Apartemen vs Rumah?

Ada pertanyaan: “Mas dulu waktu beli rumah mempertimbangkan apartemen tidak?”. Saya sama sekali tidak mempertimbangkan apartemen karena:

1. Sebagai pendatang prioritas saya adalah rumah + pekarangan, beberapa teman yang lahir dan memiliki keluarga disini memasukan apartemen sebagai perbandingan. Saya sama sekali tidak.

2. Budget yang saya miliki tidak masuk. Setelah hitung menghitung penghasilan budget rumah saya berkisar 250-300 juta. Dengan angka ini apartemen yang didapatkan adalah diluar CBD (pusat kota) seperti di Kemang, Grogol dan ring 2 lainnya.

Buat saya apartemen itu harus di CBD, atau tidak sama sekali. di CBD, mulai dari Sudirman Park, The 18th, Thamrin Residences dan middle low lainnya mulai dari 400 juta non furnished. Jadi menurut saya agak maksa.

Kalau pun tetap bertahan dengan budget 300-an juta, mungkin bisa ke rumah susun kebon kacang atau benhill yang operational costnya lebih murah.

Ada saran? atau pendapat lain, nanti kita bahas lagi lebih detail

Posting terkait di (blog sebelumnya)
Apartemen 250-jutaan di Karet Kuningan
Apakah apartemen merupakan suatu pilihan

31 Tanggapan to “Apartemen vs Rumah?”

  1. Alief Says:

    heheh… langsung diulas gt. thanks banget ya!!
    ada beberapa hal yang sifatnya lebih detil dan personal tapi agak keluar dari visi misi blog ini. mgkn saya japri aja ntar mas anjar.

  2. Panjul Says:

    Njar, loe bener2 krg survey & asal nyeplos. Kalau bicara apartemen lokasi di CBD, di Sudirman Park, Thamrin Residence & Jakarta Residence ada unit yg dilego dgn harga 275-325jt. Memang unit yang ditawarkan 1 bedroom yang mana mgkn menjadi masalah kalau nantinya kita sudah punya momongan. Gw rasa nggak masalah sebagai batu loncatan. Tapi yang penting, apartemen dengan budget 300jtan itu does exists in CBD Jakarta dengan lokasi amat dekat dengan jalan2 protokol. Kalau bicara apartemen lokasi pinggiran seperti tanjung duren, kemayoran, salemba, dll justru dgn budget 300jtan loe dah bisa dapet yg 2 bedroom. Curious? Silakan mampir ke marketing office tempat2 yg gw sebut tadi & silakan mengklarifikasi…

  3. priandoyo Says:

    Terimakasih Mas Panjul, saya sudah klarifikasi kok sebelumnya ke tempat-tempat tersebut bertemu juga dengan marketingnya, saya cukup punya brosur. Beberapa teman saya juga sudah ambil ditempat itu. Saya rasa Mas Panjul perlu membaca posting-posting sebelumnya.

    Kalau boleh tahu mas Panjul sekarang tinggal dimana? prioritas memilih tempat tinggal apa? berkeluarga atau belum? pendatang atau apa?

    Bukan tujuan blog ini untuk berbagi informasi secara detail angka per angka. Buat apa? toh angkanya juga bisa berubah lagi. Yang saya coba sampaikan disini adalah orang harus belajar memilih, dan dari setiap pilihan itu harus ada alasan yang jelas.

    Kalau njeplak sembunyi tangan seperti yang anda sampaikan, mungkin semua orang juga bisa mas. Malu tapi

  4. Panjul Says:

    Mas Anjar, alhamdulillah saya baru 2 bulan in tinggal di apartemen Sudirman Park di Jl. K.H. Mas Mansyur, Tower B, lantai 17, city view (Sudirman-Kuningan), unit 1 bedroom. Saya ambil cash bertahap dengan final value 295 juta. View cukup asik sayang sedikit ketutupan Apartemen Pavilion :(. Apartemen baru serah terima akhir Februari kemarin, telat sekitar 5 bulan dari bulan Oktober 2006 yg dijanjikan :(. Saya kebetulan baru nikah akhir taun kemarin, belum punya momongan seperti Mas. Pertimbangan saya memilih apartemen dikarenakan lokasi kerja saya di Sudirman & istri di Kuningan. Thanks & sori kalau ada silap kata.

  5. budipru Says:

    kalau boleh tanya, bagaimana sih kehidupan di apartemen? berapa rata2 operasional cost? termasuk apa sajakah itu? kebersihan? keamanan?
    buat mas panjul atau teman2 yang menghuni apartemen baru, juga bagaimana status kependudukan? misal mau ngurus ke RT/RW …
    banyak nih seluk-beluk kehidupan di apartemen yang pasti beda yah klo dibanding dengan di perumahan/kampung

  6. Panjul Says:

    Pak Budipru, sori baru bales. Kehidupan di apartemen cukup enak, operational cost kalau di tempat saya adalah dengan membayar service-charge (mencakup kebersihan, keamanan & perawatan gedung) yang besarnya sekitar Rp 9,000/m2. Kebetulan unit saya luas nett-nya 32 m2 sehingga per-bulan cukup membayar sekitar Rp 290,000. Biaya di luar itu (listrik, telepon & air) sama seperti di perumahan biasa. Malah enaknya sambungan telepon (telkom) sudah tersedia berikut nomernya (tinggal) pilih jadi tidak perlu repot utk mengurusnya (syukur2 bs dpt nomer cantik malah he2x). Kalo di perumahan bisa dibayangkan sulitnya & lamanya mengurus sambungan telpon, belum lagi biaya calo, dll. Ducting & kabel utk AC juga sudah tersedia jadi tinggal beli AC sudah siap pasang tanpa perlu bobok2 lagi. Colokan antena TV jg sudah ada, jadi tinggal bawa TV plus kabel antena udah deh nikmatin siaran UHF plus bonus 3 channel asing dr pengelola. Belum lagi di lobby apartemen ada free hotspot jadi kita2 yg kebetulan punya laptop tinggal duduk2 si sofa lobby udah bisa ber-surfing ria. Untuk status kependudukan juga simple, karena utk mengurus KTP tinggal melalui kantor pengelola apartemen dengan mempersiapkan persyaratan standar (KTP asli, surat pindah, KK, akte lahir, surat nikah, pasfoto & biaya administrasi). Kebetulan saya juga bukan asli Jakarta sehingga begitu pindah lsg mengurus KTP disitu.

    Btw, mana nih commentnya Mas Priandoyo? Kok udah hampir sebulan tanggapan saya belum dicomment… :-) he2x just kidding brooo….

  7. Ani Says:

    Sekalian mau tanya gimana kalo apartement nya untuk investasi, saya pengen invest di Apartement di CBD Sudirman-Rasuna kira-kira prospek nggak ya ?
    Maksud saya apa pangsa pasarnya banyak kalo untuk disewakan ? terus gimana Capital gainnya kalo mau dijual lagi ?

    Pengen juga sih ngerasain tinggal di Apartemen yg viewnya bagus tapi sebentar aja.

  8. deny 02170709291 Says:

    Saya cari 2 BR kosong Sdm Park untuk showroom garment, kontak gue di 021 70709291 if punya yang 400 juta dg bea baliknama ok

  9. Panjul Says:

    Pak Deny, coba di link ini : http://spo-property.275mb.com
    Atau bisa juga jd member di Sudirman_Park_Online@yahoogroups.com & tanya2 saja siapa tahu ada yang mau jual unitnya juga.
    Sebenernya client kantor istri saya ada yang mau jual unit 2 BR nya jg di lt. 26 Tower A, cuma saya belum dapet detilnya. Btw, 2 BR kosong kayaknya susah deh kalau mau dapet harga 400. Paling minim 450an.

  10. Panjul Says:

    Pak Deny, coba di link ini : httx://spo-property.275mb.com/
    Atau bisa juga jd member di Sudirman_Park_Online@yahoogroups.com & tanya2 saja siapa tahu ada yang mau jual unitnya juga.
    Sebenernya client kantor istri saya ada yang mau jual unit 2 BR nya jg di lt. 26 Tower A, cuma saya belum dapet detilnya. Btw, 2 BR kosong kayaknya susah deh kalau mau dapet harga 400. Paling minim 450an.

  11. nee Says:

    Saya lagi mencoba investasi di apartement tapi di Malaysia. Pertimbangannya :
    1. Mereka menawarkan GRR (Guarantee Rental Rate) selama 4 tahun sebesar 8% dimana lebih besar 2 % dari bunga KPA disana, lumayan untuk 2%/tahun
    2. Untuk 3 tahun pertama gratis service charge, jadi lagi-lagi saya untung ngga perlu service charge dulu di awal.
    3. Lokasi yang ditawarkan kebetulan di daerah yang menurut orang-orang Malaysia masih profitable, dimana gain disana diperkirakan 10%/annum

    Jujur saya ingin investasi juga dengan treatment yang sama seperti diatas di Jakarta ini, apakah ada teman-teman yang tau apartemen yang menawarkan jaminan sewa selama beberapa tahun diawal ?

  12. ODI Says:

    Bagi yang tinggal dikawasan daerah Grogol ada baiknya mempertimbangkan Apartemen di Seasons City (Agung Podomoro dan Primanaya Group).
    Satu-satunya hunian yang nyaman dan Exclusive serta Investasi UNIT USAHA dan DAGANG yang menguntungkan.
    Dimana Trademall-nya memiliki hiburan nuansa 4 musim (Fun Seasons).
    Untuk Informasi lebih lanjut Hubungi: ODI 085216000229 / 021-71050522 (“,)

  13. Feni Says:

    Ah… Seasons City… sy tau tuch…yang baru2 ini gencar dengan pemasaran APT TWR B. Keren juga sich (Promonya). Hampir tiap minggu bagi2 door Price (hadiah motor… mobilnya dong…:-) ).

    Buat yg suka invest ada baiknya cari info lebih banyak(supaya gak menyesal)…. Sukses ya ODI…

  14. heru Says:

    Saya ada Thamrin Residences Tower E, 2 BR, view istimewa Bundaran HI, hdp timur,hoek.
    Tower Edelweis, mau over.
    Harga lama saja, soalnya mau pindah.
    Hp.081398198888.
    Cicilan 32 kali @ Rp.19,4 jeti
    Sudah bayar 9 kali

  15. petik Says:

    Karena sudah laku maka Thamrin Residences Saya close penawarannya.
    Trims ya.
    Heru

  16. Aal Says:

    Mas Panjul, trimakasih atas infonya soal SP, soalnya saya juga lagi lirik2 nyari apartment 2BR disitu, tapi yang dibawah lante 10 aja, gak mau yang tinggi2.
    BTW, mas Panjul bukan sales/agen properti di SP kan? hehehe, soalnya biasanya kalo sales emang suka ngomong yang manis-manisnya aja di depan.
    gimana dengan keamanannya SP? apakah suka ada preman2 yang minta ongkos kalo kita lagi angkut2 barang mau pindahan?
    trus, saya dengar, space parkir mobilnya disitu agak susah, maksutnya, space parkir gak sebanding dengan jumlah unit apartemen, apa benar?
    kemudian adakah vendor2 service sperti laundry kiloan (penting buat saya yang gak mau punya pembokat), agen gas, aqua galon dsb?
    trus biaya bulanan untuk maintenance, kebersihan dan segala macem yang itungannya per meter itu apa termasuk juga untuk biaya bersih2 dalam unit tiap2 apartemen? hehehe, mayan kan kalo ada yang mau bantu bersih2 apartemen ato bantuin nggosok toilet? :D
    mohon info lengkapnya ya mas Panjul…

    Thanks,
    Aal
    yanglagipenasaransamaapartmentlifestyle

  17. KetekWarnaWarni Says:

    Hihihihi memang si Anjar tuh sok teuu, keminter , ra nduwe apartemen ning melu njeplak soal APartemen.

    Hidup Mas Panjul :)

    Saya juga di situ Mas.
    Tower A, lantai 12

  18. andri Says:

    bgmn dgn parkir di apartment, apakah bayar atau sdh termasuk dalam biaya maintenance dan sinking fund ?

  19. mimpi Says:

    Mo tanya dg Mas Panjul, apakah penghuni apart (termasuk yg disubsidi) lebih senang belanja dlm apart atau diluar, thx

  20. Giprong Says:

    Saya mohon pendapat rekan rekan sekalian, saya sdh punya rmh di sekitar pos pengumben, anak 2 orang sekolah di Kemanggisan. pd wkt jalan jalan lihat pameran istri saya tertarik dgn apartement di Kemanggisan yg 2 br dgn pertimbangan lokasi dekat dgn sekolah anak (tinggal jalan kaki) dan tempat kerja. Dalam benak saya masih bimbang tentang apartemen, yang membuat saya bimbang adalah :
    1. Apabila pertimbangannya masalah lokasi yg dekat dgn sekolah anak, toh pos pengumben ke kemanggisan msh dpt ditempun 8 mnt dgn sepeda motor.
    2. Apartemen kelas subsidi tentu dikelola oleh managemen yg tdk sebaik apartemen kelas atas seperti disekitar thamrin dan sudirman sehingga lama kelamaan akan terlihat semrawut penuh dengan jemuran seperti rusun ditanah abang atau di benhil
    3. Klau apartemen kan kita hanya beli ruangan, seperti teori akuntansi nilai gedung lama2 akan menyusut shg harga jualnya pun setelah pemakaian 5 atau 10 th lama lama akan turun, padahal hal itu tdk mungkin terjadi bl kita beli rmh diatas tanah, harga tanah pasti akan naik.
    4. Saya masih belum tahu apakah ada standart dari pemerintah untuk konstruksi apartemen bersubsidi, dan dirancang untuk umur pemakaian berapa tahun,
    5. Apabila beli apartemen disekitar CBD kemampuan keuangan saya hanya cukup utk 1 br saja jadi tdk mungkin saya tempati dengan 2 orang anak tp masih ada kemungkinan untuk disewakan.
    6. Mohon pencerahan dan pendapat dari rekan2 apakah sebaiknya saya beli apartemen di kemanggisan atau di CBD tp 1 br masih ada kemungkinan disewakan atau saya belikan sawah aja di kampung sekitar Jabar 1 tahun 3 x panen dpt tambahan penghasilan dan harga tanahnya akan selalu naik.
    Apapun pendapat rekan2 saya menghargai dan terima kasih

  21. michael Says:

    @giprong
    kalau saya jadi anda, sy gak trlalu pusink soal apartment subsidi yg paradigm nya (menurut anda) tidak sbagus yg bukan subsidi. biarin aja mereka pada ngantung jemuran di jendela. yg sy tau, namanya aja subsidi, tapi liat aja nanti kenaikan harga nya. awalnya aja di huni kaum tak punya, tapi nanti liat aja, mereka pada jual jualin ke kaum kaya, fisik luar nya aja gak keren, tapi nanti yg parkir disitu mobil mewah semua. kok bisa? iya, kaum miskin itu butuh duit, tapi gak bisa megang duit, atau muter duit, jadi apa yg dibeli dari subsidi, akan mereka jual lagi (lingkaran setan mereka), that’s why. jadi kalo anda punya kesempatan beli di sana, beli saja, gak ada salahnya. jangan lupa jendela nya di matiin aja, demi safety anak anak.
    rumah dan apartment sama penting nya buat saya, jadi kalo saya jadi anda, saya akan berusaha memiliki keduanya, satu bedroom pun jadilah, yg penting punya.

    @andri
    setau sy parkir udah masuk ke biaya bulanan itu, utk satu mobil per unit. kalo mo lebih, harus nyogok ke security nya, itupun pake lahan parkir utk tamu.

    @mimpi
    urusan belanja, yah liat liat apartment dan fasilitas nya lah. kalo anda tinggal di poinsquare, yah betah belanja didalam ktimbang luar. tapi kalo miskin fasilitas, ya mo gak mo keluar.

  22. Permata Says:

    saya saran kalo untuk tempat tinggal dalam jangka waktu lama, pilih rumah. walaupun gaya hidup di apartemen kelihatan mewah dan praktis…tapi tetap saja rumah pasti lebih nyaman karena gak perlu antri di depan lift kalo mau pulang atau pergi kaluar…apalagi kalo tinggal di apartemen yang ramai trus pada jam pergi dan pulang kerja..
    Tapi ya kalo emang mentok2 di urusan dana ya..mo bilang apa?
    Nah fasilitas kebersihan juga penting, karena saya ibu rumah tangga, maka perlu yang namanya service area (cuci baju, jemur dst) biasanya di apartemen jarang sekali yang menyediakan area tsb. Ini salah satu alasan mengapa laundry kiloan laku.
    Sekedar informasi, bagi para penghuni apartemen di Permata Eksekutif – Pengumben. bila membutuhkan jasa laundry kiloan terdekat yang saya tau ada di Permata Mediterania (tempat saya dan keluarga tinggal) harganya murah, kualitasnya bagus.nih telp aja (021) 93006814.
    sukses ya milih tempat tinggalnya..
    salam

  23. Pancha kartika kirawan Says:

    sedikit info nih..

    Green Bay Pluit jakarta utara..

    2BR 245jtaan.. Studio tipe 165jtaan..
    View Pantai

    Pengembang agung podomoro Grub..
    Rencana akan di bangun Mall jg dan joging track dan hutan kota Sebesar 3 HA..

    di sini sy hannya memberi info bukan Bermaksud mempromosikan product sapa pun .. ^^

    Menurut saya:
    Kenapa Harga Unit apartement semakin lama semakin naik??
    Karena adanya suplay and demand.. semakin dikit Unit Apartementnya semakin naik harganya.. dan permintaan akan apartement semakin tinggi Terutama di kota besar..

    Sebab selain ringan di buget yang hannya 40-50jtaan /Tahunnya Sewa yg ukuran 2 BR.. dan juga aman + Hiburan tentunya .. di bandingkan rumah biasa.. Mungkin sampai 70-100jtaan ./ tahun

    Tentu lebih Prospek Apartement saya bilang..
    dan ke depan sepertinya Orang2 akan memilih Berinvestasi dan tinggal di apartement di bandingkan Rumah..

    Tapi harus di perhatikan soal SHM nya ..
    Bedanya Rumah dan Apartement adalah di SHM nya ..
    Bila Rumah Mendapat SHM murni yang berarti Pemilik Berhak mempunyai Bangunan berserta Tanahnya untuk selama2nya.. dan dapat di wariskan..

    Kalau apartement SHMnya adalah Strata title.. yang berarti
    Pemilik unit Berhak Mempunyai Unit tersebut Dengan catatan membayar HGB/ 25 tahun.. entah gmn itungannya., Temen sy ada yg bilang kenanya ga mahal kok paling cuman 2-4jt / 25 tahun ..
    dan Pemilik apartement {Strata title} Tidak berhak Mendapatkan Tanah secara keseluruhannya .. yg berarti Setiap 70-80 tahun ke depan akan ada yg mensurvei kesehatan gedung tersebut.. apabila Masih layak Pemegang unit aman.. apabila di nyatakan tidak layak.. ini yg kita takutkan sebagai Pemegang Unit {Strata title} Gedung akan di robohkan .. Tanpa Belas kasihan ^_^

    Tapi jgn takut dulu.. Dalam sejarah apartement di indonesia blum ada sampai di robohkan,, dan tentunya harga nya akan naik terus ke depannya seiring Perkembangan jaman dan Demand atas apartement akan semakin tinggi ke depannya. .

    dan sepertinya akan lbih liquid dari pada rumah ^^

    Jadi keputusan anda bagaimana??

    Rumah VS apartement??

    TTD
    Pancha kartika kirawan
    FB:Stevanus1988@yahoo.co.id

  24. rooly Says:

    Promo terbaru Bank UOB BUANA dapat kan Discount hingga 50 % untuk setiap pembelanjaan di CAREFOUR,ADA MALL,PALACE SQUARE.KEDAI AMARTA.KAMPUNG LAUT.SHABU SHABU.MAJESTI.PIZZA CAFE.DAN SUPERMARKET SELURUH INDONESIA,DISKON 30 % DI EUROSKIN LAB,20 % DI ESC,FREE VOUCHER AT GAYA SPA SENILAI RP 1000.000, DAN DISCOUNT 20 % AT ALL GAYA SPA,DAN DISCOUNT DISCOUNT HINGGA 30 % FOR CHEK UP AT PRODIA promo langsung bila apply lady’s card :
    1.mendapatkan 5 vouvher yaitu untuk spa,salon,body massage,dll di gya spa dan chemical salon.

    2.free check up di prodia

    3.discount up to 20% untuk vaccination dan check up di prodia OHI

    4.discount up to 20% untuk executive health screening dan skin rejuvenation di rumah sakit pondok indah

    5.discount 30% free skin treatment packages di euroskinlab

    6.discount 20% untuk slimming packages di european slimming center

    7.beli apapun dan dimana pun cicilan 0 % untuk 3 bulan

    8.asuransi program prudential : credit protection,pru ladies critical illness,pru investment with edu plan,purchase protection(asuransi atas barang yg dibeli)

    9.cicilan pendidikan 3-6 bulan 0,88%.dan 12 bulan 0,99%

    10.poin reward :mendapatkan 1 poin reward untuk setiap transaksi RP1.000,00

    11.discout di restaurant restaurant

    12.asuransi perjalanan sampai 1 milyar

    13.online travel booking dan reservation

    14.free airport lounge at indonesia,malaysia,singapura,hongkong

    15.terbang gratis dengan garuda indonesia dan singapore krisflyer denagn menukarkan poin reward

    16.UOB bill pay = kemudahan pembayaran tagihan bulanan dengan otodebet ke kartu kredit UOB anda

    17.UOB Flexipay = belanja dengan cicilan ringan 0% di berbagai merchant hingga 24 bulan

    18.UOB balance tranfer = dapat memindahkan saldo kartu kredit bank lain ke kartu kredit UOB buana

    19.diskon mandala airlanes 50%

    20.UOB regional privileges = diskon merchant2 di indonesia,singapore,malaysia,hongkong,dll

    syarat-syarat untuk mengajukan kartu kredit UOB buana =
    1. fotocopy / scan KTP
    2. fotocopy / scan kartu kredit bank lain.
    -minimal limit kartu kredit bank lain 4juta(GOLD lady’s card), 20 juta (PLATINUM lady’s card)

    bagi yang tidak mempunyai kartu kredit atau syarat nomor 2 belum terpenuhi bisa memakai =
    untuk karyawan atau pegawai:
    1.SLIP GAJI asli carbon
    2.Surat Keterangan Penghasilan / Gaji asli
    untuk wiraswasta
    1.SIUP
    2.NPWP
    3.Rekening tabungan / koran 3 bulan terakhir

    UOB Buana Call Center

    Segala macam informasi mengenai Kartu Kredit UOB Buana, dapat langsung Anda ketahui dengan menghubungi layanan 24 jam UOB Buana Call Center di 14008 atau (62 21) 23 55 9000.
    untuk pengajuan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085859467928

  25. rizki,kiki Says:

    nitip pak ahadi,semoga bermanfaat
    saya ada jasa bor fondasi strauss / strauss pile manual, harga nego tergantung wilayah dan banyak,ponsel saya di 0856340062, surabaya
    (terbukti lebih cepat dan hemat dari mesin, co: proyek pembangunan ipdn regional manado,tampusu. yang dikerjakan adhi karya ,tbk)
    tersedia diameter 20,25,30,35,dan 40

    salam hormat,

  26. Investasi Saham Says:

    terima kasih atas uraian nya tentang perbedaan rumah dan apartemen. bermanfaat sekali

  27. Boris Says:

    Mienurut saya ada kelebihan dan kekurangan dari tinggal di apartemen. Dan juga di bandingkan Rumah..bagi saya masih lebih worthed rumah.
    Ya well…itu tergantung orangnya juga sih…
    Saya penghuni salah satu apartemn di pejaten, jaksel.
    Kalau bagi saya sendiri sama sekali tidak sebanding dengan keuntungan tinggal dirumah. Jadi tinggal di apartemen sangat tidak worthed bagi saya.
    1. bagi anda yang jadi budak waktu, mungkin ini menguntungkan krn dekat dgn kantor, tp well ya..tetep aja sedeket deketnya msh ngerasain macet juga toh?
    2. bagi yang lokasi apartemennya tepat dipinggir jalan…sungguh kasihan…apalagi yang tinggal di lt.atas..smkin tinggi semakin kasihan…krn ruang sekitar kosong, sehingga udara bebas (berpolusi pastinya) berputar cukup kencang, alhasil 3 hr aja ga di bersihin..dijamin teras super mini/balkon balkonan apartemen anda penuh debu.
    3. stress, gimana nggak stress jika bgn pagi, buka jendela yg dihirup sdh udra polusi, yang di lihat kebawah kemacetan…
    4. biaya cost living tinggi namun tidak seimbang dgn yang kita dapatkan..is it worth it you pay 1,5 – 2millions/per month dgn apa yg anda dapatkan selama tinggal disana? (lebih kasihan lagi saya…parkiran aja msh di tagihin 300rb perbulan klo nggak didaftarin bayar perjam tarif normal…pernah waktu blm di daftarin saya hrs bayar parkiran sampai 27rb/harinya…its pathetic…!
    5. tidak bebas, anda tidak bisa memelihara binatang peliharaan, anda tidak bisa menyalakan audio terlalu keras, anda tidak bisa merubah warna cat tembok anda yang diluar, model jendela,pager balkon balkonan, dsb.
    6. tidak ada sosialisasi…apa gunanya tinggal berdampingan, toleransi dg tidak memelihara peliharaan krn takut mengganggu org yg tinggal disitu juga, toleransi untuk tidak pasang audio keras2,dsb…namun anda bahkan tidak kenal mereka atau bahkan tetangga andapun tidak peduli dgn anda..is that a perfect life that you want?
    7. nilai jual menurut saya tidak sebanding dengan nilai jual rumah. walau (mungkin) ada peningkatan, tetap masih lebih besar nilai jual tanah dan rumah.
    8. anda beli mengeluarkan uang 200-400jt atau lebih…hanya untuk diatur2 oleh pengelola apartemen? bahkan anda tidak punya area kekuasaan anda sendiri…yg secara sah dan permanen…anda tinggal di tanah orang,dan itupun msh diatur org (dlm hal ini peraturan pengelola)

    so…untuk itukah anda hidup?

  28. Fitra Says:

    Yah….kl modelnya kayak istri saya, ga suka direcoki orang. duh dia kl crita basa basi aja kl ama ttangga gimana gitu. contoh istri saya ditanya: mau kemana? dijawab spontan ama istri sy: mau beli es. Ttangganya balik bilang: padahal gue ada magnum di lemari es aja belum dimakan.Istri sy ga suka adaptasi dg lingk sekitar………padahal sy jg ga suka tinggal di apartemen…….bingung istri sy hrs gmn

  29. Situs Mobil Says:

    Good point untuk pandangan anda, ga enaknya tinggal di apartemen kalau lantai udah tinggi nunggu liftnya itu lamaa banget. Tp kalau dekat mall lumayan lah, tinggal jalan uda sampai ke mallnya

  30. arny Says:

    Ih , bagus2 ya comment kalian! Polos n jujur,! I like it. Btw sy cm mau investasi di apartment buat disewa-sewa in aja, krn sy tinggal di makassar. Dari segi pemeliharaan, ky nya enak tuh. Ga usah mikirin genteng bocor, kayu lapuk, besi karatan, dsb. Tp apartment skrg kan buanyak bgt, jd, ,,bisa cepat laku ga ya? Ada bbrp pilihan sy, scbd, gatsu, n thamrin residence (‘semua 1 br) , kalibata ( yg 2 br).
    Tolong saran kalian ya,,,atau ada yg mau lelang cepat, murah meriah. Tq

  31. Karolyn Says:

    Can I simply say what a comfort to discover somebody that genuinely knows what they’re discussing on the web. You certainly realize how to bring a problem to light and make it important. More people ought to check this out and understand this side of your story. I was surprised you aren’t more popular since you definitely have the gift.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 114 pengikut lainnya.

