Pertanyaan dasar tentang KPR Rumah

Mas Anjar, mohon dibantu ya pertanyaan saya, maklum masih awam,
1) Sebetulnya berapa Persen sih biasanya pengembang mensyaratkan DP?
2) Trus kalau kita lihat penawaran property, apakah cicilan rumah tersebut adalah cicilan yang kita bayarkan ke Bank, atau ke pengembang?
3) Trus ada yg kasih info, katanya DP-nya pun bisa kita cicil/kredit, nah kalau DP dicicil apakah pada saat pembayaran cicilan DP juga saya harus mencicil angsuran rumah?
4) Apakah membeli rumah seken bisa di-KPR-kan? KPR mana yang mas Anjar rekomendasikan untuk kasus ini?

Komentar:
1. DP atau uang muka biasanya berkisar 10-20% dari harga rumah. Kenapa? karena Bank pada umumnya tidak akan mencover 100% resiko kredit rumah. Tapi pada prakteknya, apalagi untuk rumah baru dari pengembang, angka DP ini bisa beragamam demi menarik minat pembeli rumah. Skema yang ditawarkan antara lain:
- Cicilan DP bertahap, 3-10x
- Diskon tertentu untuk DP yang lebih besar
- DP 0% untuk promo tertentu.

2. Cicilan dengan Bank, hubungan selanjutnya adalah dengan Bank. Pihak pengembang, dengan kata lain, sudah mendapatkan pelunasan biaya rumah dari Bank.

3. Sangat bergantung strategi pengembang properti. Silahkan konsultasi lebih lanjut dengan developer. Hal ini, seperti saya sudah jelaskan dimuka sebagai strategi menarik pembeli.

4. Rumah second bisa di KPR-kan. Seringkali yang menjadi masalah adalah appraisal rumah, dimana biaya DP bisa sangat besar. Rekomendasi KPR bergantung pada tipe rumah, lokasi rumah dan spesifik kondisi nasabah. Misalkan untuk rumah 200-400 juta, salah satu yang terbaik adalah Bank Panin, untuk lokasi di Bintaro Jaya misalnya, karena developer bekerja sama dengan Bank Permata tentunya Bank inilah yang direkomendasikan, sedangkan untuk kasus dimana dokumen-dokumen tidak lengkap Bank Panin mungkin salah satu yang tergolong fleksibel.

Tapi secara umum, saya sarankan untuk mengambil KPR pada 3-4 bank sekaligus. Appraisal/kelayakan anda dalam proses KPR sangat bergantung subyektifitas account officer bank tersebut.

About these ads

30 Tanggapan to “Pertanyaan dasar tentang KPR Rumah”

  1. n0vri Says:

    Ikutan urun rembug.

    Besaran DP pada intinya merupakan risk sharing Bank dan debitur, diharapkan, semakin tinggi porsi DP akan semakin tinggi pula sense of belonging debitur, sehingga menekan kemungkinan default/gagal bayar.

    Nilai appraisal rumah second ditentukan oleh appraisal officer (account officer biasanya justru membantu calon debitur, maklum ia kan marketing), atau jika nilai rumahnya besar Bank akan pake independent appraiser yang jadi rekanan Bank. Penentuan nilai rumah didasarkan beberapa aspek; harga tanah di wilayah itu, nilai bangunan (termasuk depresiasi sesuai usia bangunan), kemudahan akses, fasilitas umum/sosial yang tersedia di sekitar, serta liquidation time (waktu yang dibutuhkan untuk menjual rumah kembali di daerah tersebut, apakah cepat terjual atau lambat). IMB juga menentukan, meski bangunannya besar, bagus dan baru, namun nilainya bisa jadi kecil jika ternyata tidak ada IMB atau IMB-nya masih rumah standard dan direnovasi tanpa IMB.

  2. 4chm3d Says:

    temans…ada yang tahu gak nih dengen kpr nya bank NISP (KPR Merdeka), kira2 punya pengalaman dengan bank yang satu ini?

  3. Ruth Honse Says:

    Saya mau membeli rumah BTN type 30 2 pintu di sudut. Saya mau tau apa saja bagian rumah yang bisa saya rubah?
    Apakah rumah bisa di tinggikan menjadi tingkat 2?
    Depan rumah apa bisa dirobah?
    Saya tinggal di USA dan bekerja disini, apa bisa saya pakai slip gaji saya untuk kpr?
    Dan pasport indonesia sebagai ID saya?
    thanks

  4. Doni Says:

    Saya mau numpang tanya pak.
    Saya berencana membeli rumah lokasi di citereup. saat ini sedang dalam proses pembangunan. apakah ada bank yang bisa menerima kredit kita apabila masih dalam proses pembangunan tsb? karena ada beberapa mensyaratkan rumah sudah terbangun.
    Untuk KPR, lebih menguntungkan mana menggunakan KPR konvensional atau Syariah?
    Thanks

  5. kaligane Says:

    @mas doni
    beli di citereup…sama donks

    biasanya bank tdk mempermasalahkan apakah rumahnya msh dlm proses pembangunan ato sudah jadi, apalagi bank yg sdh bekerjasama dgn developer.
    KPR syariah biasanya lebih krn niat saja mas, biasanya krn pgn lebih tenang saja, sesuai syariat agama.
    perbedaan lainnya : kebanyakan KPR syariah cicilannya tetap, sdgkn mayoritas bank konvesional berfluktuatif trgt suku bunga.

    btw, citereup nya mana mas ?
    he3

  6. dedi Says:

    bunga kpr bank sekarang berapa ya?
    syariah maupun konvensional
    mohon infonya

    • ira Says:

      Perumahan Grand Mutiara 2 daerah pondok gede dekat tol jati warna dan jati asih keluar tol jati warna ujung aspal pondok gede. kami kerjasama dengan Bank BTN Dengan suku bunga 12 %, tempat kami sudah layak huni dan siap serah terima kunci langsung, segera sekitar 100 jutaan.

  7. Hengky Says:

    hmmm

    saya sedang merencanakan membeli rumah dan tanah di belakang bengkel saya.

    apa saja syarat nya?

    yang saya inginkan adalah kucuran dana KPR di atas harga jual beli.. sehingga saya bisa sekaligus mendirikan bangunan baru di atas tanah itu, karena kebetulan rumah di atas tanah itu sudah tua.

  8. phoenix Says:

    dollar lagi gak stabil skarang, mo gak mo pemerintah naikin bunga KPR, skarang udah 14% kalo gak salah, padahal dulu ngambil KPR nya start dari 9%, jelas banyak yg kelimpungan mbayar bulanan nya, sampai gak bisa nabung lagi.

  9. Dwi Says:

    Salam kenal,
    Saya masih single, namun ingin sekali membeli rumah di dekat rumah kakak saya. Saya sudah dapat rumah second yang akan saya beli harganya 250jt, namun masalahnya adalah dana… heheheh..
    Saya punya tabungan tidak banyak, sedangkan untuk DP saya harus sedia -/+60 jt.
    Bagaimana ya caranya untuk bisa memperoleh dana full 250jt ya…
    Mengingat kondisi ekonomi seperti ini, tolong saran nya.
    Karena rumah second, takut diduluin orang nie..

    Thanks in advance.

    DWI

  10. taufik.akbar Says:

    Salam kenal,

    Sebenarnya saya mau memperkenalkan diri, saat ini
    saya mengelola bisnis KPR dari satu perusahan multi finance yaitu PT Bhakti Finance, Grup Bhakti Investama,
    kelebihan dari KPR Bhakti adalah , bunga fixed 5 tahun , dan fleksibel dalam persyaratan data untuk wiraswasta , cukup dengan surat keterangan domisili saja, proses cepat maksimal 10 hari , call center KPR Bhakti 021-88853855

  11. taufik.akbar Says:

    untuk direct informasi mengenai KPR Bhakti dapat menghubungi saya via HP 08886171521

  12. murni Says:

    Mo tanya, saya masih single tapi mau bli rumah dengan cicilan kpr didaerah bekasi. Yang jadi masalah, saya ga punya and ga bisa minta surat keterangan kerja dari tempat saya bekerja dan saya juga tidak punya slip gaji dikarenakan status saya yang masih magang. Saya juga tidak punya rekening tabungan. Penghasilan saya tidak tentu tetapi bisa dipastikan minimal saya bisa mendapatkan 1.5jt perbulan dari kerja magang dan tambahan lainnya (serabutan). apakah saya masih bisa mengajukan kpr?? Bagaimana bila orang tua atau orang lain yang menjadi penanggungjawabnya??? bagaimana bila saya membuat rekening tabungan disaat saya ingin mengajukan kpr, apakah bisa dijadikan pertimbangan?
    Apakah tidak mungkin bagi saya untuk mengajukan kpr dengan status saya yang sebagai magang? Bagaimana solusinya?

  13. manggon Says:

    @ Murni

    Permasalahan utama dari anda adalah status kerja masih magang sehingga bagi pemberi KPR tentunya risiko yang ditanggung sangat besar karena belum ada kepastian anda bekerja setelah masa magang selesai.

    Rekening tabungan menjadi salah satu penilaian bank karena di situ dapat dilihat jumlah uang yang masuk dan digunakan setiap bulannya. Kalaupun dibuat hanya saat mau mengajukan KPR tentu tidak ada artinya.

    Solusinya, lebih baik yang mengambil KPR adalah orang tua saja, apalagi kalau orang tua punya pekerjaan tetap akan tetapi sertifikat rumah berarti atas nama orang tua.

  14. Yogie Says:

    Halo semuanya….

    Saya berencana membeli rumah melalui KPR, saya juga sudah survey ke beberapa bank untuk menanyakan persyaratan dan simulasi kredit nya.
    Yang ingin saya tanyakan ialah dengan gaji saya 3,5 Jt/bulan, harga berapa sih rumah yang masuk akal yang bisa saya miliki? Mungkin ngga sih dengan gaji segitu saya bisa memiliki rumah? saya berencana memiliki rumah di sekitar bekasi timur.

  15. chintya Says:

    Saya guru di cileungsi berpenghasilan 2,7 jt per bulan.
    Saya berasal dari jawa tengah, saya pikir daripada kontrak rumah mending beli sekalian.
    Masalahnya adalah saya masih single dan orang tua saya di jawa.
    Apakah bisa saya mengambil kpr? Kalau harus memakai nama orang tua bagaimana caranya?
    Soalnya khan mereka ada di jawa.
    Terima kasih atas jawabannya..

  16. chintya Says:

    Saya seorang guru di cileungsi berpenghasilan 2,7 jt per bulan.
    Saya berasal dari jawa tengah, daripada kontrak rumah terus menerus saya ingin membeli rumah dgn KPR.
    Masalahya saya masih single dan ortu ada di jawa.
    Apakah saya bisa mengambil KPR?

  17. Iin Faradila Says:

    butuh info banget nich. bisa ga mengajukan KPR untuk pembelian tanah sekaligus untuk pembangunan rumahnya ????

  18. Rahmma Says:

    Saya pegawai swasta, penghasilan sekitar 3 jt/bulan.
    kpr yg seperti apa yg cocok untuk saya, sehingga saya bisa punya rumah sendiri.
    Kalau bisa di daerah jakarta barat,jakarta timur (Kalau bisa ) atau bekasi ( pilihan akhir )

    Thanks

  19. Dicky Says:

    saya berencana mengambil rumah second dgn kpr. sy pernah baca kredit rumah tanpa DP, caranya harga yg ditawarkan penjual harus dibawah harga appraisal bank…jd ada kelebihan antara plafond kredit dgn harga rumah. Yang ingin sy tanyakan apakah hal tsb mungkin…?? Jika ya bagaimana caranya (trik/kiat)…?? bukankah bank lgsung membayar ke penjual, bukannya ke pembeli (debitur).
    Thanks atas pencerahannya….

  20. Yunike Says:

    Saya ingin menanyakan tentang cicilan KPR komersial, kalo KPR komerisial itu bunganya flat atau sesuai dengan suku bunga bank, dalam artian jika suku bunga bank naik maka cicilan KPR akan naik begitu juga kalo suku bunga bank turun maka cicilan KPR akan turun. Mohon pencerahannya.
    Thanks atas pencerahannya.

  21. Alang Says:

    Saya rencananya juga mau beli rumah,tapi dengan penghasilan saya 1bulan kurang lebih hanya 1,6jt.yg mau saya tanyakan adalah bisa ga ya saya mengajukan
    Kpr dibank?dan beli rumah yang tanpa dp?jdi sekalian
    Dari pinjaman bank tersebut.terima kasih.

  22. mitra Says:

    saya mau membaca2 dahulu

  23. Iqbal Says:

    thank you atas infonya… Bagaiman dengan sistem pemebrian bunga pada kpr. kalo bunga kpr yang sekian % itu mksudnya dalam setahun kah? Apakah di seluruh ‘provider’ kpr seperti bank2 itu bunganya berbeda2?

  24. senpi Says:

    mas doni mau tanya dong, saya karyawan swasta, sudah ambil rumah di salah developer, sudah ajukan ke bank, yang mau saya tanyakan berapa lama waktu akad kredit ya pada umumnya, lalu apakah ada pengaruh akad kredit dengan harus ada rumah dulu ya, dan apa saya harus bayar DP sambil menunggu akad kredit dari bank tersebut.

    Mohon penjelasannya ya pa, terimakasih

  25. ughi Says:

    sy membeli rumah di makassar seharga Rp.370.000.000,- dengan dp 20 % (Rp.74.000.000,-).saya berencana mengajukan kpr senilai Rp.296.000.000,-.gaji saya Rp.7.400.000,-.,istri sy tidak bekerja dengan anak 2 orang.
    rumah yang sy beli rumah baru tapi dibangun oleh perorangan bukan developer.kira2 bank bisa memenuhi llimit pengajuan kpr sy senilai tersebut diatas sesuai gaji saya.saya tertarik untuk mengambil kpr via bca karena sekarang bunga bca 7,5 %.adakah yang dapat memberikan informasi tentang kpr bca tersebut,keuntungannya dibandingkan kpr bank mandiri.trims…

  26. Widianto Says:

    saya pusing bacanya

  27. erpan Says:

    Terima kasih informasi.ya pak yayan..kalau say mau ngajukan kpr melalui bni syariah..apa saja yang harus dipersiapkan..utk rumah sudah jadi dan sertifikat rumah sudah pecah..sudah ada copynya..trims erpan

  28. jodi Says:

    misi pak saya mau nanya
    ane kan lg jual rumah nih di daerah depok
    lalu ada calon pembeli yg meminta KPR
    apakah pembayaran ke saya(penjual) langsung lunas atau menunggu hingga cicilan KPR nya lunas?

  29. irsal Says:

    permisi semuanya, saya ingin menanyakan sesuatu.

    saya dalam waktu dekat ingin menikah dan setelah menikah saya ingin mempunyai rumah sendiri dengan menggunakan KPR, perkiraan harga rumah yang saya minati adalah sekitar Rp. 160 – 200 juta.
    saat ini saya sebagai karyawan tetap disebuah perusahaan swasta dg salary tiap bulan 2.4000.000 (net), pasangan saya kontrak dg salary tiap bulan 2.400.000.
    yang saya tanyakan apakah saya bisa mengajukan KPR dg menggabungkan penghasilan istri dg status istri masih kontrak, jika bisa bagaiaman dengan perhitungan KPR nya jika saya ingin mencicil sampai dengan 10 thn, berapa perbulannya yang harus saya siapkan dananya dari salary saya dan istri saya dan juga bagaimana dengan DP nya berapa yang harus saya siapkan?.

    terimaksih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 114 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: