Yang terbaik di Cibubur (perbandingan)

Karena ada bbrp referensi yang mengatakan, bahwa lokasi rumah di cibubur itu tidak semuanya bagus, aman dan nyaman.

Mohon referensi perbandingan untuk harga, keamanan, kenyamanan,
keuntungan kerugian untuk :
1. citra grand
2. raffles hills
3. kota wisata
4. legenda
5. grand wisata.

Mba Titi via email

Read more: Yang terbaik di Cibubur

About these ads
Ditulis dalam Cibubur. 269 Comments »

269 Tanggapan to “Yang terbaik di Cibubur (perbandingan)”

  1. yvan Says:

    Kebetulan saya tinggal di daerah Cibubur tepatnya di Kota Wisata, menurut saya dari semua perumahan yang anda sebutkan diatas semua ada plus minusnya ya, tergantung dari kebutuhan anda, mungkin ingin yang lebih dekat ke tol pilihan bisa jatuh ke Puri sriwedari, Raffless hills, atau Mahogany. Legenda Wisata dan Kota Wisata termasuk yang terlengkap dari fasilitas yang dimiliki dari sekolah, sports club, bahkan sebentar lagi akan dibangun fresh market di Kota wisata namun akses ke tol memang agak jauh, kota wisata termasuk yang terbaik dari penataan lingkungan, jalan masuk dan sebagainya tapi lagi2 di kota wisata itu juga terbagi ke banyak cluster, dimana situasi di setiap cluster biarpun dikondisikan sama tapi berbeda seperti cluster2 kecil diletakkan di border kota wisata dan selalu berada didekat pabrik malah ada yang persis bersebelahan dengan pabrik. Tapi kalo cluster2 seperti Monaco, Madrid termasuk cluster lama yang sudah lebih rindang dan termasuk aman dengan radius lebih dari 1 km ke pabrik. Cluster eksklusif seperti central park, eropa, virginia, sommerset diposisikan ditengah2 sebagai sentral area.
    Kalo Legenda Wisata lebih kecil dari Kota Wisata, terlihat lebih hidup dibandingkan kota wisata namun hati2 jika salah memilih cluster karena banyak rumah di LW yang berhadapan langsung dengan sutet/ tegangan tinggi, maupun pabrik.
    Citra Gran masih mem

    • yanuar hilmi Says:

      kalo ada temen2 yang sudah beli rumah di citra grand cibubur atau dimana aja seputar jakarta, dan mau renovasi rumah ato bikin baru bisa hubungi saya di 08156572678…saya punya tenaga tukang2 yang berpengalaman.thanks
      yanuar hilmi,ST
      081 565 726 78

  2. zidanie Says:

    hmm.. bukannya grand wisata itu di bekasi timur sanaan lagi ya? kalo saya termasuk orang yang menganggap tidak satupun dari 5 kawasan itu nyaman.. hehe. tapi pertanyaannya adalah mana yg terbaik ya? well, menurut saya legenda wisata kali ya.. kenapa? ga tau deh, feeling aja! ;)

  3. erfendi Says:

    Yup kalo soal mana yg terbaik sgt tgt kepentingan..tetapi saya lebih setuju kalo yg terbaik itu mengacu pada akses, fasilitas dan harga…Nah kalo sudah bicara soal ini mungkin 4 perumahan (benar bahwa grand wisata ada di bekasi timur) yg ada di atas so far so good..sekali lagi semuanya tergantung tujuannya..Kota wisata mungkin paling lengkap dr sisi fasilitas walaupun mungkin dr sisi akses masih lebih jauh dr pintu tol dan harganya mnrt saya sedikit di atas perumahan di atas..sedangkan mahagoni dr sisi akses ke tol unggul sayangnya dr sisi desain ngak byk ragamnya..
    So yang mana yaa?? kalo mau penilaian hrs ada skor utk masih2 indikatornya..
    ok..

  4. gundul pacul Says:

    sy punya rumah simpanan di kota wisata. lingkungan memang terbaik tp tidak baiknya sering bau sampah.. sepertinya terbang dari bantar gebang. mungkin akan sy lepas jika property mulai terbang lagi.. masih lesu darah nih 2007. sy malah cenderung pilih daerah cimanngis utk menghindari kemacetan di transyogi..

  5. Archie Says:

    Paling penting sblm pilih rmh; lokasi, Lokasi dan LOKASI. Knp? krn implikasinya sngt panjang.
    – Anda sehari-2 mobile ke jkt mana? Tmr, Sltn, Brt, Pst ato Utr?
    – Pake mbl sndri ato umum?
    – Kl mbl sndri, ber-2 ato rame-2?
    – Sekitar lokasi, dkt indstr ato tdk?
    Ingat, kondisi lingkungan (polusi udara) mempengrh thd invest keshtn Anda. Jng sampe di hr tua uang Anda akan hbs utk berobat!
    Biaya trnsprt perlu dipertmbgkn. Yg jls, mbl penmpng umum jauh lbh mhl dibndng mbl sendri, apalg kl bs ngomprng rame-2. Dan dampk keshtn jg lbh terjaga (debu, polusi, penykt menular, etc)
    Ingat jg, jarak dkt bkn jaminan cepat sampe ke tujuan (Jkt)

  6. Archie Says:

    Sbg pembndng aja, sy dr Grh Ry Bintaro dg jrk tmph 26 km brgkt jam 6 keluar rmh ke Grogol msh bs nyampe jam 7.00 tepat! Sementara sy pernh survei dr arah tol Bksi (jam 6 di pintu gerbang tol Bksi Barat aja) sampe ke Grogol (tujuan yg sama) jam 8.15. Knp ? Ternyt krn beban lalu lintas tol Bks jauh lbh tinggi dr tol Tng/Kbn Jrk. Coba deh skali-2 kalo ga percaya!
    Artinya, kita lbh bnyk membuang uang (BBM & peluang bisnis), waktu (macet, bo!) dan kenyamanan (psikis, stress qali) di jln dan BUKAN DI RUMAH……….. he he he………. trus beli rmh buat Tidor DOANG?……………………….

  7. Wahyu Says:

    Cibubur nggak ada yang oke, jalan trans yogie kecil, sering macet. Akses utama ke Jakarta jalan tol, yang macetnya tambah panjang. Kalau mau naik motor yg anti macet, terlalu jauh ke Jakarta. Stress, berangkat masih gelap bareng maling, pulang juga udah gelap… bisa2 sama anak dipanggil om krn jarang ketemu..
    Emang modelnya keren buat dilihat, tapi kalau gak kerja..di rumah aja kelonan sama istri…

  8. zidanie Says:

    @Archie:
    Untuk tinggal di Graha Raya mendingan yg deket Serpong (Valencia, Celesta, Anggrek Loka, dll) atau yg deket arah Bintaro (Adena, Carissa, dll)? Pertimbangan, lebih pilih tol Bintaro ataukah tol Tgr-Merak? Satu lagi, kalo dibandingin ama Cinere gimana?

  9. Archie Says:

    Setuju banget dg Wahyu.
    Buat Zidanie: Kalo lebih sering kearah Jkt Barat, Pusat dan Utara mending pilih yg Valencia, Celesta, Anggrek Loka atau Graha Bintaro (msh ada yg kosong). Kalo anda lbh sering ke Jkt Selatan dan Timur mending pilih yg dekat Bintaro.
    Sementara ini (mgkn 3 th kedepan) Cinere msh kesulitan msk Jakarta, begitu jg pulangnya, sampai nanti Tol Antasari-Depok jadi (skrg lg proses verifikasi Financing oleh Operator pemenang tender-CMNP).

  10. Ahmad Says:

    Buat pakar2 Cibubur, please, minta info dong tentang Cibubur Country krn saya berencana memiliki rumah disana.

    Thanks,

    • henny Says:

      Grand sentul adalah Kawasan yang betul2 mengutamakan struktur alam yang tertata rapih maka dari itu saya sebagai Property Adviser dari The Grand Sentul City,akan sangat merekomendid dan sangat optimis dengan diadakannya hunian yang sangat berkualitas yaitu Bukit Az-Zikr dan the Grand Sentul City. Selling pointnya adalah dua kawasan hunian tersebut diapit oleh jalan On The Ring Road yang antara Sentul dan Bogor kemudian akses jalan tol Jagorawi yang masih sangat potensial untuk dijadikan nilai investasi yang menguntungkan.Perlu di ketahui bahwa investasi berupa tanah dan rumah semakin lama adalah NAIK apalagi ditunjang dengan kawasan yang berkembang dan strategis.Maka dari itu apabila ada investor yang sanagt berminat di areal komersialnya kami akan jelaskan detail dimulai dari segmentasi pasar sampai prospek ke depannya karena 3 kawasan hunian yang berada di kawasan Sentul belum punya fasilitas seperti Rumah Sakit, Mall, Apartemen dan Hotel bahkan apabila ini sudah terwujud maka akan sangat2 meningkat lagi nilai jual dai tanah sampai rumah bahkan ruko dan tokonya, kitapun menyediakan gudang jadi satu kawasan yang menurut saya sangat lengkap dan strategis jd memang sangat optimis apabila ada investor yg betul2 ingin berinvestasi..hub 081319213408 henny

      • Ikhsan Aminuddin Says:

        The Grand Sentul City?? ini yang group nya Cigede bukan? kalo benar wah hati2 tuh banyak bohongnya.. Kami di perumahan Griya Nusantara Cibubur, belum mendapatkan fasilitas yang layaknya lingkungan cluster, beberapa kali ular masuk dan melintas dirumah saya dan warga lainnya.. padahal proses administrasi sudah selesai dilakukan, berikut dengan cicilan KPR. Ada ide buat teman2 gimana untuk menghadapi developer yang nakal seperti Cigede?

  11. ghober Says:

    ada yg tau tentang info antariksa permai cikeas ga???

  12. priandoyo Says:

    Mas Ghober, pertanyaan tentang antariksa permai saya buat thread baru ya. Sekalian menampung pendapat lokasi seputaran cikeas yang lain.

    Oh ya, buat pertanyaan silahkan post dibagian
    http://bicararumah.wordpress.com/pertanyaan/
    biar memudahkan untuk kompilasi

  13. nee Says:

    Issue terbaru…….JORR 2 selain memotong Rafless Hills, juga akan memotong Citra Gran dan juga Kota Wisata. Rumah-rumah yang tidak terkena pemotongan, tapi terletak dekat, harganya mulai menunjukkan peningkatan.

  14. oqdarmaone Says:

    @Nee:
    Ada nggak ya berita resmi atau rujukan yg mengatakan kalo JORR 2 melintasi citra Gran? kebetulan saya baru ngambil KPR di sana.. Kemaren sabtu (07/07/07) pas saya kesana, orang pengelola (estate mgt) bilang citra gran nggak kena JORR 2.

    Kalo ada yg bs klarifikasi, thanks ya..

  15. nee Says:

    Semua masih issue, even yang melewati Kota Wisata juga masih issue, kalau di Kota Wisata justru pemasarannya mengangkat masalah ini agar transparant, ngga ngerti kenapa di Citra Gran tidak diangkat. Issuenya adalah melewati jalur pipa gas, karena logikanya jalur pipa gas adalah jalur umum yang tidak boleh diisi oleh perumahan. Dan jalur pipa gas ini melintas Citra Gran dan Kota Wisata.
    Mungkin ada perbedaan strategi antara pemasaran Citra Gran dan Kota Wisata, yang satu belum mau publish kalau belum jelas, yang satu lagi lebih baik lempar paitnya dulu.

  16. oqdarmaone Says:

    Ok, thanks..

  17. Denmas Says:

    Kalau rencana tol Cimanggis – Cibitung mengikuti skenario Cinere – Cimanggis alias tetap mengikuti jalur pipa gas alam (lagi-lagi ini masih “jikalau” dan tidak ada kekuatan yang bisa membelokkan jalur tol ini) maka kemungkinan besar Citra Gran juga akan dilewati tol JORR2, malahan lebih luas area yang terdampak (sorry istilahnya Lapindo) dibanding Rafless Hills yg sudah dan akan kena ataupun Kota Wisata (sebagian tahap I). Kalau boleh saya menyarankan cari info sebanyak-banyaknya sebelum ambil keputusan atau tanya marketing Citra Gran tentang rute JORR2 yg mungkin dia punya syukur2 dapat info dimana gerbang tol JORR2 berada. Cheers.

  18. priatin Says:

    Coba dibaca thread disini soal JORR 2 :

    http://kotawisata.com/forum/index.php?topic=224.msg819

  19. feeling Says:

    aku siy pilih legenda wisata, dengan petimbangan lingkungannya lebih tenang dibanding kota wisata (karena KW fasos & fasum yg komplit-plit), dan dengan kualitas bangunan dan LB/LT yang kurang lebih sama, legenda lebih murah ketimbang kota wisata. Di legenda aku ambil di cluster picasso yg (konon) terletak diareal perbukitan/paling tinggi di sana, jadi ga ada aroma2 pemikat. Ada beberapa rumah yg dijual, mungkin kerna alasan jauh or macet ato pertimbangan lain. Bwat yg kantornya didaerah sudirman kita bisa naek shuttle bus-nya kota wisata ato Citra Indah, berangkat senin pagi jam 5.30, en hari biasa jam 06.00, nyampe kantor skitar jam 7 kurang ato seapes-apesnya 7.30. Kalo pulangnya bisa naek shuttle or omprengan dari depan plaza semanggi/atma jaya. Bus-nya Citra Indah paling malem ampe jam 7.30 malem dari plaza semanggi…

  20. Lusy Mardiani,S.Pd Says:

    butuh informasi untuk beli rumah yg dekat kelapa gading…kita berencana beli di citragrand cibubur cluster alamandatype 48/200..bagus gak ya..??? jauh gak ke kelapa gading..?berapa lama kalo naik umum atau mobil/motor dari kota wisata ke kelapa gading? deket ama pabrik gak ini cluster…?? bau sampah gak..??? mohon informasinya..

    • henny Says:

      Grand sentul adalah Kawasan yang betul2 mengutamakan struktur alam yang tertata rapih maka dari itu saya sebagai Property Adviser dari The Grand Sentul City,akan sangat merekomendid dan sangat optimis dengan diadakannya hunian yang sangat berkualitas yaitu Bukit Az-Zikr dan the Grand Sentul City. Selling pointnya adalah dua kawasan hunian tersebut diapit oleh jalan On The Ring Road yang antara Sentul dan Bogor kemudian akses jalan tol Jagorawi yang masih sangat potensial untuk dijadikan nilai investasi yang menguntungkan.Perlu di ketahui bahwa investasi berupa tanah dan rumah semakin lama adalah NAIK apalagi ditunjang dengan kawasan yang berkembang dan strategis.Maka dari itu apabila ada investor yang sanagt berminat di areal komersialnya kami akan jelaskan detail dimulai dari segmentasi sampai prospek ke depannya karena 3 kawasan hunian yang berada di kawasan Sentul belum punya fasilitas seperti Rumah Sakit, Mall, Apartemen dan Hotel bahkan apabila ini sudah terwujud maka akan sangat2 meningkat lagi nilai jual dai tanah sampai rumah bahkan ruko dan tokonya, kitapun menyediakan gudang jadi satu kawasan yang menurut saya sangat lengkap dan strategis jd memang sangat optimis apabila ada investor yg betul2 ingin berinvestasi..hub 081319213408 henny

      • Ikhsan Aminuddin Says:

        Ini saya copy lagi..
        The Grand Sentul City?? ini yang group nya Cigede bukan? kalo benar wah hati2 tuh banyak bohongnya.. Kami di perumahan Griya Nusantara Cibubur, belum mendapatkan fasilitas yang layaknya lingkungan cluster, beberapa kali ular masuk dan melintas dirumah saya dan warga lainnya.. padahal proses administrasi sudah selesai dilakukan, berikut dengan cicilan KPR. Ada ide buat teman2 gimana untuk menghadapi developer yang nakal seperti Cigede?

  21. Sari Says:

    Butuh informasi mengenai Raffles Hills..ada yang tau ga baik buruknya perumahan disana?
    Untuk daerah perkantoran di jakarta pusat, kira2 sebaiknya keluar dari rumah jam berapa untuk menghindari macet?
    Mohon info nya..terimakasih sebelumnya..

  22. Akunih Says:

    Kalo rumah pas kena JORR dijamin kena ganti untung deh… yg rugi itu yg sebelahan sama jalan tol. Pastinya bising deh.
    ROW (right of Way) JORR2 ini selebar 60 meter. disamping jalur pipa gas. Jalur pipa gas sendiri lebarnya antara 10-20 m..

  23. pran Says:

    saya beli rumah di citra indah saja masih berangkat jam 06.30 dari rumah, itupun masih nganter dulu istri ke pertigaan jonggol trs siap siap “touring” ke kerjaan sepanjang 40 km dan nyampe kantor jam 7.45 …dengan kecepatan kira kira 60 km/jam.

    • astri Says:

      saya bingung karena saya niat beli di citra indah tapi saya kerja dicilandak suami dikelapa gading,kami hanya mengandalkan angkot dan motor,any advice??

    • Saka Says:

      saya rencana mau ambil di citra indah juga, kantor di tanah abang 2 jalan abdul muis, kejauhan ga tu mas?

  24. teddy Says:

    ada pengunjung yang tinggal di Citra Gran?
    bagaimana suasana tinggal disana?
    saya berencana ambil di citra gran juga nih…

    thanks sebelum nya

  25. koen Says:

    nee Says:
    Juli 10th, 2007 at 9:13 am

    Semua masih issue, even yang melewati Kota Wisata juga masih issue, kalau di Kota Wisata justru pemasarannya mengangkat masalah ini agar transparant, ngga ngerti kenapa di Citra Gran tidak diangkat.

    >>lho, bukannya yg di kota wisata issuenya bisa terangkat karena ada warga yg tau duluan lalu akhirnya seluruh warga bergerak & mendesak pihak developer kota wisata ??
    klo menurut saya mah, klo di indonesia semua developer sama, mau cari untung doang…….
    peace…

  26. denny Says:

    ada yang tau The Address Cibubur ?
    tolong informasinya

  27. Hendra Says:

    For Pak Teddy
    Untuk keterangan mengenai Citragran bisa dilihat di komentar saya di topik: Yang terbaik di Cibubur

  28. soraya Says:

    Grand wisata bekasi karena akses tol langsung dan hanya KM 21, dan tol Becakayu mulai bulan juni kemarin sudah mulai di kerjakan lagi, di GW luas lahannya 1600 HA, yang penting akses tol langsung.

  29. tyas Says:

    Untuk Pak Pran, kerjanya di Jakarta? Lewat jalan mana bisa sampai kantor jam 7.45? ga kena macet?Soalnya saya niat mau beli rumah di Citra Indah dan kerja di daerah Jakarta pusat.

    Tks infonya.

  30. Ree Says:

    Saya tinggal di Citra Gran dan sejauh ini saya sangat menikmati keamanan dan fasilitas yang ada – apalagi Family Park baru saja direnovasi, kemudahan belanja yang dekat dengan Hero Mal Citra Gran, Plaza Cibubur, dan Cibubur Junction, bahkan di Ruko yang ada di sekitarnya. Kota Wisata dan Legenda Wisata sebelumnya sempat menjadi pilihan saya untuk dipertimbangkan. Tapi setelah menimbang ramainya – apalagi akses keluar masuk di saat hari libur dan padatnya jumlah wisatawan ke Kampung Cina dan sekitarnya, akhirnya saya mundur dan memilih Citra Gran yang relatif lebih tenang. Kebetulan saya tinggal di Green Valley yang pemandangannya masih hijau karena berada di sisi lembah sehingga udaranya masih cukup segar (walau terkadang ada semerbak aroma dari bantar gebang yang mampir) terutama di sore dan malam hari. Kantor saya kebetulan di Sudirman. Setiap hari saya berangkat jam 5.45 dan sudah sampai di parkiran kantor jam 6.30. Kalau berangkat di atas jam tersebut biasanya butuh waktu 1 hingga 1,5 jam untuk sampai ke tujuan yang sama, kecuali ada halangan-halangan tidak terduga seperti kecelakaan lalin.

    • yanuar hilmi Says:

      mau renovasi rumah ato bikin baru bisa hubungi saya di 08156572678…saya punya tenaga tukang2 yang berpengalaman.thanks
      yanuar hilmi,ST
      081 565 726 78

  31. Hendro Says:

    Ada yang sudah beli rumah di Cibubur Residence blom..?? dengar -2 lokasinya dekat banget dr Jln Trans Yogie.. dan cukup strategies… minta sarannya donk ..l

  32. Perumahan terbaik di Jakarta versi Bicararumah « Anjar Priandoyo is Lifeauditor Says:

    [...] di Bekasi (109 comments). Terbaik di Cibubur (101 comments). Perbandingan di Cibubur, Citra Grand vs Kota Wisata (32 comments). Perbandingan di Cibubur, The Address vs Bukit Golf (41 comments). Perbandingan di Cibubur, Citra [...]

  33. 4x4 Says:

    saya sependapat dengan Mas Ree, saya sudah tinggal DI Citra Grand sudah 6 tahuh. yang paling mengesankan suasananya nyaman, udaranya tidak panas disiang hari dan Hening dimalam hari. Juga akses kejalan raya sangat dekat, kalau tidak ada kendaraan bisa naik angkutan perumahan bayarnya Rp. 2000,- atau bisa jalan kaki tidak lebih dari 1 KM 10 meni aja atau naik ojek by call Rp. 3000,-. Faktor keamanan menjadi prioritas pengembangn maupun penghuni, jadi amanlah.

  34. upay Says:

    tolong infonya m’ngenai cibubur residence duonk…

  35. RzX Says:

    To Mas Ree: Wah yang bener tuch mas aroma ‘bantar gebang masih kerasa”, saya kira greenvaley yang dah jauh gitu dah ngga kerasa bau nya laghi, soalnya kebetulan saya laghi indent di cluster tersebut…

  36. Cely Says:

    ada yg bisa sharing ttg mutu bangunan di citra gran ga?
    apakah sesuai janji, dll? ada keluhan apa aja setelah terima bangunan? atau developernya bagus2 aja?

    terus kalo ada keluhan apakah developernya menaggapi dengan baik? terus menyunggung ttg air, apakah airnya jernih atau keruh?

    kalau ada yang tau minta tolong di-share ya..
    trims..

  37. Cely Says:

    oya, tentang aroma bantar gebang, apa betul daerah citra gran kena aromanya? ditunggu sharingnya, trims..

  38. Rzx Says:

    @cely: ngambil citra gran blok apa yahh?? jangan jangan bakal calon tetangga nehh

  39. Cely Says:

    @Rzx: saya ambil di cluster prairie blok m..masih indent jg sih, paling baru menghuni rumahnya akhir taun depan..

    udah ambil di green valley dr kapan? kapan tinggal sana? segera di share yah pengalaman tinggal di sana hehe..

  40. arief Says:

    teman teman, mau nanya nih, apakah toll JORR II akan mengenai villa nusa indah 5 juga??? tolong di update dong, soalnya saya rencana mau ambil rumah di sana..
    thanks…
    kalau ada yang mau jual rumah daerah cibubur di bawah 150jt hubungi saya yah… 0818506500

  41. maheswara Says:

    halo cely,
    sepertinya tetanggaan juga nih..
    saya dan istri ambil di blok M -Prairie…
    serah terima di agustus 2008…

  42. shinta Says:

    pak bu, tolong pencerahan dong.
    Vila nusa indah 3, tepatnya termasuk daerah apa ya ? apakah masuk kab.bogor (gunung putri), apa wilayah bekasi eh…ada yg bilang ke wilayah cibubur juga. Binun deh… adalagi, kena banjir gak ya ? dan selain ke tol jatiasih, katanya mau ada jorr lagi di dekat sana ?cmiiw

  43. Cely Says:

    wah..calon tetangga ya..saya masih september 2008 serah terimanya sih..ga beda jauhlah, moga2 ga telat serah terimanya hehe..

    • yanuar hilmi Says:

      sudah beli rumah di citra grand cibubur dan mau renovasi rumah ato bikin baru bisa hubungi saya di 08156572678…saya punya tenaga tukang2 yang berpengalaman.thanks
      yanuar hilmi,ST
      081 565 726 78

  44. maheswara Says:

    @ cely,
    udah tau, Jorr 2 yang rencananya akan melintas di depan CitraGran ?? waduh ..dag dig dug juga nih … share informasi donk .. oh ya Cely KPRnya pake bank apa ? atau tunai keras yaa .. :-)

  45. dahlia Says:

    dear all,

    aku mw tanya transyogi apa ya?
    kebetulan aku br denger!
    thx

  46. lope' Says:

    to dahlia,

    transyogi itu nama lain dari jalan alternatif cibubur…..
    itu lho yang sepanjang jalan menuju komp. cibubur residence…mahogany residence, raffles hills, citra gran, gran cibubur, cibubur country, legenda wisata, kota wisata dan komplek2 perum di cibubur lainnya

  47. dahlia Says:

    okay,,thanks. Yang aku mw tanyakan lg, apakah jalur transyogi tersebut macet?
    setau ku jalur transyogi itu macet..

  48. roncu Says:

    to dahlia:

    macet bu, apalagi kalo hari sabtu & minggu…

  49. dahlia Says:

    Ok pak Roncu,
    Thanks ya atas masukannya. Oia, Pak Roncu kalo boleh tau alternatif rumah yang bagus n deket ke jalur Transyogi apa ya? Mohon bantuannya nya Pak Roncu..
    Thanks..

  50. lope' Says:

    to dahlia
    banyak pilihan rumahnya bu di sepanjang transyogi itu, bagus ato gak sih tergantung selera ya…tp yg paling utama sih tergantung budget **itu klo saya sih hehehe**
    tinggal pilih aja bu….sesuaiin aja ama selera(model rumah), kebutuhan dan ama budget yg ada.
    Klo si daerah cibubur semua relatif lengkap fasilitasnya…deket mall, RS, sekolah int’l, angkot, feeder…
    tinggal pilih aja bu mau yg mana :D
    hepi hanting ya bu :)

  51. Sari Says:

    Ibu Dahlia, pasti bukan di Jakarta yaa..

  52. yanti Says:

    to dahlia,
    menurut saya cibubur residence bagus. karena deket dengan tol, dan harganya cukup murah.. tipe terkecil 90/43 harganya sekitar 270 juta (saya lupa). terus, dari pintu gerbang nggak terlalu jauh… kebayang kan di Kota Wisata atau Legenda, yang kedalemnya jauuhhh banget..(wlpn cluster yang depan). di cibubur residence kita bisa jalan kaki.. karena di sana hanya fokus di perumahan, fasilitas2 cuma sport hall (itupun di paling belakang perumahan), terus keluar gerbang udah ada RS Permata (bisa jalan kaki lagi khan..).., cibubur plasa, dll..

    Terus terang saat liat cibubur residence saya langsung naksir tuh.. walaupun kata orang bahwa cibubur itu macet, saya yang udah pernah tinggal di jakarta selatan, maupun sekitar jagakarsa ngerasa cibubur tempat yang nyaman untuk dihuni..apaladi dibandingkan dengan bekasi.. atmosfernya lain…

  53. Sari Says:

    to dahlia,
    kalo saya kok naksir the address & citra gran.
    dan mereka juga sudah membuktikan cluster yg telah terbangun berikut Fasos dan Fasum.
    Dan jgn lupa ke 2 perumahan ini tidak perlu melewati jalur transyogie / jl. alternatif cibubur yg macetnya lumayan di sabtu-minggu.

  54. wawan Says:

    To Dahlia,

    Range harga berapaan & baru atau second?

    Kalo mau tdk terlalu kena macet, bisa pilih perumahan yg sebelum Kranggan. Urut dari tol ada Puri Sriwedari, Mahogany Residence, Raffless Hills, Cibubur Residence & Taman Laguna. 3 pertama masuk wilayah Depok, 2 terakhir masuk Bekasi.

    Untuk Puri Sriwedari, dulu ada masalah dgn sertifikat. Entah sudah beres atau blm.

    ~wawan~

  55. AJ Says:

    @Cely & Maheswara : Satu kawasan nih kita… walaupun beda cluster… Saya dan istri ngambil di Blok N Cypress….

    @Dahlia : Kedepannya di CG akan ada akses sendiri melalui tol Cimanggis… Jadi gak perlu lagi bermacet2 ria di Jln Transyogie

  56. Maheswara Says:

    to : AJ,
    Saya di Prairie,
    kapan serah terima rumah di jadwal-kan.
    Oh ya, baca di room sebelah katanya dapet dari mandiri yang 8,8% fix 3 tahun yaa.. selamat yaa

    kalo saya kok dapet promo yang fix thn 1, 7.7% dan tahun ke 2, 9.5% .. and cash back utk provisinya.. kira2 bagus gak yaa..

  57. AJ Says:

    @Maheswara :
    Keknya sih lebih bagus promonya mas Maheswara deh dibanding saya CMIIW… Apalagi kalo tahun ketiganya bunganya turun dibawah 8.8% (Mungkin gak yah??? )

  58. Maheswara Says:

    Wah .. mudah2-an sih turun pas di tahun ke 3 yaa, atau paling gak sama gitu..
    tapi perasaan sih bakalan naik, logika-nya dia aja pasang bunga 9.5% hanya fix di tahun ke 2… tapi ya udah lah ..

    by the way nanti didepan Cypress bakalan dibuat danau yaa (kalo liat maket citra gran). wah asyikk donk, bakalan berasa tinggal di tempat wisata .. hehehe.. tinggal naik sepeda doank utk ke danau-nya..

  59. anakuntil Says:

    mnrt aku kota wisata saat ini sedang resah, karena isu2 JORR II (walaupun 4 desember 2007 proposal peta dari BPJT dan Binamarga ditolak mentah2 sm gubernur Jabar sekarang, tapi siapa tahu gubernur Jabar 2008 yang baru nanti mata duitan, makan angpaonya bakrie yang invest 200 Triliun u JORR II… hehehehe…). BTW ada warga yang menolak, ada warga yang setuju (krn rmhnya tidak di jalur proyek), ada warga yg cuek (nunggu ganti rugi yg gede kali yeee…..) ada warga yang apes (rmhnya nanti akan disamping persis tol, jadi klo ada ban pecah, sakit jantungan dechhhhh…)….. jadi, klo bisa jangan ambil cibubur dulu dech… macet-cet-cet, emosi tinggi, and bau sampah sepanjang jalan kenangan (transyogi).. banyak kasus diare di wilayah ini karena lalat otomatis suka baunya…. mungkin sedikit ke Bogor, Cimanggis atau Serpong…

  60. wawan Says:

    Kenapa ya warga Kota Wisata nggak khawatir di wilayahnya ada Jalur Pipa Gas?
    Padahal kalo mbledug, potensi resikonya lebih besar dari jalan tol….

    ~wawan~

  61. anakuntil Says:

    Hehehe…. org sepanjang jalur gas emank pemberani… nyawanya 12, mati satu masih ada 11… cari rumah yg aman2 aja dech, gw di citayam aman….. gak perlu takut macet (paling2 kereta telat, kalo kereta gak jalan2.. pulang lagi aja.. tinggal telpon bos kalo kereta gw gak jalan), ayolah ke citayam, banyak kok perumahan bagus disini.. and sebentar lagi akan ada tambahan kereta-kereta AC baru dengan jadwal yang teratur (lagi2 kata pemerintah)
    hehehehe

  62. AJ Says:

    @anakkutil:
    Mas anakkutil keknya OOT deh :)
    Alangkah baiknya kalo buka thread baru khusus membahas Perumahan di daerah Citayam… dan bisa sharing pengalaman mas anakkutil selama tinggal di sana di thread tersebut *Peace ya…. :)

    anjar: setuju, sudah saya buatkan :)

  63. indoroids Says:

    rencana JORR yang tembus ke kota wisata itu sudah bukan isu lagi, karena sudah masuk koran KOMPAS. Kompas gak pernah memberitakan sesuatu yg belum jelas (isu). Di Kompas di beritakan warga kota wisata pada demo ke kantor pemasaran karena rencana JORR itu akan menurunkan nilai aset rumah mereka di sana.

    tapi anehnya, cluster terbaru kota wisata (bellevue) sudah laku terjual 95%. apakah para buyers ini pada gak tahu rencana JORR itu atau tidak, entahlah.

  64. rossie Says:

    mohon informasi mengenai cibubur residence, saya naksir berat ama type2 rumahnya, tapi kata marketing officr-nya indent sampai 1,5thnan paling lama, yg jadi masalah kok saya ga nemu profile developernya di internet, bumi…propertindo? apa dah biasa dalam business perumahan… ngeri juga kalo yg ‘pemain’ baru, takut trial and error gitu…

    rekans,
    please share ya… thanks

  65. AJ Says:

    @Anjar: Tq mas udah dibuatkan thread tersendiri :)

    @indoroids: Krn menurut penjelasan dr CSnya jalur JORRnya gak melewati cluster Bellevue tersebut dan juga menurutnya gak mungkin jalur JORR akan melewati perumahan KW krn perumahan tersebut sudah ada sebelum proyek JORR itu di rencanakan…. Kira-2 seperti itu mas info yang saya dapatkan

  66. dudung Says:

    mau menambahkan, sepertinya KW akan kena deh, cuma yg kena sepertinya bagian depan saja (deket transyogie), sedangkan bellevue ada di belahan yang lain di KW… jadi wajar2 saja harga tetap melangit.. wong beda lokasi sama terjangan JORR2..

  67. koko Says:

    rekan-rekan semua, say tertarik dgn Cibubur Residence, tp mungkin bisa minta info atau saran dari rekan semua, apakah kemungkinan perumahan tersebut terkena rencana JORR ,atau pelebaran jalan,dsb…..??? thx

  68. bunga Says:

    kayaknya sih ngak … kayaknya….hehehehe

  69. HC Says:

    Nda tuh mas Koko…

    Joint aja di Milistnya Cibubur Residence : ouresidence@yahoogroups.com

  70. sarno Says:

    info cibubur residence cukup menarik tuh gw liat di http://www.cibuburresidence.co.cc ga jauh jauh amat dari tol

  71. bang-doel Says:

    yang terbaik (dan memang tdk bisa dipungkiri) di daerah Cibubur dilihat dari lingkungan, kualitas bangunan beserta Fasum dan Fasos
    1. Kota Wisata
    2. Legenda Wisata
    3. Citra Gran
    yang lain terlihat biasa-biasa saja, walaupun gembar-gembor dengan iklan yang bombastis.
    so pintar-pintar memilih rumah idaman.
    salam,

  72. RHOBIE Says:

    menurut gue yang paling bagus ya kota wisata……

    cause gw gawe di sana……

    hahahaha….

  73. bencimacet Says:

    buat yang kerja di jakarta, apalagi jakarta utara, barat, pusat. Jangan cari rumah di cibubur deh kalo nggak mau gila. Macetnya itu lho..
    Kemana2 jadi susah

  74. Heru Says:

    Citra gran mungkin yang terbaik dari segi akses, ada jalan alternatif ke Toll cimanggis lewat belakang komplek, jadi kalo transyogi macet bisa lewat belakang dan nembus ke Jagorawi.
    Sekedar info buat teman2 yang mau ambl rumah di cibubur.
    SBY aja tinggal d cibubur……

  75. Cat eyes Says:

    gue lagi dak dik duk neh.. soalnya di balik tembok batas depan rumah gue yg di blok Amerika Kowis pas pipa gas.. kalok dpt golden shake hands dari Bakrie sih boleh juga.. tapi kalok apes persis samping kolong jembatan tol.. wah..
    ada update ngga kabar terakhir gimana ttg tol cimanggis-cibitung ini, soalnya katanya mau dipindahin rutenya ngga jadi lewatin kowis tapi di atas jalan transyogi.. fly over gitu..

  76. Info valid Says:

    untuk warga kowis silakan buka http://www.updatejorr2.org deh kalau mau kepastiannya, tyu

  77. Bob babi Says:

    saya sedang bimbang mau ambil rumah di Citra Grand (Callytris B). yang saya khawatirkan soal kiriman bau dari Bantar Gebang dan soal macet.Ada yang bilang bisa exit tol cimanggis. Tapi khan kalau mau ke gerbang tol cimanggis harus lewat terowongan yang hanya bisa dilewati satu mobil itu, bukannya nanti malah macet lebih parah ? help me please…

  78. wongso Says:

    http://www.updatejorr2.org kokga bisa di akses ya…
    mungkin ada link yang lain?

    salam
    wongso

  79. KEBOKENONGO Says:

    Kalo gue tinggal di Taman Kenari Nusantara yg sederatan ama Legenda Wisata. Gue hepi disini karena harga tanah masih murah – jd gue bisa beli ukuran yg lebih besar 220m, nggak terlalu besar, ngga bising, ngga bau, dan yang lebih penting suasana sudah hidup karena udah laku hampir 90%. Kelemahan ada di developernya yg suka ingkar janji, tapi so far masih tolerable.

    Dulu ada rencana mau ambil juga Cibubur Country yg di Cikeas, tapi karena ada SUTET-nya jadi gue urungkan. Untuk CitraGran menurut gue oke yah dan kalao rejeki memungkinkan pengen ambil yg tipe2 kecil untuk invest.

    Kalo soal kemacetan, selama ini dari rumah ke kantor di daerah jakpus sekitar 75 menit atau paling lambat 90 menit. Kecuali kalo musim hujan suka kena macet di transyogi setelah citragran, solusinya lewat samping citragran yang byk warung remang2 itu. Meskipun jalannya buruk tapi lumayan hemat waktu.

    Semoga berguna.
    Salam,

  80. joyatmo Says:

    Halo semua,
    kalo daerah Cimgnggis ada permata Cimanggis. ada yang punya info perumahan itu?
    konstuksinya kayanya bagus tapi transportasinya gimana ya, thks

  81. argo Says:

    bapak2 ibu2 yang namanya beli rumah itu harus di cek semuanya bukan saling menjelekkan satu sama lainnya kalo udah saling menjelekan perumahan satu dengan yang lain itu namanya gak puas dengan barang sendiri tapi ingin barang orang tapi gak kesampaian keinginannay, atau gak puas dengan pemasaran pihak developer satu dengan yang lain
    sudah lah di stop saling ngejeknya, saling menjatuhkan produk orang. persinagn yang bersih aja yang kamu2 yang ingin promosi bisa lakukan di site ini. main bersih ajadan gentle dalam memasarkan produck ok…………………..pisssssssssss

  82. vins Says:

    menurut saya,yang bagus itu lagenda wisata..untuk jangka panjang lagenda wisata akan trategis karena udah dibangun JORR 2. Dan lagenda wisata paling nyaman utk tempat tinggal
    1. PIntu masuk dari jalan raya ke cluster tidak jauh seperti di kota wisata.
    2. cocok utk tempat tinggal karena tdk bnyk pusat bisnis atau area publik, sehingga lebih aman, yang masuk hanya penghuni saja.
    3. tidak rame karena tidak terlalu banyak fasilitas umum seperti kota wista.kalau terlalu bnyk fasilitas umum, terlalu banyak sampah dan kotoran lain.
    4. cocoknya., tidurnya di lagenda wisata..tapi jalan2x dan rekreasi di kota wisata..asyik ngk tuh,,,
    5. infrastrukturnya bagus…tetapi tidak semahal perumahan maghoni..dengan luas tanah dan tipe yang sama bisa selisih 300 jt…lumayan kan duit 300 jt.
    6. emang sih maghony lebih didepan pintu tol cibubur jadi dia lebih mahal…tapi kalau jorr udh dibuka…praktisnya juga sama kok..
    7. Yang pasti ngk kena gusuran jorr..
    developernya juga udah punya reputasi yang baik..sinar mas
    8. Air tanah bagus..kata orang2x situ/..air tanahnya malah lebih biru dari pada air pam.bisa irit cost utk air kan?\
    9. Kemarin gw jalan 2x ke kota wisata di kampung cina.naik mobil..pas di pintu masuknya pemandangannya bagus..walaupun masuknya masih harus kedalam lg sekitar 1 km ya..tapi pas di kampung wisata..kita turun dan buka pintu mobil..langsung tercium bau samapah…wah saat itu juga langsung illfeel dengan kota wisata walaupun pemandangan depannya bagsu banget tapi langsung hilang dengan terciumnya bau sampah..
    kalau di laagenda wisata…ngk kecium bau sampah…so emang lagenda wisata yang paling oke..
    10. saya bisa bilang spt ini karena saya calon penghuni lagenda wisata..sebeklum memutuskan lagenda wisata, saya udah keliling2x semua cibubur..dari sis harga, reputasi developer, infrastruktur…dl..jangka panjangnya lagenda wisata paling oke..ini masukan juga buat calon2x pembeli baru.
    10. sebelum saya menemukan lagenda wisata..saya juga hampir bayar dp di cibubur residence..tp langsung tidak jadi..karena saya cari rumah yng siap huni..bukan investasi..kalau cibubur residence mingkin 2 th lagi baru keliatan infrastukturnya..wong jalanya aja belum jadi, rumah contoh belum ada, apalagi rumah kita nanti?
    mendingan beli yang udah kelihatan.

  83. genie Says:

    Maaf pertanyaannya agak sedikit melenceng…
    ada yang punya info atau review-nya mengenai perumahan Lippo Cikarang?? mohon di share ya… dari segi akses transportasi umum, mobil pribadi/motor, fasilitas, dll untuk kerja diwilayah jakarta timur juga mengenai developernya sendiri kira-kira ada yang punya pengalaman ??

    Thx untuk infonya…

  84. dest Says:

    @vins
    Ambil cluster apa?
    Kebetulan ortu saya juga rencana beli rumah siap huni dan Legenda Wisata juga termasuk salah satu alternatifnya. Bisa kasih info-info lainnya soal Lewis ini? Ada yang bilang Lewis dilewati sutet. Apa benar? klo benar, cluster apa yang dilewati?

    Thanks.

  85. Anto Says:

    To Joyatmo.

    Kemarin saya survey ke permata cmanggis, dari plaza cibubur melalui jalan luwinanggung truss jalan tapos ditempuh dalam 15-20 menit dalam kondisi normal, jka style balapan bisa lebih cepat lagi. itu belum jika masuk to cimanggis bisa sekitar 10 menit ke pintu tol cibubur, lokasi lumayan masih asri, saya juga ada renacan mau ambil disana, jalan raya tapos lumayan alus dan sepi bisa kebut disana….
    keluar pintu tol cimanggis sekitar 5 menit.

  86. Budhi Handoyo Says:

    Dibawah ini adalah informasi penawaran over kredit rumah di cibubur residence. jika ada yang berminat, mohon hubungi saya di 081321785113, budhi handoyo, email: brillian_013@yahoo.com.

    1. cluster mapple wood
    2. luas bangunan 43 dan luas tanah 90
    3. spesifikasi standar
    4. harga jual rumah Rp. 244.530.000,-
    5. Total DP Rp.48.904.575, Sisa Angsuran DP sebanyak 2 kali sampai tanggal 6 Mei 2008 sebesar Rp. 5.686.000
    6. DP yang sudah di bayar sebesar Rp. 43.218.575
    7. KPR bank Rp. 195.624.000
    8. Untuk kredit ke bank, tergantung dari kesepakatan dan suku bunga yang di setujui
    9. Rencana biaya BPHTB, AJB, BBN kurang lebih sekitar Rp. 21.000.000

    sekian informasinya dan terima kasih.

  87. Budhi Handoyo Says:

    Dibawah ini adalah informasi penawaran over kredit rumah di cibubur residence. jika ada yang berminat, mohon hubungi saya di 081321785113, budhi handoyo, email: brillian_013@yahoo.com.

    1. cluster mapple wood di cibubur residence
    2. luas bangunan 43 dan luas tanah 90
    3. spesifikasi standar
    4. harga jual rumah Rp. 244.530.000,-
    5. Total DP Rp.48.904.575, Sisa Angsuran DP sebanyak 2 kali sampai tanggal 6 Mei 2008 sebesar Rp. 5.686.000
    6. DP yang sudah di bayar sebesar Rp. 43.218.575
    7. KPR bank Rp. 195.624.000
    8. Untuk kredit ke bank, tergantung dari kesepakatan dan suku bunga yang di setujui
    9. Rencana biaya BPHTB, AJB, BBN kurang lebih sekitar Rp. 21.000.000
    10. harga nego.

    sekian informasinya dan terima kasih.
    salam,
    budhi handoyo

  88. vins Says:

    saya ambil cluster nobel..
    sejauh saya keliling2x belum liat ada sutet sih..
    sutet yang saya tau ada di cibubur country.
    sejauh saya keliling2x , 3 bulan mencari rumah idaman respon semua orang yang tinggal disana ngk pernah ada masalah apa. kalau cluster yang lain saya belum pernah dengar.

  89. Cibubur Village Apartment Says:

    Apartemen CIBUBUR VILLAGE – PRE LAUNCH

    Persembahan terbaru dari proyek APARTEMEN SUBSIDI PEMERINTAH, dgn keunggulan2 sbb:

    – Lokasi TERDEPAN di Cibubur, hanya 5 menit dr pintu tol (cibubur Junction)
    – Fasilitas terlengkap dari Apartemen subsidi lainnya
    – Lahan hijau yang lebih luas (70%)
    – Harga mulai 93jt dgn cicilan mulai Rp 600rb-an/bln
    – Bebas Pajak & Subsidi selisih bunga

    Cibubur Village Apartment, TERDEPAN DI CIBUBUR !!!

    Info & brosur, kirim nama & alamat lengkap ke
    SMS CENTER: 0815 1900 2238

  90. ZieZie Says:

    Sy tertarik dengan Citra Indah suasananya masih alami dengan panorama bukit2, tapi kok rasanya jauh ya…. tlng dong sy diberi info bgmna kedepan prospek citra indah dan apakah kedepan bakal ada pintu tol deket2 situ…

  91. yahdi Says:

    Dear semua,

    Saya mau tanya, apa ada yang tahu home pagenya perumahan legenda wisata.
    Bagaimana membeli rumah di Kota wisata/Legenda wisata? Kok saya tanya kepemasan kayaknya harganya beda-beda tiap salesnya.

  92. Sita Says:

    Mba Zie, saya juga tertarik citra indah tapi jauhnya itu lho dari fly over cileungsi masih 12 km lagi….mungkin prospek ke depannya bagus karena mau dikembangkan sebagai kota mandiri, kalo nggak salah, kalo soal jalan tol kayaknya yg terdekat nantinya ada di taman metropolitan atau taman cileungsi, dua-duanya di bawah pengembang metropolitan, nantinya dari taman cileungsi ada jalan tembus ke taman metropolitan. O, iya saya bukan marketingnya ya…..tapi baca di estate housing terbaru, monggo…yang mau cari rumah di daerah cibubur dan sekitarnya.

  93. pengamat properti Says:

    personally cibubur gak ada yg ok. transyogi udah bottleneck abiz tuh macet gila2xan, sedangkan pengembang di sana gak mau patungan utk ngebenerin jalan alternatif kayak Hankam itu misalnya. buyers di sana udah di cuci otaknya dgn janji JORR inilah itulah. pdhal namanya hidup, gak selama nya mengandalkan tol, tapi juga jalan alternatif. ingat bensin harganya naik. apalagi setelah pemilu, di jamin bensin naik gila2xan. bayangkan kalo semua orang hajar tuh tol, sama aja macet nya ntar tuh tol.

    tapi kalo sy dipaksa disuruh memilih cibubur, maka pilihan saya jatuh pada citra gran. soalnya sy fans berat nya ciputra, hahahahaha, gak dink. seriously. sy byk dengar feedback positif soal citra gran, dan sy percaya sama penilaian ciputra. yg trjankau, dekat tol cibubur, dan content nya menarik, yah cuma citra gran mnurut saya.

  94. onta Says:

    ada yang tahu koneksi internet di kota wisata? apakah speedy sudah masuk sana? ISP lain?

  95. parjokimpul Says:

    Setau saya jaringan internet sudah masuk citragran, providernya jetcoms. kalo legenda wisata setau sy blum ada, kota wisata ga tau de. Sy calon penghuni Legenda Wisata zona Einstein blok R12. Salam kenal bagi semua

  96. investor Says:

    saya pilih kota wisata. alasannya didalam kompleks itu sudah ada sekolah fajar hidayah dari SD s/d SMA, artinya saya tak perlu keluar kompleks lagi utk antar jemput anak sekolah, mengingat transyogi yg super duper macet itu. untuk TK nya didalam kota wisata ada TK Madania. agak mahal dikit tapi tak mengapa lah, sebanding kok, daripada musti nyari sekolah di luar kompleks dan bermacet ria. apalagi TK itu kan cuma 2 tahun aja, gak lama.
    soal pergi ke kantor juga gak masalah, karena saya pengangguran, lebih banyak di rumah, jadi sy bisa pilih jam jam lenggang yang saya sukai agar gak ngalamin macet nya transyogi. utk urusan belanja sy bisa pilih jam jam tidak macet (transyogi) utk belanja di sektiar transyogi.

    orang beli kota wisata karena fasilitasnya, makanya jangan heran orang yg cuma pengen hunian saja, pasti condong ke legenda wisata, karena disana cuma utk tidur saja. nilai tambah kota wisata adalah di kunjungi orang dari seluruh indonesia utk berwisata di sana, tapi itu tak akan mengurangi kenyamanan penghuni sana, karena jarak dr tempat wisata dgn hunian cukup jauh utk ukuran org jalan kaki. tenang nya sama saja. at least dgn tingginya hit rate org dr luar kompleks ke kota wisata, akan turun mendongkrak nilai jual dan nama nya.

    soal jauhnya jarak dr gerbang ke hunian didalam kota wisata, justru sy melihatnya sbg nilai plus. dr situ kelihatan pangsa pasar kota wisata adalah utk mereka yg punya kendaraan sendiri. gak sembarang orang bisa masuk ke sana seperti pengamen, tukang somay, gerobak pemulung, pengemis, tukang minta sumbangan, yg semuanya potensial kriminal dan perusak privacy. privacy di kota wisata lebih trjamin mnurut saya makanya jangan heran rio febrian dan artis lainnya lebih memilih kota wisata.

    soal bau sampah itu hanya terjadi di cluster tertentu di kota wisata, tidak di kota wisata keseluruhan. kota wisata itu luas sekali lo, hampir sama luasnya dengan kemang pratama. solusinya yah gampang saja, jangan beli rumah yg dekat dgn tempat sampah di perbatasan kota wisata. itu aja. kbetulan design rumah saya semuanya tertutup, tidak ada jendela terbuka, dan pakai AC Sentral di dalam rumah, jadi semua kuman dan bau bakal di musnahkan semuanya.

    jeleknya kota wisata cuma satu, berat di ongkos. masuk akal, karena scr tidak langsung kita beli fasilitas juga. kalo duit pas pas an, pasti kecewa di kota wisata. mending pilih legenda wisata atau citra gran yg lebih murah. tapi kalo ada duit lebih, saya akan pilih kota wisata.

    akses tol kota wisata juga menggiurkan. di gerbang selatan nanti rencana ada tol yg melewati di sana juga pintu nya. sambil mnunggu tol itu jadi, utk sementara pake tol cibubur. di sebelah utara juga ada tol jatiasih yg bisa di pakai. jadi kota wisata nantinya akan di kepung oleh tol, sebuah exit access yg luar biasa menarik menurut saya. BSD, Bintaro dan Grand Wisata aja tidak sebanyak itu tol nya.

  97. utjih Says:

    Kapan dan dimanapun be a smart buyer.
    Saran saya, kalau beli rumah yang indent, pastikan beberapa hal diantaranya:
    – Pelajari kontrak dan kondisi surat-surat lainnya yang terkait untuk memahami hak dan kewajiban antara pembeli dan developer
    – Pastikan pemborong yang ditunjuk developer punya good record (misal tidak dalam retensi)
    – Lakukan pemantauan yang sesering mungkin terutama untuk struktur bangunan
    – Jangan malas melakukan complain ke developer dan memastikan segera ditangani (jangan sampai terlambat)
    – Walaupun developer terkenal baik dan punya good record secara keseluruhan, masih tetap ada kemungkinan “apes”
    – Jika poin di atas terjadi, lakukan complain tertulis dan tegas dan minta hak-hak anda sebagai pembeli dipenuhi

    Thanks

  98. donny Says:

    Guys,

    saya baru saja mengunjungi pameran properti di JCC kemarin dan tertarik dengan daerah cibubur.ada satu lokasi yg menarik di legenda wisata maka bermodal brosur maka saya schedulekan besoknya meninjau kawasan tsb.Adapun yang nilai plusnya adalah feeder bus yang menuju kantor saya. Setelah saya lihat utk zona van gogh adapun kawasan tsb dekat sekali dengan SUTET.
    Kira2 adakah yg punya pengalaman rumah dekat dg SUTET?? Bagaimana efek sampingnya???
    Trus saya liat2 jg kawasan Oscar yg rencananya akan dibuka juga itu pun dekat dg SUTET. Walaupun marketingnya menjamin tidak complain selama ini tetapi apakah aman yah ..?
    Terus kalo boleh minta usulnya dengan budget sekitar 250-300 utk di cibubur sebaiknya ambil daerah mana ya ??

    thanks

    donny

  99. Norman Says:

    gilaaaa, benar2x gilaaaaa, hari terakhir pameran REI 3-11 Mei 2008 di JHCC, cluster TARN di citra gran ludes trjual, trutama inceran gw tipe VOLVI hadap timur (tipe paling gede di cluster ini). stoknya dikit banget, cuma 2 unit. rese. pdhal konsepnya modern klasik kesukaan gw. nyari yg mirip2x itu, di cluster CYPRESS sebrang nya, tipe GIGOLA, juga habis terjual. orang indonesia trnyata kaya kaya yah? laris kayak kacang goreng. korek info ke marketing, kalo beli di situ, sertifikat nya baru di kasi ke gw 8 bulan setelah lunas. wajar gak yah? alasannya sih buat proses nya. anyway, trpaksa deh dg setengah ngemis, gw nitip ama sales nya, kalo ada yg cancel, suruh kasi tau ke gw (nkristan@indo.net.id). siallllllll bener bener siallllll, kayaknya citra gran umurnya udah gak akan lama lagi tuh, soalnya ke belakang nya tanahnya udah di garap semua, tinggal 1-2 cluster yg masih belum di garap di sana. mulai skarang rencana tiap bulan gw mo cek ke marketing kalo ada soft launching baru lagi, gak mau ketinggalan kereta.

  100. Norman Says:

    @donny
    LW selain jauh jaraknya ke tol, juga ada sutet melintang disana. mempersulit pemilihan lokasi di sana. klo sy concern nya bukan soal kesehatan (masih kontroversial katanya), tapi merujuk ke market aja sebenarnya, bahwa sutet itu lebih susah di jual properti nya ketimbang yg bukan sutet. kan logikanya, kalo ada properti yg calon buyer gak ada alasan utk njelekin tuh properti, apa salahnya pilih properti yg gak ada isu macem macemnya?

    saran saya sih citra gran aja, di sana juga ada feeder busway dari citra indah – citra gran – ratu plaza – blok M – komdak – DPR MPR – slipi – citraland grogol. pagi siang sore schedule nya ada, dan gak cuma skali, tapi brkali kali, jadi di jamin gak lama nunggunya (kemana mana bawa jadwal feeder busway citra gran aja/fotocopy nya bisa di minta di kantor marketing). saya sudah browsing kesana kemari, jarang ada orang yg jelek jelekin citra gran ini. itu aja patokan saya.

    satu lagi yg saya salut dari citra gran, walau lokasinya strategis, udah settle, penataan bagus, kualitas bangunan ok, tapi harganya sangat murah menurut saya, dibandingkan pengembang lainnya di cibubur (saya udah compare brosur semua pengembang cibubur yg ikut pameran REI 3-11 Mei 08 kmarin itu). duit anda 200-300 an di sana mah banyak, cuma sayangnya stoknya dikit, itu aja. ini skarang aja saya sudah pasang radar ke citra gran kalo kalo ada soft launching cluster baru lagi, rencana mau ambil 2 unit kayaknya, satu buat dipakai sendiri (rumah lama di Tebet di kontrakin aja) dan satu lagi buat invest, di kontrakin atau buat di wariskan ke anak gw (kebetulan total 2, jadi pas). masih ada kesempatan kok, saya udah liat master plan, masih ada sekitar 2-3 cluster lagi yg belum di bangun di belakang sana (pintu tol cimanggis).

  101. test Says:

    wah yg keabisan rumah di CG kok nge-post messagenya di semua thread.. Norman ini calon konsumen apa marketing CG..hehe.. berhubung biasanya sering liat trik marketing ikut menuh2in message di topic perumahan supaya keliatan laku..

    watch out guys :D

  102. Norman Says:

    gw bukan marketing kok, mngkin saking antusias nya makanya ngepost di semua thread cibubur, hehehhehe

  103. Norman Says:

    gw bukan marketing, noh di thread satunya lagi gw curhat soal capeknya nyari kavling di citra gran, jadi gw gk cuma cerita bagus nya aja, tapi juga pahitnya. gw konsumen asli.

  104. widodo ps minggu Says:

    mas norman sekedar cerita tentang sutet. orang tua saya di sebelah utara surakarta kebetulan pas dibawah sutet tepat. misalnya kabelnya putus pasti menimpa rumah saya. untuk effek kesehatan kayaknya saya dan keluarga disana sampe sekarang gak ada masalah apa2. pada tahun 70-an tiang sutet ada yg nyuri dan roboh menimpa rumah saya alhamdulillah semua keluarga selamat. yang agak mengganggu kalo ada angin besar bunyinya saja yang menderu kayak pohon cemara ditiup angin besar, hanya itu saja sekedar cerita sutet itu telah ada tahun 1970-an sampe sekarang.

  105. test Says:

    buat Norman: ups..maap, kirain hehe :D

    coba aja main2 ke kantor pemasaran CG, tanyain kapan pameran lg.. biasanya kalo pameran dia pasti unit2nya ada lg.. soale aku pribadi kurang percaya kalo unit2 rumah cepet abies..

    ternyata dulu pun aku yg hampir pindah type rumah, balik lg ke type yg diincer dr awal karena unitnya ternyata ada lagi hehe..

  106. homehunter Says:

    cibubur residence (CR) yah? setahu sy di sana masih tanah kosong semua, sama kayak cibubur country, jadi unsur gambling nya tinggi. secara lokasi, cukup strategis tempatnya, letaknya kalo dari tol setelah raffless, sebelum citra gran. dekat petronas. secara harga, CR mendekati raffless, sedikit lebih murah, tapi jauh lebih mahal ketimbang citra gran misalnya. secara sekolah, CR melawan arus lokasinya, jadi gak kena macet pagi org brangkat kantor, karena sekolah trbaik cibubur ada di sebelah kiri transyogi (kalo dari tol). secara probability serah terima tepat waktu, masih meragukan, nama pengembang nya aja sy gk pernah denger. kalo duit 500 juta s/d 1 milyar gak ada artinya buat anda, gambling invest di CR menurut sy cukup bagus, tapi buat yg pas pas an kayak sy, ntar ntar dulu deh, masih pengen testi dr mereka yg udah prnah deal ama CR lebih dulu.

  107. Soedomo (SUdah DOngo kayak MOnyet Says:

    weladalah….macem2 cara anak marketing jaman sekarang…udah keliatan koq yg mrkting dan non-mrkting.
    Biasanya yg marketing ngomongya berbusa2…panjaaaannng banget…he…he…

  108. akhmad S Says:

    Salam kenal,
    Saya lagi nyari2 rumah di kawasan cibubur, inceran saya Citra Gran dan Bukit Golf. Ada yang bisa bantu kasih informasi 2 perumahan itu gak?
    Tentang mutu bangunannya, Fasos dan Fasumya serta tentang kinerja developernya.
    Tks.

    • henny Says:

      Grand sentul adalah Kawasan yang betul2 mengutamakan struktur alam yang tertata rapih maka dari itu saya sebagai Property Adviser dari The Grand Sentul City,akan sangat merekomendid dan sangat optimis dengan diadakannya hunian yang sangat berkualitas yaitu Bukit Az-Zikr dan the Grand Sentul City. Selling pointnya adalah dua kawasan hunian tersebut diapit oleh jalan On The Ring Road yang antara Sentul dan Bogor kemudian akses jalan tol Jagorawi yang masih sangat potensial untuk dijadikan nilai investasi yang menguntungkan.Perlu di ketahui bahwa investasi berupa tanah dan rumah semakin lama adalah NAIK apalagi ditunjang dengan kawasan yang berkembang dan strategis.Maka dari itu apabila ada investor yang sanagt berminat di areal komersialnya kami jelaskan detail dimulai dari segmentasi pasar sampai prospek ke depannya karena 3 kawasan hunian yang berada di kawasan Sentul belum punya fasilitas seperti Rumah Sakit, Mall, Apartemen dan Hotel bahkan apabila ini sudah terwujud maka akan sangat2 meningkat lagi nilai jual dai tanah sampai rumah bahkan ruko dan tokonya, kitapun menyediakan gudang jadi satu kawasan yang menurut saya sangat lengkap dan strategis jd memang sangat optimis apabila ada investor yg betul2 ingin berinvestasi..hub 081319213408 henny

  109. anurese Says:

    bukit golf harganya lebih murah ktimbang citra gran, karena faktor lokasi. semakin mndekati transyogi smakin mahal. kualitas bangunan bukit golf khususnya river side, bagus, tapi utk kluster lain kualitasnya kurang bagus. kualitas bangunan citra gran standar lah, rata2x udah atap baja ringan semua di sana kcuali kluster lama. ada harga ada rupa. harga gak pernah bohong biasanya. fasum fasos jelas bukti golf nebeng transyogi, sedangkan citra gran punya fasum fasos sendiri tanpa perlu keluar dr kompleks itu. mengenai developer nya, citra gran = ciputra, tak di ragukan lagi. bukit golf gak jelas siapa pengembang nya. kenaikan properti di bukit golf cenderung stagnan, sedangkan citra gran terus meroket naik harganya. tapi semua kmbali ke kemampuan kocek anda, kalo pas pas an, bukit golf not bad idea either, asal mau menerima kekurangannya. bukit golf dekat pintu tol cimanggis, jadi gak prlu ngalamin macetnya transyogi.

    • Ren Says:

      Citra gran bangunanya memang standar dan sekarang lokasinya sudah masuk ke dalam sehingga hampir berdekatan dengan The addres. Bagi saya sih lokasi citra gran sekarang serba tanggung (di tengah-tengah) antara exit cibubur dengan exit cimanggis. Untuk sekarang saya pikir citra gran sudah mulai over price bila dibanding dengan tetangganya the Addres apalagi dengan Bukit golf.
      Jadi jangan heran kalau sekarang orang sudah mulai melirik bukit golf sebagai 1# priority untuk lokasi tempat tinggal maupun investasi terutama di daerah riversidenya.
      soal fasum dan Fasos saya kira semuanya bisa di dapatkan di sepanjang cibubur junction dan jln alternatif cibubur. Kebetulan juga di dalam BG ada angkutan umum (Rp. 5000) yang siap sedia membawa kita ke cibubur juction.

      Ren

  110. henry Says:

    @Donny :

    Yup, oscar di LW itu deket sutet, dan letaknya paling belakang. Sebenarnya saya sempat tertarik jg dengan oscar waktu di pameran REI. Tapi setelah mikir2 lokasi LW yang masih agak jauh ke belakang daripada cg, saya akhirnya pilih ambil rumah di cg.

  111. PENGIDAM RUMAH Says:

    share donk yang sudah tinggal si kota wisata, khususnya cluster2yang deket k jl.narogong..karena informasi yang saya dapat “aroma bantar gebang” tercium dr kotawisata.
    kalau dilihat dr google earth atau peta megapolitan,jarak dr TPA Bantar Gerbang cuma 3-4 km ke pusat Kota Wisata..
    Salam

  112. vinnz Says:

    teman2,
    saya hari sabtu yang lalu sempat melihat-lihat ke Cibubur Residence. Menurut saya, lokasinya lumayan OK karena masih di daerah “depan” kalau dibandingkan dengan yang lain2nya, ya saingan terdekatnya Mahogany kalau kita melihat secara jarak ke pintu tol. Selain itu, di daerah depan kompleks Cibubur Residence juga sudah lumayan komplit, ya walaupun saya belum tau apakah ada pasar tradisional-nya atau tidak di daerah sekitar situ (gak mungkin juga khan kalo kita dikit2 kudu ke supermarket, bisa jebol kantong tiap bulan..hehehe).
    Tapi saya juga butuh advice dan masukan informasi dari teman2 juga mengenai perumahan di sekitar Cibubur, terutama dari sisi perjalanan ke Jakarta, harga dan kualitas bangunannya.
    Terima kasih sebelumnya.

    -vinnz-

  113. anurese Says:

    bicara lokasi, yg bisa menyaingi cibubur residence di sana cuma raffles sama mahogany. soal supermarket mah relatif, mlah kadang harga supermarket lebih murah ktimbang ps tradisional, kalopun beda, gk jauh jauh amat bedanya. klo gak salah, ps tradisional yg cukup ngetop itu ada di daerah kranggan, masih dekat dekat situ juga. abang gerobak sayur juga udah banyak berkeliaran di kompleks2x baru kok (biasanya di kasi seragam ama pengembang).

    soal prjalanan ke jakarta, ya tau sndiri lah, kalo jam brangkat ama pulang kantor, daerah situ masih trgolong gila. kcuali jika anda tinggal di raffles, anda bisa hindari transyogi via tol cibubur. tapi utk cibubur residence dan mahogany, mau tak mau anda harus bermacet ria dulu (gak lama sih) utk ke rumah. di luar jam jam itu, transyogi cukup lenggang.

    positive thinking aja, kalo macet, itu berarti orang trtarik dgn daerah sana, artinya prospek nya bagus, bukan tempat jin buang anak lagi. lihat aja para pembeli ruko, mereka justru nyari daerah macet kayak gitu, karena lebih menguntungkan.

  114. akokow Says:

    ada yg bs bantu kasih info,

    kalau jalan transyogi itu macetnya tiap hari sekitar jam brapa sampai jem brapa, kalau weekend sekitar jam brapa sampai jam brapa..

    kalau hari kerja kan macet tuh, mulai lenggang nya jam brapa ya? apa jem 8.30 sudah mulai berkurang? atau mulai jem 9?

    kalau sore sampe malem macetnya mulai jem brapa sampai jem brapa..

    trims..

  115. wawan Says:

    @vinnz
    Pasar tradisional modern ada di belakang kranggan permai. Tukang sayur yg masuk perumahan2 tiap hari juga ada, pake mobil pick-up atau motor. Atau delivery order ke supermarket kecil2 di sekitar situ juga bisa.
    Daerah cibubur-cileungsi banyak rayap. Jadi usahakan tdk menggunakan material kayu (kecuali jati atau kayu besi) atau di anti rayap dulu.

    @anurese
    Yg paling dekat tol justru Puri Sriwedari. Tapi dulu bermasalah dgn sertifikat & developernya bangkrut. Entah sekarang sudah beres atau belum.

    @akokow
    Weekday jam macet 06.00-08.00 dan 18.00-21.00.
    Kalo weekend nggak bisa diperkirakan, kadang seharian macet tapi bisa juga lengang.

  116. anurese Says:

    sebenarnya macet itu tidak seseram momok orang kebanyakan. yang penting di nikmati aja, toh nanti yg merasakan manfaat trbesar rumah itu bukan kita kita para pria pencari nafkah, tapi anak istri kita. pake bensin oktan tinggi, jangan pake premium yg lebih boros. trus jangan suka di geber gas nya, biarin aja mobil blakang membunyikan klakson, gak usah di tanggapi, pura2x gak denger aja. biarkan laju gas mobil menaik gradual, bukan dadakan ala di geber karena takut diomelin kendaraaan dibelakang. ambil jalur kiri, karena jalur kanan itu utk org yg gak kesabaran. kalo bisa, pake mobil matic aja, lebih irit bensinnya, karena gas nya gak bisa di geber sebebas mobil manual. kalo mo belok kanan, jangan pake lampu sen, buka kaca jendela aja sambil lambai tangan, di jamin orang akan kasi anda jalan. kbanyakan orang beraninya cuma didalam mobil aja, tapi begitu kaca mobil di buka, biasanya pada ciut nyali mereka, hehehhehehehe. satu lagi, brangkatlah lebih pagi dari orang kebanyakan, dan cari tahu cara melewatkan kelebihan waktu setiba nya di tujuan (cari makan dulu kek, fitness dulu kek, apa kek). niscaya enjoy enjoy aja hidupnya, walau tinggal di daerah macet skalipun.

    puri sriwedari?? o iya ya, lupa gak kesebut, ada juga yg deket deket situ, cibubur villa ama kranggan permai (kompleks lama). gw inget banget tuh puri sriwedari kala pertama kali soft launch dulu, sampai gak jadi pinjem WC pipis di sana gara2x disodori brosur pricelist nya yang milyaran semua, wakakakakak

  117. grain Says:

    mau tanya niy…
    tentang issu JORR 2 dekat gah sih dengan cluster toronto di kota wisata??
    coz saya mau beli rumah di sana udh transaksi sih…. truss aroma dr sampah nyampe gak?
    ada yang tau gak????

  118. rawi Says:

    bro saya pengen ambil rumah di cibubur villa 2 . gak masalah letaknya didepan tpu pondok ranggon. tapi kok ada isu tpunya mau dilebarin ya? bakal kegusur gak nih ?

    http://web.bisnis.com/edisi-cetak/edisi-harian/megapolitan/1id44946.html

    JAKARTA: Sebanyak empat tempat pemakaman umum (TPU) di DKI Jakarta, yaitu Pondok Rangon Jakarta Timur, Cipinang Jakarta Timur, Rorotan Jakarta Utara, dan TPU Pondok Kelapa Jakarta Barat, segera diperluas tahun ini.

    Anggaran program tersebut sudah disiapkan APBD DKI 2008 senilai total Rp150 miliar, masing-masing Rp58,86 miliar untuk pembebasan lahan Pondok Rangon, Rp56,16 miliar untuk TPU Cipinang, Rp40 miliar untuk Rorotan, dan Rp10 miliar untuk TPU Pondok Kelapa.

    Kepala Subdit Peranserta Masyarakat Dinas Pelayanan Pemakaman Umum DKI Leo Pasaribu dan Ketua Komisi E DPRD DKI Igo Ilham (F-PKS) yang dihubungi kemarin mengonfirmasi rencana perluasan yang juga meliputi pembebasan tanah tersebut.

    “Sekarang ini, lahan pemakaman di Jakarta memang tengah kritis. Intensitas kematian warga makin tinggi dengan populasi yang terus meningkat, tapi lahan makam makin sempit. Nah, ini jadi masalah. Luas lahan makam yang ada sekarang jauh di bawah ideal,” kata Leo.

    Leo menyebutkan data terkini menunjukkan di DKI sedikitnya 100 orang meninggal dunia setiap hari dan dimakamkan di TPU yang dikelola Pemprov DKI. Bila perluasan makam tidak segera direalisasikan, masalah yang akan muncul bakal semakin rumit.

    Dia menegaskan bila program tersebut terealisasi, akan ada tambahan luas makam sekitar 100 hektar dari luas sekarang yang baru 520 hektar. Rencananya sampai 2012, tempat makam di Jakarta akan diperluas hingga 785 hektare. Luas ini dinilai cukup ideal.

    Namun, dalam catatan Bisnis, hitungan tersebut sangat bisa meleset sebab pada saat program perluasan itu dilakukan, pada saat yang sama terjadi relokasi atau tukar guling tempat makam menjadi jalan, pertokoan, atau apartemen, seperti dalam beberapa tahun terakhir.

    Igo Ilham menambahkan harga tanah dalam pembebasan lahan untuk perluasan makam tersebut akan disesuaikan dengan NJOP (nilai jual objek pajak), dan prosesnya akan segera dilaksanakan setelah dana APBD 2008 cair pertengahan Maret 2008.

    Plaketisasi

    Bersamaan rencana perluasan makam itu, Igo menekankan, DPRD DKI juga sudah memastikan berjalannya program plaketisasi dengan mengganti bangunan makam dengan petak rumput pada 95 TPU yang tersebar di lima wilayah DKI dan Kepulauan Seribu.

    Saat ini, program plaketisasi telah diterapkan dibeberapa TPU a.l. Pondok Rangon, Pondok Kelapa, Tegal Alur, Semper, Kampung Kandang, dan Menteng Pulo.

    Igo mengatakan biaya plaketisasi dihitung Rp700.000 per makam dan dibebankan kepada Pemprov DKI selaku penyelenggara kegiatan pelayanan pemakaman umum.

    “Jadi sebenarnya tidak benar jika warga harus membayar sampai dengan Rp2 juta untuk sewa pemakaman plaketisasi. Kalau praktik seperti ini yang terjadi, silakan laporkan karena aturannya tidak begitu,” tegasnya.

    Oleh Mia Chitra Dinisari
    Bisnis Indonesia

  119. anurese Says:

    sy yakin perluasan tpu itu tidak akan memakan lahan properti yg sedang atau sudah selesai di bangun di sana. target pemprov pasti yah lahan penduduk lokal sana (bukan kompleks).

    JORR via toronto? yg jelas sih, mulai dari kantor pemasaran tarik garis ke timur sampai pintu gerbang transyogi, itu red alert semua. beberapa kali saya main ke kantor pmasaran kota wisata, telp yg berdering sedikit skali (bisa di artikan sebagai rendahnya minat masyarakat beli di sana). beda ama citra gran yg krang kring telp marketing nya ampe tamu yg baru masuk aja di cuekin karena salesnya sibuk di telp, belon hape nya ikut2xan krang kring juga.

  120. wawan Says:

    @grain
    Jalur JORR ngikutin JPG (Jalur Pipa Gas). Posisi JPG memang membelah Kota Wisata, ada di samping cluster Amerika, Den Haag, terus ke jalan tembus arah Narogong yg pertama.

    @rawi
    Kemungkinan besar perluasan ke arah utara, yg masih masuk wilayah DKI. Cibubur Vila 2 ada di selatannya, ini masuk Depok. Kalo di timurnya (Kranggan) masuk Bekasi.

  121. cinta Says:

    Pak Wawan,
    jadi jorr yg ngikutin jpg itu sudah pasti ya?
    ada yg punya mapingnya yg pasti nggak?
    mau beli di CG masih ragu2 yg kena jorr yg mana.
    setahuku kalau kota wisata dan legenda kebanyakan customer langsung berkunjung.

    aku Legenda wisata di einstein 15/12. salam kenal semua

  122. parjo Says:

    @pak cinta,
    bapak yg di tusuk sate ?
    itu rumahnya uda dibangun atau masih inden ?

  123. wawan Says:

    @cinta
    Saya blm nemu info pasti yg menyatakan JORR2 tdk mengikuti jpg. Logikanya kalo dia bisa memotong Raffles Hills mustinya hal yg sama bisa berlaku juga buat perumahan lain.

    Btw, saya justru concern rumah yg dekat dgn jpg itu lebih berbahaya drpd dekat tol.

  124. lily Says:

    halo.. salam kenal semua.
    Mau tanya nih… ada yang punya info mengenai legenda wisata nggak ya? Thx.

  125. Jacky Says:

    saya pernah menanyakan jorr2 ke tatakota bekasi tetapi mereka belum tahu pasti, dari gambar yang saya dpt darinya dari rafles tembus ke kalimanggis dan terputus. rencana yang ada mengikuti jpg. Artinya citragran blok F, E dan B kena proyek tsb. Saya mengkonfirmasikan halk tsb ke citra tetapi dikatakan akan dibelokan kearah restauran nyonya suharti. ada yang punya info lagi?

  126. lene Says:

    @ vins,

    Salam kenal,
    Lihat dari komentarnya di atas, berarti Bapak/Ibu tinggal di Legenda wisata ya? Boleh minta informasinya seputar lewis?
    Thx

  127. Debide Says:

    @wawan
    Pak, jadi gak ada kemungkinan sama sekali kalo TPU Pondok Rangon akan di perlebar ke arah selatan ya (Cibubur Villa 2) ya? :-( kalo iya kan, lama2 bisa tembus sampe rumah Pak Wawan :-)
    Soalnya kalo kita nanya ke pengembangnya / marketingnya, pasti dibilang aman terkendali (maklum jualan…:D)trims

  128. Zaki Says:

    kalau rute JORR 2 dikira akan melintas KW atau CG, liat dulu deh website ini, sepertinya dia ga akan melintas kedua2nya http://pimac.kdi.re.kr/eng/presentaion/indonesia/(2-4)Presentasi%20%20PPP%20Fair%20Korea-Indonesia.pdf

  129. Rafah Says:

    @Zaki,
    Justru peta di file pdf tersebut sejalan dengan publikasi sselama ini.
    Dengan dimulai dari tol cimanggis di ruas jagorawi sampai km 28 di ruas cikampek, mengikuti jalur pipa gas, jelas bahwa panjang ruas jalan tersebut sekitar 27 KM.
    Jika melenceng dari pipa gas, jaraknya jadi lebih jauh lagi.

  130. anurese Says:

    Saya telah upload jadwal terbaru feeder busway jurusan cibubur – jakarta pp ke http://kotawisata.com/forum/index.php

    disitu anda bisa lihat kode bus, jam keberangkatan, halte persingahan, daftar no hp supir nya, dan daftar no telp penting lainnya (loket, kantor pool, dll)

  131. anurese Says:

    @joyatmo
    mngkin sy bisa menjawab prtanyaan anda soal permata cimanggis. sebenarnya PC udah bukan cibubur lagi, tapi karena kedekatannya ama cibubur, makanya banyak di sebut sebut. PC jelas saingan berat bukit golf cibubur nih karena PC dekat pintu tol cimanggis dan dekat Carrefour juga. sedangkan BG utk belanja2x mengandalkan transyogi. dari segi harga, PC lebih murah. soal transportasi jangan di tanya, kelak terminal Depok akan pindah ke Jatijajar (dekat PC). guna mendukung terminal ini, nantinya mo di buat pintu tol baru selain pintu cimanggis (lihat peta). dari sini aja udah keliatan BG bakal terancam sekali oleh PC, kecuali jika pembeli BG lebih mementingkan kedekatannya dgn transyogi. tapi bagi yg gak masalah dgn transportasi, PC benar benar sangat menggoda utk dipertimbangkan. jika boleh disimpulkan, leverage factor PC adalah = carrefour, tol cimanggis, dan terminal Jatijajar. mngkin tambahan lagi soal jalan alternatif. kalo BG cuma tol cimanggis ama transyogi aja, tapi PC mencakup tol cimanggis dan jl raya bogor (tau sendiri kan di sepanjang jl raya bogor banyak jalan tikus menuju jakarta yg bisa di pakai). mo ke stasiun kereta juga gampang, tinggal ke barat dikit, nyampe deh di stasiun terdekat, titipin kendaraan di stasiun, beres sudah. sedangkan utk penghuni cibubur, lupakan saja ide pake kereta, hehehehhhe. utk jelasnya silahkan masuk ke http://kotawisata.com/forum/index.php

  132. anton Says:

    kok gak ada yg membahas raffles hills yah? hehehehehhe

  133. GUSTI Says:

    buat bapak/ibu yang membutuhkan furniture bisa menghubungi kami di daffadesign@gmail.com atau hp 081311241023 Harga dan mutu pasti ok!!!

  134. Rakaryan Says:

    CCC udah mau jadi ya.. Cluster Lily Avenue udah pasang atap. Lagi finishing… Pake atap dan plafon rangka baja ringan dan bata jenis aerated concrete/hebel. Sippp deh

  135. nazla Says:

    @anton
    iya neh ngga ada yg bahas raffles hills..bukannya disana rmh2nya ga melulu yg besar?

  136. ardito umar Says:

    Hi.. seru juga nih diskusinya.

    Bagi2 dan sharing ttg legenda wisata. alhamdullilah ada rejeki bisa ambil di cluster di legenda, menurutku secara arsitektur rumahnya cukup fungsional dan simple. mirip2 rumah tumbuh, jadi masih bisa plud and add di mana sesuai bugjet kita ke depan.
    Secara konsep simple tapi kalo di pikir2 ga ada lubang/palka anginnya nih,anginnya cukup adem dan seger masih aga dingin, tapi kalo mau semilir harus buka pintu dan jendela, sementara di zona ku aga bernyamuk.. wah siap2 deh autan. kalu udah di buka serasa di bandung kmalem, kalo siang anginnya jg kenceng cocoknya model gini lgs pasang ac kedap banget jadi dijamin sejuk dan hemat energi.
    Fasum nya juga oke, masih aga sepi, aku sering jalan kaki cukup 2 kali kelliling lewis (legenda wisata) udah keringetan.
    DI china town juga ada warnet walau kadang2 penuh bgt trus ada beberapa **** mart cukup terjangkau lah, sayuran keliling jg banyak walau 20 % aga lebih mahal tapi worth untuk add / top up menu harian below 10 rb per day untuk tempe wortel dkk cukup deh untuk keluarga kecil max 2 anak 1 pembantu.
    Untuk hiburan cukup ke CIbubur junction kalo ga macet bisa 10-15 menit tapi kalo udah road block, week end maksimal 2.5 jam lah untuk jarak 6.5 km. baiknya sih sering2 pantau elshinta. apalagi kali RI-01 lagi mudik ke cikeas.. well kalo mau lewat jati asih juga bisa, masih banyak ko jalur tikusnya, jadi ya ga terlalu kawatir.
    kuliner nya cukup lengkap terjangkau, radius 2 -4 km ada hero dan swalayan yang cukup lengkap.
    Transyogi juga udah di lebarin jadi enak banget. kalo lenggang cuma 12 menit sampai pintu tol cibubur dari lewis.
    air dan listrik juga ga mahal2 amat dan bersih. trus ada satpam di setiap cluster, walau masih sering kebobolan ya maklum namanya juga maling udah canggih2..
    Well masjidnya bagus dan bersih, cukup asri dan nyaman. kalo hujan mirip2 bogor suasananya.
    aman buat anak kecil lari2an di halaman karena sistem cluster yang tertutup.
    Kantor saya di Cilandak jadi cukup terjangkau dalam 30 – 45 menit. cukup strategis untuk kebutuhan kami sekeluarga.
    transport juga mudah ada bis ac ke blok m sudirman dkk..

    so cukup menarik lah di lewis.

    Wass, ardito

  137. asepajabar Says:

    hi semua,

    saya dan istri pasangan muda baru menikah, berencana membeli (baca: kredit) rumah di daerah cibubur, akhirnya pilihan dikerucutkan menjadi 2; grand cibubur dan cibubur residence.

    menurut kami:

    grand cibubur:
    (+) perumahan cluster kecil, 2 lantai, lokasi kavling depan kolam renang, lingkungan sudah jadi, internet hotspot ready.
    (-) agak jauh sekitar 4km dari tol cibubur plus putaran balik sebelum kota wisata 1km, lebar rumah/kavling hanya 4m.

    cibubur residence:
    (+) dekat dengan pintu tol.
    (-) lingkungan belum jadi, kompleks lebih besar dari grand cibubur, fasilitas (misal kolam renang) entah dibangun entah ngga, intinya kaya beli kucing dalam karung.

    mohon pencerahan dan sharing pengalamannya, pilihan mana yang lebih baik untuk kami.

    terima kasih.
    Asep Ajabar

  138. ozi Says:

    gak tau knapa, gw akhirnya jatuhkan pilihan ama cibubur residence. gw suka ama design rumahnya yg compact (kamar nya banyak, mobil bisa 2, dapur dekat taman/jadi mbuang asapnya gampang, dll), pokoknya perfect gitu design nya, sehingga gw gak perlu banyak renov lagi kalo beli di sana. dengan lt lb yg sama, di kota wisata cuma dapat tempat 1 mobil dan kamar nya lebih dikit. udah gitu, tipe paling gede nya di sana ada di bulevard cuma dihargai 900 jutaan, di kota wisata duit segitu cuma dapat didalam cluster tipe menengah pula dan bukan bulevard.

    trus kalo antar sekolah pagi, gak kena macet karena melawan arus mereka yg mo ke jakarta. dekat ama giant sebrang citragran itu.

    udah gitu jauh dari gusuran lintasan JORR 2, karena tol nya ntar lewat di selatan, sedangkan cibubur residence ada di sebelah utara transyogi.

  139. wawan Says:

    @asepjabar
    Tergantung aktivitas anda sehari2. Kalo kerja anda di Jkt dr Senin-Jumat dgn jam kantor 7-9 pagi s/d 16-18 sore, harap pertimbangkan titik2 macet di transyogi.

    Saran saya coba tes atau survey lalu lintas transyogi selama seminggu (termasuk Sabtu-Minggu) di jam 5-9 pagi mulai dr Citra Gran s/d Cibubur Junction dan 17-20 sore mulai dr GT Cibubur s/d Citra Gran.

    Pastikan juga info ttg sertifikat, jgn sampe ada masalah. Search di google aja.

  140. kesal sama marketing CR Says:

    Jangan mau berhubungan dengan staff marketing Cibubur Residence yang namanya Clara. Nyebelin banget nih orang Batak yang satu ini, diluar jam kantor hp nya suka di matiin, kalaupun nyambung, tipe orangnya gak mau diganggu (aneh khan? marketing kok kayak bos) dan suka nyuruh nelp nya besok aja pas jam kerja. Gw inget banget, kala dulu pertama kali nelp, dia suka banget follow up “kapan mau main kesini?”. Giliran udah dapet (udah terima bookingfee), sikapnya berubah 180 derajat. SMS aja jarang di balas. Jadi kesannya konsumen yg ngemis ngemis informasi ke dia, bukan sebaliknya. Mustinya dia pro aktif lah kalo dapat SMS, nelp ke saya utk menjelaskan. Nyatanya di cuekin aja, kecuali kalo kita nelp duluan ke dia. RRReeeeeeeeeeessssssssssseeeeeeeeeeeeeeeeeee

  141. Elwe Says:

    Aloo guys ,

    saya baru pindah ke cibubur sekitar 4 bulan, seblumnya di benhill nebeng ma mertua hehehe.. ngambil di cibubur legenda wisata juga awalnya gak sengaja,,, sblumnya dah setor tanda jadi ke citra gran, cluster the tannes kalo gak salah deh, tapi berhubung tusuk sate akhirnya ya cari cari
    tempat lain jatuh cintrong ma legenda wist,
    untuk @asepjabar, sebagai informasi , cibubur itu macet pada hari senin ( wajarrrrr.. seluruh jkt ampe pinggiran jkt juga macet..) lalu hari sabtu – minggu (maklum daerah wisata, orang yang mo ke mekarsari, orang mau ke kampung cina, orang dari bandung lewat cianjur , orang pulang dari puncak, orang cibubur sendiri yang keluar ke rumah ortu , makan dsb)…. selain itu selasa rabu kamis jumat dijamin lancar.

    pilihannya tinggal di how do u go to your office?
    by your own car .. no problem then, cuma senin ya agak pagi ajalah, macetnya bukan di cibubur, tapi di jagorawinya, secara dari sentul bogor lewat situ semua….

    by bus,
    saya pagi berangkat keluar rumah jam 6.30, naik bus mayasari blok m – cileungsi jam 6.45, sampe depan kantor di sudirman jam 8.15 .. , keuntungan di legenda wsta, kalo naik bus mayasari PASTI DUDUK MOTTONYA… kalo sdh di
    citra gran apalagi raffless, anda harus melatih betis anda
    dulu karena pasti BERDIRI……

    pulangnya?? diatas jam 9 malam anda bisa ke UKI, naik
    angkot ke cibubur 24 jam, banyakk bgt angkottnya.. tapi
    siap siap nyali juga, supirnya malas injak rem…. jadi tau tau
    dpn legenda aja……

    naik motor…
    ini yang paling cape.. kurang lebih cibubur sudirman 37 km, pulang pergi silakan itung sendiri…… plus antangin jrg ya
    di kantong..

    pokoknya tinggal di cibubur enak deh…..
    apalagi di legenda…….. maknyossss mantappp…
    badan enak, kerja semangat……..

    sudah gitu di legenda bebas pembebasan tol.. secara
    sejajar ma rumahnya SBY, makanya korbannya ya kakaknya
    kota wisata…..

    hehehehe… salam buat sluruh warga cibubur….

  142. yenny agustin Says:

    Tadi iseng2 browsing, ada rumah di kota Wisata Zona Wina yang mau dijual? Mungkin ada yang bisa memberi input.
    tks

  143. Elwe Says:

    kota wisata bagus deh… asal jgn cluster amerika aja…..

  144. michael Says:

    legenda sutet nya ada 2
    karena ketutupan pohon yg memang sengaja di tanam gede gede di sana sajalah yg membuat penghuni nya kurang ngeh dgn keberadaan nya, mngkin udah pada tau, tapi kurang merasakan kehadirannya karena yah itu tadi, ketutupan pohon

    kota wisata terlalu jauh utk kemana mana, cluster baru nya di belakang nun jauh sana.

  145. Nana Says:

    Ada yang tau tentang Griya Nusantara Cibubur tak? Info yang saya tau kalo itu bukaan barunya Taman Kenari Nusantara. Saya sudah liat-liat dan tertarik type Papandayan, 45/105 dengan harga jual 271 Juta. Tapi jadi berpikir ulang dengan posisinya yang di lembah gitu (Kecuali type Singosari yang deket banget ke jalan transyogi) dan deket Sungai Cikeas. Jadi pas aku liat mapping nya, perumahan itu di sepanjang aliran S. Cikeas dan. Bahkan untuk type Papandayan, diapit ama S.Cikeas dan jalur pipa gas. Ada yang punya pengalaman dengan Griya Nusantara ini? Please sharing ya..

  146. michael Says:

    @Nana
    sudah anda jelaskan sendiri dgn baik dgn bahasa anda sendiri, jadi yah gitu deh, namanya juga harga murah, kita gak bisa banyak nuntut ini itu, terima apa yg ada aja. tapi sy yakin griya nusantara pasti akan sold out, karena lokasinya strategis (masih dekat dgn tol cibubur), soal lembah, jalur pipa gas, dan sungai cikeas yg anda bilang itu, percayalah, masih byk org indonesia yg gak peduli sama yg begituan dan lebih mementingkan rumah, lokasi, dan harga ketimbang faktor lain yg anda sebutkan itu. malah kalo sy boleh berpendapat, smua perumahan yg ada di sekitar transyogi itu pasti akan laris manis, walau sejelek apapun faktor alam yg ada di sekitarnya bukannya apa, JORR 2 nantinya akan lewat transyogi, dan semua yang berbau JORR 2 itu adalah emas. harganya akan smakin tinggi jika dekat dgn tol cibubur, dan griya nusantara gak jauh jauh amat dari tol cibubur, sedang lah jaraknya. jadi saran saya, ambil aja pak kalo emang dari segi harga udah cocok, gak nyesal kok. developer yg mbangun itu khan pasti megang duit trilyunan minimal, dan pasti bukan orang bodoh lah kalo bisa megang duit sebanyak itu, jadi gak ada salahnya kita coba ide dia, sapa tahu berhasil (dan pasti berhasil kok biasanya).

  147. bengbeng Says:

    @michael: Kapan seh dibangun….ribut2 aja JORR2….??? Emas….? Emas apaan………

  148. Rachman Says:

    tentang Griya Nusantara Cibubur, kmrn gue di tawarin untuk reserve 300rb untuk kavling tipe 45/98 *lupa nama tipenya*. tapi kalo gue liat posisi nya emang tepat di pinggir jalan transYogie, memang ada sungai/kali sepanjang perumahannya, ini yg buat istri gue ngeri2 buat ambil disana, disamping model bangunannya yg ga ikutin trend, etnik2 gitu deh, serem kata istri gue, hahaa ..

    1 hal yg buat gue ngeri, apa ada yg punya info tentang developer nya? apa bisa di percaya? mengingat tidak sebesar Agung Sedayu ato Podomoro.
    secara gue kerja di kelapa gading, gimana transportasi nya ya? ga mungkin gw ngebut2 ngotot2 ampe baju robek2 *kyk iklan jupiter mx aje?* khan ? plz info nya dunk …

    • Aliem Says:

      Iya neh mas.saya jg ditawarin type Kalianda 45/98, tp koq depannya Sungai Cikeas ya. Apalagi ada perumahan bagian belakang yg ternyata tanahnya urugan ex Sungai Cikeas..ngeri euy, tp kantong mepet&mimpi kalo mau cri yg lain (Legenda Wisata etc). Kalo ada yg punya pengalaman, mohon share. Terimakasih byk

      • henny Says:

        Itu masih 1 group dgn cigede group,grand sentul ad salah satu perumahan grup dia.Grand sentul adalah Kawasan yang betul2 mengutamakan struktur alam yang tertata rapih maka dari itu saya sebagai Property Adviser dari The Grand Sentul City,akan sangat merekomendid dan sangat optimis dengan diadakannya hunian yang sangat berkualitas yaitu Bukit Az-Zikr dan the Grand Sentul City. Selling pointnya adalah dua kawasan hunian tersebut diapit oleh jalan On The Ring Road yang antara Sentul dan Bogor kemudian akses jalan tol Jagorawi yang masih sangat potensial untuk dijadikan nilai investasi yang menguntungkan.Perlu di ketahui bahwa investasi berupa tanah dan rumah semakin lama adalah NAIK apalagi ditunjang dengan kawasan yang berkembang dan strategis.Maka dari itu apabila ada investor yang sanagt berminat di areal komersialnya kami akan jelaskan detail dimulai dari segmentasi pasar sampai prospek ke depannya karena 3 kawasan hunian yang berada di kawasan Sentul belum punya fasilitas seperti Rumah Sakit, Mall, Apartemen dan Hotel bahkan apabila ini sudah terwujud maka akan sangat2 meningkat lagi nilai jual dai tanah sampai rumah bahkan ruko dan tokonya, kitapun menyediakan gudang jadi satu kawasan yang menurut saya sangat lengkap dan strategis jd memang sangat optimis apabila ada investor yg betul2 ingin berinvestasi..hub 081319213408 henny

      • Ikhsan Aminuddin Says:

        Ini saya kasih tanggapan baru, The Grand Sentul City?? ini yang group nya Cigede bukan? kalo benar wah hati2 tuh banyak bohongnya.. Kami di perumahan Griya Nusantara Cibubur, belum mendapatkan fasilitas yang layaknya lingkungan cluster, beberapa kali ular masuk dan melintas dirumah saya dan warga lainnya.. padahal proses administrasi sudah selesai dilakukan, berikut dengan cicilan KPR. Ada ide buat teman2 gimana untuk menghadapi developer yang nakal seperti Cigede?

  149. elwe Says:

    @michael,

    emang ada sutet gede, tapi tolong diperhatikan itu ada di lahan kosong…. jauh dari rumah rumah.. (apalgi rumah saya) hehehe..) . nah memang yang anehnya, sinar mas sekarang bangun rumah tepat di bawah sutet.. geblek bgt…. ada yang pernah tau atau pernah dengar gak.. efek sutet untuk rumah tinggal?? anehnya menurut info yang saya dengar, tuh rumah dah pada laku, memang harganya agak miring…. tapi suteetnya itu lho….

  150. Jolie Says:

    @rachman: kalo ngebut ala komeng jangan lupa bawa antangin… :-)
    Oya, coba google ttg kasus perampokan di kota wisata cibubur.. Kalo gak salah itu milisnya para penghuni. Rampoknya pake perahu lewat sungai di belakang cluster, serem banget…kerugiannya sampe ratusan juta lho.. Saya rasa kita harus waspada juga sama aliran sungai..karena bagi perampok, sungai = jalan.

  151. Christiana Yuwantie Says:

    Hampir setiap hari terutama pada jam-jam sibuk, terjadi kemacetan yang sangat panjang menjelang pintu masuk tol Jatiasih (JORR). Hal tersebut diakibatkan oleh jalan yang rusak sangat parah di depan pool taxi Primajasa yang terletak persis di mulut gerbang tol tersebut. Padahal panjang kerusakan jalan itu hanya beberapa meter saja. Mohon kepada pemerintah Kota Bekasi untuk segera mengatasi masalah tersebut.

    Jalan tersebut sudah lebih dari satu tahun (bahkan sudah hampir dua tahun) dibiarkan rusak tanpa ada perbaikan sama sekali. Jika kerusakan tersebut dapat segera diperbaiki, pasti kemacetan tersebut tidak akan terjadi lagi. Terima kasih.

    Christiana Yuwantie
    Bumi Dirgantara Permai Blok AZ no. 2 Jatisari Jatiasih
    Bekasi

  152. joko pur Says:

    Sejak diaktifkannya lampu merah di perempatan Kranggan Jalan Alternatif Cibubur. Hal tersebut cukup membantu melancarkan arus lalin dari keempat arah. Namun, setelah kami amati, pada saat menyala hijau, saat ini dibuat menyala per 2 arah berlawanan. Hal ini amat berbahaya bagi kendaraan yang akan berbelok ke kanan karena berhadapan frontal dengan kendaraan dari arah berlawanan yang berjalan lurus, yang kebanyakan cenderung berjalan kencang lantaran hijau dan tidak menyangka akan ada kendaraan yang berbelok ke kanan, memotong arah mereka.

    Sudah sering terjadi serempetan. Bahkan, sering nyaris beradu motor-mobil atau mobil-mobil. Satu hal yang sering terjadi juga disebabkan ketidakdisplinan bagi yang akan memotong (berbelok ke kanan). Maka, sebelum terjadi korban nyawa, kami harap pihak terkait, agar mengatur lampu nyala hijau dibuat per satu arah dari utara dahulu, lalu dari selatan, kemudian dari timur dan terakhir dari barat, seperti itu seterusnya, sehingga bagi yang akan berbelok ke kanan maupun yang lurus. Aman dan nyaman. Terima kasih.

    joko pur
    kranggan permai s4/9
    bekasi

  153. sonny Rizal Says:

    Tolong kepada Pemda Bogor dan DPRD Tingkat II agar diperhatikan jalur jalan dari Cileungsi sampai Jonggol banyak yang rusak. Sudah berapa banyak korban kecelakan di daerah tersebut. Tolong diperbaiki! Kalau kita mau jujur, pendapatan pajak daerah paling banyak dari Bogor Timur. Kenapa pembangunan di Bogor Timur terkesan lambat sedangkan di Bogor Barat pesat sekali. Tolong diperhatikan, terimakasih.

    sonny Rizal
    Perum Citra Indah Cluster Bukit Palem S9/25 Jonggol
    Bogor Timur

  154. Widya sari Says:

    Melihat penawaran perumahan Cibubur Country di televisi – televisi yang sangat menarik, akhirnya saya putuskan untuk membeli satu unit rumah cluster Blue River type 46/90. Setelah waktu serah terima yang molor cukup lama dari yang dijanjikan, ternyata saya kecewa dengan kenyataan yang ada, yang menurut saya cukup fatal.

    Yaitu instalasi listrik yang tidak dibawah tanah seperti yang dijanjikan. Sekarang ini, di sekitar perumahan terdapat beberapa tiang listrik beserta kabel-kabel yang malang melintang ke setiap rumah. Ketika saya ajukan komplain ini kepada developer ataupun marketing, saya tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

    Ternyata nama besar Agung Sedayu Group, dengan budget promosi yang luar biasa di televisi – televisi nasional dan lokal, tidak menjamin kualitas dari produk yang mereka tawarkan.

    Saya berharap Agung Sedayu Group tanggap akan masalah ini, dan kami yang sudah membeli unit perumahan di Cibubur Country merasa sangat dirugikan.

    Widya sari
    Jl. Ujung Pandang BI/20 Wisma Indah IV Siteba
    Padang

  155. adam Says:

    Saya ada rumah di Cibubur Residence type 53/90
    mau dikontrakkan, 18 juta setahun bagi yang berminat bisahubungi saya di 021-71691790

    trims

  156. Cirens_Serakah Says:

    Saya ingin komentar sedikit soal perumahan Cibubur Residence atau disingkat Cirens. Harga rumah di Cirens terlalu mahal dan tidak sebanding dengan kualitas bangunan yg didirikan developer. Kasarnya, Cirens ambil untung terlalu besar. Rumah tipe besar di Cirens yg harganya mendekati satu milyar itu, atap plafon nya tanpa penutup gypsum (list propil), sangat tidak sedap dipandang. Kenapa hal ini sy ungkit? Karena di perumahan lain, dengan harga yg sama, list propil dipasang gratis oleh developer. Di Cirens, anda harus pasang sendiri.

    Lampu nya juga standard sekali, bukan downlight seperti yg tengah digemari masyarakat modern masa kini. Sangat jelek sekali. Kita disini bicara rumah satu milyar yg tentunya si pembeli bukan org sembarangan dan punya taste yg tinggi thd estetika rumah. Disini Cirens gagal memahami dan memuaskan tipe pembeli rumah mewah seperti itu.

    Daun pintu utama nya terbuat dari tripleks, sangat mengecewakan sekali. Betapa malunya jika tamu bertandang ke rumah yg harganya katanya mendekati 1 Milyar itu, tapi begitu diketok yg terdengar adalah suara nyaring tripleks yg kopong dan tidak padat itu. Wait, itu belum apa apa, tunggu sampai anda lihat pintu kamar mandi nya, yg dipasang adalah pintu kelas harga 200ribuan yg murahan, sangat tidak sedap dipandang dan mengundang cibiran tamu yg tahu kalo harga rumah itu mendekati satu milyar.

    Terjadi keretakan struktur pada dinding? Itu hal biasa dalam pembangunan rumah dan solusinya adalah dibongkar ulang dan pasang ulang bata bata nya. Solusi Cirens? Lupakan saja, mereka hanya akan menambal dan menutupinya saja, dalam hitungan beberapa minggu kemudian, retak itu akan muncul lagi.

    Kedalaman sumur juga tidak mencukupi, hanya sekitar 12 meter saja kurang lebih. Dengan pompa mini yg diberikan developer, dikombinasikan dgn kedalaman sumur yg cuma 12 meter itu, bagaimana bisa mengalirkan air ke lantai atas rumah dengan debit yg cukup dan deras? Mustahil. Dengan spesifikasi spt itu, Cirens hanya mampu mengalirkan air ke lantai bawah, itu pun tidak deras. Ingat, rumah seharga 1 milyar di sana semuanya dilengkapi lantai atas. Mustinya Cirens dengan keuntungan besar yg mereka raup, memberi sumur kedalaman minimal 20-30meter at least.

    Kloset yg diberikan adalah merk American Standard yg paling murah. Sangat tipis dan gampang pecah. Ukurannya juga kecil sekali. Masih mendingan pake merk Toto yg tebal dan besar.

    Kaca kamar mandi? None, anda harus beli sendiri, padahal dgn keuntungan besar yg diraup Cirens dari rumah seharga semilyar itu, apalah artinya kaca kamar mandi? Tapi saking pelitnya dan profit oriented hingga melupakan customer satisfaction (bukan customer sembarangan, tapi customer yg punya duit satu milyar loh) hingga kaca kamar mandi aja gak diberi.

    Temboknya juga sangat rendah, sekitar 2 meter, gampang di loncati tukang dan orang di sebrang tembok (terlihat bekas kaki di tembok). Akibatnya menjelang serah terima, tak jarang WC anda ada bekas tai yg sudah mengering (tukang disekitar numpang buang air besar disitu) dan tidak dibersihkan developer.

    Kerakusan Cirens semakin lengkap karena marketing tidak bersedia jual tanah saja di sana. Anda harus beli bangunan juga di sana yg dihargai 3,2 juta per meter2, tapi dgn kualitas seperti yg sdh sy ceritakan diatas (kualitas 1,7 juta per meter2).

    Walau begitu, orang tetap ada saja yg beli di Cirens karena pertimbangan kedekatan lokasinya dgn pintu tol cibubur dan kenaikan harga properti di sana sangat luar biasa, bisa ratusan juta rupiah per tahun naiknya, mengalahkan bunga deposito dan reksadana. Jadi pesan sy ke semua orang yg minat di Cirens, anda harus siap dana tambahan jika ambil rumah di sana, karena rumah standard yg dibangun developer tidak memuaskan. Dan jangan lupa berdoa, semoga kenaikan harga properti di sana bisa menutupi ongkos tambahan yg anda keluarkan utk renovasi di sana.

  157. Syaifulah Says:

    Bicara mengenai premanisme di perumahan Cibubur.

    Saat ini telah terjadi pergeseran definisi arti premanisme itu sendiri. Cara cara vulgar seperti memaksa penghuni memakai jasa kuli bongkar dari warga setempat, sudah mulai di tinggalkan. Sebagai gantinya, para preman di Cibubur memberi wanti wanti kepada semua toko material dan furniture yg buka lapak di Cibubur, agar tidak menyertakan tenaga utk bongkar muat. Jadi begitu pesanan anda sampai ke rumah anda, maka anda sudah dikondisikan sedemikian rupa sehingga tidak ada orang yg menurunkan barang pesanan anda itu, dan terpaksa memakai jasa preman setempat yg sudah dikoordinir satpam setempat. Cara ini tergolong halus dan pintar, tapi ujung ujungnya sama aja. Sebut saja batu bata merah, utk bongkar muatnya di Cibubur dihitung per bata merah. Bayangkan berapa omset para preman itu dalam sehari. Bisa jutaan. Disebut halus dan pintar, karena anda tak bisa berbuat apa apa, bahkan lapor ke polisi juga percuma karena memang tidak ada unsur pemaksaan disini, jadi gak ada pasal yg bisa menjeratkan mereka. soal pengkondisian seperti itu, anda tak punya bukti soal itu. preman di Cibubur sudah menguasai semua wilayah di sana, gak cuma 1-2 perumahan saja. semua toko material dan furniture di Cibubur pada takut, sehingga tidak menyertakan orang utk bongkar muat, dan anda dikondisikan mau tak mau pake tenaga bongkar muat dr warga setempat yg otomatis jadi pengeluaran ekstra.

    Kesimpulannya, jika kebetulan di rumah anda tidak ada tenaga/tukang, yah sudah nasib anda memakai jasa bongkar para preman yg sudah di poles jadi halus itu (tidak lagi bersikap kasar, karena mereka tahu hal itu bisa membuat mereka berurusan sm polisi). Jika anda pnya niat memasukkan furniture atau pindahan rumah, sebaiknya lakukan selagi ada tukang di rumah anda, dengan begitu anda tak perlu pake jasa preman itu.

    Semoga tulisan ini bisa membuka mata anda anda yang masih bersikap idealisme dan memandang masalah premanisme dari kacamata hitam putih saja. Sekarang situasi lapangan di Cibubur sudah abu abu warnanya, sangat blur, saking blur nya sehingga aparat dibuat tak berdaya, karena tak ada lagi alasan utk menangkapi preman di sana.

    Saya yakin tren ini sangat menyebar ke perumahan lain di luar Cibubur yang mngkin satu dua masih mengandalkan kekerasan. Premanisme modern tidak lagi memakai kekerasan, tapi dampak kerugiannya sama saja. Tampaknya polisi sekarang kalah canggih dibandingkan dunia preman sekarang. Gimana nih pak polisi ???? Jangan cuma sibuk sama Bibit Chandra aja.

    • KW Says:

      Saya tinggal di kota wisata
      alhamdulillah sampe saat ini aman (moga2 sampe kapanpun)
      beli2 material ataupun furniture alhamdulillah aman
      tukang yg nurunin barang sudah dr toko material/furniturenya jadi kita gak bayar lagi
      ya klo mau sedekah buat mereka ya itu beda
      yg jelas tukang nurunin barang tidak pernah meminta sepeserpun alhamdulillah

  158. kancut Says:

    bah !! cirens … marketing nya aja sok bgt…. mentang mentang gw naik taxi parkir dpan kantor marketing… e .. melayaninnya setengah hati.. jawab pertanyaan sambil ngutak ngutik hp sms an …. bah .. laguanlu pada ky orang kaya disana marketingnya !! gw bisa beli gaya elu …saran drpda disitu mending jauh dikit ke legenda ato jadi tetangga gw di mahogany …

    • Cicak Cires Says:

      gw rasa sih gak ada hubungannya ama tongkrongan anda pak kancut. saya malah pake mobil pribadi (gak usah sebut jenis mobilnya) yg sy yakin manajer marketing nya aja belum tentu bisa beli tuh mobil, sama aja pak, sy juga diperlakukan setengah hati seperti itu, cuma waktu itu sy gak masukin ke hati, karena sy udah byk berhubungan ama sales rumah dan rata2x memang begitu, walau ada sebagian kecil yg super ramah juga. mngkin karena gaji pokoknya kecil dan hanya mengandalkan komisi penjualan, dst dst dst. plus mereka tampaknya hanyalah kumpulan wanita picik dan dunianya cuma sebatas blackberry hasil komisi aja yg ada di otak mereka, dan komisi itu sendiri tentunya, sedangkan masalah lain masa bodo mereka. bahkan semisal sales yg melayani anda tidak ada di tempat, maka sales lain yg ada disitu tak bersedia membantu anda dan berkelit memberikan jawaban ngeles yg intinya nyuruh anda berhubungan dgn sales yg sedari awal melayani anda itu. komunikasi dgn sales via sms juga jauh dari memuaskan, jarang mereka balas kecuali anda duluan yg minta dibalas atau telp langsung, padahal kewajiban mereka utk update status ke konsumennya, bukannya nunggu konsumennya nanya duluan. terus terang sy sempat shock mengetahui fakta SDM di cibubur residence.

      makanya sy maklumi sikap sales cibubur residence itu. belakangan sy baru tahu kalo bos mereka, pak Michael, juga sama kurang lebih sifatnya, kesannya mengampangkan semuanya, padahal kita nanyanya udah serius campur worry, tapi yah gitu deh, dimentahkan begitu aja tanpa jawaban memuaskan yg kita harapkan.

      hanya karena alasan lokasi yg dekat dgn pintu tol sajalah yg akhirnya membuat saya mengikhlaskan semua perlakuan tidak memuaskan dari mereka itu dan tetap memutuskan maju terus utk memiliki unit rumah di cibubur residence.

      saat ini ada 2 masalah crucial di cibubur residence, yaitu masalah fixed line telkom dan sertifikat. cibubur residence minta uang 1,25 juta utk pasang telp bawah tanah, padahal tarif resmi telkom adalah 230ribuan. jadi rupanya sistim kabel bawah tanahnya itu dibebankan ke konsumen, padahal mustinya itu adalah fasilitas gratis dari developer, tidak ada klausul yg mengatakan bahwa sistim telp bawah tanah di charge terpisah dari harga rumah. jadi mustinya tetap mengacu ke tarif telkom resmi. hingga kini belum ada win win solution mengenai hal ini, dan akibatnya penghuni cibubur residence hingga detik ini belum punya fixed line telkom yg tentunya vital jika si penghuni butuh fasilitas fax atau speedy internet, karena kalo cuma voice aja bisa di cover oleh handphone. ini menimbulkan prasangka buruk diantara warga bahwa developer sengaja blokir akses telkom ke dalam kompleks agar warga mau tak mau apply telkom via developer dgn harga ajaib itu. malah di blok C warganya sudah sepakat gak akan apply telkom ke developer, dan hal ini menjadi serba salah bagi warga yg katakanlah, gak keberatan bayar sejuta lebih itu, karena kalo sampai ketauan warga lain, bisa bisa di kucilkan dari paguyuban karena dianggap tidak kompak.

      brikutnya masalah sertifikat. ada beberapa tanah yg katanya belum dibebaskan, tapi sudah dipasarkan. bahkan mereka yg sudah lunas pun, hingga kini belum mendapatkan sertifikat. masak harus nunggu satu tahun?? mngkin ada diantara kalian yg punya pengalaman soal sertifikat yg bisa di sharing disini? silahkan

      sy sempat survei ke mahogany, dan minus nya di sana itu pintu gerbang nya menyempit terkesan dipaksakan, trus samping nya jalan kampung dan kerap ditungguin pak ogah, semakin menambah ketidaknyamanan keluar masuk mahogany. mayoritas rumah di mahogany itu atapnya sistim dak yg menyimpan panas matahari dan memaksa penghuninya harus pasang AC 24 jam. penanaman pohon mahogany juga tak banyak menolong, malahan rontokan daun nya mengotori atap dak dan menyumbat saluran air diatas nya jika tidak rajin rajin naik atap dan membersihkannya. trus rumah2x yg byk di jual di mahogany saat ini mayoritas rumah second yg dibiarkan pemiliknya sampai tidak terawat dan terkesan hancur dan wajib renovasi biar layak huni. itu masalahnya di mahogany. malah ada satu rumah yg saking dicuekin pemiliknya, sampai keramik nya mengelupas dari semen dibawahnya.

      • yongki Says:

        maaf bapak tinggal di cires atau orang luar? kalo mengenai sertifikat sy rasa dimana mana sama aja, ada yg udah di bebasin, ada yg belum, ada yg udah dipecah, ada yg belum, jadi bapak gak usah takut kalo soal sertifikat, karena tinggal tunggu waktu saja semuanya nanti diberesin sama developer nya dan ujungnya akan jadi atas nama anda. kbanyakan orang udah parno duluan sama kondisi seperti ini, yah wajar lah pak, namanya pembangunan kan musti bebasin dulu, pecah dulu, dll dll, jadi hal seperti itu bukan masalah, tapi lebih ke kondisi aja. sy bisa mengerti knapa orang pada parno sama yg beginian, karena menyangkut uang besar dan mngkin baru sekali itu transaksi properti dalam seumur hidupnya. tapi bagi yg udah sering transaksi properti, soal sertifikat itu bukan masalah lagi, apakah itu belum dipecah kek, belum di bebasin kek, gak masalah buat yg udah pngalaman. yang penting kan developer udah pegang hak atas lahan itu, jadi nanti anda urusannya sama developer, tidak lagi sama warga asli pemilik lahan itu. jadi hak anda dijamin oleh developer. ok pak? mudah2xan anda tidak parno lagi.

        oya tambahan lagi. sy terus terang bangga jadi warga cires, karena warganya lumayan elite lah, bukan orang smbarangan, pilihan semua, ada yg dokter, pilot, interior designer, dll profesinya semuanya terhormat lah. anda boleh cek mobil2x yg berseliweran di bulevard sini,mulai dari jaguar, innova, x-trail sampai honda jazz, smua lengkap disini, artinya yah menengah keatas lah warga warga disini..

        nah pake logika sederhana aja, mereka semua kan orang pintar pastinya dan bukan org sembarangan, apakah mereka semua salah pilih ambil di Cires?? rasanya gak mungkin kan? pasti mereka sudah ada pertimbangan pikiran masak masak mereka sendiri yg menjagokan Cires sebagai pilihan investasi mereka. jujur, sy ada rasa kebanggaan tersendiri melihat semua fenomena itu di Cires karena sy merupakan bagian dari mainstream itu, dan tidak ketinggalan kereta lah intinya.

        lalu mengenai masalah2x lainnya, yah itu jamak lah, ada di mana aja, gak cuma di Cires aja. masak cuma gara2x masalah kyk gitu trus gak jadi pnya rumah? yah gak seru juga. justru itu tantangan dan seni memiliki rumah. kalo mikirin masalah sepele begituan terus, bisa bisa status kita ngontrak rumah orang seumur hidup terus donk, hehehehehhe

        ok pak? have a nice day

      • kaligis Says:

        @ Kancut : Sayang ya pak , gara2 tersungging jadi tidak tetanggaan kite ye. Saya dulu dari priuk ke cibubur naik motor pak, tapi di layani biasa2 saja oleh marketing2 itu , padahal yang naik BMW , Cheroke , Kijang banyak juga yg datang pada saat itu , tapi tidak beli tuh …pak ??

        @ Cicak Cires : Pak Cicak , saya jadi teringat isu Cicak Vs Buaya nya KPK he he he , Cicak seharusnya jangan menepuk air di dulang dong pak, kalau bpk tidak beli di cirens sih gak papa tapi khan bp jadi beli koq ngomongnya begitu, ca pe de !
        jangan menjelek-jelek khan orang lain atau menghina orang lain , karena bpk juga belum tentu sempurna , insyaf pak , ngucap ngucap ya.Apalagi selama ini orang2 yang di jeleki2in itu secara tidak sengaja telah membantu mu untuk mendapatkan rumah di cires, apalagi rumah itu nanti jadi istana tempat anda dan keluarga melanjutkan hidup, saya yakin tidak akan ada berkah nya pak !!!!
        Marketing = menjual , jgn di hina pak kasihan mreka orang2 bawa yang mrnjadi front liner nya perusahaan, jadi bila ada kekurangan yg tidak berkenan ya silahkan dibicarakan dan di complain dgn jalur yg sebenarnya karena Marketing juga manusia yang akan pergi bila sudah tidak ada lagi yang di jual , jadi kita teramat keleru kalau terlalu berharap lebih pada mereka.
        Selamat ya pak jadi warga cires .

        @ yongki : Makasih pak atas penjelesannya. tetangga gw nih ha ha ha ha

      • kancut Says:

        Iya nih bos cicak cires… saya pikir memang apa yang anda katakan itu ada benarnya….seblum saya ambil di mahogany dan legenda (saya tempati yang di legenda)…. saya sudah survey dan bertemu bermacam tipe sales di daerah cibubur skitarnya, mulai bukit golf, address, KW, LW, sampe permata cibubur sudah saya temui..dan yang gak simpatik memang cuma ada di Cires…

        survey anda tentang mahogany tepat, …. oleh karena itu saya memutuskan untuk mengontrakkannya pindah ke legenda…..pindah aja pak cicak cires ke legenda ma saya hehehe..

  159. Andre Says:

    Salam Kenal semua.
    Apakah ada yang tahu bahwa untuk cluster baru di Citra Grand, (seperti Varden) ternyata Listrik dikelola oleh developer (Citra Grand) dengan cara seperti membeli pulsa prabayar handphone yang biaya standardnya di atas harga PLN? Apakah ada cluster lain yang mengalami hal yang sama ? Mohon informasi dari teman2 di Citra Grand. Terima kasih

  160. Lilis Says:

    Saya ada mau jual rumah di Cibubur Country Type Amarilys Luas Tanah 90m2 dan Luas Bangunan 46m2, Cluster Corn Field North, kondisi masih baru, belum ditempati, sdh ada listrik. Harga Rp. 300 Juta (Nego) apabila ada yang berminat serius dan bukan agen property hub. 087870279794 (tanpa perantara).

  161. refly Says:

    Cibubur!!!cibubur!!! Dijual Rumah type LT.90M2/LB.90M2 (hook),3 kamar tidur, 1 kamar mandi,1 ruang makan, 1 ruang tamu, 1 kios (2,5m2 x 2,5m2),Sekolah SD hanya berjarak 10 m, 400m dari Plasa Cibubur(komp kranggan permai),dijamin tdk banjir,Daerah berkembang.
    Specifikasi:
    beton bertulang, keramik 30×30, Jet pum, listrik 900watt, harga Rp 450 jt (nego)hub:081213070210 (pemilik langsung)

  162. kamelia Says:

    DIJUAL RUMAH di senayan bintaro sektor 9. Blok b9/HE4-03. CLUSTER!!! (2 lantai. BRAND NEW! kamar tidur 2+1, kamar mandi 1+1. Harga 485 jt!) Hubungi : 081387633705

  163. ursa:) Says:

    hi smua…
    ada yg punya info ttg cluster baru newton di legenda wisata, sy berminat membeli rumah disana, apa deket sutet jg…???
    pls info nya…., thx^_^

    • onta Says:

      hukum newton itu salah satunya berisikan rumus mengenai tegangan listrik. hehehehhee bcanda bu, saran sy, sebaiknya survei ke lapangan langsung aja. kalo invest properti, gak boleh hanya mengandalkan info dari internet saja, tapi juga musti liat sendiri di lapangan. demikian pula sebaliknya.

  164. ursa:) Says:

    @onta…pasti donk pak on, tp saya baru bisa ke lokasi minggu depan, …penasaran bgt nih :)

  165. niko Says:

    Wah, wah,… rumah sekarang mahal mahal ya??? waduh.. kapan bisa punya rumah kl gini??

    ada info ga rekan2 c x an, perumahan baru di kawasan cibubur, cilangkap, jati asih, kebagusan, tb simatupang gitu deh..?? pokoke yg sekitaran antara Pasar minggu/pasar rebo depok, yang harganya masih kejangkau ane deh Rp. 100 jt – 150 jt an )..

    makasih..

  166. iwank Says:

    slm kenal nih,,,ad yg punya info & pengalaman plus minusnya nih sm Cibubur villa I ato II,,

  167. INDRA Says:

    DIJUAL: RUMAH BARU DI CITRAGRAND CIBUBUR..CLUSTER THE DENSE LT 90.LB 48…SDH RENOVASI DAPURNYA…..HARGA 315 JT.HUB.KURNIAWAN 0813 8654 0452

  168. dimas Says:

    DIJUAL KAVLING TANAH:
    Kavling tanah di Cluster The Cypress Citragrand Cibubur..
    Lt. 245 (HOOK dan ngantong) hadap Timur..langsung pemilik Butuh uang(0813-50515421)..harga nego

  169. yanuar hilmi Says:

    kalo ada temen2 yang sudah beli rumah di citra grand cibubur atau dimana aja seputar jakarta, dan mau renovasi rumah ato bikin baru bisa hubungi saya di 08156572678…saya punya tenaga tukang2 yang berpengalaman.thanks
    yanuar hilmi,ST
    081 565 726 78

  170. iwank Says:

    @ kancut : bener bos,,tp kan rumah2nya msh msk ke dlm,,,katanya februari 2010 di sebelahnya mau di bangun cibubur villa 3 tuh,,,harganya jauh beda sm yg lain disekitar cibubur,,,kalo dkt kuburan anggap aj itu lapangan golf,,kan TPUnya bagus,,,hehe..

  171. sutimin Says:

    salam kenal dari studio kumeli, buat seluruh warga bekasi
    yang memerlukan jasa pembuatan design apapun baik
    brosur, reklame, cetak digital, animasi 3 Dimensi, 2 Dimensi,
    pembuatan iklan TV, arsitektur dan belajar melukis privat silahkan menghubungi studio kumeli harga dijamin murah
    kunjungi situs kami sanggarlukiskumeli.blogspot.com

  172. pempektekwan Says:

    saya pernah punya pengalaman tidak enak memakai tukang taman yang suka bergerilya menawarkan jasanya dari door to door didalam perumahan di cibubur transyogi.

    suatu hari saya bertemu dengan, katakanlah Pak SYD (ketiga huruf itu adalah komponen nama depannya) yg berlogat Jawa. dari awal sebenarnya perasaan sy sudah tidak enak, orangnya sok akrab, mulut cewe (byk ngomong), dan suka membanggakan dirinya sudah mengerjakan rumahnya si A, si B, yang semuanya punya kedudukan. gaya marketing yg sedikit sombong, tapi sy tidak curiga sama sekali disitu. SYD itu juga pernah direkomendasikan penghuni disitu (gak usah sebut nama kompleksnya, toh SYD ini kerjanya di daerah cibubur, jadi cover hampir semua rumah disana) yg kebetulan sy sudah kenal baik. ciri lainnya adalah, dia akan berusaha dgn segala cara agar deal terjadi hari itu juga. lalu ciri lainnya, tidak ada sopan santun, dia tak segan segan merokok didepan anda. semua tanda2x jaman itu sy abaikan dan akhirnya memakai jasa dia, dan benarlah, semua ketakutan sy jadi kenyataan.

    orangnya susah diatur, bahkan galakan dia daripada sy selaku konsumen dia. bahkan dalam beberapa kesempatan, terkesan dia menelan ludah sendiri. misalnya, dia ngomong A, giliran saya ikuti kemauan dia (lakukan secara A), maka dia akan ngomong B, dst dst dst. bahkan dia tak segan2x mengekspresikan kekesalannya di hadapan sy, alias konsumen adalah raja tidak ada dalam kepala dia. anda akan dibuat sakit kepala olehnya, karena kesalahan dia sendiri, tak tampak dipelupuk matanya, tapi sesuatu yg dia anggap tidak menyenangkan dia, akan diungkit ungkit dengan penuh emosi tanpa tedeng aling aling.

    ciri lainnya, ini pria yang punya mulut seperti cewe. rawan sekali, karena jika sampai terjadi apa apa, maka tipe begini tak akan segan segan cerita cerita ke orang lain. anda sebaiknya berpikir 2 kali jika mendapat penawaran dari tukang yg doyan ngomong seperti ini. hal ini akan terdeteksi oleh anda saat pertama kali bertemu dgn nya. dimana mana tukang yg benar itu, hanya menjawab jika ditanya konsumennya, bukan sebaliknya.

    pesan moralnya, jangan gampang percaya sama orang, walaupun tukang itu direkomendasikan oleh penghuni langsung kompleks bersangkutan sekalipun. perhatikan tanda tanda seperti yg sudah sy jelaskan diatas. jika terdeteksi, sebaiknya hindari saja.

  173. lia Says:

    salam kenal…
    ini review sy setelah kliling2 cibubur…
    sy pernah tuh ke cires ..iya mmg bener marketing nya krg sop,an…
    trus pernah juga ke raffless tp kyknya kurang mampu beli disana hehehe
    trus kota wisata ada jg yg murah2 tapi baunya semakin menyengat,,just info rumah kakak mau dijual disana,cluster ottawa type 59/105m2, ada 2 rumah mau dijual dua2nya..tp mau beli salah satu jg boleeeh buka harga 330jt per rumah…
    legenda wisata…ini lg…dibawah sutet bo…ngeri kejatohan hehehe
    Bukit Golf…hmm tampak luarnya aja bagus tp dalemnya amburaduul jadul n dibawah sutet pulaaa…pada merhatiin ga..pantas aja sy heran ada tanah hook 183m2 dgn bangunan klo g salah 54m2 cuma seharga 290jt…ckkckkckk…
    Citra gran…berkelas sih,bagus,Ciputra gitu loh,tp mahal juga n kyknya tll byk dilewatin orang2 krn ada pintu gerbang belakang,,,
    Address…. cluster nya ga tll byk,simple,msh sepi tp sy yakin 5 th kedepan bagus bgt nih posisinya dgn diapit 2 akses ke cibubur n cimanggis…lalu ada jalan arteri cikeas (mau dibuat)..dan ada jorr2..bs tinggi harganyaa…
    kebetulan sy lg mau proses di The address nihh…sy ambil type 48/144m2….mudah2an lolos KPR aminnn…doain yaaa hehehe

    • Ren Says:

      Wah anda ini hanya melihat bukit golf lama dan tipe RSS, yang masih gaya mediteranian..coba deh lihat yang sekarang lagi dibangun tidak kalah modelnya dgn perumahan lain. Meskipun sebagian masih model lama tapi saya kira sangat artistik dan lapang. Udara bersih dan air sangat lancar. Sutet sangat jauh di luar perumahan…kalau mau model terbaru tinggal renov sedikit aja..jalan ke tol cimanggis sangat lancar ngak perlu empet-empetan di alternatif cibubur. Kalau dibanding The addres kayaknya bukan bandingannya deh habis selain lokasi depan the addres agak kumuh didalamnya juga rapet dan kecil2 …saya sih ogah..uda empet-empetan dijalan masa di perumahan juga empet-empetan.

      • Fitria Says:

        Mas Ren,
        Punya contact (email) Bukit Golf gak? Saya mau minta price list terbaru dari bukit golf, tapi saya belum sempat dalam waktu dekat survey langsung ke lokasi. Mau lihat harga dan modelnya dulu.

        Thanks…

    • Fitria Says:

      Mbak Lia..
      Mudah2an KPR nya lolos yaa..
      Btw, boleh minta contact the address?? Kalo ada emailnya. Sekalian saya mau bandingkan dgn Bukit Golf.

      Thanks.

    • aneh Says:

      hehehe.. nyindir legenda ada sutetnya.. sangkain ambil dimana jadinya .. eh di address .. hehehehe… no comment deh … legenda kok versusnya the address … hehehehe

  174. lia Says:

    oya ada info jg raffles mau buka jalan belakang yg bisa tembus jl.cimatis atau jalan dpn address… legenda wisata juga mau buat jalan tembus arteri cikeas..jd kelak address akan jd jalur penghubung raffless-legenda jg… asssikkk asssiikk….

    • nonaManis Says:

      dear Lia

      mo tanya soal jalan belakang dari raffles itu punya info detailnya ga? soalnya aku nemu rumah di Raffles Blok Q dan aku c udah cucok bgt, cm jalan masuknya itu dr gerbang utama ke blokQ sejauh 2km gt hiks.. jauh bgt..
      tp kata mba2 marketingnya blokQ itu nnt jd di bagian depan kalo jalan tembus itu udah jadi.. bener ga c? apa cm jualan aja c marketingnya ngom gt?
      Mohon info ya semuanya.. tq ^^

  175. Aldy Fernando Damianus Says:

    teman2 gw mw tanya donk….
    kl naek motor tuh mw ke kota china cibubur gmn sih…
    kl dari grogol ambil jalur mana buat ke cibubur,gt….thx

  176. via Says:

    salam kenal…
    ak butuh info tentang kelebihan dan kekurangan perumahan Citragrand Cibubur donk.. (terutama untuk kavling).
    Tks utk info-infonya

    • Sarwoto Says:

      salam kenal bu Via, menurut saya
      Kelebihan Citra Gran adalah…..
      – punya mall sendiri dan letaknya di depan
      – ruko2nya bagus buat investasi (cepet )
      – kontur tanah naik turun
      – dibuka cluster baru yang ada danaunya
      Kelemahannya
      -mahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaal
      -kalo invest buat kapling kurang cepet bu
      Nah, saya sendiri juga jualan rumah2 baru di Citra Gran, cluster baru : Lakewood yg ada danaunya itu, harga paling murah 290,345 jt dapet tanah 54 bangunan 53 itu 2 lantai, bawah ruang tamu & dapur, kamar tidur & kamar mandi di atas, yang paling mahal 1,469215 M dapet tanah 288 bangunan 259 hadap danau

  177. Astra Says:

    Lagi mikir ambil rumah di Citragran, cluster prairie.
    Tapi belakangan tertarik juga dengan Raffles Hill.
    Mohon komentar dari yang faham daerah Cibubur.
    Btw saya berkantor di MM2100 Cibitung Kawasan Industri, tol Jakarta-Cikampek.
    Berapa menit kira-kira dari Citragran atau Raffles?

    Terimakasih banyak informasinya.

    • Sarwoto Says:

      1 jam kalo gak macet, :), pak ada cluster baru di citragran => Lakewood, saya ada speknya

    • Susanto Says:

      Wah. Bisa2 2 – 3 jam.

      • Astra Says:

        wah kenapa bisa lama sekali pak ya?
        Kalau lwt Kranggan bukannya bisa tembus di tol cikunir?
        Dari situ ke arah cikampek kan relatif lancar karena berlawanan arus.
        Atau sampai ke tol-nya yang lama sekali?
        Kalau berangkat jam 6:00 sampai gak 7:30 ya?

      • Astra Says:

        Tadi pagi survey jalan brgkt dari CG 06:15 keluar pintu tol cibitung 07:25. Quite reasonable. :)

  178. DjoSis Says:

    Naik motor dari Grogol ke Kampung China Cibubur :
    Rute sbb : Grogol – Cililitan – Jl. Raya Bogor (Bogor Lama) – setelah fly over Kp. Rambutan kurang lebih 3 Km ada petunjuk Taman Bunga Cibubur – belok kiri , ikutin petunjuk arah Cibubur Junction – Transyogi Cibubur

  179. didi Says:

    Udah survey ke citra gran, lokasi enak,fasilitas oke,kwalitas bangunan jg baik,,, pemandangannya yg langsung bikin jatuh hati mknya langsung boking deh di cluster amarilis mudah2an aja kpr goal…doain ya..amien..

  180. adam H Says:

    Maaf numpang Iklan, Di kontrakkan rumah di Taman Laguna Cibubur (Depan Cibubur Residence, Belakan RS Permata Cibubur), LB : 66M2 LT: 128 M2, Baru Renovasi . Harga 20 jt/tahun, Hub :081510397883/71691790

  181. yoan Says:

    Ada yang punya informasi tentang perumahan Citra Indah ngga? thanks before….

    • Sarwoto Says:

      ada om, nggak salah tuh pengin rumah di Citra Indah :) jauuuuuuuuuuuuuuuuhnyaaaaaaaaaaaaaaaa, kota wisata aja, om, biar jadi tetanggaku

  182. elsy Says:

    legenda wisata lah yauwwww yg paling oke, lebih tenang and homy

  183. bang_jek Says:

    Ya benar saudara elsy, legenda wisata is the best… sangat homey nyaman untuk tinggal….

  184. Eki Says:

    Hai All,

    Saya lagi cari rumah nih…kantor saya didaerah kuningan jakrta, lagi bingung beli di daerah mana ? yang lebih cepat ke kantor,lokasi murah dan bagus,pilihan saya sih daerah cibubur,jagakarsa,cinere,pondok cabe,depok or bsd.

    Tolong advicenya yah thankx

    • bang_jek Says:

      mo untuk pure tempat tinggal ya di daerah cibubur … ya kalo mo tempat tinggal sekalian hiruk pikuk perkantoran pergudangan pabrik dsb ya bsd…. jagakarsa masih okelah, cinere jalan kecil, pondok cabe macet….depok okelah…

  185. Terbaik Says:

    Melihat yang terbaik

  186. Susan Sutanto Says:

    saya lagi cari rumah di KW, inginnya sih yang cluster monaco. Tapi denger2 mau dipotong JORR baru yah?
    Ada yang punya tawaran bagus gak tentang rumah, khusus cluster monaco….? jangan tawarin cluster lain yah.

  187. dina Says:

    Menurut saya yang terbaik di cibubur adalah: Kota Wisata. Saya dan suami sudah survey disana dan akhirnya memilih KW sebagai rumah idaman kami.

  188. Risa Says:

    Numpang jualan ah!
    Dijual tanah di belakang Polsek Cileungsi. Cocok untuk bikin kontrakan, rumah tinggal, investasi dll. Air tanah bening bisa diminum ( tp direbus dulu), maksudnya gak harus pasang PAM. 1 KM dari gerbang Kota Wisata.
    Luas Tanah: 320 M2
    Panjang : 22 M
    Lebar : 14.5 M
    SHM
    Harga : Rp. 600 ribu/m2 total: Rp. 192 juta, nego.

  189. Risa Says:

    Oh iya lupa. hehe.. maaf bukan marketing sih..
    yg berminat hub: Risa 021-91848808.

  190. Abi Rasen Says:

    Saya telah mempelajari brousur, survei tempat, lihat harga, baca komentar diinternet…. sepertinya saya tertarik untuk ambil rumah di Citra Gran dalam waktu dekat. (Cluster baru paling depan luas 116/56 harga KPR 522jt)

    Sebelum saya putuskan, Kalau Bapak/Ibu tahu informasi kelebihan & kekurangannya, sharing dong? dgn harga pembanding tsb, ada alternatif info perumahan lain yg OK jg ga?

    Saya kerja dikawasan Cilandak KKO, sebenarnya ada 2 lokasi yg saya tertarik adalah CIBUBUR & SEKITAR TOL JATIASIH CIKUNIR, ada yg tahu perumahan bagus, strategis & ga terlalu mahal (dgn harga tsb) disekitar Tol Jatiasih. Mohon infonya juga ya..

  191. beureum Says:

    menurut saya sih, kota wisata yang paling baik,,,banyak jalan tembusnya, enak buat ngapel,,,

  192. artikelmotivasi Says:

    Saya kerja di jakarta daerah salemba..kalau tinggal di cibubur….akses transpotnya gimana ya?.maklum belum punya kendaraan…. thank buat yang mau sharing.

    • Susi Says:

      Ada bbrp alternatif dari transyogi:
      1. Bis Metro Mini jurusan Cileungsi – Senen (turun Senen nyambung M-01), tapi bis datengnya luamaaa..
      2. Naek Angkot 56 jurusan Cileungsi – UKI, nyambung Busway yg jurusan Senen/Ancol – ini lewat Salemba.

      Semoga bermanfaat :)

  193. dhe2 Says:

    please sharingnya donk, ada yang tau perum. griya nusantara cibubur? kira2 dari segi transportasi dan developer gmn y???

  194. teany Says:

    saya kerja di cibitung MM2100, rencananya mau cari rumah di cibubur atau lippo cikarang, kalau dicibubur lebih baik tinggal dimananya ya, yang dekat tol, tidak macet dan aman. thanks sebelumnya

  195. Adhitya Says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan KPR dengan margin promo 15 tahun 6,06% 1 tahun sampai 15 tahun 8,52% margin promo ini sampai bulan agustus sapa yang serius mau mengajukan KPR silahkan apply dan hubungin adhitya di contact personnya ( 98585665)

  196. ganter Says:

    kalau tinggal di cibubur tapi kerja di thamrin dari rumah musti berangkat jambrp ya? kalau kantor masuk jam 8.30

    thx

  197. Dina Says:

    Saya dina untuk Saat ini sewa d Florence Kota Wisata, kebetulan berminat beli kavling d Kota Wisata cluster Madrid, kalau Ada yg punya info mengenai cluster Madrid Dan toll jorr yg rencananya Akan d buat dimana pembicaraan sudah Lama bgt tp realisasi Blum Ada sampai Saat ini. Kawatir ada penggusuran. Mohon infonya

  198. Saka Says:

    Citra Indah gimana, rencana mau ambil disana, kantor di Tanah Abang 2, banyak yang bilang kejauhan, tapi di situ harga masih terjangkau.

  199. andijack Says:

    yang minat beli rumah di legenda wisata bisa contact saya 08128271030. Sy punya rumah di cluster marcopolo, thx.

  200. Erwin Says:

    yang mau jual kavling di kota wisata cibubur, bisa email ke blievedno1 [at] yahoo [dot] com yah, pembeli langsung nih, dicari yg udah sertifikat or ppjb <=200m2

  201. yuda Says:

    sekedar mengingatkan kembali seperti program perumahan rakyat yg dicanangkan pemerintah pada era pemerintahan sebelumnya….rumah yg terjangkau & diidam-idamkan oleh rakyat biasa…jangan sampai dilupakan hal tersebut…

  202. Ririn Says:

    Hi semua salam kenal,
    Saya mau beli rumah daerah cibubur, pilihan saya Cibubur Residence atau Citra Grand. Kemungkinana besar akan saya pilih Cibubur Residence, tapi mohon masukkannya mengnai CR apakah developernya reliable? kualitas bangunannya bagaimana? apakah dilalui pipa gas (seperti citragrand atau kota wisata)? apakah tercium bau sampah juga atau tidak? Ditunggu input nya bapak-ibu.

  203. Mr Julius Says:

    * Salam:

    Mendapatkan pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar bagi pelanggan yang memiliki kebutuhan keuangan. Pertanyaan tentang kredit dan jaminan pelanggan sesuatu yang selalu tertarik dalam pinjaman dari industri perbankan yang sah lender.But swasta. perbedaan dalam industri pinjaman.

    . Julius Berger Jasa Keuangan Terbatas menawarkan pinjaman sebesar 2% PLC.we dikreditkan
    oleh para kreditur untuk memberikan pinjaman kepada pelanggan lokal dan internasional. Kami memiliki hak istimewa untuk kebutuhan finansial Anda. Masalah kredit mencegah Anda mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. Layanan kami meliputi: –

    * Pinjaman Investor
    * Hutang Konsolidasi
    * Kedua Mortgage
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Pribadi
    * Internasional Pinjaman

    Kualifikasi Pribadi rincian:

    * Pinjaman jumlah yang diperlukan:
    * Pinjaman Tujuan:
    * Negara:
    * Nama:
    * Durasi:
    * Umur:
    * Telepon: *
    * Kontak e = mail: juliusberger.loanfirm@gmail.com
    * Jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, jaminan 100%. Yang harus Anda lakukan adalah
    mari kita tahu persis apa yang Anda inginkan, tanpa diragukan lagi, impian Anda menjadi kenyataan. . Luci Jasa Keuangan Batas. mengatakan ya ketika bank mengatakan TIDAK. Akhirnya, dana pinjaman untuk usaha kecil, menengah, lembaga keuangan kecil, yang memiliki modal terbatas .*

    *
    Hormat kami, untuk menjawab Anda.

    Sungguh-sungguh

    Pak Julius Berger *

  204. Linda Says:

    Mohon informasi tentang sekolah Katolik selain BHK di Cibubur. Thx

  205. Edward Says:

    apa pembangunan JORR 2 sudah dimulai? Apa kira-kira nanti bakal ada exit di sekitar narogong? karena mau beli rumah di daerah sana. thanks

  206. Black_Viper Says:

    Saka Says:
    Oktober 19, 2011 pada 2:42 am
    Citra Indah gimana, rencana mau ambil disana, kantor di Tanah Abang 2, banyak yang bilang kejauhan, tapi di situ harga masih terjangkau.
    ———————————————————————————————————————————————————
    Saya beli rumah di citra indah cluster ravenia (akad kredit juni 2012), skrng belom ditempatin masih dalam proses pembangunan (pembangunan 1 tahun), saya test jarak dari pramuka/matraman ke citra indah pakai motor 1,5jam maksimal 2 jam (pagi, siang, sore dan malam) jarak tempuhnya 49km, alhamdulillah proses KPR disetujui walaupun dengan penghasilan pas2an, semoga berkah, Amin.
    semoga membantu untuk calon pembeli yang akan ambil rumah sekitaran cibubur-jonggol.

    • yustiardi Says:

      boleh tau rute nya gak?
      soalnya saya mau coba juga naik motor ke citra indah.
      thx

      • Black_Viper Says:

        Rutenya Perapatan Matraman, otista, cawang, PGC, kramat jati, TMII, cipayung, alternatif cibubur, cileungsi, jonggol. Kalau yang lewat kalimalang-kranggan saya belum pernah nyoba, kalo liat di google maps/wikimapia sih lebih deket.

  207. Black_Viper Says:

    Di Citra indah enaknya jalan didepan rumah lebar-lebar

    kelemahannya
    – jauh bagi yang bekerja dijakarta yg masuk kerjanya jam 7.00 atau 7:30
    – Jalan menuju ke citra indahnya kecil ( cileungsi-depan citra indah) cuma bisa papasan 2 bis doang, mau nyalip musti extra hati2.

    Semoga aja ada keajaiban dengan dibangunnya transportasi yang nyaman yg langsung menuju jakarta tanpa ngompreng naek turun angkutan..

    • evfort Says:

      citra indah ada shutlle bus tidak mas??? saya jg rencana mau ambil clust. ravenia, saya kerja di semanggi…kalo boleh tau saat itu ajukan KPR bank apa ya??? thx

  208. Black_Viper Says:

    Tambahan kelemahannya

    – Anda akan terisolir dari keramaian karena jauh dari objek wisata/tempat hiburan
    – jalan dari cileungsi ke depan citra indah banyak truk tanah tapi tidak separah jalan raya narogong (baru sekali lewat jalan raya narogong tobat dah gw, badan langsung dekil semua) banyak gajah lewat.
    – Lokasinya ada diujung dunia ……

  209. Black_Viper Says:

    Kenapa saya nekat ambil perumahan di citra indah?

    – Simple aja sih, Masalah duit.
    – Sudah survey untuk area depok, bekasi barat, cibubur dan sekitarnya harga cicilan perbulannya diatas 1,7jt (luas tanah 60-70) dengan DP+biaya surat-surat mencapai 50-60jt (disini saya tidak sanggup). hhehehe

    tapi meskipun jauh terbayar lah dengan letak antar rumah dalam cluster tidak empet-empetan bgt, jalannya lebar walaupun untuk cluster baru belum ditanamin pohon

  210. KW Says:

    Saran buat yg mau beli (cash/kpr) rumah, yg perlu diperhatikan :
    1. Legalitas/sertifikat, AJB dlll
    2. Legalitas/sertifikat, AJB dlll
    3. Legalitas/sertifikat, AJB dlll
    … dst
    10. Lokasi, harga, fasum/fasos dll

    karena tanpa sertifikat/surat2 yg jelas maka rumah anda gak ada harganya!!!!
    hati2 jangan tergiur nilai property yg naik gila2an jadi terburu2 beli rumah

    • Tilieto Says:

      Salam kenal smuanya,
      Saya baru beli rumah di bukit golf cluster golf boulevard terrace.. Pertimbangan sy ngambil disini karna akses ke tol cimanggisnya deket bgt.. Dan thn 2014 infonya tol ke arah cimanggis-bogor udah selesai.. Soalnya sy kerja d bogor.. Sekarang rumahnya masih dlm proses pembangunan, awal 2014 kemungkinan selesai… Mohon info kekurangan dan kelebihan di bukit golf cluster boulevard terrace nya.. Trus sungai yg dkt pintu masuknya kira2 meluap/banjir ga yaa kalo musim hujan? Makasiii..

  211. Jhoni Says:

    sekarang Grand wisata harga tanah per meter sampe 5jt/m…perum disekitarnya dah 2-3jt/m…ohya dalam waktu dekat akan dibangun supermarket TIPTOP (seperti di rawamangun ) di depan perumahan Dukuh Bima Kota Legenda Tambun…persis di seberang pintu masuk Dukuh Bima…harga rumah di dukuh bima sudah hampir sama dengan legenda wisata…bahkan lebih cepat lakunya…karena daerah disekitar dukuh bima lag berkembang…kenaikan harga rumah antara 100 – 200jt/tahun…kebutuhan akan rumah disekitar wilayah tersebut meningkat..bukan sekedar tuk investasi,tapi untuk di huni…karena lingkungannya sangat nyaman dan adem…boleh dibuktikan kalo tidak percaya…

  212. putri Says:

    saya kerja di tambun, kalau akses ke raffless hills naik angkot apa saja ya rutenya?
    terima kasih.

  213. business plan Says:

    Howdy! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to take a look.
    I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will
    be tweeting this to my followers! Exceptional blog and brilliant style and design.

  214. Donny Marthen Sitompul Says:

    Saya menawarkan rumah di cluster Garden Terrace, Grand Wisata, LT/LB:162m2/150m2, 3KT/2KM, sudah renovasi, kitchen set modena, carport, taman depan, conbloc halaman belakang, sudah teralis,
    http://www.kaskus.co.id/post/516d10bf0975b4eb1e000001

  215. yogi Says:

    Menyesal beli rumah di cibubur maceeet.. ( terlalu banyak jalan putaran), tata ruang kota yang semrawut.. ( terminal liar di depan plaza cibubur, PKL otak udang nggak tahu aturan berjualan di trotoar plaza cibubur ), infrastruktur jalan rusak di belakang kota wisata desa nagrak – ciangsana tembusan bekasi dan jati asih, aroma busuuk sampah bantar gebang tiap pagi jam 6 dan malam jam 8, biaya hidup mahal di kota wisata, bayar iuran inilah iuran itulah, kualitas rumah & design kurang bagus lihat aja cluster west covina, karpot & kanopi harus beli / buat sendiri kalo nggak ntar hujan pintu samping dan dapur belakang basah ( stupid design by sinar mas land ), dinding retak-retak cuman bisa di perbaiki cukup sampai 3 kali aja garansinya kalo retak / bocor lagi manajemen kota wisata udah nggak mau lagi perbaiki, risplang bocor / lapuk di suruh perbaiki sendiri, lantai kamar mandi datar jadi kalo udah mandi air tergenang di permukaan lantai, kitchen sink murahan jelek, lebih baik kalo ada uang investasi beli tanah dan bangun rumah untuk hari tua sebaiknya di pulau kalimantan karena : bebas macet, bebas banjir, penduduknya sedikit, udaranya segar karena masih suasana alami hutannya, jarang terjadi kerusuhan, jarang ada pengemis dan gelandangan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 117 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: