih ?
    Terutama untuk rumah yang kuat, relatif tahan gempa, aku bisa itungin strukturnya deh.

    Terima kasih
    wahid1st@yahoo.com

  91. Marko Zakaria Says:

    Kalau memang rumahnya sudah terserang rayap ya mendingan dimusnahkan dulu kan ?

    udah ada kok teknologi yang bisa bikin tidur lelap rayap lenyap.

    namanya Exterra. metodenya umpan, teknologi ini sudah banyak teruji memberikan solusi bagi bangunan yang sudah mencoba berbagai macam teknologi namun tidak pernah tuntas.

    Kalau rekan – rekan mau tahu lebih banyak bisa buka website kami
    http://www.termitenator.net

    Kami adalah PT. Narwastu Berkah Estetika, Exterra Indonesia Authorized Operator.

    Hotline kami adalah 021 -707 303 31 / 0819 666 347 yang tersedia 7 hari seminggu.

    Survey dan konsultasi tidak dikenakan biaya.

    Silahkan langsung menghubungi kami.

    Terima Kasih.

    Bukan Sembarang Kecap
    Urusan Rayap Biar Kite yang Garap
    Abang Tancap Rayap Lenyap

  92. adit Says:

    Bener sih, kalau harga rumah per/m2-nya biasa tergantung dari company policy, yg al: biasanya u/ saat ini, harga berbanding lurus dgn kualitas material dan pengerjaan,, u/ 3 juta/m2 sptnya harga sudah sedikit di atas kualitas standart, artinya harusnya klien dgn harga segitu bisa mendapatkan kualitas material kw1, dan pengerjaan yg rapi.

  93. adit Says:

    Bener sih, kalau harga rumah per/m2-nya biasa tergantung dari company policy, yg al: biasanya u/ saat ini, harga berbanding lurus dgn kualitas material dan pengerjaan,, u/ 3 juta/m2 sptnya harga sudah sedikit di atas kualitas standart, artinya harusnya klien dgn harga segitu bisa mendapatkan kualitas material kw1, dan pengerjaan yg rapi.
    Adhitia, S.Arch (selasar_architect@yahoo.com)

  94. thomas Says:

    Halo semua..
    Harga rumah di kisaran 3 jt itu sudah sangat mewah.
    Utk gambaran saja, biasanya saya membangun dgn biaya 2.3jt – 2.5jt/m2. (kurang lebih)
    Dengan spesifikasi umum spt: kusen kamper/meranti (optional), keramik roman, closet Toto, cat mowilex,dll

    Sedikit promosi yah temen2..
    Kalo perlu arsitek utk design rumah & build sekaligus bisa liat2 karya saya di http://www.designskala.com atau contact saya langsung di 08567849594 (Thomas). Design goal saya adalah keselarasan antara ruang luar & ruang dalam. Cahaya & pengudaraan yang baik adalah hal yang utama.

    Semoga bisa membantu.
    Terima kasih.

  95. dani Says:

    Dear all,

    Saya punya rencana dalam waktu dekat untuk bangun di lahan 15×12,94 (-/+ 194m2) hoek rencana bangun 215m2 (tingkat). apakah mungkin bahan dibeli oleh kami, sedangkan arsitek hanya sebagai pengawas…please any comment

  96. Agnes Says:

    mohon bantuannya,

    saat ini saya mengalami dilema, kira-kira mana yang lebih mungkin saya lakukan:
    1. merenovasi rumah saya menjadi 2 tingkat (minimalis), yg saat ini berada diatas lahan 140m2 (10x14m2) dengan luas bangunan 90 m2, dengan spesifikasi:
    r. tamu, r.kel, r.makan, dapur, kamar tidur utama yg cukup luas, 2 kamar anak, 1 km utama, 2 km, ruang baca, carport, garasi, taman dalam+luar, kt + km pmbt, t.cuci/setrika, t.jemur.
    Mungkin tidak y hal tsb diatas direalisasikan dg lahan yg terbatas? jika iya berapa kira2 min budget yg hrs saya sediakan dengan penggunaan bahan2 yang berkualitas, berikut jasa arsitek plus pemborong?

    add:
    – brp biaya yg hrs saya keluarkan utk perijinan peningkatan rumah?
    – suami saya prefer 1/2 tingkat dg alasam supaya aliran udaranya bisa lbh baik krn atap rmh saya cenderung rendah.. benarkah demikian?

    2. ato membangun rumah diatas tanah seluas 240 m2 (SHM).. Budget saya untuk membangun rumah baru max hanya rp. 400 jt, kira-kira cukupkah budget saya jika ingin membangun rumah minimalis dengan spesifikasi ruangan2 diatas. Jika tidak berapa min budget yg saya perlukan.
    cat: perijinan apa lg yg saya perlukan utk membangun rumah & brp biayanya?

    terima kasih sebelumnya atas bantuannya..

  97. onta Says:

    buat yg butuh jasa gambar, design, renovasi s/d mbangun rumah baru, bisa hubungi sodara sy, namanya Pak Safran. modern minimalis atau mediteranian juga bisa dia. Harga fisik bangunan yang dipatok dia sekitar 1,75 s/d 2,2 juta per meter persegi, murah kan? kalo jasa ngambar Rp 6000/m2. pengalaman dia udah 10 tahunan. no hp nya 0812-97777-14. berlaku jabotabeka dan sekitarnya.

  98. Teky Widjaja Says:

    Salam Bu Agnes,

    Perkenalkan nama saya Teky Widjaja K. Saya coba bantu yah…
    1. Untuk keperluan ruangan yang Anda butuhkan di atas lahan yang sekarang ini cukup memungkinkan, nanti akan di atur lebih jelas saat Anda berkonsultasi dengan arsitek-kontraktor yang Anda pilih. Untuk budget sebenarnya relatif, tergantung dari pemilihan materialnya serta desainnya :).
    2. Untuk perijinan sebenarnya tidak terlalu mahal, Anda bisa coba bertanya pada kecamatan atau dinas bangunan di wilayah rumah Anda.
    3. Untuk membangun rumah baru dengan budget 400 juta bisa2 saja, sama saja prinsipnya dengan yang saya jelaskan. Berkonsultasi lah dengan arsitek pilihan Anda, dan terbukalah dengan kendala2 yang Anda miliki.
    Selamat membangun rumah, semoga membantu :)
    JBU

  99. Teky Widjaja Says:

    Oh ya bila Anda (Ibu Agnes) ingin berkonsultasi lebih lanjut dapat menghubungi saya via japri di tekywidjaja@yahoo.com,

  100. agnes Says:

    terima kasih byk mas Onta & mas Teky atas infonya..

  101. aluq Says:

    Wah, jadi pingin promosi nih ….
    Khusus untuk ciledug, dan bintaro, aku bisa bantu deh …
    hubungi via email aja. wahid.haryadi@gmail.com
    = wahid =

  102. aluq Says:

    Ohya, mengenai appraisal untuk rumah, biasanya berguna saat rumah mau diajminkan.
    Secara perhitungan pembukuan akuntan, memang depresiasi ditentukan oleh umur ekonomis yang ditentukan. Misalnya 20 atau 30 tahun untuk bangunan permanen. Namun, hal ini tidak bisa diartikan, bahwa bangunan rumah kita 20 tahun lagi nilainya tinggal Rp 0,-. Justru sebaliknya, petugas appraisal memastikan bahwa bangunan yang di aprais, masih memiliki nilai di saat dia melakukan inspeksi. Sehingga, meskipun umur ekonomis bangunan tinggal 1 tahun lagi, namum bangunan rumah kita masih kokoh dan terawat, maka nilainya tidak bisa Rp 0,- . Harus tetep diproporsikan dg harga pasaran dg kondisi rumah yang mirip atau sejenis.

    Jadi, jangan kecil hati kalo mengaprais rumah. Oke …
    = wahid =

  103. Aa Plamoen Says:

    Yang 1,5 Jt/Mtr masih ada nggak seh haree geenee……

  104. Irawan Says:

    saya ada rencana bangun rumah diatas luas tanah skitar 300 m, rencana saya mau bangun dengan luas bangunan 200m (1 lantai) saya sudah ada rencana gambar dan denah rumah. saya ada budget 300 jt. kira-kira cukup engga ya untuk kondisi rumah minimalis

  105. Wineraja Says:

    Dear Alls,
    perkenalkan saya Erwin,
    mohon informasi saya ingin membangun rumah tua second, yang sudah tidak dapat digunakan lagi, saya berpikir untuk menghancurkan semuanya dan kemudian dibangun kembali dengan tipe modern minimalis dan tanahnya diuruk hingga 1,5 meter dari existing tanah yang sekarang (karena daerah banjir).
    Detail :
    ukuran tanah : 7 x 21 m
    ukuran bangunan yang diinginkan : 7 X 16 ( dan ingin dibuat 2 lantai)

    mohon informasi kira-kira biaya yang harus saya keluarkan brapa ya ? mungkin ada tema-teman yang dapat membantu ?
    terima kasih

  106. gildam Says:

    3 Juta bisa berarti terlalu mahal, tapu 7 juta pun bisa jadi terlalu murah. Tergantung spesifikasi dan kwantiti yg ada dalam banguna tersebut. Menurut saya dengan 2,5 jt/ m2 sudah bisa didapat bangunan yg representatif tapi tidak mewah.

  107. deebun Says:

    saya mau ninggi-in lantai sktr 30cm, ninggi-in plafond sktr 50cm dan pasang keramik di luas bangunan 100m2, termasuk angkat 6 kusen pintu & 2 jendela. Berapa pasaran biaya tukang utk pekerjaan tsb. ya ?

  108. lily Says:

    Dear all,

    ikut bergabung ya…. saya mau tanya, setalah saya baca2 harga untuk membangun rumah itu berkisar antara 2 – 2.5jt/m2, harga tersebut untuk satu lantai atau bagaimana? Misalnya luas bangunan adalah 90m2 terdiri dari 2 lt, bagaimana cara menghitung biaya yang disiapkan?
    ths ya…

  109. Leonard Says:

    dear Wineraja, ibu lily
    Untuk cepatnya bisa diambil angka 2.5 per meter persegi untuk sementara.. tapi agak sulit juga mempertahankan angka itu sebab kelihatannya ada beberapa bahan bangunan (almost all i guess) akan mengalami kenaikan lagi dekat-dekat ini.. jikalau saya boleh menyarankan.., coba untuk menghubungi kontraktor yang mungkin sudah anda kenal jadi harga juga tidak di-up.. dengan begitu seharusnya ada gambar rumah yang diinginkan dengan perhitungannya sehingga dapat dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan pilihan.

    dear deebun,
    rata-rata apabila anda menggunakan tukang serabutan untuk pekerjaan yang dimaksud berkisar antara 50k-70k per harinya.

    es_la_bon@hotmail.com

  110. bangun rumah Says:

    Aku ingin membangun rumah di daerah bogor, kira2 membutuhkan biaya berapa yach? Klo membangun rumah tipe 36

  111. Harland Says:

    (Sori numpang…)

    Dear Arsitektur,
    Saya adalah anak ‘kelas 2 SD’ dibidang bangun membangun rumah…alias gak ngerti apa-apa..(please dont take this as your advantages :)

    Saya ada rencana beli tanah 200 mtr..namanya rencana jadi maju mundur krn bnyk komen di internet mengenai membangun rumah…:(

    Kalau saya punya budget 250 juta untuk membangun (mungkin dengan luasan 125m)..dengan spec seperti ini:
    2 LANTAI
    Lantai bawah,
    1 kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam
    2 kamar tidur anak
    1 kamar mandi dibawah
    1 kamar pembantu+kmr mandi
    Lantai atas,
    2 kamar serba guna
    1 kamar mandi
    Lain2
    Fasad depan Minimalis
    Garasi
    Rangka atap baja ringan
    3 bulan pengerjaan(?)

    I know i know… bapa2/ibu pasti berkata mimpi kali ye? Hehe tapi begitulah rumah…selalu di awali dengan impian…that’s the spirit right guys?

    Kira2 bahan bangunan apa yang saya dapatkan yak? Hasilnya apakah menjadi begitu mengecewakan kah?
    Apakah ada saran?

    Beli rumah….bangun rumah….beli rumah….bangun rumah….kaya bunyi tokkek….duh jadi pusing…..

    Help me to get this ‘tokkek’ out of my head….dear architects……..

  112. Bangun rumah Says:

    Terima kasih atas infonya….sangat bermanfaat.
    Good luck..!!!

  113. bangun-renovasi-rumah Says:

    Salam kenal…,,, Blog anda bagus….!!!

  114. agung Says:

    Untuk wilayah Jabodetabek kisaran 2,2 sampai 4 juta per m2. Harga tersebut tergantung dari : spek material utama misalnya keramik/granit/marmer, cat vinilex/dulux, rangka atap kayu meranti/borneo/kamper/baja, kusen kamper/meranti/aluminium ecek-ecek/aluplus/ykk, sanitair kelas China/Toto premium – standar/dll. Jadi kita nggak bisa secara detail mematok harga per m2 sekian krn harus di llihat dulu speknya apa. Coba bayangkan dari sisi lantai roman lawan granit aja bedanya udah 500 ribu per m2. Juga cat vinilex yang peil 300 ribu lawan Dulux se peil 1,2 juta. Itu baru salah satu contoh material yang akan dipakai. Coba kalau kita pakai kusen aluminium ex ALUPLUS pasti rumah tipe 54 kusennya udah makan biaya 50 jt, bandingkan bila cuma pakai kusen meranti super seperti yg di Mitra10 paling banter 15 juta udah dapet. JUga tingkat kerumitan detail. Semakin banyak ornamen dan detail pasti semakin mahal

  115. Nuning Nurcahyanto Says:

    Saya setuju dengan P Gildam, harga tergantung spek material yang dipakai di rumah. Bisa 3 jt disebut kemahalan, tapi bisa juga 7 jt kemurahan. Jadi intinya harga rumah tergantung spek yang akan dipakai. Kalau untuk rumah standar keramik roman-sanitair Toto kelas rendah-cat dalam vinilex-cat luar mowilex-atap rangka baja ringan ex lokal-genteng keramik warna natural-pintu kamper harga per m2 di jakarta dan sekitarnya 2,5 jt. Kalau untuk tipe klasik lebih mahal lagi bisa 3.5 jt/m2. Demikian juga kalau lantai marmer/granit bisa 3-4 juta/m2. Tapi kalau model klasik dengan material kelas 1 bisa 5-7 juta.

  116. Safran 0812-9-7777-14 Says:

    2 sampai 2,5 juta per m2 sudah pakai baja ringan. Hubungi Bpk Safran di 0812-9-7777-14

  117. aflovemh Says:

    Saat ini nenek saya memiliki rumah di hoek dengan luas tanah 450mtr2 di perumahan Green Garden, Jakarta Barat. Rencananya rumah tersebut akan dihancurkan dan akan dibangun rumah baru dengan luas tanah dibagi 2. Jadi di tanah yang lama akan dibangun menjadi 2 rumah baru. Penawaran yang sedang dilakukan adalah mencari pemborong yang mau membangunkan rumah untuk kami dengan imbalan setengah tanah yang ada. terserah mau dibangun untuk ditinggali sendiri ataupun untuk dijual kembali. Jika tidak menemukan calon pemborong yang mau membangunkan rumah tersebut dengan imbalan setengah tanah, maka kami akan membangun yang setengah dan yg setengah lagi harus mencari orang or kerabat yang mau membeli setengah tanah tersebut. Yang kami harapkan proses pembangunan rumah dapat bersamaan mengingat letak yg bersebelahan. Jadi gak debuan kalau dibangun bersamaan dan selesai bersamaan.
    Kira2 proses pengurusan untuk pembagian tanah tersebut gimana yah? dan bagaimana dengan IMB nya? maaf saya newbi dan gak tahu menahu soal bangun rumah. Kira2 dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis dengan luas tanah kira-kira 10×20 mtr 2 or 2,5 lantai, dengan kualitas cukup OK, di lt 1 perlu ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, pantry basah dan kering, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, lt 2 perlu 1 kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, 1 kamar tamu, 1 kamar pembantu, 1 kamar mandi pembantu dan tempat mencuci (service area). Mohon bantuannya yah. Terima kasih. Sorry kalo kepanjangan.

  118. dodi Says:

    Bingung cari kontraktor pemasang granit ada tp harganya bikin kita berpikir,Kami perkumpulan pemasang marmer dan granit di sebuah property di Jakarta mencoba berdikari menawarkan pemasangan granit dan marmer,jasa propil ukir marmer,poles kristaling DLL menawarkan jasa pemasangan secara murah rapih dan teliti, di banding anda harus memasang lewat kontaktor property mungkin ditawarkan dengan harga yang relatip mahal,kami bisa memberi harga lebih murah karma kami menegrjakannya sendiri bersama perkumpulan pemasang granit yang kami tampung dalam satu wadah,selama puluhan tahun kami menggeluti bidang ini dengan pengalaman yang hampir separuh hidup kami kami juga tidak hanya belajar memasang tp juga belajar memahami insvirasi anda agar hasil sentuhan tangan kami bisa menjadi hasil kerja yang benar-2 anda inginkan,….

    Kami memberi gratis ongkos potong marmer & granit

    Sebesar apapun sebuah kontarktor property dan seprofesional apapun seorang arsitek design kami lah para tukang dan pemasang granit dan marmer yang terjun dan menjadi pelaksananya dilapangan.

    kami jamin lebih murah,sebelum anda hubg kami,silahkan cari dulu perbandingannya agar anda yakin kami memang murah.

    kami juga siap membantu anda dalm berbelanja marmer dan garnit ,karna banyak toko dan motif garnit dan marmer mebuat anda bingung dan kami siap membantu anda dlm berbelanja granit dan marmer di gudang pusat penjualan marmer dan granit kami jamin dengan harga yang jauh lebih mura dan berkwalitas.

    Bila anda berminat dan ingin tau penawaran harga kami contak person di dodi_robiansyah@yahoo.co.id

    Hormat kami

    Perkumpulang pemasang granit dan marmer.

  119. bangun rumah Says:

    nice artikel…
    thanks ya atas infonya…
    sangat bermanfaat…

  120. iwan Says:

    Saya punya tanah di manado, luas 252m. saya punya dana 300jt, apa cukup untuk rumah minimalis ?

  121. krisna Says:

    pak iwan kalo memang anda rencana bangun rumah & butuh kontraktor hub saya (Hp: 081340515295)krisna-Manado

  122. salman Says:

    Biaya membangun itu tergantung dari disain rumahnya , serta material yg digunakan . Dengan disain yang matang serta gambar kerja yang detail, biaya yg lebih rinci bisa diperkirakan dan akhirnya penghematan dalam pelaksanaan (tanpa bongkar pasang). Kualitas rumah tidak bisa hanya dinilai dari bagusnya tampak atau dari jenis material yang digunakan, tapi harus dilihat juga kenyamanan penghuni ,pencahayaan, sirkulasi udara juga perawatan bangunan ke depan. Marilah kita hilangkan stigma “memakai jasa arsitek mahal” , Arsitek adalah suatu profesi ahli perancangan bangunan, kami (arsitek) membantu mendisainkan bangunan yang baik, dari segi estetika maupun dari segi biaya dan juga ramah lingkungan . Harga per-meter hanyalah suatu titik awal perhitungan untuk memberikan gambaran biaya yang harus dikeluarkan saat membangun, jangan sampai yang punya rumah bermimpi ingin punya istana, apa daya biaya cuma cukup untuk bangun pondasi … http://salman-arsitek.blogspot.com

  123. Safran Says:

    @Iwan

    cukup pak, untuk jelasnya saya tunggu anda di 0812-97777-14 (mobile) / 021-32-7777-14 (flexi) / 021-59-777-66 (home)

  124. debide Says:

    Maaf rekan2, nunpang nimbrung
    hanya membantu kawan yang mau jual rumahnya
    Dijual : Rumah di CLUSTER PICASSO, LEGENDA WISATA
    Lt 151m, Lb 88m, 2 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, over kredit sisa 170jtan, cicilan 3.2jt/bulan, di tawarkan Rp 205jt.
    Kontak Bp Yanto 0813 146 17879 atau 84933204
    terima kasih
    rgds

  125. edison Says:

    @ um salman…
    betul banget um, emang udah jadi salah satu tugas arsitek untuk mengedukasi masyarakat ttg bagaimana sebaik nya membuat rumah yg baik, sehat dan indah namun efisien…untuk itu lah diperlukan tenaga arsitek, mengenai stigma di sebagian besar masyarakat kita bahwa klo pake arsitek hrs bayar mahal padahal masih banyak kok arsitek yg sangat membumi seperti istilah barefoot architect, perbandingan nya adalah 5-7 persen fee arsitek dr total harga bangunan…klo bangunan seharga 200jt maka fee si arsitek hanya 10 – 14 jt cukup terjangkau bukan?
    klo nunggu kebijakan pemerintah yg ngatur untuk membangun rumah harus pake jasa arsitek layak nya praktek pengacara dan dokter terhadap client nya, mungkin masih jauh diangan2 *pekerjaan rumah untuk IAI yg belum terselesaikan*

    seperak recehan…

    regards,
    edison
    arsitekygmasihterusbelajarjadiarsitekygbaik
    08161661867
    edsmario@gmail.com

    S 06’21.306
    E 106’44.756

    • rizki,kiki Says:

      salam kenal pak edison, saya rizki di surabaya.langsung aja saya ada jasa bor fondasi strauss / strauss pile manual.hub. saya jika anda membutuhkan di ponsel saya 0856340062
      co:projec IPDN regional manado,tampusu. yang dikerjakan oleh adhi karya ,tbk. lebih bih cepat dari mesin,dan tentunya lebih hemat (bisa dibuktikan kebenarannya)

      oya pak,saya senang dengan tulisan2 anda,berguna bagi saya pribadi

      salam,

  126. edison Says:

    @ um iwan..
    um harus nya seh cukup, klo di jakarta untuk bangunan 2 lantai dgn spesifikasi menengah bisa dapat luasan antara 100 – 120 m2, mungkin di manado material agak sedikit lebih mahal.

  127. FAIZAL Says:

    Halo Rekan2 salam kenal, kami adalah tim yang solid dalam hal konstruksi. jika ada rekan2 yang butuh bantuan kami dalam hal desain atau tenaga, bahkan sampai tukang dapat menghubungi kami always, kapan saja…atau mungkin ada di antara rekan2 yang sudah memiliki desain dan biaya namun ingin berhemat bisa langsung mendapatkan tukang yang berpengalaman dengan pengawasan langsung dari kami, tanpa harus berhubungan dengan kontraktor yang mungkin biayanya mahal…boleh dong di banding…

    berikut jasa yang kami tawarkan…

    1.Menerima Desain Arsitektur Modern, Minimalis dll
    – Jasa Desain tanpa gambar kerja
    (Hanya gbr IMB kertas A1-Denah, tampak dan potongan)
    Rp. 750rb (max luas tanah 300 m2)
    -Jasa Desain + gbr Kerja, mulai Rp. 30.000 / M2
    Data yang di hasilkan ;
    -Hard copy Gbr kerja kalkir A1, Soft copy CD 1 unit
    -RAB,
    -Perhitungan gbr struktur dengan program SAP
    -Revisi max 3 x.

    2.Pembuatan Gbr Kerja dari desain yang sudah ada,
    -Kertas ukuran A1 Rp. 150.000 / lembar
    -Kertas ukuran A2 Rp. 100.000 / lembar
    -Kertas ukuran A3 Rp. 80.000 / lembar
    Data yang di hasilkan ;
    -Hard copy Gbr kerja kalkir, Soft copy CD 1 unit

    3.Bangun baru, Renovasi, Rumah, Ruko, Kantor, Gudang dll
    -Harga mulai 1.500.000 / M2
    -Kwalitas standar mulai 2.000.000 / M2 (Kayu Kamper, Lantai keramik, Dak beton, atap Genteng, Cat Vinilex)

    4.Borong Tenaga / Upah
    -Harga mulai 400.000 / M2.

    5.Anda ingin bangun / renovasi yang murah dan berkwalitas tapi tidak ingin pusing dan tertipu oleh tukang harian yang melambatkan pekerjaan..?
    …Borong Tenaga / Upah system Keteng…inilah jawabannya..kami anda bayar berdasarkan progress pekerjaan…
    -Pasangan Bata Merah = Rp 12.000 / M2
    -Pasangan bata hebel = Rp 10.000/ M2
    -Plester = Rp 12.000 / M2
    -Pengecatan = Rp. 7.000 / M2
    -Pasang Keramik = Rp 15.000 / M2
    -Cor Beton = Rp 75.000 / M3
    -Bekisting beton = Rp. 12.000 / M2
    -Bekisting Sloof = Rp. 9.000 / M2
    -Besi beton = Rp 750 / Kg

    (Untuk harga lainnya dapat konfirmasi, Harga Borong keteng tidak Mengikat, dapat negosiasi, tergantung volume pekerjaan)
    Kami dapat mengerahkan sampai lebih dari 100 pekerja, jika di butuhkan.

    Salam kenal
    Sandhi Architect

    Faizal Arisandhi.

    Sandhi Architect : 021-94096783 (sms ok), Email : sandhi241@yahoo.com

  128. nina BPR Says:

    Halooo Semua …
    btw mengutip post dari @jef di thread “Terbaik di Bekasi? Bima Legenda Bekasi” mendingan kita pindah aja yuk ke forum.rumahmobilku.com ,fasilitas forumnya lebih lengkap dan teratur . jikalau ada yang memanas usernya bisa kita request ke adminnya untuk di block atau dibanned. Sehingga kita bisa lebih share yang positif saja
    ====================================================
    Jef Berkata:
    Januari 10, 2009 pukul 7:03 pm

    Halooo semua ….
    Btw setelah saya baca seluruh post reply yang memakan waktu mpe 4 jam, ini sepertinya tidak ada yang menjadi moderator, sehingga oknum-oknum seperti pak asep bebas mereply dan cuap-cuap sehingga kita tidak bisa lebih share nih.

    Saya sudah memindahkan semua post dari forum ini ke forum.rumahmobilku.com …. setelah saya coba-coba kayaknya mendingan kita pindah aja ke forum.rumahmobilku.com aja deh , ada beberapa fasilitas yang lumayan bagus :

    – Forum ini dibangun menggunakan Vbulletin (software paling populer untuk forum web basis)
    – Kita bisa merequest ke adminnya (empunya forum.rumahmobilku.com alamatnya customercare@rumahmobilku.com) supaya kita bisa menjadi moderator , so jika ada yang macam-macam bisa langsung dilaporkan ke adminnya untuk diblokir user accountnya
    – kita bisa sekalian beriklan gratis untuk rumah dan mobil ( he..he..he.. barangkali bapak2 and ibu2 mau jualan rumah ato mobil) ….> coba kunjungi rumahmobilku.com/rumah ato rumahmobilku.com/mobil
    – proses pendaftaran user account untuk forumnya sangat gampang sekali
    – saat ini masih bisa attach file gambar di forum , he2x barangkali ada yang mau share picture
    – semuanya gratis kok

    jadi HAYOOOOOOO kita berbondong-bondong pindah ke forum.rumahmobilku.com

    Untuk thread “Terbaik di Bekasi? Bima Legenda Bekasi” bisa diakses di forum.rumahmobilku.com—>forum property–> zone komunitas —> Terbaik di Bekasi? Bima Legenda Bekasi
    ===================================================================================

  129. nina BPR Says:

    oiya semua post di forum ini sudah saya copykan ke forum.rumahmobilku.com —> property —> diskusi Bangun dan Renovasi rumah …

    ayo gabung aja ,.. btw saya juga sudah daftar

  130. Ardi Says:

    Kami, Sena Supplier Utama, bergerak di bidang supplier bahan bangunan khususnya bahan bangunan alam, hendak menawarkan produk kami untuk lokasi proyek Jakarta dan sekitarnya.
    Menjual Pasir Putih, Pasir Pasang Mundu, Pasir Cor Cilengsi, Bata Cikarang Standar, Bata Cikarang Jumbo, Batu Belah, Split, Sirtu, Pasir Urug, dll.
    Hubungi Ardi di 021-33155323

  131. RIZA, ST Says:

    Kalau di Jawa Tengah / Kabupaten Kudus rata-rata rumah dengan harga pembangunan 1.8 jt/m2 sudah termasuk desing dan atapnya menggunakan baja ringan. kalau berminat hubungi riza_hammadst@yahoo.co.id, Dengan menggunakan syari’ah tanpa ada yang ditutup-tutupi.

  132. sugeng s Says:

    Bos ane udah 10 thn jadi pengawas di developer, kontraktor nyang borong cuma dikasih 1,2 juta doang, . . . . ntu udah nyampe terima kunci, cumen meteran listrik nyang kaga masuk itungan, jadi bener kata abang2 nyang udeh ngomong, jangan keburu kepancing brosur buat beli rumah di perumahan cek dulu HPP Tanah disitu sama HPP bangunan di daerah situ, Oceh. . . . lanjut booos . . . .

  133. ria Says:

    Saya punya tanah di kompleks Pakuwon city,Surabaya.tanah saya di lokasi pojok dan luasnya 268m2.Saya mau membangun rmh dngn desain klasik modern dan berlantai granit.Berapa kira2 hrg bangun utk per meternya dan apa perlu jasa arsitek utk desainnya?Terima kasih

  134. pengamat Says:

    sekitar 1,8 s/d 2,5 jutaan per meter nya
    klasik medi lebih mahal dibandingkan minimalis
    tidak ada keharusan musti pake arsitek designer, tapi kalo mau puas dalam artian mendapat masukan yg mungkin gak kepikiran sama anda, yah mendingan pake aja

  135. ria Says:

    Brp biaya utk arsitek dan dngn tanah segitu spy rumahnya keliatan besar harus dibangun dngn ukuran brp?Rencana saya rmh dngn 2 lantai.Jd bngn rmh dngn lantai granit sktr 1.-2.5 jt ya perm2.

  136. pengamat Says:

    biaya itu sudah termasuk arsitek, bu ria.

  137. Faizal Says:

    Takut berhubungan dengan Arsitek karena mahal..?
    Hubungi kami,
    desain Rp. 10.000/m2

  138. bengbeng Says:

    @Faizal: Untuk jasa arsitek 10000/m2….bisa dijelaskan lagi detailnya gak? itu utk design spt apa? .10rebon itu baru konsep atau cuman tampak depan aja….:))) atau sudah termasoek semua hardcopy-nya..? Bisa lebih detailly pak..tarifnya…..saya punya rencana bangun rumah 1 lantai dengan luas 50 m2..berati ongkosnya cuman 500rebon yah…..

  139. Fahmi Hayaze Says:

    Salam Bpk Alex,saya arsitek dan kontraktor, saya dapat membantu anda untuk informasi tanah di sekitaran BSD dengan harga terjangkau dan rencana impian anda memiliki rumah seperti di Amerika dengan halaman yang luas. Contact kami ke irioarch@gmail.com atau 081340511456

  140. JOHNATAN Says:

    hehehe…..
    boleh numpang ya
    KAMI TERIMA BANGUN/RENOVASI RUMAH,RUKO,VILLA,RESTO,GUDANG DLL.GAMBAR GERATIS…. DAERAH YOGYAKARTA.
    HUBUNGI KAMI DI (O274)6888750

  141. Safran 08129777714 Says:

    Berapa banyak dari anda yg dikecewakan karena mbangun / renov rumah yg bahan material nya dikorupsi sama tukang atau developer ? Atau pengerjaan nya kurang bagus karena tukangnya gak jago? Hal itu tidak akan kejadian jika anda memakai jasa saya utk mbangun/renov rumah. Semuanya transparan, tidak seperti beli kucing dalam karung, yg mana cuma disodorin harga tapi gak tau isinya apa aja. Semua harga, biaya, bahan bahan, maunya seperti apa, semua dibahas dulu didepan, kalau perlu ditulis hitam diatas putih, biar anda tahu bahwa biayanya memang segitu, tidak mengada ada. Bahkan saya juga bisa mengarap proyek rumah anda sesuai bujet anda, jadi bukan harga mati. Ada 2 pilihan sebenarnya, saya kerjakan sesuai kemauan anda, atau anda percayakan semua pada saya, termasuk ide ide kreatif yg muncul nantinya. Yang mana saja pilihan anda, fine fine saja buat saya, karena semua itu ada rincian biaya nya, dan itu akan anda ketahui sebelum deal. Klien kami banyak yg puas dgn hasil kerja kami. Bahkan skarang banyak new order yg terpaksa kami tolak karena udah gak kepegang lagi. Tapi mudah2xan, jika anda hubungi saya skarang, masih ada kesempatan utk masuk, tapi jika tidak, yah harap maklum lah. Butuh waktu lama agar kami bisa memilih tukang yg benar benar bagus pengerjaan nya, tapi alhamdulilah skarang kami memiliki team tukang yg solid. Sebagai contoh, pemasangan keramik. Kebanyakan tukang diluaran sana, memasang nya dgn jarak yg lebar semen antar keramik nya, nah tukang kami bisa mengerjakannya dengan jarak yg amat kecil, jarang ada tukang yg bisa seperti itu.
    Kami juga melengkapi diri dengan beberapa peralatan kerja, jadi bukan tenaga tukang saja, kami punya genset jika kebetulan dilokasi proyek rumah itu tidak ada aliran listrik, kami punya mobil Espass yg sudah dimodifikasi utk mengangkut bahan material (guna mengakali preman kompleks yg suka malak truk truk material), dll. Jadi semua kemungkinan sudah saya pikirkan demi kenyamanan anda.
    Kami hanya melayani proyek sekitar jabotabeka saja. Untuk jelasnya, silahkan hubungi saya, Pak Safran di nomor 0812-97777-14 (mobile) / 021-32-7777-14 (flexi) / 021-59-777-66 (home)

    • KAKA Says:

      “Bahkan skarang banyak new order yg terpaksa kami tolak karena udah gak kepegang lagi” wah kalo gitu gmn kalo Bapak rekomendasiin ke saya aja, itung2 bagi2 rezeki….. ditunggu kabarnya ya pak. thanks (Zul/0813 1846 6748)

  142. TAUFIQ Says:

    Selamat pagi…
    Mau tanya saya ada borongan renovasi rumah di bintaro, tapi Facade depan minta gak banyak rubah struktur, sekarang luas 45 m2 mau di bikin 2 lantai luas bangunan 150 m2, kalo yg penambahanan belakang 2 lantai berapa per meternya…? sama 3 jutaan/meter..? ama biaya desain berapa…? kalo bikin taman per meter berapa ?

  143. Daniel Says:

    di bali harga bangunan rumah mulai dari 1.950.000/m2
    kalau villa mulai dari 2.450.000/m2

    kalau ada yg berminat bangun bisa contact saya by email

    info@rock-construction.net

    atau 087861100818

  144. Eliya Didik Says:

    Wah dari April 2007 sampai Maret 2009 masih banyak comment yang masuk ya?

    Sekalian juga nih : kita juga melayani pembangunan rumah, kantor, gudang, pabrik, apartemen, hotel, SPBU, maupun interior. Bisa hubungi saya di : 08122572831 atau eliyadidik@gmail.com

    Thanks…

  145. man penjahat Says:

    gw cuma info aja ni,

    Kenapa ya suatu pekerjaan banguan itu yang dilihat adalah orang arsiteknya, kenapa ga sih orang sipilnya, pada hal rata2 orang arsitek menggambar suatu bangunan itu tidak efesien, suka2 hati nya aja. Padahal suatu banguanan itu perlu dilihat kuat, tahan terhadap in ato ex beban yang bekerja dan ekonomis. Pengalaman saya, bangunan yang dibuat Orang Civil dan arcitek ya, lebih bagus desain gambar n perencanaannya orang2 sipil, sipil sudah merangkap semuanya loh, biaya jg bisa lebih nego (bangunan jg dapat sesuai dgn 3 faktor diatas), Saya sarankan juga konsultasi jg sama orng2 Teknik Civil yang anda kenal ?>??

    Thanks

    • Tukang bangunan Says:

      Menurut saya antara arsitek dan sipil beda bidang kerjanya. Arsitek lebih luas lingkupnya dan tidak sekedar teknis, karena meliputi seni, budaya, psikologi owner dan yang paling penting dari arsitek adalah orisinalitas kreatifnya. Keorisinalitas ini pun lebih spesifik yaitu lebih ke tata ruang imaginer sebelum ruang benerannya dibangun. Pekerjaan yang cukup rumit kalau benar2 dijalankan, karena kalau sekedar contek sana sini sih ya semua orang juga bisa.

      • Tukang bangunan Says:

        nambahin dikit lagi, arsitek juga visionaris. Bisa dilihat, selama ini yang menentukan trend bangunan kan hasil utak atiknya arsitek. Jadi menurut saya, jangan disamakan fungsinya antara arsitek dan sipil. Sangat bijaksana kalau masing2 melakukan tugasnya dengan baik, oke..! :-)

      • Tukang bangunan Says:

        nambahin lagi ya, saya punya kebiasaan cara memberi tahu yang paling gampang menurut saya tentang profesi arsitek. begini, kalau kita terbiasa berbelanja di butik atau pesan baju ke desainer alih2 di department store, maka kita akan mudah mengerti ttg profesi arsitek. itu menurut saya lho..

    • Yandi Says:

      Arsitek kan hanya mendesign bentuknya saja. tapi yang merancang strusktur bangunannya kan tetap orang civil. walaupun sebenarnya di dalam ilmu arsitek juga mereka ada belajar strukture. tapi lebih mendalam orang civil.

      Arsitek itu lebih fokus ke bentuk secara keseluruhan sedangkan civil adalah bagian-bagian detailnya.

      Menurut saya sih kalau cuma rumah tinggal gak perlu pake arsitek segala. cukup mencontoh rumah yang sudah ada saya rasa cukup. atau melihat contoh contoh rumah yang di jual bebas di pasaran.

      Kecuali anda pengen membangun gedung gedung penting seperti bandara, gedung perkantoran. pusat perbelanjaan, atau gedung pemerintahan dsb mungkin arsitek dibutuhkan. Tapi kalau sekedar rumah tinggal dengan menggunakan jasa arsitek saya rasa mubajir.

      • Shandy Says:

        Wah… dah ramai buangat antara sipil dan Asiteknya yaaaaa
        sy neh dari Teknik Mesin, sekedar imput masukan berdasarkan pengalaman dan informasi yang sy peroleh :
        So maaf kalau dianggap salah tapi ini informasi pihak ke tiga jd patut di jadikan acua juga He he heeee… :-)

        Menurud saya neh. Sipil emang NENEKnya bangunan, mulai dari struktur, lapangan ampe detailnya jg mereka pelajari but terbatas ampe bangunan seperti rumah, tempat ibadah, dll.
        but jgan di lupa jga klau mengenai desain bangunan lebih dalam Contohnya Mall, Bandara, Apartement, dlll, jagonya emank Arsitek karena mereka lebih membahas mengenai view serta desainnya saja,

        BTW, untuk BRB (Biaya Reproduksi Baru), biaya bangun rumah baru saat ini (September 2009) sebenarnya normalnya berapa / meter untuk bangunan lantai 1, 2 dan 3 untuk rumah tipe menengah dan untuk ruko juga berapa / meter…??

        Mohon Informasinya…..

        Regard
        Shandy
        Nah ini yang perlu orang Sipil & Arsitek bincangkan

  146. Anto Says:

    Hmmm… Klo 3jt/m2 kemahalan bgt tuch.
    Setahu saya…
    Bangunan 1 lantai rata2 1.75jt/m2
    Bangunan 1 lantai (struktur siap utk 2 lantai) 2jt/m2
    Bangunan 2 lantai 2.5jt/m2 (spesifikasinya dah mewah)
    Memang benar ada yg bilang biaya itu menyesuaikan spesifikasi bangunan:D

  147. vera Says:

    Numpang nimbrung yah..

    Minta pencerahan nih.

    Sebentar lagi saya akan akad kredit di perumahan Riverside. Luas Tanah 96 m2 dan Luas Bangunan 67 m2. 2 lantai. Rencananya saya akan tambahkan ruang untuk mencuci, dapur dan ruang makan di halaman belakang dengan ukuran 6 x 3 m2. Budget yang saya punya Rp. 20 jt.
    Jenis bangunannya minimalis saja.

    Rencananya Oktober 2009 sudah mulai pengerjaan..

    SOS, minta bantuan untuk solusinya yah….

    Tq

    • Tukang bangunan Says:

      @ mbak Vera: di Riverside mana mbak Vera? di Malang? Kalau di malang kontak saya aja di 0341-5151516 siapa tau bisa ngebantu. :-)

  148. abu khansa Says:

    saya beli rumah baru, dihargai 1.7 jt tuh permeter bangunannya, padahal saya lihat kwalitas bangunannya sudah memadai (full bata merah) dan desain minimalis

  149. Yandi Says:

    Kalau 3 juta/ m2 itu bukan bangun rumah mas, tapi bangun istana. mana mungkin bangun rumah 100 m2 harganya 300 jt. Kalau materialnya serba Impor mungkin iya. tapi kan yang dimaksud adalah harga rumah kualitas sedang.

    Kalau bangunannya aja 300 juta , + tanahnya 300 juta berari gak bisa dong ya beli rumah di pinggir jakarta . artinya kan rumah yang dipinggir jakarta udah pasang harga 600 juta.
    alamak…………….itu uang semua ya ?

  150. agus Says:

    Update terakhir di depok (jabar)
    1 lt = 2,650,000/m2
    2 lt = 3,100,000/m2

    Tanah 2 jt – 6 jt/m2

    • Shandy Says:

      Dear Mas Agus.
      BBR 1 Lantai : Rp. 2.650.000/m2 –> Tipe standar ato mewah
      BBR 2 Lantai : Rp. 3.100.000/m2 –> Tipe standar ato mewah

      Ini untuk Rumah, Ruko Hotel Ato Apartemen..?

      Mohon Imputannya, ditunggu ya infonya..
      Thank`s before

      Regards
      Shandy

      • agus Says:

        Ini utk rumah range nya antara standar dan mewah (belum sampe mewah). yg jelas atap rangka baja ringan, plafon besi hollow, bata merah, kusen aluminium

  151. Yahya Husein Says:

    2009
    3jt/m2 termasuk medium, premium /m2 4-6jt/m2 bahkan banyak yang lebih dari itu.
    satisfaction itu relativ, sama seperti mobil sama2 bisa dinaiki dan jalan, tapi harga minibus suzuki carry kan beda dengan toyota wish apalagi alphard

  152. Sultansyeh Says:

    saya rasa sih, antara civil n arsitek tidak perlu lagi di persoalkan karna tugas dan fungsi sudah jelas. artinya keduanya tidak bisa dipisahkan antara keduanya karna saling terkait antara satu dengan yang lainnya. sama halnya dengan perumpamaan cor : cor itu terdiri dari bahan semen, pasir, split, air dan besi tetapi mereka tidak pernah berantem untuk tampil didepan karna masing-masing punya tugas dan saling terkait begitupun dengan civil dan arsitek tidak perlu lagi diperdebatkan karna civil punya tugas dalam struktur sedangkan arsitek bagian rancangan jadi apalagi masalahnya coi…………thanks
    :

  153. muammar Says:

    jangan berantemlah soal civil n arsitek, yang penting sudah membuktikan belum belum kinerjanya jangan-jangan belum sepersenpun

  154. Marthin Says:

    Saya arsitek,

    kalau menurut saya, untuk bangun cuman 45 – 70 m2
    tidak perlu arsitek.
    cukup cari brosur perumahan yang banyak bertebaran di expo expo dan rubah rubah dikit lah
    tukang juga biasanya sudah bisa bikin kalau rumah type segitu.

    kalau untuk type diatas 300 dan berlantai lebih dari 1, mungkin bisa di pertimbangkan untuk memilih arsitek untuk membantu. bisa arsitek junior atau fresh graduate sudah cukup.

    tapi untuk rumah exclusive seperti 800 m2 keatas silahkan jangan ragu untuk menghubungin arsitek, agar bangunan anda dapat di wujudkan dengan meminimalisasikan kesalahan dan bonkar pasang, serta ketidak efektifan raung dan design.

    kami perusahaan yang menangani design rumah eksklusif, seperti villa, estate, private home, dll khusus kelas menegah ke atas.
    hubungi kami jika ingin menanyakan info dan bantuan lebih lanjut di info@seriouslydesigned.com

  155. dessy Says:

    wah, majhal bgt kalo 3 juta.
    saya bangun cuma 1.5 dan bagus bgt, atap baja ringan..
    memang harus cari2 dulu mandor yg bisa di percaya dan punya koneksi banyak, jd bisa nekan harga bangunan

  156. dessy Says:

    tapi memang kalo budget dikit gak usah pakai arsitek lah..
    cari aja tukang bangunan yg direkomen denagn saudara atau teman.
    just info sy habis 20 jt aja buat renov rumah.
    padahal yg compare dengan arsitek (sy dikasih harga 2.2) itu habis sekitar 78 jt.
    jauh bgt kan.

  157. Ahmad Says:

    Mau Kasih info aja nih, Mas Anjar dan para blogger lainnya (bantuin teman yg lagi Mau jual tanah trs yg beli bisa bangun sendiri deh tinggal pilih harga perm2 yg 1 jt or 2 jt or 3 jt):
    RUMAH DI JUAL (HITUNG TANAH)
    LUAS 441 M2 (P 22m X L 20 m)
    DI KOMPLEK PERTAMBANGAN, DUREN TIGA, JAKARTA SELATAN
    LOKASI STRATEGIS DI JAKARTA SELATAN, BERADA DI VVIP AREA KARENA BERDAMPINGAN DENGAN KEDIAMAN PRIBADI RI-2 (WAKIL PRESIDEN RI / BAPAK BOEDIONO)
    LINGKUNGAN ASRI, AMAN, NYAMAN, BEBAS BANJIR, JALAN UTAMA DALAM KOMPLEK LUAS (BISA 4 MOBIL), DEKAT DENGAN AULA SERBA GUNA DAN TAMAN
    HARGA Rp. 4.500.000.000,-
    SILAHKAN HUBUNGI 0812-8086804

  158. Cahyono Says:

    mau pada bangun rumah??? design maksimal…harga minimal….puas deh…
    021-36968686

  159. sultan bone Says:

    bantuin yah, saya lagi mau bangun rumah nih tapi belum tahu harga material dijakarta

  160. kamelia Says:

    DIJUAL RUMAH di senayan bintaro sektor 9. Blok b9/HE4-03. CLUSTER!!! (2 lantai. BRAND NEW! kamar tidur 2+1, kamar mandi 1+1. Harga 485 jt!) Hubungi : 081387633705

  161. Devi Says:

    Selamat siang,
    Mohon pencerahaannya. Kami hendak membangun rumah di atas tanah 20 x 15, satu lantai dengan bangunan utama sekitar 132m2 dan ada taman di dalam rumah. Rumah kami ini akan dibangun di Jepara dengan penawaran biaya dari kontraktor merangkap arsitek Rp 2 jt/m2. Apakah biaya ini terlalu mahal ? Terima kasih.

  162. Devi Says:

    Pertanyaan tambahan:
    Rencana atap yang akan kami gunakan cor-coran beton di seluruh bangunan. Apa kekurangan dari atap cor-coran ini ? Kalau kelebihan yang kami pikirkan adalah maintenance free.
    Sekali lagi terima kasih.

    • Teky Says:

      kekurangannya adalah panas, walaupun bisa di siasati dengan desain yang banyak bukaan…. apabila dibilang maintenance free saya rasa kurang tepat yah, secara berkala harus di waterproofing untuk mencegah bocor.

      Teky Widjaja
      0878-21087917

  163. budiban Says:

    Halo, sodara-sodara, biaya per m2 yang udah ditulisin itu udah termasuk teralis dan pagar belum yah? Kok saya sepertinya bangun sendiri udah tembus 2,5 jt/meter ya.. 3+1 KT, 2 KM, dapur kering dapur basah..

  164. Andri Says:

    Saya mau tanya
    untuk bangun rumah di daerah jakarta
    dengan luas bangunan 60m2 seharga 130jt. dengan rata-rata Rp 2.166.666,- itu harga wajar atau terlalu mahal. mohon pencerahannnya untuk harga rata-rata per m2.

    Andri

    • Haris Says:

      mahal tidaknya bangunan itu susah kalo dihitung dengan perkalian meter persegi, sangat dipengaruhi dengan material yang dipakai, kerumitan bangunan dan kehalusan dari kerjaan tukangnya tapi sebagai gambaran umum mungkin bisa diambil acuan dibawah ini :
      Rp. 1,75jt – 2 jt untuk bangunan umumnya
      Rp. 2 jt – 4 jt untuk bangunan kualitas bagus dan kerja halus
      di atas 4 jt … untuk bangunan high class baik material maupun kualitas tukang..

      Itupun bangunan satu tingkat lho.. u bertingkat2 ada perhitungan tersendiri..
      moga bermanfaat

  165. john Says:

    pak edison,,boleh bantu saya utk merincikan biaya pembangunan rumah kontrakan 10 pintu..kira2 harga berapa permeter ya pak..boleh email ke tempat saya..saya juga berencana membangun rumah tinggal..untuk rumahkontrakan saya luas 12x 3, terdiri dari teras depan 3 m2,ruang tamu 3 m, kamar tidur 4 m, ruang makan,dapur, dan toilet 4 m,,demikian dan terima kasih,

  166. orang bodoh Says:

    bikin denah rumah sederhana bukankah sangat gampang dan hampir semua org bisa?
    Untuk hitungan sruktur dan kekuatan banguan dan model bangunan mungkin perlu konsultasi atau baca2 buku/majalah rumah…

  167. Josh Says:

    Ada gak ya yang bisa bangun rumah sekitar 120 meter persegi dengan anggaran gak lebih dari 250 juta ??? mohon pencerahan … or kirim email ke joshdech@yahoo.com

    thx

    • RUI COSTA Says:

      u/ budget segitu kalo nanti ada yg ngaku bisa pasti specnya pas-pasan… ada harga ada barang, menurut pengalaman pribadi sih u spec standart/medium perlu setidaknya 2 jt/sqm atau 240 jt/120m2, itu kalo qta ngerjain sendiri loh bos, kalo qta nyuruh orang sih pasti mereka minta fee, ya misalnya 10% ( tgantung nego ) jadi setidaknya sampeyan hrs punya budget 240 + 24 = 264 jt u luas 120 m2…. ini hanya pendapat/pengalaman pribadi, smoga bermanfaat.

  168. widianto Says:

    Mohon informasi…

    Saya sedang butuh jasa mandor dan tukang untuk mengerjakan pembangunan rumah saya. kalo ada yang kenal dengan mandor dan tukang2nya yang kerjanya bagus, mohon di informasikan ya saudara-saudari. Terima kasih.

    Widianto

  169. boray Says:

    minta informasinya dong…
    saya lg bangun rumah borongan kena 2 jt/m2 di depok. spec rangka atapnya kayu, dinding hebel, kloset duduk, kusen meranti, genteng jatiwangi dicat, tampak depan minimalis, lantai keramik, luas bangunan 63 m2. mahal ga ya????thanks berat……….

    • RUI COSTA Says:

      menurut gw sih nggak kemahalan ya… tp kalo boleh ngasih ilustrasi kira-kiranya begini : “dgn spec begitu modal dia sekitar 1.6 jt s/d 1.85 jt… sisanya ya fee u pemborongnya… smoga bermanfaat.

  170. Mohan Says:

    Saya nanya sana-sini, katanya kalo ngitung bangun rumah, biayanya per meter lari. Bukannya luas bangunan aja. Maksudnya per meter lari apa-an ya? Mohon pencerahan.

  171. muji Says:

    minta info dong……………
    saya lagi dimintain tolong ama kawan bangun rumah, dia nya minta sanitair merk GROHE atau KOHLER. ada yang tau ngak alamat kantor di indonesia atau distributornya.
    tolong ya……….?????
    thanks sebelumnya…

  172. berkat Says:

    kalau harga kayu yang bagu s dan murah saya punya.
    kalau kamu mau hubungi saya:
    no.tel:081273843488

  173. berkat Says:

    kalau harga kayu yang bagus dan murah saya punya.
    kalau kamu mau hubungi saya:
    no.tel:081273843488

  174. makki Says:

    Benar itu 3jt/m2 untuk rumah menengah ke atas, 1.8jt/m2 rumah menengah kebawah. Saya sendiri pernah bangun rumah2 untuk sendiri dari yang 150jt s/d 2.5milyar (saya bukan kontraktor). .Kalo untuk sekolah jelas lebih murah ya, karena tidak seribet dan sedetail rumah. Harga tidak bohong mas. Malah terakhir saya bangun 4.5jt/m2. Tapi kalo yang ini lebih bagus dan lebih oke dari rumah2 di gading orchard. CUma berbagi pengalaman aja

  175. salman Says:

    kalau membicarakan harga rumah per meter itu sebenarnya tidak bisa dijadikan dasar utama, karena harga sebuah bangunan berkaitan dengan spesifikasi bahan, volume dan luas bangunan serta disain . Disain yang efisien membuat bangunan lebih efisien dalam pelaksanaannya . Kalau butuh jasa gambar kerja dan disain bisa email ke salman_arsitek@yahoo.com .

  176. Sewa Rumah Says:

    Saya rasa 3 juta terlalu mahal, 2 juta udah cukup.

    • RUI COSTA Says:

      Setuju, kalo qta bangun sendiri dengan spec standart/medium paling sekitar 2 jt /sqm…. jd kalo mau dikasih kepemborong tinggal ditambah 10% nya aja u fee mereka ( total max 2,2 jt/ sqm ). Tentunya skup/hasil pek. sesuai dgn perjanjian/kesepakatan dan singkat kata qta taunya beres lah…

  177. faisal Says:

    wah bikin rumahdi jakarta mahal banget ya.. pasti spek material bagus banget.

    • pekerja Says:

      yang bikin mahal pungutan liar nya. mo masukin material aja di palakin sama preman…. belum lagi imb musti lewatin banyak meja nya….

  178. rizki,kiki Says:

    nitip pak owner,semoga bermanfaat
    saya ada jasa bor fondasi strauss / strauss pile manual, harga nego tergantung wilayah dan banyak,ponsel saya di 0856340062, surabaya
    (terbukti lebih cepat dan hemat dari mesin, co: proyek pembangunan ipdn regional manado,tampusu. yang dikerjakan adhi karya ,tbk)
    tersedia diameter 20,25,30,35,dan 40

    @pak teky : tambahan anda sangat bermanfaat

    salam hormat,

  179. mharjan manis Says:

    3 juta/m2 mahalan mas sy brani 1jt/m2>…

  180. griya Says:

    JASA DESAIN RUMAH
    Gambar 3 dimensi berwarna
    ( lay out : Denah, tampak Depan , tampak Samping, tampak atas & perspektif ) =Rp. 300,000.-

    Gambar 3 dimensi berwarna
    (lay out : Denah, tampak Depan , tampak Samping, tampak atas & perspektif, gambar detail lengkap / gambar kerja)
    Luas bang 100 = Rp. 7.500/m2

    Gambar 3 dimensi berwarna + RAB + CD ANIMASI 3 DIMENSI
    (lay out : Denah, tampak Depan , tampak Samping, tampak atas & perspektif, gambar detail lengkap / gambar kerja)
    Luas bangunan 100 = Rp. 10.000/m2
    HUBUNGI;
    Phone. 024 70144285, 085647978562

    NB ; ( ADA TUKANG )

  181. griya Says:

    RALAT
    JASA DESAIN RUMAH
    Gambar 3 dimensi berwarna
    ( lay out : Denah, tampak Depan , tampak Samping, tampak atas & perspektif ) = Rp. 300,000.-

    Gambar 3 dimensi berwarna
    (lay out : Denah, tampak Depan , tampak Samping, tampak atas & perspektif, gambar detail lengkap / gambar kerja)
    Luas bang 100 = Rp. 7.500/m2

    Gambar 3 dimensi berwarna + RAB + CD ANIMASI 3 DIMENSI
    (lay out : Denah, tampak Depan , tampak Samping, tampak atas & perspektif, gambar detail lengkap / gambar kerja)
    Luas bangunan 100 = Rp. 10.000/m2
    HUB :
    JASA DESAIN RUMAH
    Jl. Abdulrahman Saleh 164 Semarang
    Jl. Dr. Suratmo No. 1 Semarang
    Phone. 024 70144285, 085647978562

    NB ; ( ADA TUKANG )

  182. probangun Says:

    selamat malam. salam kenal mas…, saya juga bergerak dalam bidang desain dan arsitek rumah…..dan ternyata kita sejalan…salam sukses

  183. Cari Mandor Says:

    Mohon info,
    Berapa kira2 jasa borongan mandor + tukang untuk bangun rumah tinggal 2 lantai (medium spec) sktar 350 m2 di Jakarta

    Terima kasih

  184. Rahasia donk Says:

    mendingan di pinggir Jakarta, semisal masuk wilayah Bogor atau Depok, ada yg jual luas bangunan 70-80 masih di bawah 200 juta ……….. daerah Bojong ………..

  185. johanes Says:

    ya kalau 3 juta itu tergantung dari bangunannya………..kalau dri bank dikenakan palfon 1,5 juta itu biasanya kebanyakan untuk perumahan yg tipenya 21, 30 ,36, 45, 54 dan 70…….
    kalau 3 juta itu bisanya bangunan yg faktor kesulitannya lbh besar dan juga tergantung dari lokasi proyeknya….sebab lain daerah lain juga harga materialnya.

    Johanes Agustinus SR, ST
    Kontraktor & Design Rumah

  186. johanes Says:

    ya kalau 3 juta itu tergantung dari bangunannya………..kalau dri bank dikenakan palfon 1,5 juta itu biasanya kebanyakan untuk perumahan yg tipenya 21, 30 ,36, 45, 54 dan 70…….
    kalau 3 juta itu bisanya bangunan yg faktor kesulitannya lbh besar dan juga tergantung dari lokasi proyeknya….sebab lain daerah lain juga harga materialnya.

    Johanes Agustinus SR, ST
    Kontraktor & Design Rumah (3D + RAB+Gambar Kerja+Pengerjaan)
    Telp : 081553653913
    081335029351
    Email : Jo_vanhelen@yahoo.com

  187. Kerudung Says:

    Baru mau rencana ni bikin rumah. Cari info di sini bagus juga ya…….
    Kaos Keluarga

  188. Ir FX Dicky S Himawan Says:

    Untuk membangun sebuah rumah, banyak faktor yg harus di perhatikan
    ” semakin rumit pekerjaan nya pasti semakin mahal harganya ”
    Standart saat ini untuk membangun rumah kisaran harga Rp 2jt/m2 – Rp 5jt/m2
    Kalau mau lebih irit sebaiknya kerjakan semuanya sendiri,
    mulai dari
    Gambar,
    RAB dan
    Management Konstruksinya…
    kalau tidak bisa, atau mau coba coba
    saran saya ” JANGAN ” kecuali anda di dampingi oleh yg ahlinya
    karena rumah yg kita bangun tersebut untuk kita tempati

    Best Regards
    PT. Hans Archi
    Kontraktor Bangunan Arsitektur dan Interior Design (Manufacture Furniture)
    Ir FX DIcky S Himawan
    02199175959

  189. JAYAVO Says:

    Lengkap sekali, numpang belajar ya pak:)

  190. JAYAVO Says:

    Numpang belajar gan!

  191. robygxy Says:

    Bagi yang ingin membangun rumah, sebaiknya pahami dulu bagaimana rumah dibangun, apa saja bahan-bahannya, dan berapa saja harga bahan dan upahnya. Ini ada artikel pengalaman saya dalam membangun rumah http://secercah.co.cc/yang-harus-anda-ketahui-sebelum-membangun-rumah-1/

  192. edwin Says:

    masalah harga tergantung dari jenis bahan yang mau di gunakan.emang si klihatanya tahun ini barang 2 pada naik semua.tapi klo ada yang mau bangun kami bisa bantu /borong tenaga saja..harga engak terikat karena harga yang kami paki adalah standart projek.oh ya masalah desain klo mau lebih hemat kami sarankan si cari di internet. di situ banyak desain mulai minmalis sampai meditrania…..bagi yang mau berkonsultasi bisa hubungi di 0817729206

  193. pemborong Says:

    maklum pemborong juga butuh makan. keuntungan 80-100% gak masalah lah. ocre…

  194. tato metrix Says:

    wA mana ada arsitek //pemborong yang pngn rugi pasti smua pngn untung dong,jelasny smus kn bs d nego enakny gmn,lgan yg mau bkn rmh kan jg bleh tany-2 biar puas ama yg d bikin

  195. Alit JK Says:

    Saya mau buat rumah di Denpasar, Lt I luas 78 m2, Lantai II luas 84 m2, berapa total biayanya ?

  196. Arif Says:

    kalau untuk bangun struktur aja berapa permeter dijakarta timur?, ada kontrakto yang bisa dgn harga cincai!?

  197. Arif Says:

    kalau minimalis, no kolom tengah dgn bentangan panjang strukturnya per meter berapa, kusen aluminium, lantai marble, pintu multyplek lapis vener wenge, engsel pivot, double swing door, and kolam renang per m2 berapa?

  198. Arif Says:

    kalau itungan buat struktur aja gimana ngehargainya per meter ataw ?…and kolam renang juga?

  199. Robin Says:

    Mohon info
    Brp estimasi biaya bangun rumah 2 lantai model minimalis diatas tanah selua 6×15, di daerah kalideres jkt barat, terdiri dari 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, dapur kering, dapur basah, dan garasi

  200. semar mesem Says:

    vivat arsitek….!!!

  201. hendi Says:

    geger kabeh! !!!omah Nek mati yo ora di gowo ekok. . . .ngapusi KABEH. . . . . .

  202. strucoutdsign Says:

    Desain lengkap dan akurat

    Desain rumah Rp.600rb.
    Desain ruko, kantor, pabrik, gudang, mall, dll.
    lengkap gambar : denah, konstruksi, 3D realis, RAB.
    terima konsultasi,,,, gratis

    info lebih lanjut hub : struc.outdsign@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 117 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: