Kapan KPR BCA lebih baik dari KPR yang lain?

Jadi ceritanya begini, Kemarin Mba Icho -salah satu pembaca (setia) blog ini- SMS saya perihal proses approval KPR untuk rumah secondnya di kawasan Bintaro. Problemnya, rumah second miliknya ini diapprais terlalu rendah oleh salah satu Bank -kalau tidak salah Niaga- akhirnya Mba ini mencoba mengapprais di bank lain dan ternyata dari hasil appraisalnya paling bagus dan menguntungkan adalah bank BCA.  – So Mba Icho selamat ya untuk proses KPRnya.

Kasus Mba Icho ini mengingatkan kembali kepada saya bahwa pun diatas kertas Bank X lebih buruk dari Bank Y misalkan, tapi bisa jadi dalam beberapa kesempatan dan beberapa appraisal bank buruk bisa jadi memberikan keuntungan yang lebih besar daripada bank lain. (Survey dan tulisan singkat saya seringkali tidak merekomendasikan KPR via BCA)

Untuk rumah second khususnya, mungkin ada pengalaman lain yang sukses dengan KPR BCA?

Fix & Cap KPR BCA bagaimana ya?
Review program KPR BCA 9.9% fixed 50 bulan
Strategi menswap pembiayaan rumah tumbuh (via KPR BCA)

About these ads
Ditulis dalam KPR BCA. 26 Comments »

26 Tanggapan to “Kapan KPR BCA lebih baik dari KPR yang lain?”

  1. minies Says:

    Salam kenal nih mas,
    kebetulan aku sedang bingung tentang proses kpr.., menurut mas apa yang menjadi dasar utama persetujuan kpr oleh bank? Apakah analisa kemampuan dari calon debitur or dari hasil apraisal rumah (untuk transaksi rumah 2nd). Di asumsikan harga jual rumah sudah jadi dan disepakati antara pihak pembeli dan penjual. Thanks sebelumnya..;)

  2. Lina Says:

    Kebetulan saya punya pengalaman tidak mengenakkan dg BCA krn setelah diappraisal tidak dikasih tau hasil appraisalnya spt apa malah KPR ditolak dg alasan blm karyawan tetap. Sementara saya ajuin KPR ke Bank Panin dan Bank Panin memberitahukan kpd saya hasil appraisal dan kemungkinan rumah tsb akan terkena pelebaran jalan setelah dicek ke tata KOTA. Bank BCA tidak jujur kpd nasabahnya pdhl saya nasabah tahapan sudah lebih dari 10 tahun.

    • gophar Says:

      barusan aplikasi KPR saya di tolak oleh BCA, padahal saya nasabah lebih dari 8 tahun dan punya kartu kredit BCA, ga pernah nunggak, ini saya mengajukan di bank permata juga, moga2 di aprove

  3. Caca Says:

    Pengalaman saya dgn kpr BCA kok malah agak bagusan ya. Saya masukkan aplikasi dgn dokumen lengkap 31-08-07 trus selang 2 minggu 14-09-07 KPR saya sudah dapat persetujuan. Cicilan 1/ 3 gaji bruto nilai appraisal rumah +(plus) 6.1% diatas NJOP.

    Yang agak mengecewakan adalah kpr Mandiri. Saya masukin aplikasi dgn dokumen lengkap 29-08-07, sampai sekarang (17-09-07) belum dpt jawaban, cuman tlp dari marketingnya yang bilang nilai appraisalnya – (minus) 3.5% dari harga NJOP. Padahal janjinya max 14 hari lho.

    Saat ini saya masih mau membandingkan dgn Bumiputera, aplikasi saya masukin 11-09-07, janjinya sih 7 hari dapet jawaban…..

  4. Icho Says:

    Wah, dah lama nggak singgah di blognya anjar (sibuk ke notaris dan akad kredit :)) , ternyata malah jadi bahan tulisan.. thanks deh Njar..
    Btw pengalaman Mbak Lina pernah saya alami waktu saya ajuin kpr di Bank permata, mrk gak ada berita kapan datang berkunjung untuk cek rumah koq tiba2 saya dpt info rumah yg mau dibeli harganya sekian ( diabwah standar bgt).
    Kalo BNI lain lagi, mrk info dan sempet telpon2-an pd saat appraisal mau cek rumah, dan mrk kasih hasil appraisalnya beserta foto rumahnya via fax, sayangnya hasil appraisalnya masih dibawah standard juga.
    Akhirnya saya pindah ngajuin ke bca, di appraise dng cepat, appraisalnya juga ketemu langsung sama aku ( sesuai saran Anjar), trus besoknya langsung di approve KPRnya sama BCA.
    Minggu lalu salah satu temen saya juga ngajuin ke BCA dan juga di approve.

    Hmm.. kalo soal karyawan kontrak.. coba deh bicara dari hati kehati dengan HRD companynya. siapa tahu bisa bantu.

  5. Caca Says:

    Janji 7 hari bumiputera ternyata lewat, ini udah 15 hari (11 hari kerja) approval belum turun dan appraisalnya -(minus) 14% dari NJOP bunga 13% lagi.

    Jadi kesimpulannya.
    1. Pelayanan lini depan terbaik : Mandiri – Marketingnya Ciamik
    2. Pelayanan bank tercepat : BCA – 2 mgg acc resmi muncul
    3. Appraisal harga wajar : BCA sesuai dgn harga pasarlah.
    4. Kalau yg paling keteteran dlm semua hal : Bumiputera

    Tapi dari semua – ini pengalaman yang asyik…..makasi syaringnya, blog ini bikin saya berani ambil KPR —kalau gak ada, pasti nabung sampai tua. Thank Rekan-Rekan

  6. Natali Ardianto Says:

    Hello, cuma numpang sharing.
    Saat ini saya nyicil di Niaga Syariah. Keuntungannya sih ndak perlu khawatir fluktuasi bunga, karena FLAT selama 10 tahun.
    Trus, tentang appraisal. NJOP rumah saya 70 juta. Rumah saya beli seharga 190 juta, tapi appraisalnya 375 juta. Aneh khan? :)

  7. Tati Says:

    mau comment..
    informasi tentang KPR oke banget nih..
    kebetulan saya sudah di approve BNI..tapi taksasi harga rumah yang diberikan sangat2 mengecewakan jauh dari harga pasar jadi tidak mengcover keinginan saya. ternyata memang begitu ya?? lain pengalaman teman saya.. awal mengajukan di BCA.. diapprove dan taksasi harga rumah oke. mencoba ke BNI dengan melampirkan persetujuan di BCA di approve sama dengan BCA. Mungkin harus begitu kali ya biar jadi pertimbangan juga untuk appraisal-nya??
    kemungkinan saya akan mengajukan juga ke BCA.

  8. triyani Says:

    ikut sharing jg.. kebetulan sedang proses KPR..

    1. Bank Niaga
    Karena saya sudah menjadi nasabah bank Niaga sejak 2004 (dan pernah utk KPR jg), rencana awal saya hanya akan apply ke Niaga. Asumsi saya karena berbagai macam data saya (terutama data keuangan selama 4 thn terakhir) sudah ada di bank niaga, maka proses akan lebih mudah. Dan.. ternyata BENAR. Bank tidak banyak melakukan confirmasi atas data saya, krn hampir semua hal bisa langsung di cross check dg database yang sudah ada di bank Niaga. Mereka hanya sekali telpon ke saya untuk confirmasi persetujuan. Prosesnya kira2 hanya 1 Minggu. Aplikasi saya disetujui sesuai plafon dan jangka waktu yang saya minta. Bunga yang mereka tawarkan 9,99% fixed 1 th pertama.

    2. Bank BNI
    Saya blm pernah menjadi nasabah BNI, sehingga tidak masuk daftar target saya, namun Ini karena Developer sedang kerjasama dg BNI.. sehingga oleh marketing, data2 saya dicopi-kan jg ke BNI. Pertama marketing telp saya konfirmasi bahwa data saya sudah lengkap, hanya perlu mengisi form aplikasi berikut pasphoto. iseng2 saya isi formulir aplikasi berikut pasphoto sesuai yg diminta. Utk case ini, malah saya yang banyak telp ke marketingnya utk minta penjelasan tentang produk mereka, karena saya belum punya informasi apapun tentang BNI Griya. Marketing banyak memberikan penjelasan. Mungkin karena awalnya saya terkesan ‘tidak serius’ dengan aplikasi tsb (mean : hanya sebagai pembanding/ alternatif), maka marketing lebih agresif menjelaskan produk mereka dan memberikan beberapa ‘previlage’. – ini kesan yang saya tangkap-
    Kira2 dua minggu setelah data masuk, BNI mengkonfirmasikan bhw aplikasi saya diterima. Pada saat komunikasi pertama, bunga yg mereka tawarkan 9,5%. Tapi setelah beberapa kali saya telp dan menanyakan produk mereka, offering bunga turun menjadi 8,8%. Dan terakhir saat mereka memberitahukan tentang persetujuan aplikasi saya, bunga yang diberikan 8,5% fixed 1 tahun.

    kata kolega di kantor, pihak BNI sempat menelepon utk menanyakan status saya permanent/kontrak, ini karena status employment saya sedikit beda dg yang lain.

    3. BCA
    Saya menjadi nasabah BCA sejak beberapa tahun yl (lebih dari 7 tahun mungkin), tapi hanya tabungan. Itupun hanya untuk transaksi (byr tagihan dll) karena memanfaatkan fasilitas ATM :) Sama dg case BNI, saya juga tidak mengisi form aplikasi, hanya saja marketing developer memberikan copi data saya ke marketing KPR BCA dan di proses lebih lanjut. Pihak BCA -analys- beberapa kali telp saya untuk konfirmasi berbagai data… daftar pertanyaannya paling panjang dibanding kedua bank diatas. Tadi siang (kurang lebih 3 minggu setelah aplikasi) Marketing BCA mengabari saya bahwa aplikasi saya disetujui, hanya saja tidak sesuai dg yang saya minta. Opsinya : 1) Jangka waktu tetap seperti yg saya minta, tetapi plafon berkurang 10%; atau 2) disetujui sesuai Plafon, tetapi jangka waktu pinjaman nambah 2 tahun. Katanya BCA saat ini sedang ada program fix & cap (mudah2an ga salah nulis), utk nasabah yang memenuhi kriteria (sudah menjadi nasabah BCA >5th) bunga yang ditawarkan lebih rendah dan fixed selama 3 atau 5 tahun. Bunga yang mereka tawarkan saat ini 9,5%.

    Karena offering BCA ‘tidak sesuai’ dg aplikasi saya, jadi lebih mudah untuk tidak memilih.

    Dengan data yang sama, berdasarkan analisa tertentu, bank bisa mempunyai penilaian yang berbeda, apalagi dengan beda kondisi yah :)

    Untuk case saya, aplikasi tsb utk rumah baru dan saya ‘hanya’ apply kurang lebih 75% dari harga rumah tsb.

  9. Donny Uyung P Says:

    wah ketemu ibu triyani disini…ga nyangka melebarkan sayap juga nih jadi konsultan perumahan..hehehe

    mo sharing dikit ah,
    Saya saat ini sedang proses KPR utk 2 Bank:
    1. Bank BNI
    Kebetulan Developernya sdh ada MOU dg BNI, jadi pihak developer menjanjikan proses yg lebih smooth deh..
    setelah saya lengkapi semua data ternyata ada satu syarat yang mengganjal saya..Pengalaman kerja harus 2 Tahun..hikss…Padahal saya sudah melampirkan surat referensi kerja dari perusahaan yang lama dan baru..
    Marketingnya sih ok laah kooperatif banget..cuma ya itu tadi…soal bunga sih betul tuh 8,8 % lagi promo imlek katanya..

    2. bank mandiri
    Kebetulan di developer saya belum kerjasama dg Bank mandiri..berhubung referensi saya akhirnya mereka kerjasama juga…jadi buka jalan deh buat calon pembeli lainnya..hehe
    Nah buat bank mandiri..salut pelayanannya..marketingnya proaktif..dan so far sih, tinggal buku rekening bank yang mesti jelas aliran transfer incomenya ( kemarin ngeprint buku tabungan tidak di bank tempat buka, jadi tertulis GTU, which is utk bukanya perlu permohonan khusus butuh waktu seminggu) selebihnya sih standar aja…
    Oya info yg terakhir bunganya 9,9% fixed 3 th, and 7,7% fixed 1 th mulai 1 feb sampai waktu yg ditentukan..

    saat ini jg sudah buka account di bank permata dan niaga..

    Mohon sarannya utk KPR lain, untuk perbandingan..

    salam
    -donny-

    admin: Perbandingan semua KPR secara lebih detail dipindahkan ke posting Bank KPR terbaik

  10. Nur Says:

    mas, klau kita makin kenal/akrab dgn bank nya , apa makin baik jikaita ambil kpr d bank tsb? keluarga sy dekat dgn bri, dan skrg apa sy sebaiknya ambil d bri?
    trimss.

  11. wisma adnyana Says:

    Tolong bantu dong aku lagi cari bank untuk KPR , namun
    jika sudah bayar uang muka pihak BANK tidak menyetujui KPR kita apakah Tanda Jadi atau uang muka akan dikembalikan atau HILANG, bantu dong trims
    Wisma Adnyana, Bali

  12. Nana Says:

    @wisma adnyana
    Kalau menurut saya jika kita mau ambil KPR, mestinya harus dilihat kemungkinan disetujui bank tsb atau tidak. Di web beberapa bank kan ada kalkulator kpr, mungkin bisa dicoba disana dengan asumsi cicilan adalah 1/3 penghasilan kita (bisa gabungan suami istri).
    Saya pernah mengambil KPR 2x :
    1. Bank Mandiri
    Saya beli langsung dari developer yg sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri, 3 hari setelah berkas saya serahkan marketing developer, di telp dari mandiri untuk ketemu di balai kartini karena mandiri baru pameran disana. Ngisi aplikasi disitu, saya mengajukan pinjaman 166jt dalam 10 th, dgn bunga saat itu 15,75% fix 1th. Dari perhitungan mandiri, penghasilan saya tidak memadai untuk 10th, bisa mereka setujui untuk 13th, tapi saya bilang saya maunya 10th, kalau tidak bisa disetujui 166jt, dikurangi saja, yg penting saya maunya 10th. Seminggu kemudian dihubungi mandiri, KPR disetujui 166jt untuk 10th, meski berarti cicilan saya lebih besar dari 1/3 gaji.

    2. 2 tahun setelah ambil di mandiri, saya tertarik beli rumah lagi, cuma kali ini bukan dari developer, tapi dari orang langsung. rumah bener2 masih baru, belum pernah dpakai, listrik+air saja belum di aktifkan, pemilik lama tinggal di solo. Kali ini saya ajukan kpr ke bukopin, sebesar 225jt untuk 10 th. dari pengajuan berkas saat pameran di senayan sampai disetujui selama 2 minggu, disetujui full 225jt untuk 10th dgn bunga 9,5% fix 2th.

    kalau kita beli dari dev, seperti kpr pertama saya, jika batas waktu 1 bulan pengurusan kpr lewat, kita akan di denda oleh dev sekian % per hari keterlambatan, saya lupa besarnya.

    Jadi dalam pengurusan KPR saya selama ini alhamdulillah lancar. Tapi uang muka yg saya sediakan untuk kedua kpr tersebut memang cukup besar, sekitar 60-70% dari nilai propertinya.

  13. ika Says:

    saat ini saya dan suami mau ngajuin KPR untuk pembelian rumah second. Saya mau tanya bunga KPR saat ini yang rendah di bank apa ya? selain itu juga yang prosesnya cepat dan tidak ribet.

  14. ulfah Says:

    Mohon informasi mengenai kredit rumah Pine Forest Sentul City melalui BCA

  15. Fasha Says:

    Salam kenal,
    Saya baru mengajukan KPR Griya BNI untuk Pembelian Rumah baru perorangan (bukan developer) dan telah di cek oleh apprasier independent serta pihak BNI telah mengecek ke Kantor, yang ingin saya tanyakan apakah 100% pengajuan KPR saya disetujui dan brp lama prosesnya soalnya sudah seminggu blm ada kabar beritanya thx :)

  16. Erha Says:

    Salam kenal,
    Saya & suami pengen kpr rumah 2nd, kira2 saat ini bank mana yg bagus & sepat ya proses kprnya?

  17. CH Property Tanjung Duren Says:

    Salam kenal ya semuanya :) Iseng2 browsing ketemu blog ini. Klo teman-teman disini ada yang cari rumah di tanjung duren (jakarta barat) dan sekitarnya, bisa coba tengok web kita ya di http://www.ch-property.com

    Yang penasaran caranya dapat rumah gratis juga bs download ebooknya :)

  18. agustinus dwi Says:

    yht Mbk LILI (BCA CAB Madiun) kapan ajuan aplikasi KPR saya bisa cair ? TRIMS

  19. ATSA Says:

    Bener-bener bagus sekali web ini, banyak sekali membantu saya untuk lebih mengerti.

  20. novi Says:

    saya sudah mengajukan persaratan kpr ke bca and cimb niaga,tp lom ada info.di bni promosi na smpi juni griya ibu bijak tapi data saya langsung ditolak lantaran suami wna,ktnya penghasilan suami and istri digabung jadi bs byr ccln na ternyata g bisa coz suami wna,ternyata ssh jg ya…..mhn saran and bantuan na coz wkt saya untuk membeli rumah da mepet bgt,thx atas srn and info yg membantu

  21. Vonny Says:

    Suami saya pelaut dan tdk mempunyai kantor cabang di indonesia…katanya pelaut itu tdk bsa mengajukan KPR.
    Ada yg pnya informasi gk ttng KPR untuk pelaut!!
    Thx..

  22. emon Says:

    salam kenal buat semua, saya sedang mengajukan KPR ke beberapa bank. kebetulan saya beli rumah baru dan pihak developer sudah kerjasama dengan banyak bank (bca, bni, permata, bii, dan btn). untuk sementara saya sedang didaftarkan kpr ke 3 bank, bca, bni, permata. karena yang mengurus kpr langsung oleh pihak developer, jadi saya hanya pasif aja. cuma ngasih dokumen2 yg dibutuhkan dan kekurangannya tanpa telp kesana kemari. setelah 1 minggu saya ditelp oleh 3 bank tersebut, tetapi yg paling aktif dari bca dan sekarang kpr saya sudah disetujui dan dinilai di atas harga pasar. hanya saja pihak bca meminta konfirmasi sesegera mungkin apakah saya setuju untuk memilih kpr bca. saya masih bingung karena 2 bank lain masih dalam proses, jadi saya belum bisa untuk memutuskan. menurut mas2/mbak2, kira2 saya pilih langsung kpr bca atau menunggu yang lainnya???

  23. Local Marketing Business System Says:

    Pretty! This was an incredibly wonderful article. Thanks for providing these details.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 120 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: