Tips mengecat rumah

Sebenarnya bukan tips, karena baru sekali ini mengecat rumah, tapi kira-kira biaya yang diperlukan adalah:

1 kaleng cat tembok 5kg, bisa digunakan untuk mengecat ruangan 3×3 m2, jadi kira-kira 36m2 (4 sisinya saja), alias satu 1kg cat bisa untuk maksimal 7m2. Kalau teori dari si pembuat cat di brosurnya 1kg memang bisa untuk 7-10m2. Tapi praktek ini susah karena tembok harus dicat 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk luar ruangan sebaiknya menggunakan cat yang memang dirancang untuk luar ruangan seperti Dulux weathershield, Jotun jotashield, Catlyac coatshield. Harga memang lebih mahal.

Harga Cat:
Harga cat, entah kenapa rata-rata hampir disemua toko sama, baik di Mitra 10 ataupun di toko2 pinggir jalan. Contoh Catylac, rata-rata dibandrol 57ribu/5kg untuk warna standar dan 60ribu untuk warna tidak standar

Lebih detail, kalau malas menghitung, bisa kontak arsitek firm, macem studio air putih yang mengkhususkan main di rancang bangun rumah.

36 Tanggapan to “Tips mengecat rumah”

  1. papabonbon Says:

    lebih murah lagi, belinya ama teman yg kerja di mitra 10/depo bangunan. paving dan lain lain beli di teman yg kerja di produsen :p

    tapi ini beruntung bangetlah .. :)

  2. WoKay Says:

    Hebat neh Pak Anjar… :)

  3. Akunih Says:

    Saran saya, kalo cat eksterior bagusnya jangan pake prime/dempul..soalnya bakalan ngeletek meski cat yg dipake udah kelas weathershield…

    Satu lagi, harga cat dengan bahan dasar mengandung pigmen warna kuning umumnya lebih mahal drpd pigmen warna yang lain. Gak tau kenapa..:D

  4. Teky Widjaja Says:

    coba pake merk spectrum, selama ini di proyek2 saya selalu menggunakan spectrum, kualitas bagus untuk interior atau exterior tapi harga cukup bagus.

    • DENDI Says:

      Mas ak minta informasi mengenai cat tembok merk SPECTRUM kebetulan aku ada pekerjaan yang mengharuskan menggunakan cat tembok merk tersebut, sedangkan sampai saat ini di area TEGAL, PEKALONGAN aku belum dapet info penjual cat merk itu. Mohon dibantu info merk tersebut ( produsen/distributor/penjual/yang menyediakan/harga, dll)

      • chandra Says:

        Kalau butuh cat spectrum hubungi saya mas, saya marketing spectrum cabang semarang……..

      • cater Says:

        klo bapak pengen tau tentang cat spektrum dan lain22nya,bapak bisa liat d blog saya di http://www.griyacom.blogspot.com,tinggalkan komentar bapak di sana,dan akan saya beri tau semuanya…begini ya pak,cat spectrum msh satu pabrik dgn kemtone,cat ini memang lebih baik dari dulux dan jotun,,memang nencari cat ini susah,lantaran kalah persaingan dgn dulux,and jotun,trim’s.

  5. arief trianto Says:

    kalo vinilex gimana untuk interior ?
    bagus ngga ?

  6. hasilkebun Says:

    Kalau mo ngecat pake Hasil kebun yo…
    Cat Tembok 23rb/m2 (Vinilex & Sekelasnya)
    Cat Melamik 42rb/m1, 84rb/m2

  7. infogue Says:

    artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:

    http://www.infogue.com/

    http://rumah-taman.infogue.com/tips_mengecat_rumah

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  8. Mega Says:

    Saya ini rencana mau cat rumah yang ukuran ruangan tdk besar ya ruangan type 21 karena rumah saya ini ada 2 berdampingan, yang satu rumah besar dan yang saya pakai rumah kecilnya, mohon advice warna ruangan lebih baik warna apa ya dan saya maunya beda dengan warna dapurnya karena saya mau kichen set.
    Berapa banyak cat yang dibutuhkan.
    Kalau ruang kamar besar2 ada 2 kamar.
    Terima kasih ya…mohon segera advice nya karena mau dikerjakan segera.
    Mega

  9. cemplox Says:

    klo saya biasa ngecat rumah memakai cat NIPON paint. hasilnya sangat baik .klo untuk luar ruangan makai cat
    DULUX untuk luar ruangan tapi plamir jangan memakai kalsium, hanya semen putih dan lem rajawali saja membuat cat tahan lama.dan sebelum pengecatan sesudah diamplas lap dengan kain basah agar debu yang menempel didinding hilang dan cat tidak mudah mengelupas.dan syukur sampai sekarang saya bayak job ngecat.rmh saya BLITAR ,nglegok.jln PRAMUKA

  10. iry Says:

    terima kasih bapak info nya

  11. faizal Says:

    kebanyakan orang ngecat karena tergantung biaya yg dikeluarkan. tapi apapun yang terjadi DULUX merupakan yang terbaik dan rajanya cat tembok. klu lapisan kayu rajanya PROPAN. pada DULUX disamping fungsi yg bermacam2, catnya cepat nutupnya dalam pekerjaan, sehingga bisa menghemat upah tenaga. daya tahan cat dan warna sangat baik. karena udah saya buktikan dan tidak ada komplain atas pengecatan dulux.
    terima kasih.

    salam.

  12. lindananty Says:

    saya baru mengecat rumah dengan dulux pentalite interior, ternyata suami salah pilih warna yang tua. karena tidak cocok saya ingin mengecat ulang degna warna yang lebih mudah. apa bisa langsung ditindas pengecatannya atau cat yang tua harus dikelupas dulu. terima kasih infonya

    • lindananty Says:

      saya baru mengecat rumah dengan dulux pentalite interior, ternyata suami salah pilih warna yang tua. karena tidak cocok saya ingin mengecat ulang degna warna yang lebih muda. apa bisa langsung ditindas pengecatannya atau cat yang tua harus dikelupas dulu. terima kasih infonya

  13. buce Says:

    saya baru mengecat rumah, kondisi retak rambut sebelumnya saya keletek dulu cat lama, kemudian saya hamplas trus kasih alcosmooth dari mowilek, trus di cat dasar jotunshield trus di cat finish jotun majestic, hasilnya muantab tes deh

  14. suharto Says:

    saya mau mengecat rumah baru menurut impormasi teman palamir yang digunakan jotashield primer 09 bagaimana apakah sudah tepat? …. dan apakah retak rambut didinding bisa tertutup

  15. IYUS WEBEE Says:

    sy klrg baru yg jg br pnya rmh :), tp nih rmh second. ingin cat rumah sndri tp gak ada pnglman n persiapan alat2 u ngecat. mohon infonya apa aja yg hrs d siapkan dan cara ngecat dr basic. tq

  16. rian Says:

    Pengalaman saya cat sendiri Puas hasilnya
    Kalau mau ngecet langkah 2:
    1. Amplas bagian dinding dengan amplas paling kasar
    2. Anplas dengan amplas lebih halus
    3.Tutupi lobang/ retak 2 dengan adukan cat dasar putih dan
    lem fok (Jangan pakai Air Tambahan)
    4.Gunakan kafe yang terbuat dari plastik
    5. suadah kering amplas dengan amplas yang halus yaitu
    amplas 1000. Ulangi sampai rata 2 atau 3 kali. sudah
    Rata dan kering . baru cat dengan perbandingan yang
    di sarankan
    Perhatian: Pakai lah cat yang ber merek jangan oplosan
    Harga tak bisa di Bohongi.

    Tks selamat mencoba

  17. meninggikan badan Says:

    saya barusan beli rumah, cuman warna catnya kurang bagus dan catnya terlihat udah pudar. klo boleh tau, cat apa yg kwalitasnya bagus, dan tahan lembab, soalnya didekat rumah baru saya, masih banyak sawah. mohon bantuannya, sesudahnya saya ucapkan trima kasih banyak.

  18. alat bantu sexualitas Says:

    maaf ganggu, saya mau nanya, rencana minggu depan saya mau ngecat rumah. untuk warna cat yg bagus dan mudah dibersihkan dari noda/debu buat interior rumah, itu warna apa ya? soalnya saya punya anak kecil yg suka nempelin tangan ditembok klo habis bermain, jadi tembok keliatan kotor.

    terima kasih

  19. Adhitya Says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan KPR dengan margin promo 15 tahun 6,06% 1 tahun sampai 15 tahun 8,52% margin promo ini sampai bulan agustus sapa yang serius mau mengajukan KPR silahkan apply dan hubungin adhitya di contact personnya ( 98585665)

  20. yandie Says:

    sy pernah mengecat rumah saya dengan cat catylac warna ungu pink sedangkan warna asli rumah adalah kuning gading( saya tidak tau merknya) tapi hasilnya sangat mengecewakan…minggu-minggu pertama tidak ada masalah tapi lama kelamaan warna nya jd belang-belang dan pada permukaan tembok mulai muncul serbuk seperti bedak! pada saat mengecat saya tidak memplamir terlebih dahulu tapi tukang saya langsung mengecatnya….mohon bantuan apa yg hrs sy lakukan bila sy hendak mengecat rumah lagi….thankssss!

  21. yandie Says:

    sy pernah mengecat rumah saya dengan cat catylac warna ungu pink sedangkan warna asli rumah adalah kuning gading( saya tidak tau merknya) tapi hasilnya sangat mengecewakan…minggu-minggu pertama tidak ada masalah tapi lama kelamaan warna nya jd belang-belang dan pada permukaan tembok mulai muncul serbuk seperti bedak! pada saat mengecat saya tidak memplamir terlebih dahulu tapi tukang saya langsung mengecatnya….mohon bantuan apa yg hrs sy lakukan bila sy hendak mengecat rumah lagi….thanks!

    • septian Says:

      biasanya jika kasus pengecatan tembok dan hasilnya chalking / muncul serbuk2,,itu menandakan kualitas cat yang dipakai adalah kualitas rendah

  22. Faiz Says:

    untuk kelas ekonoomis, jelas susah kalo mw pake cat dulux. 435 rb/pail bo,……

  23. susanto Says:

    saya pake cat exterior dulux weathershield warna water fall. dg dasaran dulux
    wall sealer,pengencer tiner, setelah d aplikasikan . dalam tempo 2 sampe 1 bulan , kok warna menjadi
    pudar apalagi bila cuaca hujan, lebih mempercepat pudar nya,
    apa yg salah dr sini nya ?
    apakah krn warna water fall nya yg mudah luntur? sy timpa ulang yg luntur tapi ga bertahan lama, luntur jg, skr sy coba dr awal kembali.
    dg sealer ulang dan cat warna water fall ulang, tp kok luntur jg.
    mohon solisinya.
    q daerah batam sagulung

  24. boy Says:

    bagi2 pengalaman ngecat rumah baru:
    lokasi jogja: sebelum ngecat nanya2 ke toko cat, ternyata problem cat terjadi karena kondisi tembok yang belum siap. si toko cat ternyata ada layanan cek kondisi tembok (bayar 10 rb).. ternyata untuk mendapat pengecatan yg bagus kata yg ngecek:
    1.acian minimal sudah 28 hari
    2. kelembapan maksimal 17 %,
    3. ph 7
    4. kandungan alkali nya gimana gitu????
    5. dll
    setelah di cek ternyata siap untuk di cat.. di ingetin sama yg ngecek jangan pernah pake plamir, tp pake cat dasar (alkali sealer)
    giliran nyari cat..bingung mau pake merk apa…kelas atas jotun, dulux, mowilex, premio..kelas menengah catylax, vinilex, evitex, cendana..
    daripada salah milih nanya nanya temen yang rumahnya pernah di cat pake merk di atas…abis itu liat hasilnya..memang jauh antara kelas atas sama menengah.. karna lagi ada diskon di BJ nyoba pake premio dulu di kamar (percobaan)..hasilnya memuaskan juga..sekarang mau nyoba pake dulux pentalite untuk kamar yang laen (mau mbandingin face to face dngn premio)..intinya siapkan dulu tembok sebelum di cat, mendingan nunnggu siap daripada kecewa, pake cat dasar jgn plamir, harga cat memang.sesuai dngn kualitas.

  25. Ade pipit Says:

    Kamar sy temboknya lembab..sudah berbagai merk cat sy coba tp tetap saja msh lembab.gmn caranya agar tdk lembab lagi?merk cat apa yg sesuai dgn kondisi tembok saya yg lembab?sy ingin mencoba merk dulux tp bingung karena jenisnya banyak?mksh

    • pakdhe Says:

      dikerok dulu cat laanya, baru diaplikasikan cat dasar/primer buat nutup pori2 tembok… baru selanjutnya silahkan pengecatan sesuai selera warna anda

  26. pulsa Says:

    wah cat-cat sekarang udah lumayan mahal. Apalagi sekelas dulux weatheshield. Kalo untuk mengecat bidang yang kecil gak masalah seh…

  27. amansyah manurung Says:

    kalo untuk warnet,warna apa yang tepat ya….


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 120 pengikut lainnya.

