KPR Niaga Syariah sama dengan KPR konvensional?

Selamat pagi Pak Anjar, saya tertarik dengan tulisan bapak mengenai KPR Niaga Syariah. Kebetulan saya ikut KPR Niaga Syariah juga, sudah jalan 15 bulan. Saya baru sadar pas 12 bulan kemaren waktu saya mau take over. Saya kaget ternyata hutang pokok saya baru di hitung 3 juta! Yang lainnya buat bayar bunga. Berarti sistemnya kayak konvensional aja dong.

Pak, kalau saya mau take over lebih baik ke konvensional atau ke syariah lagi ya? Saya berencana take over ke Mandiri, punya pengalaman KPR di bank Mandiri ga Pa? Dan berapa lagi dana yang kita butuhkan untuk take over ini? please sharing ya
Mba Shanty via email
Komentar:

Iklan

Kios kepemilikan strata title bisa untuk agunan tidak?

Dari beberapa artikel yg saya baca, katanya kios dengan status kepemilikan strata title bisa digunakan sebagai agunan kredit ke bank. Tapi beberapa hari lalu setelah bicara dengan marketing kredit dari 2 bank berbeda, ternyata di 2 bank tersebut kios strata title tidak bisa dijadikan agunan. Dan alasan yg diberikan sama sekali tidak memuaskan.
 
Tapi kalau unitnya berupa apartemen atau ruko -padahal sama-sama strata title, mereka bersedia.
 
Pertanyaan:
1. Apa betul kios strata title tidak bisa jadi agunan kredit bank?
2. Apa alasannya?
3. Atau sebetulnya ada bank lain yg bersedia menerima? Bank apa?
Mas Ryaku via email

Ditulis dalam Pembiayaan. 1 Comment »

Trend bunga fix 3 tahun

Sekarang rata-rata bunga fix KPR itu 3 tahun Mas, bukan 1 tahun seperti kita dulu.

Ya, dear KPR-ers mungkin ini berita baik terkait semakin terbuktinya bahwa tahun 2007/8 ini merupakan tahun yang paling baik untuk mengambil KPR. Kalau melongok ke 1 tahun ke belakang dimana bunga promo itu hanya 1 tahun, bunga yang sekarang rata-rata fix 3 tahun sudah pasti merupakan alternatif untuk memiliki rumah yang lebih baik.

List bunga promo KPR fix 3 tahun:
Bank Niaga:
Bank Permata:
Bank BCA: Fix n Cap
*data menyusul, ada yang mau menambahkan?

Ditulis dalam Pembiayaan. 5 Comments »

Kapan KPR BCA lebih baik dari KPR yang lain?

Jadi ceritanya begini, Kemarin Mba Icho -salah satu pembaca (setia) blog ini- SMS saya perihal proses approval KPR untuk rumah secondnya di kawasan Bintaro. Problemnya, rumah second miliknya ini diapprais terlalu rendah oleh salah satu Bank -kalau tidak salah Niaga- akhirnya Mba ini mencoba mengapprais di bank lain dan ternyata dari hasil appraisalnya paling bagus dan menguntungkan adalah bank BCA.  – So Mba Icho selamat ya untuk proses KPRnya.

Kasus Mba Icho ini mengingatkan kembali kepada saya bahwa pun diatas kertas Bank X lebih buruk dari Bank Y misalkan, tapi bisa jadi dalam beberapa kesempatan dan beberapa appraisal bank buruk bisa jadi memberikan keuntungan yang lebih besar daripada bank lain. (Survey dan tulisan singkat saya seringkali tidak merekomendasikan KPR via BCA)

Untuk rumah second khususnya, mungkin ada pengalaman lain yang sukses dengan KPR BCA?

Fix & Cap KPR BCA bagaimana ya?
Review program KPR BCA 9.9% fixed 50 bulan
Strategi menswap pembiayaan rumah tumbuh (via KPR BCA)

Ditulis dalam KPR BCA. 26 Comments »

KPR Syariah mana yang paling menguntungkan?

Saya sudah survey ke tiga bank (BTN syariah, BNI Syariah atau Bank Mandiri Syariah) dan saya pribadi paling cocok dengan BNI Syariah.

Contoh kasus :
1. Niaga Syariah :
Plafond 200 juta.
Masa cicilan 10 tahun
Suku bunga 13 % (effektif)
Maka didapat cicilan perbulan = 2,986,214.80
Jika ingin melunasi di akhir tahun ke-5(bulan ke-60), sisa Pokok Hutang =132,792,094.41

2. BNI Syariah
Plafond 200 juta.
Masa cicilan 10 tahun
Suku bunga 8.25% (flat)
Maka didapat cicilan perbulan = 3,041,666.667
Jika ingin melunasi di akhir tahun ke-5 (bulan ke-60), sisa Pokok Hutang =100,000,000

Terlihat kan keuntungan masing-masing… Baca entri selengkapnya »

KPR Syariah dan Bangunan semi permanen

Perkenalkan nama saya Lucky umur 27 th dari Kudus Jateng, begini mas saat ini saya lagi bingung cari KPR, saya baca di comment2nya kok kayaknya ngeri ya mau ambil KPR, tapi saya sudah mencoba mengajukan KPR di Mandiri Syariah, BTN tapi ditolak.

Yang mau saya beli itu rumah seken, sedangkan saya wiraswasta. Nah masalahnya adalah karena rumah seken yang mau saya beli itu bangunannya semi permanen. tapi walau begitu lokasinya strategis dan nempel sama warung makan saya yang di tepi jalan raya, kalo bukan saya yang beli dia gak ada akses jalan raya (rumah itu di dlm kampung mobil gak bisa masuk) tapi kalo sudah di gabung dengan warung saya jadi dipinggir jalan raya

kira2 mas priandoyo punya informasi kira2 bank syariah mana yang bisa menolong saya ya..? kalo bank konvensional kok ngeri dengan bunga floatingnya. gimana ya mas solusinya?

Komentar:
1. Untuk wiraswasta, benarkah KPR Syariah lebih mudah?

Ditulis dalam KPR Syariah. 2 Comments »

KPR Bank Permata, sharing cerita

2 minggu yg lalu saya mengajukan aplikasi kpr ke bank Permata. ternyata di Bank Permata tidak menggunakan prosentase gaji bersih dalam menghitung kemampuan debitor membayar cicilan tapi memakai limit tertentu untuk gaji bersih.

Contohnya saya berpenghasilan 4,9jt (gaji bersih) tapi karena pengajuan KPR di permata minimal gaji 5jt, Aplikasi saya ditolak meskipun secara hitung2an 30% dari penghasilan bersih seharusnya bisa masuk (karena cicilan per bulannya 1,3jt)

Berdasarkan cerita dari pihak marketing developer, sebelumnya untuk type 36, bank permata hanya menerima plikasi dari orang yg berpenghasilan 8jt sebulan. dan baru sebulan ini, diturunkan menjadi 5jt.

Menurut analisa bung anjar bagaimana ? atau mungkin bisa ditanyakan ke kolega mas di Permata…hehehe

Sekedar info saja penawaran bunga KPR di permata sbb :
10,50% fixed 1 tahun
10,75% fixed 2 tahun
10,99% fixed 3 tahun
11,25% fixed 4 tahun
11,50% fixed 5 tahun
Email Bapak A, Juli 2007

Ada yang mau mengomentari? setahu saya Bank Permata termasuk Bank untuk segmen anak muda (150-400 juta) yang ramah (cicilan mencapai 40% dari gaji). Tapi mungkin ada pengalaman yang lain?