KPR Syariah mana yang paling menguntungkan?

Saya sudah survey ke tiga bank (BTN syariah, BNI Syariah atau Bank Mandiri Syariah) dan saya pribadi paling cocok dengan BNI Syariah.

Contoh kasus :
1. Niaga Syariah :
Plafond 200 juta.
Masa cicilan 10 tahun
Suku bunga 13 % (effektif)
Maka didapat cicilan perbulan = 2,986,214.80
Jika ingin melunasi di akhir tahun ke-5(bulan ke-60), sisa Pokok Hutang =132,792,094.41

2. BNI Syariah
Plafond 200 juta.
Masa cicilan 10 tahun
Suku bunga 8.25% (flat)
Maka didapat cicilan perbulan = 3,041,666.667
Jika ingin melunasi di akhir tahun ke-5 (bulan ke-60), sisa Pokok Hutang =100,000,000

Terlihat kan keuntungan masing-masing…

Untuk Mandiri Syariah, bunga/margin yg dibebankan tinggi banget, untuk masa 10 tahun kena 16,10 % (effektif) (wajar menurut saya, soalnya saya punya simpanan di bank ini, bagi hasilnya cukup tinggi, di atas BCA dan BNI, tapi masih di bawah Muamalat). Niaga syariah ngambil bunga/margin 13% (effektif), sedang BNI 8,25% (flat).
Satriawan
,

Saya ada rencana ambil KPR di daerah Bekasi. Setelah tanya ke Bank syariah untuk BTN syariah mereka belum ada untuk daerah bekasi dan untuk BNI syariah tidak mau karena untuk harus ada copy sertifikatnya. Sedangkan copy serifikat baru bisa diberikan setelah 1 tahun. Mohon sarannya, saya awan untuk mengajukan KPR, kalau boleh mohon prosedurnya seperti apa … Atas sarannya terima kasih.
Ana,

Ada yang punya pendapat lain?

738 Tanggapan to “KPR Syariah mana yang paling menguntungkan?”

  1. rio Says:

    tahun lalu nyoba antara kpr permata syariah dgn konvensional, beda cicilan bisa 1jt lebih, jd ngga jd ama syariahnya en mrk ngga berani kasih plafond gede.
    kalo bank plat merah, saya agak anti, soalnya pasti mrk minta NPWP (bikin surat pernyataan mau daftar npwp).
    Btw, efek NPWP pasti ngerepotin ngga sih?

  2. dian Says:

    pak, saya karyawan baru di BSM, krn itu blm bisa ambil pinjaman pegawai (margin rendah), jjadi saya kemungkinan akan ambil dari konsumen biasa dulu di cabang BSM (margin 10.25 flat). kalo saya denger dari bapak di BNI syariah 8.25? itu bisa dilunasi mulai dari tahun ke berapa ya? soalnya kalo saya di BSM kan saya bisa ditransfer ke pinjaman pegawai setelah masa kepegawaian 2 tahun.
    Menurut bapak lebih baik saya ambil KPR dimana? mengingat untuk sampai 2 tahun KPR BSM agak tinggi bunganya.
    terimakasih pak
    mohon direspon/dikirim ke email saya, saya tunggu kabar segera ya pak, soalnya dlm 1 bulan ini saya harus melunasi rumah yang akan saya beli (minggu ke3 september 2007)

  3. satriawan Says:

    @ dian
    Sebelumnya sudah bekerja ato belum?
    Kalo belum, di BNI syariah juga akan mendapatkan ganjalan, minimal sudah bekerja 2 tahun untuk bisa mengajukan aplikasi.
    Lebih jelasnya bisa tanya ke CS BNI Syariah di 021-5729751 ext 2359

  4. alfrizon Says:

    Saya ngambil pembiayaan di Bank Syariah Mandiri untuk beli rumah kemaren. Kalo di itung anuitas saya seperti kebayar hutang sekitar 20%-an di bank konvensional. Namun karena di BSM pemotongan margin dan pokok berimbang, tidak seperti itungan anuitas dimana bunga di bayar besar di awal kredit, maka lebih menguntungkan kalo minjam di BSM ini jika bisa melunasi cepat.

    Saya pernah membuat hitungan kasar, jika flatform pembiayaan saya saat ini 6 tahun, dibandingkan dengan bunga konvensional waktu saya meminjam itu 16.75%, maka keuntungan/ kemurahan saya meminjam di BSM maksimum ada di tahun ke tiga (dibulan-bulan ke 36 pembayaran). Namun dengan bunga KPR di bank konvensional saat ini sampai ditawari 8.9% meminjam di BSM tidak menguntungkan/ lebih mahal.

    Sewaktu akan melakukan ikatan pembiayaan di BSM yang menjadi concern saya adalah saya bisa mere-skedul utang saya. Namun kemaren pas menemui marketingnya lagi cukup membuat saya kecewa, mereka bilang saya bisa mere-skedul dengan melakukan pembayar 45% dari sisa pokok, namun yang dipotong pokoknya saja, sedangkan margin-nya tetap seperti itungan awal. Kecuali kalo saya melunasi semua pokoknya. Jelas saya tidak melakukan hal ini, mungkin Insya Allah kalo ada rezki dilunasi aja nanti secepatnya.

  5. etoh Says:

    hm..

    bedanya KPR Syariah dan tidak, di mananya ?

    apakah syaratnya harus muslim juga ?
    sorry, pertanyaan yg bener2 awam.

  6. Titik Says:

    Meskipun dilihat dari sisa pokok hutangnya lebih kecil BNI Syariah seperti terlihat di atas, tapi saya pernah tanya ke BNI Syariah, kalo mau dilunasin kita juga harus bayar marginnya juga, kata dia siy marginnya di diskon, tapi hasil diskon itu tergantung negosiasi juga. Kalo negosiasi ama bank kaya gimana ya? Sepertinya posisi kita lemah ya..
    Sedangkan kalo di Niaga Syariah, saya juga pernah tanya katanya kalo melunasi cukup membayar angsuran bulan berjalan + sisa pokok hutang + biaya admin 150rb, menarik banget kan? Bener gak ya?
    Ada yang pernah mengalami?

    • novianto cfe BSM Says:

      Permiisi, kalo pelunasan dipercepat disistem konvensional ada yang namanya Finalty sisa Pokok bulan berjalan plus angsuran plus Bunga dikalikan pokok, kalo di BSM hanya bayar sisa pokok berjalan plus angsuran bulan berjalan plus adminisrasi 100 ribu.

    • addy Says:

      kalau nglunasin pokok hutang itu mahal. mending kalau mau ngambil di syariah jangan niat utk dilunasin, karena bunga dihitung di depan sehingga pelunasan nanti plus bunga. kalau mau dilunasin sebelum jatuh tempo mending di konvensional kan make bunga efektif. nanti pelunasan cuman bayar yang pokoknya aja.

  7. satriawan Says:

    @ titik
    Waduh…ko info yg saya dapat berbeda. Kalo mau lunasin ga ada denda ataupun bayar margin yg belum terbayar. Thanks atas info yg diberikan. Nanti pas akad harus benar2 teliti akan hal spt ini.
    Seperti yg saya bilang sebelumnya, Niaga Syariah tidak menguntungkan dengan sistem bunga effektif.

  8. igoen99 Says:

    Alo Pa’
    cuma heran aja, koq istilah yang dipake “bunga” padahal ini syariah, sesuai syari’ah islam mengharamkan “bunga”
    peace

    • anton Says:

      Iya nih, jd bingung. ga ada bedanya dong syariah sm konvensional? apa cb beda nm aja ya?

      • adi Says:

        istilah bank syariah harusnya margin pak, saya sudah ambil KPR dari bank muamalat utk 3 tahun, dan ternyata margin tersebut setara dengan bunga efektif bank 13 % kalo ga salah, jadi masih lebih mahal dari bank konvensional yang sekarang setahu saya sekitar 10%, saya juga pernah bandingkan BNI syariah memang paling murah, tapi saya telpon ga ada yang follow up ya sudah… . Cuman bank syariah memang lebih fix sifatnya cicilan. Tapi tetep namanya bank ga boleh rugi =D

  9. Al Says:

    saya baru ambil KPR pake niaga syariah. emang yang paling murah si BNI syariah, tapi persyaratannya itu lho.. ribet banget.. jadinya pake niaga syariah deh

  10. gonggo Says:

    Assalamualaikum wr wb

    Wah….saya malah ragu dengan hasil hitungan BNI Syariah ini…kok istilahnya msih pakai BUNGA…..BUNGA/MARGIN…..artinya mereka masih tidak mengerti apa artinyan perbedaan BUNGA dengan MARGIN……mungkin belajar dulu aja dech yang tuntas tentang apa itu BUNGA dan MARGIN…serta apa itu KPR SYARIAH…jangan sampai jadi pada salah kaprah !!!

  11. satriawan Says:

    @igoen99 and gonggo

    yg salah bukan BNI nya Pak, tetapi saya yg kurang jelas dalam memberikan penjelasan. Saya rasa, semua Bank Syariah cuman mengenal istilah margin dalam mendapatkan keuntungan, setuju kan?
    Maksud dan tujuan saya adalah untuk memberikan perbandingan dengan sistem bank konvesional, apakah di bank konvensional ada yg pakai margin effektif Pak? adakah yg pakai istilah margin flat Pak?
    Saya menggunakan istilah ini tidak lain untuk memberikan kemudahan bagi pembaca yg belum familiar dengan sistem syariah, yg notabene sistem konvensional sudah lebih dulu dikenal para pembaca pada umumnya.
    Untuk belajar apa itu kpr syariah, margin/bunga, mohon di share sekiranya Gonggo punya ilmu yg lebih.
    Semoga berkenan atas jawabanya…

    @Al
    setuju…ribet persyaratan di bni syariah, harus banyak minta rekomendasi jika status kita adalah karyawan, dari line manager, dari manager keuangan, dari manager HRD, ribet lah pokoknya.
    Tapi kalo kita ada niat, InsyaAllah semua akan teratasi.

  12. kroco Says:

    pas bgt nih…
    kebetulan saya baru ambil KPR di niaga syariah.
    plafon kredit 90juta
    lama cicilan 10 tahun.
    angsuran bulan 1 -60 = 1.330.558,-
    angsuran bulan 61-120 =1.399.048,-

    dan kebetulan juga, di kantor saya bbrp hari kemarin ada presentasi dari BNI syariah
    dan saya lihat di brosur terbarunya
    angsuran untuk plafon 90jt dan lama cicilan 10 tahun adalah Rp. 1.368.750,- (flat)

    dan jika kita hitung bodo2an total yg harus kita bayar adalah :
    BNI Syariah
    1.368.750,- x 120 bulan = 164.250.000

    NIaga Syariah
    1.330.558,- x 60 bulan = 79.833.480
    1.399.048,- x 60 bulan = 83.942.880
    TOTAL 163.776.360

    SELISIH Rp. 473.640,-

    untuk pelunasan di niaga syariah, bisa melunasi sebagian maupun seluruh hutang kita dan hanya dihitung dari sisa pokok hutangnya saja.

    jadi, masih yakin kalo BNI syariah lebih bagus ?

  13. Aditya Says:

    Halo semua ..

    Numpang sharing sedikit ..

    Untuk pengajuan KPR, ada ga yah yg bisa membiayai TANAH KAVLING ?

    • novianto cfe BSM Says:

      BSM Siap mas, asal sertifikatnya sudah pecah, atau mau dipecah dinotaris kita.

      Cabang Gatot Subroto
      087877747647

      • fitri Says:

        mas, mau tanya.. saya tinggal di bandung, rencana mau beli rumah second, harga rumah 190 juta…

        saya dan suami hanya punya modal 60 juta

        rumah SHM, klo kami yang beli lgsg ke notaris untuk balik nama.
        yang mau saya tanyakan, apa bisa kami mengajukan KPR dengan perlunasan dari bank dan nantinya klo sertifikat sudah atas nama kami di pegang oleh bank, dan kami nyicilnya bulanan ke bank…
        trus berapa nantinya kami nyicil tiap bulan…

        mohon infonya di kirim ke email saya fitri_amrita_st@yahoo.com

        dan klo ada contact person untuk wilayah bandung

        terimakasih…
        Fitri

  14. nana Says:

    @Aditya,

    Ada koq, BII bisa membiayai kavling/tanah, krn saya sudah pake BII untuk bayar tanah saya selama 4 tahun (cicilan 5 thn max. kl gak salah…),kebtulan kerjasama dgn developernya (bintaro jaya)

    Rgds,
    Nana

  15. Mamdave Says:

    All,

    Cuma mengulang yang ditanyakan Sdr. Etoh krn sepertinya belum ada yang menjawab, apakah syaratnya harus muslim juga?
    Ada nggak KPR syariah (atau non syariah) yang DPnya cuma 10% dari harga rumah?
    Thx & Rgds, Mamdave

  16. salsabila Says:

    ada yg tau info tentang kpr muamalat ga
    saya lagi nyari2 infonya nih

  17. satriawan Says:

    @kroco

    Sudakah sampeyan melihat angsuran perbulan hutang sampeyan di Niaga Syariah, anda akan melihat betapa rakusnya Niaga Syaraiah (margin yg harus anda bayar di awal2 cicilan jauh lebih besar dari pokok hutang yg anda bayar).
    Apakah arti uang 473.640 rupiah untuk 10 tahun ke depan ?? Jika dibanding dengan pokok hutang Anda yg bisa menyusut lebih cepat.
    Berikut simulasi 10 bulan pertama cicilan Anda di Niaga Syariah :
    Saldo Awal Cicilan Pokok Bunga
    90,000,000.00 1,330,558.28 374,308.28 956,250.00
    89,625,691.72 1,330,558.28 378,285.30 952,272.97
    89,247,406.42 1,330,558.28 382,304.58 948,253.69
    88,865,101.84 1,330,558.28 386,366.57 944,191.71
    88,478,735.27 1,330,558.28 390,471.72 940,086.56
    88,088,263.55 1,330,558.28 394,620.48 935,937.80
    87,693,643.07 1,330,558.28 398,813.32 931,744.96
    87,294,829.75 1,330,558.28 403,050.71 927,507.57
    86,891,779.04 1,330,558.28 407,333.12 923,225.15
    86,484,445.92 1,330,558.28 411,661.04 918,897.24

    dan di akhir tahun ke 5, sisa pokok hutang Anda = 59,506,723.93
    Sedangkan sisa pokok hutang di BNI Syariah di akhir tahun ke-5 = 45.000.000

    Nah…begitu Pak keuntungan kalo di BNI syariah…jadi jangan dilihat dari total hutang yg harus dibayar dan besarnya cicilan perbulan saja….semoga bisa mencerahkan….

  18. MJ Says:

    klu kita mo ambil KPR, biaya2 yg harus kita bayar apa saja ya. klu liat dari simulasi kok kayaknya besar banget. Bisa sampai 10 jutaan. ada biaya asuransi, biaya adm, notaris, dll. dan itu belum termasuk BPHTB. soale saya mo ambil rumah yg dibangun oleh perorangan jadi KPRnya gak kerjasama dg bank.

  19. Pritha Says:

    Setuju dengan Mas Satriawan, saya salah satu nasabah KPR Niaga Syariah yang kecewa dengan komposisi bunga & pokok bulanan…

    Dari 4 juta yang saya bayarkan tiap bulan dalam 13 bulan, dari data bank saya baru membayar pokok sekitar 10 juta! Suku bunga 17% pula…

    Rasanya kok jauh lebih menguntungkan yang konvensional ya?

    • novianto cfe BSM Says:

      di Syariah ada yang bernama akad murabahah, akad jual beli, jadi angsuran yang akan dibebankan tetap hingga akhir pembayaran, sedangkan di konvensional angsuran etap hanya 1-3 tahun pertama saja sianya yang 13 tahuna.i suku bung mengikut bersifat floating

  20. Johan Says:

    untuk mas salsabila, saya insya Allah bisa membantu kasih info KPR muamalat (Baiti Jannah) juga program perhitungan KPR dari Muamalat, kebetulan istri saya kerja di BMI pusat, dan kebetulan saya juga sudah mengajukan KPR Muamalat.

    sekedar info di KPR Muamalat saat ini marginnya 12.75% (flat effektif) dan jangka waktunya bisa 5, 10 dan 15 tahun.
    menurut saya prosesnya gampang, gak terlalu ribet seperti bank lain, dan gak kena finalti kalo ditahun kedua atau seterusnya mo dibayar saat kita punya uang lebih untuk mengurangi angsuran atau memperpendek jangka waktu angsuran, dan DP bisa kurang dari 10% tergantung besarnya pinjaman bank dan batas maksimal 45% dari gaji (gabungan suami + istri).

    kalo bank-bank syariah yang lain berbeda-beda dan ada keuntungan dan kelemahannya itu wajar juga karena bank-bank tersebut sesuai namanya jadi kemungkinan masih cari-cari keuntungan yang lebih besar seperti bank-bank induknya konvensional.
    memakai syariah memang awalnya keliatan berat karena angsuran pertama sampai akhir sama, dan ditambah DP.
    cuman yang perlu kita perhatikan adalah kita memakai syariah itu karena niat yang ikhlas sesuai dengan ketentuan syariat islam, bukan kita meributkan untung ruginya.
    kalo di indonesia memang bank syariah sulit untuk jadi bank yang benar2 murni, karena para investor pemegang modal, dan nasabah maunya cari untung yang gede, trus gimana dengan gaji karyawan bank syariah mo dapat darimana?

    untuk info lebih jelasnya bisa menghubungi (021) 2511414 ext. 216

    • ATSA Says:

      maaf klo saya bole kasih masukan juga, kemaren saya juga ngajuin baiti janati, di bank muamalat tanjung duren, karena banyak yang menyarankan and kasih tau baik2nya, tetapi kenyataannya ko berbeda ya? terus terang kami agak kecewa juga, karena yang dibilang dari berbagai pihak tidak sesuai. pertama: mereka bilang cicilan bisa sampai 30% salari gabungan suami istri, ternyata salary suami hanya diperhitungkan 50% saja, karena kebetulan yang mengajukan saya (istri), itu juga setelah saya kalkulasi batas cicilan yang saya dapat nda ada 30% mungkin kurang dari 25% . kedua: margin yang mereka berikan lebih besar dari bank2 yang sudah saya survey, yang kami dapat kemaren marginnya 13% dan itu juga mereka tidak bisa memberikan kepastian margin bisa tetap 10th (karena kebetulan kami ambil jangka waktu pinjamannya 10th) bukankah dari beberapa bank syariah yang kita tahu marginnya tetap kan?, ketiga: klo berdasarkan teman2 saya yang sudah ambil pinjaman kpr di BRI syariah, bank niaga, bank panin, dll mereka bisa pinjam tanpa harus pindah gaji ke muamalat, kenyataan kemaren saya dibatalkan pinjamannya alasannya hanya karena gaji saya tidak bisa ditransfer ke muamalat langsung dari kantor saya, padahal semua persyaratan sudah kami penuhi. Kami bisa memberikan bukti jika teman2 mau, kebetulan sekarang akhirnya kami tanyakan persyaratan ke biro jasa kpr, dan mereka yakin syarat2 yang kami masukkan sudah terpenuhi semua. Saya juga sudah menanyakan ke beberapa pihak bank lain bahwasannya benar syarat2 kami sudah amat sangat lengkap. Ini sekedar buat koreksi saja buat teman2, bole dijadikan bahan perbandingan saja. Apabila bank muamalat tanjung duren kurang berkenan, kami mohon maaf, karena ini saya hanya berbagi pengalaman sesuai yang terjadi.

      • farah Says:

        hmm..dear mb Atsa..beberapa mgg kmaren kebutlan sy jg lg survey2 utk kpr di bank syairah.
        Muamalat & Bank BNI Syariah
        klo sy tanya margin nya..memang besaran Muamalt. Muamalat berkisar 13% flet efektif [artinya tetap akan ad naik turunnya] krn mereka pake sistem sewa beli . & klo sewa berarti scr hukum tetap halal krn biaya org sewa psti ad naik turunnya tergantung kndisi sekitar.
        Sedangkna di BNI Syariah wktu itu bs memberikan margin 10%.
        Dari sini bayangan sy sih wah cicilannya rendahan BNI syariah. Tapi stelah sy tanya brp RP yg hrs sy bayar perbulannya, ternyata rupiah nya jauh lebih kecil klo kita ambil di muamalat.
        Plafon 275 selama 15 thn, di muamlat 3,3 per bulan sedang di BNI Syriah 3,8 perbulan. hmm lumayan kan selisih 400 – 500 rb perbulan.
        Tapi sayang….utk muamalat blm menerima kpr untuk rumah indent, jadi ya insyA sy jadinya ngambil di BNI syariah. minta doanya ya spy smua lancar

      • joksan Says:

        yup…saya jg nanya di muamalat klaten jg 30% dr pinjaman padahal di web-nya hanya 10%…trus katanya blm di up date…ih jd bingung

  21. kroco Says:

    wah gtu ya…
    ternyata mesti diliat juga komposisi cicilannnya.
    jujur saja saya males, males, males bgt berurusan dengan bank, makanya saya buru-buru akad, maunya sih biar tinggal bayar cicilan aja.

  22. inu Says:

    Terima kasih untuk informasi mas anjar, akhirnya saya menemukan solusi KPR yg kedepannya tidak memberatkan akibat fluktuatif bunga.

    Saya owner dari sebuah CV, biasanya persyaratan apa saja yg diminta oleh BNI syariah? Apakah wiraswastawan diproses lebih mudah daripada karyawan?

    Apakah mas anjar juga mempunyai pengalaman tentang KPR BTN syariah?

    Terima kasih

  23. Agung Says:

    Halo….
    ada gak kpr tanpa uang muka, saya berniat beli rumah seharga 115jt di bandung?
    rata2 minta uang muka 20%, makasih buat sarannya

  24. jefnil Says:

    Mau tanya nih, saya dan istri mengajuin KPR di salah satu bank , dan semua syarat2 sudah lengkap, tetapi tadi siang istri saya di telpon oleh pihak bank , yang katanya mau survey rumah yang akan saya beli dan sekaligus mau ukur ulang rumah tsb, dengan alasan itu memang prosedurnya…
    dan tentu saja kami tolak karena, pada awalnya gak disebutkan hal tsb.( kan udah FC SHM )..

    yang saya mau tanya apakah betul seperti itu prosedurna?..atau cuma akal2an dari pihak Oknum Bank/Agency..

    • novianto cfe BSM Says:

      betul mas, akad murabahah mensyaratkan adanya kebenaran barang yang mau dibeli, sehingga perlu kroscek,,

      BSM cab gatot Subroto

      087877747647

  25. calon pembeli rumah Says:

    @jefnil

    setahu saya yaa begitu pak… apalagi untuk pembelian rumah second, atau rumah baru yang pengembangnya tidak mempunyai kerjasama dengan bank.
    nama prosesnya appraisal. walaupun surat2nya lengkap, pihak bank (atau yg ditunjuk bank) tetap melakukan appraisal terhadap fisik rumahnya.
    mereka cek apakah rumahnya memang ada,
    tanahnya di BPN bermasalah atau tidak,
    kira2 fisik rumahnya seperti apa,
    lingkungannya seperti apa,
    bebas banjir apa nggak,
    dll dll.
    jadi mereka bisa mengira2 (sesuai namanya: appraisal = “An estimate of the market value of a piece of property.”) harganya berapa, 5,10,.. tahun ke depan berapa harganya

    soalnya bank khan harus memperhitungkan kemampuan cicilan bapak, trus kalau sekiranya di tengah jalan bapak tidak sanggup meneruskan cicilan rumah yang diagunkan itu masih bisa menguntungkan atau tidak, dll dll.

    btw, sebagai konsumen kita juga bisa ambil keuntungan dari appraisal bank, salah satunya kita bisa tau harga rumah hasil appraisal bank.. jadi kita bisa bandingkan antara harga rumah versi penjual dengan versi bank.
    $penjual ~ $bank = tenang deh
    $penjual jauh $bank = penjual ambil untung tinggi atau …?

    CMMIIW

    sekedar sharing, saya 2 minggu kemarin ajukan kredit ke bank *46. proses appraisalnya cukup cepat.. kunjungan fisik ke rumah hanya jeda 1 hari dari dokumen masuk.. kemudian hasil persetujuan kredit hanya selang 1 minggu dari dokumen masuk..
    saya ambil rumah “baru tapi second” di kukusan, penjual ngasih harga 175jt, dan saya bandingkan dari appraisal bank ternyata harganya 186jt.. lega deh jadinya. ternyata harga penjual lebih rendah dan masih di rentang harga pasaran…

  26. Opiq Says:

    sebaiknya para konsumen berpengalaman mencantumkan record pembayarannya agar bisa dicari rumus/formula dari tiap-tiap penawaran bank.
    contohnya:
    Saldo Awal Cicilan Pokok Bunga
    90,000,000.00 1,330,558.28 374,308.28 956,250.00
    89,625,691.72 1,330,558.28 378,285.30 952,272.97
    89,247,406.42 1,330,558.28 382,304.58 948,253.69

  27. erna Says:

    Menjawab pertanyaan Sdr. Etoh… setahu saya yang namanya Syariah boleh kok nasabahnya bukan muslim…. Syariah dalam pembiayaan rumah/tanah itu kan caranya … bukan aqidah… jadi ga ada hubungannya dengan aqidah… selama yang bersangkutan mau bermuamalah dengan cara Syariah (dalam hal ini akad ba”i)… ga masalah.
    Dalam syariah :” Semua boleh kecuali yang ada larangannya”
    Mohon koreksi dari temen-temen.

  28. Iwan Says:

    Sedikit mau membantu meluruskan. Pelunasan dipercepat dibank syariah, yang benar si adalah kita membayar kewajiban pokok kita ditambah membayar kewajiban margin pada bulan tersebut aja. Jadi tidak perlu membayar total margin pembiayaan. Penalti juga tidak dikenal dalam bank syariah, denda hanya bisa dikenakan pada nasabah yang wan prestasi karena lalai dalam mengangsur karena kesengajaan.
    Trus mengenai proporsi Margin dan pokok di bank syariah, saya juga cukup kaget ternyata sistim segitiga msih berlaku. Padahal 2 tahun lalu sebelum saya resign dari bank syariah tempat bekerja saya, BI memberi kan audit memo bahwa proporsi antara pokok dan margin seperti segitiga itu dilarang tidak diperbolehkan lagi. Yang diperbolehkan adalah sistim flat pokok lurus, begitu juga margin lurus.
    Mungkin begitu, tetap semangat!

  29. Iwan Says:

    Sedikit menambahkan diatas. Soal bargaining kadang jangan begitu percaya langsung sama petugas kredit, kalau dikatakan ini tidak boleh, begini tidak boleh. Kadang petugas melakukan itu agar Bank mereka tidak rugi dan target laba petugas tersebut tidak turun. Jadi wajar aja kalau rekan mau melunasi kreditnya kadang sangat susah, terus ada alasan-alasan tertentu. Ini pengalaman pribadi dulu waktu masih junior dibank heehehe.. (sekarang dah resign, capek soale). Info yang benar ya datangi kepala cabangnya saja kalau ada potensi kita akan dirugikan banyak.

    Salam tetap semangat

  30. abie1102 Says:

    @mas johan
    mau donk info tentang KPR syariah Muamalat. Bisa kirim ke email saya?
    abie1102@yahoo.com

    Terima kasih.

  31. Dewi Says:

    Saya ingin membeli rumah seharga 120 juta, sedangkan tabungan saya di BNI adalah 65 juta. Saya adalah nasabah BNI selama 7 tahun, dan 1,5 ini saya bekerja di lembaga asing dengan gaji yang ditransfer melalui BNI. kantor kami tidak ada karyawan tetap, semua dikontrak per tahun dan kemudian perpanjangan, begitu seterusnya. Namun apabila ditengah jalan kita dipecat, kita tetap mendapatkan gaji utuh selama satu tahun tsb.

    Pertanyaan saya adalah;
    Apakah di BNI menyediakan kredit selama 1 tahun? berapa bunganya? dan apakah karyawan dengan status kontrak seperti saya bisa di approve untuk mengambil kredit apabila angsurannya hanyalah separo dari gaji saya yang notabene BNI bisa potong langsung dari gaji bulanan saya.

    Tolooong …….. mohon saya bisa dikasih pencerahan, karena saya sudah naksir rumah itu dan sudah deal harganya.

    Nuwun,
    Dewi

  32. desianto Says:

    saya punya sebidang tanah seluas 26 x 19,8 meter yang diatasnya telah berdiri tiga unit toko dan satu unit rumah. namun saya kesulitan modal untuk usaha di ketiga toko saya itu, dan saya ingin mengajukan kpr di bni syariah untuk usaha karena jangka waktunya panjang. untuk IMB, PBB, Sertifikat dan NPWP dah lengkap, siup juga ada tapi saya bukan nasabah bni syariah, bisa gak ya .. ? mohon sarannya untuk wilayah kerja medan

  33. Arwid Says:

    Mas Johan bisa saya minta alamat e-mailnya, saya tertarik dgn KPR Syariah Muamalat.. Apa KPR ini juga bisa untuk beli rumah seken.. Trims sebelumnya.

  34. tomy Says:

    @ Arwid

    Setahu saya KPR Bank Muamalat hanya bisa digunakan jika rumah yang dibeli sudah ada/ seken, kalo masih indent BMI ngga mau berikan kpr. Saya ambil kpr niaga syariah bisa untuk ambil rumah indent. Yang jadi pertanyaan nya apakah hukum syariahnya jika jual beli dilakukan dengan rumah indent, …….???? mungkin ada yang mau share….

  35. Eko Says:

    @arwid & Tomy

    Muamalat spanjang yg saya tahu bisa membiayai rumah 2nd.
    Untuk rumah indent kayanya emang ga memenuhi unsur syariahnya, karena di syariah intinya adalah ada barang riil yang diperjualbelikan (kalo indent kan belum ada rumahnya).

    sedikit share juga ttg KPR Syariah :
    KPR Muamalat pake sistem ijaroh/sewa. Jadi per bulan kita bayar sewa kepada bank, bukan ngangsur. Margin sekarang efektif 12,75% atau setara fixed 7.75%.

    Kalo Bank Syariah lain, KPRnya umumnya pake sistem jual beli, jadi kita per bulan ngangsur ke bank. Margin sekarang rata-rata 13%-14% atau setara fixed 8-8,5%

    Sedikit saran juga : berdasarkan pengalaman pribadi, jangan pake BTN Syariah…sungguh pelayanannya mengecewakan, apa karena berbau-bau BUMN ya…

  36. dony Says:

    assalamualikum buat semuanya yang tertarik mengenai pembahasan k.p.r.

    saya baru memasuki dunia perbankan syariah 1 bulan terakhir ini, kebetulan saya menjadi merketing k.p.r ( niaga syariah ) …
    karena orang baru tentu saja saya melakukan penggalian informasi sebanyak-banyaknya agar lebih memahami tentang k.p.r syariah adapun hasil temuan yang saya pelajari ditempat saya bekerja kurang lebih sebagai berikut :

    1. proses yang ada terhitung cepat.
    bila nasabah sudah melengkapi dokumen-dokume yang disyaratkan maka proses ini bisa memakan waktu 1 minggu atau kurang.

    2. margin keuntungan yang diambil terbilang rendah.
    yaitu terbagi 3 tahap , dimana setiap 5 tahun akan berubah.
    (info lebih lanjut silakan hub. saya via e-mail
    ( dony_ctb@yahoo.com) )

    3.jangka waktu pembiayaan cukup panjang.
    bisa sampai 15 tahun.
    dimana di beberapa bank fitur ini tidak tersedia.

    4. angsuran tetap.
    disinilah salah satu keunggulan konsep syariah, karena menggunakan prinsip bagi hasil sehingga tidak terpengaruh akan krismon ataupun s.b.i. yang fluktuatif.
    disini nasabah mendapatkan rasa aman ketika mengambil k.p.r karena angsuran yang dibayar sampai akhir masa kontrak sudah diketahui dimuka, dan tidak berubah-ubah..
    note : ada kasus malah nasabah lebih diuntungkan kalau s.b.i turun, sehingga nasabah mendapatkan discount rate 😉
    (info lebih lanjut silakan hub. saya via e-mail
    ( dony_ctb@yahoo.com) )

    5. pelunasan bisa dipercepat & tidak terkena pinalti.
    ditempat lain saya menemukan nasabah tidak bisa melakukan pelunasan dipercepat, dan bila ada maka akan terkena pinalti. ditempat saya bekerja tidak ada pinalti ada hanya biaya administrasi itupun besarnya sekitar 150 rbuan.

    6.persyartan mudah.
    pendapatan anda tidak perlu sendiri.
    anda bisa join dengan istri/suami anda. dimana pendapatan ber 2 dihitung 100%.
    masa kerja minimal untuk karyawan 2 tahun.
    ditempat lain saya juga menemukan minimal 3 tahun =)
    mengenai daftar black list.
    ini jelas ada untuk semua pembiayaan perbakan yang saya tahu. untuk amannya sebelum mengajukan k.p.r segera lunasi semua tagihan anda kerena pihak bank bisa mendapatkan informasi ini. dan kami dapat melihat kelancaran anda terhadap pinjaman anda terlebih dahulu. hal in dipandang penting karena, bila anda masih punya angsuran ditempat lain adan anda mengambil angsuran baru maka akan memberatkan anda sendiri, dan bagi pihak bank resiko yang diambil juga menjadi lebih besar =)

    7. adanya bagi hasil dari asuransi
    bila selama masa pembiayaan anda tidak ada klaim maka akan ada bagi hasil dari asuransi

    8. menggunakan prinsip islam.
    jelas ini alasan utama selain alasan finansial, saya menemukan banyak sekali prinsip-prinsip yang menguntungkan nasabah baik dunia maupun akhirat =D
    salah satunya jelas lebih halal.
    nasabah mengetahui margin keuntungan yang dimabil oleh bank di awal masa kontrak, dan banyak keuntungan lainnya =D

    9. uang muka yang dibayar nasabah cukup 20%

    10. lokasi yang dipilih bebas oleh nasabah.

    masih banyak keuntungan lainnya, untuk lebih jelas bisa contact saya via e-mail :
    dony_ctb@yahoo.com
    atau contact no.saya : 0818 27 3669

    tambahan :
    bedasarkan hasil survey saya, banyak nasabah yang puas dengan fitur yang diberikan , dan merekomendasikan kepada nasabah lainnya =) dan ada beberapa case nasabah yang pindah ke k.p.r ini karena mandapatkan manfaat yang lebih baik..

    kurang lebihnya saya mohon ma’af …bila bermanfaat maka manfaat itu datangnya dari allah dan bila ada kesalahan maka itu datangnya dari saya =)

    recomend:
    segera hubungi secapatnya karena kondisi sewaktu-waktu bisa berubah.

    untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi blog saya 😉 http://kprsyariah.blogspot.com/

  37. tomy Says:

    Wah menarik juga info dari pak dony, saya juga sudah akad bulan februari lalu dengan bank niaga syariah. Dengan tingkat margin 12,75 % untuk 5 tahun pertama dan 15 % untuk 5 tahun kedua. Average tingkat margin yang disepakati adalah 13,4 %
    Tetapi untuk point 4
    “note : ada kasus malah nasabah lebih diuntungkan kalau s.b.i turun, sehingga nasabah mendapatkan discount rate”
    Untuk masalah discount rate / mukasah saya sudah tanyakan dengan bagian officer kprnya mereka bilang tidak pernah ada mukasah. karena kita sudah jelas akad dan tingkat margin yang disepakati. Mungkin ada info yang lebih updated dari pak dony ……..?????
    Apakah statement bapak tidak kontraproduktif dengan hukum syariah, karena prinsip secara syar’i tidak boleh ada yang tidak pasti……mohon pencerahannya

  38. dony Says:

    ok saya coba jawab, pada prinsipnya discountrate setahu saya bisa…namun memang prosesnya butuh waktu dan tidak semuanya bisa disetujui….misal ketika pak tomy akad bapak kena margin 20% pada 5 tahun pertama, maka dengan kondisi saat ini, yang ratenya 12.25% untuk 5 tahun pertama..maka hal tersebut sangat mungkin terjadi =D tapi memang semuanya butuh negosiasi lagi dengan pihak bank itu sendiri…kalau menurut saya pribadi mengenai discount rate. itu juga rezeki orang perorang ko..ada yang disetujui dan ada yang tidak..jadi ya harus ikhlas memang nerimanya..dan terima kasih pak tomy untuk infonya =) ..untuk lebih jelasnya besok saya tanyakan lagi pada rekan saya dikantor =) …

    oh iya saya sudah buat blog untuk k.p.r ini info terbaru akan terus saya up date disitu, insya allah secara berkala..,silahkan mengunjungi http://kprsyariah.blogspot.com/
    wasalamualaikum wr.wb

  39. tomy Says:

    Terima kasih pak dony atas pencerahannya,
    Mungkin pak dony bisa menjelaskan tahapan untuk bisa mendapatkan mukasah / discount rate, untuk contoh diatas margin yang dijadikan parameter 20 % untuk 5 tahun pertama menjadi 12,25 % (terlalu ekstrim contohnya)
    Pertanyaanya :
    – Saat angsuran tahun ke berapa kita baru dapat mukasah
    bila perbedaan rate pasar hanya beda 2 %
    – Apakah ada batasan spread margin tertentu untuk bisa di
    approved mukasah/ discount ratenya.
    – Bagaimana tata laksana mendapat mukasah apakah ada
    form khusus dan kita dapat mengisi dan didukung oleh
    bukti apa ? (berapa hari kita mendapat jawaban di approve / tidak dari bank niaga victoria)
    Terima kasih ya pak dony….

  40. Syukron Says:

    halooo pak dony
    saya tertarik oleh pertanyaan pak tomy, kalo bisa discount rate saya juga mau ambil kpr bank niaga syariah.
    Janji adalah utang dan utang harus dibayar….???

  41. nararya Says:

    haloooo…
    saya berencana untuk membeli sebuah rumah second dengan harga Rp. 150.000.000, rencana pembiayaannya 20% (RP. 30.000.000) dengan dana pribadi saya sedangkan sisanya adalah Rp. 120.000.000 dengan KPR BNI syariah. Yang ingin saya tanyakan, apakan BNI syariah bisa menyetujui kredit hungga Rp. 120.000.000 untuk jangka waktu 15 tahun? Sedangkan Gaji bersih saya saat ini adalah lebih kurang Rp. 4.700.000. Mohon tanggapannya, terima kasih

  42. saepul rohman Says:

    Dh

    Mohon informasinya,saya ada rencana untuk pembelian rumah tapi tdk punya modal,apakah bisa masukakn aflikasi peminjaman uang ke bank syariah untuk KPR,kebetulan yg mau di jual temen juga.tapi include BBN sertifikat rumah
    Bank mana kira kira yg bisa di rujuk,saya ada di daerah cikampek.Mohon bantuan informasinya
    Terimakasih

  43. KOKO Says:

    boleh tidak ya satu orang ambil dua KPR dalam waktu yang hampir sama seandainya dari penghasilan masih mencukupi. adakah ketentuan dari BI tentang hal itu ? tks

  44. kaz Says:

    Saya berencana ambil KPR melalui bank muamalat dg plafon 280 jt dg jangka waktu 10 tahun dg cicilan 4.017.000 per bulan. Dari keterangan marketingnya margin yg berlaku setara dg 12% efektif dan pembayaran cicilan flat sampai 10 tahun. Dibandingkan dg syariah mandiri sangat jauh berbeda. Bisa 16% effective dg cicilan 4.700.000 per bulan flat juga. Disaat bank konvensional sudah menaikkan bunganya menjadi 10-11% ditahun pertama dan ketidakpastian di tahun berikutnya (katanya tergantung kondisi bunga pasar), maka saya menilai cukup aman dan menentramkan untuk mengambil KPR di Muamalat. Saya tdk tahu knp margin bi BSM besar sekali. Ada pendapat yg lain ttg KPR di Muamalat ini dan bagaimana mensikapi naik bunga SBI setelah kenaikan BBM skrg ini dalam hubungan dg margin di Muamalat yg 12%? terima kasih atas pendapat rekan2 senior disini.

  45. adi Says:

    saya mengajukan kpr ke bni syariah, tapi waktu mereka konfirmasi via telp dinyatakan bahwa penghasiln istri saya hanya dihitung 50% saja, jadi yg dihitung 100% hanya penghasilan saya saja, bagaimana ini..? mungkin ada yg bisa membantu memberikan penjelasan?

    trus klo di niaga syariah DP nya harus 20% ya?

  46. DONY Says:

    First of all, saya mau ngucapin terima kasih banget..atas responnya yang luar biasa, sejak saya share informasi tentang KPR syariah, telp yang masuk banyak banget, e-mailnya banyak luar biasa =D…..
    Tulisan yang saya posting di forum dan blog yang saya buat : kprsyariah.blogspot.com
    Mendapat respon yang luar biasa, dan saya seneng bisa berbagi pengalaman dengan kalian semua =D
    Selain itu saya juga minta ma’af banget karena ngga bisa bales semua e-mail yang masuk, juga gak ngangkat telp yang menghubungi saya, dikarenakan ada beberapa alasan, 3 bulan ini belakangan sejak saya share info tentang kpr, memang sangat banyak membantu saya dalam pekerjaan saya sebagai sales di kprsyariah niaga, namun untuk info beberapa bulan ini (sampai sekarang) saya sedang menghadapi masalah yang sangat berat bagi saya, sejak itu hidup saya berubah 180 derajat, emosi saya sedang tidak karu2an, jadi memang dampaknya tidak baik buat semua, buat teman-teman yang mau nanya infoemasi saya juga jadi tidak bisa melayani. Ma’af ya …..
    Saat ini saya tidak bekerja lagi di niaga syariah, jadi mohon ma’af saya tidak bisa lagi membantu untuk informasi mengenai kpr, namun sebelum saya pamitan buat semuanya saya ada beberapa kenalan dari niaga yang bisa membantu, and they are very good, jadi kalau teman-teman mau nanya informasi mengenai kpr bisa langsung aja ke telp mereka ini telponnya :

    Niaga syariah :
    Ibu ade : 0815 13 101 291
    Bapak rahmat : 0815 101 38 465

    Beberapa tips mungkin yang bisa saya bagi terakhir, yang sudah saya pelajari untuk mengambil kpr berikut hal yang bisa dilakukan :

    1. sebelum memutuskan menggunakan kpr mana bagusnya bench mark dulu, atau survey ke kpr yang lain, bagusnya punya 4 nama, karena saya terakhir didivisi syariah jadi secara jujur, informasi terakhir yang saya terima baiknya kalau mau survey bisa coba ( niaga, permata, dan bni -untuk divisi syariah ya =D- ) terakhir saya bekerja menurut saya 3 bank tersebut harganya sangat kompetitif.
    2. jadi kalau permohonan kpr anda tidak disetujui coba bank yang lain, seperti yang saya sebutkan tadi, berdasarkan pengalaman saya, ketika salah satu nasabah saya tidak disetujui, langsung saya alihkan secepatnya ke bak-bank tersebut.
    3. untuk mengambil kpr yang harus dibandingkan dan dipertimbangkan adalah :
    a. coba dibandingkan ANGSURANNYA, ini sangat penting jangan dilihat margin atau bunganya karena,biasanya banyak yang terjebak dengan istilah margin efektif,flat dan fix jadi saya ingatkan lagi bandingkan JUMLAH ANGSURAN PERBULANNYA.
    b. Berikutnya bisa dilihat JANGKA WAKTU, makin panjang jangka waktu tentu berdampak pada angsuran makin kecil namun juga dampak lainnya jumlah yang harus kita angsur semakin besar, untuk jangka waktu biasanya beragam antara 5 -15 tahun yang 20 belum saya temukan.
    c. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah : JUMLAH PENGHASILAN MINIMUM , ini maksudnya bank punya ketentuan berapa pendapatan minimum anda untuk boleh mengambil fasilitas kpr, biasanya kalau pendapatan anda dibawah 5 juta, akan lebih sulit untuk disetujui, namun jangan menyerah, coba ditanyakan apakah bisa joint income atau tidak, bila bisa baiknya joint income, biar fasilitas kpr lebih mudah disetujui.
    d. Hal berikutnya adalah ANGSURAN ANDA DENGAN PIHAK KE-3 ini maksudnya, bila anda punya fasilitas kredit ditempat lain, baiknya dilunasi dulu jangan mengambil kpr bila anda masih punya angsuran ditempat lain karena hal tersebut akan memperkecil kemungkinan untuk disetujuinya permohonan kpr anda, karena dengan adanya angsuran pihak ke-3 maka akan memperkecil ratio installment anda. Mengenai ini sudah pernah saya bahas sebelumnya ditulisan saya yang lain.
    e. Pastikan apakah fasilitas kpr anda menggunkan perhitungan bunga efektif, flat atau fix yang terbaik adalah fix namun selain syariah masih jarang kpr yang menggunakan perhitungan fix, jadi kembali ke point A, DILIHAT JUMLAH ANGSURANNYA, perhitungan bunga hanyalah istilah marketing dalam dunia perbankan jadi jangan terkecoh ya =)

    4. bank sangat memperhatikan namanya CHECKING BI ini untuk melihat kolektibilitas anda, dan untuk menilai karakter anda.banyak sekali nasabah yang gagal karena hal ini.jadi kalau punya kartu kredit sebisa mungkin bayarnya tepat waktu, kalau tagihan anda tidak dibayar tepat waktu maka ketika checking bi akan terlihat angkanya, apakah anda lancar atau tidak pembayarannya selama ini, hal ini bisa terlihat sampai 5 tahun kebelakang, saya pernah menemukan kasus segala halnya sudah baik namun ternyata tagihan kartu kreditnya banyak yang bermasalah , hasilnya nasabah tersebut langsung gugur, kalau memang anda bermasalah dengan kartu kredit baiknya urungkan niat untuk mengambil fasilitas kpr =)
    5. hal yang tidak kalah penting adalah STATUS SERTIFIKAT, ini juga kasus yang paling banyak ditemui, pastikan sertifikat anda sudah sampai posisi SHM atau SHGB dan juga pastikan nama pemilik atas sertifikat tersebut adalah benar penjual langsung, saya pernah mendapatkan nasabah yang ternyata sertifikatnya bukan atas nama penjualnya namun masih atas nama teman penjualnya,, waduhhh ini ngurusnya pusing banget, kpr sudah disetujui dalam waktu kurang dari seminggu tapi ketika berurusan dengan notaris ternyata sertifikatnya bermasalah akhirnya molor sampai lebih dari 2 bulan itupun masih belum selesai, jadi pastikan ya STATUS SERTIFIKAT anda tidak bermasalah, nah bagaimana dengan rumah baru, nah untuk ini juga pastiakan bahwa developer anda adalah DEVELOPER KERJASAMA dengan bank terkait,kalau tidak akan repot sekali, jadi harus benar-benar dicek untuk masalah ini okay =) .
    6. berikutnya perhatikan juga apakah rumah yang anda ambil tidak bermasalah dengan :
    a. banjir (coba dicek apakah termasuk daerah banjir ketika 2001 dan 2007, bila ya maka permohonan fasilitas kredit anda akan sangat sulit disetujui, berikutnya mengenai banjir yang dinilai adalah apakah rumah tersebut dekat dengan kali ataupun sungai,bila dekat maka akan berpengaruh pada penilaian dari bank)
    b. tidak dekat dengan tegangan listrik atau istilahnya sutet
    c. tidak dekat dengan TPA atau tempat pembuangan akhir.
    d. Jalannya sudah bisa dilewati mobil
    e. Bukan tusuk sate
    7. hal lainnya perhatikan BIAYA-BIAYA kpr, sebisa mungkin minta penjelasan, biaya tersebut adalah biaya yang harus dibayar dimuka, ini biasanya terdiri dari biaya appraisal, biaya administrasi, biaya materai dsb jumlahnya bisa beragam
    8. pastikan anda sudah karyawan tetap, dan kalau anda bekerja diperusahaan yang sudah ternama maka persetujuan anda akan lebih mudah disetujui, untuk pekerjaan ini, setiap bank mempunyai daftar-daftar siapa saja yang boleh mengajukan kpr, diantaranya yang sulit disetujui adalah artis, pengacara,abri itu setahu saya ya, jadi kalau memang ada bank yang membolehkan berarti itu reazeki anda =D
    9. nah ini tips terakhir dari saya, kalau anda merasa diri anda tidak memenuhi syarat-syarat untuk mengambil kpr sebaiknya cobalah ajukan atas nama orang lain yang bisa memenuhi apakah kakak atau saudara yang lain. Untuk hal ini sangat dianjurkan bikinlah perjanjian tertulis yang legal antara anda dengan pihak yang membantu anda, karena yang sudah-sudah banyak kasus yang dibantu malah bermasalah tidak sedikit juga yang membantu malah bermasalah. Kalau ditanya yang Paling baik ya atas nama sendiri =D

    sekian dari saya semoga bisa banyak menjadi masukan untuk anda, pada dasarnya mengambil kpr sangatlah mudah bila anda sangat kooperatif dengan pihak bank dan ada satu aturan tidak tertulis didunia bisnis maupun perbankan,bila niat kita baik maka untuk mendapat persetujuan akan cepat sekali namun bila tidak, pasti ada saja masalah yang timbul, jadi harap benar-benar diingat : bila niat kita baik maka jalannya akan jauh lebih mudah, begitu juga sebaliknya, jadi saya informasikan sekali lagi referensi saya adalah :

    Niaga syariah :
    Ibu ade : 0815 13 101 291
    Bapak rahmat : 0815 101 38 465

    Untuk yang diluar jakarta atau pulau jawa, coba cari informasi terdekat saja beliau kantornya ada dijakarta akan sangat sulit melayani diluar jabodetabek …jadi untuk informasi lebih jauh bisa hubungi mereka karena saya sudah resign dari niaga syariah, =)

    Sekian dari saya semoga berkenan, bila ada salah kata ataupun lainnya saya minta ma’af yang sebesar-besarnya, saya manusia juag akan sangat wajar untuk berbuat salah…
    Selamat mencoba semoga sukses ….
    Oh ya sekedar informasi saya ada blog lain yang saya yakin bermanfaat untuk kita semua ini alamatnya http://thebest-motivator.blogspot.com/ .

    Terima kasih, dan sukses untuk kita semua =D

    dony

  47. Indra Says:

    Dear all, minta pencerahannya donkz..
    Apa bener kalo qta mau ajuin KPR syaratnya harus bekerja minimal 2 tahun tapi status pegawai harus udah tetap??
    thanks ya..

  48. RAHSAN Says:

    Assalammu’alaikum Wr.Wb

    saya dari bandung pak, tertarik dengan KPR BNI Syariah yang bapak jelaskan. Berdasarkan pengalaman bapak, Proses pengajuannya berapa lama? Saya ingin kpr rumah second.
    Terus kalau besarnya penghasilan minimal yang bisa disetujui bank berapa? untuk plafond kpr 100 jutaan.
    hatur nuhun
    jazakumullahu

  49. Geo Says:

    Pak, saya masih baru lulus kuliah, tetapi saya punya rencan ingin renovasi rumah tinggal saya (di buat jadi tingkat 2)…

    Pertanyaan saya :

    1.) Langkah apa saja yang harus saya lakukan hingga ke proses pengajuan permohonan KPR?

    Apakah saya harus mendapatkan Biaya Renovasi oleh Developer yang menangani Renovasi rumah terlebih dahulu ?

    Jika ada yang berpengalaman dalam mengajukan KPR untuk Renovasi Rumah (Konvensional maupun Syariah), maukah anda sharing disini ?

    2.) Sori yang satu ini bukan KPR Syariah…
    Saya lihat di website Panin Bank, tertulis pembiayaan bisa mencapai 20 tahun. Bisakah KPR Panin Bank membiayai renovasi rumah? Di website-nya sih tidak tertulis, tetapi apakah kita bisa mengajukannya?

    3.) Untuk renovasi rumah apakah cocok menggunakan KPR Syariah ?

    4.) KPR Muamalat bisa untuk pembiayaan Renovasi rumah? Saya cari info di websitenya tidak ada yang mengenai KPR…?

  50. dewi Says:

    saya sudah ajukan KPR di Bank Niaga bulan Agustus, tp memang blm akad kredit. ternyata sekarang bunganya tinggi sekali, 16%. lebih baik saya pending dulu pembelian rumah. ada yg mengalami hal serupa??? kalau pakai KPR Syariah lebih murah gk ya…

  51. agus Says:

    @dewi : mandiri syariah 10.25%.

  52. HENDRA Says:

    waduh pusing nih lihat kondisi perbankkan kayaknya lagi pada naik semua suku bunganya,,, mudah mudahan gak, pake lama . sebab mo akad kredit nih oh iya ada masukan ga ya , kalau rumah blom jadi dari deplopnya apa akad kredit jalan terus????? mohon masukannya……

  53. papa_ibla Says:

    Asswrb,

    Mohon info, apakah bisa KPR syariah untuk membangun rumah? saya ada tanah kavling dan rencana akan dibangun.
    Apakah sama prosesnya dengan KPR?

    terimakasih

  54. denta Says:

    waduuuuh kasih penjelasan yang beuneur dan jangan saling menjelekkan dong, terus terang saya jadi pusing.
    kebetulan tahun depan setelah (akad nikah)mau beli rumah bekas di daerah mampang. harganya 100-200 jutaan, ya…lumayanlah buat pengantin baru.
    ada rencana mau ambil KPR syariah. tapi jadi malah nambah bingung nih, bisa gak sih ngajuin KPR syariah untuk pembelian rumah bekas. ada yang bisa kasih masukkan? bank syariah mana yang harus diambil, karena terus terang saja maunya sih yang suku bunganya rendah n flat 10-15 tahun.
    kalo bisa sih kasih tau juga cara pengajuannya, n syarat apa saja yang harus kita lakukan?

    hatur nuhun pisan, untuk masukan dari rerencangan sadayana. ditunggu

  55. hendri Says:

    ass.
    mhn pencerahannya.
    di BNI Syariah bisa n da ngk ya?
    plafon kredit 75 juta
    lama cicilan 15 tahun.
    kira2 suku bungany berapa?&
    cicilan perbulannya berapa?.
    terima kasih.

  56. joko Says:

    tolong diberikan contoh simulasi kredit antara bank BNI konvensional dan BNI syariah, sampai data perbedaan total angsuran keseluruhan dan mana yang lebih ringan.
    tks

  57. yanto Says:

    sori numpang tanya dari pembicaraan diatas dapat saya simpulkan bunga yang di dapat kecil yah sekitar 12.5%, masalahnya beberapa waktu lalu saya telp bunga yang di berikan untuk KPR saya 15% wow tinggi banget…..

    ada yang bisa bantu saya mao KPR daerah jakarta utara

  58. ardhian Says:

    Mau tanya nih buat rekan2 yang tahu….saat ini margin profit/rate KPR BNI Syariah atau Bank Syariah lainnya berapa ya? terima kasih infonya

  59. yanto Says:

    margin BNI sih ga tau tuh, tapi kemaren itu ada sempat tanya2
    di Syariah niaga mereka kenain 15%, pikir2 sih sekarang semuanya kena 15% kayanya

  60. Adji Waluyo P Says:

    Kemarin habis liat perumahan di Ceger, BNI Syariah kata marketing perumahan, ngasih sekitar10-11,5% untuk 10-15 tahun….

    Tapi masih mahal buat Saya..he..he, menabung saja deh saya(daripada gak bisa bayar utang……he..he)

  61. vw Says:

    Sama kaya papa_ibla, kami juga ada rencana bangun rumah di kavling milik kami di daerah cibubur.
    RAB sekitar 400 juta-an.
    Apakah ada KPR syariah atau semacamnya (yang syariah) yang bisa membantu mendanai pembangunan rumah?
    Bagaimana teknis dan perhitungan cicilan, margin serta bagaimana jika di tengah masa pinjaman akan melunasi?

    Salam,
    vw

  62. M. Taufik Says:

    Pak kerto Wijoyo, saya mau tanya soal biaya notaris waktu bapak ambil perumahan di Mutiara Darussalam…Tempo hari bapak kena biaya berapa buat AJB,Notaris,BPHTB dll? trims infonya….saya baru aplikasi KPR ke BNI syariah dan info dari BNI KPRnya disetujui, biaya dari bank uadah dikasih tahu tinggal yang dari notaris belum ada nominalnya pak….

  63. farhan Says:

    numpang nanya nih,,ada yg pengalaman dengan BTN syariah..saya berniah membeli rumah di daerah kampug sawah tp hanya bs di KPR oleh BTN syariah..

    trims..

  64. AGUNG RAMASITA Says:

    yang paling murah hubungi saja “BANK MUAMALAT “pertama murni syariah di Indonesia

  65. Andenko Utama Says:

    Asallamualaikum rekan2 semua..

    Allhamdulilah saat ini semakin banyak dan semakin tinggi kepedulian masyarakat kita dengan Bank Syariah terlebih dengan Produk KPR nya..

    Permasalahan mw pilih Bank Syariah yang mana monggo silah kan dipilih dan dibanding2kan mana yang paling cocok dan sesuai dengan kemampuan para calon nasabahnya

    Prinsipnya Perbankan Syariah melayani untuk Kpemilikan Rumah Baru, Second, Kavling tanah, ruko, serta Apartment dan tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

    BNI Syariah mengeluarkan Produk KPR Syariah dengan Skema Akad Murabahah atau jual Beli:

    1. Jangka Waktu 5 thn=8.50% Flat
    2. Jangka Waktu 10 thn=9.50% Flat
    3. Jangka Waktu 15 thn=10.50% Flat

    Pembiayaan yang disetujui saat ini 80 % dari yang diajukan dan 20% nya dari nasabah itu sendiri

    APA KEUNGGULAN KPR dengan Sitem Syariah???

    ” Kepastian angsuran setiap bulannya yang tidak akan berubah sampai akhir Jangka Waktu yang disepakati bersama”

    Ibarat beli Aqua gelas dengan harga tahun sekarang sebesar 500 rupiah maka harga tersebut tetap sama hingga 10 tahun kemudian

    ARTINYA APA?
    Calon nasabah tidak perlu khawatir dengan terjadinya gejolak ekonomi yang akan mempengaruhi kebijakan suku Bunga yang dikeluarkan oleh BI

    SEHINGGA APA?
    Ketika Harga Aqua naek menjadi Rp. 1500 ato bhkan Rp.2000 maka sebagai pembeli tidak perlu cemas karena harga yang kita sepakati diawal tetap Rp. 500, Spontan kita mengetahui KEPASTIAN HARGA dari Aqua yang kita beli.

    Mungkin untuk lebih lengkapnya bisa hub. saya di: 0812-9837332 ato di 021-43682311

    Insya Allah mudah2an saya bisa membantu dan memberikan solusi rekan2 semua di forum ini

    Wasallamualaikum Wr. Wb.

    • sunandar Says:

      Titik Says:
      September 7, 2007 pukul 8:38 am
      Meskipun dilihat dari sisa pokok hutangnya lebih kecil BNI Syariah seperti terlihat di atas, tapi saya pernah tanya ke BNI Syariah, kalo mau dilunasin kita juga harus bayar marginnya juga, kata dia siy marginnya di diskon, tapi hasil diskon itu tergantung negosiasi juga. Kalo negosiasi ama bank kaya gimana ya? Sepertinya posisi kita lemah ya..
      Sedangkan kalo di Niaga Syariah, saya juga pernah tanya katanya kalo melunasi cukup membayar angsuran bulan berjalan + sisa pokok hutang + biaya admin 150rb, menarik banget kan? Bener gak ya?
      Ada yang pernah mengalami?

      Pertanyaan saya :
      Bagaimana sebenarnya hitungan bni syariah jika kita mau melunasi hutang KPR pada tahun ke 5 misalnya ?
      terimakasih

  66. Andenko Utama Says:

    Asalamualikum Wr. Wb

    Untuk Bpk/Ibu vw Inysa Allah kami bisa membantu problem yang bpk/Ibu hadapi..

    BNI Syariah juga ada produk KPR untuk Pembangunan rumah dan tentunya dengan syarat2 dan ketentuan yang berlaku. Bisa dihub. saya di 0812-9837332/Office: 021-43682311

    • lily Says:

      saya sedang membangun rumah seluas 110m diatas tanah 200 m. Untuk biaya yang dibutuhkan untuk membangun sekitar 220 juta, dan sekarang telah selesai 75 %. tinggal finishng, membuat pagar dan membuat dapur membutuhkan biaya 25 juta. rencananya saya akan mengajukan pembiayaan syariah senilai 25 juta untuk penyelesaian rumah tersebut. Saya bekerja selama 7 tahun dengan penghasilan 2.500.000 per bulan . Tolong simulasikan cicilan per bulan selama 3 tahun. Berapa lama proses pencairan pembiayaan.

  67. AGUNG RAMASITA Says:

    yang paling murah hubungi saja “BANK MUAMALAT “pertama murni syariah di Indonesia PASTI ANDA AKAN MARGIN yang menguntungkan bagi penggunanya. atau hubung ‘BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG JEMBER, JL SUDIRMAN 35 JEMBER tlp.0331 410433 (hunting)

  68. AGUNG RAMASITA Says:

    yang paling murah hubungi saja “BANK MUAMALAT “pertama murni syariah di Indonesia PASTI ANDA AKAN MENDAPATKAN MARGIN YANG SANGAT MENGUNTUNGKAN bagi PEMILIK KPR tersebut SEGERA hubungi ‘BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG JEMBER, JL PB.SUDIRMAN 35 JEMBER Tlp.0331 410433 (hunting)

  69. amir Says:

    Assalamu Alaikum..
    Cukup banyak peminat KPR Syariah/Non Syariah.
    yang perlu diperhatikan oleh nasabah adalah:

    1. Objek yang dibeli
    Yakini bahwa rumah yang mau dibeli memang sesuai yang diharapkan, tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk membangun sebuah keluarga, Lingkungan sosial/masyarakatnya baik, fasilitasnya umumnya lengkap. Aksesnya gampang, dan bebas banjir.

    2. Kualitas Developernya.
    Khususnya untuk perumahan baru, yakini bahwa fasilitas yang dijanjikan benar akan dibangun, site plannya jelas, kalaupun belum dibangun, yakini bahwa developernya memang bonafide, tidak akan ingkar janji, lakukan perbandingan dengan proyek developer tersebut sebelumnya di tempat lain.
    Pelajari rencana developer kedepannya mengatasi banjir.

    3.Harga
    Jangan tergiur harga murah di Brosur/spanduk.
    Cermati apakah harga sudah termasuk PPN, Biaya AJB dan Notaris, Biaya baliknama sertifikat, IMB dsb yang biaya tersebut tidak sedikit, umumnya harga sudah termasuk biaya2 tsb.
    Biaya2 lainnya yang tidak masuk adalah :
    Biaya perolehan Hak atas tanah dan Bangunan (BPHTB)
    Biaya KPR (Propisi, administrasi, asuransi, appraisal,dll)
    Lihat apakah ada kelebihan tanah atau tidak, jika ada, perjelas harga kelebihan tanah per meternya.
    Hati-hati menyerahkan tanda jadi, jika belum yakin benar! karena bisa hangus jika batal, termasuk jika KPR-nya nanti tidak disetujui Bank.

    4. Bank penyedia KPR.
    Selain melihat sukubunga/margin yang ditawarkan, lihat juga bonafiditasnya.
    Pilih yang Jaringan cabangnya banyak, karena ini akan mempermudah nasabah jika sudah mengangsur nanti.
    Karena dengan mudah dapat melakukan pembayaran serta mengetahui sisa penjamannya di outlet manapun dia datang.
    Untuk unit usaha Syariah, biasanya on line dengan bank Induknya (contoh BNI Syariah dengan BNI).
    Cermati komplain-komplain mengenai KPR bank tersebut di koran, termasuk seberapa cepat penyelesaiannya.
    INGAT !!!
    jangan sekali-kali mengeluarkan uang untuk proses KPR selain biaya yang resmi, mintalah tanda bukti/slip pembayaran. (Yang menyogok dan disogok sudah jelas “tempatnya” baik versi ulama maupun Polisi he3x…)

    5. Realistis
    KPR adalah pembiayaan konsumtif, kemampuan mengangsur dilihat dari kondisi sekarang, bukan proyeksi.
    Ajukan permohonan sesuai kemampuan (biasanya Bank menetapkan maksimum angsuran 30-40% dari penghasilan. Jangan memark up slip gaji.
    Jangan menggantungkan harapan pada pendapatan yang belum jelas (misalnya AKAN naik gaji, akan buka usaha sampingan, akan dapat warisan, dll), jika benar itu terjadi, maka segera minta rescheduling KPR, kalau perlu KPR dilunasi sekalian…
    TIDAK ENAK PUNYA UTANG.
    wassalam.

  70. richard Says:

    KPR mandiri 13,50 % effective fixed 6bln
    plafon Rp.50 jt- 5 M
    hub:chadpandj@yahoo.com

  71. michael Says:

    apapun bank nya, KPR itu rugi, karena anda dipaksa membayar lebih dari seharusnya. jumlahnya bisa 2 kali lipat dari harga aslinya. gak punya uang? berarti anda gak berhak utk punya rumah (utk saat ini). nabung dulu lah. atau cari di pinggiran. jangan maksa jadi orang kaya mo sok sok an tinggal tetanggaan ama orang kaya/daerah elit sgala kalo rumah aja masih KPR. gak bisa nabung? salahin diri anda sendiri aja karena gak disiplin. jangan salahin KPR nya atau orang kaya. anda kerja keras tapi gak kaya kaya, berarti anda yg bodo karena yg salah itu kerjaan anda selama ini, karena kalo anda memang sesibuk kisah anda, maka anda udah kaya dari dulu. tahukah anda berapa banyak orang yg lebih bodo dari anda, tapi punya duit lebih banyak dari anda? now, who’s the dummy ????

  72. isnan Says:

    saya rasa kok banyak pertanyaan disini yang sama dengan apa yang saya tanyakan,tapi tidak saya temukan jawabannya,malah saling tumpang tindih pertanyaan itu.
    kalo nggak malah hanya akan dibumbui promosi dari agen2 bank KPR.
    ato mas anjar akan menjawab via japri?
    kami butuh jawaban/pencerahan,bukan iklan….

  73. Cyn Says:

    Kayanya KPR diatas udah berbusa2 banget, yang bikin saya penasaran sekarang itu mengenai Over Kredit Cicilan KPR.

    Saya tertarik sama satu rumah yang akan diover kreditkan dengan harga 45jt, sedangkan nilai cash dari rumah itu seharga 150jt.

    Kalau mau lanjut kredit, yaitu dengan membayar 45jt ke pemilik sebelumnya dan meneruskan cicilan tsb, biaya tambahan apa saja yang akan dikeluarkan? Apakah langsung meneruskan cicilan, atau harus membayar biaya2 administrasi lagi?

    Kalau KPR mau dipindahkan? bagaimana caranya dan biaya tambahan apa lagi yang harus dikeluarkan?

    Terima kasih atas penjelasannya.

  74. Amir Says:

    Mas michael,
    Tidak ada paksaan dalam CARA memiliki rumah, apakah melalui KPR atau beli tunai. Namun kalau telah memilih cara KPR di suatu Bank, maka kita harus konsisten mengikuti aturan yang ditetapkan bank tsb.

    Kenapa konsumen membayar lebih dari seharusnya? karena NYICIL..
    Memang jumlahnya bisa 2 kali lipat dari harga aslinya. Kan yang dipakai Bank bukan uang pribadi atau dari ZIS tapi dari dana pihak ketiga yang mengharapkan keuntungan.

    Tapi gak punya uang tunai tidak berarti anda gak berhak utk punya rumah (utk saat ini). Yang penting anda mampu NYICIL
    gak mesti harus punya uang banyak dulu baru boleh ngerasain untuk naik mobil kan?
    naik angkot atau taksi gak apa-apalah.
    Rumah itu kebutuhan dasar, Mas.
    setiap orang memerlukan tempat tinggal, yang nyaman, dan aman untuk keluarganya. Gak mampu beli kan boleh sewa…
    NAH KALAU SUDAH MAMPU NYEWA berarti anda PUNYA KEMAMPUAN. DAN daripada bayar sewa bertahun-tahun, mending cari KPR dengan angsuran sesuai KEMAMPUAN tadi.

    nabung dulu baru punya rumah?? telat, rumah tiap tahun naik.
    Memiliki rumah dengan KPR bukan aib, bukan sok, tapi konsekuensi hidup.
    KPR adalah solusi perbankan untuk mengatasi masalah tanpa melupakan fingsinya cari untung..

    tx

  75. Amir Says:

    To Cyn
    Sebelum over kredit, pastikan dulu berapa besarnya sisa cicilan yang ditinggalkan oleh penjual? termasuk tunggakan2 nya kalau ada.
    Jangan liat cuma bayar penggantian 45jt itu,
    Penggantian 45 juta itu bisa dianggap DP.

    Saya sarankan agar langsung ajukan KPR baru, sehingga ada proses jual beli dengan pemilik lama.
    Jangan melanjutkan cicilan dibawah tangan, karena akan banyak potensi masalah yang bakal muncul dikemudian hari, misalnya pemilik lama meninggal, pindah domisili, kawin lagi, dsb. sementara sertifikat di Bank masih atasnama sipenjual.

    Kalau memang serius, ajukan KPR ke bank saat ini, atau bank lain yang dinilai lebih baik.
    prosesnya:
    1. Pokok KPR : sisa KPR di bank semula Rp. x
    2. Jk. waktu dipilh sesuai kemampuan.
    3. jika sudah disetujui, KPR direalisasi dengan cara AJB dengan penjual, sejalan dg itu akad dengan Bank, pencairan pembiayaan digunakan untuk melunasi sisa pinjaman penjual yg masih berjalan saat ini.
    4. Jika akan melakukan renovasi, pokok pembiayaan dapat ditambah dengan kebutuhan biaya renovasi.

    Biaya2 yg muncul :
    Biaya adm bank, biaya Notaris, BPHTB, premi asuransi jiwa dan premi asuransi bangunan.
    tx wass.

  76. ade Says:

    kalo mo beli rumah di dalam gang (tidak jauh dari jalan raya, tidak masuk mobil) bisa lewat KPR gak ya…??? tolong dibantu..
    trims..

  77. Maman Says:

    kalau untuk tahun 2009 ini misalnya ada pertanyaan “KPR Syariah mana yang paling menguntungkan?”, menurut survey kira2 yang bagaimana ya…?

  78. arif Says:

    Dear all,

    mohon masukannya, saat ini kami berencana membeli rumah dengan KPR. Pihak developer sudah bekerja sama dengan beberapa Bank untuk KPRnya, salah satunya adalah BNI Syariah.

    Yang pengen saya tanyakan adalah, untuk BNI Syariah:
    1. Apakah jika suatu saat nanti saya ada rejeki dan berencana melunasi atau menambah cicilan, sehingga harapannya cicilan saya lebih cepat selesai. Apakah hal tersebut memungkinkan? dan jika memungkinkan, apakaah akan terkena penalti? Biaya apa saja yang perlu saya bayar, apakah total margin sisanya harus saya bayar semua?
    2. Skema pembayaran di awal. Apakah yang dibayar dahulu oleh BNI adalah pokok hutang saya, ataukah marginnya (bunga dalam bank konvensional)?

    terima kasih atas pencerahannya.

  79. nana Says:

    @ade
    Setahun lalu saya coba mengajukan aplikasi KPR melalui Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat. Rumah yang ingin dibeli berada didalam Gang keduanya menolak karena alasan “rumah Gang” :(( Entah kalau sekarang

  80. Rita.nugroho@gmail.com Says:

    Hallo, ikut nimbrung ya….
    klo saya lebih suka dgn muamalat krena lebih mudah n cepet lg pula menurut sy muamalat full syariah gak setengah2 kayak bank yg lainnya yg tetep ada jalur konvenssionalnya
    klo mau jelas ttg pengalaman sy ambil syariah muamalat rita.nugroho@gmail.com
    dgn senang hati deh sy ceritain xixixi…. bagi2 pengalaman aja

  81. anwar Says:

    Assalamu’alaikum wr.wb….!

    Mau nanya nich…!

    Saya baru saja ambil kpr dengan jangka waktu 15 tahun; dan angsuran kisaran 600 ribuan/bln.
    penghasilan saya saat ini Rp. 1.500.000,-.

    Pertanyaan, saya :
    1. Dengan penghasilan dan angsuran tersebut, masih bisa-kah saya mengajukan pinjaman, dan kalau bisa, berapa limit yang saya dapat.
    2. idem dg no.1.

    terima kasih
    wassalamualaikum….!

  82. Rdee Says:

    Utk Admin, bunga dan tipe bunga flat maupun effektif itu tidak sesuai dengan syar’i, tolong thread ini diperbaiki yg sesuai dengan konteks nya yaitu KPR Syariah
    karena bisa menimbulkan pemahaman yg salah mengenai perbankan syariah.

    tks.

  83. irakhman Says:

    Saya memiliki sebidang tanah di Malang. Saya bermaksud untuk membangun tanah ini. Mohon infonya, bisa ngga saya Mendapatkan pembiayaan dari kpr syariah? Kemudian bank apa yang recomended. Thanx infonya

  84. gitakemala Says:

    Halo,mau numpang bantuin papa niih..kami mau jual rumah..berikut ini data2nya yaa..
    Alamat Jl Niaga Hijau Raya no 27 Pondok indah Jakarta Selatan.
    -LT 514 m2,LB 350 m2
    -3 kamar tidur utama dengan kamar mandi didalam
    -1 kamar kerja
    -1kamar mandi tamu
    -2taman depan&belakang
    -3gudang penyimpanan
    -1kamar pembantu
    -carport utk 4 mobil
    -elevasi dari tanah 1m
    Buka harga 7,5M (bisa nego)
    Kalo ada yg berminat hub saya di gitandretti@yahoo.com atau dgn suami saya,Reza di 08129659374 aja yaa..Kalo ada yg bisa bantu jualin komisinya 2,5%..lumayan kan buat tambah2..hehe..
    Terimakasiiih..

  85. PASTIBISA-ONLINE Says:

    Waduh…susah buanget…baru tadi sore saya mendapat kabar pengajuan hutang saya ditolak. Karena banyak cicilan yang harus aku bayar…padahal cicilan sudah saya hitung-hitung dan pasti pas…ternyata masih saja di tolak. Padahal pengusaha kecil seperti saya tidak pernah macet kreditnya dalam artian selalu lancar. Tapi mengapa ya…kok selalu tidak ada bank yang percaya sama pengusaha kecil, mengapa ya percayanya pada peminjam kakap yang selalu makan uang sekelas kakap akhirnya negara dan bank – nya rugi…gregeten aku..!

  86. kamelia Says:

    DIJUAL RUMAH di senayan bintaro sektor 9. Blok b9/HE4-03. CLUSTER!!! (2 lantai. BRAND NEW! kamar tidur 2+1, kamar mandi 1+1. Harga 485 jt!) Hubungi : 081387633705

  87. myamin Says:

    alhamdulillah, lumayan banyak informasi yg saya dapat dr tulisan ini.

  88. Kemala Says:

    Saya ingin bertanya seandainya KPR melalui BNI syariah apa persyaratannya dan apabila rumah harganya 900 jt berapa tiap yg harus saya bayarkan. Terima kasih

  89. Devi Says:

    DIJUAL RUMAH di Jl.Mars Tengah IV No.8, margahyu Raya Bandung、LT/LB 316/270 (2 lantai. kamar tidur 4+1, kamar mandi 3. Harga 600 jt!)di bawah harga appraisal bank Hubungi :022-7560169

  90. tony Says:

    Info perumahan untuk keluarga maupun single yg ingin mencari rumah. Telah dibuka Perumahan Kukusan Town House yg berada di daerah Kukusan, Beji, Depok. Lokasi belakang Universitas Indonesia (UI) keluar lewat satdion UI sangat strategis sekali, akses sangat mudah, kawasan sejuk dan asri.

  91. Nina Says:

    Maaf sebelumnya, numpang iklan ya…:-)
    Saya saat ini sedang jual rumah di Grand Depok City, Sektor Roma(Azalea), Depok. LB 50m2, LT 72 m2. lokasi sangat strategis dgn berbagai fasilitas & kenyamanan yang telah ada terutama lingkungan sektor Roma/Azalea yang sgt kekeluargaan. Dekat dari pusat kota Depok dengan lingkungan asri & tenang. Rumah saya jual dengan harga 230 juta..bila berminat silahkan menghubungi lewat email :nina_saspandi@yahoo.com
    thanks ^_^

  92. Hardi Says:

    Asslm.. mhn info di Bank mana ada pembiayaan konstruksi syariah terbaik dengan margin termurah? Terima kasih.

  93. adnan Says:

    pertanyaan sy mendasar..
    apakah selain bank muamalat indonesia,,adakah bank syariah lain yg menggunakan akad musyarakah mutanaqishah dalam pembiayaan rumah??

  94. Adji Waluyo P Says:

    Bank Syariah merupakan bank yang juga harus mencari untung dalam operasionalnya, saya setuju dengan rekan amir, kita harus jeli-jeli melihat term and condition yang ditawarkan.

    Lihat hitam di atas putih, apakah sesuai dengan “katanya”.

    Klo sudah sreg barulah bertransaksi.

    Ini juga saya lakukan, saya keliling ke setiap bank syariah, bandingkan dengan kemampuan saya menyicil dan margin.

    Eh….ternyata, belum sesuai dengan pendapatan saya…hehehhe, tapi Alhamdulillah dapat rezeki lain……

    So, buat rekan semua. Tetaplah penuh kehati-hatian dalam memilih kpr syariah yang sesuai. Sesuaikan dengan kantong dan prasyarat yg ada….daripada kecewa nantinya??

  95. kukusan depok Says:

    bagi teman2 yg ingin mencari perumahan kususnya didaerah Kukusan Beji Depok. update perumahan:

    – kukusan I tersisa 1 unit rumah ready stok
    – kukusan II tersisa 12 rumah
    – Juragan sinda I tersisa 1 unit rumah ready stok
    – Juragan sinda II sold out

    Bagi teman2 yg tertarik utk liat / survey kunjungi http://kukusandepok.blogspot.com/ atau hub saya. utk KPR menggunakan KPR BNI Syariah dan SHM. terimakasih

  96. eyang Says:

    Buat temen2 mungkin ada yang bisa bantu, saya rencana mo mengambil rumah seken seharga 150jt (luas tanah 90, kamar 2 + 1 tambahan diatas/tingkat). Gaji saya THP sekitar 3,5jt/bulan (gaji istri(sktr 2,4jt) belum dihitung karena terima gaji cash/tidak transfer lsg ke rekening). Menurut temen2 lebih baik saya mengajukan ke bank mana? yang sesuai dengan penghasilan saya tersebut dan kemungkinan disetujui.. Makasih sebelumnya..

  97. alkausar kalam Says:

    assalam..

    Knpa mesti ada bunga n margin, sy rasa ini bukan bank syariah, tapi bank konvensional yang menggunakan topeng syariah…

    wslm..

  98. Chrisna Says:

    Saya ingin mengajukan KPR utk membeli rumah cadangan orang tua saya dikarenakan mereka saat ini sedang butuh uang banget dan saya belum bisa bantu mereka dengan jumlah sekitar 260 juta, nah masalahnya kalau tidak salah pasaran rumah didaerah Taman Kedaung, Ciputat sekitar 150an juta utk tipe LB/LT 36/72.. Bener ga ya?? ada yang tau ga?

    mohon tolong kalau ada yang bisa bantu saya?? tolong japri ke email saya nada_luv83@yahoo.com, terima kasih sebelumnya.. saya sangat mengharapkan bantuan saat ini, please help..

  99. tamasolusi Says:

    Nice info and POST …thanks

  100. gunawanbasri Says:

    Nice info!

    Numpang iklan ya,

    Di Kontrakkan Rumah Baru Siap Huni
    Cluster Angsana Citra Indah (Timur Cibubur/Jonggol)
    Blok AU 5 No. 9 Tipe 27/72 (2 kmr tidur, 1kmr mandi, carport, listrik 1300).
    Dikontrakkan Rp. 8jt/th min 2 thn.

    Fasilitas Lengkap dan tersedia Feeder Citra Indah-BlokM-Grogol.
    Hub:
    Mobile : 0813-8230-5955 (Telp/SMS)
    EMail: gun.basri@gmail.com
    Siapa cepat dia dapat

  101. Andenko Utama Says:

    Assallamuallaikum Wr. Wb

    Selamat Pagi menjelang siang…selamat beraktivitas bagi rekan2 semua..
    Semoga Allah SWT memberikan limpahan kesehatan, rahmat, dan kebahagiaan kepada kita semua.

    Allhamdulillah saat ini BNI Syariah sedang ada margin Promosi hingga tanggal 30 Juli 2010 (pembukuan hingga 30 Juli).

    Pinjaman dengan Jangka Waktu 5 tahun: 7, 30% Flat
    Pinjaman dengan Jangka Waktu 10 tahun: 8,63% Flat
    Pinjaman dengan jangka Waktu 15 tahun: 9,31% Flat

    Mudah2an dapat menjadikan tambahan Informasi buat rekan2 sekalian disini untuk dapat dijadikan pilihan…Amin

    Insya Allah dalam waktu dekat ini BNI Syariah akan mengeluarkan promo2 margin Spesial lainnya yang Insya Allah sangat kompetitif

    Wassallamuallaikum Wr. wb

    • sugiarto Says:

      U/Andenko Utama:
      Saya mau tanya? Tetangga saya mau jual rumah tetapi belum bersertifikat dan saya mau beli dgn kpr bni syariah dgn jaminan sertifikat rumah saya, bisa atau tidak?
      Terimakasih atas jawabannya.

  102. Andenko Utama Says:

    Aduh koq saya sedih ya baca komentar rekan2 yang saling banding membandingkan dan saling menghujat serta menjatuhkan sesama Bank Syariah….huufff……..Seharusnya adanya Blog ini bukan untuk saling kritik atau saling menjatuhkan..harusnya blog ini dapat kita gunakan untuk berbagi Informasi…

    Tinggal kita2 lah yang memilih, mau pilih Bank Syariah yang mana…..

    Pada Prinsipnya semua Bank Syariah hampir sama sistemnya dan akad2nya perbedaannya hanya di tarif pengambilan keuntungan (atau disebut dengan margin).

    Sebetulnya selain kita lihat tarif nya kita juga jangan lupa kemudahan pemabayaran angsuran setiap bulannya..banyak tidaknya outlet2 bank tersebut….nah itu menurut saya pribadi juga bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan…

    Semoga Membantu

  103. juniati Says:

    MNURUT SAYA ..APAPUN ISTILAHNYA (BUNGA/MARGIN)…KAN ITU CM ISTILAH JA..TP PENGERTIANNYA KAN SAMA…. SAMA2 MNGAMBIL KEUNTUNGAN DR PINJAMAN..

  104. awip Says:

    @juniati….ini nih yang asal bunyi doank………^_^, Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

    Anda sudah pernah kpr dengan bank syariah belum??

  105. Andenko Utama Says:

    Assallamuallaikum Wr. Wb

    Selamat pagi rekan2….selamat beraktivitas…tetap semangat maksimalkanlah hari ini agar menjadi lebih berguna dan bermanfaat dunia dan akhirat..

    Mari kita jadikan Blog ini sebagai ajang untuk memilih KPR yang terbaik, saling berbagi ilmu, bukan saling menghujat..

    Wassallamuallaikum Wr. Wb

  106. Andenko Utama Says:

    Assallamuallaikum Wr. Wb

    @Ibu Juniati: hehehhe betul Ibu Juniati memang antara Bungan dan Margin secara harfiah memang berarti keuntungan….namun letak perbedaannya antara Bank Syariah dengan Non Syariah adalah Cara Mengambil keuntungannya..

    Islam memperkenalkan Muamallah….tentunya dalam bermuamallah harus untung donk, artinya harus ada keuntungan….bukan merugi….

    Rasullullah SAW, dalam hal berdagang juga mengambil keuntungan, namun yang membedakan cara Rasullullah SAW berdagang dengan pedagang lainnya adalah ;, di tata cara berdagang dan besar keuntungan yang diambil, serta
    adanya kejelasan dan kepastian dari barang yang dibeli

    Semoga Bermanfaat

    Wassallamuallaikum Wr. Wb

    • Dedet Says:

      Weleh bang…. kalo nabi mah keuntungannya di tentukan oleh pembeli barang dagangan beliau. Beliau bilang pokoknya terserah yang beli kasih lebihnya…

  107. gondut Says:

    info—–rumah jual di bintaro jaya….call – 0815 1074 1073

  108. Herny Says:

    Maaf, saya mau tanya, bagaimana jika saya sudah menikah tetapi KTP kami masih KTP status single(KTP sblm nikah) KK kami juga belum ada (kami belum buat yg baru), apakah bisa jika ambil KPR Syariah? terimakasih buat yang bisa dan sudah menjawab..

    • Yayan Syahrial Says:

      Dear..herny…

      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu…pertanyaannya…
      KTP masih single tidak apa2…tapi copy surat nikah dilampirkan…

      Terima kasih
      Jika ada yang ingin di tanyakan bisa hub saya kembali : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  109. gabe Says:

    Ass.Wr.Wb.,
    Ada yang bisa bantu contact person kpr bni syariah di wilayah Bekasi ? Berapa sekarang margin rate di bnisyariah ini ?

    Wassalam,

    Gabe

    • Adji Waluyo Says:

      Hub. Pak Nurfi, Kepala Cabang BNI Syariah bekasi, atau staf Beliau Pak Adi.

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass wr wb….
      Jika teman2 ingin membeli rumah dengan konsep KPR Syariah…kami dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan , siap membantu teman teman ..untuk proses pembiayaan Rumah Baru, Rumah Second, Tanah kavling Dan Renovasi rumah…. untuk Margin saat ini di BNI Syariah 9,31 % untuk 15 th…Info lengkap bisa Hub Saya : Yayan Syahrial ( 021 ) 70651550. 085691414994, 081283692410…
      Wassalam

  110. Alfiyan Says:

    Saya mau beli rumah second harga 120.000.000
    total salary saya 6.000.000
    tolong dibantu kpr mana ygpas buat saya,
    proses cepat mudah tiad berbelit belit

    rumah yang akan dibeli di jakarta barat SHM dan hanaya ada sertifikat tanah, PBB dan IMB belum ada
    tolong dibantu

    txs

    • Yayan Syahrial Says:

      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu bapak…

      Harga Rmh : 120.000.000
      DP 20 % : 24.000.000
      Sisa : 96.000.000 ( yang di KPRkan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 9,31%
      Angsuran Per bulan : 1.278.134 … ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari Gaji perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ( 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  111. masfuri Says:

    Saat ini saya sudah mencicil KPR di Bank Bumi Putera, dengan bunga saat ini 13%, cicilan awal per bulan Agustus 2008 dengan nilai pinjaman Rp 122.500.000. sampai saat ini sisa outstanding masih Rp 116.000.000 an setelah dicicil sebanyak 26 kali dengan cicilan kisaran RP. 1.550.000-1.580.00 an (bunga naik turun). ini kemahalan nggak yaaa. sepertinya saya kepengin take over ke bank lain, gimana yaa persyaratannya

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass…Pak Masturi

      Saya dari BNI Syariah cab Jakarta Selatan… Mau coba Bantu Bapak….untuk Take Over sangat bisa…yaitu sisa utang cicilan bapak di Bank Bumi Putera berapa ? nah sisa itu yang di Take Overkan….

      mis sisa utang kpr bp 100.000.000….( take over ke BNI syariah ) Jangka Waktu 15 th Flat Margin 9,31%, Cicilan Perbulan Rp. 1.331.389 ( Flat sampai lunas )..

      Jika ada yang ingin di tanyakan bisa hub saya kembali : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  112. Bobby KN Says:

    Ass. minta pencerahanya..
    saya berencana membeli rumah second seharga 220jt.. tapi saya hanya memiliki modal tunai 150jt. bagaimana simulasi pinjaman di mandiri syariah agar dapat memiliki rumah tersebut. mengingat saya bewiraswata dengan penghasilan 1,5jt perbulan.. beserta syarat syarat yang harus dipenuhi..

    terimakasih..

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass Pak Bobby…
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu bapak…

      Harga Rmh : 220.000.000
      DP : 150.000.000
      Sisa : 70.000.000 ( yang di KPRkan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 862.555 … ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  113. Yayan Syahrial Says:

    Assalamualaikum…..wr wb

    Kabar Gembira dari KPR BNI Syariah…..Margin saat ini TURUN dan Cicilannya lebih ringan…. untuk 15 th awalnya 9.31% saat ini 8.12%…..Ayo bagi rekan-rekan yang ada rencana mau beli rumah….KPR di BNI Syariah….

    Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

    Wassalam
    Yayan Syahrial

    • desi Says:

      wa’alaikumussalam wr.wb…tertarik seh,,kalau saya berencana membeli rumah second seharga Rp. 52jt dan atas rumah tersebut butuh dana untuk renovasi, jadi total biaya untuk rumah tersebut adalah Rp. 80jt. saya ingin mengajukan KPR tersebut dg jangka waktu 5 th,,gaji Rp. 5jt. kira-kira berapa angsuran per bulannya?
      dan mungkin tidak di approve?

      dan bisa DP 0 % tidak? coz BSM bisa DP 0%…thanks

      • Yayan Syahrial Says:

        Ass bu desi
        Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu Ibu..…

        Plafond : Rp. 80 juta
        DP 20% : Rp. 16.000.000
        Sisa : Rp 64.000.000 ( yang di KPRkan )
        Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
        Margin Flat : 8,12%
        Angsuran Per bulan : Rp. 788.622 … ( Flat sampai Lunas )

        Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

        Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  114. Nita Says:

    Assalamualaikum..mohon dbantu, saya berencana membeli rumah harganya rp 325juta. Uang yg saya punya skrg rp 75juta. Saya ingin mengajukan kpr dg jangka waktu 15 tahun. Gaji gabungan suami-istri ±10jt. Kira2 KPR syariah mana ya yg angsurannya paling rendah n menguntungkan? Terimakasih:)

    • RIRIN Says:

      Assalamu’alaikum Wb.Wb.

      Kami siap membantu mewujudkan Rumah/ Apartemen/ Ruko Idaman, Pembiayaan Hunian Syariah Bank Muamalat Indonesia………..
      Hub.
      RIRIN
      Hp. 0811.9000541 / 0812.1898.458
      021.7226868 / 021.7226767 ext 104

      • qq Says:

        berapa rate KPR di muamalat untuk sampai akhir tahun ini
        ada promo apa….
        aku ada mo beli rumah didaerah bekasi
        persyaratannya apa saja

        Jazakillah

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass Ibu Nita….
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu bapak…

      Harga Rmh : 325.000.000
      DP : 75.000.000
      Sisa : 250.000.000 ( yang di KPRkan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 3.080.556 … ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  115. Budhi Says:

    @pak yayan

    pak mohon di bantu perhitungan KPR untuk BNI syariah donk..

    saya rencana ingin membeli rumah second dengan harga Rp. 297.000.00. Saya ingin DP 100.000.000 dengan tenor 15 tahun. Berapa angsuran perbulannya…trm kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass….Pak Budhi…
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu bapak…

      Harga Rmh : 297.000.000
      DP : 100.000.000
      Sisa : 197.000.000 ( yang di KPRkan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.427.478 … ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  116. decky zulkarnain Says:

    asslamu’alaikum
    pak mohon sarannya saya memiliki sebidang tanah yang ingin dibangun rumah dengan besaran pinjaman sekitar 100.000.000 untuk jangka waktu 15 tahun kira2 bank syariah apa yang paling bmurah dan berapa besarannya cicilannya terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass Pak Decky…
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu bapak…

      Plafond : Rp. 100 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 1.232.222 … ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  117. ridwan Says:

    mohon sarannya klo sertifikat PPJB gitu gimana yah pak? soalnya sy ada mo beli rumah di sentul tp masih PPJB gitu, itu klo sy mo di agunin ke bank ambil kpr gimana pak apakah bisa?

    • Yayan Syahrial Says:

      ass…pak Ridwan
      utk PPJB blm bisa …minimal sertifikat induk…dan perumahan di Sentul tersebut harus bekerja sama dengan Bank yg akan bapak KPR….

      Thx

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  118. fauzi Says:

    saat ini saya sedang mau membeli rumah di daerah tangerang. rumahnya inden (ada yg 6 bulan ada yg 12 bulan). apakah bisa dibiayai oleh kpr syariah?

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Fauzi……

      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu bapak…

      Bisa…asalkan Developer perumahannya sudah ada kerjasama dengan Bank Syariah….

      Thx

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • fauzi Says:

        @ Yayan

        Belum ada kerja sama Pak. Tetapi ada kerjasama dengan BNI Konvensional dan data saya sudah masuk ke BNI Konvensional.
        Syaratnya untuk dibiayai KPR Syariah apa saja Pak?

        Saya coba sms ke Bapak langsung saja. Terima kasih

      • fauzi Says:

        Pak Yayan saya sudah diapprove oleh BNI Konvensional
        dgn plafon 450juta selama 14tahun. Saya sudah email ke bapak spknya dari BNI Konvensional.
        Apakah saya bisa diapprove untuk 15 tahun?
        Berapa cicilan dalam 14 tahun dan 15 tahun?
        Kemungkinan akadnya ada di bulan januari pak.
        Berapa lama proses kpr di bni syariah?

  119. ambar Says:

    kalau mau take over kredit dr bank lain ke bni syariah biaya nya apa saja? Asumsi pokok hutang saat ini 230jt.

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Ambar…..

      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu ibu….

      Biayanya sama seperti pengajuan KPR baru…..sesuai dengan Plafond yang di setujui….

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  120. cinta Says:

    saya ingin bertanya, jika bni syariah kredit 10th marginnya berapa ya, untuk pembelian rmh seken seharga 150jt?
    terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Cinta

      Ass Cinta…
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu Cinta…

      Harga Rumah : 150 jt
      DP 10% : 15 Jt
      Plafond : Rp. 135 juta
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 6,87%
      Angsuran Per bulan : Rp. 1.897.875… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • cinta Says:

        Terima kasih pak. Saya sudah ke BNI syariah dan yang ingin saya tanyakan adalah, adanya pajak jual beli yang 7% dari harga jual dan dibagi antara penjual dan pembeli, kata marketingnya dulu 10% sekarang turun jadi 7%. Apakah maksud dari pajak 7% tsb?
        Atas jawabannya terima kasih pak…

  121. FA Says:

    saya mau minta informasi kepada sdr. Yayan Syahrial
    Saya berencana membeli rumah seharga Rp.300 juta. Kira-kira Bank BNI Syariah bisa mengabulkan pinjaman berapa juta dan tolong minta perhitungan angsuran perbulannya dan biaya-biaya yang harus saya siapkan. Terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass sdr FA….
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu sdr…

      Harga Rmh : 300.000.000
      DP 10% : 30.000.000
      Sisa : 270.000.000 ( yang di KPRkan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 3.327.000 … ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Biaya2 yg harus disiapkan adalah : Biaya 1x angsuran yg diblokir, Asuransi Jiwa, Asuransi Kebakaran dan Administrasi….(kira2 asumsi biaya2 tsb 4% sampai 5% dari plafond yang disetujui)

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • unay Says:

        makasih informasi mas yayan, ini informasi berrharga buat saya. saat ini saya mau mengajukan KPR di BNI syariah, oh ya kira2 berapa hari jika disetujui persyaratannya sampai akad kredit. terus kalo seandainya saya ingin melunasi hutang (KPR) sebelum jatuh tempo. perhitungannya gimana, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  122. Yayan Syahrial Says:

    @ Unay

    Kalau data sudah lengkap Max 2 minggu sdh ada jawaban disetujui atau tidak…., kalau mau lunasi sangat bisa ..kami tidak ada pinalty….perhitungannya …sisa pokok + 1 x margin saat itu…untuk lebih jelasnya bisa hubungi saya….Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  123. Yayan Syahrial Says:

    @ Cinta

    Saya juga kurang mengerti maksud 7% ….. kalau bisa hub saya saja…..untuk menjelaskan lebih rinci….Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

    • cinta Says:

      alhamdulillah…
      terima kasih atas info dan simulasi kredit yang bapak berikan kepada saya. akhirnya, insya Allah kpr saya akan segera terealisasi. dan oleh mereka di acc seperti yang bapak uraikan. sampai diingatkan oleh atasan marketingnya, pakai margin promo ya!
      Untuk yang wilayah jabodetabek saya sarankan menemui pak Yayan saja.
      mengenai pajak jual beli yang 7% saya akan hubungi bapak langsung saja.

  124. dani Says:

    Pak Yayan,
    Saya berencana merenovasi rumah tetapi rumah tsb masih kredit di BTN, kalau saya ingin men-take over kreditnya tsb ke BNI syariah sekaligus kredit utk biaya renovasi dgn jangka waktu 15 thn bisa kah? dokumen apa saja yg hrs dilengkapi? biaya2 apa saja yg hrs disiapkan?

    Sisa kredit saya di BTN Rp. 35jt dan saya butuh utk biaya renovasi 150jt.

    Terima kasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass …Pak Dani…

      Bisa…Rumah bapak Take over + Renovasi….dokumen yang harus di siapkan seperti pengajuan baru : isi aplikasi BNI Syariah, Copy KTP suami/istri, kk, npwp, slip gaji 3 bulan terakhir, surat nikah, surat keterangan kerja, rek tabungan 3 bulan terakhir, pas photo … data Tambahan ..Rencana Anggaran Biaya Renovasi ( RABR )…kalau pakai kontraktor / konsultan ditandatangani & disyahkan (stempel perusahaan) tsb dan kalau Tidak menggunakan konsultan cukup membuat RABR yang wajar dan ditandatangani pemohon….Data dari Bank BTN ..minta copy sertifikat, PBB dan IMB, Rekening Koran pinjaman & tabungan afiliasi min 6 bulan terakhir dan Surat keterangan Outstanding pinjaman terakhir . ( take over min sdh berjalan 1 th )….

      Perhitungan cicilan
      Plafond : Rp. 185 jt (take over + renovasi)
      Margin : 8,12% ( berlaku sampai Des 2010 )
      Jangka waktu : 15 th
      Cicilan : Rp. 2.279.611 ( Flat sampai Lunas 15 th )

      Biaya2 mencakup Administrasi, Ass Jiwa, Ass gedung dan 1 x angsuran yg di blokir asumsinya 4% – 5% dari plafond …

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • Dhani Says:

        Ass… Pak Yayan….

        kalau saya lihat dari perhitungan di atas, berarti saya tidak perlu menyiapkan dana 20% dari plafond yg diajukan (seperti DP kalau utk KPR) ya pak yayan?

        Promosinya s.d. Desember tgl berapa? dihitungnya saat tgl berkas diajukan/diterima atau terhitung saat berkas mulai diproses.

        terima kasih sebelumnya.

  125. Yayan Syahrial Says:

    Assalamualaikum…..

    Kami dari BNI Syariah Jakarta Selatan…..ingin membantu teman-teman yang mau membeli Rumah melalui KPR atau Take Over dan Renovasi.…

    Kami sampai Bulan Desember mempunyai Promosi…
    – DP boleh 10% ( utk Rumah Baru dan Seken )
    – Angsuran Ringan ( Flat sampai lunas )
    – Pembiayaan mulai 50 jt sampai 5 milyar
    – Jangka Waktu Max 15 th
    – Diskon 50% biaya administrasi
    – Bebas biaya asuransi bangunan tahun pertama..
    – Bebas Biaya appraisal & profisi…

    Info lengkap Hub : Yayan Syahrial ( (021) 70651550. 085691414994, 081283692410 )
    Email : yayan.syahrial@gmail.com

    wassalam

    • Adhim Says:

      Salam Kenal P. Yayan.
      Mohon Penghitungan KPR Syariah jika harga rumah Rp. 320 juta dan saya saat ini ada dana Rp. 80 juta. Jika KPR syariah nya 15 tahun berapa cicilan per bulan nya. Selain biaya DP, berapa lagi dana yang harus saya siapkan untuk biaya administrasi, asuransi, notaris, pajak, dll. Terimakasih banyak

      • Yayan Syahrial Says:

        salam Kenal Juga..P Adhim

        Harga Rumah : 320 jt
        DP : 80 Jt
        Plafond : Rp. 240 juta
        Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
        Margin Flat : 8,12%
        Angsuran Per bulan : Rp. 2.957.333.. ( Flat sampai Lunas )

        Asumsi saya Biaya KPR (admin, 1 kali angsuran di blokir, ass jiwa dan ass kebakaran) dan Notaris adalah 6% -7% belum termasuk Pajak (BPHTB) krn tergantung NJOP daerah tsb…

        Tx

        Yayan Syahrial

  126. eri Says:

    Assalamualaikum ….

    Mohon bantuan perhitungan KPR, rencananya saya mau beli rumah dengan harga Rp 190 juta, jika diambil selama 15 tahun, berpa angsuran perbulan?

    terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Eri

      Ass …
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu sdr…

      Harga Rumah : 190 jt
      DP 10% : 19 Jt
      Plafond : Rp. 171 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.107.100… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  127. Yayan Syahrial Says:

    @ Dhani

    ya…kalau take over tidak perlu DP , tarif promosi berlaku sampai 15 Des 2010 dan belaku saat aplikasi di setujui utk akad kredit…

    thx

  128. Purnomo Says:

    Assalamualaikum…

    Mohon bantuan nya saya punya kpr BTN jangka waktu 10 thn, sudah berjalan sekitar 5 thn. rencananya saya mau take over ke kpr syariah supaya mendapat dana lebih untuk keperluan modal usaha. posisi di bekasi , apa saja syarat yg hrs diperlukan ?

    Thx

    • Yayan Syahrial Says:

      @Purnomo
      waalaikum salam

      Take Over ke Bank Syariah syaratnya minta data dari Bank BTN ..copy sertifikat, PBB dan IMB, Rekening Koran pinjaman & tabungan afiliasi min 6 bulan terakhir dan Surat keterangan Outstanding pinjaman terakhir…Dana lebih tidak bisa dan sesuai dengan outstanding pinjaman terakhir…
      Untuk modal usaha…bisa mengajukan produk kami yang lainnya yaitu ” Wira Usaha Syariah “…

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • Purnomo Says:

        @ P. Yayan,
        Saya kira saya bisa dapat dana lebih pak ? Karena rumah saya sudah saya renovasi dan tentunya harga rmh dan tanah 5 thn lalu dgn skrg kan harusnya sudah naik dong?
        Kenapa tidak bisa ya pak?

      • doca Says:

        Pak Yayan,
        Mohon informasi utk take over dari bank swasta P.
        Untuk Plafond 250jt, Jangka waktu 10 tahun.
        Syarat2 dan biaya2 lain yang dibutuhkan?

        Trims,
        D

  129. bayu Says:

    Salam Kenal P. Yayan. Mohon Penghitungan KPR Syariah jika harga rumah Rp. 500 juta dan saya saat ini ada dana Rp. 150 juta. Jika KPR syariah nya 10 tahun berapa cicilan per bulan nya. Terimakasih banyak.

    • Yayan Syahrial Says:

      Ass … Pak Bayu
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu sdr…

      Harga Rumah : 500 jt
      DP : 150 Jt
      Plafond : Rp. 350 juta
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 6.87%
      Angsuran Per bulan : Rp. 4.920.416… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  130. henhen Says:

    Assalamualaikum Pak Yayan.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan
    1. Biaya-biaya apa saja yang terkait dengan KPR?
    2. jika saya akan membeli rumah seharga Rp 91.200.000 kira-kira berapa besar biaya yang harus disiapkan dr mulai DP hingga biaya dengan notaris?
    3. saya tinggal di daerah cimahi BNI syariah mana yang bisa saya hubungi?
    trimakasih

  131. henhen Says:

    Assalamualaikum Pak Yayan,
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan
    1. Jika saya akan membeli rumah dengan harga Rp.91.200.000 berpa besar biaya yang harus dikeluarkan selain DP?
    2. saya tinggal di cimahi Bank BNI Syariah mana yang bisa dihubungi?
    3. Saya PNS dengan gaji Rp 2.200.000 kira-kira berapa besar plafon yang akan di acc
    trimakasih pa…

    • Yayan Syahrial Says:

      @Henhen….

      1. Biaya KPR meliputi ; Ass jiwa, ass kebakaran, 1 x angs yg di blokir dan administrasi

      2. Asumsi biaya sampai notaris blm termasuk pajak (bphtb) adalah 7% – 8% dari plafond

      3. Perkiraan sanggup bayar angsuran adalah 40% dari penghasilan perbulan…

      4. kalau cimahi tidak ada cab bni syariah coba anda hub cab Bandung….Jl.Buah Batu No.157 C Bandung (022)-7314546, 7323142, 7323143

  132. ihsan Says:

    Assalamu’alaikum pak yayan…
    kbtln saya jg baru ambil KPR di daerah cimahi, rencananya saya mau take over ke BNI syariah, tp stlh saya telpon bni syariah cab. bandung, saya belum bisa untuk take over karena cicilan rumah saya baru 5 bulan…

    Apakah memang seperti itu? padahal saya sangat tertarik di program KPR BNI Syariah, mohon pencerahannya sekaligus solusi untuk saya terima kasih…

    • Yayan Syahrial Says:

      waalaikum salam ..pak ihsan

      Memang benar pak…kalau take over ke BNI Syariah minimal harus 1 th dulu….baru bisa kami proses ..

      Thx
      Yayan

  133. Minie Says:

    Assalamu’alaikum Pak….
    Mohon info perhitungan KPR Syariah If harga Rumah 430 Jt, DP 20% waktu 15 Tahun. terima kasih
    Wassalam…..

    • Yayan Syahrial Says:

      @Minie
      Ass …
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu sdr…

      Harga Rumah : 430 jt
      DP 20% : 86 Jt
      Plafond : Rp. 344 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 4.238.844.. ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  134. wahyu Says:

    Assalamualaikum ….

    Mohon bantuan perhitungan KPR, rencananya saya mau beli rumah dengan harga Rp 180 juta, jika diambil selama 12 tahun, berapa angsuran perbulan?

    terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Wahyu…
      Ass …
      Saya dari BNI Syariah Cab Jakarta Selatan..mau coba bantu sdr…

      Harga Rumah : 180 jt
      DP 10% : 18 Jt
      Plafond : Rp. 162 juta
      Jangka Waktu : 12 Th (144 bln )
      Margin Flat : 7.79%
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.176.650… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  135. tio Says:

    salam kenal untuk semua……
    Ass…apakah ada teman-teman yang punya ruko di daerah selatan jakarta…..kalo ada info tolong hub. 082 111 20 8583

  136. sulis Says:

    Pak yayan untuk pinjaman 90juta atau 80 juta, cicilan untuk 15 tahun berapa ya?

    thx

    • Yayan Syahrial Says:

      Plafond : Rp. 90 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 1.109.000.. ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • sulis Says:

        kalau pinjaman 80juta jadi berapa pak cicilan selama 15tahun? kalau beli dari developer terus dari developernya belum bekerjasama dengan BNI syariah gimana Pak?

  137. Ricky Says:

    Halo Pak yayan,

    Saat ini saya sudah memakai jasa dari KPR BNI Syariah, dengan lama waktu 10 th dan cicilan perbulan saya kurang dari 3 jt, dan alhamdulillah sudah berjalan setahun, pertanyaan saya apakah bisa saya me-negosiasikan kembali margin yang BNI tetapkan!, karena saya berpikir seharusnya Syariah yang memakai sistem jual beli ini seharusnya bisa juga kita bernegosiasi saat akad. atau apabila ketika SBI turun apakah kita yg sudah memakai kpr syariah ini dapat merasakan turunnya SBI itu?
    dan mohon jelaskan pelunasan diawal apakah kita bayar pokoknya saja atau ada terkena penalti atau apalah mohon penjelasannya..!
    dan satu lagi kenapa kita tidak menerima copy dari surat atau kontrak perjanjian yang sudah kita tandatangani yah…

    Terimakasih .

  138. Yayan Syahrial Says:

    @Sulis

    Plafond : Rp. 80 juta
    Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
    Margin Flat : 8,12%
    Angsuran Per bulan : Rp. 985.778.. ( Flat sampai Lunas )

    Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

    Betul..harus bekerja sama, kalau tidak bekerja sama bangunan harus yang ready stock dan surat2nya harus sudah pecah…

    Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994

  139. Yayan Syahrial Says:

    @ Ricky
    Wah..pak sama …saya jg BNI Syariah dj Fatmawati…

    Kalau dg sistem jual beli seharusnya memang sesuai dengan akad kredit diawal bukan di nego di tengah2 pembiayaan….
    Tapi karena BNI Syariah flexsible..pembiayaan tsb di tutup dan diakad ulang sesuai dg margin saat ini…
    Untuk pelunasan tidak ada pinalti, pembayaran adalah pokok pembiayaan ditambah 1 x margin

    Untuk mengetahui besar pokok pembiayaan dapat mengajukan permohonan pelunasan kepada …Ibu Andri / Bp. Beni… Bag Collection BNI Syariah Jaksel

    Untuk copy surat perjanjian dapat diminta kepada Bp. Rizky di Bag Umum…

    Untuk penyesuaian Rete bisa dilakukan denganpenutupan terlebih dahulu…

    • Ricky Says:

      Pak Yayan,

      Kalo misalkan saya ada uang 50 juta tp tidak untuk membayar lunas itu bagaimana? apakah dikenakan penalti? kan kalo disyariah dibagi 2 pembayaran tanah dan pembayaran bangunan bisa tidak saya membayar 50 juta untuk salah satu pembayaran tersebut?

      Boleh minta simulasinya?
      Harga rumah 290, saya DP sebesar 110jt, kalo utk 10 tahun berapa besar cicilan perbulannya??

  140. mhddongan Says:

    saya tinggal di Medan, namun saya berencana membeli rumah seken di wilayah deli serdang, harga rumah Rp350.000,- tolong dihitung berapa cicilansaya jika masa kredit 15 tahun , namun saya belum memili dp

    • Yayan Syahrial Says:

      Plafond : Rp. 350 juta
      @mhddongan

      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8,12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 4.312.778.. ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • yanuar Says:

        Assalamualaikum,
        Pak Yayan,
        oh yach saat ini saya lagi nunggu persetujuan KPR, boleh minta info sama pa yayan gimana status pengajuan KPR saya di BNI Syariah Fatmawati. karena udah sebulan lebih. apakah ada kekurangan syarat2 atau apa? saya ambil perumahan di Mutiara Juanda Residence, Depok. mohon info nya Pa Yayan, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  141. een Says:

    pak yayan, mohon info utk BNI Syariah ada KPR di daerah depok sawangan gak?

    • Yayan Syahrial Says:

      @een…

      Untuk KPR perumahan di sawangan kami sudah banyak kerjasama contoh : Grand Sawangan Residence, Sawangan Hill dll…..

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994

  142. ARIF Says:

    Aslkm. mau nanya pak yayan, untuk pembelian rumah second apakah dikenakan ppn 10 % atau tidak ya? terima kasih pak

    • Yayan Syahrial Says:

      @Arif….
      Untuk rmh seken sy jg kurang paham dikenakan ppn atw tdk, tapi biasanya harga rmh sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli….untuk biaya pajak biasanya nanti setelah di Notaris atau biasa di sebut BPHTB ( Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan )

  143. farid Says:

    assalamu’alaikum
    pak, mohon info, jika saya ingin membeli rumah 335juta, DP 10%, angsuran 15 tahun cicilannya berapa ya? terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Farid
      waalaikumsalam….

      Harga Rumah : 335 jt
      DP 10% : 33.500.000 Jt
      Plafond : Rp. 301.500.000 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.12%
      Angsuran Per bulan : Rp. 3.715.150… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  144. Yayan Syahrial Says:

    @een…

    Kalau rumahnya sdh ready stock dan sertifikatnya,pbb, imb sdh pecah tidak masalah kalau belum bekerjasama…. lsng isi aplikasi dan lengkapi data….DP min 10 %, Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan….

  145. Yayan Syahrial Says:

    @Yanuar..

    Bapak datanya kemarin di serahkan ke siapa di BNI syariah fatmawati…biar sy tanya ke ybs…supaya cepat ngelacaknya…

  146. Dita Says:

    Pak Yayan,
    boleh dijelaskan nggak, melanjutkan jawaban dari pertanyaan ibu Farid..rincian perhitungannya dari plafond Rp. 301.500.000 juta, jk.waktu 15 tahun, margin 8,12%, bisa diperoleh hasil angsuran per bulan Rp. 3.715.150?

  147. Yayan Syahrial Says:

    @ Farid…

    Harga Rumah : 335 jt
    DP 20% : 67.000.000 Jt
    Plafond : Rp. 268.000.000 juta
    Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
    Margin Flat : 8.12%
    Angsuran Per bulan : Rp. 3.302.356 ( Flat sampai Lunas )

  148. wuland Says:

    asw pak yayan. mau tanya. saya mau beli rumah 1/2 jadi. untuk pembelian dan meneruskan pembangunan dibutuhkan dana sekitar 125jt. minta bantuan untuk perhitungannya. bolehkah joint income suami istri? kalau boleh, apakah keduanya harus bekerja min 2 thn? jika surat tanah belum berupa sertifikat gmn pak? oya, kami tinggal di martapura, sumatera selatan. bisakah pengajuan ke bni palembang? dengan siapa? ada promo margin untuk bulan januari 2011 tidak? terimakasih atas bantuannya.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Wuland

      Plafond 125 jt
      margin 8.12%
      waktu 15 th
      angsuran 1.540.278/bln

      Bisa join income….asumsi kami 40% dari total penghasilan perbulan sanggup bayar angsuran yg diajukan…
      Untuk pekerjaan salah satu Pemohon memang harus min 2 th sdh pegawai tetap….
      Untuk legal suratnya mamang wajib harus sudah ada sertifikat, PBB dan IMB…kalau belum sertifikat tidak bisa di proses….
      Margin kami belaku sampai 31 Des 2010, untuk bulan jan 2011 belum ada margin yg baru…
      Coba Hub saja BNI Syariah cab palembang … Jl.Jend.Sudirman No.67-68 Palembang (30126) (0711)-315999, 310751 Fax:(0711)310752

      Terima Kasih
      Yayan Syahrial

  149. taufik Says:

    saya beli rumah baru 40/78 di kawasan serpong harga 191juta, DP 10%, plafon pinjaman (KPR) di DKI Syariah 172juta, cicilan per-bulan 2.076.000,00 selama 15th.
    proses mudah, bisa jadi rujukan buat teman2 yg mau pakai bank syariah…

  150. esti Says:

    Pak yayan,
    Mohon dibantu, saya ingin membeli rumah harga 195 dp 10%.
    Cicilannya brp ya per bulan?
    Promo ini berlaku smp pengajuan des ya?

    • Yayan Syahrial Says:

      @Hallo mb Esti

      saya coba menjawab…..

      Harga Rumah : 195 jt
      DP 10% : 19.500.000 Jt
      Plafond : Rp. 175.500.000 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.12% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.162.550… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  151. esti Says:

    Thx pak yayan, kalo dibuat 12 tahun?

  152. JP Says:

    Assalamualaikum Pak Yayan,

    Mohon info dan pencerahannya pak..
    Apakah bisa saya mengajukan KPR BNI Syariah dimana status rumah yg saya inginkan, baru selesai dibangun akhir Maret 2011 ini?

    Mohon perincian kalkulasinya utk harga rumah Rp 524.698.613,- setelah Discount sebesar 14% dari Developer, menjadi Rp 451.240.807,- Berapa besarnya angsuran utk 10 thn dan 15 thn, dengan kalkulasi DP 10% dan 20%. Terimakasih Pak Yayan.

    • Yayan.Syahrial Says:

      Ass…pak JP

      Bisa pak yg penting sertifikat sudah pecah , IMB dan PBB di lampirkan juga…kalau sertifikat belum pecah / masih induk kami harus kerjasama dulu dengan developer tersebut….

      Harga Rumah : Rp 524.698.613
      Discount 14% : Rp 451.240.807
      DP 10% : Rp. 45.124.081
      Plafond : Rp. 406.116.726 ( yg di KPR kan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.12% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 5.004.261… ( Flat sampai Lunas )

      DP 20% : Rp. 90.248.161
      Plafond : Rp. 360.992.646 ( yg di KPR kan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.12% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 4.448.232… ( Flat sampai Lunas )

      DP 10% : Rp. 45.124.081
      Plafond : Rp. 406.116.726 ( yg di KPR kan )
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 6.87% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 5.709.324 ( Flat sampai Lunas )

      DP 20% : Rp. 90.248.161
      Plafond : Rp. 360.992.646 ( yg di KPR kan )
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 6.87% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 5.074.955… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      • JP Says:

        Assalamualaikum Pak Yayan,
        terimakasih utk prompt reply bapak,

        Saya akan segera hubungi pihak developer utk menanyakan, apakah Sertifikat sdh dipecah dan lain sebagainya.

        Pak Yayan, jika Developer belum ada kerjasama dng BNI Syariah, apakah bapak dapat membantu kerjasama antara Developer dng BNI Syariah?

        Dan jika setelah akad kredit, jika dikemudian hari saya ada rejeki, apakah bisa saya melakukan top up DP, agar angsuran per-bulan dapat di adjust (diturunkan)?

        Utk catatan, diperusahaan PMA tempat saya bekerja saat ini baru 1 thn saja, tetapi di perusahaan terdahulu sdh sekitar 4 thn (total pengalaman kerja -/+ 10 thn), apakah tetap bisa mengajukan KPR di BNI Syariah?

        Mohon maaf begitu banyak hal yg saya tanyakan dan jika menghubungi by phone..saya takut ada point2 yg terlewatkan.

        Jika dapat terealisasi, saya pasti akan mengajukan KPR saya melalui Pak Yayan/rekan bapak di BNI Cabang Kotamadya Bogor. Terimakasih Pak Yayan.

        Regards,

        J.P

  153. Yayan.Syahrial Says:

    Pak JP….

    Berhubung bp tinggal di bogor bapak langsung saja ke cabang Bogor untuk menanyakan ttg KPR, Tapi kalau bapak mau saya yg urus untuk Kerjasama dg Developer dan Akad kredit jika aplikasi bapak di setujui harus di Cabang saya yaitu BNI Syariah Jakarta Selatan…..

    Terima kasih

  154. RF Says:

    Assalamualaikum Pak Yayan,

    Mohon bantuan perincian kalkulasinya utk harga rumah Rp290.000.000,- Berapa besarnya angsuran utk 10 thn dan 15 thn, dengan kalkulasi DP sebesar RP. 110.000.000,-.
    Terimakasih Pak Yayan.

    • Yayan.Syahrial Says:

      @ RF
      Ass…..
      saya coba jawab :

      Harga Rumah : Rp. 290 jt
      DP : Rp 110 Jt
      Plafond : Rp. 180 jt ( yg di KPR kan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.12% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.218.000.… ( Flat sampai Lunas )

      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 6.87% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.530.500 ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  155. Dedy Says:

    Salam kenal Yayan,

    Mohon bantuannya utk perhitungan angsuran per bulan di BNI Syariah, dengan plafon Rp135.000.000,- dan masa cicilan 10 tahun. Seandainya bulan ke-61 akan kami lunasi, kira2 berapa sisa yang harus dibayar dan apakah ada biaya lain utk pelunasan ini ? mohon dibantu ya pak…
    Terima kasih.

    • Yayan.Syahrial Says:

      @ Dedy
      Salam kenal juga…

      Plafond : Rp. 135 jt ( yg di KPR kan )
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 6.87% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 1.897.875… ( Flat sampai Lunas )

      Karena ada di sistem untuk pelunasan sy belum bisa info ke bp….hitungan hanya sisa pokok + 1 kali margin di bulan ke 61…. dan tidak ada pinalty (biaya lain)…

      Terima kasih

  156. andriani Says:

    Pak Yayan,Saya mo konsultasi ..

    Saya berminat dg rumah petak 5 pintu didaerah serpong, dgn harga jual 260 juta. Pertanyaannya :

    – Krn ini bukan perumahan tp rumah kampung, apakah bisa saya ajukan utk di KPRkan..?

    – Kalo bisa, mohon dibuatkan ilustrasinya kalo mo KPR dgn jangka waktu 10 th dan 15 th perbulannya.

    – Trs saya punya rumah di Bekasi dgn status masih KPR BTN ( sdh jalan 5 th, msh sisa 10 th ) yg sedang saya tawarkan untuk dijual , tp saya khawatir rumah yg saya mau beli ( kontrakan 5 petak tadi ), keburu diambil orang, kira2 bisa ga rumah sy yg dibekasi ini saya agunkan sbg DPnya ( krn menurut taksiran harga jualnya +/- 20% dari harga total rumah petak yg di jual tsb.

    – Kalo bisa persyaratan KPRnya apa aja yg harus disiapkan, bisakah sy ketemu langsung dgn Bp & dimana.

    Thanks,
    wassalam,
    andriani
    andind77@gmail.com

    • Yayan.Syahrial Says:

      @Andriani….

      Ass…
      Saya coba jawab pertanyaan ibu mudah2an memuaskan…

      1. Rumah kampung maupun rumah komplek tidak masalah yang penting sdh ada Setrifikat , PBB dan IMB….

      2. Ilustrasi :
      Harga Rumah : Rp. 260 jt
      DP : Rp 60 Jt
      Plafond : Rp. 200 jt ( yg di KPR kan )
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.12% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.464.444.… ( Flat sampai Lunas )

      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 6.87% ( Promo margin sampai 31 des 2010 )
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.811.667..… ( Flat sampai Lunas )

      3. Kalau rmh yg di Bekasi sdh terjual tidak masalah untuk DP ..tapi kalau masih belum terjual dan suratnya di agunkan untuk beli rmh di serpong kami belum bisa….

      4. Syarat saya attcment ke email saja…

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  157. sarah Says:

    Pak Yayan, saya ingin konsultasi..

    Saya dan suami berniat membeli rumah dengan cara kpr. harga rumah 650-700jt. Dp 300jt. artinya plafon sekitar 350-400jt. Dr yg saya baca diatas, cicilan bs sekitar 5jtan. Masalahnya gaji suami saya kecil, hanya 3,8jt. Pendapatan sampingannya justru lebih besar, namun sayang usaha kami blm dilegalkan dlm btk PT/CV (walaupun selalu bayar pajaknya) Hanya ada bbrp kontrak kerja yg menunjukkan nominal pendapatan usaha sampingannya. Saya juga punya pendapatan sendiri, namun juga bukan berupa gaji. kadang ada kontrak kerjanya dan kadang tidak. secara finansial kami yakin mampu membayar angsuran tsb. Tp bagaimana meyakinkan bank agar permohonan kpr kami bs di approve?? mungkinkah kami mengajukan prmohonan kpr tsb?
    Makasih sebelumnya pak yayan..

    • Yayan Syahrial Says:

      @Sarah…

      Maaf bu sarah baru sempat balas….kalau suami ibu ada penghasilan tambahan ..data yg harus dilengkapi adalah, surat keterangan Domisili usaha, laporan keuangan dan neraca rugi laba….yang penting pendapatan tersebut tiap bulan ada…..

      thx
      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  158. putri Says:

    mhon dibantu. saya ingin membeli rumah seharga 180 juta dgn DP 10% selama 15 tahun. berapa ciciclan perbulannya?

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Putri

      Harga Rumah : 180 jt
      DP 10% : 18 Jt
      Plafond : Rp. 162 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.91%
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.102.850… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  159. adi Says:

    Mohon Bantuan :
    Saya Mau kredit rumah jika harga rumah 90 jutaan atau 75 jutaan Dp 20 %
    Bisa minta Rinciannya
    Minta rinciannya, Gaji saya sebulan Rp 1.250.000….
    mohon solusinya….

  160. adi Says:

    Mohon Bantuan :
    Saya Mau kredit rumah jika harga rumah 90 jutaan atau 75 jutaan Dp 20 %
    Bisa minta Rinciannya
    Minta rinciannya, Gaji saya sebulan Rp 1.250.000….
    mohon solusinya….
    Tapi saya masih lajang belom menikah

  161. adi Says:

    mas,, tolong minta rincian’y,, saya mau kpr rumah 95jt,, dp 20%.. atau kpr rumah 75jt ,, dp 20%
    minta rincian’y…
    penghasilan saya 1,25jt/bln…
    tp saya belum menikah…
    mohon d bantu rincian dan persyaratan’y mas???
    di BNI syariah…

  162. adi Says:

    kami rencana beli rumah atau kos dimalang.dana masih 200,saya kerja dikapal di amrik.apakah bank akan setujui KPR sekitar 200 jt.gaji perbulan 2500 US$?bank apa?

  163. dini Says:

    yth, pak Yayan

    saya berniat untuk mengajukan KPR di bank syariah, kondisinya saya karyawan mempunyai gaji 2,5 juta, suami wiraswasta dengan penghasilan tidak tetap (tidak punyai SIUP tetapi ada NPWP), kami berencana:
    1. membeli tanah seharga 180 juta, kemudian
    2. dibangun rumah seharga 100 juta.
    maslahnya, kami tidak mempunyai dana DP.
    menurut bpk apakah kami KPR kami memenuhi saya di setujui? dan bila dapat mohon simulasi cicilannya

    Terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ dini

      Asumsi sanggup bayar angsuran perbulan adalah 40% dari total penghasilan perbulan.
      Wiraswasta bisa lampirkan surat domisili usaha, laporan keuangan dan neraca rugi laba….kalau tidak di lampirkan atau pembuktian penghasilan suami yg diakui hanya penghasilan ibu dini saja atau tidak join income…..
      Pengajuan di BNI Syariah sampai saat ini harus pakai DP min 10% .

  164. tahanan mertua Says:

    saya lagi bigung neh…
    dah 4 tahun tinggal sama mertua pengin beli rumah ,di perumahan tapi dana cekak alias pas pasan .
    adakah perhitungan yang tepat kpr misalnya penghasilan saya setiap bulan 2.5 juta dan saya wirausaha
    terimakasih
    semoga ada yang membantu masalah saya atau meringankan
    tuk bisa share info disini

  165. erna Says:

    Pak Yayan
    Saya dan suami berniat membeli rumah second di daerah cipondoh, harga Rp.130.000.000,- selama 10 th, berapa cicilan per bulannya ya pak? trus syarat2nya apa saja ya pak? trimakasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Erna

      saya coba jawab :
      Harga Rumah : 130 jt
      DP 10% : 13 Jt
      Plafond : Rp. 117 juta
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 7.57%
      Angsuran Per bulan : Rp. 1.713.075.… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      syarat : copy ktp suami/istri, srt nikah, kk, npwp, srt ket kerja (min 2th peg tetap), slip gaji 3 bln terakhir, rek tabungan 3 bln terakhir, surat penawaran rumah, copy sertifikat, pbb dan imb….

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  166. Puti Says:

    Assalamualaikum Pak Yayan,

    Mohon bantuannya untuk perhitungan angsuran kpr dengan harga rumah Rp.310jt DP 20%. Saya dan suami ingin mencicil dalam jangka waktu 15 tahun. Terima kasih atas bantuannya

    Wassalamualaikum wr.wb

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Putri

      Waalaikum salam, saya coba jawab :
      Harga Rumah : 310 jt
      DP 20% : 62 Jt
      Plafond : Rp. 248 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.91%
      Angsuran Per bulan : Rp. 3.219.177.… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      syarat : copy ktp suami/istri, srt nikah, kk, npwp, srt ket kerja (min 2th peg tetap), slip gaji 3 bln terakhir, rek tabungan 3 bln terakhir, surat penawaran rumah, copy sertifikat, pbb dan imb….

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  167. YOLLA Says:

    Dear Pak Yayan,
    pak mau tanya, untuk info bunga KPR dan kredit tanah?
    Berapa jumlah DP, Plafon dan tenornya?
    terima kasih pak…

    • Yayan Syahrial Says:

      @ YOLLA

      Margin KPR atw Tanah Kavling dari BNI Syariah saat ini 8.91% utk jangka waktu 15 th
      Untuk KPR DP min 10% sedangkan Tanah Kavling DP min 40% plafond mulai dari 50 juta sampai 5 milyar, Tenor (jangka waktu) max 15 th……

      Rgd
      Yayan

  168. Budi Says:

    Ass Pa Yayan,

    Mohon info Cabang BNI syariah di Samarinda dimana yah?
    Mohon bantuannya untuk perhitungan harga KPR dengan harga rumah 350 jt, DP 20 %. Rencana menyicil selama 10 tahun..

    Terima kasih pak,
    Wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @Budi
      waalaikumsalam ……

      Maaf pak budi BNI Syariah Samarinda belum ada, cabang di kalimantan baru ada di Balikpapan … Jl.Jend Sudirman No.43 D-E Balikpapan Telp : (0542)-731354, 732679, 737734 Fax:(0542)737733, coba saja telp mungkin bisa mencover samarinda….

      Harga Rumah : 350 jt
      DP 20% : 70 Jt
      Plafond : Rp. 280 juta
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 7.57%
      Angsuran Per bulan : Rp. 4.099.667.… ( Flat sampai Lunas )

      Rgd
      Yayan

      • Yayan Syahrial Says:

        @ Budi….

        Maaf… di Kalimantan BNI Syariah ada di Balikpapan dan Banjarmasin….Jl.Jend.Ahmad Yani KM.4, No.385 Banjarmasin (0511)-3256746, 3256946, ‘3259146, 3259446 Fax:(0511)-3251346

        thx
        Yayan

  169. Yayan Syahrial Says:

    Assalamualaikum ..wr wb….teman-teman

    Terima kasih telah meramaikan pembicaraan KPR di blog bicara rumah ini….khususnya KPR BNI Syariah….
    Berikut saya informasikan Penawaran di Bulan 1 Januari 2011 sampai 31 Maret 2011 dari BNI Syariah cab Jakarta Selatan adalah :
    – Margin 5 th ( 5.94% ), 10 th ( 7.57% ) dan 15 th ( 8.91% )
    – DP 10% untuk Rumah Baru, Rumah Second, Renovasi
    – Biaya Administrasi Discount 50%
    – Free Asuransi Kebakaran untuk Satu Tahun Pertama
    – Bebas Biaya Propisi dan Appraisal

    Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

    • samir Says:

      Pak Yayan,
      saya berniat beli rumah seharga 326jt-an dan ingin mengajukan KPR dg plafond 261 juta. berapa cicilan bulanan untuk 10th dan 15 th?
      terimakasih

    • hasim Says:

      ass. wr wb
      saya dan istri ada rencana bangun rumah baru di tanah milik pribadi dengan RAB 70-100 juta. apa bni syariah bisa membantu?untuk jangka pinjaman 5 tahun

    • muhamad.agus Says:

      salam kenal pak,

      melihat tabel perkiraan cicilan BNI Syariah membuat saya tertarik, saya berencana mw mengajukan kpr utk perumahan cibinong alam lestari dengan rincian sbb:
      harga jual : 160 jt
      DP : 32 jt
      jangka waktu yg saya ambil 15 thn,
      perbulannya brp ya pak klo d BNI syariah?
      terima kasih

  170. Yayan Syahrial Says:

    @SAmir

    Plafond : Rp. 261 juta
    Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
    Margin Flat : 8.91%
    Angsuran Per bulan : Rp. 3.387.925..… ( Flat sampai Lunas )

    Plafond : Rp. 261 juta
    Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
    Margin Flat : 7.57%
    Angsuran Per bulan : Rp. 3.821.475..… ( Flat sampai Lunas )

    Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

    Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

    • miranti Says:

      Terima kasih pak Yayan.
      Mau tanya lagi, misalnya kami ambil yg jangka waktu 15 th dan pada th ke 3 kami punya 30 juta dan ingin kami pakai untuk mengurangi pokok hutang, apakah bisa? Bagaimana dengan angsuran selanjutnya, menjadi berkurang jangka waktunya atau lebih kecil cicilannya?

      • Yayan Syahrial Says:

        @Miranti

        Untuk mengurangi angsuran bisa minimal Pelunasan 50%, sisa terhutang 50% lagi di akad kredit ke 2 dengan margin yg baru….

  171. Anto Says:

    Salam,
    saya berniat beli rumah seharga 180jt-an dan ingin mengajukan KPR dg plafond 160 juta. berapa cicilan bulanan untuk 10th dan 15 th?

    Ada YM ga mas?? Bisa konsultasi langsung via YM?
    terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Anto…..

      Plafond : Rp. 160 juta
      Jangka Waktu : 15 Th (180 bln )
      Margin Flat : 8.91%
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.076.889… ( Flat sampai Lunas )

      Plafond : Rp. 160 juta
      Jangka Waktu : 10 Th (120 bln )
      Margin Flat : 7.57%
      Angsuran Per bulan : Rp. 2.342.667..… ( Flat sampai Lunas )

      Asumsi Angsuran bisa disetujui 40% dari penghasilan perbulan

      Info bisa Hub : Yayan Syahrial ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

      Silahkan sms no hp mas anto ke sy, sy akan info id ym sy…

  172. asti Says:

    Assalamu alaikum wr wb

    Suami saya gajinya 13.500rb. kadang kalo lembur bisa dapat 15jt. anak satu masih kelas 1 sd. kalo kami kpr 500/400jt dgn jangka waktu 5 thn itu memungkinkan ga? uang thr kalo dibayarkan ke cicilan kpr yg dipotong itu bunga ato pokok pinjamannya? maaf banyak nanya ya pak, kurang paham masalah kpr.

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Asti…

      Gaji 13, 5 jt pengajuan Plafond 500 / 400 jt utk 5 th tidak bisa, bisa di setujui kemungkinan 10 – 15 th … asumsi kami 40% dari penghasilan bersih perbulan…… utk pelunasan di percepat ( Sisa Pokok + 1 x Margin saat pelunasan )

      rgd
      Yayan

      • aditb80@gmail.com Says:

        Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan Mobil sampai dengan jangka waktu 5 tahun dengan margin flat pertahun 6.62% s/d 6.69% Hubungin Adhitya (021-98585665

  173. Santi Says:

    Asslmwrwb.

    P’Yayan saya berniat membeli rumah seharga 200jtan dgn KPR syariah, saya karyawan tetap swasta dgn gaji 3 jt (THP) sedangkan suami saya karyawan kontrak dengan gaji 7jt (THP), apakah memungkinkan kami bisa mengambil KPR syariah dengan angsuran 10 thn?krn informasi yg saya dpt slama ini bahwa karyawan kontrak tdk bs KPR rumah, apakah benar? kalau bisa KPR dari total gaji kami berdua berapa DPnya?dan cicilan per bulan ?serta syarat lain apa saja?Terima kasih sekali atas informasinya, karena saya minim info ttg KPR

    Wasslm,
    Santi

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Santi
      Untuk pengajuan mamang min 2 th pegawai tetap, karena suami ibu peg kontrak sebagai join saja dan ibu sebagai pemohon….tetapi penghasilan suami ibu bisa diakui tdk 100% karena masih kontrak….ibu bisa sms no HPnya ke saya, supaya bisa sy bisa jelaskan lebih detail….No hp sy…((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  174. titis Says:

    pak yayan yth, mohon bantuannya untuk take over kpr syarat dan ketentuuannya apa saja, saya pns 3 th masa kerja gaji 2,5 jt. suami karyawan bumn 7 th masa kerja gaji 3,5. pokok di bank lama 114juta. berapa biaya yang harus sy bayar unt take over, berapa cicilannya dan berapa lama? gaji saya dan suami ditransfer lewat BNI KONVENSIONAL.terima kasih…

    • Yayan Syahrial Says:

      @titis

      maaf ..lama balasnya, karena kelewat….

      untuk take over syarat seperti pengajuan baru..copy ktp,kk,surat nikah,npwp,srt ket kerja,slip gaji,rek tab….dan tambahannya adalah srt outstending sisa angsuran dari bank yg lama dan copy surat perjanjian akad kredit di bank yg lama…
      plafond 114 jt…. 10 th = Rp.1.669.150 , 15 th = Rp. 1.479.783…
      Asusumsi Biaya KPR dan Notaris adalah 7% dari plafond

      thx

    • Yayan Syahrial Says:

      @AB

      Plafond 200 jt…angsuran 15 th = Rp. 2.596.111,-

      tq

  175. Didit Says:

    Pak Yayan, saya membeli rumah keluarga, sekarang sertifikat rumahnya sudah atas nama saya, saya tinggal bayar ke kakak2 saya sebesar 200 jt. Apakah ini bisa diajukan ke KPR? Kalau bisa, tolong kasih simulasi untuk cicilan 10 th, dan biaya kalau mau dilunasi di tahun ke 5. Terima kasih.

  176. iwan Says:

    Assalamu’alaikum Pak Yayan,

    Saya mau tanya, apakah penawaran berikut ini hanya untuk BNI Syariah Jakarta Selatan:
    – Margin 5 th ( 5.94% ), 10 th ( 7.57% ) dan 15 th ( 8.91% )
    – DP 10% untuk Rumah Baru, Rumah Second, Renovasi
    – Biaya Administrasi Discount 50%
    – Free Asuransi Kebakaran untuk Satu Tahun Pertama
    – Bebas Biaya Propisi dan Appraisal

    Bagaimana dengan BNI Syariah cabang lain?

    Saya tinggal di batam dan berencana untuk mengambil KPR syariah dalam waktu 1 minggu ini. Dengan plafond 350jt, bisakah Pak Yayan memberikan rincian biaya administrasi yang perlu saya bayar untuk BNI Syariah (semua cabang)?

    Yang terakhir, apakah Bapak ada nomor kontak bagian Marketing BNI Syariah Batam?

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam

  177. Yayan Syahrial Says:

    @Iwan
    waalaikumsalam..

    Untuk Tabel margin berlaku untuk seluruh Indonesia…

    Plafond 350 jt angsurannya adalah Rp. 5.124.583/bln utk 10 th dan Rp. 4.543.194/bln utk 15 th…
    Asumsi Biaya2 KPR adalah 4% – 5% dari Plafond yg disetujui, Biaya KPR Meliputi ( 1 kali angsuran yg di blokir, Asuransi Jiwa, Asuransi Kebakaran dan Administrasi )… Biaya KPR belum termasuk Biaya Notaris….

    Untuk contact marketing sy belum ada yg kenal ..tapi silahkan saja telp ke cabang batam…..Kompleks Regency Park Blok II No.15, Jl. Teuku Umar, Pelita, Batam (0778)429054,429057,429058 …..

    wass
    Yayan
    ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  178. diana Says:

    saat ini sy sedang pengajuan takeover krdt ke bni syariah sebesar 93jt(outstanding terakhir di bank sblmny), gaji sy 4,5jt suami 2,8jt kami berdua pns, kami ingin mengajukan takeover 8thn dan apakah biaya2ny bs dimasukan ke plafon krdt shg kami ajukan 100jt utk takeoverny? ditunggu infonya, terima kasih.

  179. naila fatimah Says:

    Dear Pak Yayan,

    Assalamualaikum wr. wb.,

    Mohon info-nya Pak mengenai KPR BNI Syariah.

    Kondisi saat ini:
    1. Suami saya bekerja sebagai pegawai tetap di perusahaan swasta besar dengan gaji THP Rp. 12 juta (masa kerja kurang lebih 10 bulan)
    2. Saya bekerja sebagai pegawai tetap di perusahaan swasta dengan gaji THP Rp. 10 juta (masa kerja 3 bulan)

    Pertanyaan:
    1. Dari jawaban bapak atas pertanyaan sebelumnya, selalu disebutkan status pemohon kpr harus sudah dua tahun kerja. Apakah hal ini sudah tidak mungkin ditawar lagi? mengingat saya dan suami belum memenuhi syarat tersebut
    2. Dengan gaji saya dan suami tsb diatas, berapa plafon untuk cicilan per bulan yang diperbolehkan BNI ?
    3. Dengan gaji saya dan suami tsb diatas, berapa plafon total pinjaman yang diperbolehkan BNI ?
    4. Mohon infonya % margin yang berlaku saat ini untuk jangka waktu cicilan 5 th, 10 thn dan 7 thn?
    5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan pinjaman?
    6. Apabila pada satu saat kami memiliki dana lebih dari cicilan per bulan (tapi bukan berarti dilunasi) bagaimana perhitungannya?

    Mohon dijawab segera ya Pak.

    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Naila Fatimah….

      saya coba jawab…

      1. Memang benar min hrs 2 th peg tetap, jika belum dua tahun… harus di sertakan juga data atau referensi pekerjaan sebelumnya…..
      2 & 3. Asumsi kami 40% dari THP penghasilan perbulan…perkiraan plafond 400 jt – 500 jt an … dg angsuran 6 jtan per bln utk 15 th..
      4. 5 th = 5.94% , 7 th = 7.22%, 10 th = 7.57%, 15 th = 8.91%
      5. setelah data lengkap max 2 minggu sdh ada keputusan…
      6. kalau ada dana lebih sama saja bayar angsuran ..perbulannya…untuk pelunasan adalah sisa pokok + 1 kali margin…pelunasan bisa di bayar min 1/2 nya dan 1/2 lagi bisa di angsur ulang…..
      7. Jangan lupa ..rumah yg di minati harus ada sertifikat oecah , PBB dan IMB

      Thx
      yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  180. naila fatimah Says:

    Dear Pak Yayan,

    terima kasih atas infonya Pak. Saya ada sedikit pertanyaan lagi:
    – data pekerjaan sebelumnya yang dimaksud disini hanya surat referensi kerja saja? atau diminta slip gaji juga? krn sepertinya slip gaji di kantor lama kami sudah tidak disimpan
    – sertifikat oecah itu apa pak?
    – peraturan BNI syariah untuk pembelian rumah apakah sama dengan pembelian tanah? kalau tidak sama perbedaannya dimana?

    Thanks

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Naila Fatimah….

      – betul…hanya surat referensi kerja sebelumnya….
      – Maaf salah ketik….maksudnya Sertifikat yg sdh pecah ( sesuai dg Luas yg diambil )…
      – ada sedikit perbedaan di DP….kalau Rumah DP min 10% dan Kavling (tanah) DP min 40%…utk perhitungan angsuran sama sesuai dengan plafond yg diambil…..

      thx
      yayan

  181. naila fatimah Says:

    Dear Pak Yayan,

    terima kasih lagi atas infonya pak.
    Pak, porsi pembayaran cicilan pokok dan margin apakah sama dari tahun2 awal sampai dengan tahun terakhir? atau seperti bank konvensional dimana untuk awal2 tahun porsi untuk margin lebih tinggi ?
    Misalnya: principal kpr saya Rp. 400 juta dengan periode 6 thn, apabila pada akhir tahun ke 3 (setengah dari periode total hutang) saya berniat untuk melunasi apakah nilai principal hutang saya tinggal 200 juta (50% dari 400 juta)?

    Thanks

    • Yayan Syahrial Says:

      @naila

      porsi pokok dan margin memang tidak sama atau anuitas ..tetapi angsuran tetap dari awal sampai akhir….untuk melunasi tidak kena pinalti…bisa mengurangi pokoknya….

      tq

  182. erman yuliandi Says:

    saya seorang PNS , saya mau nanya nich, di BNI Syariah bisa nggak ya ngajuin pinjaman dengan jaminan SK PNS seperti yang bank yang lain, misalnya BPD.
    saya mau pinjam sekitar 100.000.000,- , maksimal angsuran nya di BNI Syariah untuk 15 tahun ada nggak.? kalau nggak maksimal nya berapa tahun? dan berapa kira-kira saya harus membayar angsuran tiap bulan nya termasuk bunga? bantuin dong informasinya….

    ( rencana untuk beli rumah )

    makasih Yach.

    • Yayan Syahrial Says:

      @ erman yuliandi

      untuk produk mengagunkan SK mau pun surat penting lain…BNI Syariah tidak ada….untuk agunan beli rumah sesuai dengan surat rumah tersebut….

      thx

  183. Waci Says:

    Pak,klo gj gab suami ama istri 6jt…bs ga ngambl rmh second hrg 200jt..brp dp,ama cicilan s/d 15 th trz biaya2 tambhn di awal?? Mhn penjelasan..thx

    • Yayan Syahrial Says:

      @Waci….
      Bisa …. Tapi DP min 25% , jadi plafond yg di ajukan 150 jt dg angsuran Rp 1.947.083 / bln jangka waktu 15 th….Biaya2 yg di butuhkan setelah di setujui…Biaya KPR ( asumsi 4%-5% dari plafond yg disetujui ) & Biaya2 Notaris + BPHTB…..

      thx

  184. waci Says:

    klo rencana ngambil BNI Syariah,kira2 program DP yg 10 % msh berlaku ga?? Trz ada CP BNI Syariah cab semper Tj. Priok yg bs saya hubungi?? Mohon informasinya…thx

    • Yayan Syahrial Says:

      @Waci…

      DP 10% bisa…tapi untuk persetujuan plafond tatap di lihat penghasilan perbulan….kami asumsi 40% dari thp……

      tq

  185. tito Says:

    Pak saya mau membeli rumah kontrakan seharga 250 juta dan ingin saya KPRkan ke BNI syariah.apa syarat yang harus saya penuhi.trima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Tito
      Syarat dari rumahnya adalah : hrs ada sertifikat, PBB dan IMB kemudian rmh tsb masuk Mobil…..

      Syarat Pemohon : Isi aplikasi, copy ktp,kk,npwp,srt nikah,3 bln slip gaji,3 bln rek tab dan srt ket kerja (min 2th peg tetap)..

      thx

      • tito Says:

        trima kasih penjelasanya pak..maksud saya kontrakan adalah rumah kost, bagaimana klo mobil cm sampai pinggir jalan tepat disamping rumah tersebut. mohon penjelasan jika harga 250jt berapa DP dan angsuran 10 dan 15 tahunnya…trima kasih

  186. Widi Says:

    Dear Pak Yayan,

    Saya mau take over KPR dari Bank lain ke BNI syariah, KPR sudah hampir 3 tahun. Sisa pokok / plafon 170jt.
    Boleh minta simulasi cicilan & margin untuk KPR selama 10 & 15 tahun….
    Sekalian, bila saya ingin melunasi di bulan ke 60 berapa yang harus saya bayar + biaya untuk kedua periode tersebut…

    Kalau bisa disebutkan biaya apa saja yg dikeluarkan & besarnya untuk proses take over ini…

    Thanks,

  187. unny Says:

    dear Pak Yayan

    Mohon penjelasan….jika syarat unyuk mengamil KPR adalah copy ktp,kk,npwp,srt nikah,3 bln slip gaji,3 bln rek tab dan srt ket kerja (min 2th peg tetap).yg ingin saya tanyakan adalah bisakah ket kerja tersebut dari luar negri, karena saya seorang perawat yg bekerja di Arab Saudi, dan saat ini sudah berjalan selama 4 tahun….trima kasih atas penjelasanya

    • Yayan Syahrial Says:

      @ unny

      Bisa..lampirkan saja surat ket kerja perawatnya yg di arab….jika ada kantor perwakilan di jakarta mohon di lampirkan juga untuk penguat verifikasi……

      thx

  188. Yayan Syahrial Says:

    @Tito…

    Kalau mau…coba masukan dulu datanya ..sy lihat dulu dan akan didiskusikan ke bagian proses kami….

    thx

  189. Yayan Syahrial Says:

    Dear All……Numpang Posting Jual Rumah

    Jual Rumah

    Graha Raya, Cluster Adena Blok SR 5 / 7
    LT. 72 m2 , LB 36 m2
    2 km Tidur, 1 km Mandi
    Harga Rp. 250 jt
    Akses Lokasi Strategis Dekat Ke Bintaro Sektor 9, Dekat ke Alam Sutra Serpong dan Dekat ke Cileduk….

    Bisa KPR BNI Syariah…

    Minat Serius Hub : Yayan (021) 70651550, 0812 836 92 410

  190. adit Says:

    Saya Adit, karyawan BUMN mulai bekerja (calon pegawai) Des 2009, dan baru diangkat pegawai tetap Des 2010 kemarin. dgn gaji bersih 4,5 jt namun belum termasuk tunjangan,bonus, dll jadi total per bulan bisa dapat 6-7jt. Gaji transfer melalui bank BNI. saya rencana ingin membeli rumah baru dengan harga 400jt, DP 130jt, jumlah pinjaman yg bisa saya dapat? kalau angsuran selama 15th (max), perbulannya berapa? tolong disimulasikan jika menggunakan KPR BNI Syariah..thx..

    • Yayan Syahrial Says:

      @Adit

      Menjawab pertanyaan anda…dengan penghasilan 6 jtan kemungkinan plafond yg di setujui adalah 150 – 200 jt, karena untuk bonus tidak termasuk hitungan karena bonus itu nilainya tidak tetap……simulasi angsuran …Harga rmh 400 jt , DP 130 jt…Plafond diajukan 270 jt dg angsuran perbulan Rp. 3,5 jtan…..jadi asumsi kami 40% dari penghasilan anda sanggup membayar cicilan tsb,…
      ….

  191. AB Says:

    assalamualaikum pak yayan…

    pak yayan, saya seorang pegawai tetap, sudah bekerja diatas dua tahun, penghasilan perbulan 6,2 juta.
    1. bila saya ingin membeli rumah seharga 300 juta, berapa DP minimal yg harus saya siapkan agar permohonan kpr saya dapat disetujui? (jangka waktu kpr 15 tahun)
    2. dengan penghasilan per bulan 6,2 juta dan uang DP sebesar 30 juta, berapakah plafon KPR maksimal yg bisa saya peroleh? (jangka waktu KPR 15 tahun)

    terima kasih…

    • Yayan Syahrial Says:

      @AB

      Menjawab pertanyaan no 1 & 2 adalah…..Dengan penghasilan 6,2 jt…DP min 100 jt atw 30% dan Plafond yang di ajukan ke BNI Syariah 200 jt…karena asumsi kami 40% dari Penghasilan anda sanggup bayar angsuran….

      rgd

  192. husni Says:

    Dear Pak Yayan

    saya berencana beli rumah dengan harga 250 juta
    penghasilan saya 2 juta dan istri saya 3 juta kira-kira bisa gak ya dan kalo bisa dengan cicilan berapa ya perbulan

    terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Husni

      Bisa..tetapi DP nya agak besar yaitu 100 jt…supaya plafondnya 150 jt ( sesuai dg total penghasilan )….
      Plafond 150 jt…
      10 th = Rp. 2.196.250
      15 th = Rp. 1.947.083

      Thx
      yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )

  193. ayu Says:

    asslmkm,
    Saya mohon dibantu tentang permasalahan pinjaman.
    Saya berencana membeli sebidang tanah 100m2 dengan harga sekitar Rp 800.000/m2, dan akan saya bangun sebuah rumah dengan ukuran 60m2 dengan asumsi dana Rp 1.3jt/m2, berikut dana untuk biaya tukang bangunan sekitar Rp 350.000/m2. Jadi Total sekitar Rp 179.000.000
    yang saya tanyakan adalah: Adakah product dari Bank Syariah yg dapat memberikan pinjaman untuk semua keperluan tersebut diatas?
    Perlu Bapak ketahui saya sebagai karyawati berpenghasilan 5.5jt/bln. Saya mohon diberikan penjelasan berapa besar cicilan/bulan dengan DP sekitar 20jtan.

    Thx

  194. ayu Says:

    asslmkm,
    Saya mohon dibantu tentang permasalahan pinjaman.
    Saya berencana membeli sebidang tanah 100m2 dengan harga sekitar Rp 800.000/m2, dan akan saya bangun sebuah rumah dengan ukuran 60m2 dengan asumsi dana Rp 1.3jt/m2, berikut dana untuk biaya tukang bangunan sekitar Rp 350.000/m2. Jadi Total sekitar Rp 179.000.000
    yang saya tanyakan adalah: Adakah product dari Bank Syariah yg dapat memberikan pinjaman untuk semua keperluan tersebut diatas?
    Perlu Bapak ketahui saya sebagai karyawati berpenghasilan 5.5jt/bln. Saya mohon diberikan penjelasan berapa besar cicilan/bulan dengan DP sekitar 20jtan.

    Thx

    • Yayan Syahrial Says:

      @ ayu

      waalaikum salam….
      Yang ibu tanyakan di atas bni syariah bisa proses tetapi data tambahannya harus ada RAB & gambar bangunannya….
      harga rmh = Rp 179 jt
      DP = Rp 20 jt
      plafond = Rp. 159 jt
      Angsuran – Rp. 2.063.908 , utk 15 th

      thx
      Yayan

  195. andi Says:

    Assalamu alaikum pak yayan,

    Saya andi pegawai kontrak masa kerja 1thn. THP 15jt. mau kpr 850jt dg DP 150jt. berapakah plafon KPR maksimal yg bisa saya peroleh? (jangka waktu KPR 15 tahun).
    Kalau rumah yg saya ambil developernya bekerjasama dengan bni syariah, kira2 berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan pinjaman?

    • Yayan Syahrial Says:

      @Andi

      Waalaikumsalam…..

      Waktu yg di butuhkan max 2 minggu dari data yg sdh lengkap….kalau THP 15 jt….max plafond 500 jt utk 15 th dg angsurran 6.490.278 jt, karena kami asumsi max 40 % dari THP per bulan….
      Kami mohon maaf untuk pegawai kontrak belum bisa di proses…data bisa di proses min 2 th pegawai tetap…kecuali ada referensi pekerjaan sebelumnya min 2 th peg tetap…bisa kami proses…

      thx
      yayan

  196. Ade Says:

    Assalamualaikum pak yayan,
    saya mau nanya.
    saya mau beli rumah yang belum dibangun oleh salah satu pengembang, tipe 38 luas tanh 90. penjelasan dari pengembangnya sbb:

    Harga Jual Dasar : Rp. 163.575.000
    PPN : Rp. 16.357.500
    BPHTB : Rp. 5.178.750
    FS : Rp. 7 .000.000
    Harga Jual Total : Rp. 192.111.250 ( All in)

    Uang Muka (10%) : Booking Fee ( Rp. 1.000.000 )+Dp ( Rp . 20.111.250 )
    KPR (11,5%, BTN) : Rp. 170.000.000
    15 tahun : Rp. 1.986.000

    Keterangan Untuk FS :
    Akta Jual Beli, Sertifikat Pecahan, IMB, Listrik 1300, Air (sumur & PDAM) dan Fasum.

    **************
    saya pegawai tetap di salah satu departemen pemerintahan dengan THP per bulan saat ini sekitar 4 juta, namun saya memiliki penghasilan sampingan yang tidak tetap, namun kalau dirata2kan sekitar 1,5-2jt/bulan.

    setahu saya, biasanya bank hanya bisa meng-cover sampai 40% dari penghasilan tetap bagi pegawai, yang artinya cuma sekitar 1,6 jt, tidak sampai 2 jt sebagaimana payment bulanan oleh simulasi BTN diatas. apakah saya masih bisa mengambil skema ini? atau, kalau saya mau ambil bank selain bank yang bekerja sama dengan pengembang, apakah ada bank yang bersedia? masalahnya, setahu saya biasanya kan bank juga melakukan appraisal? kalau unitnya sendiri belum ada, apa yang mau diappraise? bagaimana dengan BNI Syariah?

    • Yayan Syahrial Says:

      @ ade….

      Setahu saya hampir semua bank mengambil skem yg sama yaitu 40 % dari THP….tp di lihat juga dari nasabahnya apakah ada angsuran sebelumnya…kalau tdk ada kemungkinan bisa saja dapat lebih dari 1,6 jt …untuk developer yg tidak kerjasama untuk rumah ready stock maupun Indent….. BNI Syariah bisa asalkan Sertifikanya sdh pecah per kavling … untuk lebih jelasnya bisa hub saya kembali…..

      Thx
      yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  197. Sudiar Says:

    asslmkm,
    Saya mohon dibantu tentang permasalahan pinjaman.
    Saya berencana membeli sebuah rumah dengan harga beli second Rp 165 juta. Pemilik sekarang masih mengansur ke Bank BNI konvensional dengan cicilan Rp 1,4 Juta/ bulan dengan sisa masa angsuran 12 Tahun, 9 bulan.
    Untuk data saya, pekerjaan PNS, sudah 2 tahun, gaji THP Rp. 4,6 juta/ bulan namun ada tambahan sekitar Rp. 1 Juta/ bulan.
    Yang mau saya tanyakan :
    1. Pemilik akan menjual dengan cash Rp 165 Juta atau over kredit Rp 65 Juta. Manakah yang lebih baik, Cash atau Over kredit?
    2. Klu misalkan, saya mengajukan KPR baru, berapa angsuran yang bisa diberikan bank?
    3. Selain DP, biaya apa saja yang harus saya keluarkan?

    Terimaksaih atas bantuanny
    Salam.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Sudiar

      waalaikumsalam….

      rumah yg bapak ajukan bisa di proses di kami bni syariah, Take Over + Over Kredit….
      saya coba jawab pertanyaan bapak..
      1. Harga jual 165 jt , sisa di bank bni konven 65 jt….jadi tehnis pencairannya 65 jt utk pelunasan di bni konven dan sisanya 100 jt ke penjual rmh…..
      2. Contohi simulasinya…. harga rumah 165 jt, DP 30 jt, Plafond yg diajukan 135 jt …angsurannya = Rp 1.752.375…utk 15 th….
      3. Selain DP , Biaya lain yg harus di siapkan adalah Biaya KPR dan Notaris….
      Mudah2an bisa terjawab dan apabila ada yg ditanya bisa hub saya…

      thx
      Yayan

    • redlight Says:

      jadi pns kerjanya yg bener ya pak 😀

  198. bobon Says:

    Assalammualiakum,

    mohon bantuan perhitungan kpr-nya pak. saya karyawan swasta berencana beli rumah seharga 500jt. gaji saya 7 jt sedangkan istri 8jt. rencana mau ambil kpr bni syariah yg 15 thn. kira2 berapa dp yg harus sy persiapkan agar pengajuan kredit saya disetujui? terima kasih.

    wassalam.

  199. Yayan Syahrial Says:

    Dear all…..untuk info kpr bni syariah selain di Blog ini , bisa juga di blog lainnya yaitu : kprkita.wordpress.com

  200. naila fatimah Says:

    Dear
    Pak Yayan,

    terima kasih atas infonya Pak. Saya ada sedikit pertanyaan lagi:
    – data pekerjaan sebelumnya yang dimaksud disini hanya surat referensi
    kerja saja? atau diminta slip gaji juga? krn sepertinya slip gaji di
    kantor lama kami sudah tidak disimpan
    – sertifikat oecah itu apa pak?
    – peraturan BNI syariah untuk pembelian rumah apakah sama dengan
    pembelian tanah? kalau tidak sama perbedaannya dimana?

    Thanks

    • Properti Kita Says:

      @ Naila Fatimah

      – Betul, hanya raferensi kerja sebelummya saja….
      – Maksudnya sertifikat sdh Pecah…perkavilng sesuai dg yg di beli….
      – Perbedaannya hanya DP saja ..rumah DP min 10% sedangkan pembelian tanah (kavling) DP min 40%

      Rgd
      yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  201. cepi Says:

    Assalamualaikum Pa Yayan,

    Saya rencana mau beli rumah second 180 juta dengan dp 85 juta. THP 5,3 jt/bl. Istri ibu rumah tangga, anak baru 1. tdk punya ciicilan/hutang dimanapun. Apakah bisa pinjaman dalam jangka waktu 7 tahun? Berapa cicilannya. Kalau tidak bisa, bisanya brp thn? Trims solusinya.

    • Properti Kita Says:

      @ Cepi
      waalaikumsalam p cepi…

      Hrg Rmh : 180 jt
      DP : 85 jt
      Plafond : 95 jt
      J waktu : 7 th
      Margin : 7,22%
      angsuran : 1,702.536
      THP pak cepi 5,3 jt ….bisa disetujui krn asumsi kami 40% dari thp ….

      wassalam
      yayan

  202. budi Says:

    ass,
    u bulan maret marginnya lg berapa? 10 th? 15 th?
    apakah perhitungan bni syariah DP min 10 % dan cicilan max 40 % THP ?
    trims,
    wss

    • Properti Kita Says:

      @ Budi

      Betul sampai saat ini DP boleh min 10% ….dan memang asumsi angsuran 40% dari THP…
      sampai tgl 31 Maret 2011 margin utk 10 th = 7.57% dan 15 th = 8.91%…

      rgd
      yayan

  203. rizal Says:

    ass,
    saya berencana mengambil Apartemen cempaka mas seharga Rp400jt (surat HBG s.d. 2015) dengan rencana DP 125jt.

    1. Apakah KPA tersebut dpt disetujui mengingat HGB mo habis?
    2. Seandainya bisa berapa anggusan bulanan bila jangka waktu 15 thn?
    3. Gaji saya 6 jt / bln, penerimaan dari sewa ruko + rumah 20 jt / tahun (apakah penerimaan sewa tsb dpt dimasukkan sebagai tambahan penghasilan dlm proses Kredit)?

    terima kasih,
    wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @Rizal…

      waalaikumsalama pak rizal….

      Data bapak bisa kami prroses disiapkan saja….kalau di setujui apalikasinya…notaris kami yg akan memproses perpanjangan HGBnya….

      wass

  204. danny Says:

    @mas yayan

    Mas, saya tertarik dengan KPR BNI Syariah.
    Bisa minta marjin nya untuk saat ini gak ya?
    Terima kasih.

  205. harry Says:

    assalamualaikum pak yayan..
    lsg ja pak mohon bantuan saran dan infonya nih..
    penghasilan minimal sy /bln 3,5 jt tp hampir slalu dpt bonus 2 jt/ bln. yg ingin saya tanyakan:
    1. sy ingin beli rumah seharga 200jt, bgmn perhitungan kpr nya?
    2. apakah bonus sy itu bisa dijadikan penambahan penghasilan untuk menaikan plafond kpr?

    thx..

    • harry Says:

      lupa satu lg pak..
      3. sy kerja di kendari dan ingin beli rumahnya di bandung (kampung halaman)..bgmn pengajuan kprnya? apakah bisa mengajukan dikendari untuk beli rumah di dilar kota..

      thx..

      • Properti Kita Says:

        @harry…
        waalaikumsalam pak….
        saya coba jawab pertanyaan bapak…
        1. Harga rumah 200 jt, Dp 50 jt, 150 jt (yang di kprkan).. angsuran utk 15 th = 1.947.083….
        2. kalau bonus sebenarnya tidak di akui, tetapi kalau perbulannya bonus masuk terus bisa saja di akui tetapi tidak 100% …..
        3. kalau beli rumah di bandung…pengajuan kpr harus dibandung juga… tidak bisa di kendari….

        wass
        yayan

  206. dimas Says:

    Assalamualaikum,

    saya mau tanya, saat ini saya sedang menyicil rumah didaerah bogor melalui kpr permata selama 20thn, sudah jalan 2thn, plafon saya pada saat akad 200jt dengan bunga berjalan saat ini 12,75%.

    saya berencana memindahkan cicilan kpr saya ke bni syariah karena 20thn terasa sangat lama, apa sajakah syaratnya? trus kira2 kalau saya ambil 10thn ato 15thn berapa cicilan perbulan yg harus sy bayarkan?

    terima kasih

    wsslm,

    • Properti Kita Says:

      @Dimas…

      Untuk take over..tanya dulu ke bank pemata sisa outstanding sampai saat ini berapa….? saya ambil contoh …sisanya 150 jt ini pengajuan utk plafond angsurannya 2.196.250 utk 10 th dan 1.947.083 utk 15 th…Ansurannya flat / tetap sampai lunas
      syaratnya lengkapi seperti pengajuan awal utk mengambil kredit kpr…disertakan juga sisa outstanding terakhir dari bank yang lama dan rekening koran pinjaman 6 bln terakhir…

      rgd
      yayan

      • dimas Says:

        terima kasih pak yayan atas penjelasannya, berikut ini rincian cicilan saya:
        PAGU FASILITAS: 209.000.000,-
        periode fasilitas: 22 des 2008 s/d 22 des 2028

        sisa pinjaman per 28 feb 2011 sebesar
        203.962.832,-
        kalau sisa plafonnya sgitu, kira2 utk 10 thn brp ya pak?

        syarat2 utk pengajuan kpr itu seperti npwp, dll ya?

  207. adit Says:

    Dear Pak Yayan

    Saya mau tanya, kalau plafon KPR 233jt,(sudah dikurangi DP 20%) untuk masa 10 tahun, cicilannya jd berapa ya per bulannya ?

    Kemudian dari nilai cicilan tersebut, jika setelah dalam 5 tahun saya mempunyai uang lebih apakah masa kredit bisa dipercepat, jika iya apakah ada biaya admin/penalty ?

    Terima kasih sebelumnya

    Terima kasih sebelumnya.

    • Properti Kita Says:

      @ Adit
      Plafond 233 jt
      Margin saat ini 7.57% utk 10 th
      Angsurannya = 3.411.508…
      Jika ada unga lebih bisa mengurangi angsuran atau pelunasan di percepat…tidak ada biaya pinalty…hanya sisa pokok + 1 kali margin….

      rgd
      yayan

  208. Properti Kita Says:

    @dimas

    Plafond = 203.962.832,-v
    Waktu = 10 th
    angsuran = Rp. 2.986.356,-
    Pengajuan sama seperti pengajuan kpr baru : copy ktp,kk,npwp,srt nikah,rek tab 3 bln,srt ket kerja,slip gaji 3 bln, outstanding dari bank lama,copy sertifikat,pbb,imb…..

    rgd
    yayan

  209. danny Says:

    @ mas yayan
    Assalamualaikum.
    Mau tanya lagi mas.. Untuk harga rumah 229 jt, DP 54jt, (sudah termasuk biaya PPn, IMB, SHM, AJB dan BPHTB) jangka waktu 15 thn. Kira-kira cicilan bulanannya berapa ya mas. Terus, pembayaran pertama (total biaya proses KPR dan cicilan pertama) yang harus saya siapkan berapa ya mas berapa..
    Terima kasih mas sebelumnya..
    wassalam

    danny

    • Yayan Syahrial Says:

      @Danny

      Harga Rumah = Rp. 229 jt
      DP = Rp. 54 jt
      Margin = 8.91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 2.271.597

      Selain DP harus disiapkan utk biaya KPR & Notaris…asumsi sy sampai 10% utk biaya tsb…

  210. Dessy Says:

    SAYA MO TANYA.SAYA BERENCANA MAU BELI RUMAH RP 150 JT.GAJI /BULAN 3 JT.PENGEN NYICIL BWT 15 TAHUN.KIRA2 PERHITUNGANNYA GMN YA??DAN BRP CICILAN TIAP BULANNYA?DAN SYARAT2NYA APA AJA?

    • Yayan Syahrial Says:

      @dessy…

      Harga Rumah = Rp. 150 jt
      DP 50%= Rp. 75 jt
      Plafond = Rp. 105 jt
      Margin = 8.91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 973.542
      Gaji 3 jt …DP harus agak besar…dg asumsi 40% dari thp…

      syaratnya : copy ktp,kk,npwp,srt nikah,rek tab 3 bln,slip gaji 3 bln,srt ket kerja,copy sertifikat,pbb,imb dan buatkan srt penawaran…

  211. faiz Says:

    ass…
    saya ingin beli rumah harganya sekitar 170 jtan
    penghasilan saya dibawah 4 jtan
    klo dengan perhitungan KPR menurut kalian yg bisa disetujuin yg mana ya??
    mohon bantuan nya..

    • Yayan Syahrial Says:

      @faiz…

      Gaji dibawah 4 jt …Dpnya hrs agak besar ..asumsi kami 40% dari thp..bapak sanggup byar angsurannya…contohnya bisa liaht diatas..casenya bu dessy…

      thx

  212. rakka Says:

    Numpang nimbrung…
    Sekarang ambil Pembiayaan Rumah di Syariah mandiri bisa 15 tahun.
    Price nya (effektif) <=5 tahun 11%, 6<= sampai 10tahun 12%, 11 <= sampai 15tahun 14%.
    Dp nya 20%, Bisa tanpa DP (0%) jika payrol di bayarkan ke BSM. jadi ga usah perusahaannya, tapi minta di pindahin transfernya ke rek BSM.

  213. hidayat Says:

    saya nasabah BNI tp baru brepa bulan apa bisa klu kredit mobil bekes

  214. hidayat Says:

    saya mw kredit mobil secend sharga 160 dan penghasilan 5 jta per bln bisa apa gak? tolong info dan bantuannya

  215. fabian Says:

    mohon informasi, saya berencana untuk kpr rumah melalui bank syariah, harga rumah 800jt, dp 200jt. penghasilan saya + istri (joint income) 20jt. kira-kira untuk saat ini bank syariah mana yang paling recomended untuk masa kpr 15 tahun (mohon informasi perhitungannya). terima kasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Fabian

      Ass..kami dari BNI Syariah, coba jawab

      Harga Rumah = Rp. 800 jt
      DP = Rp. 200 jt
      Plafond = Rp. 600 jt
      Margin = 8.91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 7.788.333

      Asumsi dari angsuran adalah 40% dari penghasilan…..
      info lengkap bisa hub kami….
      wass

      Yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  216. yudho Says:

    ass pak,
    sy ada rencana ngambil rumah tp dari pihak develovper tdk kerja sama dgn bank syariah, kira2 dr bpk bs bantu tdk klo misalnya sy ambil kpr ke bni syariah ??? terimakasih.

    • Properti Kita Says:

      @ Yudho
      Bisa pak…tp tolong tanyakan ke developernya, sertifikatnya sdh pecah per kavling blm ?? kalau sdh pecah bisa cepat kami proses…thx

      Info :
      Yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

      • yudho Says:

        oh ya pak, untuk kondisi rumah masih belum jadi (masih kavling) apakah BNI syariah bisa mengcover untuk kpr nya ? soalnya setau saya klo syariah syaratnya fisik rumah sudah jadi…kira-kira gmn pak yayan ? tolong penjelasannya ? untuk suku bunga BNI syariah berapa ?
        utk harga rumah : 230 jt, joint income saya dengan istri 7 jt, sy kpr 15 thn, kira-kira perhitunganya gmn pak ???

  217. Rahmat M Says:

    pak yayan … saya mau tanya :
    saya mau ambil rumah baru harganya 165.600.000 di daerah serpong
    saya ada uang buat DP 20% atau 33.120.000

    kalo saya mau ambil 10 thn perbulannya berapa ?
    dan biaya2 apa saja yg harus saya siapkan dan besarnya brp ?

    tks

    • Properti Kita Says:

      @ Rahmat M

      Harga Rumah = Rp. 165.600.000
      DP 20% = Rp. 33.120.000
      Plafond = Rp. 132.480.000
      Margin = 7.57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 1.939.728

      Biaya2 yg perlu disiapkan selain DP adalah Biaya KPR, Notaris dan Pajak (BPHTB)…kami asumsi total biayanya adalah 10% dari plafond….

      Info :
      Yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  218. wawan Says:

    saya wawan, karyawan tetap dengan penghasilan perbulan 7 juta, sudah bekerja tetap selama 3 tahun. istri juga karywan sudah bekerja tetap selama 1 tahun, dengan penghasilan 2 juta. saya mau membeli rumah second, seharga 320 juta. mau mengajukan di BNI syariah. kira2 berapa DP yang diminta, dan berapa cicilan perbulan. apakah disetujui atau nggak ya? thanks..

    • Properti Kita Says:

      @Wawan

      Harga rumah = Rp. 320.000.000
      DP = Rp. 70.000.000
      Plafond = Rp. 250.000.000
      Jangka Waktu = 15 th
      Margin = 8.91%
      Angsuran = Rp. 3.245.139

      Total Penghasilan 9 jt…
      (asumsi 40% dari penghasilan sanggup bayar angsuran..)

      Berhubung Istri bekerja belum 2 th ..utk pengajuan nanti surat referensi kerja di perusahaan yg lama di lampirkan juga….

      thx
      yayan

      • wawan Says:

        margin 8,91% tapi kok cicilan 3,2 jt. pas saya menghitung di bni giya dg bunga 11 % cicilan dibawah 3 jt. beda perhitungannya gmn ya? bunga keci tapi cicilan malah gede…

  219. putri Says:

    pak yayan, saya pns, sudah hampir 5 tahun. kami bermaksud membeli rumah seken seharga 200jt. kebetulan suami pegawai swasta, kalo dihitung2 total thp kami sekitar 6,5 jt. nah, kalo kami mngajukan ke bni syariah, perhitungannya bagaimana? dp harus 20 % atau bisa 10%? kebetulan saya belum dpt info kantor cabang bni syariah di depok ada di mana, ya, pak? terima kasih bantuannya..

    • Properti Kita Says:

      @ Putri

      Harga rumah = Rp. 200.000.000
      DP = Rp. 40.000.000
      Plafond = Rp. 160.000.000
      Jangka Waktu = 15 th
      Margin = 8.91%
      Angsuran = Rp. 2.076.889

      Total Penghasilan 6,5 jt…( Min DP 20% )
      (asumsi 40% dari penghasilan sanggup bayar angsuran..)

      Setelah data lengkap kami proses max 2 minggu….

      Info :
      Yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  220. putri Says:

    oiya, pak, satu lagi… berapa lama waktu untuk prosesnya? thx

  221. vina Says:

    pak yayan, mau tanya..
    total thp saya dan suami kira2 9 jt, ingin kpr rumah harganya 378.900.000, dengan DP 10% dalam jangka waktu 15 tahun, berapa cicilan per bulannya? tks..

  222. danny Says:

    @Mas Yayan
    assalamualaikum.
    mas,promo bni griya syariah, kalo gak salah kan sudah habis. sekarang margin yang berlaku berapa ya mas.
    thx..

  223. Herdaru Says:

    Pa, saya mau tanya,…
    saya berniat membeli rumah 2nd di daerah bogor
    harga rmh 300 jt, dana saya 100 jt. penghasilan saya perbulan 5.5 jt.
    1. KPR syariah mana yg menawargan margin paling kecil?
    2. apakah dgn dana dan income segitu bs lolos kpr?
    3. Biaya2 yang akan di keluarkan selain biaya kpr?
    terimakasih pa pencerahannya

    • Yayan Syahrial Says:

      @Hendaru….

      Harga rumah = Rp. 300.000.000
      DP = Rp. 100.000.000
      Plafond = Rp. 200.000.000
      Jangka Waktu = 15 th
      Margin = 9.31%
      Angsuran = Rp. 2.662.778

      1. Kami tdk bisa menjawab margin kpr syariah mana yg paling kecil….hitungan diatas dari bni syariah…
      2. untuk plafond 200 jt memang tidak bisa dg gaji 5,5 jt…
      minimal persyaratan 6,6 jt utk plafond 200 jt….
      3. selain biaya kpr adalah biaya notaris dan bphtb….

      salam
      yayan

  224. Edi Says:

    Pak Yayan, mau tanya
    Saya bekerja di Denpasar, Saya berencana membeli rumah second di Jogja senilai 180jt, DP 75 jt. penghasilan 5 jt/bln rencana mau ambil 15 tahun. bisakah saya mengambil KPR BNI syariah Di Jogja sementara saya bekerja di denpasar. Berapa cicilannya? Trims

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Edi…

      Harga rumah = Rp. 180.000.000
      DP = Rp. 75.000.000
      Plafond = Rp. 105.000.000
      Jangka Waktu = 15 th
      Margin = 9.31%
      Angsuran = Rp. 1.397.958
      Walaupun bapak kerja di Denpasar , bisa mengambil perumahan di jogja dan pengajuan kprnya di bni syariah jogja juga……

      salam
      yayan

  225. harry Says:

    assalamualaikum pa yayan..
    pa saya sdg dlm kebingungan,,semakin lama sy pikirkan dan hitung jd semakin pusing.. @.@
    pertayaan mndasar sy pak..
    1. mending beli rmh baru or secondhand? +/- apa?
    2. bgmn memilih jangka waktu kpr yg tepat? 5,10,atau 15 tahun?

    trims..

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Harry

      saya coba jawab pertanyaan anda ….
      1. utk rumah second maupun baru tergantung kemampuan dan minat yg kita inginkan….mis lokasi, struktur dan bentuk bangunan….
      2. untuk jangka waktu tergantung juga dari kemampuan kita perbulannya…jangan memaksakan jangka waktu yg pendek tetapi penghasilan kita kurang……

      jika ada yg ditanya bisa hub kembali…

      rgd
      Yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  226. muhamad agus Says:

    salam kenal semua,

    Mungkin ada yang bisa bantu saya, kebetulan saya mw mengajukan kpr d muamalat, perumahannya di cibinong, bogor, DP sebesar harga rumah 160 jt, dp 32 juta, perhitungan besar nya cicilan perbulan selama 15 thn brp yah?
    terima kasih

  227. vera Says:

    assalammu’alaikum

    untuk smuanya tolong informasinya.kpr mana yg dpnya 10% masalahnya,sy mau beli rumah di daerah kalisari harganya 450 jt.sy py dp cm 50 jt.sebaiknya ambil konvesional apa syariah.mengingat sekarang ini cm namanya doang syariah tapi penerapannya lebih kejam dari konvesional

  228. amalia Says:

    Salam…boleh sharing yah…Sy bekerja sebagai Marketing di pembiayaan KPR & kredit Mobil bank syariah mandiri….Manfaatkan pembiayaan KPR s.d 15thn(bagi karyawan, 5thn bg wirausaha&profesional) & kredit mobil s.d 5thn, bisa untuk beli rumah baru dg Dp min 10%, beli rumah second Dp min 20%, renovasi rumah s.d 10thn, take over, kavling siap bangun, beli mobil baru & mobil second min keluaran thn 2006….bebas biaya appraisal,bisa joint income,akad Murabahah….berminat bisa hubungi Ahmad Riyani di 93630415…Siap bantu…Makasi

  229. Khairil Anwar Syam, S. Si Says:

    Dear All,

    Saya berencana ingin mengambil KPR di salah satu unit Perumahan di Daerah Cibubur Timur. Harga Rumah sekitar 170 Juta. Saat ini saya karyawan tetap sebuah perusahaan di Jakarta Barat, untuk area kerja Balikpapan. Gaji pokok saya sekitar 3,5juta. Saat ini saya juga mengelola sebuah bisnis online (silakan kunjungi website saya) dan penghasilan nya bisa mencapai 5 Jutaan.
    Bisa kah saya mengajukan KPR tersebut? Bank Mana kira-kira yang bisa menerima kondisi saya tersebut.
    Ma kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Khairil Anwar Syam, S. Si

      Saya dari BNI Syariah akan coba jawab petanyaan bapak :

      Harga Rumah = Rp. 170 jt
      Dp 20 % = Rp 34 jt
      Plafond = Rp. 136 jt
      Margin 9.31% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.810.689 ( Flat sampai lunas)

      Asumsi 40% dari total penghasilan tiap bulan bisa di setujui sesuai plafond…
      Untuk penghasilan dari bisnis online …bisa di jadikan penghasilan tambahan asalkan setiap bulan ada datanya dan buatkan saja rekap penghasilan tambahan dari bisnis online tsb….Untuk penghasilan tambahan tidak diakui 100%….

      jika ada yg ditanya bisa hub kembali…

      rgd
      Yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  230. NUGOHO Says:

    Mau tanya,sya mau ambil umah second tp bukan peumahan dengan harga 95 juta.sya seorang pns.klo dp 30 juta, bgmn perhitungannya?apakah dikota mojokerto ada bni syariah?thnks

    • Yayan Syahrial Says:

      @ NUGOHO

      Saya dari BNI Syariah akan coba jawab petanyaan bapak :

      Untuk rumah Second dan bukan di perumahan bisa di proses asalkan rmh tersebut posisinya marketable, masuk jalur mobil, ada Sertifikat, PBB dan IMB….

      Harga Rumah = Rp. 95 jt
      Dp 20 % = Rp 30 jt
      Plafond = Rp. 65 jt
      Margin 9.31% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 865.403 ,- ( Flat sampai lunas)

      Untuk di Mojokerto kami belum ada ktr cabang
      disana….silahkan hub bni syariah di Kota yg terdekat dg Mojokerto

      rgd
      Yayan S

      • NUGOHO Says:

        makasih pak atas infonya…ternyat bunga di bni syariah lbh bersaing ya….
        oiya pak, sebenre ada rmh jg second seharga 198juta.
        joint income ama istri sih sktr 6jutaan.minimal DP berapa nggih?makasih atas bantuannya..
        btw apa di bisa di urus di surabaya?thnks

  231. Adi Says:

    Assalamu’alaykum Pak Yayan,

    Saya adi lokasi di Denpasar, Bali
    Mohon dibantu pertanyaan saya ini,

    Begini pak,
    Mengingat kalau beli rumah di developer mahalnya minta ampun. Nah saya ada rencana, untuk beli tanah saja seluas 100m2, kemudian saya mau bangun rumah dibantu oleh temen saya yaitu kontraktor dengan luas 100m2 bertingkat (2 lantai).

    Dengan nilai harga tanah nya 100m2 = Rp 250jt
    Dan untuk nilai bangunan 100m2 = Rp 300jt

    Dari kontraktornya sudah lengkap mulai IMB, RAB, dan seluruh kelengkapan administrasi yg diperlukan untuk ke Bank.

    Join income saya dan istri di kisaran +- : Rp 15jt/bulan

    Kira2 dengan ilustrasi diatas, apakah kami bisa mendapatkan pembiayaan atas 2 hal tersebut? Karena saya tanya2 di bank lain, itu ndak bisa, harus beli tanah dulu senilai 250jt, kemudian dari sertifikat itu diagunkan ke bank untuk ambil KPR yg nilainya maksimal 75% dari nilai tanah ( Rp 187jt ).
    Baru bisa dapat uang segitu untuk membiayai rumahnya…

    Kira2 untuk BNI Syariah, adakah solusi untuk hal tersebut diatas pak?
    Ada rekan/teman di BNI syariah denpasar/bali pak?

    Terima kasih ya pak,
    saya tunggu jawabannya, dan semoga Alloh membalas kebaikan bapak sudah bersusah2 menghitungkan untuk saya

    • Yayan Syahrial Says:

      @Adi
      Waalaikumsalam…….

      Kalau pak adi … sdh siap dengan pengajuan tanah & bangunan dengan nilai 550 jt…tidak masalah….jadi itu termasuk pengajuan kpr status rumah indent…..

      Harga Tanah & Bangunan = Rp. 550 jt
      Dp 20 % = Rp 110 jt
      Plafond = Rp. 440 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 5.711.444 ,- ( Flat sampai lunas)
      ( Min Pendapatan yg dipersyaratkan 14,3 jt ), Jadi dengan penghasilan pak ada + join = 15 jt sangat memungkinkan utk dapat plafond 440 jt…..

      Untuk pengajuannya selain data pribadi pemohon dan Join income yg harus disiapkan dari developer / kontraktor adalah sertifikat, PBB, IMB, RAB dan gambar rumah yg akan dibangun….

      Jika ada yg ditanyakan bisa langsung hub saya spy lebih jelas….

      wassalam

      Yayan
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  232. Yayan Syahrial Says:

    @ NUGOHO

    Harga Rumah = Rp. 198 jt
    Dp 20 % = Rp 39.600.000
    Plafond = Rp. 158.400.000
    Margin 9.31% utk 15 th
    Angsuran = Rp. 2.108.920 ,-
    ( min pendapatan 5,2 jt) jadi dg penghasilan 6 jt …masih bisa di setujui dg plafond 158 jt….
    Caba aja hub cab surabaya….(031)-5685315, 5685311

    Rgd
    Yayan

  233. joksan Says:

    Assalamu’alaykum
    mohon pencerahannya, saya mau ngambil KPR dgn harga rumah 110jt, gaji 3,5 jt, jangka waktu 10/15thn kira2 via bank apa ya? yang bisa DP hanya 10% aja?

    Thanks

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Joksan

      Perhitungan angsuran dari BNI Syariah
      Harga Rumah = Rp. 110 jt
      Dp 10 % = Rp. 11 jt
      Plafond = Rp. 99 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.285.075

      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 1.449.525

      Rgd
      Yayan

  234. akuw Says:

    Ass.wr.wb

    mhon bantuannya sy berencana membeli rumah seharga 142jt…
    THP 3,5jt
    dngn jngka wktu 15th
    kira2 dp yg hrus sya siapkan spya bsa msuk plafon. Brp y? Trima ksh..

    • Yayan Syahrial Says:

      @Akuw
      Saya dari BNI Syariah coba membantu jawab :
      Harga Rumah = Rp. 142 jt
      Dp 25 % = Rp 35,5 jt
      Plafond = Rp. 106,5 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.382.429 ( Flat sampai lunas)

      Asumsi 40% dari total penghasilan tiap bulan bisa di setujui sesuai plafond…jadi dengan penghasilan 3,5 jt Dp min 25%……..

      Rgd
      Yayan

  235. Yayan Syahrial Says:

    Assalamualaikum wr wb

    Di beritahukan utk semua rekan-rekan ……
    Margin BNI Syariah untuk saat ini dan berlaku mulai tanggal 15 April 2011 adalah :
    5 th = 6,24 %
    10 th = 7,57%
    15 th = 8,91 %
    Info lebih lanjut bisa hub saya…..

    Wassalammualaikum wr wb

    Yayan Syahrial
    Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )
    email : yayan.syahrial@gmail.com

    • Andri Says:

      Assalamualaikum…Pak Yayan,
      apakah margin tersebut berlaku diseluruh cabang BNI syariah?
      Misal Harga Rumah 300 jt, DP 100 jt, angsuran 10 tahun, berapa angsuran perbulannya?
      Biaya apa saja yang muncul jika mengajukan KPR BNI Syariah dan berapa perkiraan biaya yang muncul?
      Terima kasih, wasalam…

  236. sunarti Says:

    Ass.Wr.Wb
    saya berencana membangun sebuah rumah dan berencana mengajukan KPR sebesar 100 jt. . Gaji saya 2.4 jt/bulan. jangka waktu 10-15 th. kira-kira via bank apa ya yg nilai total pinjaman yang paling ringan? bank syariah atau konvensional? kira-kira mohon pencerahannya

    • Yayan Syahrial Says:

      @Sunarti…

      Saya dari BNI Syariah coba membantu jawab :

      KPR Bank Syariah atau Bank Konvensional tergantung pilihan saja , mana yang lebih di sukai sesuai dengan hati dan kemampuan……

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah
      Plafond = Rp. 100 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.298.056 ( Flat sampai lunas)
      (Min penghasilan 3,2 jt )

      Dengan penghasilan 2,4 jt kemungkinan di setujui hanya 75 jt….krn kami asumsi 40% dari penghasilan perbulan….

      wassalam
      Yayan

  237. andi Says:

    Pak Yayan,

    Saya berencana membeli rumah seharaga Rp. 400 jt.
    Saya punya uang 100 jt untuk DP. Jangka waktu angsuran 5 th. Gaji saya saat ini sebesar 14.5 jt perbulan.
    Kira-kira brp angsurannya perbulan? dan syarat2nya?
    Saya ingin beli rumah second di daerah jakarta selatan atau Jakarta Timur.

    Terima Kasih,

    Andi

    • Yayan Syahrial Says:

      @Andi….

      Pak Andi , saya akan jawab pertanyaan bapak..:

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah
      Harga Rumah = Rp. 400 jt
      DP = Rp. 100 jt
      Plafond = Rp. 300 jt
      Margin 6,24% utk 5 th
      Angsuran = Rp. 6.560.000 ….( Flat sampai lunas)
      (Min penghasilan yg dipersyaratkan 16,4 jt )…Dengan penghasilan 14,5 jt, kemungkinan di setujui 270 jt….kalau full plafond lebih dari 5 th…

      Persyaratan :
      Data Pribadi : Isi Form Aplikasi BNI Syariah, Copy KTP suami/istri, kartu keluarga,npwp,srt nikah,srt ket kerja,slip gaji 3 bulan dan rekening tabungan 3 bulan….
      Syarat Rumah Second = Sertifikat, PBB dan IMB harus ada, jalan masuk mobil…

      Jika ada yg ditanyakan bisa hub saya kembali

      Rgd
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  238. Erick Says:

    Pak yayan mau nanya:…sy PNS btuh modal usaha..bisakah rumah sy(atas nama sdri) di KPR kan/dijadikan agunan melalui mekanisme KPR…thx b4….

    • Yayan Syahrial Says:

      @Erick…..

      Maaf pak…untuk agunan sertifikat rumah tidak bisa untuk modal usaha…..hanya khusus untuk KPR saja….tetapi kami ada produk untuk wirausaha atau modal kerja….silahkan tanyakan dan datang ke kantor BNI Syariah terdekat….

      terima kasih
      Yayan

  239. andi Says:

    Pak Yayang,

    Bagaimana jangka waktu 10 thn?

    Terimah Kasih

    Andi

    • Yayan Syahrial Says:

      @Andi

      Harga Rumah = Rp. 400 jt
      DP = Rp. 100 jt
      Plafond = Rp. 300 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 4.392.500 …..
      Dengan penghasilan 14,5 jt sdh masuk persyaratan……

      Rgd
      Yayan

  240. anto Says:

    Pak Yayan yth,

    Klo sy mau beli rumah, warisan keluarga seharga Rp 750 jt, dmn 15% nya merupakan bagian saya….. bisa tdk menggunakan KPR….?
    Apakah bagian sy bisa dianggap sebagai DP?
    Penghasilan sy sekitar Rp 15,5 jt ; istri Rp 5 jt
    Jika jk waktu 15 tahun, sy dpt plafond brp?
    Dan brp besar biaya adm nya?

    Maaf pertanyaannya banyak 🙂

    Terima kasih…

    • Yayan Syahrial Says:

      @Anto

      Harga Rumah = Rp. 750 jt
      DP 15% = Rp. 112.500.000
      Plafond = Rp. 637.500.000 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 8.275.104…..
      (min pendapatan yg di persyaratkan 20,6 jt )……
      Asumsi biaya KPR 4%-5% dari plafond

      Rgd
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  241. irma Says:

    Penghasilan saya perbulan sekitar Rp.6jtan, yg ingin sy tanyakan: u/ pengajuan KPR second dgn jk wkt 15 thn tanpa DP maks perkiraan harga rmh yg dsetujui pihak bank syariah brp y?bisa tdk bila tanpa DP?tq

    • Yayan Syahrial Says:

      @Irma

      Maaf bu kalau tanpa DP….BNI Syariah blm bisa dan DP min 10%…..dengan penghasilan 6 jtan…perkiraan plafond yg di setujui dari 150 jt – 200 jt

      Rgd
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

      • nanang Says:

        pak yayan,
        saya punya tanah kosong. Apakah bisa bila saya ingin membangun rumah diatasnya dengan dana dari bank?
        gaji saya 2,4 jt. jika bisa, syaratnya apa dan platfon maksimalnya berapa?

        terimakasih…

  242. oi Says:

    pak yayan,
    mohon saran dan info nya
    saya mau ambil rmh harga 200jt
    sudah DP 90 juta
    penghasilan saya 5 juta/bln
    bekerja di perusahaan saat ini sbg pegawai tetap,dah berjalan 1 tahun (2010-2011), tapi sbelum nya pernah kerja di perusahaan lain 8 tahun(2000-2008),lalu 2008-2010 beberapa kali pindah kerja.
    Pertanyaan saya:
    1) apakah surat keterangan kerja 2 tahun itu adalah total saya kerja di satu perusahaan atau total saya kerja selama ini?
    2)mohon rincian angsuran KPR tuk 15 thn.
    3)promo margin 8.91 % ini berlaku sampai kapan?

    Terima kasih sebelum nya atas info nyapak Yayan.

    • Yayan Syahrial Says:

      @oi

      saya akan coba jawab pertanyaannya….

      Syarat min 2 th peg tetap adalah pekerjaan yg saat ini, bukan total keseluruhan…Jika baru 1 th peg tetap untuk pengajuan lampirkan juga referensi kerja di perusahaan sebelumnya yg sdh 2 th ….

      Harga Rumah = Rp. 200 jt
      DP = Rp. 90 jt
      Plafond = Rp. 110 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.427.861…..
      (min pendapatan yg di persyaratkan Rp. 3,6 jt )……
      Asumsi biaya KPR 4%-5% dari plafond

      Promo margin 8,91% baru berlaku tgl 15 April 2011 belum tahu batas waktunya sampai kapan…..untuk pengajuaan secepatnya saja….

      Rgd
      Yayan

  243. sera Says:

    aslmkm bapak, blognya Sgt mencerahkakn 🙂
    Sy juga mau konsultasi utk perhitungan BNI syariah…kami berencana mengambil rmh dgn harga jual 220juta, jointincome kami 10jt/bulan, kira2 bgmn penawarn perhitungan BNI syariah, memungkinkah kami jika mengambil KPR 5 tahun? Kami ingin cpt2 melunasi… Paling cpt brp tahun ya dari BNI syriah?
    Trims a lot..

    • Yayan Syahrial Says:

      @sera

      waalaikumsalam….

      DP nya mau berapa persen ? ini saya ambil contoh DP 20%…

      Harga Rumah = Rp. 220 jt
      DP 20% = Rp. 44 jt
      Plafond = Rp. 176 jt
      Margin 6,24% utk 5 th
      Angsuran = Rp. 3.848.533…
      (min pendapatan yg di persyaratkan Rp. 9,6 jt )……
      Dengan total penghasilan 10 jt sangat memungkinkan dapat plafond 176 jt…yg penting tidak ada angsuran/cicilan dari bank lain….

      Wass
      Yayan

  244. Yayan Syahrial Says:

    @Nanang

    Tanah kosong bisa untuk bangun rumah, pencairannya bertahap…yg penting lokasi tanahnya bisa masuk mobil… penghasilan 2,4 jt makasimal plafond yg didapat adlh 70 jt…untuk 15 th…

    Data Pribadi : Isi Form Aplikasi BNI Syariah, Copy KTP suami/istri, kartu keluarga,npwp,srt nikah,srt ket kerja,slip gaji 3 bulan dan rekening tabungan 3 bulan, sertifikat, PBB, RAB dan gambar rumah yg akan dibangun…

  245. O Yuda Says:

    Assalamualaikum,

    Pak mohon penecerahannya juga, saya berencana membeli rumah di daerah solo (rumah indent) dengan harga 456.250.00 dan saya Insya Allah bisa memberikan DP 25% dari harga tsb. info income /bln 10-11jt, saya sudah bekerja 5th diperusahaan yg sama. mohon bantuannya dari teman-teman sekalian utk penawaran Muamalat/ BRI Syariah/ Niaga Syariah/ pun bank syariah lainnya.

    • Yayan Syahrial Says:

      @O Yuda
      Waalaikumsalam…

      Pencerahan dari BNI Syariah Jakarta….
      Harga Rumah = Rp. 456.250.000
      DP 25% = Rp. 114.062.500
      Plafond = Rp. 342.187.500
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 4.441.784…
      (min pendapatan yg di persyaratkan Rp. 11,1jt )……

      Rgd
      Yayan

  246. ade Says:

    Assalamu’alaikum

    Mohon saran, kami ingin membeli rumah di daerah Nusa Dua seharga 315jt. Tabungan bulan ini baru ada sekitar 32jt. Joint income pendapatan suami&istri 11jt/bulan. Kami sudah menjadi karyawan tetap selama 3 tahun.
    Kemana kami harus mengajukan KPR di Bali (bank syariah yang saya tau adalah BSM dan muamalat) ? Apakah harus menambah tabungan lagi atau bisa ngutang untuk menambah DP?
    Terima kasih

  247. RF Says:

    Pak yayan,
    BNI Syariah bisa take over ga yah?
    sisa hutang sekitar 165jtan dan dgn waktu 8,5 th
    itu kena margin brp ? dan jd brp perbulannya

    terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @RF

      Take over bisa….
      Plafond 165 jt
      Margin 8 th 7,33% , angsuran Rp. 2,726,625
      Margin 9 th 7,45% , angsuran Rp. 2.552.153

      Rgd
      Yayan

  248. ari Says:

    pak yayan, mau tanya. saya mau ambil rmh second d daerah bekasi, harga 175jt, DP nya 20%. sya mau ambil dlm jangka wktu 10 tahun. berapa perbulannya ya pak d bni syariah cicilannya? kira2 proses kprnya brapa lama?
    terimakasih..

    • Yayan Syahrial Says:

      @ari….
      waalaikumsalam…

      Harga Rumah = Rp. 175 jt
      DP 20% = Rp. 35 jt
      Plafond = Rp. 140 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 2.049.833…

      Proses kpr setelah data lengkap max 2 minggu…..

      Info lebih lanjut bisa hub saya kembali….

      wass
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994 )

  249. Ricky Says:

    pak yayan di BNI Syariah ada penalti tidak yah apabila ada pelunasan atautake over ke bank lain dengan masa peminjaman baru 2th krg dan masih sisa 8th..

    thx

  250. dee Says:

    pak yayan saya mau bertanya.. saya mau ambil rumah seharga 153 juta.. tetapi blm termasuk dgn biaya PPN, BPHTB, dsb.. kalo untuk d BNI syariah semua biaya2 tsb bisa dicover? cicilannya brp untuk jk wkt 10 thn? saya sudah 3 tahun bekerja dan penghasilan perbulan 7jt.. trimakasih..

    • dee Says:

      saya sudah bekerja 3 tahun dan pegawai tetap.

    • Yayan Syahrial Says:

      @dee

      Biaya KPR, Notaris dll ..tidak termasuk di plafond yg diajukan…biaya2 tsb harus dicadangkan di awal seperti DP … dengan asumsi total biaya2 tsb 10% dari plafond yg disetujui….
      Perhitungan :
      Harga Rumah = Rp. 153 jt
      DP 10% = Rp. 15,3 jt
      Plafond = Rp. 137,7 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 2.016.158
      dengan gaji 7 jt masih masuk persyaratan…

      Jadi asumsi kami harus siapkan buget 20% utk biaya DP , KPR, Notaris dan Pajak…

      Rgd
      Yayan

  251. kusnia Says:

    Asslm pak yayan,
    saya sangat tertarik dengan penjelasannya.
    mohon bantuannya, saat ini saya sedang mengambil kpr dari bank konfensional untuk 15 tahun ke depan. sekarang sudah berjalan 1 tahun. sisa hutang saya sekitar 165jt.

    saya berencana take over ke bank syariah agar lebih tenang, sekaligus saya ingin menambahkan plafon sebensar 50jt untuk renovasi rumah. saya seorang pns dengan gaji 7jt/bln.

    mohon infokan apakah dgn BNI syariah dapat di approve dan berapa cicilannya jika 10 th dan jika 15 tahun?

    terima kasih
    wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @Kusnia
      waalaikumsalam…..
      Pengajuannya Take Over + Renovasi….
      untuk pengajuan renovasi max di cover 90%…

      Perhitungan sbb :
      Take Over + Renovasi :
      Plafond 165 jt + 45 jt = 210 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      anguran = Rp. 3.074.750
      (min pendapatan yg dipersyaratkan 7,7 jt)

      Margin 8,91% utk 15 th
      anguran = Rp. 2.725.917
      (min pendapatan yg dipersyaratkan 6,85 jt)

      Wass
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994 )

  252. mujinem Says:

    Ass ww,
    Pak saya masih ada kewajiban cicilan di bank lain,tetapi semua urusan cicilan dg bank terkendali baik dari penghasilan investasi lain selain gaji. Apakah saya bisa mengajukan pembiayaan renovasi rumah sampai 150 jt masa angsuran 10 th? dari join income kami adalah 6.4 jt/bl, mohon jawabanya

  253. mujinem Says:

    Ass ww,
    Salam pak yg tetap penuh sabar,
    Pak saya masih ada kewajiban cicilan di bank lain,tetapi semua urusan cicilan dg bank terkendali baik dari penghasilan investasi lain selain gaji. Apakah saya bisa mengajukan pembiayaan renovasi rumah sampai 150 jt masa angsuran 10 th? dari join income kami adalah 6.4 jt/bl, mohon jawabanya, wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @mujinem

      waalaikumsalam…
      saya coba bantu jawab…
      Biaya Renovasi = 150 jt
      Dp 10% = 135 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      angsuran = 1.976.625
      (min pendapatan yg di persyaratkan 5 jt)…jd dg penhasilan 6,4 jt sangat masuk persyaratan, jika masih ada cicilan di bank memang bisa mempengaruhi utk mendapatkan plafond….

      rgd
      yayan

  254. giggsyking Says:

    Assalamu ‘alaikum bapak,
    mohon pertimbangannya : saya mau ambil KPR syariah dg catatan yg jual beli murni bukan sewa beli seperti di muamalat, hanya saja saya belum tahu persis sistemnya bagaimana. Menurut bapak, dari sistem KPR yg ditawarkan oleh bank2 syariah itu mana yg paling syar’i sistemnya dan paling menguntungkan dari sisi nasabah, nuwun, terima kasih sebelumnya

    • Yayan Syahrial Says:

      @giggsyking…
      Keuggulan menggunakan KPR Syariah Khususnya BNI Syariah :
      – Rasa tentram dan tenang karena dengan pembiayaan syariah terhindar dari transaksi yang ribawi.
      – Selama masa pembiayaan besarnya angsuran tetap dan tidak berubah sampai lunas.
      – Menggunakan Prinsip Jual Beli ( Murabahah ).
      – Proses persetujuan pembiayaan yang mudah dan cepat.
      – Jangka waktu pembiayaan sampai dengan 15 th
      – Bebas biaya propisi dan apraisal.

  255. andri Says:

    Pak Yayan, mau tanya nih….
    kalau pengahasilan saya upah=Rp. 3.250.000 + lembur rata2
    per bulan Rp. 1.500.000 jadi THP rata2 Rp. 4.750.000 kira2 berapa pengahasilan saya yang diakui oleh bank pak? Lalu berapa plafond kredit yang bisa saya dapat dari penghasilan tersebut kalau saya mau beli rumah dengan harga Rp. 100 juta ?(cicil 10th) Lalu apakah hasil uang kontrakan dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan ? (kontrakan Rp. 900 ribu/bulan) ? Terima kasih pak…

    • Yayan Syahrial Says:

      @Andri…

      Kalau lemburan ada setiap bulan masih bisa dihitung tetapi diambil rata2 saja dan tidak boleh lebih dari gaji….saya ambil contoh sesauai dg hitungan bapak…4.750.000

      Harga Rumah = Rp. 100 jt
      DP 10% = Rp. 10 jt
      Plafond = Rp. 90 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 1.317.750
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,3 jt )
      Jadi dg gaji 3,25 jt saja sdh hampir mencukupi….apalagi ada penghasilan tambahan…

      rgd
      Yayan

  256. bunga Says:

    pak, suami profesinya pengacara. sudah dicoba untuk tanya2 marketing muamalat dan langsung ditolak ketika tahu profesi suami yang pengacara. Padahal suami belum mengajukan applikasi. baru sekedar bertanya2.

    trus apa yang harus kami lakukan supaya krp kami disetujui??

  257. giggsyking Says:

    terima kasih pak Yayan,
    mau tanya lagi nih!kebetulan saya domisili di Semarang cuma ingin cari rumah di lokasi Purwokerto sementara di sana kan sepertinya belum ada cabangnya BNI syari’ah, dan di Semarang pun saya tidak bisa menjamin bisa tinggal 5th lebih coz meskipun PNS di t4 kerja saya biasanya tiap 5 – 6th dimutasi ke kota lain. Apakah kalo mengajukan kredit ke BNI Syariah tetap bisa dikabulkan?
    terima kasih sebelumnya.

    • Yayan Syahrial Says:

      @giggsyking

      coba hub bni syariah semarang….bisa untuk pembiayaan kpr di purwokerto ng ? kerena status kerja pns untuk mutasi memang hal yg biasa… dan kalau dalam 5 th terjadi mutasi ke kota lain tidak jadi masalah yang penting ansurannya tatap di bayarkan tepat waktu dan tidak terlambat…

  258. aditb80@gmail.com Says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10…% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan Mobil sampai dengan jangka waktu 5 tahun dengan margin flat pertahun 6.62% s/d 6.69% Hubungin Adhitya (021-98585665

  259. rika Says:

    maaf, mau tanya….saya mau membeli rumah second dengan harga 180 juta. trus minim dp brp?klo ditambah biaya2 laen, bp kira2 yg harus disediakan? trus untuk biaya apraisalnya ada ato tidak? mohon perhitungan untuk jangka waktu 10thn. join income saya ama suami 6jtn. saya karyawan swasta dan suami PNS. mksh sebelumnya.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Rika

      BNI Syariah DP boleh 10% dan tidak ada biaya apraisal… kurang lebih 10% lagi untuk biaya kpr, notaris dan Pajak

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 180 jt
      DP 10% = Rp. 18 jt
      Plafond = Rp. 162 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 2.371.950
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6 jt )

      rgd
      yayan

  260. Erik Says:

    Saya ingin bertanya, saya ingin membeli rumah indent dengan harga sekitar 765juta. Kalo untuk kredit dalam jangka waktu 15 thn, kira2 berapa ya yg harus dibayar per bulan..??

    Terima kasih atas masukan rekan-rekan,
    Erik

    • Yayan Syahrial Says:

      @Erik
      BNI Syariah DP boleh 10% dan untuk rumah indent bisa kami proses asalkan sertifikatnya sudah pecah….

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 765.000.000
      DP 10% = Rp. 76.500.000
      Plafond = Rp. 688.500.000
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 8.937.113
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 22,5 jt )

      Wass
      Yayan Syahrial

  261. Regar Says:

    Pak wawan sy mau tnya sy mau membeli rumah seharga 700.000.000 berapa kira-kira DP dan biaya2 lainnya yg hrs sy siapkan dengan asumsi penghasilan sy perbulan antara 10-15 juta rupiah dan jnka waktu kredit 15thn.NB rumah yg akan sy beli adalah rmh secon dan harga itu adalah hrg versi pemilik.mhn jwbannya + persaratannya

    • Yayan Syahrial Says:

      @Regar

      BNI Syariah DP boleh min 10%, karena rumah yg rencana diambil harganya 700 jt dan penghasilan 10 jtan , Dpnya harus besar bisa sampai 50%….

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 700.000.000
      DP 10% = Rp. 350.000.000
      Plafond = Rp. 350.000.000
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 4.543.194
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 11,5 jt )
      Biaya Lain yg harus disiapkan kurang lebih 10% dari plafond yg disetujui untuk Biaya KPR & Noratis….

      Wass
      Yayan Syahrial
      MObile : 0856 91414 994

    • Admoedipurwo R Adhitya Says:

      Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10…% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan Mobil sampai dengan jangka waktu 5 tahun dengan margin flat pertahun 6.62% s/d 6.69% Hubungin Adhitya (021-98585665

  262. Ari Says:

    Assalamu ‘alaikum Wr.Wb

    Pak Yayan mohon informasinya, saya berencana mau beli rumah dari pengembang dengan harga jual Rp. 195 jt, DP 20%, masa kredit 15 th. Pendapatan saya Rp. 3,5 jt perbulan dan + istri Rp. 1,5 jt perbulan (total Rp. 5000000), kami tinggal di Palembang.

    Apakah dengan BNI syariah bisa di approve, sehingga kami bisa mendapatkan rumah idaman.

    terima kasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Ari
      Waalaikumsalam….

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 195.000.000
      DP 20% = Rp. 39.000.000
      Plafond = Rp. 156.000.000
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 2.024.967
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,1 jt )
      Dengan DP min 20% insya allah bisa di setujui sesuai dengan penghasilan bapak…

      Wass
      Yayan Syahrial
      MObile : 0856 91414 994

  263. eko n Says:

    Aslmkm..maaf, mau tanya..saya adalah pegawai karyawan tetap sebuah perushaan swasta dengan masa kerja 1 tahun 2 bulan..saya mau meng-KPR-kan rumah second yg sedang saya inginkan di bandung selatan dimana harga yg penjual tawarkan adalah 300 jt bersih tanpa terkena biaya apapun..saya mempunyai dana DP sebesar 150 jt dan berniat mengajukan KPR ke bank syariah dengan tempo 5 tahun..yang saya ingin tanyakan adalah :
    1. apakah di bank BNI syariah bersedia meng-approve jika masa kerja saya baru 1 tahun 2 bulan dengan status permanent employee dan persyaratan berkas2 apakah yang harus saya siapkan baik dari sisi penjual maupun calon peminjam KPR..
    2. bagaimana simulasi pembiayaan di BNI syariah termasuk semua biaya-biaya yang akan muncul nantinya..
    3. dalam pelaksanaan pembayaran KPR di bank BNI syariah, bagaimanakah komposisi hutang pokok dan margin/bunga yang dibayarkan tiap bulan dari bulan pertaman hingga selesai..
    4. jika suatu saat dalam tempo kurang dari 2 tahun pembayaran KPR saya hendak melunasi, apakah komponen yang harus saya bayar hanyalah hutang pokok atau ada penalti atau ada biaya lain yang harus saya bayarkan..
    5. terkait dengan asuransi, jenis proteksi apa saja yang diberikan oleh pihak ketiga yang dipilih oleh pihak bank BNI syariah?dan apakah jika masa pembayaran KPR sudah lunas proteksi tersebut bisa diperpanajang dengan pembayaran sendiri?
    6. dimanakah saya dapat mencari cabang BNI syariah yang dapat meng-approve/ mempunyai wewenang memerikan KPR di bandung selatan ( daerah KOPO)..

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak..semoga Allah SWT membalas kebaikan anda..amiinn..

    wassalamualaikum..

    • eko n Says:

      penghasilan bersih saya perbulan adalah 13 jtan..trim’s

    • Yayan Syahrial Says:

      @ eko n
      waalaikumsalam….
      saya coba jawab pertanyaan bapak….mudah2an ada pencerahan….
      1. Kalau masa kerja baru 1 th pegawai tetapnya , bisa di proses di bni syariah tetapi harus melampirkan referensi kerja perusahaan sebelumnnya…..(min sdh 2 th kerja).
      2.Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 300 jt
      DP = Rp. 150 jt
      Plafond = Rp. 150 jt
      Margin 6,24% utk 5 th
      Angsuran = Rp. 3.280.000
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,2 jt )
      biaya yg harus disiapkan selain dp adalah biaya kpr, biaya notaris & pajak (bphtb)
      3. komposisi pokok & margin semua by sistem maaf sy tdk jawab, yang pastinya angsuran 3.280.000 tetap sampai lunas 5 th…
      4. Jika untuk melunasi tidak ada biaya pinalti langsung dibayarkan Sisa Pokok + 1 kali margin..
      5. Untuk asuransi memang terproteksi sampai masa angsuran, jika ingin perpanjang tergantung dari pihak bapak…
      6.coba hub bni syariah cab bandung (022)-7314546, 7323142, 7323143

      wassalam

  264. aris tc Says:

    pak yayan, saya mo ngambil rumah harga 180juta, dan ada DP 20jt. jika gaji saya 9.450.000 dan bonus 1.777.500 per bulan sementara cicilan utang 2.616.700 dan angsuran rumah yg pertama 780.110 apakah saya masih bisa ngambil rumah yg harganya 180jt tadi mengingat pendapatan yg diperbolehkan untuk ngambil kredit 40% dari gaji?? apakah gak ada ketentuan/kebijakan lain misalnya gaji di atas 10 juta cash rationya 50%???
    makasih jawabannya 🙂

    • Yayan Syahrial Says:

      @aris fc

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 180 jt
      DP = Rp. 20 jt
      Plafond = Rp. 160 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 2.076.889
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,2 jt )
      kalau masih ada angsuran memang bisa mempengaruhi pendapatan plafond yg diajukan, jika gaji di bayar cash hanya diakui max 5 jt

      rgd

      • aris tc Says:

        mm.. maksud saya kredit sebesar 40% yg ditentuin bank itu gabisa dinego kah?? misal sampai 50% gitu??
        trus, kalo kondisinya seperti di atas tadi apa pengajuan kredit bisa diterima??
        makasih..

  265. samiah khotib Says:

    pak yayan…
    sy seorang PNS dgn gaji 2,2 jt perbulan dan tunjangan 1 juta/bln, kemudian suami berpenghasilan 3 jt/bln jd total join income 6,2 jt/bln berniat mngajukan kpr, hrga rumah yg kmi ingin adalah 225jt, dan kami punya Dp 40 jt, brp kr2 angsuran tiap bulannya utk bni syariah?
    ohy pemilik rumah tsb sdh bekrja sama dg BTN ttpi kami ingin kpr syariah, apakah bpk bs membntu? kbtulan sy jg nasabah bni syariah daerah ciputat, mohon bntuan pak yayan… trima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ samiah khotib…

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 225 jt
      DP = Rp. 40 jt
      Plafond = Rp. 185 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 2.401.403
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,1 jt )

      wass

  266. samiah khotib Says:

    mohon pnjelasan pak yayan angsuran tiap bln utk jangka wktu 15 th, makasih

  267. Arya Koben Rambo Says:

    saya ingin merenovasi rumah ibu saya dan ingin menjaminkan sertifikat tanahnya untuk biayanya..
    masalahnya rumah tsb masuk ke gang..
    apa ada kredit untuk rebovasi rumah yang di gang dengan bunga rendah dan jangka waktu 10 tahun???
    mhn bantuannya..

  268. mujinem Says:

    Ass ww,
    Semoga bapak selalu dalam kondisi sehat…
    Pak join income kami 6,2jt. Saya sudah renov 50% dan karena untuk dubbing usaha sapi yg sdg goyang, dana rumah menjadi berhenti.Bisakah pengajuan biaya renov saya ke BNI syariah di acc, sementara saya masih ada tanggungan 26 jt di Bank lain?cicilan 1,4jt/bulan?saya mengajukan 150 jt dan saya sudah mengeluarkan dana renov kira2 90 jt?jzklh infonya..
    wass

    • Yayan Syahrial Says:

      @Mujinem

      waalaikumsalam…..
      Kalau dari penghasilannya masih mencukupi tidak masalah kalau mau mengajukan pembiayaan lagi ke bank lain…..tetapi maaf setelah saya perhatikan penjelasan diatas…..dengan masih pendapatan 6,2 jt dan masih ada cicilan 1,4 jt, belum bisa mengajukan lagi dengan plafond 150 jt…..

      wass

  269. tasya Says:

    Pak, saya mau tanya, gaji saya Rp 3,5jt akan menikah dengan calon suami saya dengan gaji Rp. 3,5jt. apakah kami bisa dihitung joint income untuk KPR? karna totalnya Rp. 7jt. ingin membeli rumah 2nd yang sudah sertifikat SHM daerah cempaka putih senilai Rp. 225jt. harus DP brapa yah? kami tidak memiliki kartu kredit 😀 (tidak tertarik) ^^
    apa aja dokumen yang kami perlu siapkan..? mohon bantuannya. tasya_cecilia@yahoo.com

    • Yayan Syahrial Says:

      @tasya
      kalau pengajuan data sebelum ibu nikah belum bisa join income…..
      harga rumah 225 jt ….min dp 20 % untuk pengajuan kpr dan penghasilan jika join income 7 jt bisa memungkinkan untuk mendapatkan plafond…180 jt….dengan jangka waktu 15 th…

      rgd
      yayan

  270. novi Says:

    assalaamu’alaikum..
    saya mau minta perhitungan take over dari bank konven ke bank BNI syariah..dr bank sblmnya kami mendpt plafon 149 jt,jmlh cicilan yg sdh kami byr krg lebih 31 jt an.jika kami mengambil kredit 15 thn,brpkh angsuran yg hrs kami bayar tiap blnnya? oh ya kami dari semarang,apkh ada perbedaan antara BNI syariah di smg sm di jkt? tq
    wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @Novi…..
      waalaikumsalam….

      Untuk pasti angsurannya berapa, saya harap di tanya dulu sisa outstanding sampai saat ini di bank konven….
      Disini saya ambil contoh saja….MIs : Plafond take over 115 jt , margin 8,91% utk 15 th angsurannya adlah : Rp. 1.492.764…
      Perbedaan tidak ada silahkan hub BNI Syariah Semarang saja utk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci…

      wassalam
      Yayan

  271. rika Says:

    pak yayan, saya mau tanya, apa perbedaan antara kpr bni dengan bni syariah? trus kalo beli rumah second apakah ada biaya ppn dan bphtb seperti beli rumah baru?mksh infonya

    • Yayan Syahrial Says:

      @rika…

      Kpr bni adlh bank konvensional dg angsuran ikut bunga efektif, kpr bni syariah adlh bank syariah dg angsuran tetap sampai akhir masa waktu angsuran…

      rgd

  272. Adhitya Says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan Mobil sampai dengan jangka waktu 5 tahun dengan margin flat pertahun 6.62% s/d 6.69% Hubungin Adhitya (021-98585665 langsung diproses cepat 14 hari kerja langsung akad kredit

  273. shanti agustina Says:

    Ass Wr Wb Pak Yayan,
    penghasilan saya 7,5jt & suami 6jt (plus 1,5 jt jika OT) +- joint income perbulan 15jt .

    perkerjaan terakhir saya (4 bulan jalan ) sebelumnya 2 th karyawan tetap di perusahaan swasta & 1 th staf pengajar di Surabaya. sedangkan suami saya juga (4 bulan jalan ) sebelumnya sudah 3 th karyawan tetap di perusahaan swasta. ada semua surat referensinya

    kami berencana memiliki rumah dengan harga 407jt lb/lt 65/150 di Citra Harmoni developer Ciputra Group, DP 57jt sehingga plafond pinjaman 350jt.

    pertanyaan sbb :
    1. berapa angsuran perbulan jika kami mengajukan 10th & 15 th
    2. berapa biaya AJB & BPHATB untuk rumah tsb
    3. apakah ada biaya lainnya ?
    4.apakah proses KPR kami bisa disetujui BNI syariah ? bilamana tidak apa ada alternatif bank syariah lainnya ?

    Terima Kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Shanti Agustina
      Waalaikumsalam…….
      saya mencoba jawab pertanyaan ibu….

      1. Perhitungan Angsuran :

      Harga Rumah = Rp. 407 jt
      DP = Rp. 57 jt
      Plafond = Rp. 350 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 4.543.194
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 11,5 jt )

      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 5.124.583
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 13 jt )

      2. Biaya AJB & BPHTB tergantung dari wilayah rumah yg akan di beli & bisa langsung di tanyakan ke notaris yang di tunjuk….

      3. Selain biaya Notaris & pajak, yang harus disiapkan juga adalah Biaya KPR .

      4. Berhubung Masa kerja ibu & suami masih 4 bulan harus min 1 th , kami mohon maaf data belum bisa di proses, dan pengajuan Bank Syariah lain bisa ibu hubungi yg terdekat…

  274. cs Says:

    dijual tanah lokasi strategis (surabaya) lebih lengkap disini
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=449946428

  275. Setyoko Says:

    Saya mau ambil kpr dengan harga rumah rp232000000 berapa cicilan dan dp untuk 12 tahun dan 15 tahun? saya pns dan masih punya pinjaman di bank jabar dg cicilan (potong gaji) sebesar 900000 per bulan akan lunas desember tahun ini. bisakah mengajukan kpr bni syariah dan berapa minimal gajinya? terima kasih. setyoko

    • Yayan Syahrial Says:

      @Setyoko

      Perhitungan angsuran
      Harga Rumah = Rp. 232 jt
      DP = Rp. 46,4 jt
      Plafond = Rp. 185,6 jt

      Margin 8,54% utk 12 th
      Angsuran = Rp. 2.609.742
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,6 jt )

      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 2.409.191
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,1 jt )

      Rgd
      Yayan Syahrial
      Mobile : 0856 91414 994
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  276. deno Says:

    hhhmmmm …. lagi cari info tentang cicilan rumah second via KPR syariah,,, tetep harus pake DP ga sih ke bank-nya? kalo iya berapa persen?

  277. deno Says:

    Mau tanya lagi donk… rencana mau ngambil rumah second, seharga 170jt,,, trus kalo nyicil 15 taun, kira2 perbulannya berapa, dan biaya apa saja yg biasanya harus dikeluarkan dalam porses akad kredit, makasih…

    • Yayan Syahrial Says:

      @Deno

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 170 jt
      DP = Rp. 34 jt
      Plafond = Rp. 136 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.765.356
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,4 jt )

      Biaya yg harus disiapkan selain DP adalah biaya KPR , biaya notaris dan pajak….

  278. Chika Says:

    Assalamualaikum Pak Yayan,

    Mo numpang nanya, saya berencana mengambil KPR dengan harga rumah 238 Jt, penghasilan saya 8.5 jt dan suami 4.2 jt.
    Saya masih mempunyai cicilan mobil Rp. 2.8 jt yang akan berakhir s/d bulan oktober 2011, dan suami mempunyai cicilan ke Bank lain juga sbsar 1.5 jt/bln s/d tn 2015

    Sya berencana mengajukan pinjaman KPR sebesar Rp. 138 Jt, spy tidak mengganggu keadaan finansial saya yg lain nya maka jangka waktu pinjaman yang akan saya ajukan sekitar 15 thn, dengan asumsi Insya Alloh jika ada rejeki saya akan melunasi pinjaman kredit saya lebih cepat.
    Bisa kah bapak membantu saya untuk membuat perhitungan kisaran angsuran perbulan dengan menggunakan KPR BNI syariah? dan biaya apa saja yang harus saya keluarkan bila saya melunasi pinjaman sebelum kredit berakhir ?

    Wassalam
    Chika

    • Yayan Syahrial Says:

      @Chika

      waalaikumsalam….

      Perhitungan Angsuran :
      Harga Rumah = Rp. 238 jt
      DP = Rp. 100 jt
      Plafond = Rp. 138 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.791.317
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,5 jt )

      Kalau masih ada angsuran setiap bulannya bisa juga mengurangi plafond yang diajukan, tertapi bagian proses yg akan menganalisa plafond yg akan didapat…
      Jika insya allah ada rezeki & akan melunasi, tidak ada biaya pinalty langsung di perhitungkan Sisa pokok + margin 1 bulan….

      Wass…
      Yayan

  279. Sudiaba Says:

    @Pak Yayan & teman2 dari Bank Syariah,
    Saya ada rencana take over KPR, pindah dari Bank Konvensional ke Bank Syariah.
    Mhn info berapa cicila yg harus dibayar bila pinjam 562,5jta, selama 15 tahun.

    Mohon info penawarannya, via japri juga boleh ke ksudiana@gmail.com.
    Wassalam,
    Sudiana

    • Yayan Syahrial Says:

      @Sudiaba

      Perhitungan Angsuran :
      Plafond Take Over = Rp. 562,5 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 7.301.563
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 18,3 jt)

  280. yudho Says:

    assalamualaikum pak,
    sy saat ini sudah nyicil rumah melalui bank konvensional lalu sy berniat utk take over ke bank BNI syariah, pertanyannya : 1. apakah nanti sy perlu bayar DP lg utk proses take overnya ke BNI syariah ?
    2. klo memang hrs bayar DP, kira-kira brp % DP yg sy hrs bayar ?
    terimakasih, wasalam.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Yudho…

      1. Kalau teke over tidak ada DP & dilinfokan sisa Outstanding di bank konven..
      2. Kalau pembelian rumah baru DP boleh 10%, untuk rumah seken DP min 20%…

      Rgd
      Yayan

  281. siswanto Says:

    met malem,
    saya berencana untuk mengambil rumah secon didaerah semarang, dengan harga Rp 200.000.000
    DP 20%. Penghasilan saya dan istri Rp 7 jt.
    Berapa cicilan perbulan jika mengambil tenor 10 thn.
    Dimana alamat BNI syariah di daerah Semarang?
    Terima kasih & salam

    • Yayan Syahrial Says:

      @Siswanto

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 200 jt
      DP = Rp.40 jt
      Plafond = Rp. 160 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 2.342.667
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6 jt )
      Alamat semarang :
      Jl.Ahmad Yani 152 Semarang (024)-8313247,8315027

      Rgd
      Yayan Syahrial

  282. dasima Says:

    Hello,
    Mau juga dong disimulasikan angsuran utk rumah second.
    Penjualnya mau jual : 600 jt.
    Saya hanya bisa bayar cash keras : 150 jt
    Jadi mau cicil aja yg 450 jt nya.
    Maunya pake yg syariah aja…

    Trims.

  283. dasima Says:

    Hello,
    Mau juga dong disimulasikan angsuran utk rumah second.
    Penjualnya mau jual : 600 jt.
    Saya hanya bisa bayar cash keras : 150 jt
    Jadi mau cicil aja yg 450 jt nya.
    Maunya pake yg syariah aja… cicil 15 tahun.

    Trims.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Desima

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 600 jt
      DP = Rp. 150 jt
      Plafond = Rp. 450 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 5.841.250
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 14,8 jt )

      Rgd
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

      • -rcdp- Says:

        Humm… agak susah sih kalo harus nyicil sebesar itu, karena pendapatannya gak segitu.
        Kira2 KPR di bank mana yg support:
        – bunga atau margin yg fixed
        – angsuran yg fixed
        – lalu ketika ingin dilunasi (kalo ada rejeki runtuh tiba2) sebelom waktunya abis, gak kena penalti…

  284. rika Says:

    Pak, mau tanya, ini saya mau beli rumah2nd, tp rumah rumah itu masih dijamin kan di bank laen.rencana saya mau ambil kpr nya di bni syariah. apakah itu bisa?klo bisa, rencana saya mau mengambil kpr bsk.klo di surabaya alamatnya dimana ya?trus berapa lama prosesnya?sya denger di bni cuma butuh 3 hari.mksh infonya

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Rika

      Maaf kalau surat2nya masih di jaminkan di bank lain belum bisa di ajukan ke bni syariah, karena syarat utama untuk pengajuannya harus di sertakan copy sertifikat, PBB & IMB… jadi kalau bisa penjualnya melunaskan dulu….proses setelah data lengkap max 14 hari kerja…..
      BNI Syariah Surabaya
      Jl. Bukit Darmo Boulevard No.8A – 8B Surabaya
      (031)-5685315, 5685311

  285. Yusmieta Says:

    Pak, saya mau beli rumah di kota yogyakarta, harga rumah 365 jt, uang muka 100 jt, KPR 265 jt, saya ingin mengangsur 10 tahun, bisa disimulasikan KPR BNI syariah? Terima kasih sebelumnya

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Yusmieta
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 365 jt
      DP = Rp. 100 jt
      Plafond = Rp. 265 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 3.880.042
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 9,8 jt )

      Rgd

  286. Ibani Says:

    Mohon berkenan untuk membuatkan simulasi KPR Syariah (bbrp bank) dan estimasi biaya2 yang harus keluar dalam proses KPR, berikut data yang dapat sy sampaikan:

    Harga Jual Rumah Rp 270 juta
    DP 10%

    Total Bayar pertama, termasuk notaris, administrasi dsb?
    simulasi angsuran untuk:
    10 tahun (120 angsuran)
    12.5 tahun (150 angsuran)
    15 tahun (180 angsuran)

    Pendapatan per tahun sekitar Rp 130 juta
    Gaji bulanan Rp 7,1 juta

    • Yayan Syahrial Says:

      @Ibani

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 270 jt
      DP = Rp. 27 jt
      Plafond = Rp. 243 jt
      Angsuran = Rp. 3.557.925 ( 10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,9 jt )
      Angsuran = Rp. 3.416.850 ( 12 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,5 jt )
      Angsuran = Rp. 3.154.275 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,9 jt )

      Asumsi biaya kpr & notaris adalh 10% dari plafond yg disetujui

      rgd

  287. Adhitya Says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya pembiayaan rumah KPR dengan Promo sampai agustus dengan margin 8,52% 15 tahun sampai angsuran flatt sampai lunas sapa yang serius dan berminat silahkan apply (021-98585665) Adhitya

  288. Nisa Says:

    Pak, gaji saya 3 juta dan suami 6,6 juta, tiap bulan kami harus menafkahi orang tua sebesar 2 juta, dengan sisa gaji yang ada kira2 KPR dengan platfond brp yg bisa disetujui?apakah rumah 200 juta bisa?

  289. Tantri Says:

    Pak, dengan penghasilan 6 juta, bisa dapat KPR berapa?trims

  290. ridwan.f Says:

    Ass wr wb.

    Saya berencana membeli rumah second LT/LB 160/100 seharga 400 jt di daerah pamulang Tangsel. Plafond pinjaman 200jt. (KPR Syariah)
    1. berapa angsuran perbulan jika saya mengajukan 10th & 15 th
    2. berapa biaya AJB & BPHATB untuk rumah tsb
    3. apakah ada biaya lainnya ?
    4. kalau minimum pendapatan saya tidak cukup, bisakah di garansi dengan surat rumah (sendiri) yg saya tempati sekarang? agar aplikasi saya di approve oleh bank

    • Yayan Syahrial Says:

      @Ridwan….
      Saya dari BNI Syariah Jaksel akan coba menjawab….
      Harga Rumah = Rp. 400 jt
      DP = Rp. 200 jt
      Plafond = Rp. 200 jt
      Angsuran = Rp. 2.928.333( 10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,4t )
      Angsuran = Rp. 2.596.111 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,5 jt )

      Biaya AJB & BPHTB nanti bisa ditanyakan dg notaris setelah aplikasinya disetujui…
      Biaya lain selain Notaris & Pajak adalah biaya KPR
      Jika penghasilan tidak cukup tidak bisa mengagunkan sertifikat rumah lain, tetapi bisa menggunakan Angsuran Fleksibel program baru kami…
      Info selanjutnya bisa hub saya…

      wass
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  291. Adhitya Says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Semoga Bapak dan Keluarga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan mendapat taufik serta hidayah dari Allah SWT Pembiayaan yang Bank Syariah Mandiri berikan antara lain Pembiayaan untuk rumah baru dengan Dp. 10% Pembiayaan u…ntuk rumah second dengan Dp.20% Take over sampai dengan 15 tahun Renovasi sampai dengan 10 tahun Kavling siap bangun dengan membuat rincian biaya Pembiayaan KPR dengan margin promo 15 tahun 6,06% 1 tahun sampai 15 tahun 8,52% margin promo ini sampai bulan agustus sapa yang serius mau mengajukan KPR silahkan apply dan hubungin adhitya di contact personnya ( 98585665)

  292. Yayan Syahrial Says:

    Assalamualaikum wr wb…..
    Kabar Gembira di bulan suci Ramadhan yang penuh Berkah, jika teman-teman mengajukan KPR di BNI Syariah dan penghasilan kurang memenuhi persyaratan, BNI Syariah mempunyai Program Baru dengan menggunakan “ANGSURAN FLEKSIBEL” …… Info lengkap bisa hub saya….

    wassalamualaikum wr wb…
    Yayan Syahrial
    Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )
    email : yayan.syahrial@gmail.com

    • denny Says:

      Assalamualaikum wr wb pak yayan…
      Pak kebetulan sekali saya saat ini sedang mencari Bank untuk pembiayaan pembelian rumah 2nd dengan harga yang di ajukan senilai 150jt di daerah pamulang untuk informasi penghasilan saya 4jt,pertanyaan saya brp plafon yang akan saya dapatkan?dan brp cicilan untuk jangka waktu 15thn?dan mohon penjelasan lebih lanjut untuk promo “ANGSURAN FLEKSIBEL”.
      Klo bisa mohon di email ke saya pak idey_st34@yahoo.co.id

  293. widya Says:

    assalamualikum
    saya berencana mengambil rumah second seharga 125 juta, rencannaya dP 50 juta, thp sekitar 5 juta, bisa dibuatkan simulasi untuk bank sayariah yang paling baik untuk saya terimakasih

    wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @Widya

      waalaikumsalam
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 125 jt
      DP = Rp.50 jt
      Plafond = Rp. 75 jt
      Angsuran = Rp. 1.098.125 ( 10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 2,8 jt )

      wass

  294. rikky Says:

    saya mau kpr ruko dengan plafon 1,2 M dicicil 15 thn..penghasilan saya insyaallah mencukupi cicilan…minta dibuatkan simulasi…terimakasih jazakallah

    • Yayan Syahrial Says:

      @Rikky
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Ruko = Rp. 1,2 M
      DP = Rp. 300 Jt
      Plafond = Rp. 900 jt
      Angsuran = Rp. 11.682.500 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 29,5 jt )

      Wass
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )
      email : yayan.syahrial@gmail.com

  295. titi Says:

    assww.. saya punya rencana mulai kembali renovasi rumah setelah lebaran ini . saya mau mengajukan kredit 5 , 10, atau15 tahun untuk keperluan 200jt . kepada pak yayan (bni syariah) mohon bantuannya untuk menghitungkan cicilannya . join income dgn suami insyaAllah cukup . boleh dijelaskan mengenai angsuran fleksibelnya ? terimakasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @titi
      waalaikumsalam….

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 200 jt
      DP 10% = Rp. 20 jt
      Plafond = Rp. 180 jt
      Angsuran = Rp. 3.936.000 ( 5 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 10 jt )
      Angsuran = Rp. 2.635.000 ( 10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,6 jt )
      Angsuran = Rp. 2.336.500 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,9 jt )

      Angsuran fleksibel untuk mencover plafond yg diinginkan tetapi min pendapatan belum mencukupi…
      Mis kita ambil contoh diatas utk 5 th pendapatan min 10 jt dg angsuran fleksibel min pendapatan 7,6 jt sdh bisa dpt 180 jt….

      info lengkap bisa hub saya….

      Wass
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  296. anto Says:

    Pak Yayan,
    Boleh tahu KPR BNI Syariah saat ini bunganya brp %? dan flat brp lama?
    Apakah di BNI syariah berlaku peninjauan ulang bunga kpr nya, misal setiap 5th?
    thanks
    Anto

    • Yayan Syahrial Says:

      @Anto
      Margin BNI Syariah saat ini 6,24% (5 th), 7,57% (10 th), 8,91% (15 th) …
      Untuk margin tidak ada revisi setiap tahunnya, mis : ambil 10 th angsuran tiap bulannya tidak berubah sampai lunas……

      wass

  297. ahmad Says:

    Pak Yayan,

    mohon perhitungannya untuk rumah harga 500 juta ,
    dp minimal berapa ?
    perhitungan kpr untuk 15 tahun berapa ?
    THP saya dan Istri 11 Juta, apakah masuk dalam analisis.

    terima kasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Ahmad
      Rumah baru dp bisa 10%, rumah secoind dp 20%…..
      Perhitungan
      Harga Rumah = Rp. 500 jt
      DP 10% = Rp. 50 jt
      Plafond = Rp. 450 jt
      Angsuran = Rp. 5.841.250 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 14,6 jt )
      Dp 20% = Rp. 100 jt
      Plafond = Rp. 400 jt
      Angsuran = Rp. 5.192.222 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 13 jt )
      Penghasilan 11 jt dengan program Angsuran Fleksibel insya allah bisa mendapatkan plafond 450 jt…
      info lengkap bisa hub saya….

      wass

  298. irma Says:

    Pak yayan, saya dan suami berniat mengambil kpr utk pembelian rumah second, penghasilan suami 8,5 jt, harga rumah 700 jt dan DP yang ada 350 jt, sehingga yg mau di kprkan 350 jt. Apakah bisa di kprkan pak? tolong buatkan simulasinya y pak.thanks.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Irma
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 700 jt
      DP = Rp. 350 jt
      Plafond = Rp. 350 jt
      Angsuran = Rp. 4.543,194 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 11,4 jt )

      Kalau pakai angsuran fleksibel gaji 8,5 jt insya allah plafond yg diinginkan bisa terpenuhi…..

      wass

  299. Sinar Says:

    Asslkm wr wb…
    Pak Yayan….saya mau beli rumah baru dengah harga 290 jt….DP 50 Juta, penghasilan sy 12 jt perbulan….sy masih single dan sebagai karyawan swasta, kira2 di bni syariah bisa memenuhi persyaratan gak pak, soalnya rata2 persyartan kpr minta ktp suami istri dan copy surat nikah? minta tolong di buatkan simulasinya yah pak untuk 10 tahun. thanks before…

    • Sinar Says:

      maaf kelupaan…klo di bni syariah, misalnya untuk cicilan 10 tahun, tapi setelah 5 tahun berjalan, dan saya akan melunasinya itu gimana yah pak???apakah yg harus sy lunasi cuman pokoknya saja atau gimana…makasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Sinar
      Waalaikumsalam
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 290 jt
      DP = Rp. 50 jt
      Plafond = Rp. 240 jt
      Angsuran = Rp. 3.514.000 (10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,8 jt )
      Gaji 12 jt insya allah bisa dapat sesuai dengan plafond yg diajukan, status Single tdk masalah…. silahkan lengkapi saja datanya…

      wass
      Yayan

  300. fera Says:

    Yth. Pak Yayan,

    Mohon info bila saya mau membeli rumah seharga Rp. 250 jt, DP 100 jt, bagaimana perhitungan angsuran per bulan selama 10 th dan 15 th.
    Terimakasih atas kesediaannya memberikan informasi.

    NB : Mohon di balas lewat email fera_ndah@yahoo.co.id

    Salam,
    Fera

  301. anto Says:

    Ass.Wr.Wb.
    Yth pak Yayan Syahrial.

    Mohon info.
    Saya karyawan, single, dengan THP Rp. 7-10 jt/bulan. Saat ini sedang mencicil DP rumah 30% ke Developer, dari harga rumah Rp. 300 jt (DP Rp. 90 jt).

    Saya sedang mencari KPR yang sesuai dengan cicilan tetap untuk jangka waktu 10 th dan 15 th.
    Bagaimana perhitungan angsuran dengan BNI Syariah untuk kondisi tersebut?
    Juga berapa biaya akad kredit yang harus disiapkan, jika akad kredit akan diadakan Jan-Feb 2012?

    Oiya, rumah belum dibangun. Baru dibangun oleh Developer setelah akad kredit. Lokasi rumah di dalam cluster daerah Bekasi.

    Saya mohon infonya pak Yayan.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Wass.Wr.Wb.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Anto
      waalaikumsalam…..

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 300 jt
      DP = Rp. 90 jt
      Plafond = Rp. 210 jt
      Angsuran = Rp. 3.074.750 ( 10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,7 jt )
      Angsuran = Rp. 2.725.917 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,8 jt )

      Jika rencana akad bulan jan_feb 2012 , pengajuannya di bulan desember saja….asumsi biaya kpr 4%-5% dari plafond yg di setujui…
      Rumah indent dan Lokasi di Bekasi tidak masalah yg penting sertifikatnya sdh pecah perkavling dan jika di setujui Akadnya di BNI Syariah Cab Jakarta Selatan…..
      Perhitungan angsuran diatas mengacu pada Margin saat ini….

      terima kasih
      wass

  302. ryan137 Says:

    Assalamu’alaykum Pak Yayan,

    Saya berencana InsyaAllah beli rumah second di area Bekasi, dg nilai rumah 1 M, dengan DP 200jt, 800jt melalui KPR syariah.

    1. Berapa nilai cicilan perbulan nya – Simulasi KPR nya
    ( THP saya & istri rata2x 18juta per bulan nya )
    2. Syarat administrasi KPR nya, dan berapa lama proses nya sampai akad
    3. Estimasi biaya pengurusan KPR syariah ini.

    Minta tolong bantuan advise nya.

    Sebelumnya terima kasih atas advise nya.

    Salam,
    Ryan

    • Yayan Syahrial Says:

      @Ryan
      Waalaikumsalam..maaf baru sempat balas

      1. Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 1 M
      DP = Rp. 200 jt
      Plafond = Rp. 800 jt
      Angsuran = Rp. 10.384.444 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 26 jt )
      karena pengahasilan 18 jt, belum bisa dpt 800 jt…dan kalau dg angsuran fleksibel bisa dapat 800 jt tetapi min penghasilan 19,9 jt

      2. min sdh 2 th peg tetap, isi form aplikasi bni syariah, copy sertifikat, pbb, imb, srt ket kerja, slip gj 3 bl, rek koran 3 bln, ktp,kk,srt nikah, npwp…
      Proses max 2 mgg setelah data lengkap…

      3. asumsi biaya kpr 4% – 5% dari plafond yg disetujui..

      info lengkap bisa hub saya….

      Wass
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  303. iwan yw Says:

    Assalamualaikum wr wb
    saya mau tanya kepada pa Yayan dan seluruh rekan2 di sini (khususnya yg punya informasi valid ttg pembiayaan KPR dengan sistem Syariah)

    Saya berencama membeli rumah dgn harga Rp. 1 milyar.
    Saya punya uang untuk DP sebesar Rp. 200juta (20% dari harga rumah).
    Gaji bersih saya Rp. 20juta per bulan.
    Saya ingin KPR Syariah dengan tempo pelunasan 10 sampai 15 tahun.

    Berapakah skema cicilan dari masing2 Bank Syariah?
    Berapa % (bunga/sewa/appun istilahnya)
    berapa dari Bank BNI syariah, Niaga Syariah, Mandiri Syariah, Bank Muamalat, Permata Syariah. Dll

    terima kasih atas pencerahannya.
    Wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Iwan
      Waalaikumsalam

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 1 M
      DP = Rp. 200 jt
      Plafond = Rp. 800 jt
      Angsuran = Rp. 10.384.444 ( 15 th / Margin 8,91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 26 jt )
      karena pengahasilan 18 jt, belum bisa dpt 800 jt…dan kalau dg angsuran fleksibel bisa dapat 800 jt min penghasilan 19,9 jt

      info lengkap bisa hub saya….

      Wass
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  304. Precious Says:

    Aslmkm pak Yayan,
    saya mau tanya, apakah ada sistem peminjaman uang tunai (bukan KPR) di BNI syariah?
    sebagai informasi, saya ingin meminjam 100 juta untuk keperluan pribadi (pendidikan dan pribadi), penghasilan saya 8 juta perbulan, punya keinginan untuk mengangsur selama 5 tahun,
    boleh dihitung bunga cicilannya berapa persen dan bila ingin ditahun ketiga dilunasi, berapa sisanya?
    Terima kasih banyak

  305. Rafie A.P Says:

    Assalamualaikum wr wb
    Saat ini saya berencana take over KPR saya yang telah berjalan sekitar 3thn disalah satu bank syariah juga dengan cicilan 2 jt setiap bulan selama 15 tahun. Mohon info dari Pa Yayan berapa plafon maksimal yang bisa saya dapat dari BNI Syariah dengan cicilan tsb diatas jika masa kreditnya 15 tahun atau 10 tahun. Rumah saya ada di daerah islamic village karawaci tangerang. Berapa margin yang diberikan BNI Syariah saat ini untuk masa kredit 10 atau 15 tahun. Syarat take over apa saja dan kira-kira perlu biaya berapa totalnya? Pendapatan saya join income dengn istri sekitar 7 jt / bulan. Terima kasih

    NB. Mohon dibalas by email che@stanley.co.id

  306. linda Says:

    Dear pak yayan,
    mohon infonya, saya berencana untuk beli rumah di daerah tangerang dgn harga 250 jt, dp 50 jt dan sisanya sy kpr kan.
    THP sy 6 jt per bulan dan sy punya penghasilan tambahan +/- 4 jt per bulan (dari usaha toko kelontong).
    Informasi yg sy dapat dr marketing rumah, cicilan per bulan utk kpr biasanya max 30% dr THP, sy hitung dgn penghasilan tetap sy skrg cicilan yg hrs sy byar 2 jt, tp sy inginnya mau cicil diatas 2 jt.
    Apakah bisa dgn pertimbangan sy punya usaha sendiri? syarat2nya apa saja?
    Mohon dibuatkan simulasinya untuk kpr di bni syariah (btw bunga-nya skrg brp % ya? dan dp min brp %).

    terimakasih
    linda

    • Yayan Syahrial Says:

      @Linda
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 250 Jt
      DP = Rp. 50 Jt ( DP min 20% )
      Plafond = Rp. 200 jt
      Angsuran = Rp. 2.596.111 ( 15 th / Margin 8,91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,5 jt )
      Perhitungan Angsuran bisa 40% dari THP atau penghasilan perbulan, penghasilan usaha bisa di pertimbangkan tetapi tidak diakui 100% dan harus dilengkapi Domisili Ijin Usaha & Laporan Keuangan 6 bulan terakhir,,,,,
      Mohon info emailnya supaya sy bisa kirim persyaratannya….

      Terima kasih
      Yayan Syahrial
      Mobile : ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  307. khoenir Says:

    Dear Pak Yayan,
    Mohon informasi / simulasi KPR dengan:
    – Estimasi harga rumah IDR 550 jt
    – Estimasi DP 200-250 jt
    – Max angsuran / bulan: 4 – 5 jt / bulan
    – Est. jangka waktu KPR: 5-8 tahun.
    Terima kasih atas informasi yang diberikan

    Regard,
    Nier

    • Yayan Syahrial Says:

      @Khoenir
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 550 Jt
      DP = Rp. 250 Jt ( DP min 20% )
      Plafond = Rp. 300 jt
      Angsuran = Rp. 4.957.500 ( 8 th / Margin 7,33% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 12.4 jt )

      wasalam

      • berusaha menyayangi ibu Says:

        Asslm Pak Yan…
        Saya mau tanya kami sdh men dapat KPR di BNI Syariah Bogor berjalan sudah 1,5 thn pada akhir tahun kemarin perusahaan tempat saya bekerja tutup dan sampai sekarang belum mendapat pekerjaan. Terus terang kami mengalami kesulitan dalam mencicil, apakah kami bisa negosiasi ulang atau mendapat kebijaksanaan tidak membayar cicilan dalam kurun waktu tertentu sampai saya mendapat pekerjaan. Mohon pencerahannya thoyafa@gmail.com

        Wassalam,
        Ahmed

  308. rudi Says:

    Pak Yayan,
    Apakah bisa saya mengambil kpr bni syariah sementara saya masih punya cicilan bni fleksi(41.6juta), cicilan selama 60 bulan dan sudah berjalan selama 12 bulan. Plafon kpr yang saya rencanakan mau ambil kisaran 100-120juta dengan durasi 120 bulan. Mohon advice & pencerahannya pak… terima kasih.

  309. rudi Says:

    Pak Yayan,
    Apakah bisa saya mengambil kpr bni syariah sementara saya masih punya cicilan bni fleksi(41.6juta), cicilan selama 60 bulan dan sudah berjalan selama 12 bulan. Plafon kpr yang saya rencanakan mau ambil kisaran 100-120juta dengan durasi 120 bulan. Mohon advice & pencerahannya pak… terima kasih. Jawaban juga bisa dikirim by email.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Rudi
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Plafond = Rp. 120 jt
      Angsuran = Rp. 1.757.000 ( 10 th / Margin 7,57% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,5 jt )

      Kalau masih ada cicilan bni fleksi bisa saja ambil kpr juga asalkan penghasilan bapak masih mencukupi untuk angsuran kprnya….

      salam

  310. Zihni Khodi Ramdhan (@babehdani) Says:

    Assalamualaikum wr wb,
    Yth. Pak Yayan atau rekan lain yg bisa memberikan saran/informasi:

    Harapan: Pembiayaan KPR harga rumah Rp. 850 juta

    Jika kami mempunyai pendapatan selama penugasan di luar negeri sekitar 30 jt/bulan selama 3 tahun, dan sekembalinya ke Jakarta dengan pendapatan sekitar 5 juta/bulan selama kurang lebih 3-4 tahun, lalu kembali ditugaskan di luar negeri dengan gaji sekitar 30 jt/ bulan selama 3 tahun, ( siklus penugasan sampai dengan masa pensiun, insyaAllah),

    Pertanyaan 1: dapatkah kami bisa mendapatkan pembiayaan KPR di Bank Syariah dengan jangka waktu yang cukup lama 10-15 tahun?

    Pertanyaan 2: Jika dapat, bagaimanakah lebih baik skema cicilan selama kami di dalam negeri dibandingkan dengan pada saat kami ditugaskan di luar negeri? apakah cicilan pada saat di dalam negeri dapat dihitung ulang?

    Referensi: Berdasarkan Informasi salah satu Bank Syariah, kami hanya disetujui pembiayaan KPR selama 3 tahun dengan memperhitungkan gaji selama di luar negeri dan mendapatkan pembiayaan/plafon sesuai kemampuan cicilan pada saat di luar negeri sisanya dicover oleh DP.

    terimakasih sebelumnya
    wassalamualaikum
    dani

    • Yayan Syahrial Says:

      @Dani
      Waalaikumsalam…..
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 850 jt
      DP 20% = Rp. 170 jt
      Plafond = Rp. 680 jt
      Angsuran = Rp. 8.826.778 ( 15 th / Margin 8,91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 22,1 jt )

      Syarat pengajuan yang terpenting adalah min 2 th sdh peg tetap..dan lebih baik data disiapkan supaya saya bisa menentukan bisa diproses atau tidaknya….

      rgd
      Yayan

  311. rendang putih Says:

    Ada yang bisa bantu saya kasih contact person untuk KPR BNI syariah, atau Muamalat atau Mandiri Syariah?
    Tolong dibantu yaa…

    email saya
    faiz.reborn@gmail.com

    Terima kasih

  312. putri Says:

    Pak yayan,saya berencana beli rumah di probolinggo seharga 130jt,mohon simulasi kpr bni syariah 10 dan 15th,domisili surabaya,tp kerja di probolinggo. Kalau untuk profesional spt dokter apa saja persyaratannya? Dan pengajuannya apa bisa di BNI syariah surabaya? Terimakasih atas bantuan dan infonya

    • Yayan Syahrial Says:

      @Putri
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 130 Jt
      DP = Rp. 26 Jt ( DP min 20% )
      Plafond = Rp. 104 jt
      Angsuran = Rp. 1.522.733 ( 10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,8 jt )
      Angsuran = Rp. 1.349.978 ( 15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,3 jt )
      Syarat Profesional dokter :surat izin profesi, surat pengangkatan profesi, pendapatan / penghasilan 1 th terakhir….
      betul pengajuan di cab surabaya saja…..

      salam

  313. Nita Says:

    Assalamu’alaikum,

    Saya berencana mengambil kpr belum tau syariah apa konvensional, sekarang lagi cari-cari untuk syarat yang lebih mudah dan angsuran yang murah. Menurut teman-teman sekalian kpr bank mana yang bisa saya ambil dengan total pinjaman Rp. 100jt dan jangka waktu 10Tahun.
    Rumah yang mau saya ambil rumah second, tapi belum ada IMBnya…terus apakah syarat dari bank supaya rumah tersebut appraisalnya masuk dengan total pinjaman yang saya ajukan? Harga Rumah tersebut Rp. 150jt. Apakah bisa diajukan dulu kreditnya baru syarat IMB menyusul? Terima kasih masukan & infonya…

    Wassalamu’alaikum

    • Yayan Syahrial Says:

      @Nita…

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 150 Jt
      DP = Rp. 50 jt
      Plafond = Rp. 100 jt
      Angsuran = Rp. 1.575.833 ( 15 th / Margin 8,91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4 jt )…
      Untuk pengajuan Diwajibkan IMB disertakan….

      salam
      Yayan

  314. nadya Says:

    Assalamu’alaikum,

    Saya berencana mengambil rumah baru seharga 145 jt, Dp 29 jt sisanya 116jt ingin di KPR kan. THP saya 4.5 jt dan suami saya 2jt. Saat ini suami saya juga sedang mencicil ruma 500rb dengan KPR BNI serta mengikuti asuransi sunlife BNI 200rb setiap bulan.
    Mohon dibuatkan simulasi KPR BNI Syariah pak untuk 10th dan 15 thn.

    Terima Kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Nadya…

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 145 Jt
      DP = Rp. 29 jt
      Plafond = Rp. 116 jt
      Angsuran = Rp. 1.698.433 ( 10 th / Margin 7,57% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,3 jt )…

      Angsuran = Rp. 1.505.744 ( 15 th / Margin 8,91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3.8 jt )…

      salam
      Yayan

      • nadya Says:

        Terima Kasih Pak Yayan atas simulasinya.
        Dengan kondisi cicilan rumah suami saya apakah kalau saya mengajukan di BNI Syariah bisa diapprove pak? karena yg saya dengar apabila sudah ada cicilan rumah kemungkinan di approvenya sulit.
        Mohon advicenya Pak

      • Yayan Syahrial Says:

        @Nadya….
        Kalau di verifikasi gaji atau penghasilannya masih mencukupi….bisa ambil kpr lagi….yg pasti sesuai dengan kemampuan…

  315. lisna Says:

    Assalamualaikum wr wb

    P ak Yayan, saya berncana membeli rumah seharga 326 juta dengan DP 20%, dengan menggunakan BNI syariah berpa angsuran untuk 10, 12 dan 15 thn
    terimakasih

    pls reply to maulisna@yahoo.com

  316. fery Says:

    kalo Harga Rumah = Rp. 114 Jt & 119jt
    DP = Rp. 22 jt
    simulasi KPRnya gimana ya, Pak?
    thanks,

    • Yayan Syahrial Says:

      @fery
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 114 jt
      DP = Rp. 22 jt
      Plafond = Rp. 92 jt
      Angsuran = Rp. 1.194.211 ( 15 th )

      Harga Rumah = Rp. 119 jt
      DP = Rp. 22 jt
      Plafond = Rp. 97 jt
      Angsuran = Rp. 1.259.114 ( 15 th )

      Salam

  317. fitri Says:

    pak..mohon bantuanya krn saya masih baru urusan KPR…saya mw beli rumah sekitar harga 100 jt-an.. apakah ada kpr bank syariah yang mengakomodasi krn kadang bingung jg harus cari-cari rumah.. bagaimana perhitungan kalau gaji saya 3juta dan suami 2juta? berapa dp yang harus kami bayar? cara pengajuananya giman? mohon bantuannya dari pihak kpr bank syariah apa saja…

    • Yayan Syahrial Says:

      @Fitri…

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 100 Jt
      DP = Rp. 20 jt ( Min 20% )
      Plafond = Rp. 80 jt
      Angsuran = Rp. 1.171.333 ( 10 th / Margin 7,57% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3 jt )…

      Pengajuan bisa Hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

      salam

  318. muhammad iqbal Says:

    Assalamu’alaikum.
    Saya karyawan dengan gaji 4,5 juta sebulan. Saya ingin memulai bisnis batu mulia, dengan modal minimal 150 juta. Sebab saya harus mencari barang di luar negeri. Karena dengan membeli batu langsung dari penjual di luar negeri seperti di Srilangka dan India, harganya jauh lebih murah dan saya bisa menjualnya dengan keuntungan sampai 3 kali lipat. Nah, saya sudah mencoba mencari beberapa bank, namun memang yang di persyaratkan rumit. Adakah pinjaman dengan bunga minim yang memungkinkan saya memperoleh modal sebesar 200 juta rupiah?

    Terimakasih
    Salam Hormat
    Iqbal

  319. fitri Says:

    mas, mau tanya.. saya tinggal di bandung, rencana mau beli rumah second, harga rumah 190 juta…

    saya dan suami hanya punya modal 60 juta

    rumah SHM, klo kami yang beli lgsg ke notaris untuk balik nama.
    yang mau saya tanyakan, apa bisa kami mengajukan KPR dengan perlunasan dari bank dan nantinya klo sertifikat sudah atas nama kami di pegang oleh bank, dan kami nyicilnya bulanan ke bank…
    trus berapa nantinya kami nyicil tiap bulan…

    mohon infonya di kirim ke email saya fitri_amrita_st@yahoo.com

    dan klo ada contact person untuk wilayah bandung

    terimakasih…
    Fitri

  320. DeJo Says:

    Pak,

    sya ingin membeli RUmah Sekon seharga 300 juta
    untuk 15 thun..U.M 20%,Simulasi KPRnya bagaimana ya pa?
    trus biaya” apalagi ya pak selain DP yang harus saya tanggung?
    dan apakah pembelian Rumah Sekon juga ada appraisal yang fungsinya sama dengan bank konvensional

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Dejo
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 300 Jt
      DP = Rp. 60jt
      Plafond = Rp. 240 jt
      Angsuran = Rp. 3.115.333 ( 15 th / Margin 8,91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,8 jt )…
      selain dp biaya yg disiapkan adalah biaya kpr, notaris dan pajak.., rumah sekon ada prosea apraisal juga….

  321. aphiet Says:

    Saya mo KPR dengan harga rumah 335 juta, sy minta simulasi 10 dan 15 thn. joint income sekitar 7,5 juta. bank syariah mana kira2 yg lbh menguntung kan, kalo tdk berkeberatan sy minta simulasi dari bbrp bank syariah.makasih sebelum nya

  322. FANI BUDIJONO Says:

    Pak Yayan,
    Saya income 10jt mo KPR dg harga 200jt, ngajukan ke NIAGA konvensional dg bunga 1 thn pertama 9.88%,rencana ambil 10 th dg cicilan 2.366.768 (utk 180jt), selanjutnya saya belum tahu brp %bunganya utk thn berikutnya.Pertanyaan saya :
    -Brp maksimum % thn berikutnya & cicilannya ?
    -Apa benar jika Bank akan menaikkan suku bunga tanpa membritahukan ke NASABAHnya terlebih dulu ?
    – Bank konvensional mana yg mungkin mau membiayai KPR ini.
    Terima kasih atas jawabannya.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Fani
      Maaf saya tidak tahu perhitungan bank konvensional…. saya akan bantu perhitungan dari BNI Syariah…

      Perhitungan Angsuran
      Harga Rumah = Rp. 200 jt
      DP 20% = Rp. 40 jt
      Plafond = Rp. 160 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 2.342.667 ( FLAT SAMPAI LUNAS )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,9 jt )

      salam

      • laksmana Says:

        hi pak yayan,

        jika dengan plafond tersebut (160 juta) tetapi masa cicilannya selama 15 tahun, bagaimana perhitungannya?
        berapa gaji minimum yang di persyaratkan?
        terima kasih

  323. dodhy Says:

    mohon infonya ya mas,
    harga rumah yg mau saya beli 139jt.
    1. brp cicilan per bulan jika uang muka yg saya bayar 27,8jt ?
    2. brp cicilan per bulan jika uang muka yg saya bayar 34jt ?
    3. brp total pendapatan tiap bulan yg memungkinkan di approve BNI Syariah dari 2 pertanyaan saya diatas?
    trimakasih banyak infonya.

    • Yayan Syahrial Says:

      @dodhy
      Perhitungan Angsuran
      Harga Rumah = Rp. 139 jt
      DP = Rp. 27,8 jt
      Plafond = Rp. 111,2 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.443.438 ( FLAT SAMPAI LUNAS )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,7 jt )

      Harga Rumah = Rp. 139 jt
      DP = Rp. 34 jt
      Plafond = Rp. 105 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 1.362.958 ( FLAT SAMPAI LUNAS )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,5 jt )

      salam

  324. taufik Says:

    terimakasih atas sharing nya yg bermanfaat ini pak yayan….
    semoga bapak senantiasa diberkahi atas kemurahan hatinya untuk meluangkan waktu di sini…
    saya mau tanya pak, apakah bisa dari BNI konvensional take over ke BNI syariah???
    min 1 th ya…??
    sy ambil di Bandung, KPR rumah baru ( indent ) BNI harganya 284 jtan. dp-10%. dan sy telah bayar semua Pajak-pajak serta biaya-biaya AJB dan Notaris. cicilan perbulan 2,7 an untuk 1 th pertama. baru berjalan beberapa bulan..
    nah seandainya setelah 1 th sy mau take over ke BNI syariah, karena nanti akan 13% ( maksimal ) katanya tahun berikutnya.Nah kalo sampai setahun, kira-kira hutang pokoknya 247an juta. Kalo di take over ke BNI Syariah kira-kira gambaran nya bagaimana pak??? dan biaya yg mesti disiapkan??? apakah bisa di semua Bank BNI syariah saja, atau hanya berlaku ditempat bapak?? terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Taufik….

      Bisa…take over min 1 th di bank yg lama….
      KPR baru ( indent ) boleh DP 10% kalau developernya sdh kerjasama dg bni syariah , kalau belum atau tdk kerjasama DP min 20%…,
      Perhitungan Angsuran
      Plafond = Rp. 247 jt
      Margin 7,57% utk 10 th
      Angsuran = Rp. 3.616.492
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 9,1 jt )

      Plafond = Rp. 247 jt
      Margin 8,91% utk 15 th
      Angsuran = Rp. 3.206.197
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,1 jt )

      Biaya yg di keluarkan hampir sama dg pengajuan beli rumah baru…biaya KPR & Notaris…..
      karena propertynya di Bandung , Silahkan Hub BNI Syariah Cab Bandung…..

      wassalam

  325. neyna Says:

    mohon bantuannya saya mau membeli rumah seken dengan harga 80jt, py untuk dp 10 jt mo rencana lewat KPR. info gaji berdua 2,5 jt gmn solusinya. mhn sarannya

    • Yayan Syahrial Says:

      @Neyna

      Perhitungan Angsuran
      Harga Rumah = Rp. 80 jt
      DP = Rp. 16 jt Min 20%
      Plafond = Rp. 64 jt
      Angsuran = Rp. 830.156 utk 15 th ( FLAT SAMPAI LUNAS )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 2,1 jt )
      Syaratnya Min sdh peg tetap 2 th, jalanan rumahnya masuk mobil

  326. lutfi Says:

    Saya mau ambil rumah baru di pamulang senilai Rp.275 jt. Rencana via KPR BNI Syariah. DP-nya 30 Jt.
    Ya ng mau saya tanyakan :
    1. syarat 2x yg diperlukan untuk KPR (apakah perlu skep pengangkatan) krn saya g punya surat tsb. jika surat keterangan kerja pegawai tetap dari perusahaan ada.
    2. saya joint income dgn istri. total joint income 9 jt.
    3. cicilan per bulan berapa untuk 10th dan 15 th dengan margin brp?
    4. jika di tahun ke 5 saya mau melunasi sebagian apakah kena biaya tambahan/denda?
    5. bagaimana jika saya akan memperpendek cicilan jadi 10 tahun saja di tahun ke 5 apakah memungkinkan?

    Terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Lutfi
      Perhitungan Angsuran
      Harga Rumah = Rp. 275 jt
      DP = Rp. 55 jt Min 20%
      Plafond = Rp. 220 jt
      Angsuran = Rp. 2.855.722 utk 15 th
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,2 jt )

      Angsuran = Rp. 3.221.167 utk 10 th
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,2 jt )

      Ya..surat ket kerja dari perusahaan min sdh 2 th peg tetap..
      lebih jelasnya bisa hub sy langsung…di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

      salam

  327. setyo Says:

    P’ yayan, mohon bantuannya, saya mau ambil rumah di depok, harga rumah 260 jt, DP 40 Jt, gaji saya 8.5jt, status single, bagaimana ya perhitungan simulasi kpr untuk 15 tahun dan 10 tahun di bni syariah
    terimakasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Setyo
      Perhitungan Angsuran
      Harga Rumah = Rp. 260 jt
      DP = Rp. 52 jt Min 20%
      Plafond = Rp. 208 jt
      Angsuran = Rp. 3.045.467 utk 10 th
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,7 jt )

      Angsuran = Rp. 2.699.956 utk 15 th
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,8 jt )

      salam

  328. Efendi Says:

    Mohon Bantuannya

    Saya berencana membeli rumah second seharga Rp.150.000.000,-
    Untuk BNI syariah bagaimana simulasi KPRnya untuk jangka waktu 10th & 15th? Selain DP apakah ada biaya-biaya lainnya, jika ada biaya apa saja yg termasuk biaya lain-lainnya dan bagaimana perhitungannya?

    Untuk di BSM bagaimana simulasi KPRnya jika DP = Rp.0,- (tanpa DP).untuk jangka waktu 10th & 15th?

    Terimakasih

  329. windy Says:

    mba, pak…mohon dibantu untuk perincian pembiayaan dengan harga rumah 190juta dp30juta, kalo menggunakan bank syariah berapa cicilan per bulan saat ini, dan THP dari gaji saya per bulan 3,5jt…apakah bisa digunakan untuk KPR selama 15 th…
    Salam, Windy

    • Yayan Syahrial Says:

      @Windy
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 190 Jt
      DP = Rp. 38 jt ( Min 20% )
      Plafond = Rp. 152 jt
      Angsuran = Rp. 1.973.044( 15 th / Margin 8.91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5 jt )…

      Pengajuan bisa Hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  330. eka Says:

    selamat malam pak, saya ada rencana ingin membeli rmah seharga 250 jtan..brpakah mingimal gaji yg dpersyartkan..dan bisa tolong disimulasikan cicilan perbulanny dgn dp 20%?
    cat: sya bru diangkat sbg pns dgn gaji tetap 2,1 jt+tunjangan=3 jt
    sya juga berprofesi sbg dokter gigi d klinik swasta dgn pndapatan krg lebih 5 jt sebulan..apakah tunjangan pns juga diperhitungkan nantiny?tunjangan tersebut selalu sy trima setiap bulanny..dan apakah pndapatan saya di klinik jga masuk perhitungan?trimakasih ats pnjelasanny

    • AL Ashar Says:

      saya bekerja d BSM pembiayaan KPR simulasinya
      dp 20%= 50.000.000
      plafon =200.000.000
      untuk tunjangan apabila diterima tiap bulan bisa d pertimbangkan karena PNS. pendapatan d klinik juga bisa dipakai dengan menunjukkan surat praktek dan keterangan praktek di klinik.
      besarnya angsuran yang di perhitungkan sekitar 40% dari gaji. sekarang tinggal brapa tahun ibu mau ambil untuk pembiayaannya..
      misal.
      gaji ibu 5.000.0000
      angsuran 5.000.000*40%= 2.000.000
      dengan plafon ibu 200jt kira2 tenor yang bisa d ambil 10-15th.
      saya bisa bantu ibu proses untuk pengajuan KPR k Bank syariah mandiri.
      no.hp 08999 054 489

    • Yayan Syahrial Says:

      @Eka
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 250 Jt
      DP = Rp. 50 jt ( Min 20% )
      Plafond = Rp. 200 jt
      Angsuran = Rp. 2.596.111( 15 th / Margin 8.91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6.5 jt )…

      Pengajuan bisa Hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

      salam

  331. rian Says:

    Para marketing bank syariah : Permata, Mandiri, BRi & Muamalat, dll.
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya membutuhkan info terkini margin pinjaman 10 tahun & 15 tahun, berikut tipe marginnya (fix/effektif) dari bank2 anda bekerja.
    Untuk BNI syariah, berdasarkan timeline pak yayan, yg saya ketahui adalah 10 tahun = 7.57% & 15 tahun = 8.91% fixed.
    Terima kasih & wassalam atas atensinya

  332. rika Says:

    mau tanya , apa kpr di bni syariah yg sudah berjalan, bisa bambah pokok hutangnya lg?mksh pak yayan

  333. archnine Says:

    Aslm.
    Mohon bantuan dari rekan semua. saat ini saya sedang mencari pertimbangan bank mana yang tepat untuk proses KPR. saya sedang membangun rumah dengan developer perorangan. harga rumah 175juta, dengan DP 20%, status SHM. mohon perhitungan simulasi menggunakan perbankan syariah. posisi saya di Malang.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Archnine
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 175 Jt
      DP = Rp. 35 jt ( Min 20% )
      Plafond = Rp. 140 jt
      Angsuran = Rp. 1.817.278 ( 15 th / Margin 8.91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4.6 jt )…

      Pengajuan bisa Hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  334. Gunawan Says:

    Saat ini saya ambil KPR Mandiri dengan 13% selama 15thn sudah berjalan selama 2thn. Seandainya akan take over sebaiknya ke Bank (syariah) mana? Apa saja syarat utk take over? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Gunawan
      Take over bisa min 1 th di bank sebelumnya….
      Dokumen Pribadi : isi aplikasi BNI Syariah, Copy KTP suami/istri, kk, npwp, slip gaji 3 bulan terakhir, surat nikah, surat keterangan kerja, rek tabungan 3 bulan terakhir, pas photo, Copy surat perjanjian akad dg bank sebelumnya
      Dokumen dari Bank : copy Sertifikat, PBB dan IMB, Rekening Koran pinjaman & tabungan afiliasi min 6 bulan terakhir dan Surat keterangan Outstanding pinjaman terakhir . ( take over min sdh berjalan 1 th )

      salam

  335. sri gunting Says:

    Saat ini saya berencana menjukan pembelian rumah secara kredit melalui bank syariah, akan tetapi saya memiliki kendala kelengkapan dokumen yaitu IMB. yang mana letak rumah tersebut ada dalam suatu komplek perumahan. sedangkan yang saya tahu untuk perumahan komplek biasanya yang ada adalah side plan induk yang di buat oleh developer dan bukan perorangan. bisakah mengajukan KPR syariah dengan dokumen sertifikat hak milik tanpa adanya IMB. dan jika saya berencana mengajukan kredit selama 10 tahun KPR syariah atau kah Konvensional yang lebih ringan (harga rumah 315 juta dengan DP 40% dan joint income total 8 juta)

    • Yayan Syahrial Says:

      @sri gunting
      Rencana mau beli rumah dimana ? & perumahan apa ? IMB induk dari developer tidak masalah untuk pengajuan kpr…

  336. santi made Says:

    pak yayan,saya berniat membeli rumah seharga 415 juta,DP 150 juta,penghasilan saya 17jt,saya gak ada kredti di lembaga keuangan lain dan tidak punya kartu kredit,saya sudah bekerja 3tahun,namun saya baru aja pindah keperusahaan lain baru 7bulan,kira2 kalo saya mengajukan KPR lolos gak ya?dan tolong bantuin saya menghitung cicilan perbulan pak,trimakasih pak yayan

    • Yayan Syahrial Says:

      @santi made
      Kalau boleh tahu skr bekerja di perusahaan apa ? syarat pekerjaan adalah min 2 th peg tetap atau 1 th peg tetap dan lampirkan juga surat referensi pekerjaan yg sebelumnya….
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 415Jt
      DP = Rp. 150 jt
      Plafond = Rp. 265 jt
      Angsuran = Rp. 3.439.847 ( 15 th / Margin 8,91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,6 jt )…
      kalau perumahan di jadetabek utk pengajuan kirim datanya bisa langsung ke sy via email atau by post…
      salam

  337. yanto Says:

    Saya berencana take over kredit rumah dengan meneruskan kredit di BNI syariah dari penjual. Harga rumah tersebut sekitar 330 juta dan saya rencana meneruskannya untuk tenor 5 – 10 tahun, sekarang tenor kreditnya masih 15 tahun dan sudah berjalan 4 tahun. Berapa besar biaya – biaya yang diperlukan untuk proses tersebut ?
    Mohon bantuannya Pak Yayan untuk informasi dan sarannya. Terimakasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @YAnto….

      Untuk take over plafond pengajuan dilihat dari sisa outstanding dari bank yang lama setelah masa angsuran 4 th berjalan bukan dari harga rumah….biaya yang diperlukan sama seperti pengajuan kpr baru, spt biaya kpr dan biaya notaris..
      info selanjutnya bisa hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

  338. Rio Says:

    @sdr. Yayan;
    Maaf pak saya mau tanya saat ini saya ada rencana mau beli rumah dg KPR Syariah. Rumah ready,SHM ect (syarat2 bank terpenuhi). Harga dr penjual 100jt. DP yg saya mampu 20-30%. Yg saya tanyakan berapakah bank akan menyetujui plafond ke saya (rncn ambil 15th) dan berapa angsuran perbulannya (tetap/flat ato gmn?) trus keharusan min gaji pendapatan saya perbulannya vs plafond (versi bank).
    Sdkt info dr saya karyawan tetap dg NPWP. dan sampai saat ini tidak ada pinjam/kredit apapun dg bank/pembiayaan.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Rio

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 100 Jt
      DP = Rp. 20 jt ( Min 20% )
      Plafond = Rp. 80 jt
      Angsuran = Rp. 1.038.444 ( 15 th / Margin 8.91% ) Flat sampai Lunas
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 2.6 jt )…

  339. DCS Says:

    Teman saya karyawan kontrak sudah lebih dari 6 tahun. Setiap 2 tahun diperbaharui. Ingin sekali ambil KPR untuk membeli rumah indent yang dibangun oleh developer perorangan dengan harga Rp 235juta. Gaji beliau Rp 9,5jutaan/bulan. Mohon tips agar keinginannya bisa terpenuhi. Bank mana, berapa minimal DPnya, berapa angsurannya klo ambil 15 tahun (atau 5 tahun). Kalau bank mensyaratkan rumah harus ready, developer bersedia membangun dulu rumahnya setelah “secara prinsip” aplikasi KPR beliau disetujui… Terima kasih sekali…

  340. Winny Says:

    Saya dan suami pegawai negeri (dosen). Umur saya 50 tahun dan suami 51 tahun. Untuk dosen, kami pensiun umur 65 tahun. Kami berdua mempunyai tanggungan di bank. Gaji bersih yang tersisa dari suami Rp.3.500.000,00 dan saya Rp.2.500.000,00. Saat ini kami sedang merenovasi rumah dan memerlukan tambahan biaya. Serifikat dan IMB rumah atas nama saya. Pertanyaannya : (1) Kalau saya mengajukan pinjaman KPR dengan agunan sertifikat dan IMB rumah sebesar Rp.100.000.000,00, berapa tahun pinjaman tersebut dapat disetujui dan berapa cicilannya per bulan ? (2) Perhitungan bunga di BNI Syariah itu berdasarkan Flat Rate atau Anuitas ? Mohon kalau bisa balasannya disampaikan lewat email. Terimakasih

  341. Feby Dasriyanto Says:

    Assalamualaikum… saya ingin mengajukan kpr-syariah.. dengan harga jual 236 juta.. dan sekarang saya sedang proses pencicilan DP hingga 10 bulan sebesar 20%.. dari harga jual… kira-kira kpr-syariah apa yah yang lebih baik dr yang terbaik untuk proses kpr… mohon bantuannya… agar saya bisa prosesnya lebih cepat karena perumahan tempat saya ambil ini semua banknya Konvensional

    terima kasih

    Feby Dasriyanto

    • Yayan Syahrial Says:

      @Feby
      Pengajuan di bank syariah bisa walaupun belum kerjasama asalkan Sertifikatnya sdh pecah…
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 236 Jt
      DP = Rp. 47,2 jt
      Plafond = Rp. 188,8 jt
      Angsuran = Rp. 2.450.729 ( 15 th / Margin 8.91% ) Flat sampai Lunas
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,2 jt )…

  342. Suryo Gusur Says:

    mohon info simulai KPR dengan harga perumahan 115 juta.untuk kondisi berikut :
    -DP 30 jt jangka waktu 15 tahun
    -DP 25 jt jangka waktu 15 tahun
    Berapa pendapatan min perbulan yang disyaratkan?
    pembayarannya flat sampai selesai atau bisa berjenjang?

    • Yayan Syahrial Says:

      @Suryo
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 115 Jt
      DP = Rp. 25 Jt
      Plafond = Rp. 90 jt
      Angsuran = Rp. 1.168.250 ( 15 th / Margin 8.91% ) Flat sampai Lunas
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3 jt )…

      DP = Rp. 35 jt
      Plafond = Rp. 80 jt
      Angsuran = Rp. 1.038.444 ( 15 th / Margin 8.91% ) Flat sampai Lunas
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 2.6 jt )…

  343. edja79 Says:

    saya sedang menunggu konfirmasi dari bank syariah mandiri utk proses selanjutnya..sbnarnya prosesnya brp hari krj dr proses stlh berkas yg saya sdh ajukan..saya menerima tlp konfirmasi satu kali tepatnya hr rabo minggu sblmnya,stlh itu apakah ada tlp konfirmasi lagi atau bgmn?trus saya mau menanyakan klo bunga yg saat itu 8.12 persen dr bank BTN skitar bln sept oktober 2010,sampai menunggu bbrp lama akhirnya pihak developer memindahkannya atau ganti bank lain yaitu syariah mandiri..?apakah dgn ganti bank hrg kpr dan bunga/marginnya yg ditetapkan itu sama nilainya dgn yg skrng..?brp nilai angsurannya /bln jika hrg kpr-nya Rp.89.550.000 dgn bunga kpr mandiri syariah skrg ini..?

  344. edja79 Says:

    brp sih bunga kpr syariah mandiri skrg..klo harga kpr-nya 89.550.000 jt brp angsuran/blnnya..?

  345. masnurimansyah Says:

    kalau saya pinjam 100juta or 150juta selama 5tahun.brp cicilan perbulan dibni syariah yach

  346. Yadi Says:

    Bp/Ibu dari BNI Syariah, BSM atau Bank syariah yg lain,
    Mohon dibantu di jelaskan pd saya krn Saya berencana ajukan KPR di Bank Syariah, dng data pinjaman sbb :
    -Harga Rumah : 315 jt
    – DP : 100 jt
    – lama pinjaman : 10 th
    – Penghasilan : 8 jt (THP)
    terima kasih,

    • Yayan Syahrial Says:

      @Yadi
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 315 Jt
      DP = Rp. 100 jt
      Plafond = Rp. 215 jt
      Angsuran = Rp. 3.147.958 ( 10 th / Margin 7,57% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8 jt )

      Rgd
      Yayan

  347. daffa Says:

    mohon info simulai KPR dengan harga perumahan 180 juta.untuk kondisi berikut :
    -DP 23 jt jangka waktu 15 tahun

    Berapa pendapatan min perbulan yang disyaratkan?
    pembayarannya flat sampai selesai atau bisa berjenjang?

    • Yayan Syahrial Says:

      @daffa
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 180 Jt
      DP = Rp. 36 jt ( min 20% )
      Plafond = Rp. 144 jt
      Angsuran = Rp. 1.869.200 ( 15 th / Margin 8.91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,8 jt )
      Angsuran Flat Sampai Lunas 15 th…….

      • bluesasori Says:

        Pak Yayan, perhitungan angsurannya bagaimana ya. Kalau menurut perhitungan orang awan seperti saya dengan margin 8.91% bukannya angsurannya sekitar 1.200.000,- Apakah ada perhitungan persen2 lainnya.
        Mohon pencerahannya?
        Terima kasih

  348. Anis Says:

    Sya mau kpr rumah dibalikpapan dgn plafond 140jt berapa cicilan selama 15thn dgn bunga flat sampai lunas dan berapa biaya akad kpr . Terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @ Anis
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Plafond = Rp. 140 jt
      Angsuran = Rp. 1.817.278 ( 15 th / Margin 8.91% ) Flat sampai Lunas
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,7 jt )
      Asumsi biaya KPR 4% – 5% dari plafond

  349. Nabil Says:

    Malam pak Yayan,

    Mau menanyakan,
    Saya berniat beli tanah 140 jt di daerah Bekasi
    kondisi saat ini ada uang 20 jt, berencana mengajukan KPR
    Mohon pencerahannya syarat syarat yang harus dilengkapi
    Saat ini penghasilan 4.7 jt/ bln bersih. Baru bulan Oktober pengangkatan,
    Pengalaman 1 thn di tempat sebelumnya dan 1 thn masa kontrak pekerjaan yg sekarang ….

    apakah masih bisa mengajukan KPR, rencana mau ambil 10 thn.

    Thks byk sblmnya …

    Nabil

    • Yayan Syahrial Says:

      @Nabil
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Tanah = Rp. 140 Jt
      DP = Rp. 42 jt ( Pembelian Kavling DP min 30% )
      Plafond = Rp. 98 jt
      Angsuran = Rp. 1.434.883 ( 10 th / Margin 7,57% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,8 jt )
      Mohon Maaf karena usia pegawai tetapnya belum 1 th belum bisa pengajuan di BNIS

      Salam

  350. zaki Says:

    selamat siang semuanya, saya ada rencana ambil rumah di telaga bestari tangerang dengan harga 276000000, apakah di kpr syariah ada yang bisa dp10% dan kl saya cicil 15 tahun kira2 berapa perbulannya dan biaya apa saja yang harus saya keluarkan dalam proses kpr tsb. terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @zaki

      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 276 Jt
      DP = Rp. 55.2 Jt ( Min DP 20% )
      Plafond = Rp. 220,8 jt
      Angsuran = Rp. 2.866.107 ( 15 th / Margin 8.91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,2 jt )
      Angsuran Flat Sampai Lunas 15 th……
      Biaya yg harus di keluarkan setelah disetujui adalah Biaya KPR, Notaris & Pajak (BPHTB)

      Salam
      Yayan – BNI Syariah Fatmawati

  351. JAS Says:

    Teman-teman bagi kalian yang berniat untuk memiliki rumah atau ingin merenovasi rumah dengan KPR, BNI Syariah memiliki produk Griya IB Hasanah untuk mewujudkan keinginan kalian 🙂
    Griya IB Hasanah merupakan produk pembiayaan dari BNI Syariah yang menggunakan prinsip jual beli (murabahah).
    Dengan menggunakan fasilitas Griya IB Hasanah ini, nasabah akan merasa lebih tenang karena dengan pembiayaan syariah terhindar dari transaksi yang ribawi.
    Keunggulan lain yang didapatkan dengan menggunakan IB Griya Hasanah, antara lain:
    Angsuran bersifat tetap (flat) sampai lunas
    Uang muka/DP ringan, mulai dari 10%
    Jangka waktu pelunasan sampai dengan 15 tahun
    Pembayaran angsuran langsung di-auto debet oleh bank
    Tarif bersaing
    Maksimum pembiayaan sampai dengan Rp 5 milyar
    Jumlah angsuran akan disesuaikan dengan kapabilitas nasabah, sehingga tidak memberatkan pada saat membayar angsuran

    Persyaratan umum untuk mengajukan Griya IB Hasanah, antara lain:
    Usia pemohon minimal 21 tahun
    Usia pemohon sampai dengan akhir jangka waktu pembiayaan adalah 55 tahun (pegawai) dan 60 tahun (pengusaha, profesional)
    Karyawan/wiraswasta/profesional dengan masa kerja minimal 2 tahun
    Mempunyai penghasilan tetap dan mampu mengangsur
    Memenuhi persyaratan berdasarkan penilaian bank.

    Selain Griya IB Hasanah, BNI Syariah juga memiliki produk pembiayaan lain, seperti: Talangan/Tabungan Haji dan Wirausaha Syariah.

    Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menghubungi marketing BNI Syariah Jakarta Barat.
    Terima Kasih 🙂

    PT Bank BNI Syariah Jakarta Barat
    Ruko Mediterania No. 1
    Jl. Meruya Ilir Raya
    Jakarta Barat
    (021) 5866388

  352. edwar Says:

    Saya berkeluarga belum punya anak,….ingin punya rumah didaerah ditangerang atau bekasi. Sudah 7 tahun menjadi PNS, sekarang (sudah 6 bulan) ditugaskan pada salah satu Lembaga Negara/Pemerintah, dengan gaji 13 juta/bulan. Jika ingin mengajukan KPR BNI syariah, berapakah harga rumah maksimal yang didapatkan dan berapa angsuran per bulannya? terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @Edwar
      Kalau Gaji Rp 13 Jt, Plafond yg diajukan ke Bank bisa 350 Jt – 400 Jt dg Angsuran 5 jtan per bln….dengan asumsi 40% dari total penghasilan perbulan..

      Pengajuan bisa Hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

      salam
      Yayan

      • edwar Says:

        pak yayan punya recomendasi perumahan ditangerang ato bekasi ga? baik baru ataupun bekas, dg kriteria sbb :
        1. Diutamakan luas tanah diatas 100 m2 (bentuk dan luas rumah tidak terlalu penting)
        2. Rumah sederhana dg luas tanah 60 m2 juga bisa, nanti bisa diambil 2 bersebelahan (satu lagi milik orang
        tua/istri)
        3. DP ringan
        4. Diutamakan yg dekat dg stasiun kereta (untuk Tangerang)

        Jika ada bisa tlg kirimkan brosur beserta tabel cicilannya.

      • Yayan Syahrial Says:

        @edwar
        Pak edwar…Pengajuan bisa Hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

        salam
        Yayan

    • Yayan Syahrial Says:

      Pak edwar….bisa saya minta no hp bapak ? smsin aja ke hp sy….tq

      • edwar Says:

        pak yayan, sy tidak bisa menemukan no hp bapak. Ada satu hal lag yg ingin saya tanyakan. Jika dg penghasilan 15,5 juta /bulan. Ada kredit dibank 1,5 jt/bln selama 3 thn. Jika ingin mengambil KPR dg bni syariah dg cicilan 5,1 jt/bln selama 10 thn apakah bisa?

      • Yayan Syahrial Says:

        @edwar
        Pak edwar…Pengajuan bisa Hub saya di ((021) 70651550, 0856 91414 994, 0812 836 92 410 )

        salam
        Yayan

  353. zakiyah ulya Says:

    saya pns dengan penghasilan 3 jt perbulan dan suami 2 jt. kami mau membeli rumah dengan harga 225 jt di bukittinggi.DP 30%. jika mengajukan KPR BNI syari’ah, berapa angsuran perbulannya?

    • Yayan Syahrial Says:

      @zakiyah
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 225 Jt
      DP = Rp. 67 Jt
      Plafond = Rp. 158 jt
      Angsuran = Rp. 2.050.928 ( 15 th / Margin 8.91% )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,2 jt )
      Angsuran Flat Sampai Lunas 15 th……

  354. rika Says:

    Pak yayan,mau tanya.sya sdh kpr di bni syariah surabaya. Bru berjalan 5bln dgn jngka waktu 5th. Apa di bni syariah bisa menambah pokok hutangnya?mksh infonya

    • Yayan Syahrial Says:

      @Rika
      kalau tambah pokok hutang saja tidak bisa…tetapi kalau tambah pokok hutang untuk pengajuan Renovasi bisa….

      salam
      Yayan

  355. fikry Says:

    pls info saya berencana mau ambil rumah dengan harga Rp.359 Jt dengan DP 100JT penghasilan saya per bulan suami istri -/+ 10jt berapa cicilan per bulan untuk tenor 10 tahun atau 15 tahun fix.

    • Yayan Syahrial Says:

      @fikry
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 359 Jt
      DP = Rp. 100 Jt
      Plafond = Rp. 259 jt
      Angsuran = Rp. 3.792.192 (10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 9,5 jt )

      Angsuran = Rp. 3.361.964 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,5 jt )

  356. dhani Says:

    Pak yayan, mohon informasi utk kpr di bni syariah jika ingin melakukan pelunasan dipercepat apa saja syarat2nya? mohon disertai contoh perhitungannya. Terima Kasih.

    • Yayan Syahrial Says:

      @dhani
      untuk pelunasan di percepat langsung saja hub saja ke bni syariah utk pelunasan…perhitungannya sisa pokok + 1 kali margin….

  357. Teguh S Says:

    Dear Pak Yayan,

    Mohon Informasi saya berencana ambil rumah dengan harga 480 jt, dengan DP 100 jt. Angsuran perbulanya berapa selama 10 th dan 15 tahun di BNI syariah. Berapa Marginya?. Apakah ada persyaratan khusus dari BNI selain persyaratan umum KPR seperti sudah menjadi nasabah BNI syariah selama waktu tertentu.

    Regards,
    TS

  358. RA Says:

    Dear Pa Yayan,

    Mohon informasi, kalo total joint income saya dan suami adalah 4,8 juta..kira2 berapa plafond kredit dan jangka kredit yang di acc… bagaimana menghitung kemampuan bayar kami?.

    Terima kasih.
    Regards,
    RA

    • Yayan Syahrial Says:

      @RA
      Penghasilan 4,8 jt kemungkinan mendapatkan plafond 140 jt, kemampuan bayar angsuran max 40 % dari penghasilan…

      rgd

  359. yusufipoenx2001 Says:

    Dear Mas Anjar dan Marketing KPR,
    Saya rencana nya beli rumah seharga 550 Juta dan saya ada DP 200 Juta, Kalau saya mau ambil cicilan 10 Th atau 15 tahun berapa cicilannya dan berapa Biaya Admin, Provisi dan BPHTB?..

    Apakah benar jika developer perorangan tidak kena BPHTB?..
    Saya sudah balik nama rumahnya atas nama saya berarti nanti tidak kena Biaya Notaris?..

    Saya memiliki mobil seharga 130 Juta, Sebaiknya saya menjual mobilnya untuk menambah DP atau nggak ya? dari segi financial lebih menguntungkan yang mana? Mohon masukannya..

    Terima Kasih

  360. imat Says:

    dear pa yayan,
    saya berencana mengambil rumah seharga Rp. 70 jt di daerah kab. bandung dgn kpr syariah, kira-kira berapa angsuran dan margin di kpr syariah selama 10 tahun dan 15 tahun sedangkan pendapatan saya hanya 2,3 jt/bln? apakah di kpr BNI syariah ada yang tanpa DP dan biaya apa saja yang harus dipersiapkan? mohon infonya. terima kasih

    • Yayan Syahrial Says:

      @imat
      Maaf tanpa DP belum bisa , DP min 20%…
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 70 Jt
      DP = Rp. 14 Jt
      Plafond = Rp. 56 jt
      Angsuran = Rp. 819.933 (10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 2,1 jt )

      Angsuran = Rp. 726.911 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 1,9 jt )

      Rgd
      yayan

  361. putudevi Says:

    kalo untuk usaha dibekasi bisa ga ya pa,saya ada rencana mau beli rumah harga 650 jt. mohon persyaratannya.trims

    • Yayan Says:

      @putudevi
      Bisa….tetapi kalau di setujui akadnya di bni syariah fatmawati
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 650 Jt
      DP 20% = Rp. 130 Jt
      Plafond = Rp. 520 jt
      Angsuran = Rp. 6.749.889 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 17 jt )
      persyaratannya : ktp suami/istri, kk,srt nikah,npwp pribadi & usaha, siup,tdp,skdp,akte pendirian,neraca,lap keuangan…

      rgd
      Yayan ((021) 70651550, 0812 836 92 410 )

  362. candra Says:

    klo pengajuan KPR harga 143 juta untuk 15 th berapa ya angsurannya,,saya karyawan tetap suadah 2 thn,,DP saya siapkan 20 %,,,

    • Yayan Says:

      @chandra
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 143 Jt
      DP 20% = Rp. 28,6 Jt
      Plafond = Rp. 114,4 jt
      Angsuran = Rp. 1.484.976 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,8 jt )

      rgd
      Yayan

  363. Andry Says:

    Assalamualaikum wr wb
    Saat ini saya berencana utk mencari bunga yang lebih murah atas KPR saya yang telah berjalan sekitar 2 thn disalah satu bank konvensional. Mohon infonya berapa cicilan perbulan yang harus saya bayarkan jika saya ingin pindah KPR BNI syariah dengan jumlah pinjaman 1.3 M selama 8 tahun. Berapa margin yang diberikan BNI Syariah saat ? apa saja persyaratan dan biaya biaya yang harus dibayar utk proses take over ini? terima kasih atas bantuannya
    NB. Mohon dibalas by email gedubrak08@yahoo.com

  364. tery Says:

    Butuh info dari teman-teman semua yang paham tentang KPR BMS, BNI Syariah dan BTN Syariah bila saya mau membeli rumah second harga 250 juta , mampu DP 20% nya. Gaji plus tunjangan saya PNS 3.500.000 berapa perhitungan cicilan saya bila ingin KPR 15 tahun. Lalu, apa bisa menggabungkan gaji calon suami yang kerja di KONI DKI gaji 3.500.000? karena rencana rumah tsb akan qt tempatin bersama stlah nikah 3 bln lg. Mohon infinya ya. Trims

    • Yayan Syahrial Says:

      @tery
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 250 Jt
      DP 20% = Rp. 50 Jt
      Plafond = Rp. 200 jt
      Angsuran = Rp. 2.596.111 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 6,8 jt )
      kalau masih calon suami belum bisa utk join income..

  365. nathania Says:

    assalamualaikum…..
    saat ini saya ambil rumah indent di surabaya tepatnya daerah gunung anyar dan dalam proses pengajuan kpr di bank jatim syariah, btn syariah, mandiri syariah dan bni syariah. Dari bank btn dan jatim syariah saya sdh dpt konvirmasi berapa pinjaman yg di acc tinggal nunggu konfirmasi dr bsm dan bni syariah. dari bank btn syariah di acc 205 jt dr pengajuan 218.750.000 dengan angsuran Rp 3.000.809,- saya rasa angsuran tersebut sangat mahal dan tidak sesuai dg keterangan marketing bank ( saat itu katanya dg jmlh krp 218.750.000 angsuran tiap bln sebesar 2.805.000) jd saya putuskan untuk nunggu konfirmasi dr bnis atau bsm.
    Yang mau saya tanyakan :
    1. apa benar proses persetujuan kpr di bnis atau bsm itu ribet sprti apa yg dikatakan oleh salah seorang pegawai developer ( katanya pakai survey ke lokasi )? klo memang benar demikian apa kpr bisa disetujui jika rumah blm dibangun/dlm proses pembangunan tp sdh ada kerjasama antara developer dan bank
    2. Joint income kami Rp 10.700.000 dan ada tanggungan kredit di bank lain dg angsuran per bln 867.000 selama 3 thn kira2 berapa plafound pinjaman yg akan di acc oleh pihak bank?
    harga rumah : 275.000.000
    dp : 56.250.000
    kpr : 218.750.000
    3. berapa lama proses kpr di bni syariah?
    4. tolong dijelaskan tentang simulasi angsuran 15 tahun dan biaya realisasi yg sebenarnya (jgn spti btn syariah) biar costumer tdk merasa kecewa
    tolong penjelasanya ya pak…..
    wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @nathania
      waalkmslm
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 250 Jt
      DP 20% = Rp. 56,250 Jt
      Plafond = Rp. 218,750 jt
      Angsuran = Rp. 2.839.497 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,5 jt )
      Setelah data lengkap max 2 minggu sdh ada jawaban persetujuan atau tidak…

      wass

  366. Ferinaldi Says:

    Assalamualikum
    Saya mau mengajukan KPR harga rumah 150 Juta, pinjaman saya 135 Juta, saya punya DP 15 juta dan biaya2 lain dan pajak ada 15 juta juga
    saya mau tanya apa saya bisa disetujui apa bila KPR saya sebelunya sering tunggakan dan sekarang sudah selesai tunggakannya, masih ada ngsuran 3 tahun lagi…apa masalah dalam pengajuan kpr sariah saya ini ??
    penghasilan saya dan istri bersih 8 juta dan kotor 12.1 juta
    mohon pencerahannya

    • Yayan Syahrial Says:

      @ferinaldi
      kalau hasil BI cheking kurang bagus dan sering macet, kemungkinan besar di tolak dari bank…

      thx

  367. dewi Says:

    Aslkm,,, selama ini saya menggunakan kpr konvensional dan ingin pindah ke kpr syariah. pak yayan saya mau tanya, kalo mau take over kpr itu persyaratan nya apa saja& biaya apa saja yg harus di bayar?mohon info nya jika jumlah pinjaman nya 250 jt selama 10 tahun.berapa angsuran per bulan nya yg harus saya bayar jika pindah ke KPR BNIS? berapa margin BNIS skrng? terima kasih,,,,wassalam

    • Yayan Syahrial Says:

      @dewi
      waalkmslm
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Plafond = Rp. 250 jt
      Angsuran = Rp. 3.587.500 (10 th ) Flat
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 9 jt )
      margin sampai akhir april 2012 adlh 7,22% (10 th)
      biaya yg disiapkan notaris & kpr asumsi 7% dari plafond..
      syaratnya standard seperti pengajuan baru & sisa outstanding, copy sertifikat,pbb & imb diminta dari bank sebelumnya…

      wass
      yayan

  368. erpan Says:

    ass mualikum
    Assalamualikum
    Saya mau mengajukan KPR harga rumah 205 Juta, , saya punya DP 55
    juta untuk 10 th berapa ya angsurannya,
    saya karyawan swasta (tetap – 5 tahun ) gaji saya 5.9 juta /bulan

    • Yayan Syahrial Says:

      @erpan
      waalikumsalam
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 205 Jt
      DP = Rp. 55 Jt
      Plafond = Rp. 150 jt
      Angsuran = Rp. 2.196.250 (10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,8 jt )

      rgd
      yayan

      • dragon1 Says:

        pak Yayan,
        BNI syariah bisa pembiayaan kavling tanah? terus sekarang margin nya setara d berapa persen untuk jangka waktu 15 tahun? persyaratanya apa saja and berapa lama proses approvalnya?
        minta no hapenya klo boleh, saya di 081398706262

        salam
        bambang

  369. Marmoeth Says:

    Pak yayan, mohon bantuannya untuk simulasi kredit BNI syariah.

    Bila pendapatan saya i adalah 11 juta juta..kira2 berapa plafond kredit dan jangka kredit yang di acc ?

    Terima kasih pak.

  370. all_explorer Says:

    @Yayan Syahrial
    numpang nanya dong Pak
    saya mau kpr rumah yg murah, ditawarin temen kalo ga salah 65jt-nego
    gaji saya cuma 2.25jt/bln
    mau dicicil 5-6thn, kira2 bisa ga tuh?
    thx

    • Yayan Says:

      all_explorer
      Harga Rumah = Rp. 65 Jt
      Dp = Rp. 13 jt
      Plafond = Rp. 52 Jt
      Gaji 2,25 Jt, Bisa di setujui pakai angsuran fleksibel 5 th
      (1-2 th ) angsuran Rp. 872.775,-
      (3-5 th ) angsuran Rp. 1.357.649,-

      rgd

  371. ken Says:

    Pak Yayan, mohon bantuannya untuk simulasi kredit BNI syariah.
    Pinjaman sebesar Rp 250jt, 10 tahun, margin sekarang brp ya pak ?
    Dan apabila diakhir tahun ke-5, saya ingin melakukan pelunasan seluruhnya. Berapa yg harus saya bayar pak ?

    Sebelumnya terima kasih pak atas bantuannya.
    Ken

    • Yayan Says:

      @Ken
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 250 Jt
      DP = Rp. 50 Jt
      Plafond = Rp. 200 jt
      Angsuran = Rp. 2.870.000 (10 th ) margin 7,22%
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 7,5 jt )

      rgd
      yayan

  372. santosablog Says:

    Pak yayang, saya ingin beli rumah baru / bekas dengan DP 10 % bisa?

  373. alex Says:

    Pak Yayan.. saya rencananya mau ngambil rumah seharga 700jt. Berapa cicilan per bulan utk 15 th jika plafond kredit 500jt dan 600jt? dan bagaimana persentase pokok dan margin utk cicilan bulanannya? apakah sama seperti bank konvensional yang bunga dibayar diawal2 tahun? karena ini salah satu alasan saya tertarik kpr syariah. terimakasih.

    • Yayan Says:

      @alex
      Ada 2 versi angsuran :
      Plafond 500 jt
      Jangka Waktu 15 th ..
      1. Angsuran Reguler Rp. 6.490.278 (min gaji Rp. 16,5 Jt )
      2. Angsuran Fleksibel
      (1 – 2 th) Rp. 4.961.023 & (3 – 15 th) Rp. 6.869.109
      (min gaji Rp. 12,5 Jt)
      Info selanjutnya bisa hub sy : (021) 70651550, 081283692410

      rgd
      Yayan

  374. 162d'LAPAN Says:

    as

  375. adi Says:

    @pak yayan,

    ada alamat email yang bisa di hubungi? ada yang ingin saya tanyakan mengenai layanan KPR di BNI.

  376. catur Says:

    yth Bpk Yayan, saya tinggal di bandung dengan penghasilan 6,2 jt/bln, potongan pinjaman dari bank lain 1.4 jt/bln karena setahun yang lalu pinjam dana 73 jt untuk membeli rumah seken secara cash.saat ini saya berencana akan membeli rumah seken lagi namun dengan kpr, harga rumah tersebut 160jt belum dinego, kemungkinan bila nego menjadi 150-145jt.apakah kpr akan meng-acc permohonan saya tersebut? saya berusaha untuk tidak menjual rumah yang pertama karena rencana akan dikontrakkan 700ribu/bln namun sekiranya kpr tidak meng-acc, rumah pertama akan saya jual saja.terimakasih atas jawabannya

    hormat saya….

    Catur – Bandung

    • Yayan Says:

      @catur
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 160 Jt
      DP min 20% = Rp. 32 Jt
      Plafond = Rp. 128 jt
      Angsuran = Rp. 1.661.551 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,2 jt )
      masih bisa disetujui dg sisa gaji yg ada….

      rgd
      yayan

  377. Rizkinya Rizki Says:

    pak yayan, klo simulasi BNI syariah utk

    Harga Rumah = Rp. 206 Jt (perumahan didaerah kota bogor)
    DP = 25%
    sya pnghasilan netto 5.3-5.8jt
    marginnya berapa yah…? flat atau anuitas…?
    trs biaya2 apa lagi yg hrs dikeluarkan…? kira berapa yah?

    tks

    • Yayan Says:

      @Rizki
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 206 Jt
      DP = Rp. 51,5 Jt
      Plafond = Rp. 200 jt
      Angsuran = Rp. 2.005.496(15th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,2 jt )
      Biaya yg harus disiapkan selain Dp adalah Biaya KPR, Notaris dan pajak….asumsi total semua 10% dari plafond

      rgd

  378. ocie Says:

    yth Pak yayan
    saya berencana beli rumah dengan harga 325 juta, rencana dp 20%, sisanya kpr dengan cicilan 15 thn
    saat ini saya bekerja sebagai pegawai tetap dengan penghasilan Rp 5.5 juta
    suami saya statusnya belum pegawai tetap, karena baru pindah kerja (11 bulan) namun sebelumnya bekerja sebagai peg.tetap selama 2 thn (surat ket. dr tempat kerja sebelumnya lengkap).
    dengan kondisi spt di atas berapa kira2 plafond pinjaman yg bisa bisa dikabulkan BNI syariah?

    terima kasih
    ocie

    • Yayan Says:

      @Ocie
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 325 Jt
      DP 20% = Rp. 65 Jt
      Plafond = Rp. 260 jt
      Angsuran = Rp. 3.374.944 (15th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 8,5 jt )
      Rencana ambil rumah dimana ?
      silahkan langsung lengkapi saja datanya…..

      Rgd
      Yayan
      BNI Syariah Fatmawati….
      Mobile : 081283692410
      email : yayan.bnisyariah@gmail.com

  379. rulyjaya Says:

    mohon penjelasannya,jika saya mau mengajukan pembelian rumah harga 110juta,,mau dicicil 10 tahun,,bunga berapa? dan apakah bunga itu dibebankan bnyak di depan?trimasiakh sbelumnya

    • Yayan Says:

      @rulyjaya
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 110 Jt
      DP 20% = Rp. 22 Jt
      Plafond = Rp. 88 jt
      Angsuran = Rp. 1.262.800 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 3,5 jt )
      Rencana ambil rumah dimana ?
      silahkan langsung lengkapi saja datanya…..

      rgd
      yayan

  380. evewings Says:

    Assalammu’alaikum Wr Wb
    Selamat Pagi / Siang / Sore,

    Yang Terhormat Bapak/Ibu/Saudara/Saudari,

    Dengan penuh kerendahan hati, saya memohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari untuk mengisi kuesioner online saya tentang: “Pemilihan KPR Syariah : Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia.” Besar harapan saya agar Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Khususnya Nasabah KPR Syariah Bank Muamalat Indonesia bersedia meluangkan waktunya (10 – 15 menit) untuk berkontribusi dengan mengisi kuesioner ini.

    Terima kasih atas partisipasi Anda dalam penelitian ini. Hormat Saya, Kharisma Faundria Amri

    I’ve invited you to fill out the form RISET KPR SYARIAH . To fill it out, visit:
    https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?fromEmail=true&formkey=dGJYTDFXSzVnZ1F3blRKaDJ4OFU2akE6MQ

  381. thya Says:

    dear pak yayan…. saya berencana membeli rumah seharga 180jt, penghasilan saya 3,5jt/bln saya ingin mengangsur selama 10th atau 15th.. kira DP yg perlu saya siapkan & perkiraan total biaya yg hrs disiapkan utk biaya2 kpr brp??? terima kasih

    • Yayan Says:

      @thya
      Perhitungan Angsuran BNI Syariah :
      Harga Rumah = Rp. 180 Jt
      DP 20% = Rp. 36 Jt
      Plafond = Rp. 144 jt
      Angsuran = Rp. 2.066.400 (10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,3 jt )
      Rencana ambil rumah dimana ?
      silahkan langsung lengkapi saja datanya…..

      Angsuran = Rp. 2.066.400 (10 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 5,3 jt )

      Angsuran = Rp. 1.822.400 (15 th )
      (Min pendapatan yg dipersyaratkan 4,7 jt )

      rgd
      yayan

  382. rini ambarwaty Says:

    Assalamuälaikum pak yayan…
    saya mau tanya, saya sudah ambil kpr di bni syariah dengan jangka waktu 15 th..dulu rencana mau ambil 10 th tapi dari bank bilang tidak bisa krn cicilan perbulan kurang dari sepertiga dari join income kami. nah, kami mau memajukan pinjmn kami dari 15 th menjadi 10 th karena alhamdulillah join income sekarang sudah naik.apa bisa pak?terima kasih

    • Yayan Says:

      @rini…
      waalaikumsalam….maaf utk di majukan jangka waktu tidak bisa kalau sdh berjalan….tetapi kalau ada rezeki lebih pelunasan sebagian saja…& sisanya di schrdule jangka waktu angsurannya lagi…..

      wass

  383. Tyas Says:

    Banyak pilihan bank yang menyediakan KPR.

  384. Denny Tupannudin Says:

    Ass. Wr.Wb.
    Saya ingin membeli rumah mertua…. Bisa gak sih melalui Bank Syariah?
    Hal ini sy lakukan agar tidak ada masalah yg timbul dikemudian hari…..

    thanx.
    Wassalam.

  385. fitri noor Says:

    Pak, saya ingin membuat rumah kos sederhana butuh dana 100 – 150 jt. jika pendapatan suami & istri 3 juta /bln. brp cicilan yang bisa diterima? terima kasih

  386. ahmad tauhid Says:

    saya mau mengajukan kpr u/ renovasi, plafon 150jt, 15 thn. domisili di DEmak, lbh mudahnya di Bank mana ya? sertifikat sdh a/n sendiri. mhn infonya ke E-mail : a.tauhid@yahoo.co.id! trms.

  387. rika Says:

    Maaf,mau tanya untuk bni syariah apa ada pembiayaan otomotif?klo ada syaratnya seperti ada.?trus minim dp sama bunga nya brp pak yayan?makasih infonya

    • Yayan Says:

      @Rika
      BNI Syariah ada utk pembiayaan oto…..langsung saja hubungi rekan saya namanya Bu.Arum – (021) 7696807 – 08, 75902925…..

      thx

  388. Novi Says:

    Pak Yayan,
    Saya dan suami berencana membeli kavling untuk dibangun sebuah rumah tinggal, kira2 pembiayaan dari BNI Syariah bagaimana ya? kami membutuhkan biaya untuk pembelian kavling dan by pembangunannya. Pendapatan suami saya bersumber dari :
    1. bekerja pada sebuah perusahaan dengan penghasilan tetap 2jt perbulan tp tdk ada slip
    2. wiraswasta dengan penghasilan fluktuatif sekitar 5jt sampai 8jt perbulan (transaksi keuangan melalui BCA) Mohon info ya pak Yayan, thx.

    • Yayan Syahrial Says:

      @Novi
      Bisa…pembiayaan BNIS max 80% dari total harga yg di beli…syarat2nya standart pada umumnya dan di tambah RAB nya saja sama gambar rumah yg akan di bangun…jika tidak ada slip dibuatkan saja surat ket penghasilan dan SPT di lampirkan juga & syarat2 usaha disiapkan juga…spt lap keu, neraca, ijin usaha dll…

      rgd
      yayan

  389. ayu Says:

    untuk sekarang bunga/margin kpr yang paling rendah bank apa yah? baik konvensional maupun syariah

  390. agustinus Says:

    sama dengan atas mohon bantuan dari para agent ,berapa rate kpr syariah dibank nya dan bagaimana procedure take over kprnya

  391. Titi Says:

    Pak Yayan yth. saya mau beli rumah dari developer seharga 165 juta, gaji 6,1 juta. di BNI syariah kalau beli rumah baru DP-nya berapa

  392. sarwoto Says:

    Halo semua. Saya ada rencana mengajukan KPR untuk rumah seharga 1,3M, DP 600juta. ingin mengajukan selama 15 tahun. Annual salary saya 445 juta p.a. Dengan penghasilan demikian apakah KPR saya bisa diapprove? Mohon info bagaimana caranya supaya bisa mengajukan KPR. terima kasih.

  393. edwar Says:

    Pak Yayan, saya KPR diBank lain. Jika ingin take over kredit ke BNI Syariah apa persyaratannta? Apakah hrs 1 thn dulu? Sisa kredit sy sekitar 300 juta atau bisa diturunkan menjadi 250 juta. Berapa cicilan perbulan utk jangka waktu 15 tahun? berapa gaji minimal? terima kasih

  394. Joe Vial Says:

    Hallo0o.. Mau tny dunk ttg take over. Selama 2 thn ini saya KPR di NISP cicilan 3,4jt/bln flat 2 thn, Total pinjaman saya 250jt utk 10 thn, skrg stlh 2 thn berjalan sisa 220jutaan. Trz pngennya pindah k bank syariah gtu yg angsurannya bs skitar 3,5jutaan. Kira2 di bank syariah mana yaa..? FYI gaji tetap suami saya 7,2jt tp biasanya sering tugas ke luar kota/ke LN jd per bln rata2 8-9jutaan. Thnx..

  395. sarwoto Says:

    ini blog mati ya

  396. Heryanto Says:

    Saya punya lahan 110 meter siap bangun di wilayah Bambu Apus, Jakarta Timur. Sampai saat ini belum terbit IMB karena informasi dari pihak Perizinan P2B, tanah yang bisa terbit IMB di lokasi itu hanya tanah minimum luasnya 200 meter. Jadi tanah yang saya punya tidak memenuhi syarat untuk terbit IMB Jakarta Timur.
    Status tanah tersebut adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) dengan lebar jalan di depan rumah sekitar 3 meter, bisa dilewati mobil. Saya berpenghasilan Tujuh setengah juta perbulan.
    Yang mau saya tanyakan, apakah saya bisa mendapat kredit sebesar dua ratus juta untuk membangun lahan saya tersebut dengan tenor 10 tahun dengan jaminan tanah tersebut.
    Terima kasih untuk penjelasannya.

  397. pramono Says:

    saya mau ajuin KPR BNI syariah, saya punya uang 60 jt dan harga rumah 185 juta. mau ajuin kpr 10 tahun. brpa angsuran perbulan?
    Trim

  398. Urz Says:

    Syariah benar-benar bagus (y)

  399. mufit rachmawati Says:

    pengalaman sangat bruk bgi. suami sya bkerja di bri syariah bgian uh. suami mau ambil pnjaman dr soflonya. nmun pengajuan dr suami trsebut ditolak dengan alasan bri syariah sdh stop landing. suami bkerja sdh hmpir 5 tahun. namun sgala prstasi n kerja kerasnya mnrutq sia2x.

  400. danislexaw Says:

    Sekarang makin banyak pilihan KPR yang berbasis syariah, jadi makin bingung mau pilih yang mana..

  401. Cari Tas Kate Spade Bekas Di Kaskus - Tas Wanita Aneka Model Says:

    […] KPR Syariah mana yang paling menguntungkan? | … – alfrizon Says: September 1, 2007 pukul 12:44 am. Saya ngambil pembiayaan di Bank Syariah Mandiri untuk beli rumah kemaren. Kalo di itung anuitas saya seperti kebayar …… […]

  402. Sewa Jas Pria Cinere - Tips Baju Pria & Cowo Says:

    […] KPR Syariah mana yang paling menguntungkan? | … – Saya sudah survey ke tiga bank (BTN syariah, BNI Syariah atau Bank Mandiri Syariah) dan saya pribadi paling cocok dengan BNI Syariah. Contoh kasus : 1. Niaga Syariah …… […]

  403. susilawati Says:

    saya uci d bandung saya berniat memperbaiki rumah,dana yg saya miliki saat ini 60jt nah untuk kekurangan nya saya berniat meminjam k bank,ada gak ya bank yg persyaratan nya gak ribet ty

  404. yad Says:

    saya mau coba kpr di bank.. tapi rumah secend. cara nya

  405. yad Says:

    saya mau coba kpr di bank syariah..tapi rumah secend caranya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s