Pertanyaan

Ada pertanyaan seputar lokasi rumah, proses KPR, proses membangun rumah? apapun? gosip yang ingin diklarifikasi? desas-desus perumahan baru? reputasi developer? sharing saja.

Dimana?
Silahkan tulis pertanyaan anda dibawah ini, bila pertanyaan sensitif seperti menyangkut nama perusahaan, besaran gaji silahkan mengirim email pribadi kepada saya priandoyo at gmail.com

Update: 18 Dec’07 Mohon kesabarannya
Mengingat banyaknya pertanyaan yang masuk dan keterbatasan resource, kami mohon maaf bila tidak semua email dan pertanyaan dapat terjawab. Kami selalu berusaha memberikan informasi independen yang terbaik

Update: 19 Dec’07, Silahkan baca arsip dan posting terdahulu.
Setelah lebih dari 9 bulan ini blog ini beroperasi, hampir semua pertanyaan sudah dicover dalam posting-posting yang ada. Silahkan baca dulu arsip dan posting-posting terdahulu. Bila ada pertanyaan yang belum tercover, dengan senang hati kami akan membantu.

225 Tanggapan to “Pertanyaan”

  1. Erwin Says:

    Pak Anjar,

    Saya tertarik sekali dengan artikel anda seputar KPR. Saya memang berencana membeli rumah lewat KPR. Beberapa Bank sudah saya hubungi, BNI, Niaga dan Mandiri, munkin anda saran anda, KPR Bank mana yang anda recommendet.
    Mengenai lokasi, saya berencana mengambil rumah sekon di Komplek BPPT didaerah Pesanggrahan. Mungkin bisa memberi sedikit komentar mengenai lokasi ini. Terutama mengenai issue banjir..
    Terima kasih,
    Erwin

    anjar: tentang KPR silahkan browse dulu, saya menulis cukup banyak. mana yang terbaik tergantung case by case. Untuk perumahan pesanggarahan silahkan di cek disana

    • R e y Says:

      Assalamu’alaikum Wr. Wbr. Kami mo jual rumah SHM an.Suami LT. 102 LB 200 kmt utama 1 (5×3) kmt std 2 (3×3) masing km ada kmr mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga/tamu (3×6), ruang home theatre (3×6)ruang cuci / jemur (3×1.5) , ruang gosok/sterika(3×2), carport (3×4) , taman (3×3), jalan dp rumah 8meter lokasi aman, bebas banjir seumur hidup, aman. listrik 1300, Air Pantek ( dijamin lebih bening dariPDAM ) ( kami minum dari air tanah ) air disekitar boleh diadu .sehingga PDAM saya putus. Ada Telpo, dan AC khusus diruangan Home Theatre masing-2 kamar pake Exchause Mau lihat hub : Jalan Wijayakusuma Raya No. 161 RT.006 RW.07 Kel. Jaksampurna Bekasi Perumnas I Bekasi Barat. Dikeliling Mal ( Grand Mal, MetMal, Giant, BSQuare, CyberP.Bekasi), RS. Mitra Kelg, RS Global, RS Budi Lestari dan buanyak lagi. Termasuk dekat stasiun KA ( Kota dan Kranji) dekat Pasar Kranji lama dan Baru, Dekat Sekolah favorit ( Alazhar, Jaksamp, Global dll ) Harga Rp. 500 juta . Insya Allah Laku. Belum tentu sy dapat rumah seharga dan sebaik yang sy jual. Sudah ditawar 435 jut Maaf TP. hub. 087.880773828 ( SMS sy hub ) atau hub telpon rumah sore diatas ba’da Magrib. terima kasih.

    • lintang Says:

      Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedotan limbah rumah tangga maupun limbah industri dan juga melayani perbaikan saluran yang mampet tanpa bongkar dengan menggunakan mesin penembak dan teknisi profesional. Melayani wilayah seluruh JADETABEK dan sekitarnya. Kami juga melayani Jasa: Pembuatan Septic Tank Pemasangan Septic Tank biosel (septictank tanam) Pembuatan Rembesan Pembuatan suntikan rembesan Renovasi Septic Tank, Rembesan, Kamar mandi Pengurasan Septic Tank Pelancaran Saluran air mampet tanpa bongkar Pelancaran Saluran cucian piring tanpa bongkar Pelancaran Saluran kamar mandi tanpa bongkar Pelancaran WC tanpa bongkar Dengan teknisi / tenaga kerja yang profesional, kami selalu mengutamakan KEPUASAN konsumen. Jika anda membutuhkan jasa kami silahkan hubungi: 021 021-56 111 071 / 085810299574 / PIN 27F8C69D LINTANG Adapun tips-tips agar saluran WC anda tidak mampet, berikut tips-nya: JANGAN membuang pembalut ke dalam WC anda JANGAN membuang barang-barang yang dapat mengakibatban mampet pada saluran WC anda seperti plastik

    • Jennyfer Says:

      Dengan Hormat Bapak / Ibu,

      Mohon bantuan informasi / saran / masukannya karena saya orang awam yang kurang paham
      perihal dunia per-kredit-an. Yaitu :

      Saya wanita karier yang sudah menikah tapi masih belum memiliki baby (masih dalam proses).
      Ibu Mertua (Single Parent) saya saat ini kontrak rumah, masa kontrakan rumahnya akan segera habis.
      Beliau berencana ingin beli apartment kecil size studio.
      Ibu Mertua saya juga wanita yang bekerja dengan usaha home industry / usaha rumah tangga.
      Beliau mengajukan KPA ke suatu bank namun di tolak dengan alasan pengajuan kredit nya dalam dunia perbankan
      sudah melebihi over limit, semacam kreditbilitasnya begitu.

      Beliau berencana ingin mengajukan kembali kepada bank yang berbeda tetapi dengan menggunakan
      nama saya dan nama suami saya.
      Beliau juga memerlukan surat keterangan kerja dan surat keterangan gaji dari perusahaan saya bekerja dan
      juga perusahaan suami.
      Katanya untuk kelengkapanj formalitas.
      Mengenai nama suratnya untuk apartement tersebut adalah akan menggunakan nama Ibu Mertua saya.
      Mengenai cicilan setiap bulannya yang mencicil adalah 3 orang (Ibu Mertua, suami saya, dan adik laki-laki suami).
      Adik laki-laki suami saya sudah menikah barusan saja.

      Mohon informasinya menurut Bapak / Ibu bagaimana ?
      Mengingat saya sampai detik saat ini tidak pernah mengajukan kredit apa-apa sama sekali.
      Kartu Kredit saja saya tidak interest sama sekali.
      Bilamana mendadak di tengah jalan ada apa-apanya dengan pembayaran KPA nya apakah saya dan suami
      yang harus bertanggung jawab ?
      Secara dunia hukum bagaimana menurut Bapak / Ibu ?
      Dampak positif / negatif nya apa ?
      Saya takut / khawatir hal ini akan berdampak nama baik saya dan suami saya menjadi buruk
      pada record / catatan perbankan karena KPA yang di ajukan oleh Ibu Mertua saya.
      Mohon informasinya menurut Bapak / Ibu bagaimana ?

      Terima kasih banyak.

      Best Regards dari saya.

  2. sarief Says:

    Mo tanya perumahan daerah Ciputat, Komplek Nerada Town House..Kisaran rumah second tipe 50/90 berapa ya? Banjir atau tidak ya?

    anjar: silahkan dilihat di yang terbaik di Ciputat

  3. deta Says:

    mao tanya doong.. sebelum kita deal KPR sama bank dan developer, kira2 apa aja yah yang musti diperhatikan supaya tidak salah langkah? thanks in advance

    anjar: saya cukup banyak menulis mengenai tips KPR, silahkan dibaca-baca dulu

  4. oqdarmaone Says:

    Tanya dong, ada yang pernah punya pengalaman transfer balance kpr dari satu bank ke bank lainnya? bagaimana prosedurnya? apa saja yang harus diperhatikan? apa baik-buruknya transfer balance tersebut?

    Terima kasih sebelum & sesudahnya..

    anjar: saya cukup banyak menulis mengenai tips KPR, silahkan dibaca-baca dulu

  5. Kamil Says:

    Mas Anjar, saya tinggal di Kab Bogor. Pengen nanya tentang IMB nih, mudah2an bisa kasih enlightenment.

    Garasi saya tu, ada di depan rumah dan rencananya mau saya pindahin ke samping jadi semacam carport saja. Garasinya sendiri mau saya konversikan jadi ruang belajar (sekedar masang kusen di sekitarnya.

    Kebetulan ada juga halaman belakang yang saya mau bikin jadi dapur, kira-kira ukuran 4×4.

    Nah, untuk semuanya ini: perlu IMB gak ya?

    Terimakasih untuk sharingnya.

    anjar: seputar IMB saya tulis disini pak, silahkan dibaca-baca dulu

  6. anas fauzi rakhman Says:

    Pak mau tanya…..
    Lebih baik mana, membeli tanah atau membeli rumah
    Dilihat dari sisi ekonomis-nya

    Terima kasih

  7. Dewi Says:

    Pak Anjar,

    Saya tertarik mengenai isu KPR. saya dan calon suami akan menikah tahun ini dan kami berencana persiapan beli rumah. Gaji bersih saya 7,1/bln dan ghaji suami sesuai slip gaji 2jt/bln, nah kami berencana KPR rumah seharga 104,2 juta. Hanya saja karena saya bekerja di NGO mk tidak bisa mengajukan KPR, dan karena suami PNS maka rencana pake nama dia. Pertanyaan saya;
    1. Menurut penghitungan iklim ekonomi, apakah sebaiknya saya mengambil KPR tahun ini ataukah tahun depan? dengar2 suku bunga akan semakin turun di tahun2 mendatang, apakh itu benar?
    2. Bunga bank BNI 10,5%, sedangkan Bank Mandiri 11%, berdasarkan pengalaman Bapak/rekan2 yang lain, apakah dengan angka yang lebih rendah, itu berati BNI lebih baik?
    3. Jika berencana mengambil rumah seharga 104,2 jt mohon saran bapak, sebaiknya di titik berapa persen yang paling menguntungkan bagi konsumen untuk uang muka?apakah 50% atau yang lain? FYI, tabungan saya sekarang 36 juta, dan kontrak kerja berakhir sampai akhir tahun dan tiap bulan bisa nabung kurang lebih 5 juta.
    4. Untuk kondisi pekerjaan saya yang tidak pasti dan gaji suami yang pas-pasan, maka mana yang lebih baik untuk jangka waktu KPR saya? 10 tahun atau 15thn?

    Terima kasih ya Pak, maaf pertanyaannya mungkin agak membingungkan karena saya betul2 awam soal KPR.

    Dewi-Solo

  8. Imam Mawardi Says:

    Saya kemarin ke bank muamalat, memang ada fasilitas KPRS, jika ambil 20 juta selama 15 tahun angsurannya perbulan 249 rb. Nah bisa dicoba dan ditelusuri.

  9. rini Says:

    saya baru dapet informasi ttg perumahan yg lagi dibangun oleh perumnas “mutiara sanggraha”. lokasinya sih belakang kantor walikota jakarta timur pinggir tol cakung-cilincing. disana tipe paling kecil 54/126 harga 280 jutaan belum ppn tapi sertifikatnya HGB. kira2 gimana ya?kemahalan gak?susah gak ya ngurus SHM-nya?trus banjir gak ya???
    perlu sarannya nih, makasih ya….

  10. SOPOSANGKAUW Says:

    Untuk keluarga baru, gimana cara milih rumah yg cocok ?
    Klo join income diatas 9 jt, hrg rumah yg berapa yg bagus utk diambil sesuai kemampuan penghasilan ?
    Ada ga ya, KPR tanpa DP ?

  11. hakeem Says:

    kenapa saya harus memilih KPR bank permata di banding dengan bank lain

  12. Hidayat Says:

    Salam kenal pak, saya saat ini tinggal di Riau. Seandainya saya ingin beli rumah baru lokasi di Bandung atau Jabotabek dengan memanfaatkan fasilitas KPR bank kira2 mungkin tidak pak? Saya bener2 awam tentang rumah, keasikan tinggal di rumah dinas (saya karyawan swasta) gak terasa sudah 10 tahun. Rencananya rumah akan kami sewakan sebelum digunakan sendiri nanti.

    Terimakasih sebelumnya.

  13. mia Says:

    Mas Anjar, mohon dibantu ya pertanyaan saya, maklum masih awam,

    1) Sebetulnya berapa persen sih biasanya pengembang mensyaratkan DP?

    2) Trus kalau kita lihat penawaran property, apakah cicilan rumah tersebut adalah cicilan yang kita bayarkan ke Bank, atau ke pengembang?

    3) Trus ada yg kasih info, katanya DP-nya pun bisa kita cicil/kredit, nah kalau DP dicicil apakah pada saat pembayaran cicilan DP juga saya harus mencicil angsuran rumah?

    4) Apakah membeli rumah seken bisa di-KPR-kan? KPR mana yang mas Anjar rekomendasikan untuk kasus ini?

    Trims banget ya mas…

  14. SOPOSANGKAUW Says:

    Sebelum kita akad kredit, apa yg perlu kita perhatikan dari perjanjian kredit itu ?

  15. jack Says:

    pak anjar, saya punya beberapa pertanyaan ttg KPR syariah. konon katanya KPR syariah itu pake sistem akad jual beli ya? Misalnya harga jual rumah Rp 120 juta dari pengembang, kalo saya mo ambil KPR syariah, berapa sih kisaran harga yg diberikan bank? berapa besar bank syariah mengambil margin?
    makasih lho….

  16. Ari Says:

    Mas Anjar..
    Saya dengar Bank BumiPutera memiliki program pemberian kredit perumahan sampai 100% dari nilai rumah bahkan dia bisa kasih 125% dengan maksud yang 25% itu buat renovasi atau beli furniture.
    Benarkah hal itu? bagaimana menurut Mas Anjar..tolong dibahas ya mas..makasih banyak…

  17. SOPOSANGKAUW Says:

    Mas Anjar, sebelum akad kredit, apa yg perlu harus kita perhatikan ?

  18. SOPOSANGKAUW Says:

    Mas anjar, ada contoh perjanjian pada saat akad kredit Bank Mandiri ga mas ? Thanks

  19. annisa Says:

    mas anjar,
    saya sdg mempertimbangkan bbrp perumahan di tepian jakarta yg sdg menawarkan cluster/rumah baru, yakni: citra garden city kalideres, puri metropolitan cipondoh, menteng metropolitan ujung menteng, royal residence pulo gebang, bintara, mediterania regency cikunir.
    dari segi lokasi, menurut mas anjar manakah yg paling bagus?
    terima kasih

  20. Anjar Sulistiyo Says:

    Salam buat Mas Anjar juga…
    Aku mau minta tolong dibahas masalah desain interior buat rumah tipe kecil dan menengah. Siapa aja interior desainer buat rumah2 tipe 60 sampe 90.
    Selama ini yang aku lihat terutama buat rumah2 tipe besar gitu.

    Mungkin dari pembaca blog yang lain banyak yang memerlukan informasi ini juga.

    Anjar

    • nuning Says:

      salam kenal semua.

      saya nuning. saya seorang arsitek dan desain interior.
      saya bisa membuat desain interior buat rumah dan apartment.
      masalah ukuran tidak menjadi masalah.
      terimakasih.

  21. Nandar Says:

    Salam buat mas anjar dan sekeluarga..

    Mas mau tanya, saya kan baru memasuki kehidupan berkeluarga dan saya mau memiliki rumah walaupun kecil, namun saya bingung bagaimana cara untuk mendapatkannya secara KPR, mengenai pendapatan saya sebulan +- total semua 2.3 Jt . Menurut mas anjar, tips – tips serta langkah apakah yg mudah untuk mempunyai rumah ??? Dan KPR dari Bank mana yg mudah sesuai dengan pendapatan saya perbulan terlebih kalau bisa yang syariah ???

    Terima Kasih
    Nandar – Jakarta

  22. tatang Says:

    Sebagai orang awam yang mau beli rumah pertama, saya punya pertanyaan:
    1. Saat ini saya berdomisili di amerika, bisakah saya apply online untuk kredit rumah di jakarta?
    2. Bank apa aja yang bisa memberikan fasilitas tersebut?
    3. untuk KPR ada gak jangka waktunya untuk 2 tahun.

    mohon maaf kalo pertanyaan kurang berkualitas.
    makasih banyak pak anjar

  23. Indri Says:

    Mas anjar,

    Mohon bantuannya yah…
    Saya mempunyai rencana mau beli rumah second, kalau rumah second apa saja sih yang perlukan diperhatikan?
    1. surat-surat apa saja sih yang perlu diperiksa?
    2. surat-surat apa saja yang harus diurus?
    3. Berapa biaya yang harus disiapkan untuk mengurus surat-surat?
    4. ada hal lain ga yang jadi point perhitungan?

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan mohon bantuannya

    Indri – Jakarta

  24. Jose Says:

    Mas Anjar yang baik,
    bisa tanya pendapatnya mengenai cluster baru serenade lake.
    Thanks

  25. Kurnianto Says:

    Saya penghuni The address@cibubur dan kemarin saya melihat jalur air di danau yang rencana dibuat cluster 3, telah dibendung oleh Citra Grand bahkan mereka menimbun lebih tinggi dari The Adress, maka praktis dapat dipastikan The Address tidak pempunyai akses pembuangan air dan berakibat Banjir dimusim hujan.
    Citra Grand melakukan pengurukan dalam membuat jalan dan perumahan tidak memperdulikan hunian sekitarnya adalah merupakan sebuah Pelanggaran AMDAL? apakah pihak brasali tidak menuntut pembuatan saluran (kali) untuk pembuangan Air? jika hal ini dibiarkan dan Citra Grand sudah terlanjur membangun maka akan lebih sulit dan berlarut larut proses negoisasi, dan jika dibiarkan dapat dipastikan Cluster 2 pasti akan banjir dan nama baik brasali akan pudar di bidang propeerty.
    mohon tanggapannya dari management Brasali untuk maslah ini.

  26. Wishnu Hardi Says:

    Halo Mas Anjar, blognya useful sekali nih. Anyway, saya mau minta saran soal NPWP sebagai syarat KPR. Begini, saat ini saya bekerja di Kedutaan Australia dimana dalam hal pembayaran pajak karyawan, kantor menyerahkan pembayarannya kepada masing2 individu. Mungkin karena kantor bukan merupakan unit usaha, melainkan unit diplomatik sehingga ada beberapa ketentuan ketenagakerjaan yang pelaksnaannya agak berbeda dengan yang umum berlaku.

    Mengurus NPWP mungkin masih mudah dengan adanya e-reg npwp. Hanya saya bingung, teknis pembayaran, perhitungan, dan pengurusan laporannya bagaimana ya? terus terang saya masih ‘gelap’ soal ini, kadang2 jadi frustasi juga sih, pasalnya itu kan cuma buat syarat KPR, jadi belum masuk urusan KPR yang mungkin juga makin rumit.

    Berkali2 saya email ke humas pajak soal ini tidak pernah dibalas. Adakah yang membantu saya? saran pendapat sangat saya hargai…Begitu ceritanya…
    Terima kasih ya….

    Wishnu (wishnu.hardi@dfat.gov.au)

  27. desi devriati Says:

    sehubungan dengan Keputusan Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transimigrasi dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Bersama SKB/10/M.PAN/10/2007 tentang Cuti Bersama tanggal 17 s.d 19 Okt 2007 (Rabu s.d Jumat), mengingat pada tanggal tersebut libur, apakah ada perobahan kebijakan batas akhir pelaporan pajak yang seharusnya paling lambat tanggal tanggal 20, mohon jawabannya

  28. togi Says:

    Saya ingin membeli rumah keluarga, namun dananya masih kurang setengahnya lagi, pertanyaan : di Bank manakah yang menyediakan pinjaman untuk membeli rumah bekas ?

  29. dwi cahyo Says:

    dengan hormat,
    Klien saya ingin mengajak kerjasama untuk pembangunan perumahan di wilayah Jepara, diatas lahan seluas +/- 10 hektar, atas nama klien saya.
    Mohon informasi sistem dan syarat2 yang biasa di pakai dalam pembangunan perumahan. Mohon informasi juga hak dan kewajiban, pengembang, pihak bank, atau investor lain, dan pihak2 terkait lainnya.
    Atas perhatiannya di ucapkan terimakasih.
    Dwi Cahyo
    081575000794

  30. tinore Says:

    Saya dpt tawaran tanah kavling dari perusahaan di kawasan kota legenda, sekitar 2,5km dari pintu tol Bekasi Timur, Wilayah Kelurahan Mustikasari dan Pedurenan Kecamatan Bantar Gebang.
    karena saya buta tentang Bekasi, mohon info bgmn area tersebut? kira-kira berapa ya harga pasaran per m2?
    Thanks.

  31. Irene Says:

    buat mbak annisa,
    saya juga udah liat2 di citra garden kalideres dan puri metropolitan
    citra garden enak karena suasananya yang sudah hidup, sudah banyak orang dan banyak tempat usaha
    dan tergolong masih dekat dengan pusat kota (grogol kota)
    puri metropolitan jalan masuknya yang agak susah, denger2 jalan masuknya sering macet dan banjir

    buat mas anjar,
    tolong dibahas mengenai perumahan di tangerang yang di luar serpong (BSD)
    soalnya butuh informasi mengenai perumahan tangerang seperti banjar wijaya, kota modern
    perumahan karawaci seperti palem semi

    bagi yang lain yang tau info perumahan2 diatas mohon infonya ya, apakah daerah2 tersebut banjir dan bagaimana dengan kondisi rumah dan suasana disana?

    thanks

  32. Tio Says:

    Assalamualaikum Wr.Wb,

    Mas Anjar,
    saya mohon informasinya mengenai pajak penjualan/pembelian rumah second.
    1. Apakah pajak tersebut biasanya sudah di masukan ke dalam biaya pajak dan adminstrasi oleh bank jika kita menggunakan KPR.
    2. bagaimana persentase nilai pajak tersebut untuk penjual dan pembeli.

    thank’s

  33. Riezkie Miyan Ekoputra Says:

    Ass. Wr. Wb.
    Halo, Mas Anjar. Lama banget ga ketemu. Mungkin Mas masih inget dengan aku. Kita beberapa kali pernah ketemu sewaktu masih di Yogya.
    Aku sekarang tertarik untuk membeli apartemen di Jakarta secara kredit, karena menurutku sulit untuk menemukan rumah di Jakarta, kecuali di kota pinggiran Jakarta. Apartemen yang aku tertarik itu City Park di Kamal, ama Menara Cawang. Jarak dari kantor ke kedua apartemen tersebut relatif sama (kantorku di Gatot Subroto 31).
    Nah, yang ingin aku tanyain:
    1. Apakah benar apartemen itu bersertifikat hak milik?
    2. Tanah apartemen berstatus HGB, apakah setelah HGB berakhir dan ternyata manajemen lalai memperpanjang, adakah jaminan bagi pemilik unit apartemen?
    3. Apa saja syarat untuk memperoleh KPA bersubsidi pemerintah? Take home pay-ku saat ini 2 juta (begitu pula dengan istri)
    Sebelumnya terima kasih atas tanggapannya.
    Riezkie.

  34. c-gate Says:

    Mas Anjar,
    Bisa Minta tolong dibahas, perumahan Dhaya Pesona Serpong.
    Iklan ada di website :

    http://www.rumah123.com/front_end/housedetail.php?adID=28876&lang=

    Lokasi ada di Bintaro dekat dengan Permata Bintaro, mungkin mas Anjar pernah tahu.

    Thx.

  35. Budi Says:

    pak anjar, saya adhe, saya sedang bingung untuk memilih rumah antara di bintaro dan di raffles hills cibubur, memang sih untuk masalah transportasi lebih nyaman di bintaro, alasan nya banyak alternatif kendaraan yang dapat dipakai, diantara nya saya bisa bekerja menggunakan krl(kereta api ac) dengan rute pondok ranji-sudirman dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, sedangkan untuk di ci bubur walaupun tersedia nya tol saya kuatir dengan kemacetan yang terjadi di jalan alternatif nya dan di tol nya, karena tempat saya bekerja di daerah thamrin jak-pus,mohon pencerahan nya untuk pak anjar, mana yang menurut pak anjar baik untuk saya ambil.serta plus minus nya tinggal di daerah tersebut.
    mohon pencerahan ,Terima Kasih

  36. yOen Says:

    Pak Anjar,

    Saya sedang cari rumah antara daerah cibubur dan kawasan serpong (serpong, bsd, bintaro), apa ada masukan neh mana lokasi yang sangat nyaman sebagai rumah tinggal.
    Terutama seh soal budget…kalau memang ada referensi perumahan di sekitar daerah tsb ??

    Thank’s

  37. kumala Says:

    Hai
    Bisa dibhas perumahan Mediterania Regency Cikunir ga? Aku udah panjer untuk tipe Catania 48/105. Lokasinya 1 rumah dari tol..mungkin sekitar 200m pinggir tol. Sebenarnya aku ga sreg karena logikanya rumah pinggir tol itu bising dan berdebu. Apalagi tipe kecil 1 lantai. Getarannya juga lama-lama bisa mempengaruhi konstruksi. Calonku pengen banget beli, tapi aku gak yakin .
    Tolong share dong bagi sapa aja yang tau mengenai masalah ini karena batas terakhir untuk booking fee tinggal 2 hari lagi. Sekaligus kira-kira ada komplek lain di sekitar tol jatibening / cikunir yang oke dan terjangkau atau tidak.
    Salam

    • roslina Says:

      hai aku ada saran nich kebetulan aku tinggal di jatibening disini ada perumahan essensial park harga rumah min 190jt lokasinya nggak jauh kok dari tol jatibening tapi lebih dekat lagi tol jatiwaringin dan tidak dipinggir tol agak masuk. juga ada jatiwaringin manshom ech gemana ya tulisannya pokoknya itulah lokasinya di depan gerbang jatibening 1 kalau berminat selamat melihat lihat ya

  38. andi Says:

    Mas anjar

    Tolong minta dibuat perbandingan antara Green Park Jatiwarna Vs Premier Bambu Apus

    anjar: sudah dibuat, di perbandingan green park vs premier bambu apus

  39. lyza Says:

    Alo mas pri

    saya tertarik sekali dengan sitenya http://bicararumah.wordpress.com
    terlebih2 saya lagi kebingungan
    begini mas pri,

    saya ingin berinvestasi tp bingung, sekarang waktunya ato blum, karena kebetulan kami sudah berkeluarga dan sudah mempunyai rumah, tp blom ada momongan, nach dengan pertimbangan itu, kami berencana beli kendaraan, dengan tujuan supaya lebih memudahkan kami untuk berobat, ato kesana kemari sehingga kami tidak terlalu cape, tp banyak masukan yg bilang katanya bagi kami kendaraan ini belum terlalu perlu, karena kami jg masih berdua

    tp dilaen pihak, kami jg ingin berinvestasi, nach ini yg bikin bingung, kira2 apa dulu yg lebih di utamakan, kendaraan ato investasi rumah/apartemen
    karena kami juga tertarik dengan investasi rumah/apartmen ini, tapi berhubung dana yg tidak memungkinkan, jd kami harus memilih, karena kami sudah mengambil KPR mandiri, perbulan 2,3jt, sementara join income kami sekitar 15jt

    nach dengan melihat join income kami, kira2 bisa gak ya kami mengambil 22nya, kendaraan dan investasi rumah/apartemen

    jika investasi rumah/apartemen lebih menguntungkan, kira2 investasi apa yg paling bagus, rumahkah ato apartemenkah
    demikian mas pri, mohon masukannya ya

    Terimakasih
    Lyztia

    • riyan Says:

      mas izya saya ada saran untk anda ber investasi.sebaik nya anda beli tanah/lahan aja di daerah kaltim,krn dsna blh dikatakan daerah br berkembang,dsmping itu dsna tanah nya mengandung batu bara,kmren tmen saya beli tana dsna seharga 3rts juta bgt dpt 3bln ada pengeboran dr perusahaan tambang batu bara trz dibeli 2,8rts m.untk tukar ilmu hbng email saya di.ryan.afriyansyah@gmail.com

  40. Handoko Says:

    Pak Anjar saya mau tanya nih. To the point y

    Pak saya mau bertanya tentang SHGB dan SHM. Perumahan baru itu kan banyak yang suratnya masih SHGB sedangkan SHGB ada jatuh tempo (sekitar 20 thn). Nah jika belum masa habis SHGB saya buat jadi SHM ada resikonya ga Pak? Tentu saja proses itu melalui notaris. Tolong jawab secepatnya ya Pak. Saya tunggu

    Terima kasih.

  41. mbako Says:

    waktu saya akad KPR beberapa waktu yg lalu, saya ditawarin oleh developernya mau peningkatan hak langsung nggak ? dari SHGB menjadi SHM ? ya udah saya blg aja langsung saja ditingkatkan jadi SHM, trus saya bayar 1,5jt. skrg saya tidak tahu kelanjutannya krn surat2 kan ada di bank, cuma menurut info dari notaris pada saat akad, perubahan itu paling cepet satu bulanan.

  42. adi Says:

    mas anjar, kalo gaji bersih saya + istri = 12 juta bisa dapet rumah yang seperti apa di bintaro? kita berdua kepingin yang lingkungannya asri , bagus untuk membesarkan anak.

  43. Agung Says:

    Mas Anjar,
    Mohon dibantu info harga-harga, Type, Fasilitas rumah di Perumahan Galaxy Permai Bekasi dan harga di Bawah 300jt an ada ga ya…?
    Terimaksih atas jawabannya.
    salam,
    Agung.

  44. Dina Says:

    Pak Anjar,
    Mau tanya kalau harga tanah di daerah Pamulang Permai I berapa ya harga pasarannya sekarang? Terus kalau Rumahnya lokasinya strategis cocok buat usaha karena letaknya di sudut dengan luas tanah 400 m tapi bangunan masih standar tipe 95. cocoknya harga jualnya berapa ya untuk daerah Pamulang Permai (lokasi dkt ruko ruko dan Hero Pamulang). Terima kasih sebelumnya.

    Wass,
    Dina

  45. budi Says:

    Pak Anjar,
    Mau Tanya seputar isu yang melanda cibubur country apakah memang benar sedang terjadi konflik unutuk masalah kepemilikan atas izin tanah pada lahan tersebut!!
    antara pihak pengelola dan warga dan pihak2 lain???
    saya rasa itu saja!!
    terima kasih!
    salam
    Budi

  46. Emilly Says:

    Met pagi Pak Anjar,
    wah maaf nih sy gabung di millis ini tp ga kulonuwun dulu….
    tp langsung nyelonong aja…
    seneng sekali bisa gabung di sini,banyak informasi yg saya dpt dan sgt bermanfaat.
    Btw sy ingin pasang pic sy gmn caranya?
    thx

    anjar: pic, itu pakai gravatar, silahkan daftar disana mbak

  47. leny Says:

    mo nanya nih, klo perumahan jatimelati bulog 3 yang di daerah pondok gede, deket sama puri gading, banjir g ya? soalnya setelah melihat lokasinya kayaknya enak juga tuh klo bisa tinggal disitu…..
    Trims buat saran2nya

    anjar: silahkan di cek di survey perumahan pondok gede

    • Dibs Says:

      Dari info yg tinggal dekat sana ,Disana kalau hujan masih banjir , yg saya tahu sampai saat ini belum ada solusi kemana air akan dibuang

  48. Bayu Says:

    Pak Anjar,
    saya mohon informasinya mengenai perumahan di bukit sentul atau sentul city? Soalnya saya ada rencana mau beli rumah disana kebetulan dekat dengan lokasi kerja istri (lokasi kerja istri di ciawi)
    trim’s before

    anjar: silahkan di cek di perumahan terbaik di sentul, bogor

  49. Handoyo Says:

    Mo Tanya donk

    tatacara pembuatan sertifikat adapun sertifikat atasnamanya sudah alm jadi mau dipecah ke orang lain yaitu anaknya Alm

  50. ranggax Says:

    maaf mau minta pendapat… gimana ya caranya untuk meminta hak tanah rumah kami. tanah kami di caplok oleh cibubur country. mereka mengaku sudah memiliki sertifikat tanah kami dari pihak luar. dan katanya sertifikat itu memiliki kekuatan hukum?? bagaimana dengan nasib kami???? kami harus gimana lagi.. kami hanya orang kecil yang ga punya punya pengaruh apa2 dibanding dengan perusahaan besar cibubur country….

  51. alfan noor rakhmat Says:

    hak bagi perantara / makelar atas jual beli yang saya tahu adalah 2,5%. nah 2,5% itu dari total penjualan, ato masing masing penjual 2,5% dan pembeli 2,5%. thanks……. penting bgt nih

  52. Drs. Agung Laksono Says:

    Saya Anggota DPRD yang tertipu
    Ternyata CIBUBUR COUNTRY perumahan sejuta masalah…
    Menyerobot lahan kuburan, tanah warga, perusahaan lokal, bahkan tanah pendidikan milik salah satu universitas pun kena getahnya…
    saya sarankan pada calon pembeli CIBUBUR COUNTRY untuk mencari alternatif lain agar tidak menyesal

  53. DHANIS Says:

    Pak,

    Saya mendapat penawaran rumah 2nd di Dukuh Bima Bekasi Timur dengan kondisi after renov & baik LT/LB 162/126 dan sangat tertarik. Harga yang ditawarkan 300jt.

    Yang ingin saya tanyakan :

    1. Kira-kira biaya yang akan muncul apa lagi & berapa? Khususnya jika saya ingin mengambil KPR (provisi, balik nama, notaris, dll).
    2. Ada saran KPR yang paling baik, sementara ini saya ansabah bank permata & bca.
    3. Bagaimana cara pengurusan SHM balik nama? Bahaya tidak ya jika saya beli rumah ini, mengingat SHM masih atas nama keponakan dari penjual rumah.

    Terima kasih

  54. Andreas Says:

    hi….
    ada satu petak rumah yg dibeli oleh kakek saya tahun 1979, tapi hanya ada “akte penjualan dan pembelian” yg dibuat oleh notaris PPAT waktu itu.Tidak ada sertifikat hal milik apapun.

    isinya lebih kurang menyatakan telah terjadi pembelian sebuah bangunan bertingkat 1 1/2 berikut turutannya, lengkap dengan saluran air dan listrik yang terletak di ….., didirikan di atas sebagian daripada sebidang tanah bekas geran Kontelir C4072, satu dan lain yg telah diperoleh penjual karena pembelian berdasarkan akte penjualan dan pembelian tgl ….. no. …. dan seterusnya beserta pasal pasalnya.

    Yang ingin saya tanyakan:
    1) Bagaimana cara memperoleh sertifikat atas akte rumah ini?
    2) Bagaimana status kepemilikan rumah tersebut?
    3) Berapa besar estimasi biaya untuk memperoleh sertifikat tsb?

    Terima kasih.

  55. Rufus Says:

    Saya mau kasih info tentang Raffles Hills. Hati-hati dengan raffless hills, saya korban beli rumah di Raffless hills blok EE. Certificate juga jadi 2 tahun padahal saya sudah lunas. Sekarang saya harus pindah lagi…Walaupun saya di kasih ganti rugi Rp 750.000.000 karena pembangunan jalan Tol, itu jg karena kita main belakang dengan Bpk Theo ketua pembebasan tanah (P2T). Sekali lagi hati-hati…………

    http://bicararumah.wordpress.com/2007/06/13/yang-terbaik-di-cibubur-perbandingan/#comment-327

  56. Diandra Says:

    Pak, saya mau tanya..saya sedang mengajukan kpr utk rumah second di cibubur seharga 230 jt, tp statusnya msh PPJB. Saya sudah coba Bank panin, NISP dan terakhir Mandiri. di Panin dan NISP saya lolos BI Checking tp Panin memberi plafon 100 jt dan NISP 123 jt, tp di mandiri saya tidak lolos BI checking. Sebenarnya apa sih yg paling berpengaruh di BI checking..Saya memang ada hutang kartu kredit tp sebagian sdh lunas, hanya tinggal KTA di 2 bank saja. Kira2 ada referensi bank lain gak? terima kasih atas jawabannya.

  57. isnaryanto Says:

    Selamat siang mas Anjar,
    Mohon bantuan untuk masukannya mengenai perumahan di Tangerang… saat ini kami sdang mencari rumah disana, mengingat istri bekerja disana sedang saya di Jaktim…
    Beberapa waktu lalu ada penawaran menarik di perumahan Bumi Mas Raya, Cikokol/Kebon Nanas… Menurut kami aksesnya bagus (deket exit tol Kbn Nanas), fasilitas deket Carefour ama Modern Land (lwt pintu blkg ada BPK Penabur, RS Honoris, Mal Metropolis,dst)…
    Yang jadi pertanyaan, kok kelihatannya lingkungannya kurang rame ya… perkembangannya kok kelihatan gitu-gitu aja…
    Kenapa ya??
    # developernya (PT. Intermegah Permata) yang kurang agresif kah?? Mengingat marketer yang ada kelihatannya adem ayem saja ketika kita antusias bertanya…
    # faktor security kah?? Lingkungan yang terbuka (kampung sekitar)
    # dari segi harga vs lingkungan kah?? Price list untuk tipe 47/125 udah di 240-an… trus 45/90 di angka 200-an juga…
    Sekiranya ada masukan dari mas Anjar & rekan yang lain, terima kasih sebelumnya…

  58. i_wibowo Says:

    Dh,
    Saat ini kami sedang searching tempat tinggal, ada yang sudah cocok namun dalam bentuk kavling siap bangun 120sqm… tadinya sang property agent menawarkan totally diangka 250-an sudah termasuk dengan bangunanya (tipe 48/2 kt)…
    Terdapat 3 option untuk merealisasikannya :
    1. Dengan DP 90-an sisanya kita lakukan KPR… simpel ngikutin apa yang umum dilakukan…
    2. Cash bertahap dengan dana awal 90-an tadi kemudian kita mo agunkan rumah yang sekarang kita tinggalin (estimated harga pasar 200-an)… kemungkinan bisa neken harga dari sang pemilik, tapi mgkn ribet agunin rumah (blom pernah ngelakuin, ga tau ribet ga ya…)
    3. Ambil kavling aja dengan dana awal tadi plus cari tambahan, trus dana agunan rumah buat bangun sendiri… kemungkinan lebih murah, puas dengan pilihan spec & tipe bangunan… tapi udah kebayang ribetnya… krn kita b’dua sama-sama kerja…
    Nach… mas Anjar yang budiman dan rekan-rekan yang lain, mohon masukannya dong…
    Thanks b4…

  59. agus Says:

    saya mau beli rumah saudara tapi uang masih kurang tapi saya masuk ke dengan jaminan kpr tolong di perjelas tentang persyaratan nya

  60. Rey Says:

    minta info terbaru dunk perumahan di depok yg deket sama stasiun KA. Thanx bgt

  61. Tomcat Says:

    Hi All,

    Yuk ngebahas Hemat Energy & share Tips-tipsnya disini…………………….

    1.) Saya mau bertanya mengenai seputar AC, lebih baik menggunakan AC 1PK tapi dikecilin dinginnya atau menggunakan AC 1/2 – 3/4PK tapi dibesarin dinginnya?

    2.) Kira – kira AC utk ukuran X lebih cocok utk Ruangan berapa kali berapa?
    – AC 1/2 PK = ?
    – AC 3/4 PK = ?
    – AC 1 PK = ?
    – AC 1 1/2 PK = ?

    Dengan asumsi ruangan tsb kamar tidur dan hanya 2 orang penghuninya, tentunya banyak orang juga berpengaruh dan benda – benda yg mengeluarkan panas disekitar ruangan tersebut mempengaruhi
    (Besar dan banyaknya jendela pada saat siang hari mempengaruhi panas di dalam kamar)

    3.) Kira-kira berapa besar ukuran listrik (220 – 330 – 440) yg sesuai utk suatu rumah jika terdapat :
    – 5 Buah AC ukuran 1 PK (Sudah termasuk 2 K.Tamu & 1 R. keluarga tidak selalu digunakan)
    – 1 Kulkas
    – 1 Dispenser
    – 1 Mesin Cuci
    – 1 Microwave
    – 1 Jet Pump
    – 2 TV LCD
    – 1 Set Komputer
    – 12 Lampu (termasuk lampu taman di malam hari)

    Thanks All

  62. djoko Says:

    Menjawab pertanyaan Diandra, mengenai BI checking itu yang penting kewajiban di Bank tersebut sudah diselesaikan atau Bank tersebut belum melakukan update data laporan yang dikirimkan ke BI, sehingga dalam database masih tercatat ada kewajiban yang harus Sdr. selesaikan. Mungkin ini bisa membantu

  63. lili Says:

    dear all,
    saya minta info tentang perumahan griya nusantara cibubur.Trims

  64. ivan Says:

    Saya pegawai BUMN dengan penghasilan bersih 6 jt/bulan, punya rencana untuk membeli rumah di sekitar daerah jabodetabek, kira-kira perumahan mana yang direkomendasikan untuk saya dengan pertimbangan:
    1. Kemudahan akses ke tempat kerja saya di daerah tanjung priok Jakut.
    2. Daerah bebas banjir.
    3. Minimal type 45 dengan plafon harga mak. 250 jt.
    Sekian terima kasih.

  65. Renata Says:

    Hai,
    Saya berminat membeli rumah di daerah Cikarang. Budget saya hanya 150jutaan. Mungkin bisa sharing bagi teman2 yang tinggal di Cikarang antara Villa Mutiara Cikarang dan Kota Hijau Cikarang Baru dari segi kualitas bangunan, fasilitas dan infrastruktur nya.
    Terima kasih

    admin: dipindah di bicararumah.com

  66. bangun Says:

    Hati- Hati Menghadapi “Kepandiran” Sales & Sales Manager
    PT.MODERNLAND REALTY Tbk.

    Hari Sabtu pagi jam 12 siang saya via telp menyatakan tertarik untuk memesan 3 unit(untuk saya, saudara dan teman) Apartemen Bersubsidi yang terletak di Kota Modern Tanggerang.

    Sang sales ( Barat. A) menyatakan ada biaya fasilitas sebesar 9 -13 juta untuk view yang indah baik padang golf dan laen-laen. Karena saya di desak untuk menentukan dalam 5 menit, maka saya katakan ” saya sangat serius tertarik dan untuk menyatakan ketertarikan saya dalam 3 menit saya transfer 3 juta untuk 3 unit dgn catatan hold sampai saya datang untuk menyetujui unit mana dan saya ingin melihat apa yang dijanjikan.

    Dari bandung saya kebut tanggerang dan tiba di lokasi jam 16.30. saya sangat kecewa karena :
    1. Unit yang dikatakan dengan view indah dll itu blom jelas dimana letaknya dan unitnya belum jadi. Yang ada adalah kerangka bangunan yang terbengkalai bertahun tahun yang akan dijadikan apartemen bersubsidi.
    Hal ini tidak diterangkan oleh sales ( Barat A) pada percakapan via telp.
    Ternyata menurut sales tsb, unit akan jadi paling cepat tahun depan.
    Kebohongan besar dilakukan kepada konsumen dengan tidak menyampaikan informasi detail terhadap produk yang dijual.

    2. Sales (Barat A) dengan semena-mena memindah tangankan duit 3 jt saya lgs ke rek perusahaan,
    (saya mentransfer bukti keseriusan saya ke rek pribadi dia dan menekankan saya akan setuju/tidak setelah saya tiba di lokasi) padahal saya katakan dari awal saya akan menyetujui setelah saya disana melihat apa yang dijanjikan beberapa jam kemudian.
    Buat apa saya datang jauh jauh dari bandung kalo memang tidak butuh persetujuan saya untuk menyetujui pengalihan uang saya ?

    Setelah berdebat sana sini,..datang Sales Manager (Ferry John.MM) yang menurut hemat saya termasuk pandir.
    Dia tidak bisa memberi keputusan atas kesalahan anak buahnya .Dia hanya menyatakan “akan membantu”.
    Saya tegaskan,..”Saya bukan orang yang mau dibantu, Saya hanya ingin dihargai,mereka semena mena memindah tangankan uang saya dan unit yang memiliki pemandangan indah yang dijanjikan akan saya liat di lokasi adalah
    rangka bangunan terbengkalai bertahun tahun. Dan saya minta mereka wajib meminta maaf atas 2 kesalahan besar itu.

    Saya tidak perintahkan untuk mengalihkan uang saya
    dari rek pribadi sales (Barat A) ke rek perusahaan. Malah Ferry John MM. (sang pimpinan tertinggi saat itu), memanggil polisi, tindakan bodoh seorang manager.
    Saya tidak tahu itu mau menekan saya agar takut atau apa.
    Saya tidak tanda tangan selembar kertas apa pun sebagai persetujuan tapi uang saya telah mereka pindah tangankan.
    Ini yang membuat saya kesal dan kecewa.

    Melalui surat terbuka ini saya ingin mengingatkan para calon konsumen dari Program Apartemen Bersubsidi agar
    sangat hati hati terhadap rayuan para sales maupun pimpinannya. Jangan sampai konsumen diadukan ke polisi atas kebodohan/kesalahan mereka seperti yang nyaris terjadi kepada diri saya.

    admin: dipindah ke sini
    http://bicararumah.com/content/apartemen-bersubsidi-kota-modern-tangerang

  67. Lesy Nugraheny Says:

    Mo tanya perumahan daerah pondok bambu? Pertimbangan daerah tidak banjir dan akses ke dalam atau keluar perumahan mudah. Kisaran harganya..

  68. Febs Says:

    ya elo ny yg goblok..teliti dulu donk sbelum memutuskan sesuatu..

  69. Ihsan Says:

    Mo nanya juga nih.

    Saya beli rumah disebuah perumahan di daerah Bekasi. Baru2 ini saya sudah menerima fotokopi IMB dari Bank. Itu juga setelah saya menanyakan beberapa kali ke pihak developer. Nah pada saat saya baca IMB tersebut, disana tertera untuk bangunan sendiri tertera seluas 55m2. Sementara pada brosur dan daftar harga mereka yang saya baca pada saat membeli rumah tertera 64m2. Saya hanya melihat bahwa berarti ada kekurangan sekitar 9m2 dari rumah yang saya beli itu.

    Mungkin ada yang bisa bantu mengenai hal ini? Apa memang hal ini merupakan sesuatu yang wajar2 saja. Memang sih setelah saya ukur2 bangunan itu sesuai dengan IMB, tapi kok tidak sesuai dengan brosur yg ditawarkan. Kenapa ngga ditulis di Brosur tipe 54 ato 55 saja.

  70. devi Says:

    Saya dapat email ttg akan dipasarkannya Apartemen di daerah Cibubur. Yang masih merupakan wilayah Jakarta Timur.
    Apakah ada yang tau info ttg hal ini? dimana ya lokasi tepatnya?

  71. Didin Says:

    Salam kenal,
    Saya mohon informasi tentang jarak aman antara rumah dan sutet, soalnya ketika saya hendak take over ke Bank Mandiri marketingnya bilang tidak bisa karena peraturan mereka katanya 500 m. Nah kenapa bank asal saya ketika saya mengajukan KPR lancar?
    Sekian dan terima kasih

  72. wihandaya Says:

    Mas anjar saya mengambil KPR sistem syariah. Untuk Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo (PSJT) dikenakan 3 bulan margin (pinalthy). Apakah itu normal atau mahal. Mohon tanggapannya mas….

  73. anurese Says:

    kondisinya sama seperti mencairkan deposito sebelum jatuh tempo nya, bank mengalami kerugian jika anda lakukan itu, makanya kena penalty.

  74. Ade Says:

    Pak saya mohon penjelasan Apabila megrus balik nama sertifikat tanah, kan seolah – olah terjadi lagi akte jual beli yang biayanya sbb:
    1. 2.5 % Desa / Kelurahan
    2. 5 % Camat / PPAT
    3. 2.5% Pajak
    semuanya % tase dari NJOP, yg saya tanyakan, yang semestinya bagai manakah aturannya.
    disini saya menemukan kerancuan bagi negara saja hanya 2.5 %, sedangkan untuk desa+camat/ppat hingga 7.5%.

    Mohon bantuan Bapak, aturan yang sebeanarnya berapa sih ?

  75. anurese Says:

    tanya ke notaris aja soal aturan mainnya. klo trnyata smua itu trnyata akal2xan mereka, coba dekati dulu mereka para oknum itu, kasi tau kalo kita tahu aturan yg sebenarnya, dan ancam mereka klo masih bertahan dgn 2,5%, kita pake pengacara, dan paksa mereka menerima jumlah uang yg kita patok, pasti mau lah, mereka orang susah, mana mau kita bikin susah keluarga mereka dgn pengacara yg kita bawa? hahahahahhaha

  76. kristina Says:

    pak priandoyo yang terhormat,
    saya berencana menjual tanah ayah saya.2 bidang tanah seluas 1792m2 & 984 m2.
    menurut bapak website mana yang bisa banyak peminatnya ya pak?
    maaf kalau pertanyaan saya tidak sesuai dengan web ini.

    terimakasih.

  77. Nina Says:

    Halo…
    saya sudah baca beberapa info dari situs ini, di sini dikatakan 3 terbaik perumahan di daerah sawangan cinere…yaitu bukit rivaria sawangan, depok maharaja n bukit golf sawangan.

    saya sebenarnya tertarik dengan bukit golf sawangan..tetapi saya baca di suatu majalah, di katakan carilah lokasi yang dekat dengan sekolah, rumah sakit. memiliki fasilitas kolam renang umum, pasar swalayan, tempat makan dan mal.

    kebetulan saya ke perumahan tersebut, pada hari minggu sore. dan saya liat jalan menuju ke cluster2 yang ada didalamnya tuh sepi n gelap…tidak ada keamanan sepanjang jalan tersebut kecuali pas di pintu2 gerbang cluster nya. dan untuk pasar swalayan sendiri saya liat tidak komplit..kalo mall sendiri saya rasa yang depok or di cinere..sebenarnya saya n suami tertarik dengan tempat tersebut…tapi saya belum menanyakan banyak kepada marketingnya..

    yang menjadi pertanyaan saya.
    1. Amankah komplek tersebut, karena saya pulang pergi kantor akan berangkat sendiri..
    2. Adakah kendaraan menuju ke cluster masing2..
    3. dibanding 3 terbaik tadi…mana yang lebih terbaik..

    mohon jawabannya dari mas anjar…
    Terima kasih
    nina

  78. Dewin Purnama Says:

    saya sedang mencari rumah di daerah kalisari seharga 250-290 jt , mohon bantuan nya apabila ada yg ingin menjual rumah di daera tersebut. terima kasih

  79. Parmin Says:

    Kalo saya sih santai saja. Saya bisa beli rumah apa aja. menengah ke atas deh. gak usah pusing-pusing mikiran dp lah cicilan lah apa lah.
    wong saya kaya kok.

  80. Meecha Says:

    Dear All,
    Ada yg tau ga info ttg perumahan Puri Asri Sawangan? Lokasinya dekat Taman Melati? Siapa pengembangnya & kisaran hrgnya?

  81. ijabar Says:

    Ada yang tahu mengenai perumahan griys rajawali di daerah sawah baru, ciputat. Tolong di sharing dong…
    Kebetulan saya ada rencana untuk ambil, tapi saya butuh opini dan masukan2nya . TQ

  82. ijabar Says:

    Ada yang tahu mengenai perumahan griya rajawali di daerah sawah baru, ciputat. Tolong di sharing dong…
    Kebetulan saya ada rencana untuk ambil, tapi saya butuh opini dan masukan2nya . TQ

  83. me Says:

    Saya mau list harga Perumahan di Cibubur: Bukit Golf, Citra Grand, The Address , etc..let me know.thanks

  84. joyy Says:

    Kpd YTH,
    Moderator dan rekan2 Semuanya..

    Sebelumnya salam kenal untuk semua. Begini permasalahannya, saya berniat membeli sebuah rumah ‘used’ di salah satu perumahan di Parung-Bogor. Ada satu rumah yang menurut sy sudah cocok baik lokasi,kondisi rumah dan harganya, namun kemarin pihak penjual yang diwakilkan oleh pengelola perumahan ybs mengatakan bahwa rumah dengan tanah 78m2 yang akan sy beli tersebut ternyata memiliki 2 buah sertifikat HGB dengan 2 desa yang berbeda (mungkin di perbatasan desa).. Menurut rekan2 apakah ini merupakan hal yang biasa dan tidak akan menjadi masalah ke depannya buat saya jika rumah tersebut saya beli? Sy mohon masukan dan tips dari rekan2 semua ttg kebingungan sy ini.. Sebelumnya sy ucapkan terimakasih banyak!
    Salam,

  85. fiet Says:

    halo…iki mas anjar ikomp UGM bukan ya?klo iya brarti adik klsnya suamiku yaa..(mekom).yo wis aku ikut nimbrung mas…maybe punya info griya insani townhouse jagakarsa(website) klo ada.lg hunting nih….thx sebelumnya.Btw,msh di bintaro?

  86. Agung Says:

    Mas Anjar, saya mohon pencerahan,
    Saat ini umur saya 24thn. Rencana mau ambil rumah 450jt. Saat ini sudah ada dana cash 45%. Pertanyaan saya:
    1. Biasanya bank menentukan DP 30%, ini fixed value, atau minimal value?
    2. Saya baru bekerja 2 tahun kurang 3 bulan. Kira2 chance untuk mendapatkan KPR-nya bagaimana ya, karena tertulis biasanya minimal 2 tahun kerja.
    3. Ada saran, dgn luas tnh +-120m yang lokasi nya tidak terlalu jauh dr pusat kota, tentunya jg sesuai dengan planning budget saya. Kemarin sempat lihat2 di citragran. Barangkali ada option yg lain
    4. KPR yang terbaik untuk saat ini? (dlihat dr suku bunga, kemudahan pengajuan, dll)
    Many thanks Mas Anjar

  87. yasin Says:

    bisa minta email-email yang tinggal di cibubur country kita mau ngumpulin anggota yang tinggal disana

  88. miao Says:

    moderator dan rekan2, mohon bantuan’a dunk…
    saya sedang mengajukan kpr (bersubsidi) di bukit vila bojong gede daerah sekitar bogor (jln raya parung), yang sedang saya khawatirkan adalah permohonan kpr saya tidak dapat dikabulkan, karena 1). saya msh singel, 2). status pekerjaan saya masih kontrak.
    gimana solusi-nya yaa???

  89. kentut busuk Says:

    kpr ditolak? kerja sama aja ama petugas di developer biasanya mereka punya trik trik tertentu sehingga kpr-nya disetujui………..

  90. Kerto Wijoyo Says:

    @Miao, ada benarnya comment Kentut Busuk,
    atau kalau ada pilihan KPR di bank lainnya coba aja, siapa tahu kan disetujui,
    teman saya waktu itu apply di BNI syariah ditolak, terus ke Niaga syariah akhirnya dpt diterima, kasusnya sama persis dengan anda, masih pegawai kontrak, semoga dpt menjadi masukan :)

  91. tiwi Says:

    salam kenal semua, saya mau info Sawangan Village Regency yang lokasinya di Sawangan Depok. Perumahannya masih baru, gimana developernya? Juga pengolahan sampah di perumahan itu gimana?
    thanks buat jawabannya.

  92. hendra stevani Says:

    saya mau bertanya mas, bila ibu mertua saya mau mengambilkan KPR rumah untuk istri saya apa bisa ??
    thank before
    nb
    gaji mertua saya 2.800.000
    istri 1.200.000

  93. Ali Says:

    Pak Numpang Promosi ya…

    Saya jual Rumah Baru di Komp. Villa Kalisari.
    – Lokasi strategis, memiliki dua akses; Cijantung dan Kelapa Dua (akses UI).
    – 20 menit ke TB. Simatupang (Tj. Barat), 10 Menit Ke Gunadarma / UI.
    – Lingkungan Kompleks, Keamanan 24 Jam.
    – Asri, Bebas Banjir.

    – Type 36/107 Rp 195.000.000,- KPR, Bangunan Ready
    – Type 70/120 Rp 347.550.000,- KPR, Bangunan Ready
    – Type 54/150 s.d. 280 (7 Kav) Rp 346.500.000 s.d. 493.920.000,- KPR, Bangunan Indent 3 bulan.

    Harga diatas harga KPR, yang mau Beli Cash/Tunai, saya ada harga spesial (Diskon)..

    Bagi yang berminat bisa hubungi saya di
    99800474 atau 08158009465

  94. ilham Says:

    Hai. Meecha..
    Bisa lihat di sini :http://puri-asri.blogspot.com
    saya adalah konsumen pertamanya.
    sekarang rumah saya sudah jadi dalam jangka 2.5 bulan
    Qualitas secara keseluruhan cukup bagus. yang paling saya suka tinggi dari lantai ke ceilingnya cukup tinggi sekitar 3.5,dalamnya bisa di customize sesuai keinginan konsumen
    dan dedepan ada balcony yang cukup nyaman
    bisa contact saya di :ilhabib@gmail.com untuk sharing pengalaman.

  95. Thata Says:

    Mau tanya pak. Harga rumah atau tanah di daerah Pulo asem saat ini berapa? Krn ada teman yg ingin menjual rumah ukuran 6 x 15 m2 (YKP). Terima kasih

  96. wahyu Says:

    selamat siang semuanya,

    salam kenal, saya ada pertanyaan nih. jika saya ingin menjual rumah yang masih saya jadikan agunan dengan hutang kredit yang masih berjalan, apakah itu memungkinkan? saya tidak ingin si calon pembeli jadi khawatir karenanya. soalnya saya ingin melunasi hutang saya di bank dengan agunan rumah tersebut dengan uang pembayaran di depan dari si calon pembeli dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saya yang lainnya. terima kasih sebelumnya.

  97. lidi Says:

    Salam kenal….

    Saya ada pertanyaan nih. Saya bekerja di tomang dan suami di gambir. Kami ingin membeli rumah dengan harga < 200 jt dan angsuran < 2 jt (lewat KPR Bank Syariah). Selama ini kami tinggal di Cipedak (jaksel). Niatnya kami ingin mencari di sekitar tangerang atau depok yang bisa ditempuh ke tempat kerja dengan motor kurang dari 1 jam. Kira-kira perumahan mana ya yang cocok dengan keinginan saya?

    Mohon sarannya, plus info perumahaan yang cocok.

    Thanks…..

  98. enang Says:

    mau tanya nih, di situs mana dapat saya temukan mengenai rencana tata kota, misalnya adanya penggusuran di daerah tertentu oleh pihak swasta, dll.
    Terima kasih.

  99. Rudi Says:

    Ada yg tau no. telepon kantor pemasaran perumahan antariksa permai cikeas ga?

  100. maswal Says:

    mau tanya saya butuh rumah di lingkungan perumahan yg dekat dgn UKI/pasar rebo, budget sekitar 250-300jt an cash…
    help yah…

  101. Gazter Says:

    Klo Perumahan Mandosi Permai, Jatiasih rawan bajir nggak yah???? Mohon infonya……

  102. Miranti Says:

    Salam kenal…
    Saya tertarik dengan perumahan Mutiara Sentul Bogor yang terlihat nyaman dan teratur…. Ada yang mau sharing tentang pengembang, kualitas banguan, fasum, PDAMnya, IPL dll? Thanks ya….

  103. Anist Fahimah Says:

    Bagaimana status rumah KPR yang sudah diambil alih oleh bank karena kredit macet? Apakah nasabah masih dianggap berhutang kepada bank tersebut? bagaimana pula status nasabah di BI, apakah akan di Black List? Jika nasabah ingin mendapatkan berita acara / dokumen serah terima rumah dari nasabah ke bank, bagaimana caranya? Apakah nasabah masih bisa KPR lagi di bank lain?
    Mohon penjelasanya….

  104. Anist Fahimah Says:

    Bagaimana proses over credit KPR?
    Adakah biaya yang harus di keluarkan?

  105. Santi Says:

    Saya dan suami berencana membeli rumah di Nerada Housing Ciputat, apakah ada yg tau kualitas bangunannya spt apa? ada yg bisa kasi saran atau info mengenai Nerada? krn saya blm pernah mendengar nama developernya (grup duta putra)..

    Terima kasih sebelumnya…

  106. Rachman Says:

    All, tolong bantu dunk,
    saya mohon informasi tentang daerah2 ini,
    – adakah perumahan baru disini?
    – apakah banjir ?
    – apakah akses ke kelapa gading banyak ?
    – adakah harga nya sekitar 100-250jt ?
    daerah-daerahnya :
    pulogebang :
    – taman modern
    – taman pulo gebang
    – pulo gebang permai
    – harapan baru 1
    – harapan baru regensi
    kranji :
    – harapan jaya
    – harapan baru 2
    – taman titian indah
    – perumnas bekasi 1 (jl pemuda)
    – duta kranji
    – bumi fajar indah
    – griya jatisari
    – bumi satria kencana
    – perumnas bekasi 2
    bintara :
    – griya bintara indah
    – prima bintara
    – mas naga bintara
    – komplek bintara 3 & 2
    – bintara jaya permai
    – jaka sampurna

    thx ya :)

  107. Taufik Ismail Says:

    Kepada Bapak2 dan Ibu2, mo numpang tanya, saya kerjanya di menara cardig halim dan mau cari rumah kontrakan yg deket dengan tempat kerja, ada rekomen perumahan di sekitar daerah tersebut? dengan 4 kamar tidur luas tanah maks 300 m2. thanks.kalo ada info boleh email ke tanggoindia@yahoo.com

  108. adit Says:

    Perumahan menengah terbaik di Jatiasih apa ya ????

  109. Gazter Says:

    Mungkin Sakura Regency….. strategis… deket akses Tol Jatiasih, dan bebas banjir…. harga relatif…..

  110. berna Says:

    perumahan menengah di jakarta selatan ada yang tahu?

  111. Deny Says:

    saya mau tanya, saya lagi renovasi rumah yang luasnya 60M (type 29), dimana saya renov menjadi 2 lantai. selagi saya bangun datang orang PEMDA BEKASI yang menanyakan IMB, padahal status rumah saya masih Kredit BTN, yang saya tahu kalau belum lunas kan tidak bisa mengurus IMB, karena surat menyurat dan IMB asli ada ditangan Bank, tapi orang Pemda tersebut bilang bisa mereka urus, walaupun surat2 masih ditangan Bank, apakah benar dengan pernyataan orang PEMDA tersebut atau hanya akal-akalan orang itu saja yang ingin cari uang rokok? dan dia juga akan memberikan surat undangan untuk datang ke Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, mohon penjelasannya dari Bapak2 yang mengerti Hal ini. Terima kasih

  112. willy jeremy Says:

    DIJUAL RUMAH2 MINIMALIS MODERN TROPIS: 1)TIPE 24/60, 2Kmr.Tidur,KM/WC 2)TIPE 28/72: 2Kmr.Tidur,KM/WC, 3)TIPE 36/90: 2Kmr.Tidur+1Kmr,KM/WC, 4)TIPE 42/105: 3Kmr.Tidur,KM/WC. ASUMSI BUNGA 13%.
    Bbrp MANFAAT yg akan ANDA DAPATkan : 1)TENANG dan NYAMAN, 2)Dekat dg Perumahan BINTARO & Bumi Serpong Damai/BSD, 3)Di depan Gerbang dilalui Angkot Jur.BSD-Ciputat, 4)HANYA 5-10 menit ke Stasiun KA Sudimara,BUS Trans Bintaro-Sudirman,Jalan TOL Bintaro, 5)BEBAS BANJIR, krn selisih 6M dari Permukaan Air Normal Kali Angke, 6)Ada CLUBHouse, SistemCLUSTER, Luas HANYA 5 Hektar. Tersisa 100 unit lagi. Harga sewaktu2 DAPAT BERUBAH.
    Kami TUNGGU KEDATANGAN ANDA di KANTOR Kami di Jl.Sumatera-Astek,Bintaro Jaya Sektor9 dan Villa Bintaro. OPEN HOUSE setiap hari SABTU & MINGGU. INFO Hubungi:WILLY JEREMY/021-91023213.Thanks!

    Developer:
    PT. Dhaya Murni Putera / LJ Hooker
    Kantor Pusat Menara Kadin

  113. anto Says:

    minta info perumahan baru

  114. Lisa Says:

    Ada yang bisa ngasih informasi gak ?
    Aku butuh rumah yang agak besar dengan 3 kamar tidur, halaman luas dan ada kolam renang keluarga. kira2 di perumahan mana yaaa ? Makasih informasinya.

  115. titan Says:

    saya mau tanya, papa saya dulu mengambil kpr di bank permata lalu kemudian pada tahun 2007 papa saya meninggal tetapi bank permata tetap menagih biaya cicilan kpr saya jadi pengen tau bagaimana sih prosedur perjanjian antara bank dengan debitur, bukannya jika peminjam atau debitur meninggal utang pi utangnya lunas yah??tolong bantu saia

  116. Alfie Says:

    saya mau jual rumah nich di perumahan Permata Kranggan, Jatisampurna, bekasi-selatan, bebas banjir, karena mau pindah ke luar daerah…ada yang berminat?

    • tatang Says:

      Mau di lepas harga berapa pak, Ukuran berapa pak, seperti LT/LB, fasus , Fasum, Berapa KT, dsb…mohon lebih di perjelas. Terima kasih

  117. wilson Says:

    ada yang bisa bantu punya info ttg jorr2?

  118. tatang Says:

    @pak alfie…mau dilepas harga berapa pak? tolong speknya yang jelas, ukuran LT/LB nya berapa, fasus dam fasumnya, juga lokasi pastinya. Terima Kasih

  119. roslina Says:

    mas anjar mohon penjelasannya yaa..
    kami berencana mengambil rumah melalui developer dengan sistem kpr dari btn a.n. suami, tapi saya ragu apakah akan disetujui permohonan kprnya masalahnya dulu kakak saya pernah over kredit kpr btn a.n saya tp sudah lunas 2008. dan bila ditolak karna alasan itu apakah di bank lain bisa disetujui karna lain bank . kan sayang mas kalau harus dipotong bf dpnya mohon segera bantuannya ya karna saya sudah ditunggu developernya minggu ini terima kasih

  120. natalia Says:

    Saya mau informasi mengenai perumahan daerah Bekasi yang lebih dekat ke Pulo Gadung dan juga Perumnas Klender. Mudah angkot, dekat pasar, dekat rumah sakit, dekat sekolah dan mudah dijangkau bila bepergian dengan kendaraan umum. Tapi yang paling penting ga banjir masuk ke perumahan, kualitas air yang baik dan bersih. Makasih buat infonya.

  121. cika Says:

    Saya mau info tentang perumahan di bogor atau sekitarnya yg punya akses transportasi umum yg baik karena saya dan suami kerja di jakarta. kira2 yg harganya 200-300jt an.terima kasih…

  122. Mira Says:

    Mas Anjar atau sapa aja yg bisa membantu, saya tertarik dgn rumah di vila selecta pamulang/serpong, gimana sih daerah tsbt, kualitas rumah, perumahan dan pengembangnya gimana?? soalnya saya liat marketingnya kok kurang gencar ya….
    terimakasih..

  123. Toto M Says:

    Dear all,
    Mohon bantuannya karena saya tertarik dengan perumahan POLRI Lembah Nagrak Cileungsi ( samping Kota Legenda ).
    bagamana dengandaerah tsb, baik dari segi tempat ( sesuai namanya lembah / takut terendam ),ataupun segi status tanahnya. Tk.

  124. Hendra Says:

    Mohon infromasi perumahan di daerah ragunan, dengan budget maksimal 350jt / lewat kpr
    trims

    Hendra

  125. saifullah syamlawi Says:

    Salam….
    Mas, saya hanya ingin bertanya “Bagaimana cara membuat iklan yang baik untuk jual beli tanah?”

  126. keysha Says:

    hai……salam kenal.

    mau nanya nih….ada info ngak di daerah bukit golf dan sekitarnya ( cibubur) yang mau jual ruko? aku ada minat nih kalo ada infonya bisa hub di 081388334054, terimakasih

  127. Daniel Says:

    Apakah ada review atau komentar tentang Residence1 Serpong by Agung Sedayu?

  128. Peri Triyanto Says:

    Asalamu alaikum, Saudara saya mau tanya tanah kami di patok orang yang ngaku-ngaku kalo tanah itu miliknya. mentang-mentang uang nya banyak gitu dia mau nginjak kami gimana cara mengatasi nya? apa harus dengan kekerasan atau tidak terimakasih itu saja pertanyaan saya “wasalam.

  129. agung Says:

    saya mau tanya.kabar dari teman saya ada perumahan yang murah disawangan perum Bumi Sawangan Indah Pengembang PT.VITARAMA JAYA. saya mau minta alamat emailnya boleh?spy bisa langsung komunikasi gitu. saya tunggu jawaban secepatnya. soalnya rmh udah dijual neh mau pindah kesana secepatnya.trims. bisa sms kenomer 085717798600

    • Ila Says:

      Mendingan jangan mas, saya beli disana KPR 3 tahun bangunan tidak jadi, dan parahnya saya tidak bisa membeli rumah lagi karena list BI… disana penuh dengan modus penipuan.

      • Ila Says:

        memang murah se cuma 64 juta, tapi aksesnya belum ada, belum ada jalan, drainase, listrik. dari 115 rumah yang dihuni baru 6 karena mungkin mereka sangat terpaksa… sampai saat ini saya sulit untuk membatalkan kpr saya…

      • jabon Says:

        wah itu parah…..

      • Ferdi Says:

        Saya juga korban penipuan BSI, sudah hampir 3 tahun ini saya gak bisa kredit perumahan lain karena tersangkut BI Checking di Bank Yudha Bhakti.

  130. Agung Prasetija Says:

    Mau tanya pak.
    Kebetulan saya punya rumah di medan yg saya dapatkan dari kredit BTN. Saya dapat kredit waktu itu 200 jt dengan masa angsuran 19 thn. Saat itu harga rumah 300 jt (LT/LB 160m2/190m2) dan saya sudah mengangsur 5 th (2.9 juta per bulan).Plus ada perbaikan dan sertifikat SHM sekitar 50 jt.(angsuran masih 9 thn lagi)
    Saya bermaksud menjual rumah tsb karena saya skrg sudah pindah ke Bandung dan kemungkinan kecil kembali kesana.
    Bagaimana cara menghitung rumah saya tsb secara wajar dan tidak merugikan saya karna saya sdh keluar uang kurang lebih 275 jt.
    Terima kasih atas bantuannya pak.

  131. Agung Prasetija Says:

    Mau tanya pak.
    Kebetulan saya punya rumah di medan yg saya dapatkan dari kredit BTN. Saya dapat kredit waktu itu 200 jt dengan masa angsuran 19 thn. Saat itu harga rumah 300 jt (LT/LB 160m2/190m2) dan saya sudah mengangsur 5 th (2.9 juta per bulan).Plus ada perbaikan dan sertifikat SHM sekitar 50 jt.(angsuran masih 9 thn lagi)
    Saya bermaksud menjual rumah tsb karena saya skrg sudah pindah ke Bandung dan kemungkinan kecil kembali kesana.
    Bagaimana cara menghitung rumah saya tsb secara wajar dan tidak merugikan saya karna saya sdh keluar uang kurang lebih 275 jt.
    Terima kasih atas bantuannya pak…saya tunggu

  132. Wahyuni Says:

    Pak, saya mau tanya Perumahan Perintis Waringin Regency Bojonggede.
    Saya ingin membeli rumah di Perintis Waringin Regency Bojonggede. Klo menurut developer, keterangannya ok. Tetapi saat iseng tanya ke penghuni, ternyata tuh perumahan parah banget. Katanya saluran airnya nggak jelas mo ngalir kemana. Terutama yang dibelakang ngalir ke kompleks perumahan sebelah, nah lo? Trus katanya keamanan parah banget, beberapa kali sudah terjadi pencurian. Ini katanya sistem kluster, tapi pagar keliling sangat minim. Trus, rumputnya tinggi-tinggi kayak nggak kerawat. Denger-denger dah ada yang kena Demam Berdarah di Perumahan Perintis Waringin Regency ini.
    Menurut pak Anjar atau teman-teman yang laen gimana nih perumahan? Trus percaya ke pengembang atau ke penghuni.
    Terima kasih infonya,
    Wahyuni

  133. adity Says:

    pak sudah hampir 2 thun pembangunan rumah saya,ko belum selesai-selesai,pada hal keputusan waktu itu 1 tahun bisa di huni.ada unsur apa sehingga rumah saya belum bisa di tempati.tolong tanggung jawab nya mana.
    terimakasih

  134. Somantri Says:

    Halo semuanya dan salam kenal saya Somantri di Tangerang.
    Pengalaman yang masih berjalan nih saya juga sedang mengajukan KPR ke Bank BTN melalui pengembang untuk rumah type 29/100 dengan harga Rp 180 Jt-an saya sudah membayar DP sebesar Rp 8 jt sudah di wawancarai oleh pihak Bank dan Insa Allah bisa memberikan pinjaman sebesar Rp 100 jt untuk 15 th dan cicilan per bulan sekitar Rp 1,2 jt, nah apabila nanti di ACC maka akan dilakukan AKAD dengan biaya sekitar Rp 10jt. Disini ada keuntungan bagi saya yaitu sampai akhir tahun ini hanya membayar sekitar Rp 500rb-an karena ada subsidi trus nanti tahun 2011 menjadi Rp 1,2 jt per bulannya saya harap ini goal dan merupakan suatu kesuksesan saya dan istri yang berusaha tanpa rekomen dari siapun pokoknya langsung ada tanya ke kantor pemasaran pengembang. Untuk sementara itu dulu dari saya nanti saya share lagi terima kasih Pak Anjar dan semuanya – Wassalam.

  135. eva Says:

    Ada yang pernah tau tentang jakarta garden city ga yang di cakung? kalo liat websitenya keren banget. Ada yang udah pernah survey belum?Atau yang udah nempatin disana…. kualitas bangunannya gmna?

    aksesnya mudah ga?terutama ke tengah kota?

    Please advisenya….

  136. bayu karna Says:

    Ada yang punya informasi ngga… tentang pengembang rusunami Pesona Asri di Pondok Kelapa??? gimana reputasinya??? bagaimana legalitasnya??? apakah cukup prospek untuk dibeli?? adakah dari teman2 yang telah booking/beli disitu???

  137. frenky Says:

    hai semuanya ….. !!
    saya memiliki piutang dengan sahabat saya (misal; namanya gepeng), ya jumlah nya cukup besar, karena saya percaya kepada si gepeng itu saya tidak memaksa meminta jaminan apapun tetapi si gepeng itu bersikeras memberi jaminan akta jual beli tanah A.n. si gepeng , ya saya terima saja, pendek cerita dia blum membayar utang nya sampai sekarang dan saya pun sudah jarang bertemu si gepeng (dalam arti cuma sesekali) , ya apa boleh buat istilah nya siapa yang ga butuh uang kan, saya berniat mau menjual tanah tersebut. Nah yang saya tanyakan, bagaimana langkah2 untuk menjual tanah tersebut sedangkan surat tanah nya masih dalam bentuk AJB itupun atas nama si gepeng dan saya pun jarang ketemu si gepeng?? apakah bisa bila dengan surat kuasa saja dari si gepeng tanpa hadir si gepeng dalam pengurusan balik nama atau pembuatan sertifikat tanah tersebut ..??????
    sebelumnya trim’s ….!!

  138. achmad Says:

    Saya membeli rumah dan tanah dari paman-bibi yang mana dalam sertifikat itu tercantum banyak nama termasuk orangtua kamipun ada, akan tetapi ketika sebagian nama-nama yg tercantum tersebut ada yang meninggal maka timbul kerumitan dalam hal ahli waris sehingga sampai saat ini prosesnya lambat, dan jual beli itu tidak dilakukan didepan Notaris PPAT. Sahkah surat perjanjian yg ditandatangi dengan bermaterai 6000 rupiah?. Terimakasih

  139. randi taher Says:

    saya sedang mencari rumah baru / second di daerah bekasi, terutama sekitar pondok ged atau jati makmur. bagi yang ingin jual rumah atau dari marketing developr silakan email ke : randitaher@yahoo.com. terimakasih

  140. warso Says:

    Mhn balasan via email, krn urgent sekali
    Pd saat akan akad kredit dgn salah satu bank pemerintah, kuasa jual yg sy sertakan ditolak oleh notaris, dgn alasan bahwa masa berlaku kuasa jual lewat 1 thn pada hal dlam kuasa jual tidak dicantumkan masa berlakunya.
    Benarkah ada ketentuan bpn yang mengatur masa berlaku akta kuasa jual ???
    Terima kasih

  141. laela Says:

    Saya mempunyai beberapa informasi bagi saudara/saudari yg berniat mencari rumah/tanah di daerah cipete dan fatmawati. 1. Rumah di jual luas +_ 1000mtr. Luas bangunan+-600mtr.
    Harga 6 milyar. Shm
    2. Tanah dijual dkt +- 20 mtr dari jalan raya fatmawati. Luas
    728 mtr. Hrg 5 milyar. Shm

    Jika ada yg berminat bs kontak saya DEDE di 021-94236673

  142. Rahma Nani Says:

    gaji saya 2jt – 2.5juta/ bulan dimana saya ingin memeliki rumah dengan pilihan sendiri kebetulan ada rumah yang dijual seharga 55juta. Bisakah Bank membiayai rumah tersebut dengan KPR bersubsidi yang sering saya baca dikoran dan web bahwa 1-2 tahun hanya membayar 250-288/bulan (cicilan selama 15 thn)
    PLease advise dan jika bisa tolong kirim jawabannya ke alamat email saya. thanks

  143. jabon Says:

    yang mau iklan tanah, rumah, kos-kosan http://www.sentraproperty.com

  144. masalfiyan Says:

    Take home pay salary saya Rp. 6. 500.000,- bernecana beli rumah second harga Rp. 120.000.000,- ,
    saya mau ajukan KPR , tetapi yang jadi masalh saat ini adalah catatan rekening saya nilai saldonya sering mendekati nol saat akhir bulan, padahal saya tidak punya tagihan apapun keculai asuransi dan cicilan kendaraan sebesar masing – masing 300 rb dan 600 rb.
    apakah nilai saldo rekening yang sering habis tersebut akan mengganjal pengajuan KPR saya?

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass pak Masalfiyan…

      saya dari BNI Syariah akan coba bantu….Tidak…akan mengganjal…prinsipnyanya 40% dari penghasilan bapak perbulan bisa untuk cicilan kprnya…..

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  145. dade Says:

    saya sedang mempertimbangkn mencari rmh second siap huni di sekitar ciganjur & jagakarsa jaksel. prefer cluster, hrg < 250jt. adayag bisa bantu ga kira2. tolongin ya. terima kasih sblumnya ^_^

  146. Susan Sutanto Says:

    saya sedang mencari rumah/ perumahan di Jakarta, Kuningan, BSD atau Cibubur dgn budget cash 800 juta – 2 M, cuma lagi bingung di mana. Ada yang bisa bantu? Kriteria khusus wajib:
    1. Dekat gereja katolik (radius 1 km) dari rumah tsb
    2. Sekolah SD – SMA katolik (radius 1 km) dari rumah tsb
    3. Rumah tidak 2 lantai, LT minimal 120m
    4. Tidak terlalu jauh dari menara imperium, kuningan
    5. tidak banjir dan agak tenang dikit (saya maklum jakarta)
    hub japri: 02130142809

  147. Herni Says:

    Pak, saya mau mencari rumah daerah Pamulang mengingat budget yang terbatas, tapi saya bingung takut daerah tersebut banjir, punya daftar banjir daerah pamulang dan sekitarnya ga ya pak?

  148. yasin Says:

    pak kami berencana membeli rumah di daerah GDC blok melati, tolong infonya mengenai tanggung jawab pengembang dan pengurusan surat suratnya

  149. Yayan Syahrial Says:

    Assalamualaikum…..wr wb

    Kabar Gembira dari KPR BNI Syariah…..Margin saat ini TURUN dan Cicilannya lebih ringan…. untuk 15 th awalnya 9.31% saat ini 8.12%…..Ayo bagi rekan-rekan yang ada rencana mau beli rumah….KPR di BNI Syariah….

    Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

    Wassalam
    Yayan Syahrial

  150. Nana Says:

    Assalamualaikum.., saya akan menjual rmh yg msh dicicil sdh berjalan 2 thn, bagaimana cara menghitung harga jual jika over kredit dan jika cash. sebagai info harga rumah tsb saat ini sudah naik sekitar 40%.

    mohon jawaban dari bapak. terima kasih
    Wassalam

    Nana Permana

  151. Reni Says:

    Saya baru akan ambil KPR BSM, perumahan baru DP cuman 10%. Persyaratannya tidak terlalu ribet seperti Bank lain. Tapi ada satu yg mengganjal, BSM minta SPPT. Sedangkan saya sudah memberikan NPWP, karena SPPT saya hilang/tidak ada jd rada ribet juga ngurusnya ke pajak. Apa harus ya pakai SPPT? NPWP saja tidak cukup? jadi mengurungkan niat nie…

  152. Martin Says:

    Hai, salam kenal. Saya mempunyai budget skitar 250 juta, dan tertarik membeli rumah di Harapan Indah, Bekasi Kota. Rencana ingin saya jadikan investasi & dikontrakkan terlebih dahulu. Mohon info mengenai prospek rumah di harapan indah, seperti:
    – Banjir/Tidak
    – Apakah strategis/cepat laku untuk dikontrakkan?
    – Kenaikan harga tanah
    Terims banyak sebelumnya

    • Tommy Indy Says:

      Wah Martin, jangan deh kalau harapan indah. Lihat kalau malam minggu, ramainya ramai gak jelas. Motor-motor keluar semua, lengkap dgn gaya gila kebut2annya. Banjir sampai sekarang aja gak terselesaikan. Wong gak hujan aja banjir, gimana hujan!!!
      Gak enak tinggal, gak enak usaha

  153. zaenal arifin Says:

    salam
    nama saya zaenal. saya baru bekerja di jakarta pusat. saya mencari perumahan yang murah dan bersubsidi di kawasan dekat dengan jakarta pusat dan serpong.
    mohon infonya
    terima kasih

  154. M. Yulida Sari Says:

    Pak, saya mau tanya, shgb saya udah jatuh tempo pd tahun 2007, bagaimana ya cara untuk mengubahnya menjadi SHM, soalnya sudah lama sekali telatnya saya tidak tahu. Terima kasih sebelumnya, mohon jawabannya

  155. lia Says:

    saya sedang mencari rumah, dan pembayarannya bisa dilakukan melalui KPR. mohon informasinya dan saranya perumahan murah daerah pndok gede atau bekasi selatan.terimakasih

  156. ivan Says:

    Dears,

    Saya ingin bertanya bagaimana status / kondisi sentul city sekarang, apakah memang ke depan nya akan lebih berkembang atau maju, ataukan masih sepeti dulu sepi dan banyak complain (saya baca di internet masalah harga air yang di naikkan sepihak).

    Saya sedang mencari kavling, tapi melihat sepi nya sentul city dan ragu dengan perkembangan nya, mudah-mudahan ada yang bisa advise

    Rgs
    Ivan

  157. Meita Says:

    Selamat malam, Mas…

    bisakah membantu saya?? saya ingin mencari rumah di daerah bintaro/cilandak/bintaro jaya yang seharga 200 juta s/d 300 juta.
    saya ingin membelinya secara KPR,(syukur2 DP nya pun bisa masuk dalam KPR tersebut).
    apakah bisa memberikan saya solusi?

    Terima kasih.

  158. Abi Zain Says:

    Maaf Numpang Iklan Bapak2 Ibu2

    Rumah 2 Lantai di Bukit Rivaria Blok D2 Sawangan Depok SHM, IMB, LT/LB 90/80, 4 KT, 2 KM, Dapur, Taman Depan, 2 Rklg, 1 Rtamu, Air masih bersih, garasi, 2200W, 1 Line Tlp, Harga Nego, Hubungi Abi Zain 081280116672 atau e-mail di ahik_smi@yahoo.com

    Dekat SD-SMA Negeri/Swasta, TK, Kolam Renang, Lap. Tenis, Fitness Center, RSUD, Kubah Mas, Kumon, Mini Market, Angkot 24 jam, Security 24 Jam, Bebas Banjir, Nuansa Alami, Renovasi 2007, Teralis dan pagar baru, Gratis AC 1 Unit, Lemari Buku 6 Pintu (baru), lemari Dapur (2), Gorden sesuai warna cat dinding (bawah hijau, atas biru), Gudang di bwh tangga. Jika harga cocok ditambah gratis kursi tamu dan Kursi n Meja Makan. Hubungi Abi Zain 081280116672 bisa cek rumah (waktu sesuai perjanjian).

  159. medi Says:

    saya ada rumah di jember, jawa timur, tepatnya jl. gajah mada XXXI/42, jember, luasnya 1300 m2 mau saya jual…ada yang berminat gak ya…kl ada hub saya di 081358926603…

  160. giggsyking Says:

    Pak yayan,
    saya minta masukannya :
    saya kerja pindah2, tidak menutup kemungkinan ke Luar Jawa juga, sementara pingin segera punya rumah di salah satu kota t4 keluarga dg asumsi nanti bisa dikontrakkan selama belum bisa ditinggali, tapi saya juga punya opsi lain, beli rumahnya di t4 kerja dg pertimbangan menghemat biaya kontrak, kalo pindah bisa dijual lagi. Bagaimana menurut bapak?

  161. imas Says:

    dear pak yayan…
    saya ada rencana mo beli rumah second di daerah sawangan depok, harga 130 juta, dp 30 juta jangka waktu 15 tahun…berapa besar angsuran jika memakai kpr bni syariah..ditunggu jawabannya makasi

  162. muftihairti Says:

    apa perbedaan sertifikat tanah dengan sertifikat bangunan?, kalau sudah punya sertfikat tanah apa perlu lagi mengurus sertifikat rumah di atas tanah yang sudah bersertifikat itu???

  163. muftihairti Says:

    saya mau mengurus kredit di bni dengan fasilitas bni griya, persyaratannya harus ada serttifikat. pertanyaan saya apakah saya harus mengurus sertifikat rumah biarpun sudah punya sertifikat tanah (SHM)?

  164. Tio Says:

    Perumahan di Bojong Gede Bogor, 1 KM ke stasiun Kereta, Turun angkot langsung gerbang perumahan. UM 23 Jt, Angs KPR 1,2 Jt/Bln.
    Dan Perumahan di Cilodong Depok, hunian berada di kawasan kota mandiri depok dengan harga terjangkau, UM 17 Jt-an, Angs KPR 1,7 Jt/Bln.

    http://huniankeluarga.blogspot.com

  165. Abenk Says:

    Dh
    Saya bekerja di pulogadung, mohon info sebaiknya tinggal dimana? (Bekasi, Jatiasih,Cibubur atau Bintaro)
    Budget 500jt, Mhn info perumahan yg ga banjir

  166. Tommy Indy Says:

    @Abenk, saya punya rumah baru tapi belum pernah ditempati. Metland Menteng, Jl Raya Bekasi km 25. Sekitar 3 km dari P.Gadung. Minat?
    Bisa hubungi di tommyindy@yahoo.co.id

  167. Adinda Srikandi Says:

    sekarang ini, bangunan gedung di DKI jakarta sudah diwajibkan mempunyai IMB,IPB dan KMB. namun apakah sebenarnya dalam praktek saat ini, hal itu sudah dilaksanakan? karena yg saat ini eksis hanyalah IMB saja.

  168. mahmudi Says:

    saya mau tanya saya ada rencana membeli rumah second di daerah puri serpong 1 di daerah PUSPITEK serpong tapi surat rumahnya masih HGB, saya mau info untuk di “puri serpong 1″ apa surat rumahnya semua HGB atau bisa di buat jadi SHM???

  169. mikael aryo Says:

    selamat sore, saya ingin menanyakan persyaratan surat bebas banjir di keluruhan diperuntukan untuk perumahan…berapakah biaya resmi yang harus dikeluarkan..? sebab saya sudah mengajukan ke kelurahan, malah diminta imbalan yang tidak masuk akal…

    terima kasih atas perhatiannya
    Mikael Aryo

    • wanda Says:

      Mohon informasinya (pengembangnya, status tanah, banjir, keamanan, dll) dari teman-teman yg tahu tentang Perum Taman Modern atau Modern Park by Modernland yg di Cakung, Jak Tim, krn sy ada rencana mau beli tanah/rumah Di sana.
      Terima kasih ^^

  170. mimi Says:

    rumah orang tua saya dibeli 25 tahun yg lalu di jakarta barat dengan hanya mendapatkan akte jual beli notaris, IMB dan bayar PBB setiap tahunnya.
    saya tahunya di akte notaris tersebut merupakan tanah kepunyaan tuan tanah yang sudah tidak tahu lagi rimbanya.
    apakah bisa dibuat jadi sertifikat hak milik berdasarkan akte jual beli notaris, IMB dan bukti PBB ?

    terima kasih,

    mimi

  171. geulis Says:

    Hai, sy mau minta tolong dijelaskan. Sy perna jual rumah di daerah tangerang tahun 2010. Waktu itu karena pihak pembeli mengaku kesulitan keuangan sehingga tidak melakukan balik nama. Transaksi dilakukan di notaris dengan membuat ppjb yg dlm isinya mencantumkna pajak penjual & pembeli ditanggung pembeli. Sy juga menandatangani kuasa menjual shg pd saat pembeli mau balik nama atau menjual ke pihak lain tdk memerlukan ttd sy lg. Skrg sy dihubungi pembeli yg mengaku kesulitan keuangan ingin menjual rmh tsb. Dia minta tolong sy ttd di akte jual beli dengan pihak ketiga. Sy perna bertanya kepada pegawai notarisnya, katanya bisa dilakukan pembatalan ppjb. Dan di akte jual beli tsb yg bertindak sbg penjual adalah sy. Kalau sy mau pihak pembeli rmh yg dahulu bisa sbg saksi. Yg ingin sy tanyakan, apakah ada mslh kalau sy membantunya? Sy takut mengalami mslh di kemudian hr dengan tuduhan sy menjual 2x ke pihak berbeda. Skrg sy diminta tolong trs sama pembeli tsb dgn alasan dananya diperlukan untuk operasi kanker. Kalau dia balik nama baru jual ktnya butuh wkt dan biaya yg lbh besar. Tolong bantu sy dengan mslh ini. Sy ingin membantu tapi tdk mau mengalami kesulitan hukum di kemudian hari. Trima kasih atas bantuannya

    • Tommy Indy Says:

      Saya rasa tak masalah, selama akte jual beli tersebut dilakukan di depan notaris dan pasal2 AJB tersebut dapat ditambah pernyataan dari pembeli bahwa dia tidak akan menuntut anda

  172. riyan Says:

    bwt temen2 semua yg mencari lahan kelapa sawit/batu bara/yg mw infestasi tanah dikaltim hbungi sya di-ryan.afriyansyah@gmail.com atao di 087806554999

  173. Yohanes Willem Says:

    Maaf temans
    sy perlu informasi perumahan Harapan Indah dan perumahan unjung menteng (PT. Metland), banjir atau nggak ya ? karena sy ada alternatif mau kontrak di salah satu lokasi tersebut diatas, maklum kantor di Pulo Gadung.

  174. Yohanes Willem Says:

    Maaf informasi nya masalah banjir atau tidak, terus harga klo kontrak, beli, tmks.

  175. Gatot S Says:

    Pak Anjar,
    Saya berpenghasilan 9 jutaan sebulan dan mau membeli rumah seharga maksimal 350 juta.
    Apakah itu mungkin? Apakah di Jakarta ada rumah dengan harga sekian? Kalau di Bekasi sebaiknya didaerah mana Pak yang tidak banjir dan aman.

    Terima kasih sebelumnya.
    Gatot S.

  176. Tommy Indy Says:

    Harapan Indah super banjir. Metland Menteng tidak pernah banjir. Saya tinggal sejak 2003, banyak orang mengungsi ke sini waktu banjir besar 5 tahunan

  177. Ardini Says:

    Bismillah

    mau tanya perumahan apa yang Recommended di daerah Serpong tanggerang.?. yang aksesnya dekat Ristek soalnya BPPT (badan Pengkajian dan penerapan teknologi) tempat bekerja mau pindah ke Serpong tahun 2013. mohon infonya ya.. yang perbulannya maks/2jt. tipe 36.

  178. solihin danish Says:

    Penghasilan saya 2jt dan saya pny DP 8jt..dan saya ingin kpr rumah di daerah bekasi..terutama di bekasi selatan atau timur

  179. budi Says:

    salam kenal mas anjar.
    saya ingin bertanya :
    saya memiliki rumah yg berada di daerah tangerang yang saat ini ada yg mengontraknya.
    kemudian pihak pengontrak ingin membeli rumah saya dengan cara di kpr kan.
    saat ini surat rumah yg saya pegang adalah : AJB, IMB asli, PBB, copy SHGB ( yg asli sedang di gunakan untuk peningkatan SHM ).
    apakah surat yg ada saat ini bisa di gunakan untuk pengajuan kpr ke bank BTN? …
    mohon infonya. terima kasih.
    salam kenal

  180. adam mahera Says:

    Di perumahan villa regency bintaro yang dekat dgn swimming pool banjir tidak?

  181. inneke Says:

    siang, saya berencana membeli rumah. lokasi kantor di daerah rawamangun….berhubung daerah sana tidak ada harga yang sesuai dengan budget, apakah ada saran dimana kami harus membeli rumah yang sesuai dengan budget yang kami punya, yaitu 400jt.thnx

  182. Andi situngkir Says:

    Selamat siang,

    Mau tanya, developer tempat saya tinggal di batu aji batam, tidak menjual seluruh perumahan yang sudah di bangun, eh… malah di jasikan tempat kos-kos an, apakah tindakan begini melanggar aturan yg ada trus apa tindakan yang bisa di ambil..

    thanks

  183. D.Purwoko Says:

    Kepada YTH
    Pak Anjar
    Nama Saya purwoko sya tinggal di daerah cawang budi asih jakarta timur mahon info nya pak. Apa benar daerah budi asih (taman harapan) akan ada kelola tata ruang yang baru. karena dekat rumah saya ada R.S Budi asih dan rencana kedepan akan perluasan untuk R.S. untu info pak bahwa status tanah di daerah saya kebanyakan adalah hak guna bangunan. dan pernah usaha untuk menjadikan nya sertifikat terbentur karena biaya yg besar.kalau seandai nya terjadi hal perluasan dan penduduk terkena dampaknya apakah ada penggatian Pak..? mungkin itu dulu pak yang saya tanyakan atas bantuan dan informasi yg Bapak berikan saya ucapkan banyak terima kasih hormat saya. purwoko

  184. m. Qatar fadhilah Says:

    saya berencana membeli rumah secara kredit. Tetapi ada beberapa biaya yg harus saya bayar selain uang muka dan booking fee yaitu:
    1. BPHTB = DISPENDA
    2. AJB, SKMHT
    Apa artinya semua itu? Dan bagaimana kalau statusnya SHM per KAVLING?
    Mohon kejelasan nya.
    Thanks
    Qatar

  185. jaja Says:

    Apakah kawasan di jalan Cipinang besar bunder termasuk daerah rawan banjir sedang ?

  186. yedi.hospitajaya@yahoo.com Says:

    Selamat siang Pak, saya adalah salah satu korban penipuan Developer Perumahan, Modusnya membeli rumah cash bertahap,tanah kosong dibangunkan rumah tipe 48 M2 dengan harga Rp.180 Jt, dengan pembayaran menyesuaikan progres pembangunan rumah tsb,dg perjanjian lisan dimana setelah rumah selesai saya harus melunasi sisa pembayaran sedangkan deplover berkewajiban menyerahkan sertifikat,,,,tp apa dikata disaat saya mau menyerahkan sisa pembayaran +-Rp 33 Jt dg harapan mau mendapatkan sertifikat,,,ttp depelover blm siap menyerahkan sertifikat cek punya cek ternyata sertifikat tsb masih tergadai di Bank BRI sebelum ada kerjasama dg saya, kasusnya sudah 2 thnan,,,sekarang kasus tersebut sudah saya laporkan ke Polisi dan saya ada sharing dengan Kejari ternyata kasus tsb rana Perdata,,,,,skarang saya lagi nyusun makalah S2 saya,,,dimana kasus ini akan saya anggkat dan saya berharap ada masukan2 dari bapak ttng kasus ini termasuk undang2 apa yg mengatur tentang kasus ini,,,,terus upaya hukum apa yg harus saya tempu selain Perdata……atas jawabannya diucapkan terima kasih.

    wass

    Supriyedi,SH

  187. megawati Says:

    Mas sblumx salam kenal ,
    Ni mslhx kluarga sya msih awam, ni aku rencana mau nyari rumah d dairah saya d jember jatim lewat bank kpr , tp kurang pham tlong d bantu, mslah harga dan ktentuan tempat yg co2k d dairah jember.

  188. Nana Says:

    Salam kenal:

    HGB tanah saya sudah kadaluarsa 2 bulan. Mohon penjelasan bagaimana pengurusan tanpa harus di’kerjain’ waktu pengurusannya. Tentunya dengan bekal pengetahuan soal ini maka akan sangat menolong sekali. Mohon infonya ya pak.. Terima kasih banyak sebelumnya. -Nana

  189. DEFIT Says:

    1. apakah pemilik HGB dapat menjualnya ke pihak lain,..? (apa dasar hukumnya)
    2. bagaimana dengan kewengan pemerintah daerah apabila terjadi penjualan HGB apakah adakaitannya…?????bagaimana dengan kewenangan BPN dalam penjualan HGB…???? (dasar hukumnya)
    3. apakah HGB yang tidak pernah dimanfaatkan dapat dijual..?????
    apa dasar hukum pemerintah daerah dan BPN dalam keterlibatan penjualan HGB…????

  190. Jajang Yusup Says:

    Assalaamu’alaikum.. Wr. Wb.

    Saya mempunyai Rumah menghadap Jalan Raya seluas 165 m2, didepan Pekarangan atau Pagar Rumah Saya terdapat Selokan kecil dan Tanah Negara yang masih kosong belum dibuatkan Trotoar.
    Saya mencoba untuk Mengajukan Kredit ke BTN Garut, dengan Agunan Sertifikat Rumah saya.
    Pihak BTN Bagian Perkreditan Menolak Sertifikat saya dan sama sekali Tidak memberikan Solusi atau Keterangan yang dapat di mengerti dalam Pengajuan Pinjaman Kredit.
    Penolakan Pihak BTN tsb dengan alasan bahwa Rumah Saya menghadap Tanah Negara.

    Yang ingin saya tanyakan, Apakah memang dengan memiliki Rumah menghadap Jalan Raya yg didepannya ada Tanah kosong Milik Negara, Sama Sekali Tidak Boleh atau Tidak Dapat di Agunkan..?

    Terima Kasih.

    Ditunggu Balasannya..!

  191. acho bugis Says:

    sore mas, mau tanya sy pinjam uang di mandiri 100jt, 7 bulan kemudian tabungan sy di potong 600rb kt nya untuk notaris, mas kalo pinjam 100jt di mandiri total bersih yg kita dapet brp sih semua setelah dipotong yg ada di prosedur mandiri,krna sy diwaktu tanda tangan pk sy sdh di potong 1,5jt.knp setelah 7 bulan ada lg untuk notaris, mohon penjelasan nya thanks

  192. Amelia Bahiah Says:

    Selamat Siang mas, saya dapat info mengenai rumah yang dijual di daerah palem 8, jaka mulya bekasi, saya berencana ingin membelinya, namun saya butuh informasi apakah daerah sana termasuk daerah yang rawan banjir atau tidak. Terima kasih.

  193. djoko wahyudi Says:

    Pak mau tanya saya membeli rumah type 36/78 SHGB kalau saya ingin jadikan SHM kira-kira sampai berapa biaya dan lama pengurusannya di BPN? trima kasih

  194. lia Says:

    mas anjar, ada rumah di jakarta yg masih 300-500 ga? kalau bisa didalem komplek..

  195. andi Says:

    saya pernah membeli rumah pada seseorang ,pertanyaan nya apakah rumah yang saya beli itu sudah termasuk listrik-listriknya ? tolong di bantu ya ?

  196. kostenlos spielen Says:

    And Ouya, which is about the size of a Rubik’s cube. Don’t
    leave the landscape designing and terrain optimization to
    the last moment. You can also customize the car including retractable hanggliders.

  197. Selena Says:

    There are many free online games readily available for young kids, teens, as well as grown ups.

    Finding good outsourcing companies is the
    key, as naturally you do not want to lower the quality
    of the service. You can also customize the car including retractable hanggliders.

  198. Homepage Says:

    clients, Rachel, who got back together with her ex.
    Say you’re doing as well at Chemistry, and as you are doing at Maths Extension 2, then instead of splitting your study time equally between the two (just because they are both worth 2 units each), you should spend more time on Extension 2, simply because it scales higher. In this addictive puzzle game, catch that damn fly and avoid those tricky obstacles.

  199. m. yasin Says:

    Mohon info, lg mau cari” rumah di daerah bogor. Ktm dg Perintis Waringin Regency. Informasi dr pengembang, rumahnya asri, nyaman, aman dan airnya bagus. Tp setelah nanya” pd warga disitu. Infonya banyak permasalahan, dr sanitasi (genangan air buangan), sampah, penerangan jalan dan security bahkan sampe pada keamanan (sering) terjadi pencurian. Memang setelah sy perhatian, ini cluster kok pagar warga tinggi”. Pasti memang benar soal keamanan. Tembok/pagar keliling Perumahan jg sangat Pendek +- 1,25M. Pada saat masuk tidak ada security yg jaga, Pdhal Kt pengembang ada 3 orang (shift). Mohon info siapa pengembang nya? PT, CV ataukah pribadi?
    Info juga dari warga, tidak ada fasilitas Utk pemakaman warganya.

    Mohon info juga Utk pengembang, bojong gede green garden, trans boge, dan bojong gede green park.
    Terima kasih. Dengan informasi yg benar, sy berharap tidak salah dalam membeli rumah. Krn yg dibeli rumah.

    Terima kasih sekali lagi.

    Tambahan, benarkah Perumahan ini dari tahun 2008? Kok sampe skrg belum selesai?
    Pd saay saya kesana, sedang membangun ruko, dan ditutup rapat sedangkan disitu sudah ada warga yg menghuni ruko. Kalo tidak salah ada 4 toko dan apotik.
    Terima kasih atas informasinya.

  200. Parker Smith Says:

    Selamat siang,
    Saya Parker Smith, Seorang pemberi pinjaman pinjaman “Managing director Pinjaman DC
    Solusi di sini, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan bunga
    tingkat 3% dan dalam jumlah $ 3,000.00 USD $ 8.000.000,00 USD sebagai
    menawarkan pinjaman, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan dengan tidak ada pemeriksaan kredit, kami

    menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, bisnis
    pinjaman, pinjaman pendidikan, pinjaman rumah atau “pinjaman untuk alasan apapun! Namun, kami
    metode, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan jumlah pinjaman yang diperlukan dan juga
    durasi Anda mampu, saya bersertifikat, pemberi pinjaman terdaftar dan legit,
    Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kembali ke
    kami Via Alamat E-mail ini sangat di (parkersmithloaninvestment@gmail.com).

    * Peminjam Informasi yang Dibutuhkan Isi Dan Kembali *.
    1) Nama Lengkap: …..
    2) Sex: …..
    3) Kontak Alamat: ….
    4) Bekerja alamat: ….
    5) Telepon: …
    6) Negara: ….
    7) Pendapatan Bulanan: ….
    8) Jumlah yang diperlukan sebagai Pinjaman: ….
    9) Durasi Pinjaman: …

    Setelah aplikasi tersebut telah diisi, Anda mengirim aplikasi untuk
    Alamat email ini di (parkersmithloaninvestment@gmail.com).

    Catatan: Jika Anda tidak tertarik dan Anda menerima pesan ini terima
    permintaan maaf saya.

    Saya berharap untuk mendengar dari Anda segera.
    Salam Kind,
    Parker Smith

  201. ari Says:

    Mohon pencerahannya… saya sudah terlanjur beli rumah. Dulu dijanjikan SHM, tetapi setelah 1 tahun saya minta FC Sertifikat , ternyata masih HGB. Saya tanyakan ke pihak notaris yang menangani perumahan tersebut kemarin, dan hasilnya , kata dia karena pihak developer belum bayar PBB (syarat pengajuan menjadi HM harus ada pelunasan PBB). Dan yang saya tambah bingung, notaris tersebut bilang PBB itu satu induk dengan perumahan lain di lokasi dekat-dekat situ. Padahal saya lihat di sertifikat nama PT nya beda dengan perumahan lain tersebut. Apakah bisa 1 PBB berisi beberapa PT?. Dan mohon apa yang bisa saya lakukan untuk mengurus SHM tersebut karena developer tersebut sudah pailit sekarang. Kalau tidak saya urus secepatnya takut sampai masa HGB abis, bisa gawat. Mohon bantuannya… Terima kasih

  202. Andi Says:

    Hai Pak Anjar, mohon info mengenai ketentuan GSB ruko, spesifiknya adalah ruko yang terletak di hook dibangun dengan 2 muka? Dan dasar hukum ketentuan GSB ini?
    Terima kasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 121 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: