2007 waktu yang tepat untuk beli rumah?

Orang jawa, tionghoa dan budaya adiluhung lainnya punya berbagai kalkulasi metafisis untuk menghitung kapan waktunya membangun rumah. Sebuah perusahaan semen dalam TV advertialnya juga memilin makna “Ini waktunya membangun rumah”. Sebuah bank juga membuat tag “Ini waktunya membangun impian anda”

Memang pertanyaan “kapan waktu yang tepat” membuat para lajang-ers atau yang couples yang sudah punya rumah kebingungan untuk membeli rumah baru. Menghadapi masalah seperti ini ada banyak hal yang bisa kita lakukan:

1. Analitis high risk, mengikuti trend properti dan fakta moneter, tahun 2007 waktunya beli properti
Fakta:
tahun 2006 transaksi properti turun 20-30% dibanding tahun 2005
april 2006 suku bunga 12.75% maret 2007 suku bungan 9%

Ramalan Ali Hanafia (Member broker Century 21 Pertiwi)
transaksi properti 2007 meningkat 50% dibanding 2006
transaksi 2008-2009 akan menurun seiring suhu politik (pemilu)

Referensi
Suhu politik 2008 naik, pengembang harus genjot penjualan 2007

2. Analitis medium risk, tahun 2008 deh!
Fakta:
Masih dua tahun lagi, ada cukup waktu untuk memantau pergerakan di tahun 2007. Masih ada waktu lihat-lihat pameran, dan masih bisa tarik nafas lihat banjir Jakarta kemarin.

3. Pasrah, Ntar aja deh jangan buru-buru. Indonesia (apalagi specific consumer level) adalah pasar yang paling aneh, tanya deh para pakar.
Referensi
Pertumbuhan harga properti Asia lambat

4. Tergantung calon istri siapnya kapan 😛 hihihi

10 Tanggapan to “2007 waktu yang tepat untuk beli rumah?”

  1. PapaBonBon Says:

    1. kalo punya uang cash, mending beli tahun 2009
    2. kalau mau kredit, emang 2007 ini bunganya paling menarik.
    3. kalau kenaikan suku bunga dijadikan masalah, ambillah bank syariah, ketika 2009 nanti propertiberguguran, maka suku bunga akan naik drastis. siap siap ajah. 😀

  2. hamdisy Says:

    Kalau saya pribadi melihat tahun 2007 tahun stagnasi indikator makro ekonomi, setelah menggeliat di 2006 hingga awal 2007. Cuma masalahnya itu indikator makro, sedangkan mikro sendiri secara real harga2 naik,banyak relokasi,pemangkasan karyawan dan lain-lin intinya : 2007 KPR oke karena bunga kompetitif tapi siap2 ditahun berikut dimana KPR sudah bunga mengambang (kecuali konversi ke syariah). kalau beli cash 2009 mantabs sesuai dengan PapaBonBon.

  3. hera Says:

    kalo ambil kredit sekarang trus sisanya dilunasin tahun 2009. gmana??
    ntar si dedek keburu nongol, rumah belum ada kan susyahhh

  4. Putri Says:

    Halo…

    Salam kenal, nama saya Putri.
    Karena sampe sekarang calon suami belum ketauan (hehe…), makanya sy berniat untuk membeli kavling/tanah. Biar kerja siang malem kliatan hasilnya … :-))

    Yang jadi permasalahan, sy gaptek daerah jabodetabek, maklum orang kampung, and selama ini kos dekat kantor, gak pernah kmana2, hehe..
    Mohon feedback-nya dimana sekiranya real estate di pinggiran jakarta yang akses-nya gampang ke kantor saya (di depan senayan, jl sudirman), dan suanana masih enak. Daerah cibubur? Bintaro? Bekasi? Depok? Or lainnya?

    Terima kasih sebelumnya…

    Best – Putri

  5. Putri Says:

    Eh, revisi.. Rumah pun OK, gak hanya kavling tanah…Maklum sudah malem, jadi liyer…

    Thanks

  6. 2007/8 waktu yang paling tepat beli rumah? « Bicara Rumah Says:

    […] terbaik di Sawangan DepokMenganalisa strategi KPR andaGaji 4.5 juta dapat rumah apa di Jakarta?2007 waktu yang tepat untuk beli rumah?KPR Konvesional vs KPR SyariahData komplek perumahan di […]

  7. Dinar Says:

    yang bener nih mending ambil di syariah ?!?
    aduh keburu ambil di btn ..

  8. investor Says:

    banyak yg bilang subprime mortgage imbas nya gak akan sampai ke indonesia. mnurut saya apapun yg terjadi di negara yg menjadi patokan kiblat dunia kayak US saat ini, imbasnya akan keseluruh dunia. ibarat tsunami, kalo kejadian di amrik, maka butuh waktu utk gelombang nya utk sampai di indonesia. dan gelombang itu prkiraan saya akan sampai menjelang pemilu 2009 nanti. artinya, harga rumah akan terjun bebas di sana karena smakin sedikit org yg mampu beli rumah, sedangkan stock udah keburu over. pengembang akan di paksa menurunkan harga properti. itu mnjawab fenomena knapa 2008 saat ini gencar banget iklan properti di TV TV itu. mereka kena deadline soalnya. deadline nya yah pemilu 2009 itulah.

  9. investor Says:

    harga properti naik, tapi karena krismon global, akan ada saja orang BU yang jual di bawah NJOP, jadi tugas anda tinggal buka mata buka hati aja utk menemukan tipe penjual seperti itu.

  10. CEMPLON Says:

    wah berarti pas nich…

    aku mo beli rumah ntar july 2009,
    perkiraanku bnyk org yg ga akn sanggup byr cicilan
    bunga bank sekarang 14% – 16 %…

    kira2 ada yang punya pendapat lain ga ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: