Izin Mendirikan Bangunan (IMB) teori dan praktek

Karena banyaknya permintaan seputar urusan IMB saya mencoba mengkompilenya lagi dalam satu posting. Perlu diingat bahwa apa yang kita alami adalah case by case. Karena kita berhadapan dengan oknum, sehingga besaran angka yang harus dibayar seringkali berbeda-beda.

Lokasi di tangerang dengan di bogor tentunya punya perbedaan budaya birokrasi. Mungkin ada yang punya cerita?

Aturan main pengurusan IMB:
1.  Tidak ada pungutan liar dari Camat, prakteknya, Petugas kecamatan, seringkali meminta sejumlah uang dalam pengurusan IMB. Kisaran dari tembak 500rb, sampai hitungan intelek 50rb/meter.

2. Denah apapun dalam ukuran yang layak baca diterima, prakteknya, beberapa oknum mengada-ada dengan mengharuskan dalam format standar arsitek ukuran A3 dengan komputer drawing.

Tarif Calo IMB Kab. Tangerang (40 respons).
Jangan mau diperas oknum IMB (3 respons)

About these ads
Ditulis dalam IMB. 126 Comments »

126 Tanggapan to “Izin Mendirikan Bangunan (IMB) teori dan praktek”

  1. ko2h Says:

    Baca respon netter horror jg yach! betapa rusaknya akhlak pemda kita. compare harga di http://dppb.jakarta.go.id/data/retribusi.htm
    dengan kenyataan jauh sekali :(( kebetulan saya mau urus IMB jg nech!! bangun rumah 90 m2 di ciracas brp yach imb ?

    Tanya harga via phone jg sudah susah dan tidak ada standar harga. Apalagi sudah banyak kasus aparat pemerintah kerekam media digital. Usul saya laporan aja ke DPR or SBY, ini kasus bukan cuma selisih 1 or 2 juta aja.
    Sudah berumur puluhan tahun, melibatkan kepentingan seluruh KK, korupsi masal pemda, dan dianggap wajar.

    Kita sebagai wni selalu ditekankan tertib pajak, tapi apa mereka sudah tertib ?
    Segala sesuatu serba dipajakin bos: mau terima gaji dipajakin, mau ngabisin duit di mall/restoran/theater dipajakin. Mau diem jg dipajakin : motor, mobil, rumah, imb, etc. Masih jg pemerintah tega bilang rakyat tidak taat pajak :P pake NPWP lah!! cepek dechhh!!!!

  2. RAp Says:

    Ya.pak negara ini mau dibawa kemana jgnkan mskah tanah KTP aja punglinya luar biasa……. sudah akar budaya sih harusnya potong satu generasi + Ketuanya yang mmg orang bersih….. itu baru bisa….. nti banyak para PNS yang msk neraka kebanyakan ngentit alias pungli alias bla22……

  3. Heru Says:

    ada yg punya pengalaman ngurus IMB di kota bekasi? bagi pengalaman donk

  4. Sri Suparti Wahyuni Says:

    berapa biaya pengurusan imb dan berapa lama proses pengurusannya? tolong berikan informasinya

  5. Hason Says:

    Dear bapak-bapak yg berkepentingan.
    Tanya Biaya perizinan IMB didaerah krukut , beji depok.
    Saya berencana untuk merenovasi rumah saya, dan membangun bangunan baru dilahan seluas 23 meter.
    Saat ini delepover disana masih membangun beberapa rumah sisa.Pertanyaan saya:
    a. Apakah perlu izin IMB dari pemkot depok?, mengingat developer disana masih sedang membangun.
    b. Tanah saya yg 23 meter itu memang berpisah dari induk, dulunya rencana nya tanah yg saya beli itu untuk taman tapi sekarang sudah di beli saya atas permintaan developer.
    c. Berapa biaya untuk itu semua dan bagai mana cara perhitungannya.
    d. Kemana saja saya harus mengurus pertama kali, RT < lurah atau mana?
    e. Menurut developer, system yang digunakan disana menggunakan system cluster. Tanah saya kebetulan ada dihook, dan dibarisannya kanan saya ada 2 rumah lagi. Rencana saya akan menghabiskan sisa tanah yang baru untuk bangunan, apakah dibenarkan??

    Mohon percerahaannya.

    Salam,
    Hason

    • ferry Says:

      saya skrg baru mau buat imb luas tanah 10 x 20 meter, bangunan di bangun 10 x 10 meter sudah diminta in 5 juta , itu baru sampe kelurahan, belum camat dan walikota… bingung juga gimana resminya dan berapa? katanya ada buat bagi bagi dinas pengawasan pembangunan, satpol, dlsbnya… hare gene bayar imb 5 juta? nyari duitnya kan pake keringet berangkat pagi, pulang malam….better ask telp 108… 2). tanya kantor walikota depok 3) mita bagian pengurusan IMB 4) tanya syarat, berapa lama dan biaya….ikuti petunjuk dan aturan…

    • arie Says:

      pada dasarnya bicara mengenai imb berkaitan dengan nilai jual bangunan yang ada kalo bangunan nya berubah pasti nilai nya akan berubah dan imb juga adapat dijadikan dasar pengajuan kredit ke bank jadi hub. saja petugas setempat
      telp. 021 92669291

  6. Ninuk Says:

    Dear teman2,

    Saya baru mau ngurus IMB di Rempoa, Tangerang, sudah mulai deg2an nih. Belum apa2 udah di sodorin itung2an Rp6 jt.

    IMB utk rumah di daerah perkampungan ada perbedaan biaya gak ya? Apakah daerah Cempaka Putih, Ciputat Timur bisa ngurus sampe Kecamatan saja?

    Untuk Bapak2/Ibu2 di institusi pemerintah yang merasa bahwa pemerasan adalah bagian dari tradisi…please examine your heart and your brain!! Mungkin ada hitungan cacing2 kremi yang berlebihan disana…Tolong inget anak-cucu…nanti pada kremian juga lo…!!

    Cheers

  7. Jasa Urus IMB Says:

    yth bapaks dan ibus

    Memang ada kalanya kita selalu menginginkan pelayanan dan pengurusan sesuatu di Indonesia dengan cara tertib dan sesuai dengan prosedur. Tetapi seringnya kita menjumpai praktek di lapangan yang tidak seperti itu. Sekalipun sesuai dengan prosedur, selalu saja kita harus menunggu waktu yang seharusnya tidak lama atau merasa diping-pong kesana kemari.

    Begitu pula dengan IMB dan surat2 penting lainnya. Oleh sebab itu bila anda mengalami kesulitan seperti itu, mungkin kami solusinya.

    Kami akan membantu anda mengurus IMB dan surat sertifikat tanah anda secara RESMI, CEPAT dan dengan BIAYA TERJANGKAU (selama syarat yang dibutuhkan lengkap)

    Hubungi kami melalui email ke: urus.imb@gmail.com

    Anda dapat juga meninggalkan komentar di http://urusimb.blogspot.com/ atau di http://urusimb.multiply.com/ disertai nama, telpon atau email yang dapat dihubungi,
    segera kami akan menghubungi anda untuk proses selanjutnya.

    Terima Kasih

  8. syarif Says:

    Gimana cara urus IMB yang sudah ada bangunannya? Minta sharingnya yang punya pengalaman. trims sebelumnya

  9. wewe gombal Says:

    Kalau di Depok ada yang mempersulit PBB atau meminta biaya yang gila gilaan, lebih baik segera membuat janji ama pak wali Nurmahmudi. Karena belian pernah menegaskan bahwa mengurus IMB itu mudah dan biaya relatip murah. Sebaiknya kawan yang akan mengurus IMB membuka dulu PERDA di masing masing walayah dimana kawan tinggal.

  10. wewe gombal Says:

    Kalau di Depok ada yang mempersulit IMB atau meminta biaya yang gila gilaan, lebih baik segera membuat janji ama pak wali Nurmahmudi. Karena belian pernah menegaskan bahwa mengurus IMB itu mudah dan biaya relatip murah. Sebaiknya kawan yang akan mengurus IMB membuka dulu PERDA di masing masing walayah dimana kawan tinggal.

  11. Mamito Says:

    aku mau bangun rmh dgn luas tanah 120 m2 dan ngurus imb ,pertama dari kantor kecamatan suruh ke tata kota utk pengukuran tanah untuk di gambar utk pengukuran aja gw byr 1 juta dan 9 hari kerja ,dari tata kota staff bisa cepat asal ada uang bonus ,dan selesai dalam 45 hari tanh da di ukur .
    dan dtg ke kantor p2b ,dan p2b blg utk buat gambar atau orang kecamatan yg gambar dan byr 500 ribu,gw bw gbr dr arsitek di coret coret dan emang udah permainan dari sana nya akhir nya gw pakai gambar dari p2b,karna katanya kalau pake gambar dari arsitek akan tambah lama jadi lebih baik ambil paket aja lbh cepat ,CUMAN YANG NAMANYA PAKET CEPET ,,YACH UUD LAGI…
    ,3 hari jadi setelah itu urus dispensasi bayar 1,5 juta sekitar 1 minggu jadi, gw tanya bisa kurang ga biayanya ,jawabanya biasa ” BANYAK YANG HARUS DI AMPLOPIN ,BUKAN SATU ORANG AJA ” setelah dispensasi baru itung itungan retribusi dan byr kurang lebih 1 juta ,bayangkan gw mau bangun tanah dari mulai november tapi sampai sekarang ururs imb blum kelar juga.
    wilayah gw daerah pasar rebo jakarta – timur yach tanah kampung ,,,bukan perumahan ..stl dispensasi ,urus retribusi sekitar 15 hari baru keluar plang kuning ,dan KATANYA BISA DI BANGUN SETELAH RETRIBUSI ATAU NO IMB NYA KELUAR ,SAMBIL MENUBNGGU PLANG KUNING.terus terang dgn hal hal kaya gini yang kg jelas .orang mau bangun rumah ngikutin aturan ko di persulit ,INDONESIA ,ORANG YANG KAYA SEMAKIN KAYA ,ORANG YANG MISKIN SEMAKIN MISKIN ,KAYA JAMAN BELANDA AJA YECH….

    • joko Says:

      betol pak kayak di film film jaman penjajahan belanda…..ntar bentar UPETI…..susah mau maju….yach kalo udah bayar upeti urusanya lancar kalo tetep aja dongkol kita….makanya saya nggak mau urus itu …

  12. Sari Handayani Says:

    Kepada yang punya peraturan Daerah Kota Depok tentang IMB mohon die-mail .

    Terima kasih sebelumnya….

    Wassalam Sari

  13. Michael Says:

    apakah IMB pabrik yg luas nya 1300 m2 bisa diurus Camat.
    Thanks
    michael

  14. wahyudi Says:

    Saya beli rumah di Cibinong sampe saat ini IMB belum jadi padahal sudah diurus calo hampir setaon alasannya kurang ini kurang itu, tolong yang punya perdanya kirim dong atau yang tau prosedurnya (komplit) gimana share dong, please…

    • avie Says:

      hahahahaha………..yaah pak senasib kita, daerah jakarta aja yang saya rasa susah dan berbebelit krn seringnya saya berkecimpung disana ternyata begitu saya masuk daerah bekasi masih ada yg lebih ribet dari jakarta……..tp alhamdulillah semua bisa terselesai krn daerah tersebut begitu welcome bagi masyarakat dan tertib administrasinya sudah teratur walau dirasa agak berbelit kalau kita pasX2 saja dalam membanyarnya……….begitu masuk daerah bogor terutama pemda cibinong………..la illaha ilallahu………nauzubillah …..paraaaaah……..paraaaah……dan sangat parah sekali………….. bahkan dari orang sana sendiri yg bilang bahwa di sini pak? daerah yg paling parah di seluruh indonesia, belum mau ngurus IMB masih ada yg harus di selesaikan yaitu IPT ini pun biayanya lumayan jg 700 ribu rupiah …………selain itu IMB yang di keluarkan juga belum tentu ada jaminan khususnya utk IMB usaha ( wisma saanih; yg dirobohkan aparta padahal sudah membayar 60 jt rupiah ) gimana cibinong,parung khususnya bogor mau maju…….moto sih boleh “tegar beriman” kelakuan paraaah

  15. Deny Says:

    Bp2 Yth,

    saya mau tanya, saya lagi renovasi rumah yang luasnya 60M (type 29), dimana saya renov menjadi 2 lantai. selagi saya bangun datang orang PEMDA BEKASI yang menanyakan IMB, padahal status rumah saya masih Kredit BTN, yang saya tahu kalau belum lunas kan tidak bisa mengurus IMB, karena surat menyurat dan IMB asli ada ditangan Bank, tapi orang Pemda tersebut bilang bisa mereka urus, walaupun surat2 masih ditangan Bank, apakah benar dengan pernyataan orang PEMDA tersebut atau hanya akal-akalan orang itu saja yang ingin cari uang rokok? dan dia juga akan memberikan surat undangan untuk datang ke Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, mohon penjelasannya dari Bapak2 yang mengerti Hal ini. Terima kasih

    • joko Says:

      cari cari aja itu pak….sertifikat kan di bank padahal syarat harus ada sertifikat……kalo ama dia bisa katanya….yang benar bisa kok….asal ada …uang rokok…..yang bisa buat beli rokok sampai dia pensiun…..

      • edan Says:

        Kalo kita nggak urus emang dia berani bongkar ..
        Nggak ada yg bakal berani bongkar rumah di wilayah yg jelas2 adalah area komplek perumahan …
        Itu mah akal-akalan aja
        Mending nggak usah di ladeni pak, bilang saja nanti saya kesana, tapi … sst jangan datang … kalau di kirimin surat peringatan cuekin lagi .. lama2 nggak berani koq

    • avie Says:

      kalau menurut saya pak, bapak kan membeli rumah secara kredit ? cuma bapak tidak sebutkan membeli rumahnya dari property atau bangun sendiri dng dana kredit, saya cuma mereka seandainya dari properti ………maka tentunya sudah ada imb nya atas rumah yg bapak tinggal cuma imb tersebut tersimpan di bank………………nah karena sudah ada imb …….apalagi cuma perumahan yah sudah pak cuekin aja ………toh kalau nanti kredit bapat sudah selesai maka sertifikat dan imb rumah asli yg pertama akan bapak dapatkan kembali sehingga untuk menjualnya kembali bapak tidak perlu repot lagi apalagi bila bapak ingin pinjam dana ke bank ……

  16. mrhandi Says:

    orang pemda, pajak, camat, lurah, bpn semua tukang korupsi, gw mau ngurus masalah sertifikat tanah 200 m2 aja semua minta duit.

    ati2 pemda, pajak, camat, lurah, bpn semua tukang korupsi isinya maling semua

  17. mrhandi Says:

    orang pemda, pajak, camat, lurah, bpn semua tukang korupsi, gw mau ngurus masalah sertifikat tanah 200 m2 aja semua minta duit.

    ati2 pemda, pajak, camat, lurah, bpn semua tukang korupsi isinya maling semua

    indonesia kapan maju kalo orang2 seperti ini masih hidup.

    • Ahmad Says:

      Dear Teman2 sependeritaan…

      Sudah hampir sebulan ini saya berurusan sama orang2 di kecamatan…. awal muasal saya pindah rumah mengurus ktp dan ganti KK semuanya pada minta duiiittt !!!

      Selanjutnya yang lebih mengesalkan pada saat mengurus
      IMB … mulai dari pengukuran… sudah minta duit… 1,5 juta… yang saya bingung engga ada kwitansi dan engga bayar di kasir.. kalo di tanya ngomongnya muter2… dan kerjanya lama… mesti di telp baru di kerjain…2 minggu baru kelar itu juga setelah saya marah2 karena omongan mereka cuma 5 hari kerja…. sekarang saya di minta uang 8 juta untuk mendapatkan imb padahal ijin nya renovasi dan surat2nya lengkap semua…. gila nih …. bener2 bikin jengkel… kalo di tanya jawabnya selalu muter2 engga jelas artinya… kadang2 bisik2…. huaduuhh maap ya jadi curhat… mesti gimana sih ini…..

    • joko Says:

      EMANGGGGG…BEGITU dari dulu pak……berlomba lomba cari duit

      • edan Says:

        Makanya … jangan cepet2 di urus
        Makin kita pengen ngurus .. makin keluar duit … so mending cuekin ..
        Klo mo buat KTP mah atau ngurus document2 lain termasuk imb, mending kolektif aja (maksudnya bareng2 ama warga lain dan tetangga), kalau perorangan pasti dijamin mahal
        Imb bisa koq diurus belakangan (catatan:selama masih di wilayah komplek perumahan yaa .. kalau di pinggir jalan raya umum diluar komplek.. kesannya sih mencolok.. dan emang amannya harus ada imb nya)

        Buktinya.. saya ekspansi bangunan asal di suatu komplek perumahan .. nggak ada yg ngeributin imb koq
        Nah waktu mau membuat nya dua lantai baru ada petugas yg datang. Yah karena harganya pengurusan ekspansi imb ini tidak terlalu mahal yah udah saya bayar aja. Itupun saya pakai gambar layout saya sendiri

        Trus, setelah itu saya mikir.. klo saya mo bandel.. emang kenapa? apa ada yg berani bongkar tuh bangunan yg udah jadi dua tingkat. Toh disana nggak ada issue bandara, nggak ada issue ketinggian … bukan dijalan raya umum
        pikir2 … ngapain juga ane urus yaah .. he he

  18. ipom Says:

    ada yang punya pengalaman mengurus pemutihan IMB daerah batu ampar? mohon sharing infonya, berapa biayanya
    terima kasih

  19. mama zia Says:

    saya juga mau dong infonya urus imb bogor…mendesak nih…thak berat yah

  20. mustika2107 Says:

    temans,
    saya mau cerita pengalaman pengurusan imb.

    Beberapa thn yl. saya mendapat tugas dari kantor sy sebuah peruasahaan developer di jakarta selatan…untuk 35 unit rumah.
    Sambil membawa gambar hasil desain arsitektur dari arsitek ternma dengan percaya diri sy menghadap kepada petuga pengurusan imb di kantor walikota madya jaksel. Untuk menghadap ke ybs, sy sudah diarahkan oleh seorang rekan dr kantor untuk menghadap petugas yg bernama Mr. X. jangan dg orang yg lain lagi.

    Saat menghadap beliau gambar dari arseitek terkenal yg saya bawa pun di coret2nya….GSB Garis sempadan Bangunan yaitu jarak pagar bangunan terhadap badan bangunan
    , KLB Koefisien Luas Bangunan yaitu total jumlah luas bangunan lantai 1 terhadap luas lahan harus memenuhi standard yg ditetapkan, ketinggian bangunan, jumlah lantai bangunan, ketinggian pagar samping, belakang dan depan. lokasi peletakan resapan. lokasi ruang terbuka di dalam lay out bangunan….itu hal2 yang penting yang saya ingat2 untuk pengurusan imb mnyagkut desain yang perlu diperhatikan….belum lagi syarat2 administrasi yaitu ktp, ajb, atau sertifikat lahan, dan site plan dari tata kota, yang harus sudah diurus sebelum ke bagian imb ini.

    Untuk itu saya harus berkonsultasi dengan arsitek untuk merubah desain berdasarkan petunjuk dari Mr.X. dan segera mengajukan hasil revisi tersebut kepada Mr.X. Lagi2 hasil desain tersebut masih terus ada coretan2 yyang harus direvisi lagi…karena kalau coretan2 tersebut masih ada berarti saya harus mau membayar biaya dispensasi yg besarnya akan ditentukan berdasarkan prosentasi pelanggaran yang dibuat dari desain tersebut (menurut Mr.X).
    Akhirnya setelah revisi ke 3, saya menyerah dan membuat perjanjian dg Mr.X untuk menggambar/mendesain ulang supaya tdk ada desain yg perlu di coret2 lagi….jadinya paket deh…ya udah… ternyata masih ada hal2 yang bisa menjadi peluang untuk side jobnya pegawai negeri di negara ini…hehehe

    • edan Says:

      Emang itu akal-akalan koq .. masak nggak ngerti seh!
      Umumnya petugas imb itu cari pemasukan pribadi nya dari menggambar desain.

      Petugas imb yg pernah saya gunakan utk pengurusan imb perluasan bangunan saya juga menwarkan utk menggambar desain nya diatas blue print. Dia mewajibkan gambar desain harus mempunyai potongan2 terntentu utk di tempel di imb
      Cuma masalah nya desain bangunan rumah saya itu saya sendiri yg membuatnya. Dia bilang mo survey, tapi ditunggu2 nggak dateng. Akhirnya saya damai aja ke beliau .. ya udah pak nanti kita tambahin dikit aja deh ..
      nah beres dah .. di imb pakai gambar layout yg saya buat sesuai potongan2 rumah yg beliau minta
      Utk teras atas dan ruang jemur di lantai atas, saya minta di exlude kan karena daerah luar bangunan .. pikir2 ada2 aja yaahhh he he he
      Nah… dari cerita itu ..ngerti sendiri deh ..

  21. dulah Says:

    maaf mau bertanya berapa biaya mengurus ijin imb untuk renovasi rumah lama sudah ada imb nya dengan luah 45 m2 , sekarang berencana mau memperluas banguan menjadi 150 m2 d di daerah ciledug? terima kasih atas bantuannya.

    • Andi Bastian Says:

      apa ada penambahan lantai pak……..
      biasanya lantai atas beda lagi tarifnya,…..

      • Gunawan Yogihhata Says:

        pak. mau lapor ada penyalahan penggunaan bangunan nih.
        rumah tinggal di Taman Semanan Indah Blok H5 no. 29 kel. Semanan kec. kali deres Jakarta Barat
        di jadikan tempat usaha .
        perumahan system cluster tapi jadi banyak Truk keluar masuk. bahaya untuk anak2
        tolong di tinjau. terima kasih!

  22. Andi Bastian Says:

    pak, yang dimaksud sama pembinaan dan pengawasan IMB itu apa sih, saya ragu ni, yang di bina dan di awasi itu bangunan atau oknum atau yang membangun.!!!!!

  23. Andi Bastian Says:

    bantuin yha, lagi penelitian ni…….
    thank”s>>>…………………………..

  24. Andi Bastian Says:

    eh ya pak………
    ngapa ni IMB di RIAU khususnya di KAB. BENGKALIS KURANGNYA PENGAWASAN,.
    masih banyak ni rumah-rumah yang gak punya IMB tapi kalau RUKO semuanya punya, emang ada jugak dikit yang enggak itu pun cuma penduduk asli…. atau Orang melayu setempat.

  25. Billy Says:

    Kalau ada yang memerlukan bantuan pembuatan IMB untuk DKI Jakarta dan sekitarnya (JABODETABEK) bisa hubungi Bp. Endang di 021 7875537 atau 085695690071. Beliau berpengalaman dalam mengurus IMB. Beliau bukan makelar kok. Beliau adalah pensiunan dari kantor Walikota yang tugasnya dulu adalah mengurusi masalah IMB di kantornya. Saya pernah dibantu beliau sampai IMB saya selesai dan saya bisa bangun rumah saya seperti sekarang. Malah pas sudah selesai saya tanya ke beliau harganya berapa untuk jasanya, beliau cuma bilang terserah saya saja mau kasih berapa….

    • Ridwan Says:

      Hehe… kasihnya brp?
      Brp lama? Bukan makelar tp calo iya, Kan pensiunan.

      PNS itu ya koruptor. Klo mau jd kaya (bnyk uang) jgn jd PNS. Usaha dong yg halal.

  26. wicaksono Says:

    Yg jelas gimana sih cara ngitung biaya pembuatan IMB pak…? knapa kok mesti harus tawan menawar lagi… Emang tdk ada rumusan yg baku ?

  27. roni Says:

    utk mengurus IMB di daerah kebayoran baru – daerah ahmad dahlan/gandaria ada yg punya kenalan mungkin?
    thanks

  28. MONTHE Says:

    tolongin donk saya lagi renovasi rumah Sblumnya rumah saya sudah ada imb nya saya rencana mau renonavasi dengan catatan tdak menambah luas bangunan sebelumnya hanya saja memperbaiki yang rusak seperti mengelupas tembok yang keropos dan menggantai lantai 2 menjadi lantai cor (ngedak) yang mau saya tanyakan apakah ada istilah imb baru lagi dalam hal merenovasi? apa ada masa berlakunya imb ? terimakasih sebelumnya

  29. ade Says:

    Dear All.

    Apa mungkin pengurasan IMB sampai minta 12 juta, padahal di kampung loh ,saya jadi heran dengan aparan pemda

    • edan Says:

      Mungkin di perkotaan padat kali .. atau dipinggir jalan raya besar atau didaerah padat yg belum tertata dan belum jelas peruntukannya

      Kalau didaerah komplek perumahan .. biasanya kecil .. karena wilayah sudah jelas peruntukannya. Di wilayah2 perumahan seperti ini biasanya imb nya kecil. Sering banget warga membangun dengan menghabiskan lahannya nggak pake imb
      Dan biasanya juga petugas imb dari kecamatan hanya mengunjungi warga yg membangunnya sampai dua tingkat. Itupun biasanya kita nggak ngurus imb dulu.. tapi nunggu surat teguran dari petugas imb yg lagi cari2 pemasukan
      maklum bo .. mereka khan manuasia juga pengen cari uang tambahan ..
      Biasanya mereka minta di harga mendisain pake blue print .. atau bisa juga di nego klo kita udah punya disain sendiri

  30. Dori Says:

    Hati-hati kalau berurusan dengan developer yang namanya WASKITA di daerah Jati Cempaka, Bekasi Selatan. DI depan anda dia bermuka manis, tapi ketika urusan IMB, dia akan minta 3 juta kepada Anda dan sampai 2 bulan pun IMB tidak juga diurus.

    Hati-Hati juga dengan oknum di Dinas Tata Kota Bekasi, terutama oknum bernama Kliwon. Setali tiga uang dengan Waskita, mukanya alim tapi hatinya gak lebih baik dari uler… sudah terima uang dari pemohon imb, tapi IMB terus dipersulit dengan berbagai macam alasan….

    Semoga orang-orang kayak gini cepet disadarkan oleh-Nya… Kalu perlu dikasih aja azab biar sadar….

  31. andi bastian Says:

    aaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh, capek2 aja mengomentarin ini,,,,,,,,,,,, gak ada balasan. gak asik….

  32. Andri Says:

    pantes di negara ini rakyat selalu menderita, mau ngadu kemana lagi ya, bisa ga ya kalau ke KPK, Kejaksaan atau Polisi kalau ketiganya ga bisa, ngadu Ke Presiden

  33. Ghost Says:

    Ashem omahku di parani satpol pp

  34. coky Says:

    Dear temans
    apakah ada diantara teman2 yang pernah urus imb di bekasi?dan memiliki contact person yg “bisa” urus dengan benar dan tidak bertele2? kl ada mungkin bisa berbagi nmr telp ybs dengan saya..terima kasih
    Coky
    08111495910

  35. romie Says:

    andai saja pemerintah baca postingan ini….

  36. Andika01 Says:

    NEGARA INI SANGAT KORUP DARI YANG KELAS TERI SAMPAI KELAS KAKAP DI PEMERINTAHAN RUSAK SEMUA. NAJIS !!!

  37. Hanu Says:

    semenjak teman gw masuk PNS dia jadi sering Ngibulin orang…Yg penting duit lah persetan yg laen

  38. fulan Says:

    coba kita serempak protes untuk hilangkan keberadaan IMB, wong kita bangun di tanah2 kita sendiri kog kudu pake ijin2 segala…ujung2nya duit.
    kalo mau bangun rumah di tempat perumahan penduduk itu harusnya gak perlu pake IMB kecuali mau bikin pabrik atau tempat usaha dst.
    bikin aturan kog hasilnya malah dirasakan menyusahkan rakyat…rakyatnya kog diem aja ya ?

    • Dinche Says:

      iya tuch mustinya dihilangin aja, orang itu tanah kita sendiri, emang skr serba susah, belum bangun aja udah musti ngeluarin banyak utk bikin IMBnya, emang sekarang nyebelin orang2 PNS itu, udah digaji tetep aja kaya kucing garong….

  39. Krisna Says:

    Setuju, kt galang dukungan yuk, d facebook bgt, protes pembayaran imb dhilangkan atau dperbaiki pelayanannya. Zaman skr kebanyakan harus pakai cara paksa.

  40. korban oknum Says:

    setuju …..kita galang dukungan difacebook aja…biar gak diperas terus ama oknum…kaya yang ane alamin

  41. tom's Says:

    Kalau baca dari atas sampai bawah…

    koq saya jadi malu banget yaa sama diri saya yang tinggal di negeri sejuta pungutan…

    Seharusnya kita atau yang melakukan pungutan yang malu…
    apakah negeri ini jadi salah urus yaa??

    *sedih banget deh*

  42. dji madbro Says:

    MMERDEKA!!

    KEKUASAAN + MORAL MUNAFIK = KORUPSI + RAKYAT SUSAH

    KORUPSI = SERAKAH = RAMPOK

    UUD = MENJUAL ATURAN = TIDAK BERATURAN = TERJAJAH DUIT

    DUIT = KONGLOMERASI = SEGALA CARA

    MARI BANGUN HARAPAN BARU

    AWASI PEMERINTAHAN SUPAYA JUJUR, BERSIH, WIBAWA
    SUPAYA TIDAK MENJADI PENJAJAH RAKYATNYA SENDIRI
    MARI BERSATU WAHAI PENCARI KEADILAN!

    DIRGAHAYU #65 REPUBLIK INDONESIA TERCINTA

    MMERRDEKA!!

  43. Taslim Says:

    saya mau nanya pak kalo ada yang mendirikan bangunan tanpa IMB saya harus lapor kemana terima kasih…

  44. popy Says:

    Selamat siang…
    Bu… Rumah kami trletak dibelakang perumahan ўɐ♌ğ tdk jauh garis pmbatasnya dgn rumah kami. Oleh krn itu, stiap ada prubahan struktur pmbangunan dari pemilik rumah (pnmbhn bngunan ataupun prubahan bangunan) maka rumah kami slalu trkena dampaknya spt atap rumah ўɐ♌ğ bocor krn kena batu2an dr pmugaran rumah tsb. Apakah ada diatur dlm pmbuatan IMB bhwasanya pmbangunan hrs dilksnakan dgn trtib srta tratur tnpa mrugikan pihak lain? Jk ada mohon informasinya agar jk trjadi sesuatu dgn rumah kami, kami dpt melakukan pngaduan ke pihak brwajib guna mengetahui hak2 kami slanjutnya. Trims atas informasinya.

  45. papa zicco Says:

    cuma mo nanya, apa yg harus kita lakukan kalo tetangga sebelah site rumah kita tidak mau memberikan persetujuan/tanda tangan,? padahal kita mo ngurus IMB secepatnya, …

  46. akor Says:

    imb ada 3 dokumen yg dikasih: sertifikat imb, gbr arsitek dan gbr tata ruang.

    luas tanah 200m2 ke walikota.

    syarat awal (diurus sendiri):
    1. surat tanah: fc sertifikat/akte jual beli yg dilegalisir notaris (bawa sertifikat asli ke notaris) atau bayar aja ke p2b kira 200rb an.
    2. fc pbb dan bukti bayar thn terakhir
    3. fc ktp
    4. isi form pengajuan imb (ambil form ke p2b kecamatan/walikota)
    5. isi surat pernyataan pemilik bermeterai (ambil form ke p2b kecamatan/walikota)
    6. sket rumah, tampak atas dan tampak depan saja, nanti mereka yg ngurus.

    syarat berikutnya untuk keluarnya surat keterangan retribusi daerah (diurus mereka):
    1. gbr tata ruang
    2. gbr arsitek
    3. dokumen2 ijin lain dari pihak kecamatan/walikota

    untuk gbr tata ruang kota, hanya ada di kecamatan masing2 sbg syarat pertama yg diurus, nanti mereka survey dan mengukur. hasilnya dokumen tata ruang, disini akan tercantum garis sepadan bangunan (GSB), yakni batas bangunan dari tepi jalan/pagar.
    dokumen ini dijadikan acuan untuk luas imb yg dijinkan (60% bangunan, 40% tanah).

    kalau tanah kita 400m) maka mesti ke walikota dgn biaya rekomendasi resmi skitar 1.5 x biaya retribusi resmi.
    ini namanya biaya denda kurang lahan, benar2 aneh, gara2 tanah kita hanya segitu tapi dipaksa untuk ukuran besar, aneh tapi memang ada aturannya.

    untuk jakarta, biaya retribusi resmi dgn kategori wisma kecil 6000/m2, wisma sedang 7000/m2, wisma besar 8000/m2. yg menentukan kategori itu adalah tata kota di kecamatan masing2, silahkan datang ke kecamatan.

    biaya lain adalah gambar arsitek sekitar 500rb, percuma punya gbr arsitek sendiri pasti nggak kepake.
    lalu biaya siluman gambar tata ruang sebesar 1jt an, sbnrnya 500rb jg nih.

    stlh syarat komplit dijanjikan 1~2 minggu nanti dikasih skrd, surat keterangan retribusi daerah sbg bukti proses imb, bisa dipakai untuk keperluan pinjaman ke bank.
    secara teori 1 bulan keluar dokumen imb komplit.

    biaya siluman yg lain adalah “administrasi” tanpa landasan hukum yakni:
    * pengawas lapangan 2,5 jt an, lucu kita punya bangunan malah bayar mereka udah gitu pake diprotes2 kalau salah.
    * perijinan bangunan 2 jt an, bagi2 sesama mereka.

    biaya ini nggak bisa nego, mau buat imb atau tidak terserah kata mereka krn mereka sendiri banyak order, toh kalau ada apa2 segel yg bicara.

    sebenarnya murah kalau biaya resmi, tapi apa mau dikata tetap ada biaya siluman, kalau mau nekad cara resmi bisa saja tapi setahun baru kelar dgn segala alasan yg dibuat2 yg bikin kita capek mondar mandir, duit yg keluar akan sama2 saja. kalau mereka baca komen ini pasti ketawa2 senang, ngerjain masyarakat. hueeekkk.

    pokoknya siapin aja duit 10 jutaan (resmi + siluman) untuk imb rumah tinggal, waktu penyelesaian tetap standard.

    begitulah kalau mengurus dokumen dgn instansi pelayanan masyarakat pemerintah daerah, meras rakyat dgn alasan “administrasi”. mereka lupa uang haram yg mereka makan bersama keluarganya kelak akan membuat mereka stroke. sudah sering kejadian, belum lagi azab di neraka nanti.
    saya eneg lihat mereka dgn baju pns, muka alim, sholat, puasa tapi korupsi berjamaah. saya lihat perutnya penuh ulat bernanah.

    teman saya di pusat bilang, “tidak mungkin tidak ada biaya lain2, biaya siluman itu pasti ada dgn berbagai alasan”.

    mudah2an penjelasan ini membantu ya biar gak pusing menghadapi mereka.

    mari ramai2 kita berantas korupsi, ciptakan aparat negara yg bersih dan berwibawa. jangan andalkan presiden dan pejabat negara, mereka hanya dengar yg bagus2 doang, kalau tau pun pastilah belaga pilon.

  47. akor Says:

    imb ada 3 dokumen yg dikasih: sertifikat imb, gbr arsitek dan gbr tata ruang.

    luas tanah “200m2″ ke walikota.

    syarat awal (diurus sendiri):
    1. surat tanah: fc sertifikat/akte jual beli yg dilegalisir notaris (bawa sertifikat asli ke notaris) atau bayar aja ke p2b kira 200rb an.
    2. fc pbb dan bukti bayar thn terakhir
    3. fc ktp
    4. isi form pengajuan imb (ambil form ke p2b kecamatan/walikota)
    5. isi surat pernyataan pemilik bermeterai (ambil form ke p2b kecamatan/walikota)
    6. sket rumah, tampak atas dan tampak depan saja, nanti mereka yg ngurus.

    syarat berikutnya untuk keluarnya surat keterangan retribusi daerah (diurus mereka):
    1. gbr tata ruang
    2. gbr arsitek
    3. dokumen2 ijin lain dari pihak kecamatan/walikota

    untuk gbr tata ruang kota, hanya ada di kecamatan masing2 sbg syarat pertama yg diurus, nanti mereka survey dan mengukur. hasilnya dokumen tata ruang, disini akan tercantum garis sepadan bangunan (GSB), yakni batas bangunan dari tepi jalan/pagar.
    dokumen ini dijadikan acuan untuk luas imb yg dijinkan (60% bangunan, 40% tanah).

    kalau tanah kita “400m” ) maka mesti ke walikota dgn biaya rekomendasi resmi skitar 1.5 x biaya retribusi resmi.
    ini namanya biaya denda kurang lahan, benar2 aneh, gara2 tanah kita hanya segitu tapi dipaksa untuk ukuran besar, aneh tapi memang ada aturannya.

    untuk jakarta, biaya retribusi resmi dgn kategori wisma kecil 6000/m2, wisma sedang 7000/m2, wisma besar 8000/m2. yg menentukan kategori itu adalah tata kota di kecamatan masing2, silahkan datang ke kecamatan.

    biaya lain adalah gambar arsitek sekitar 500rb, percuma punya gbr arsitek sendiri pasti nggak kepake.
    lalu biaya siluman gambar tata ruang sebesar 1jt an, sbnrnya 500rb jg nih.

    stlh syarat komplit dijanjikan 1~2 minggu nanti dikasih skrd, surat keterangan retribusi daerah sbg bukti proses imb, bisa dipakai untuk keperluan pinjaman ke bank.
    secara teori 1 bulan keluar dokumen imb komplit.

    biaya siluman yg lain adalah “administrasi” tanpa landasan hukum yakni:
    * pengawas lapangan 2,5 jt an, lucu kita punya bangunan malah bayar mereka udah gitu pake diprotes2 kalau salah.
    * perijinan bangunan 2 jt an, bagi2 sesama mereka.

    biaya ini nggak bisa nego, mau buat imb atau tidak terserah kata mereka krn mereka sendiri banyak order, toh kalau ada apa2 segel yg bicara.

    sebenarnya murah kalau biaya resmi, tapi apa mau dikata tetap ada biaya siluman, kalau mau nekad cara resmi bisa saja tapi setahun baru kelar dgn segala alasan yg dibuat2 yg bikin kita capek mondar mandir, duit yg keluar akan sama2 saja. kalau mereka baca komen ini pasti ketawa2 senang, ngerjain masyarakat. hueeekkk.

    pokoknya siapin aja duit 10 jutaan (resmi + siluman) untuk imb rumah tinggal, waktu penyelesaian tetap standard.

    begitulah kalau mengurus dokumen dgn instansi pelayanan masyarakat pemerintah daerah, meras rakyat dgn alasan “administrasi”. mereka lupa uang haram yg mereka makan bersama keluarganya kelak akan membuat mereka stroke. sudah sering kejadian, belum lagi azab di neraka nanti.
    saya eneg lihat mereka dgn baju pns, muka alim, sholat, puasa tapi korupsi berjamaah. saya lihat perutnya penuh ulat bernanah.

    teman saya di pusat bilang, “tidak mungkin tidak ada biaya lain2, biaya siluman itu pasti ada dgn berbagai alasan”.

    mudah2an penjelasan ini membantu ya biar gak pusing menghadapi mereka.

    mari ramai2 kita berantas korupsi, ciptakan aparat negara yg bersih dan berwibawa. jangan andalkan presiden dan pejabat negara, mereka hanya dengar yg bagus2 doang, kalau tau pun pastilah belaga pilon.

  48. akor Says:

    wah payah nih wordpress, mau nulis tanda lebih kecil dan lebih besar malah hilang kalimat sesudahnya.

    * luas tanah “kurang dari 200m2″ ke kecamatan, kalau “lebih dari 200m2″ ke walikota.

    * kalau tanah kita “kurang dari 200m2″ tapi menurut tata kota ternyata daerah rumah kita diperuntukkan sbg wisma besar ( “minimal 400m2″ ) maka mesti ke walikota dgn biaya rekomendasi resmi skitar 1.5 x biaya retribusi resmi.

    demikian koreksinya.

  49. anto Says:

    agan2 sekalian ada yang punya pengalaman mengurus imb rumah kampung di daerah ciganjur jagakarsa? habis berapa ya kira2? mohon sharingnya nih

  50. Anto Says:

    waduh, jd gimana nih mengurus yang bener? pake prosedur apakah baru satu tahun kelar?

  51. hanun Says:

    saya renovasi rumah sejak pertengahan september 2010, renovasi meliputi penambahan lantai jadi 2 lt. LT 60 LB jadi 85 m2. tgl 10 okt 2010 didatangi petugas P2B kota bekasi. tgl 13 okt surat panggilan datang. tgl 15 okt sy ke kantor P2b menemui petugas tsb. pertama yang saya tanyakan, bgmn prosedur kepengurusannya dan berapa biayanya, yg jelas harus sesuai dg perda yg masih berlaku. petugas ini termasuk transparan, dia menunjukkan surat standar biaya IMB, sy lihat rinciannya serta keabsahan kertas perda tersebut. utk IMB kota bekasi th 2010 Rp 25.000/m2. yg gak jelas itu biaya gambar desainnya 300rb, biaya pengurusan berkas2 Rp 300rb, dan biaya plat 125rb. IMB jd 2 bln lg. dan waktu penjelasan rincian tsb dikantor P2B, ada petugas lain yg ngomongin ke petugas tsb, eh gila loe, koq cuma 300 rb??? kamu mau tanggung jawab??
    saya tanyakan ke bpk petugas yg urusin IMB saya: “emang biaya berkas, gambar, plat berapa standarnya?” dia cm bilang: “saya punya keluarga pak, kalo saya kasih makan dr duit yg gak ada dasar hukumnya, jelas saya ngasih makan uang haram ke keluarga saya. klo saya mau nakal, bpk cukup ngasih duit saya 500rb, udah gak perlu urus IMB jg gak ada yg tahu. tp saya mau menegakkan aturan dg benar pak. biasanya temen2 minta 500rb bukan 300rb pak”. itu jwbn dia. syarat berkas IMB : foto copy KTP, Foto copy Sertifikat /AJB, foto copy PBB, denah rencana, surat ket camat/kelurahan. smg menambah informasi. tlg kalo ada yg lebih murah lg kita saling sharing

    • dexact Says:

      nama petugasnya siapa pak ???. rencananya mau bikin IMB, agar sesuai aturan . saya malas kalau harus memberi makan para koruptor.

  52. voxsays Says:

    waduh, saya baru mo mulai ngurus imb nich..
    baca2 di atas, jd udah males duluan ngurusnya.
    sampai saat ini saya sudah sampai di tata ruang,dan pengukuran tanah.
    untuk pengukuran tanah biayanya resmi 62ribu, bayar di kasda.
    tapi ko lama banget yah jadi gambar nya, petugas bilang 2 minggu balik lagi ke kecamatan.

  53. mujiman Says:

    Terjadinya korupsi ini sebenarnya adlah mutlak kesalahan pengambil kebijakan instansi terkait, syarat yg hrs dipenuhi ckup rumit yg sbenarnya praktek dilapangan sebagaian besar tdk jln dan sulit dipenuhi kecuali hnya oleh orang2 berduit.

    ketentuan dan syarat seharusnya dirubah dan disesuaikan dgn kondisi lingkungan dan perekonomian lingkungan warganya, apabila tdk ada perubahan syarat yg rumit dan kejelasan tentang tarif, ya sudah dpt dipastikan uang yg shrusnya msuk ke kas Pemda akan msuk kantong para aparat pemda yg memang suka mencari keuntungan pribadi.

    Hanya dgn kebijakan yg tepat berdasarkn hasil survey yg trjadi dilapangan yg dpt mempersempit praktek2 yg merugikan rakyat.

    Coba siapa yg rugi “Rakyat dan Pemerintah”

  54. setiawan Says:

    Halo semuanya…
    Mau minta pencerahannya nih.
    Untuk keperluan IMB jika rumah yang akan dibeli terkena pelebaran jalan, IMBnya akan keluar ga sih?

    maturnuwun

  55. rahmat Says:

    halo..
    butuh info nih..
    utk penentuan garis sempadan dihitung dari As (pusat) jalan ataukah dari tepi jalan, panjang garis sepadan utk jalan provinsi apakah sama dengan jalan kecamatan? brp panjang garis sempadan?
    untuk penghitungan besarnya biaya IMB rumusnya spt apa?

  56. Mula Samosir Says:

    Mohon bantuan informasi untuk Pegurusan IMB rumah tinggal untuk daerah Serpong-Tanggerang Selatan.

    Berapa perkiraan beaya IMB per m2 ukuran ruamah yg akan dibangun berkisar 120 -150 m2.

    Apabila ada alamat dan no telepon yg dapat saya hubungi tolong info.

    Terimakasih ,

    Mula Samosir

  57. Andreas Says:

    Belum seberapa pengalaman diatas dibanding saya coba urus IMB pabrik dikarawang. Pengurusan harus ke Departemen Cipta Karya….. Mereka Minta biaya operasionalnya 65x biaya resminya untuk SitePlan dan PL banjir belum termasuk biaya gambar dan belum termasuk biaya IMB…. jadi kalau saya bangun 1.000 m2 biaya resmi cuma 1jt-an biaya siluman u operasional 65jt….

    Aje Gle, udah nego masih susah karena kata mereka butuh ttd banyak pihak termasuk Bupati…
    Emank susah negara kita, katanya mau investor masuk daerah.. .tetapi mana bisa kalau begini…

  58. rian Says:

    Pengalaman saya:
    Mengurus IMB sebenarnya gampang2 susah.Kalau beli rumah jadi paling enak mengurusnya sebab ada IMB pertama.
    Kalau Dari tanah memang ribet ( ribet Pegawai Jadi Remannya).
    Pengalam saya. kalau mau ijin kita musyawarah dulu ama warga depan kita dan sebelah kita kanan,kiri Sebab kalau salah satu ga setuju ga jadi. Tapi di negara kita bisa di sogok uang tu ( pada mata duitan).
    Saya pernah bikin ama orang kelurahan cuma tanah 50m2 aja 5jutaan keluar hampir 1 tahun itu juga di kejar terus tuh pengurus kaya maling. Pada hal resminya hanya Rp. 100Rb. dan kalau tempat ibadah gratis
    Dan aneh lagi kalau kita beli di lokasi baru kita harus bikin IMB itu pendatang. Tapi kalau warga setempat ( Orang pribumi asli/ lahir di lokasi) katanya ga perlu. padahal kita kan penduduk asli indonesia ya..
    Yaaaa… memang perlu kesabaran 10 kali

  59. Tachinarddi Says:

    Saya baru saja mengurus IMB..krn dibawah 200m3 jadi pengurusan nya hanya sampai ke kecamatan saja. tapi belum apa2 petugas kelurahan sudah datang dan meminta bayaran 30rb per meter.. … walaupun saya masyarakat biasa yg taat dan mencoba taat aturan kok masih aja digencet juga dan saya berfikir kok kita orang awam mau mau aja di-kadal-in oknum..kenapa kita tdk kadal-in juga aja…dari situ saya berfikir hal lain..akhirnya saya SMS oknum kelurahan dan saya juga bawa nama salah satu pejabat kotamadya meminta untuk bertemu dengan membawa tarif retribusi IMB yg sebenarnya…dan ternyata SMS saya tidak dibalas…keesokan harinya saya ke kecamatan utk mengurus dan menanyakan IMB kali2 aja biayanya lebih murah, dan baru saya bertemu oknum di kecamatan langsung berujar ” karena bapak masih ada hubungan family sama bapak pejabat” ya kita atur pak secepatnya,,dan itung punya itung biayanya jauh lebih murah..dan IMB saya jadi hanya dalam waktu 2 minggu…sampai sekarang pun org kecamatan dan kelurahan menggap saya masih dikenal sebagai org yg masih mempunyai hub keluarga dengan pejabat dimaksud…….hahahaaa….Kadal mau dikadalin..jangan mau diboongin OKNUM…sikat abis…puter otak aja,..namanya birokrasi di INDONESIA ga ada yg bener…so ngapain kita hrs bener2 klo ujung2 nya kita sendiri yg jadi bahan objekan..mending bawa aja nama pejbat yg 1 level diatas, artinya yg tidak segaris levelnya..mereka manut2 dan segan kok sama kita….hufff..apa boleh buat…hrs jadi kancil juga…

  60. umit Says:

    ass,,,,,,,,,ibu bapa/adik kakak skrang kan banyak banget tikus2 yang suka ngumpet<,,,,,,,cuman keliatan mukanya doank,,,,,,,,
    conth nya kalu kia bikin imb ,,,,,,wajah tikusnya kan suka sembringah seneng tu
    gimane klau kita mau bikin imb atu apa aja yang berhubungan dengan pemerintahan trs tikus nya itu minta bayaran,,,,nah di sa'at kita mau bayar kita bawa wartawan aja trs suruh diliput,,,,,,,,,,,dan tayangkan setiap hari,,,supaya masyarakat pada tau,,,,,,,,,gimane

  61. LS Says:

    Dari semua komentar di atas saya hanya mau komentar. bahwa kita hidup di Indonesia. ya seperti ini budayanya dan kebiasaannya. kata orang pemda klo gak mau yang jangan ngurus disini. Mau kita laporin ke walikota, ke bupati ke gubernur ke presiden juga percuma. oknumnya bilang “ya udah minta urus sana sama walikota, bupati, gubernur, presiden. kalaupun ada sidak dari walikota, bupati, gubernur, presiden. masih bisa “negonya diluar aja pak”. oleh karena itu kita rakyat kecil hanya punya hak untuk terima nasib doang…. sebab klo mau nuntut atao protes biasanya kita nunggu rame. kalo sendirian mah kita gak berani… ini Indonesia …. hal seperti itu udah jadi budaya……

  62. irfan Says:

    wah pengalamannya sama tuh boss gua juga lagi bangun rumah 2 lantai di daerah gandaria utara LT cuman 53 M sudah gitu daerah gua sering banjir.di kelurahaan bahkan sampai ketemu lurahnya minta 7 juta itupun belum sampai IMB cuman surat lurah.ketemu orang P2b nya sampai jadi bangunan kena 9,5 juta.
    luar biasa padahal orang p2b nya bilang biaya pengurusan IMB Rp 12 rb/m2 kjalaupun ditotal luas bangunan dan tanah gua paling 80 M2 jadi harusnya resminya cuma Rp 960 rb digenapin Rp 1 juta lalu 8,5 jutanya dari mana

  63. mendoanku71 Says:

    iya pusing kalau mau bikin imb, males, enak waktu di komplek tentara dulu, waktu bapak renovasi habis rumah dinas dari 1 lantai jadi 2, boro2 ada orang kelurahan tanya2 imb, masuk komplek aja kagak berani, berani namya nanya IMB alamat nyonyor, di kasih bogem, selama bangun lancar, padahal dari lantai 2 keliatan kantor kelurahan, eh enak kali kalau tentara, apalagi perwira yang ngurus IMB, plus dia sendiri yang punya rumah itu, macem macem atau plintat plintut, tanyain aja alamat rumahnya, pasti dah keder

  64. joko setio Says:

    ada yang pernah punya pengalaman urus IMB di wilayah elite Menteng ? share dong……

    • hanya bantu Says:

      pengalaman saya urus IMB di daerah permata hijau,
      ke walikota, langsung saja ke bagiannya.. pengurusan imb, bangunan 2 llantai dengan basement. total 3 lantai
      kena sekitar 40jtan.. dengan luas bangunan sekitar 900m2

    • hanya bantu Says:

      oh iya, waktu pengurusan lumayan lama…. hampir memakan waktu 3 bulan.
      itu pun dengan gambar beberapa kali revisi. sebaiknya sekalian di borongin saja dengan spek yang kita punya, dan di gambar ulang oleh pihak pemerintah daerah. biasanya ada tukang gambarnya..

  65. Aulia Says:

    Saya tinggal di perumahan BSD, cluster rumah dengan ukuran tanah 150 m2, bangunan 90 m2. Kemana harus mengajukan komplain karena tetangga belakang rumah membangun tembok menempel dengan tembok batas lahan saya setinggi 3 lantai bangunan masiv), dan membuat jendela menghadap ke lahan kita di lanta 2? Otomatis pandangan di taman belakang yang sudah kecil, semakin seperti dihadang tembok tinggi. Apakah untuk membangun bangunan tambahan seperti itu diperlukan IMB tambahan? Dan apakah ada perda Tangsel yang mengijinkan 3 lapis untuk di area perumahan? Serta apakah diijinkan untuk membuka akses (jendela) langsung di dinding yan berbatasan dengan kita?
    Sebelumnya terima kasih jika ada yang memberi masukan.

    • hanya bantu Says:

      paling ibu, tingi-kan saja tembok pembatas ibu setinggi tembok tetangga ibu. sehinga jendela yang seharusnya di dalam tembok pembatas tertutup. kecuali ruko

  66. Adhitya Says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan KPR dengan margin promo 15 tahun 6,06% 1 tahun sampai 15 tahun 8,52% margin promo ini sampai bulan agustus sapa yang serius mau mengajukan KPR silahkan apply dan hubungin adhitya di contact personnya ( 98585665)

  67. Gunawan Yogihhata Says:

    mau lapor penyalah gunaan Bangunan nih.
    rumah di jadikan tempat usaha ke mana ya?
    Taman Semanan Indah Blok H5No.29 kel. Semanan kec. kali deres Jakarta Barat.
    terima kasih.

  68. chan Says:

    hati2 bila mengurus imb melalui pakEdi satpol

  69. andiswara Says:

    Selamat siang, mohon info apa ada yang punya Perda Indramayu terkait Izin Mendirikan Bangunan? Terimakasih untuk bantuannya.

  70. andiswara Says:

    Mohon info adakah yang mempunyai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Indramayu terkait IMB? Terimakasih untuk bantuannya.

  71. sentul kenyut Says:

    lagi ngurusin macem2x…sama para aparat sux…

    gila juga duit jutaan melayang gitu aja..tanpa dapat hasil yang setimpal…waksss..

    pantes di rs.dharmais penyakit kok macem2x yaa…aneh2x…dan seram….

    pantesnya tuh oknum2x maen2x ke rs dharmais..biar sadar…duit itu bakalan jadi apa…

  72. Warno Says:

    Untuk seluruh aparat Pemda Kota Bekasi, bekerjalah sesuai aturan dan hati nurani, jangan suka memeras penduduk dalam hal urusan-urusan perijinan (misal: IMB dll). Ingat Walikota Bekasi adalah contoh jelas, tapi kalau memang ada yang mau nyusul ikut ke bui silahkan saja. KPK telah mempunyai catatan untuk seluruh aparat atau oknin2 yang suka memeras penduduk KOTA BEKASI

  73. merry Says:

    ngurus imb ilang di bekasi berapa yach….???

  74. Suku Dinas Perizinan Bangunan Says:

    salam kenal untuk semuanya. Bagi yang ingin lebih jelas mengenai apa itu IMB atau IPB/KMB yang sekarang berganti nama menjadi SLFn (Sertifikat Laik Fungsi ke-n), saudara sekalian bisa berpartisipasi langsung ke alamat resmi IMB DKI Jakarta.
    web : sdpb-jakut.org
    email : sdpb_jakut@yahoo.co.id
    facebook : Perizinan Bangunan Jakarta Utara
    twitter : @SDPBjakut

    terima kasih atas partisipasinya. Semoga kami bisa menjadi benar- benar lebih baik.

  75. andria Says:

    malem, mohon info untuk biaya terbaru pengurusan imb bangunan hotel 8 lantai di jakarta kira-kira berapa ya? Terima kasih banyak atas info nya…

  76. artah Says:

    kalo ijin tuk pembangunan discotik baru deh ga ada hambatannya, biar ada tempat buat maling hamburin duit.hahaha nasib2.

  77. Edy P Says:

    Memang perlu membuat imb,tapi petugas dari lurah sampai kecamatan harus jujur dan terbuka. Disini termasuk para pegawainya.Yang saya alami ada pegawai dan camatnya tidak jujur.Uang sudah ditangan mereka ,tapi surat tidak keluar.Ada diantara mereka sudah tidak memiliki harga diri dan tidak malu menipu rakyat.
    Saya hanya yakin,bahwa hukum karma akan mereka terima dan paling tidak anak anak yang menipu tsb akan menerimanya.

    • ading Says:

      amin…ya Allah…

    • anti korupsi Says:

      kita yang masih waras doakan mereka yang korup agar mereka bisa menjadi pemimpin yang memegang janji dan sumpah untuk menjadi pelayan masyarakat dengan bekerja jujur dan tidak memperkaya diri dengan melakukan korupsi dan pungli (pejabat pemerintah bukan preman pinggir jalan yang selalu narik pungli dari kendaraan yang lewat)

  78. wuri Says:

    Harusnya ada monitoring pelayanan. Jadi hal2 penyelewengan dapat dipantau.

  79. indah Says:

    jadi kita mesti bagaimana ya untuk mengurus IMB? memakai jalur resmi repot mondar mandirnya, lama, dan menjemukan
    pak presiden, pak mentri, hey para wakil rakyat, kenapa ko bikin sulit rakyat kecil yang sudah susah? apa memang dengan membikin rakyat susah kamu semua pak presiden, pak mentri danko wakil rakyat merasa senang dan bahagia? mati aja la ko kalau seperti itu sikapmu dengan rakyat ini

  80. aci Says:

    Pak, saya sedang melakukan renovasi rumah sedangkan surat-surat saya kan dipegang oleh pihak Bank karena beli rumah tsb masih KPR. Rumah saya terletak di perumahan dan tempatnya juga bukan di pinggir jalan besar. Yang jadi permasalahan pada saat saya mengurus ijin renovasinya ada GSB (Garis Sempadan Bangunan) dimana harus 4 meter jarak dr pagar ke bangunan. Pihak developer bilang bahwa rumah saya melanggar GSB karena lantai 2-nya menjorok ke depan sejauh 50 cm. sedangkan apabila saya melihat bangunan tetangga di kanan dan kiri beberapa malah bangunannya di lantai 1 maju ke depan (lebih maju dr punya saya). Nah yg saya ingin tanyakan adalah :

    1. GSB itu berlaku hanya di lantai 1 saja atau lantai 2 juga harus berjarak 4 cm dr pagar?
    2. Apabila saya tetap ngeyel dan memajukan lantai 2 sepanjang 50 cm ke depan apakah akan kena masalah pada saat pengurusan IMB barunya?
    3. Apabila memang dinyatakan bersalah dr pihak pemkot, berapa sanksi/denda yg harus saya bayar?
    4. Apakah ada cara lain supaya saya tidak kena sanksi/denda tsb?

    Terima kasih sebelumnya Pak.

  81. ilham Says:

    langkah yang baik itu mengurus imb harus mulai dari pengurus rt tempat kita tinggal kita percayakan tetapi kita tetap bersma 2 dia sampai selesai pengurusan IMB nya

  82. ilham Says:

    dari rt nantinya jika didesa berarti kita ke kades dulu baru ke kecamatan / lurah setelah itu baru naik ke dinas kabupaten nya alangkah baiknya kita mengetahui prosesnya akan tetapi ada orang yang kita percayakan juga tetapi kita tetap bersama kalau untuk masalah biaya dinas kabupaten biasanya memang sudah ada tarfi ukuran tanah dan perkalian yang akan dirumaskan nantinya baru bisa tau berapa biaya yang akan kita keluarkan

  83. suls Says:

    ngurus IMB ribeet bangeeeddhh, mahal, dikerjai, diperas, nyogok, dsb :) lebih menguntungkan mejadi warga negara yg tidak taat daripada yg taat

    coba baca ini untuk daerah kota bekasi, hanya saja saya belum dapat angka untuk ini –> Standar Harga Dasar Bangunan.<– harga siluman, tidak ada publikasi

    PERATURAN DAERAH KOTA BEKASI
    NOMOR 15 TAHUN 2012
    TENTANG
    RETRIBUSI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 114 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: